ForumKristen.com

Iman Kristen => Pendalaman Alkitab => Started by: Varalla on February 27, 2015, 05:30:48 PM

Title: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Varalla on February 27, 2015, 05:30:48 PM
(http://1.bp.blogspot.com/-YFYdCVcIoIQ/UNg2c2Y5p1I/AAAAAAAAAH8/V1WobOj7Zjk/s200/10-commandments.jpg)

(Lukas 16:16 [LAI TB]   Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.)
Ὁ νόμος καὶ οἱ προφῆται μέχρι Ἰωάννου· ἀπὸ τότε ἡ βασιλεία τοῦ θεοῦ εὐαγγελίζεται καὶ πᾶς εἰς αὐτὴν βιάζεται.
Transliteration: Ho Nomos kai Hoi Prophetai mekhri Yoannou, apo tote he basileia tou theou evangelizetai kai pas heis auten biazetai


Well, kritikan itu perlu, karena jika manusia, lembaga, atau apapun namanya tidak pernah dikritik, tentu tidak baik dampaknya buat ke depan. Jadi, orang atau lembaga apapun yang ingin maju pasti selalu mau menerima kritikan.

Dalam ayat diatas tertulis bahwa Hukum Taurat dan Kitab Para Nabi "Berlaku" sampai kepada zaman Yohanes. Padahal dalam teks Yunaninya, kata "berlaku" sama sekali tidak ada. Padahal ayat tersebut dalam bahasa Yunaninya, jika diterjemahkan, hanya berbunyi seperti ini:

(Lukas 16:16 [TERJEMAHAN BEBAS] Hukum Taurat dan Kitab Para Nabi hingga Yohanes, dari waktu itu, kerajaan Allah sedang diberitakan dan setiap orang berusaha untuk masuk ke dalamnya
Ὁ νόμος καὶ οἱ προφῆται μέχρι Ἰωάννου· ἀπὸ τότε ἡ βασιλεία τοῦ θεοῦ εὐαγγελίζεται καὶ πᾶς εἰς αὐτὴν βιάζεται.
Transliteration: Ho Nomos kai Hoi Prophetai mekhri Yoannou, apo tote he basileia tou theou evangelizetai kai pas heis auten biazetai


Well, sebenarnya hanya itu saja bunyi ayat diatas. Sama sekali tidak ada kata "Berlaku" di dalam ayat diatas. Nah, apa yang sebenarnya yang dimaksudkan dalam ayat diatas? Perhatikan kata "apo tote ἀπὸ τότε (Dari waktu Itu)". Kata "apo tote ἀπὸ τότε (Dari waktu Itu)" ini mengacu kepada waktu yang mana?

Kata "apo tote ἀπὸ τότε (Dari waktu Itu)" itu mengacu kepada frase sebelumnya, yaitu "Hukum Taurat, Kitab Para Nabi hingga Yohanes". Jadi, maksudnya, dari zaman Hukum Taurat (Kejadian-Ulangan), zaman Kitab Para Nabi (Yosua sampai Malekahi [catatan, bagi kanon Yahudi, kitab para nabi itu dimulai Yosua dan diakhiri dengan Maleakhi]), dan sampai pada zaman Yohanes, kerajaan Allah itu sedang diberitakan. Itulah yang sebenarnya sedang dimaksudkan oleh ayat diatas.

"Jadi ayat diatas sama sekali tidak berbicara bahwa Hukum Taurat hanya berlaku sampai kepada zaman Yohanes sebagaimana yang sayangnya banyak sekali diajarkan oleh banyak pendeta dan juga banyak teolog. Penambahan kata 'berlaku" jelas salah satu faktor yang membuat munculnya teologi tersebut"

Jadi, sudah jelas sekarang, bahwa ayat diatas sama sekali tidak pernah sedikitpun mengatakan bahwa Hukum Taurat hanya berlaku sampai pada zaman Yohanes. Hukum Taurat kekal sebagaimana yang dilanjutkan sendiri oleh ayat berikutnya

(Lukas 16:17 [LAI TB]   Lebih mudah langit dan bumi lenyap dari pada satu titik dari hukum Taurat batal.)

Jadi, apa kita masih mau meyakini sebuah teologi yang dihasilkan dari terjemahan yang tidak sesuai fakta bahwa Hukum Taurat hanya berlaku sampai pada zaman Yohanes dan masih mau mengajarkan hal ini kepada orang lain?

Salam. TUHAN YESUS memberkati
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: SarapanPagi on February 28, 2015, 08:10:02 AM
LAI TB memang tidak menterjemahkan "sesuai" kata harfiahnya. LAI-TB menggunakan gaya terjemahan secara kontekstual, bukan kata-per-kata.

Dan dalam mengkaji ayat Lukas 16:16 ini, kata kunci yang harus dilihat adalah kata Yunani "heos" (until, sampai), dan jika Anda memahami ini, Anda secara kontekstual akan memahami mengapa team penerjemah LAI-TB menerjemahkannya seperti itu.

Mari kita kaji naskah bahasa aslinya, sbb:

* Lukas 16:16
LAI TB,  Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.
KJV,   The law and the prophets were until John: since that time the kingdom of God is preached, and every man presseth into it.
TR,  ο νομος και οι προφηται εως ιωαννου απο τοτε η βασιλεια του θεου ευαγγελιζεται και πας εις αυτην βιαζεται

Translit Interlienar,  ho nomos {(kitab) Taurat} kai {dan} hoi prophêtai {(kitab) nabi-nabi} heôs {hingga} iôannou {yohanes} apo  tote  hê basileia  tou theou euaggelizetai  kai  pas  eis  autên  biazetai

Translit Interlienar,  ho {the} nomos {law} kai {and} hoi {the} prophêtai {prophets} heôs {a conjunction, preposition and adverb of continuance, until (of time and place), until} iôannou {john} apo {from} tote {then} hê {the} basileia {kingdon} tou {of} theou {God} euaggelizetai {is being well messagized} kai {and} pas {every} eis {into} autên {her} biazetai {is being forced}

Dalam LAI-TB, kata "berlaku" memang tidak ada dalam naskah bahasa Asli Yunani. Dan, kita boleh mengabaikan kata tersebut. Namun, yang seharusnya yang digaris bawahi dalam Lukas 16:16 adalah kata "sampai" (Yunani: heôs) bukan yang lainnya.
Kata heôs seperti keterangan di atas adalah a conjunction, preposition and adverb of continuance, until (of time and place). Dan kata heôs (http://www.blueletterbible.org/lang/lexicon/lexicon.cfm?strongs=G2193) dalam bahasa Yunani selalu menunjukkan batasan waktu.

Kata "Berlaku" tidak ada dalam naskah bahasa Asli Yunani, kata ini adalah penambahan dari team penerjemah LAI-TB. Meski Kata "berlaku" adalah tambahan dari penterjemah sebagai sajian terjemahan kontekstual. Namun hal tsb tidak "sepenuhnya salah" (jikalau ini hendak dipermasalahkan).
Kita juga dapat mengabaikan kata "berlaku" dalam terjemahan tsb. Tetapi kita tetap akan menemui "kata spesifik" terhadap batasan waktu yaitu kata Yunani εως - "HEÔS".



bersambung....

Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: SarapanPagi on February 28, 2015, 08:10:29 AM
Kita akan pelajari kata Yunani εως - "HEÔS", "hingga" yang jelas merujuk kepada waktu sebelum sesuatu terjadi, yang tidak dapat diterapkan sesudahnya. Sebagai contoh, kita lihat ayat-ayat berikut ini :

* Matius 5:26
LAI TB, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum (HEÔS) engkau membayar hutangmu sampai lunas.
KJV, Verily I say unto thee, Thou shalt by no means come out thence, till (HEÔS) thou hast paid the uttermost farthing.
TR, αμην λεγω σοι ου μη εξελθης εκειθεν εως αν αποδως τον εσχατον κοδραντην
Translit, amên legô soi ou mê exelthês ekeithen heôs an apodôs ton eskhaton kodrantên

* 1 Korintus 16:8
LAI TB, Tetapi aku akan tinggal di Efesus sampai (HEÔS) hari raya Pentakosta,
KJV, But I will tarry at Ephesus until (HEÔS) Pentecost.
TR, επιμενω δε εν εφεσω εως της πεντηκοστης
Translit, epimenô de en ephesô heôs tês pentêkostês

Yesus menyatakan Taurat HINGGA Yohanes. Artinya "Yohanes" disini adalah sebagai tanda dari batasan waktu itu.

Kata "berlaku" memang tidak ada secara harfiah, namun kata ini secara kontekstual tidak dapat dipersalahkan. Kalaupun kaat "berlaku" ini masih dipermasalahkan. Ya abaikan saja kata ini. Ketika kata "berlaku" ini "dicoret" Lukas 16:16 hasilnya akan seperti misalnya dalam terjemahan MILT di bawah ini:
Torat dan para nabi ada sampai Yohanes, dari sejak itulah kemudian kerajaan Allah diinjilkan dan setiap orang memaksa masuk ke dalamnya.

Kata "sampai" adalah batasan waktu, dan sosok Yohanes Pembaptis adalah sebagai tandanya. Yesus menyatakan durasi Torat dan para nabi sampai kepada Yohanes Pembaptis. Oleh sebab itu dalam kesempatan yang lain Yesus menyatakan bahwa Yohanes Pembaptis adalah nabi yang terbesar (Lukas 7:28, sebutan "terbesar" itu tidak dikenakan untuk Musa ataupun Elia). Sebab Yohanes Pembabtis inilah yang mengakhiri sebuah era (http://www.sarapanpagi.org/27-siapa-yang-lebih-besar-dari-yohanes-pembabtis-vt1077.html#p3400).

Pengertian Lukas 16:16, The Law (kitab) Taurat dan The prophets (kitab) nabi-nabi, di bawah ini saya kutip beberapa Bible Commentary:

The Wycliffe Bible Commentary, Vol 3, Gandum Mas, 2001, hlm. 267:
Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai kepada zaman Yohanes. YESUS menyatakan bahwa Yohanes Pembaptis (yang digelari Nabi Terbesar) menandai akhir sebuah zaman. Sistem keagamaan yang lama dengan Hukum Taurat berlaku sampai Yohanes Pembaptis mulai memberitakan keatangan Sang Mesias dan memperkenalkan Kerajaan Allah.

Matthew Henry Commentary, Injil Lukas 13-24, Momentum, 2009, hlm 612:
Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai kepada zaman Yohanes. YESUS memberitakan kepada orang Farisi yang sombong, bahwa tata aturan Perjanjian Lama hanya berlaku bagi kalian, hai orang Yahudi, berlanjut hingga kedatangan Yohanes Pembaptis. Sejak Yohanes Pembaptis muncul, Kerajaan Allah diberitakan, yakni suatu tata aturan Perjanjian yang Baru yang sama sekali tidak menilai manusia dari sejauh mana mereka mendalami atau mengetahui Hukum Taurat.

Dr. BJ Boland, Tafsiran Alkitab, Injil Lukas, BPK Gunung Mulia, 2001, hlm394:
Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai kepada zaman Yohanes. YESUS berkata: zaman taurat seperti yang tercantum pada kitab-kitab Musa (dan dalam kitab nabi-nabi yang juga tergolong kepada zaman dahulu itu!) sudah lewat. Yohanes Pembaptis adalah nabi penghabisan yang dihitung kepada zaman itu. Sekarang sudah datang zaman baru, yaitu zaman pemberitaan Kerajaan Allah yang pada azasnya mulai datang. Zaman dahulu itu, cirinya adalah Hukum Taurat yang terbatas kepada orang Yahudi, tetapi kini sudah datang waktunya untuk memberitakan kasih Allah yang tak terbatas. Sebab Allah telah menyediakan keselamatan yang daripadaNya kepada semua orang (bandingkan Lukas 14:23, http://www.sarapanpagi.org/30-orang-orang-yang-berdalih-vt2125.html (http://www.sarapanpagi.org/30-orang-orang-yang-berdalih-vt2125.html) )


bersambung...
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: SarapanPagi on February 28, 2015, 08:10:53 AM
Tarfsir Alkitab Perjanjian Baru, Dianne Bergant & Robert Karris, Lembaga Biblika Indonesia, Kanisius, 2001, hlm. 145:
Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes. Yohanes Pembaptis adalah titik balik. Ia adalah nabi yang terakhir dari nabi-nabi Perjanjian Lama.

Keempat commentary di atas sepakat bahwa Ayat ini berbicara mengenai periode, Yohanes Pembaptis (nabi Yahya) sebagai tanda akhir dari sistem keagamaan yang menggunakan Hukum Taurat. Jika dikaitkan dengan gelar yang diberikan YESUS kepada Yohanes Pembabtis yang menggelarinya "NABI TERBESAR" (http://www.sarapanpagi.org/27-siapa-yang-lebih-besar-dari-yohanes-pembabtis-vt1077.html#p3400) kita akan semakin mengerti mengapa justru Yohanes Pembabtis mendapat gelar seperti ini, dan gelar ini tidak dikenakan kepada Musa ataupun Elia ataupun nabi-nabi yang lain. Sebab dialah tanda yang mengakhiri Era Perjanjian Lama dan dia adalah saksi yang merujuk langsung ke hidung "Allah yang inkarnasi," yaitu manusia yang bernama YESUS Sang Mesias yang membawa Hukum yang Baru.


Blessings,
BP
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Adhi Darma Wijaya on February 28, 2015, 09:10:44 AM
([url]http://1.bp.blogspot.com/-YFYdCVcIoIQ/UNg2c2Y5p1I/AAAAAAAAAH8/V1WobOj7Zjk/s200/10-commandments.jpg[/url])

(Lukas 16:16 [LAI TB]   Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.)
Ὁ νόμος καὶ οἱ προφῆται μέχρι Ἰωάννου· ἀπὸ τότε ἡ βασιλεία τοῦ θεοῦ εὐαγγελίζεται καὶ πᾶς εἰς αὐτὴν βιάζεται.
Transliteration: Ho Nomos kai Hoi Prophetai mekhri Yoannou, apo tote he basileia tou theou evangelizetai kai pas heis auten biazetai


.....cut....

1.Mengapa harus ada hukum taurat ?.
Umumnya kita mengatakan bhw spy manusia itu tahu akan dosa ( segala sesuatu yg melanggar ketentuan taurat = dosa ), sebenarnya akan lebih jelas kalau dikatakan " supaya manusia itu tahu kalau dirinya = mati ".
Kalau taurat itu hanya berisi satu ketentuan, mk akan kurang kerasa untuk manusia tapi kalau sepuluh, seratus atau lebih dari seratus ( termasuk larangan2 di kitab para nabi ) mk diharapkan akan semakin efektif menyadarkan manusia akan keadaannya yg mati itu, tapi apa kenyataannya ?, selama berabad abad manusia itu tdk juga sadar akan kenyataan mati itu, ini terbukti dg tetap berusahanya manusia itu unt melakukannya spy kudus ( aneh bukan ? manusia yg mulia /segambar dan serupa Allah saja tdk dapat memenuhi ketentuanNya yg hanya satu, tapi manusia yg telah mati( Kej2:17) merasa masih mampu memenuhi ketentuanNya yg sepuluh bahkan yg lebih ), sampai digenapiNya/dimanifestasikanNya anugerah hidup itu , itu sebagai bukti bhw kenyataannya sampai waktu verifikasi akan kenyataan bhw "manusia itu mati dimata Allah" telah habis , manusia tdk juga sadar akan keberadaannya di mata Allah.


2.Apakah dg hukum itu manusia bisa selamat ?.
Dengan ketentuan yg sebanyak itu tdk dapat disangkal lagi : tdk ada satu manusiapun yg sapat melakukan hk taurat dg penuh dan benar, ini artinya tdk ada manusia yg bisa selamat krn melakukan hk taurat.


3.Mengapa setelah zmn Yohanes pembabtis dikatakan taurat berakhir ?.
Dg dimanifestasikan anugerah hidup itu oleh sang Mesias , mk manusia dipaksa "dicelikkan matanya" akan keberadaannya yg mati dimata Allah, ini artinya sejak saat itu manusia dipaksa mengakui  bhw tdk mungkin manusia itu bisa mencapai selamat krn upayanya sendiri sebaik apapun itu (Ef2:8), untuk kemudian sampai pada pengakuan bhw :" hanya karena belaskasihanNya/hanya karena anugerahNya saja manusia itu bisa selamat", dari mengerti akan kenyataan inilah manusia itu akhirnya bisa mengatakan " kemuliaaan itu hanya untuk Allah saja " = inilah tujuan dari penciptaan manusia.

Jadi sejak akhir zmn Yohanes , barulah manusia itu mulai tahu "apa dan bagaimana anugerah itu", shg dikatakan taurat hanya sampai zmn Yohanes.



Salam.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: HenHen on February 28, 2015, 09:27:49 AM
2.Apakah dg hukum itu manusia bisa selamat ?.
Dengan ketentuan yg sebanyak itu tdk dapat disangkal lagi : tdk ada satu manusiapun yg sapat melakukan hk taurat dg penuh dan benar, ini artinya tdk ada manusia yg bisa selamat krn melakukan hk taurat.

jadi Daud, Yeremia, Yehezkiel, semua hakim2 dan nabi2 yang ada saat hukum taurat berlaku semuanya tidak selamat?
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Adhi Darma Wijaya on February 28, 2015, 09:51:05 AM
jadi Daud, Yeremia, Yehezkiel, semua hakim2 dan nabi2 yang ada saat hukum taurat berlaku semuanya tidak selamat?
Mereka selamat karena anugerah Allah , bukan krn melakukan hk Taurat.



Salam.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: HenHen on February 28, 2015, 10:25:25 AM
Mereka selamat karena anugerah Allah , bukan krn melakukan hk Taurat.

Salam.

kalau mau dikatakan seperti itu, maka
karena mereka bertekun dalam hukum taurat
makanya mereka menerima anugrah Allah

hukum taurat itu baik pada masanya, tentunya juga membawa keselamatan pada masanya
kalau hukum taurat sampai dikatakan tidak membawa kehidupan buat apa itu diturunkan, hukum taurat juga jelas bukan produk gagal

Musa yang mengeluarkan hukum taurat berkata kepada Israel untuk memilih kehidupan

Ulangan 30
15. Ingatlah, aku menghadapkan kepadamu pada hari ini kehidupan dan keberuntungan, kematian dan kecelakaan,
16. karena pada hari ini aku memerintahkan kepadamu untuk mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada perintah, ketetapan dan peraturan-Nya, supaya engkau hidup dan bertambah banyak dan diberkati oleh TUHAN, Allahmu, di negeri ke mana engkau masuk untuk mendudukinya.
19. Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu,

dipertegas dengan Paulus

Roma 10
5. Sebab Musa menulis tentang kebenaran karena hukum Taurat: "Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya."
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Adhi Darma Wijaya on February 28, 2015, 11:58:03 AM
kalau mau dikatakan seperti itu, maka
karena mereka bertekun dalam hukum taurat
makanya mereka menerima anugrah Allah

hukum taurat itu baik pada masanya, tentunya juga membawa keselamatan pada masanya
kalau hukum taurat sampai dikatakan tidak membawa kehidupan buat apa itu diturunkan, hukum taurat juga jelas bukan produk gagal

Musa yang mengeluarkan hukum taurat berkata kepada Israel untuk memilih kehidupan

Ulangan 30
15. Ingatlah, aku menghadapkan kepadamu pada hari ini kehidupan dan keberuntungan, kematian dan kecelakaan,
16. karena pada hari ini aku memerintahkan kepadamu untuk mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada perintah, ketetapan dan peraturan-Nya, supaya engkau hidup dan bertambah banyak dan diberkati oleh TUHAN, Allahmu, di negeri ke mana engkau masuk untuk mendudukinya.
19. Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu,

dipertegas dengan Paulus

Roma 10
5. Sebab Musa menulis tentang kebenaran karena hukum Taurat: "Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya."

Quote
kalau mau dikatakan seperti itu, maka
karena mereka bertekun dalam hukum taurat
makanya mereka menerima anugrah Allah
Ini artinya sdr HenHen belum cukup mengerti : mengapa Allah memberikan hk Taurat kepada milikNya ( bgs Isrl) bisa di review point 1. di reply saya di atas.

Selamat = anugerah tdk mensyaratkan dilakukan sesuatu ( prakondisi ) , pada si penerima anugerah itu.
Si penerima anugerah itu : bisa seorang sarjana teologi dg iq 140, seorang pendeta terkenal, seorang buruh kasar yg buta huruf, seorang yg tdk pernah bisa sekolah krn iq nya hanya 40/idiot, seorang cacat mental/gila.


Quote
hukum taurat itu baik pada masanya, tentunya juga membawa keselamatan pada masanya
kalau hukum taurat sampai dikatakan tidak membawa kehidupan buat apa itu diturunkan, hukum taurat juga jelas bukan produk gagal
Kalau hk taurat membawa keselamatan , itu artinya tdk perlu ada mesias krn manusia dg upaya ketekunannya  akan hk taurat bisa sampai kepada selamat.
Hk taurat diturunkanNya untuk mencelikkan manusia akan kebebalannya dimana mrk tdk satupun yg mau mengakui bhw mrk adl mati dimata Allah ( Kej2:17 ).


Quote
Musa yang mengeluarkan hukum taurat berkata kepada Israel untuk memilih kehidupan

Ulangan 30
15. Ingatlah, aku menghadapkan kepadamu pada hari ini kehidupan dan keberuntungan, kematian dan kecelakaan,
16. karena pada hari ini aku memerintahkan kepadamu untuk mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada perintah, ketetapan dan peraturan-Nya, supaya engkau hidup dan bertambah banyak dan diberkati oleh TUHAN, Allahmu, di negeri ke mana engkau masuk untuk mendudukinya.
19. Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu,

dipertegas dengan Paulus

Roma 10
5. Sebab Musa menulis tentang kebenaran karena hukum Taurat: "Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya."
Memang benar yg dikatakan di Ul 30 dan Rm10:5 itu, tp kesadaran akan ketidak mampuan manusia memenuhi ketentuan itu adl inti dr FT tsb, mirip spt ungkapan sbb: " kalau mau hidup terang, tdk ada gelap , tinggallah di matahari " review di Kej2:17, itu adl dasar yg mengokohkan bhw selamat adl anugerah.



Salam.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: HenHen on February 28, 2015, 02:29:28 PM
Memang benar yg dikatakan di Ul 30 dan Rm10:5 itu, tp kesadaran akan ketidak mampuan manusia memenuhi ketentuan itu adl inti dr FT tsb, mirip spt ungkapan sbb: " kalau mau hidup terang, tdk ada gelap , tinggallah di matahari " review di Kej2:17, itu adl dasar yg mengokohkan bhw selamat adl anugerah.



Salam.

kalau benar
artinya hukum taurat pada masanya memang membawa kehidupan

itu saja yang mau saya sampaikan
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Adhi Darma Wijaya on February 28, 2015, 02:56:37 PM
kalau benar
artinya hukum taurat pada masanya memang membawa kehidupan

itu saja yang mau saya sampaikan
Itu tidak mungkin, semua yg menerima keselamatan dari Allah haruslah berupa anugerah, dan bukan hasil pekerjaan/upah suatu ketaatan.
Untuk jelasnya :

Ef1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.
Sama artinya dg : Sebab dg anugerah yg akan diberikanNya sendiri Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan..........

Ayat FT di atas, mengatakan bhw: sebelum ada dunia dan isinya (sebelum manusia diciptakan ) Allah telah berencana bhw semua manusia milikNya yg direncanakan sejak semula untuk memuliakanNya haruslah melalui anugerah hidup yg diberikanNya sendiri, ini berarti pula tanpa ada kecuali baik yg hidup di PL maupun di PB.

Salam.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: mrt_bla on February 28, 2015, 07:36:17 PM
Jadi, apa kita masih mau meyakini sebuah teologi yang dihasilkan dari terjemahan yang tidak sesuai fakta bahwa Hukum Taurat hanya berlaku sampai pada zaman Yohanes dan masih mau mengajarkan hal ini kepada orang lain?

Varalla, kalau soal bahasa asli, saya sama sekali tidak mengerti. Jadi Anda berdiskusi sama dengan Pak Sarpag. Saya hanya dapat mengamati dan memetik hasil diskusi kalian berdua.

Tapi kalau boleh berbagi, Anda melupakan satu hal yang cukup krusial di dalam hukum Taurat. Hal yang saya maksud adalah pengenaan sanksi bagi pelanggar-pelanggar ketetapan hukum Taurat. Berusaha menjalankan hukum Taurat sepenuhnya, berarti tidak melupakan sanksi-sanksi yang harus diberikan kepada pelanggar-pelanggar hukum Taurat.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: mrt_bla on February 28, 2015, 07:45:50 PM
hukum taurat itu baik pada masanya, tentunya juga membawa keselamatan pada masanya
kalau hukum taurat sampai dikatakan tidak membawa kehidupan buat apa itu diturunkan, hukum taurat juga jelas bukan produk gagal
Saya tetap percaya bahwa hukum Taurat tidak membawa keselamatan. Saya tetap percaya bahwa imanlah yang membawa keselamatan. Pada masa hukum Taurat, maka karena seseorang beriman, dia menjalankan hukum Taurat. Tapi di sisi lain, juga dimungkinkan orang yang tidak beriman tetap menjalankan hukum Taurat. Contohnya orang-orang Saduki.

Lalu apa fungsi hukum Taurat?
Jika saya coba sederhanakan memakai bahasa saya, maka hukum Taurat berfungsi untuk mengekang keliaran keinginan daging. Oleh karena itulah hukum Taurat juga mengandung unsur-unsur sanksi bagi para pelanggar.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: HenHen on March 01, 2015, 07:07:58 AM
Itu tidak mungkin, semua yg menerima keselamatan dari Allah haruslah berupa anugerah, dan bukan hasil pekerjaan/upah suatu ketaatan.
Untuk jelasnya :

Ef1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.
Sama artinya dg : Sebab dg anugerah yg akan diberikanNya sendiri Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan..........

Ayat FT di atas, mengatakan bhw: sebelum ada dunia dan isinya (sebelum manusia diciptakan ) Allah telah berencana bhw semua manusia milikNya yg direncanakan sejak semula untuk memuliakanNya haruslah melalui anugerah hidup yg diberikanNya sendiri, ini berarti pula tanpa ada kecuali baik yg hidup di PL maupun di PB.

Salam.

Saya tetap percaya bahwa hukum Taurat tidak membawa keselamatan. Saya tetap percaya bahwa imanlah yang membawa keselamatan. Pada masa hukum Taurat, maka karena seseorang beriman, dia menjalankan hukum Taurat. Tapi di sisi lain, juga dimungkinkan orang yang tidak beriman tetap menjalankan hukum Taurat. Contohnya orang-orang Saduki.

Lalu apa fungsi hukum Taurat?
Jika saya coba sederhanakan memakai bahasa saya, maka hukum Taurat berfungsi untuk mengekang keliaran keinginan daging. Oleh karena itulah hukum Taurat juga mengandung unsur-unsur sanksi bagi para pelanggar.

artinya anda berdua tidak percaya ayat ini :

Roma 10
5. Sebab Musa menulis tentang kebenaran karena hukum Taurat: "Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya."

pada masanya, itulah yang menyelamatkan
masa itu orang tidak mengenal kasih karunia, hanya tahu taat sama hukum aja
kalau tidak artinya Allah kita adalah Allah yang penipu, cuman mau ngerjain manusia aja
ngasih hukum tapi tidak menyelamatkan, ujung2nya hukumnya dipakai untuk sangsi aje
seolah2 hukum taurat adalah hukum yang gagal
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Adhi Darma Wijaya on March 01, 2015, 09:52:00 AM
artinya anda berdua tidak percaya ayat ini :

Roma 10
5. Sebab Musa menulis tentang kebenaran karena hukum Taurat: "Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya."

pada masanya, itulah yang menyelamatkan
masa itu orang tidak mengenal kasih karunia, hanya tahu taat sama hukum aja
kalau tidak artinya Allah kita adalah Allah yang penipu, cuman mau ngerjain manusia aja
ngasih hukum tapi tidak menyelamatkan, ujung2nya hukumnya dipakai untuk sangsi aje
seolah2 hukum taurat adalah hukum yang gagal

Asumsi sdr HenHen diatas, membawa kepada kesimpulan sbb:
1.Jadi kalau dikatakan manusia di PB menerima kasih karunia sedang di PL belum ada kasih karunia maka ini berarti semua manusia di PL tdk ada yg selamat.

2.Atau kenyataan bhw manusia itu mati di mata Allah adalah tdk benar, sebab manusia di PL tetap ada yg selamat dimana yg selamat itu karena melakukan pekerjaan keselamatan (selamat =upah ketaatan akan hk Allah ), maka konskwensi dari ini adl bhw tdk ada yg dikatakan "kasih karunia" itu, yg berarti pula tdk dibutuhkan adanya penebus/ mesias karena sudah terbukti bhw manusia ada yg sampai kepada selamat oleh karena pekerjaan yg dilakukannya sendiri (manusia itu hidup di mata Allah ).
Kedua point diatas bertentangan dg apa yg alkitab katakan:
 Ternyata sejak PL pun manusia mutlak selamat karena karya juruselamat/selamat karena penebusan, bukan karena pekerjaan yg dilakukan manusia itu sendiri/keselamatan sbg upah suatu ketaatan akan hk Allah.

Yes49:26 Aku akan memaksa orang-orang yang menindas engkau memakan dagingnya sendiri, dan mereka akan mabuk minum darahnya sendiri, seperti orang mabuk minum anggur baru, supaya seluruh umat manusia mengetahui, bahwa Aku, TUHAN, adalah Juruselamatmu dan Penebusmu, Yang Mahakuat, Allah Yakub."

Gal2:16 Kamu tahu, bahwa tidak seorang pun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kami pun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: "tidak ada seorang pun yang dibenarkan" oleh karena melakukan hukum Taurat.

Kalau di ay di atas dikatakan "tidak seorangpun", maka ini berarti manusia yg hidup di PL pun termasuk pula.

Kalau di ay di atas dikatakan "hanya" oleh karena "iman", sedangkan "iman" adalah kasih karunia maka artinya semua manusia termasuk di PL butuh kasih karunia untuk sampai selamat.


 Adanya kasih karunia atau anugerah Allah mensyaratkan bhw manusia itu "mati di mata Allah", ini artinya tidak akan dapat disebut kasih karunia kalau manusia itu sebelum menerimanya dalam keadaan hidup /berdaya di mata Allah.
Dan ini sudah terbukti dg FT berikut:
Kej2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."
Keadaan "mati" di mata Allah ini diperjelas dg diusirnya manusia itu dari Eden, karena manusia yg telah mati itu pasti akan mengaktualisasikan matinya itu dg cara "oleh kehendaknya sendiri memakan buah pohon kehidupan " yg artinya menuju mati permanen , kita tahu: "memakan buah pohon kehidupan oleh karena kehendaknya sendiri = mati kekal, memakan buah pohon kehidupan oleh karena dikaruniai = hidup kekal" ,seperti itulah dikatakan pula selamat itu bukan karena melakukan perbuatan/pekerjaan termasuk melakukan hk taurat, tetapi selamat itu adl kasih karunia/anugerah Allah, sama pula dg siapa yg bekerja pada hari sabat harus dibinasakan, karena harisabat itu adl gambaran anugerah hidup dari Allah (shg sang mesias yg melakukan mukjizat/kiasan dr keselamatan ,melakukannya pada hr sabat ).
Kita juga bisa merenungkan : mana yg lebih mudah untuk dipenuhi 1. Melakukan hk taurat yg seabrek itu, atau 2.Mematuhi untuk tdk memakan buah pohon kehidupan krn kehendak sendiri ?.
Tentu dg mudah rasio kita akan mengatakan mematuhi unt tdk memakan buah pohon kehidupan itu adl jauh lebih mudah, tapi mengapa manusia itu diusirNya pula dr Eden spy tdk bisa memakan buah itu ?, bukankah ini bukti bhw manusia itu pasti tdk dapat mematuhinya unt tdk memakannya?, lalu kalau yg mudah itu saja pasti tdk dapat mematuhinya, kenapa kita masih yakin akan kemampuan mematuhi hktaurat yg se abrek itu yg jelas2 jauh lebih tdk mungkin?, lalu bagaimana kita masih mengatakan bhw org di PL selamat krn melakukan hk Taurat ?.


Salam.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: mrt_bla on March 01, 2015, 01:07:42 PM
artinya anda berdua tidak percaya ayat ini :
Roma 10
5. Sebab Musa menulis tentang kebenaran karena hukum Taurat: "Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya."
Kan ada lanjutannya, Hen.

Roma 10:6
Tetapi kebenaran karena iman berkata demikian... (kata tetapi saya beri penekanan khusus).

Akan lebih mengasyikkan jika kedua bagian tersebut (ayat 5 serta ayat 6-8) dilihat dari sumber aslinya.

Imamat 18:5
Sesungguhnya kamu harus berpegang pada ketetapan-Ku dan peraturan-Ku. Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya; Akulah TUHAN.

Lalu silahkan Anda bandingkan dengan Ulangan 30:11-15 (tidak saya kutip karena terlalu panjang). Dan akhirnya saya tutup pada ayat 16.

Karena pada hari ini aku memerintahkan kepadamu untuk mengasihi TUHAN, Allahmu, ...

Quote
pada masanya, itulah yang menyelamatkan
masa itu orang tidak mengenal kasih karunia, hanya tahu taat sama hukum aja
kalau tidak artinya Allah kita adalah Allah yang penipu, cuman mau ngerjain manusia aja
ngasih hukum tapi tidak menyelamatkan, ujung2nya hukumnya dipakai untuk sangsi aje
seolah2 hukum taurat adalah hukum yang gagal
Ya, saya setuju. Pada masa tersebut orang belum mengenal kasih karunia. Tapi untuk orang-orang yang mau mengasihi Tuhan, mau beriman kepada Allah Israel, maka mereka akan menjalankan hukum Taurat dengan serius. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, hukum Taurat memang tidak menyelamatkan. Tapi, hukum Taurat menjaga keliaran keinginan daging seseorang. Keinginan daging belum dapat ditundukkan, tapi keinginan daging untuk sementara dapat dikandangkan. Jadi fungsi hukum Taurat sangatlah besar.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: HenHen on March 01, 2015, 08:12:55 PM
Kan ada lanjutannya, Hen.

Roma 10:6
Tetapi kebenaran karena iman berkata demikian... (kata tetapi saya beri penekanan khusus).

Akan lebih mengasyikkan jika kedua bagian tersebut (ayat 5 serta ayat 6-8) dilihat dari sumber aslinya.

Imamat 18:5
Sesungguhnya kamu harus berpegang pada ketetapan-Ku dan peraturan-Ku. Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya; Akulah TUHAN.

Lalu silahkan Anda bandingkan dengan Ulangan 30:11-15 (tidak saya kutip karena terlalu panjang). Dan akhirnya saya tutup pada ayat 16.

Karena pada hari ini aku memerintahkan kepadamu untuk mengasihi TUHAN, Allahmu, ...

perhatikan kata tetapi disitu bro,
itu sudah masuk penjelasan hukum kasih karunia, itu bukan menjelaskan tentang taurat
Musa bilang kepada bangsa Israel : nih saya beri kamu taurat, pilihlah kamu mau kehidupan atau kematian
Paulus mempertegas pernyataan Musa : memang hukum taurat membawa kehidupan, tetapi kita ini sekarang hidup di kasih karunia, karena itu taurat sudah tidak berlaku bagi kita kalau kita menerima hukum kasih karunia itu

baca aja sampai selesai itu semua Paulus menjelaskan tentang kasih karunia

Ya, saya setuju. Pada masa tersebut orang belum mengenal kasih karunia. Tapi untuk orang-orang yang mau mengasihi Tuhan, mau beriman kepada Allah Israel, maka mereka akan menjalankan hukum Taurat dengan serius. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, hukum Taurat memang tidak menyelamatkan. Tapi, hukum Taurat menjaga keliaran keinginan daging seseorang. Keinginan daging belum dapat ditundukkan, tapi keinginan daging untuk sementara dapat dikandangkan. Jadi fungsi hukum Taurat sangatlah besar.

kalau anda bilang hukum taurat tidak menyelamatkan/tidak memberi kehidupan
artinya Musa bohong bro
dan Firman Tuhan yang bilang taurat membawa kehidupan pun anda tolak

bukti2 lanjutan yang mendukung :
sering sekali pada jaman PL Allah berfirman "Jikalau kamu mengikuti jalan2Ku dengan segenap hati, maka ...."

1Samuel 12
14. asal saja kamu takut akan TUHAN, beribadah kepada-Nya, mendengarkan firman-Nya dan tidak menentang titah TUHAN, dan baik kamu, maupun raja yang akan memerintah kamu itu mengikuti TUHAN, Allahmu!

Nehemia 1
8. Ingatlah akan firman yang Kaupesan kepada Musa, hamba-Mu itu, yakni: Bila kamu berubah setia, kamu akan Kucerai-beraikan di antara bangsa-bangsa.

Yeremia 26
4. Jadi katakanlah kepada mereka: Beginilah Firman Tuhan: Jika kamu tidak mau mendengarkan Aku, tidak mau mengikuti Taurat-Ku yang telah Kubentangkan di hadapanmu,

dan masih banyak lagi Firman yang demikian
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: mrt_bla on March 01, 2015, 09:48:45 PM
perhatikan kata tetapi disitu bro,
itu sudah masuk penjelasan hukum kasih karunia, itu bukan menjelaskan tentang taurat
Beberapa hari ini saya melihat frasa kata 'hukum kasih karunia', dan saya ingin sekali ikutan nimbrung di sana. Hukum kasih adalah hukum kasih, hukum kasih bukanlah hukum kasih karunia. Kasih karunia adalah kasih karunia. Kasih karunia bukanlah sebuah hukum. Kasih karunia lebih tepat dikatakan sebuah keadaan, sebuah kondisi, sebuah situasi, dan akhirnya untuk umat manusia, sebuah kisah, dimana Tuhan memilih untuk menyelamatkan manusia.

Roma 10:6 diambil Paulus dari kitab Ulangan, dimana umat Israel belum hidup pada masa kasih karunia seperti kita sekarang. Lalu akhirnya Musa pun memerintahkan bangsa Israel untuk mengasihi Tuhan. Perintah Musa ini adalah bagian dari hukum Taurat, dimana ditegaskan kembali oleh Tuhan Yesus, lalu seolah-olah menjadi sebuah hukum baru, yaitu hukum kasih.

Hukum kasih inilah yang menjadi tuntutan hukum Taurat sebenarnya. Hal ini juga dijelaskan Paulus pada kitab Roma.

Begini loh Hen. Saya coba ubah dalam kondisi saat ini.

Apakah untuk selamat butuh syarat-syarat lain selain percaya kepada Tuhan Yesus?
Kita berdua pasti kompak menjawabnya: TIDAK.

Apakah bila seseorang menjadi percaya kepada Tuhan Yesus, lalu tiba-tiba mati mendadak, dia kehilangan keselamatannya?
Kita berdua pasti kompak menjawabnya: TIDAK.

Apakah bila seseorang sudah percaya kepada Tuhan Yesus, lalu tidak hidup seperti Tuhan Yesus hidup, akan selamat?
HenHen: .... (walaupun menurut saya HenHen pasti ingin berkata TIDAK, tapi karena saya kenal HenHen, HenHen akan menjawabnya lebih sopan).
Saya: ke laut aja loe (maklum, Hen, petobat baru, jadi mungkin lebih vulgar dalam berkata).

Nah, ketiga poin ini kan kita sudah sepakat.

Lalu bagaimana dengan hukum Taurat? Saya jawab saja idem. Pada masa hukum Taurat berlaku, karena seseorang mengasihi Tuhan dengan amat sangat, dia akan berusaha melakukan seluruh hukum Taurat, terlepas dari apakah dia bisa atau tidak melakukan semua hukum Taurat. Setuju kan, Hen?

Lalu terjadilah perkembangan diskusi. Apakah fungsi hukum Taurat pada masanya? Saya sudah memberikan pandangan saya, bahwa hukum Taurat berfungsi sangat besar. Hukum Taurat menjaga keliaran dari keinginan daging atas seseorang. Tapi keinginan daging tersebut masih ada. Belum dapat dijinakkan, melainkan masih sebatas dikurung di bawah hukum Taurat.

Roma 3:28
Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: mrt_bla on March 02, 2015, 12:29:57 AM
Nanya dikit ya, Sob :Kata manusia dalam ayat tersebut, berdasarkan pov ente, ada batasan-batasan waktunya tidak?
Bolehkan pertanyaan Anda dijelaskan lebih lanjut. Saya masih belum bisa menangkap maksud pertanyaan Pak Membayangi.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: mrt_bla on March 02, 2015, 01:29:10 AM
Bolehkan pertanyaan Anda dijelaskan lebih lanjut. Saya masih belum bisa menangkap maksud pertanyaan Pak Membayangi.
Mereka-reka maksud pertanyaan Pak Shadowing, mata malah tambah melek. Tidur ah.

Kelupaan sedikit sebelum tidur:
Kacang, kacang.
Kacangnya, Pak, Kacangnya, Bu.
Juga ada minyak angin, minyak kayu putih, minyak nyongnyong, minyak sayur.

Zzzz... Zzzz... Zzzz...
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: HenHen on March 02, 2015, 06:59:56 AM
Beberapa hari ini saya melihat frasa kata 'hukum kasih karunia', dan saya ingin sekali ikutan nimbrung di sana. Hukum kasih adalah hukum kasih, hukum kasih bukanlah hukum kasih karunia. Kasih karunia adalah kasih karunia. Kasih karunia bukanlah sebuah hukum. Kasih karunia lebih tepat dikatakan sebuah keadaan, sebuah kondisi, sebuah situasi, dan akhirnya untuk umat manusia, sebuah kisah, dimana Tuhan memilih untuk menyelamatkan manusia.

ya itulah bro, hukum kasih, kasih karunia, atau apalah itu, mungkin lebih tepat hukum PB yang dibawa Yesus dah biar ga ada selisih kata lagi

Roma 10:6 diambil Paulus dari kitab Ulangan, dimana umat Israel belum hidup pada masa kasih karunia seperti kita sekarang. Lalu akhirnya Musa pun memerintahkan bangsa Israel untuk mengasihi Tuhan. Perintah Musa ini adalah bagian dari hukum Taurat, dimana ditegaskan kembali oleh Tuhan Yesus, lalu seolah-olah menjadi sebuah hukum baru, yaitu hukum kasih.

Hukum kasih inilah yang menjadi tuntutan hukum Taurat sebenarnya. Hal ini juga dijelaskan Paulus pada kitab Roma.

Begini loh Hen. Saya coba ubah dalam kondisi saat ini.

Apakah untuk selamat butuh syarat-syarat lain selain percaya kepada Tuhan Yesus?
Kita berdua pasti kompak menjawabnya: TIDAK.

Apakah bila seseorang menjadi percaya kepada Tuhan Yesus, lalu tiba-tiba mati mendadak, dia kehilangan keselamatannya?
Kita berdua pasti kompak menjawabnya: TIDAK.

Apakah bila seseorang sudah percaya kepada Tuhan Yesus, lalu tidak hidup seperti Tuhan Yesus hidup, akan selamat?
HenHen: .... (walaupun menurut saya HenHen pasti ingin berkata TIDAK, tapi karena saya kenal HenHen, HenHen akan menjawabnya lebih sopan).
Saya: ke laut aja loe (maklum, Hen, petobat baru, jadi mungkin lebih vulgar dalam berkata).

Nah, ketiga poin ini kan kita sudah sepakat.
Roma 3:28
Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.

ayat2 yang anda berikan itu adalah penjelasan tentang hukum PB

kalau mau tahu tentang hukum PL ya lihat di PL

PL menubuatkan akan ada hukum baru yaitu PB
era PB menegaskan PL tak berlaku lagi kalau sudah menerima hukum PB namun pada masanya ya PL itulah yang dipakai

Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Siip on March 02, 2015, 09:22:00 AM
Btw, sblm lanjut, ada intermezzo,
Di dalam hukum Taurat, setau saya tidak diatur mengenai hubungan kausal antara Hukum Taurat dg kehidupan kekal di sorga/neroko.

Elia hidup di era Taurat, tp dia naek kreta express ke surgo.

Skian intermezzo-nyaaaa..
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Cinta Bhinneka on March 02, 2015, 09:42:21 AM
Ada yang mengetahui, Varalla sedang berada dimana dan hendak kemana?

Salam logika macam-macam.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: HenHen on March 02, 2015, 10:20:22 AM
Btw, sblm lanjut, ada intermezzo,
Di dalam hukum Taurat, setau saya tidak diatur mengenai hubungan kausal antara Hukum Taurat dg kehidupan kekal di sorga/neroko.

Elia hidup di era Taurat, tp dia naek kreta express ke surgo.

Skian intermezzo-nyaaaa..

memang adanya hukum taurat membawa kehidupan
entah itu mau diartikan keselamatan atau apa, kita ikuti aja bahasa aslinya yaitu kehidupan

Elia naik ke surga naik kereta supercepat, namun bukan berarti hanya dia yang ke surga pada jaman PL

contoh lain :
perhatikan Salomo, karena dia mempersembahkan korban di bait sucilah makanya Tuhan menampakkan diri kepada dia dan mau mengabulkan apapun permintaannya (kayak genie Aladin ya)
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Siip on March 02, 2015, 10:59:13 AM
Di sderhanakan saja Bro,
Kl mlanggar taurat, dhukum mati.
Kl mngikuti taurat, ngga dhukum mati alias hidup.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: HenHen on March 02, 2015, 11:00:13 AM
bisa jadi ;D

meskipun saya koq yakin ga sesederhana itu artinya
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Siip on March 02, 2015, 11:02:51 AM
Paulus mnulis bhw hukum Taurat itu utk hal-hal lahiriah/jasmaniah.
Knp dilebar-lebarkan jadi rohaniah sputar surgo/neroko?

Sekian intermezzo-nya
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: HenHen on March 02, 2015, 11:11:08 AM
Sekali waktu Paulus menulis ini

Roma 7
14. Sebab kita tahu, bahwa hukum Taurat adalah rohani, tetapi aku bersifat daging, terjual di bawah kuasa dosa.

mari kita diskusikan apa artinya
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: mrt_bla on March 02, 2015, 11:28:00 AM
Sekali waktu Paulus menulis ini

Roma 7
14. Sebab kita tahu, bahwa hukum Taurat adalah rohani, tetapi aku bersifat daging, terjual di bawah kuasa dosa.

mari kita diskusikan apa artinya
Ok, ok.
Karena tujuan hukum Taurat adalah membimbing dan menjaga manusia tetap pada jalurnya, yaitu:
1. mengasihi Tuhan dengan segenap jiwa;
2. mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri.
Ini pov saya.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Siip on March 02, 2015, 01:21:43 PM
Ibr 9:10
karena semuanya itu, di samping makanan minuman dan pelbagai macam pembasuhan, hanyalah peraturan-peraturan untuk hidup insani, yang hanya berlaku sampai tibanya waktu pembaharuan.

Ini yg saya maksud Henhen.

Hukum Taurat itu sifatnya memang rohani tp dia mengatur utk hidup insani.
Tak ada satupun peraturan di Taurat yg mengatur soal sorga/neroko.

Sekian lagi intermezzonya.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: HenHen on March 02, 2015, 02:55:46 PM
Ok, ok.
Karena tujuan hukum Taurat adalah membimbing dan menjaga manusia tetap pada jalurnya, yaitu:
1. mengasihi Tuhan dengan segenap jiwa;
2. mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri.
Ini pov saya.

POV saya juga begitu bro
karena itulah "rahasia" yang diajarkan Yesus kepada kita di jaman PB ini

Ibr 9:10
karena semuanya itu, di samping makanan minuman dan pelbagai macam pembasuhan, hanyalah peraturan-peraturan untuk hidup insani, yang hanya berlaku sampai tibanya waktu pembaharuan.

Ini yg saya maksud Henhen.

Hukum Taurat itu sifatnya memang rohani tp dia mengatur utk hidup insani.
Tak ada satupun peraturan di Taurat yg mengatur soal sorga/neroko.

Sekian lagi intermezzonya.

memang tak ada
peraturannya memang untuk mengatur hidup jasmani (meskipun mungkin juga ada tata cara ibadah ya)
namun Musa dan Paulus mengatakan hukum taurat adalah kehidupan
dan taurat jelas ada untuk maksud rohani, bukan sekedar jasmani
perkataan Musa yang menyuruh bangsa Israel untuk memilih kehidupan/kematian pun saya rasa harus diartikan secara rohani

maka jangan pandang taurat sebagai hukum yang tidak menyelamatkan seolah2 orang yang melakukannya akan berujung pada kematian
pada masanya, orang2 yang bersungguh hati melakukan taurat, akan mendapat kasih karunia di mata Tuhan

sekarang jaman kasih karunia
orang2 yang bersungguh hati menjalankan kasih karunia ujung2nya toh akan menjalankan perintah taurat (minus tata cara ibadah dan sejenisnya)
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Siip on March 02, 2015, 03:17:29 PM
memang tak ada
peraturannya memang untuk mengatur hidup jasmani (meskipun mungkin juga ada tata cara ibadah ya)
namun Musa dan Paulus mengatakan hukum taurat adalah kehidupan
dan taurat jelas ada untuk maksud rohani, bukan sekedar jasmani
perkataan Musa yang menyuruh bangsa Israel untuk memilih kehidupan/kematian pun saya rasa harus diartikan secara rohani

maka jangan pandang taurat sebagai hukum yang tidak menyelamatkan seolah2 orang yang melakukannya akan berujung pada kematian
pada masanya, orang2 yang bersungguh hati melakukan taurat, akan mendapat kasih karunia di mata Tuhan

sekarang jaman kasih karunia
orang2 yang bersungguh hati menjalankan kasih karunia ujung2nya toh akan menjalankan perintah taurat (minus tata cara ibadah dan sejenisnya)

Wah...
Beda pandangan dg saya Bro...

Saya mengacu pd tulisan Paulus yg mngatakan bhw tidak seorangpun dibenarkan krn melaksanakan Taurat.

Jd prinsip yg saya yakini:
1. Taurat bsifat rohani dan siapa yg mampu mlaksanakan Taurat akan dibenarkan
2. Manusia bsifat daging shg tidak seorangpun mampu mlaksanakan Taurat
3. Krn poin 2, maka tidak seorangpun dibenarkan krn mlaksanakan Taurat (poin 2)
4. Untunglah, Taurat tidak mngatur sebab-akibat konsekuensi sorga/neraka
5. Maka itu skalipun Elia tidak dibenarkan oleh Taurat (krn Elia poin 2) tetapi Elia masih dianggap layak naik langsung ke sorga
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: mrt_bla on March 02, 2015, 04:16:58 PM
4. Untunglah, Taurat tidak mngatur sebab-akibat konsekuensi sorga/neraka
Saya masih bingung dengan poin nomor empat.

Maksud saya begini:
Kan di dalam hukum Taurat, juga mengandung sanksi, termasuklah di dalamnya sanksi hukuman mati. Maka untuk orang yang mendapatkan hukuman mati, pada kenyataannya Tuhan masih memungkinkan dia untuk masuk ke dalam keselamatan. Benar begini, Om?
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Seek d Truth on March 02, 2015, 04:40:48 PM
...
Tak ada satupun peraturan di Taurat yg mengatur soal sorga/neroko.
Mat. 5:19-20   ...siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.
Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.



Tuhan Yesus berfirman demikian, so wa tafsirkan bhw;
1. Segala perintah di taurat itu berkaitan dgn soal sorga sbb yang ngasi taurat itu ALLAH alias [taurat = Firman Tuhan]
Kalo sekedar urusan jasmani (ie; maling ayam dihukum penjara setahun, kalo bunuh orang dihukum mati, ...)
==> tanpa tauratpun, manusia dgn conscience-nya sendiri dapat bikin undang2, peraturan2, tata tertib masyarakat untuk ketertiban umum, dll... ie; KUHP, dsb..
2. So nurut wa, Taurat itu levelnya Firman Tuhan (kebenaran absolut) yg bersifat rohani, kudus... Taurat itu bukan level KUHP yg gak ada hubungannya dgn keselamatan sorgawi sbb bukan FT, seolah2 yg ngasi Taurat itu bukan Allah melainkan sekedar karangannya Musa doang.

3. Kalo Tuhan Yesus sudah bilang "SESUNGGUHNYA..." maka ya "SESUNGGUHNYA..." titik. jangan sampe kita putar balikkan perkataannya TUHAN (LORD/MASTER) menjadi [SESUNGGUHNYA = TIDAK SUNGGUH DINK... ] sehingga kita menjadikan Ia sbg pendusta yg akibatnya buruk bagi kita sendiri sbb memfitnahNya.
4. dlm pandangan wa pribadi, bicara soal bobot... maka perkataan Yesus itu wa letakkan sbg landasan dan batu pijakan untuk menafsir perkataan2 para nabi dan para rasul.. sbb yang Allah itu Yesus, yang juru selamat itu Yesus.. sehingga misalnya jika wa menemukan kontradiksi antara [tulisan rasul A vs perkataan Yesus]... maka yang wa pegang erat sbg patokan itu adalah perkataan Yesus sambil mikir dan baca2 tulisan para bapa Gereja... bukan perkataan Yesus wa anggap kadaluarsa dan memilih mengimani hasil tafsiran wa sendiri atas tulisan rasul A yg mana, dgn logika sederhana; jika hasil tafsiran wa atas tulisan rasul A kontradiksi dgn perkataan Yesus.. maka hasil tafsiran wa atas tulisan rasul A itu SALAH... sebab para rasul para nabi itu hambanya Yesus yg tidak mungkin berani melampaui Yesus.. bahkan bagi mereka Yesus itu batu penjuru, batu karang, batu fondasi yg paling dasar.. makanya wa keki banget sama orang2 yg menganggap perkataan Yesus sudah kadaluarsa...
(poin 3 & 4 sekedar curhat, bukan dialamatkan pada kk siip)



Jadi maaf, wa gak setuju dgn statemen anda diatas yg berbunyi "Tak ada satupun peraturan di Taurat yg mengatur soal sorga."



Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: shadowing on March 02, 2015, 06:27:18 PM
Nanya dikit ya, Sob :
-- cut --
Roma 3:28
Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.
Kata manusia dalam ayat tersebut, berdasarkan pov ente, ada batasan-batasan waktunya tidak?
Bolehkan pertanyaan Anda dijelaskan lebih lanjut. Saya masih belum bisa menangkap maksud pertanyaan Pak Membayangi.
Karena gini Sob, Di perikop Rom 3:21-31 LAI-TB, Rasul Paulus memulainya dengan :
Quote
Rom 3:21 LAI-TB : Tetapi sekarang, tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan, seperti yang disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-kitab para nabi,
Tetapi sekarang, jika mengacu pada keadaan waktu Rasul Paulus dan dikombinasikan dengan Rom 3:28, tentunya manusia di masa dimana Yesus Kristus telah disalib, naik ke surga dan peristiwa pantekosta. Selanjutnya,
Quote
Rom 3:22 LAI-TB : yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan.
IMO, kata iman dalam Rom 3:28 itu pastilah mengacu pada iman dalam Yesus Kristus. Sepakat tidak? Nah, pada masa pra dan berlakunya hukum taurat, sebelum Yesus Kristus menyatakan diri, belum ada pantekosta, manusia yang "imannya dalam siapa"?
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Siip on March 02, 2015, 11:22:10 PM
Mat. 5:19-20   ...siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.
Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.



Tuhan Yesus berfirman demikian, so wa tafsirkan bhw;
1. Segala perintah di taurat itu berkaitan dgn soal sorga sbb yang ngasi taurat itu ALLAH alias [taurat = Firman Tuhan]
Kalo sekedar urusan jasmani (ie; maling ayam dihukum penjara setahun, kalo bunuh orang dihukum mati, ...)
==> tanpa tauratpun, manusia dgn conscience-nya sendiri dapat bikin undang2, peraturan2, tata tertib masyarakat untuk ketertiban umum, dll... ie; KUHP, dsb..
2. So nurut wa, Taurat itu levelnya Firman Tuhan (kebenaran absolut) yg bersifat rohani, kudus... Taurat itu bukan level KUHP yg gak ada hubungannya dgn keselamatan sorgawi sbb bukan FT, seolah2 yg ngasi Taurat itu bukan Allah melainkan sekedar karangannya Musa doang.

3. Kalo Tuhan Yesus sudah bilang "SESUNGGUHNYA..." maka ya "SESUNGGUHNYA..." titik. jangan sampe kita putar balikkan perkataannya TUHAN (LORD/MASTER) menjadi [SESUNGGUHNYA = TIDAK SUNGGUH DINK... ] sehingga kita menjadikan Ia sbg pendusta yg akibatnya buruk bagi kita sendiri sbb memfitnahNya.
4. dlm pandangan wa pribadi, bicara soal bobot... maka perkataan Yesus itu wa letakkan sbg landasan dan batu pijakan untuk menafsir perkataan2 para nabi dan para rasul.. sbb yang Allah itu Yesus, yang juru selamat itu Yesus.. sehingga misalnya jika wa menemukan kontradiksi antara [tulisan rasul A vs perkataan Yesus]... maka yang wa pegang erat sbg patokan itu adalah perkataan Yesus sambil mikir dan baca2 tulisan para bapa Gereja... bukan perkataan Yesus wa anggap kadaluarsa dan memilih mengimani hasil tafsiran wa sendiri atas tulisan rasul A yg mana, dgn logika sederhana; jika hasil tafsiran wa atas tulisan rasul A kontradiksi dgn perkataan Yesus.. maka hasil tafsiran wa atas tulisan rasul A itu SALAH... sebab para rasul para nabi itu hambanya Yesus yg tidak mungkin berani melampaui Yesus.. bahkan bagi mereka Yesus itu batu penjuru, batu karang, batu fondasi yg paling dasar.. makanya wa keki banget sama orang2 yg menganggap perkataan Yesus sudah kadaluarsa...
(poin 3 & 4 sekedar curhat, bukan dialamatkan pada kk siip)



Jadi maaf, wa gak setuju dgn statemen anda diatas yg berbunyi "Tak ada satupun peraturan di Taurat yg mengatur soal sorga."





Sobat,
Seingat saya taurat itu 613 aturan kan?

Adakah soal sorga neroko di 613 aturan itu?
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Siip on March 02, 2015, 11:27:02 PM
Saya masih bingung dengan poin nomor empat.

Maksud saya begini:
Kan di dalam hukum Taurat, juga mengandung sanksi, termasuklah di dalamnya sanksi hukuman mati. Maka untuk orang yang mendapatkan hukuman mati, pada kenyataannya Tuhan masih memungkinkan dia untuk masuk ke dalam keselamatan. Benar begini, Om?


Mnrt saya bgitu.

Patokan kselamatan adl karya Kristus.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: mrt_bla on March 03, 2015, 01:07:45 AM
IMO, kata iman dalam Rom 3:28 itu pastilah mengacu pada iman dalam Yesus Kristus. Sepakat tidak? Nah, pada masa pra dan berlakunya hukum taurat, sebelum Yesus Kristus menyatakan diri, belum ada pantekosta, manusia yang "imannya dalam siapa"?
Ok, ok. saya mengerti sekarang.
Pada masa hukum Taurat, iman tertuju kepada Alllahnya Abraham, Ishak dan Yakub, Allah orang Israel. Kan pada masa tersebut, kayaknya manusia secara umum menganggap bahwa ada banyak allah.

Tapi bingung juga ya pada masa pra Taurat, terutama sesudah peristiwa menara Babel. Soalnya pada peristiwa menara Babel, menurut pendapat saya manusia masih memiliki kesadaran bahwa hanya ada satu Allah. Dari menara Babel sampai Abraham bagaimana ya? Saya coba-coba baca ulang dulu, Pak shadowing.

Nanya dikit ya, Sob :Kata manusia dalam ayat tersebut, berdasarkan pov ente, ada batasan-batasan waktunya tidak?
Kelupaan menjawab pertanyaan utama. Maka  batas waktunya adalah sejak manusia jatuh ke dalam dosa, sampai seluruh manusia beriman dikumpulkan Tuhan di Sorga (bumi lenyap). Inilah batas waktunya. Tapi kalau masalah akhir zaman, jangan tanya-tanya ah. Saya belum mengerti dan belum mau mengerti. Misalnya apakah pada masa antikris, manusia masih dapat beriman? Wah, tidak tahu.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: HenHen on March 03, 2015, 06:55:03 AM
Wah...
Beda pandangan dg saya Bro...

Saya mengacu pd tulisan Paulus yg mngatakan bhw tidak seorangpun dibenarkan krn melaksanakan Taurat.

Jd prinsip yg saya yakini:
1. Taurat bsifat rohani dan siapa yg mampu mlaksanakan Taurat akan dibenarkan
2. Manusia bsifat daging shg tidak seorangpun mampu mlaksanakan Taurat
3. Krn poin 2, maka tidak seorangpun dibenarkan krn mlaksanakan Taurat (poin 2)
4. Untunglah, Taurat tidak mngatur sebab-akibat konsekuensi sorga/neraka
5. Maka itu skalipun Elia tidak dibenarkan oleh Taurat (krn Elia poin 2) tetapi Elia masih dianggap layak naik langsung ke sorga

no problemo om

kalau kita sama terus kayak robot dong :)
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Seek d Truth on March 03, 2015, 07:53:49 AM
Sobat,
Seingat saya taurat itu 613 aturan kan?

Adakah soal sorga neroko di 613 aturan itu?
Mat. 5:19   ...segala perintah-perintah hukum Taurat,...Kerajaan Sorga.

Mat. 5:19   ...siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

merah + ijo terpenuhi, biru teraplikasi.
ijo berkaitan dgn biru.


Sedangkan mengenai leterek kata "sorga/neraka" tertulis pada leterek 613 perintah, setau wa gak ada.
Lah wong leterek kata "neraka" saja pertama kali tertulis dlm alkitab 66 jilid terjemahan bahasa indo itu pada Mat 5:22 (PB) kok....
Apakah krn di PL tidak tertulis leterek kata "neraka", maka seluruh orang2 PL yg memperkosa TauratNya, dan menajiskan hal-hal yang kudus bagi-Nya, tidak membedakan antara yang kudus dengan yang tidak kudus, tidak mengajarkan perbedaan yang najis dengan yang tahir, menutup mata terhadap hari-hari SabatNya. Demikianlah Dia dinajiskan di tengah-tengah mereka ==> tidak ada konsekwensi neraka ?



Wah...
Beda pandangan dg saya Bro...

Saya mengacu pd tulisan Paulus yg mngatakan bhw tidak seorangpun dibenarkan krn melaksanakan Taurat.

Jd prinsip yg saya yakini:
1. Taurat bsifat rohani dan siapa yg mampu mlaksanakan Taurat akan dibenarkan
2. Manusia bsifat daging shg tidak seorangpun mampu mlaksanakan Taurat
3. Krn poin 2, maka tidak seorangpun dibenarkan krn mlaksanakan Taurat (poin 2)
4. Untunglah, Taurat tidak mngatur sebab-akibat konsekuensi sorga/neraka
5. Maka itu skalipun Elia tidak dibenarkan oleh Taurat (krn Elia poin 2) tetapi Elia masih dianggap layak naik langsung ke sorga
Kok cuman Elia ?

Kan prinsip yg anda yakini:
1. Taurat bsifat rohani dan siapa yg mampu mlaksanakan Taurat akan dibenarkan
2. Manusia bsifat daging shg tidak seorangpun mampu mlaksanakan Taurat
3. Krn poin 2, maka tidak seorangpun dibenarkan krn mlaksanakan Taurat (poin 2)
4. Untunglah, Taurat tidak mngatur sebab-akibat konsekuensi sorga/neraka
5. Maka itu skalipun Elia tidak dibenarkan oleh Taurat (krn Elia poin 2) tetapi Elia masih dianggap layak naik langsung ke sorga

Dgn kata lain, berdasar premis 4, konsistensinya; seluruh orang2 PL yg memperkosa TauratNya, dan menajiskan hal-hal yang kudus bagi-Nya, tidak membedakan antara yang kudus dengan yang tidak kudus, tidak mengajarkan perbedaan yang najis dengan yang tahir, menutup mata terhadap hari-hari SabatNya. Demikianlah Dia dinajiskan di tengah-tengah mereka ==> tidak ada konsekwensi neraka dong ?

Toh antara elia dan org2 bejad PL tiada beda, sama2 tidak dibenarkan krn melaksanakan taurat... sama2 orang yg mau ngelakuin taurat kek, mau perkosa hukum2Nya kek, konsekwensinya cuman jasmaniah sewaktu hidup doang, gak ada konsekwensi sebab-akibat sorga/neraka ?

So, seluruh orang2 PL baik yg bejad maupun yg saleh = OSAS yaaa ?


IMO:
Yesus Kristus adalah Firman Allah yang hidup.
Yesus Kristus sudah ada sebelum dunia ini ada, Yesus Kristus sebagai manusia baru dikenal mulai masa Perjanjian Baru.

Hanya orang yang beriman dan imannya manifest dlm perbuatan, sikap, hati untuk patuh pada Firman Tuhan menjadi pelaku firmanlah yang masuk surga.... baik jaman PB maupun jaman PL.

jaman sebelum PB, Hanya orang yang patuh pada Firman Tuhan yang masuk surga.
jaman setelah perjanjian lama Hanya orang yang menerima Yesus (Firman Tuhan yang hidup) yang masuk surga.

Dan taurat itu Firman Tuhan bagi jemaah yakub (israelite) jaman PL yg wajib dipatuhi mereka dan ada konsekwensi sebab-akibat sorga/neraka sebagaimana Yesus telah berfirman pada ayat Mat. 5:19 dimana hukum Taurat berkaitan dgn kerajaan sorga.

Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: cipluk on March 03, 2015, 09:55:07 AM
menurut saya keselamatan itu terutama berasal dari IMAN dan PERTOBATAN.
jika menilik seorang yg disalib bersama Yesus, karena bertobat dan mengakui Yesus maka Yesus mengatakan dia bersama Yesus di firdaus.
dengan IMAN dan PERTOBATAN inilah kita sudah melakukan Hukum Terutama dalam Taurat.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Siip on March 03, 2015, 10:10:30 AM
Mat. 5:19   ...segala perintah-perintah hukum Taurat,...Kerajaan Sorga.

Mat. 5:19   ...siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

merah + ijo terpenuhi, biru teraplikasi.
ijo berkaitan dgn biru.


Sedangkan mengenai leterek kata "sorga/neraka" tertulis pada leterek 613 perintah, setau wa gak ada.
Lah wong leterek kata "neraka" saja pertama kali tertulis dlm alkitab 66 jilid terjemahan bahasa indo itu pada Mat 5:22 (PB) kok....
Apakah krn di PL tidak tertulis leterek kata "neraka", maka seluruh orang2 PL yg memperkosa TauratNya, dan menajiskan hal-hal yang kudus bagi-Nya, tidak membedakan antara yang kudus dengan yang tidak kudus, tidak mengajarkan perbedaan yang najis dengan yang tahir, menutup mata terhadap hari-hari SabatNya. Demikianlah Dia dinajiskan di tengah-tengah mereka ==> tidak ada konsekwensi neraka ?


Kok cuman Elia ?

Kan prinsip yg anda yakini:
1. Taurat bsifat rohani dan siapa yg mampu mlaksanakan Taurat akan dibenarkan
2. Manusia bsifat daging shg tidak seorangpun mampu mlaksanakan Taurat
3. Krn poin 2, maka tidak seorangpun dibenarkan krn mlaksanakan Taurat (poin 2)
4. Untunglah, Taurat tidak mngatur sebab-akibat konsekuensi sorga/neraka
5. Maka itu skalipun Elia tidak dibenarkan oleh Taurat (krn Elia poin 2) tetapi Elia masih dianggap layak naik langsung ke sorga

Dgn kata lain, berdasar premis 4, konsistensinya; seluruh orang2 PL yg memperkosa TauratNya, dan menajiskan hal-hal yang kudus bagi-Nya, tidak membedakan antara yang kudus dengan yang tidak kudus, tidak mengajarkan perbedaan yang najis dengan yang tahir, menutup mata terhadap hari-hari SabatNya. Demikianlah Dia dinajiskan di tengah-tengah mereka ==> tidak ada konsekwensi neraka dong ?

Toh antara elia dan org2 bejad PL tiada beda, sama2 tidak dibenarkan krn melaksanakan taurat... sama2 orang yg mau ngelakuin taurat kek, mau perkosa hukum2Nya kek, konsekwensinya cuman jasmaniah sewaktu hidup doang, gak ada konsekwensi sebab-akibat sorga/neraka ?

So, seluruh orang2 PL baik yg bejad maupun yg saleh = OSAS yaaa ?


IMO:
Yesus Kristus adalah Firman Allah yang hidup.
Yesus Kristus sudah ada sebelum dunia ini ada, Yesus Kristus sebagai manusia baru dikenal mulai masa Perjanjian Baru.

Hanya orang yang beriman dan imannya manifest dlm perbuatan, sikap, hati untuk patuh pada Firman Tuhan menjadi pelaku firmanlah yang masuk surga.... baik jaman PB maupun jaman PL.

jaman sebelum PB, Hanya orang yang patuh pada Firman Tuhan yang masuk surga.
jaman setelah perjanjian lama Hanya orang yang menerima Yesus (Firman Tuhan yang hidup) yang masuk surga.

Dan taurat itu Firman Tuhan bagi jemaah yakub (israelite) jaman PL yg wajib dipatuhi mereka dan ada konsekwensi sebab-akibat sorga/neraka sebagaimana Yesus telah berfirman pada ayat Mat. 5:19 dimana hukum Taurat berkaitan dgn kerajaan sorga.

Wah wah wah Sdt,
Smoga Anda ngga ikut-ikutan straw-man yaaa  :)

Kl pendapat saya itu intinya bgini,
Taurat tidak mengatur konsekuensi kekal soal sorga vs neraka.
Namun bgitu, bagi smua org yg mninggal di era PL, tetap ada intermediate state.

Di intermediate state itu, Tuhan menetapkan bagi mreka ganjaran yg sesuai atas apa yg mreka lakukan smasa hidup secara sementara sampai saat Injil dinyatakan.

Jd kl ada org yg bbuat jahat sebelum dan pd spanjang era Taurat, maka ada ganjaran di intermediate state atas mreka, mreka akan mngalami sengsara di alam maut (dunia orang mati).
Tp alam maut/dunia orang mati ini bukan neraka.

Jd kl ada org yg bbuat baik sebelum dan pd spanjang era Taurat, maka ada ganjaran di intermediate state atas mreka (walau mreka tidak pernah bisa sempurna mlaksanakan Taurat), mreka akan mngalami penghiburan di dunia orang mati (misal pangkuan Abraham).
Tp dunia orang mati ini bukan sorga.

Mreka alami ini sampai hari dimana Injil diproklamirkan.

--------

Ini adalah pmahaman dan pnafsiran saya.
Saya tidak akan mendebatkannya krn belum tentu benar juga pmikiran saya.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Seek d Truth on March 03, 2015, 10:16:31 AM
menurut saya keselamatan itu terutama berasal dari IMAN dan PERTOBATAN.
Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.


jika menilik seorang yg disalib bersama Yesus, karena bertobat dan mengakui Yesus maka Yesus mengatakan dia bersama Yesus di firdaus.
Believing is manifested in doing.
The wise thief believed AND HE rebuked the other and asked the Lord to remember him, confessing his faith.

Kondisinya tergantung di kayu salib yg tidak memungkinkan dia untuk melakukan SEMUA perbuatan2 iman (perbuatan2 hasil manifest iman) yg diajarkan dlm alkitab..
Maka dikala banyak orang2 tidak percaya pada Yesus, banyak orang mencemoohNya.... namun dgn hatinya si penjahat disamping Yesus, dgn mulutnya, dgn sikapnya, dgn apa yg dia bisa lakukan sesuai kondisi dan situasinya tsb dia membela Yesus dihadapan orang2 tsb, dan confess his faith dgn rendah hati...  that's true believer... note; jika kita hidup dijaman itu, belum tentu kita percaya bhw Yesus adalah mesias juga... bisa jadi kita termasuk salah satu yg melempariNya dgn batu, maka jelas tindakan penjahat disamping Yesus itu mencerminkan betapa besar iman dia terhadap Yesus Kristus sang Raja yg gak kalah jika dibandingkan perbuatan iman orang2 saleh sehat lainnya.

Jika kita orang sehat waalfiat... kondisi kita bukan lagi disalib sehingga tidak memungkinkan kita tuk melakukan SEMUA perbuatan2 iman yg diajarkan dlm alkitab..... our job is to follow the commandments of the Gospel in whatever time God permits us.
If we simply aren't given enough time (ie; sakit keras di RS dan menjelang ajal), then let us pray that God will be merciful to us and understand our circumstances.

Jadi prinsipnya: believers wajib menyerahkan dirinya menjadi alatNya dan kisah ttg penjahat disamping Yesus itu tidak tepat untuk dijadikan role model sbg pembenaran "sola fide versi fide informis"; gak usah dibaptis gpp, gak usah misa kudus gpp,.....
sbb in the first place...
[iman si penjahat disamping Yesus termanifestasikan dgn apa yg dia bisa lakukan sesuai kondisi dan situasinya si penjahat yg sangat terbatas] mana bisa disamakan dgn [iman kosong si pemalas padahal sehat waalfiat gak ada halangan untuk dibaptis, gak ada halangan tuk mengasihi sesama, gak ada halangan tuk jalani sakramen2] ?

Dan ada tertulis: "Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia"


dengan IMAN dan PERTOBATAN inilah kita sudah melakukan Hukum Terutama dalam Taurat.
Ada tertulis: "barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat."

Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: HenHen on March 03, 2015, 10:31:57 AM
Ini adalah pmahaman dan pnafsiran saya.
Saya tidak akan mendebatkannya krn belum tentu benar juga pmikiran saya.

siap om
ijinkan saya membahasnya lebih jauh
bukan untuk mendebatkannya

Kl pendapat saya itu intinya bgini,
Taurat tidak mengatur konsekuensi kekal soal sorga vs neraka.
Namun bgitu, bagi smua org yg mninggal di era PL, tetap ada intermediate state.

Di intermediate state itu, Tuhan menetapkan bagi mreka ganjaran yg sesuai atas apa yg mreka lakukan smasa hidup secara sementara sampai saat Injil dinyatakan.

Jd kl ada org yg bbuat jahat sebelum dan pd spanjang era Taurat, maka ada ganjaran di intermediate state atas mreka, mreka akan mngalami sengsara di alam maut (dunia orang mati).
Tp alam maut/dunia orang mati ini bukan neraka.

Jd kl ada org yg bbuat baik sebelum dan pd spanjang era Taurat, maka ada ganjaran di intermediate state atas mreka (walau mreka tidak pernah bisa sempurna mlaksanakan Taurat), mreka akan mngalami penghiburan di dunia orang mati (misal pangkuan Abraham).
Tp dunia orang mati ini bukan sorga.

Mreka alami ini sampai hari dimana Injil diproklamirkan.

"intermediate state" ada untuk semua manusia yang hidup di PL maupun PB
yang kita tahu bahwa semua manusia belum masuk sorga ataupun neraka sampai saat ini

nah ada pertanyaan yang mengganjal
pada saat injil diproklamirkan
apakah yang mendapat "penghiburan" pasti akan menerima injil?
juga apakah yang mendapat "sengsara" pasti akan menolak injil?
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: cipluk on March 03, 2015, 11:00:14 AM
Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.
PERTOBATAN itu sebuah perbuatan lho ;)

If we simply aren't given enough time (ie; sakit keras di RS dan menjelang ajal), then let us pray that God will be merciful to us and understand our circumstances.

Jadi prinsipnya: believers wajib menyerahkan dirinya menjadi alatNya dan kisah ttg penjahat disamping Yesus itu tidak tepat untuk dijadikan role model sbg pembenaran "sola fide versi fide informis"; gak usah dibaptis gpp, gak usah misa kudus gpp,.....
sbb in the first place...
biru yang didebat sendiri dengan merah
padahal 2-2nya benar, tetapi 2-2nya berintikan IMAN dan PERTOBATAN.

Ada tertulis: "barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat."
melakukan terkecil dalam Taurat sudah dapet tempat kok di surga

mau nolak apa gak silahkan, tapi inti yang Yesus bawa itu IMAN dan PERTOBATAN dimana itu adalah manifestasi dari HK yang padanya Taurat bergantung.

perumpamaan soal upah pekerja pekerja kebun anggur mewakili hal itu.
tapi kalo mau disanggah juga silahkan, yang sanggah sepertinya mau bilang "Tuhan gak adil"
 :onion-head7:
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Siip on March 03, 2015, 11:17:03 AM
"intermediate state" ada untuk semua manusia yang hidup di PL maupun PB
yang kita tahu bahwa semua manusia belum masuk sorga ataupun neraka sampai saat ini

Kl neraka, saya stuju blm ada yg dsiksa disitu,
Tp kl sorga, skrg udah banyaaak orang kudus yg bsama-sama Tuhan di sana sembari menanti kbangkitan.

Quote
nah ada pertanyaan yang mengganjal
pada saat injil diproklamirkan
apakah yang mendapat "penghiburan" pasti akan menerima injil?
juga apakah yang mendapat "sengsara" pasti akan menolak injil?

Itu saya ngga tau.
Hahahaha.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: HenHen on March 03, 2015, 11:22:45 AM
Kl neraka, saya stuju blm ada yg dsiksa disitu,
Tp kl sorga, skrg udah banyaaak orang kudus yg bsama-sama Tuhan di sana sembari menanti kbangkitan.

kalau saya menyebutnya itu Firdaus om

Itu saya ngga tau.
Hahahaha.

xixixixi

sama dong
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Siip on March 03, 2015, 11:35:43 AM
kalau saya menyebutnya itu Firdaus om

Kl di kitab Wahyu,
Ada yg namanya Taman Firdaus Allah,
Di situ ada pohon kehidupan dan sungainya berujung di Bait Suci Sorgawi.

Gimana tuh Bro?
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: HenHen on March 03, 2015, 11:47:27 AM
Kl di kitab Wahyu,
Ada yg namanya Taman Firdaus Allah,
Di situ ada pohon kehidupan dan sungainya berujung di Bait Suci Sorgawi.

Gimana tuh Bro?

Firdaus
dan Taman Firdaus Allah

kemungkinan 2 tempat yang berbeda
yang satu adalah "intermediate state"
yang satu lagi adalah suatu tempat didalam sorga

tak tertutup kemungkinan apa yang saya pahami ini salah
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Seek d Truth on March 03, 2015, 12:27:19 PM
PERTOBATAN itu sebuah perbuatan lho ;)
Jadi hasilkanlah buah-buah yang sesuai dengan pertobatan. Dan janganlah berpikir dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!


biru yang didebat sendiri dengan merah
Itu namanya kagak nyambung. :)


padahal 2-2nya benar, tetapi 2-2nya berintikan IMAN dan PERTOBATAN.
Loh, mas gak usah bingung-bingung.

Wa bagi ilustrasi lagi....
ada seorang kristian yang sihat badan tetapi dia kena hukum salib.. (kondisi fisik dan situasinya tidak memungkinkannya tuk mengamalkan SEMUA perbuatan iman yg diajarkan dlm alkitab)
ada seorang kristian yang sakit keras terbaring di katil menjelang ajal... (kondisi fisik dan situasinya tidak memungkinkannya tuk mengamalkan SEMUA perbuatan iman yg diajarkan dlm alkitab)
ada lagi seorang kristian lain yang hidup sehat waalfiat, tiada halangan baginya tuk mengamalkan perbuatan2 iman yg diajarkan dlm alkitab.

ketiganya, terkecuali mereka kena brain damaged, orang sebegini tetapla masih 'sihat' secara akalbudi.
Seorang kristian, dalam keadaan sakit sampai tak larat bergerak apa pun, dalam keadaan disalib sampai tak larat bergerak apapun... tetap dapat mengamalkan perbuatan iman dgn apa yg ada padanya, apa yg dia bisa lakukan sbg manifestasi imannya (ie; mengerakkan apa yg masih boleh bergerak... dan kalau itu pula enggak mampu, manifestasi imannya dapat berupa sikap rendah hati dan memohon agar "Allah mengingatnya" seperti yg dilakukan penjahat disamping Yesus)

Gak ada ceritanya alkitab mengajarkan believers agar sola fide versi fide informis.

So,
[iman si penjahat disamping Yesus termanifestasikan dgn apa yg dia bisa lakukan sesuai kondisi dan situasinya si penjahat yg sangat terbatas]
[iman believer kristian yg sakit termanifestasikan dgn apa yg dia bisa lakukan sesuai kondisi dan situasinya si pasien yg sangat terbatas]
mana bisa disamakan dgn
[iman kosong si pemalas padahal sehat waalfiat gak ada halangan untuk dibaptis, gak ada halangan tuk mengasihi sesama, gak ada halangan tuk jalani sakramen2]
???

Ada-ada saja dech   :D


melakukan terkecil dalam Taurat sudah dapet tempat kok di surga
Mana ayatnya tertulis bhw "sso yg beriman dan bertobat adalah sso yg melakukan terkecil dalam taurat" ?


mau nolak apa gak silahkan, tapi inti yang Yesus bawa itu IMAN dan PERTOBATAN dimana itu adalah manifestasi dari HK yang padanya Taurat bergantung.
perumpamaan soal upah pekerja pekerja kebun anggur mewakili hal itu.
Inti yang Yesus bawa itu KASIH.

Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.


tapi kalo mau disanggah juga silahkan, yang sanggah sepertinya mau bilang "Tuhan gak adil"
 :onion-head7:
Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.
Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.
Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.
Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.

Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Seek d Truth on March 03, 2015, 12:41:54 PM
Wah wah wah Sdt,
Smoga Anda ngga ikut-ikutan straw-man yaaa  :)

Kl pendapat saya itu intinya bgini,
Taurat tidak mengatur konsekuensi kekal soal sorga vs neraka.
Namun bgitu, bagi smua org yg mninggal di era PL, tetap ada intermediate state.

Di intermediate state itu, Tuhan menetapkan bagi mreka ganjaran yg sesuai atas apa yg mreka lakukan smasa hidup secara sementara sampai saat Injil dinyatakan.

Jd kl ada org yg bbuat jahat sebelum dan pd spanjang era Taurat, maka ada ganjaran di intermediate state atas mreka, mreka akan mngalami sengsara di alam maut (dunia orang mati).
Tp alam maut/dunia orang mati ini bukan neraka.

Jd kl ada org yg bbuat baik sebelum dan pd spanjang era Taurat, maka ada ganjaran di intermediate state atas mreka (walau mreka tidak pernah bisa sempurna mlaksanakan Taurat), mreka akan mngalami penghiburan di dunia orang mati (misal pangkuan Abraham).
Tp dunia orang mati ini bukan sorga.

Mreka alami ini sampai hari dimana Injil diproklamirkan.

--------

Ini adalah pmahaman dan pnafsiran saya.
Saya tidak akan mendebatkannya krn belum tentu benar juga pmikiran saya.
>>>
Jd prinsip yg saya yakini:
1. Taurat bsifat rohani dan siapa yg mampu mlaksanakan Taurat akan dibenarkan
2. Manusia bsifat daging shg tidak seorangpun mampu mlaksanakan Taurat
3. Krn poin 2, maka tidak seorangpun dibenarkan krn mlaksanakan Taurat (poin 2)
4. Untunglah, Taurat tidak mngatur sebab-akibat konsekuensi sorga/neraka
5. Maka itu skalipun Elia tidak dibenarkan oleh Taurat (krn Elia poin 2) tetapi Elia masih dianggap layak naik langsung ke sorga
Wa buatkan poin tambahan iaitu poin 6 sbg antitesis poin 5 yaaa

1. Taurat bsifat rohani dan siapa yg mampu mlaksanakan Taurat akan dibenarkan
2. Manusia bsifat daging shg tidak seorangpun mampu mlaksanakan Taurat
3. Krn poin 2, maka tidak seorangpun dibenarkan krn mlaksanakan Taurat (poin 2)
4. Untunglah, Taurat tidak mngatur sebab-akibat konsekuensi sorga/neraka
5. Maka itu skalipun Elia tidak dibenarkan oleh Taurat (krn Elia poin 2) tetapi Elia masih dianggap layak naik langsung ke sorga
6. Maka itu skalipun seluruh orang2 bejad PL tidak dibenarkan oleh taurat (krn semua orang poin 2), dan orang2 bejad PL masih dianggap tidak layak ke neraka.


Tuh antitesisnya.
hehehhe


Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: cipluk on March 03, 2015, 12:59:45 PM
Jadi hasilkanlah buah-buah yang sesuai dengan pertobatan. Dan janganlah berpikir dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!
Bapa saya yah BapaNYA Yesus.

Itu namanya kagak nyambung. :)
lha gak nyambung gimana sih ???

Loh, mas gak usah bingung-bingung.

Wa bagi ilustrasi lagi....
ada seorang kristian yang sihat badan tetapi dia kena hukum salib.. (kondisi fisik dan situasinya tidak memungkinkannya tuk mengamalkan SEMUA perbuatan iman yg diajarkan dlm alkitab)
ada seorang kristian yang sakit keras terbaring di katil menjelang ajal... (kondisi fisik dan situasinya tidak memungkinkannya tuk mengamalkan SEMUA perbuatan iman yg diajarkan dlm alkitab)
ada lagi seorang kristian lain yang hidup sehat waalfiat, tiada halangan baginya tuk mengamalkan perbuatan2 iman yg diajarkan dlm alkitab.

ketiganya, terkecuali mereka kena brain damaged, orang sebegini tetapla masih 'sihat' secara akalbudi.
Seorang kristian, dalam keadaan sakit sampai tak larat bergerak apa pun, dalam keadaan disalib sampai tak larat bergerak apapun... tetap dapat mengamalkan perbuatan iman dgn apa yg ada padanya, apa yg dia bisa lakukan sbg manifestasi imannya (ie; mengerakkan apa yg masih boleh bergerak... dan kalau itu pula enggak mampu, manifestasi imannya dapat berupa sikap rendah hati dan memohon agar "Allah mengingatnya" seperti yg dilakukan penjahat disamping Yesus)

Gak ada ceritanya alkitab mengajarkan believers agar sola fide versi fide informis.

So,
[iman si penjahat disamping Yesus termanifestasikan dgn apa yg dia bisa lakukan sesuai kondisi dan situasinya si penjahat yg sangat terbatas]
[iman believer kristian yg sakit termanifestasikan dgn apa yg dia bisa lakukan sesuai kondisi dan situasinya si pasien yg sangat terbatas]
mana bisa disamakan dgn
[iman kosong si pemalas padahal sehat waalfiat gak ada halangan untuk dibaptis, gak ada halangan tuk mengasihi sesama, gak ada halangan tuk jalani sakramen2]
???

Ada-ada saja dech   :D
anda jelasin panjang lebar itu, intinya khan hanya ada di IMAN dan PERTOBATAN sebagai manifestasi HK.
Saya tidak menolak semua FT lho, saya cuman bilang inti yang diajarkan itu IMAN dan PERTOBATAN.

Mana ayatnya tertulis bhw "sso yg beriman dan bertobat adalah sso yg melakukan terkecil dalam taurat" ?
jadi melakukan yang terbesar ?

Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.
PERTOBATAN yang sungguh2 itu melakukan "pengharapan dan kasih".

Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.
lemah apa ?? IMAN bukan ???

Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.

5:43 Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.
5:45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.
5:46 Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?
5:47 Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian?
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: alephtav on March 03, 2015, 01:11:35 PM
Firdaus
dan Taman Firdaus Allah

kemungkinan 2 tempat yang berbeda
yang satu adalah "intermediate state"
yang satu lagi adalah suatu tempat didalam sorga

tak tertutup kemungkinan apa yang saya pahami ini salah
Di PL memang tidak begitu jelas konsep Surga. Taurat juga kebanyakan mengatur tentang hal duniawi. Tetapi juga menyangkut reward and punishment dari Tuhan.
Tapi mereka percaya kebangkitan orang mati di akhir zaman (kecuali saduki), kemudian kerajaan Israel dipulihkan dengan Mesias sebagai raja-nya.

Jadi kurang lebih doktrin akhir zamannya ada kemiripan dengan PB.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Siip on March 03, 2015, 01:16:06 PM
6. Maka itu skalipun seluruh orang2 bejad PL tidak dibenarkan oleh taurat (krn semua orang poin 2), dan orang2 bejad PL masih dianggap tidak layak ke neraka.


Tuh antitesisnya.
hehehhe

Wah, yg nomor 6 itu bukan mrupakan pendapat saya,
Apakah dapat dikatakan itu adalah contoh straw-man argument?

Tp ya sudahlah Bro,
Saya sudah jelaskan pandangan saya dengan cukup.
Rasanya saya tidak perlu menambah-nambah lagi argumen utk sementara ini.

Stuju atau tidak, ini masih penafsiran.
Bisa memperkaya, bisa juga tidak.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Seek d Truth on March 03, 2015, 01:32:16 PM
Bapa saya yah BapaNYA Yesus.
Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran.


lha gak nyambung gimana sih ???
anda jelasin panjang lebar itu, intinya khan hanya ada di IMAN dan PERTOBATAN sebagai manifestasi HK.
Katanya "Bapa cipluk yah BapaNYA Yesus" tapi kok tetap gak tahu ketidaknyambungan dgn poin wa ?
Kalau gak percaya bahwa anda kagak nyambung, coba deh terangkan apa sih poin saya panjang lebar tsb ?
Dari situ bisa keliatan, apakah anda bisa memahami pendapat orang lain, bukan cuma teriak "biru yang didebat sendiri dengan merah" dan "intinya kan HANYA ada di iman dan pertobatan"


Saya tidak menolak semua FT lho, saya cuman bilang inti yang diajarkan itu IMAN dan PERTOBATAN.
Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah.
Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.
Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.
Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi.
idak ada seorangpun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita.
Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.
Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.
Dan perintah ini kita terima dari Dia: Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya.

Memang mengasihi Dia dengan segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan, dan juga mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri adalah jauh lebih utama dari pada semua korban bakaran dan korban sembelihan

Jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam Kitab Suci: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri", kamu berbuat baik.


Jangan males yaaa

Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: cipluk on March 03, 2015, 01:46:10 PM
Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran.
lho memangnya kalo saya bilang "Bapa saya yah BapaNYA Yesus." lantas saya tidak menuruti perintahNYA ?
kesimpulan dari mana om/tante ??

Katanya "Bapa cipluk yah BapaNYA Yesus" tapi kok tetap gak tahu ketidaknyambungan dgn poin wa ?
Kalau gak percaya bahwa anda kagak nyambung, coba deh terangkan apa sih poin saya panjang lebar tsb ?
Dari situ bisa keliatan, apakah anda bisa memahami pendapat orang lain, bukan cuma teriak "biru yang didebat sendiri dengan merah" dan "intinya kan HANYA ada di iman dan pertobatan"
anda ini tidak menyimak
Quote
biru yang didebat sendiri dengan merah
padahal 2-2nya benar, tetapi 2-2nya berintikan IMAN dan PERTOBATAN.

Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah.
Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.
Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.
Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi.
idak ada seorangpun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita.
Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.
Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.
Dan perintah ini kita terima dari Dia: Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya.

Memang mengasihi Dia dengan segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan, dan juga mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri adalah jauh lebih utama dari pada semua korban bakaran dan korban sembelihan

Jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam Kitab Suci: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri", kamu berbuat baik.


Jangan males yaaa
percuma kalo anda hanya mengasihi orang2 yang baik dan sodara2 seiman saja.

5:43 Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.
5:45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.
5:46 Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?
5:47 Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian?

masih mau bilang ini ???
Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Seek d Truth on March 03, 2015, 01:51:11 PM
Quote
dengan IMAN dan PERTOBATAN inilah kita sudah melakukan Hukum Terutama dalam Taurat.
Ada tertulis: "barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat."
melakukan terkecil dalam Taurat sudah dapet tempat kok di surga
Mana ayatnya tertulis bhw "sso yg beriman dan bertobat adalah sso yg melakukan terkecil dalam taurat" ?
jadi melakukan yang terbesar ?
maksutnya gimana.. ayat yg wa tanyakan mana ?


PERTOBATAN yang sungguh2 itu melakukan "pengharapan dan kasih".
Jadi pada ayat 1Kor 13:13 alkitab anda tertulis: "   Demikianlah tinggal ketiga keempat hal ini, yaitu pertobatan, iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih pertobatan" ???

Ada tertulis:
Sebab itu marilah kita tinggalkan asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus dan beralih kepada perkembangannya yang penuh. Janganlah kita meletakkan lagi dasar pertobatan dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, dan dasar kepercayaan kepada Allah,


lemah apa ?? IMAN bukan ???
apa konsekuensi iman yg tidak disertai perbuatan ?


Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Seek d Truth on March 03, 2015, 02:02:08 PM
Wah, yg nomor 6 itu bukan mrupakan pendapat saya,
Apakah dapat dikatakan itu adalah contoh straw-man argument?
Terserah kalo mau dikatakan sbg "strawman argumen"
Toh itu konsekwensi logis dari premis yg anda susun sendiri berdasar premis no 4 dalam pandangan saya, dan readers dapat membaca sendiri dan menilai sendiri.

Dgn logika sederhana:
In the first place; dosa = pelanggaran hukum Allah..
Di PL, israelite dikasi taurat
Maka kalo melanggar taurat, mereka berbuat dosa..
dan upah dosa itu kebinasaan

Logikanya:
- jika tidak ada firman pada adam ttg makan buah pengetahuan, maka tidak ada konsekwensi adam hawa mati
- jika TIDAK ADA PERATURAN, maka tidak ada konsekwensinya
- sebelum hukum Taurat ada, telah ada dosa di dunia. Tetapi dosa itu tidak diperhitungkan kalau tidak ada hukum Taurat.

So, taurat itu PATOKANNYA sso berbuat dosa/tidak bagi israelite jaman PL.
Sehingga jika anda katakan "Taurat tidak mengatur konsekuensi kekal soal sorga vs neraka."
Maka ini menggiring pada opini bhw: israelite jaman PL mau dgn iman menjadi pelaku firman (taurat) kek, mau perkosa taurat kek.. dosa mereka tidak diperhitungkan seolah2 tidak ada taurat...

Padahal pada ayat Rm 2 dikatakan:
Rm 2:11-16   Sebab Allah tidak memandang bulu.
Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi oleh hukum Taurat.
Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan.
Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri.
Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.
Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus.


Makanya saya bingun, kok anda bilang "gak ada konsekwensi sorga/neraka" gitchuuu loooh
hehhee


Tp ya sudahlah Bro,
Saya sudah jelaskan pandangan saya dengan cukup.
Rasanya saya tidak perlu menambah-nambah lagi argumen utk sementara ini.

Stuju atau tidak, ini masih penafsiran.
Bisa memperkaya, bisa juga tidak.
Sip dech.. makaci kk atas diskusinya..  :angel:

Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: cipluk on March 03, 2015, 02:14:49 PM
Jadi pada ayat 1Kor 13:13 alkitab anda tertulis: "   Demikianlah tinggal ketiga keempat hal ini, yaitu pertobatan, iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih pertobatan" ???
13:13 Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

di kitab anda tertulis "keempat hal ini" ???

PERTOBATAN yang sungguh2 itu melakukan "pengharapan dan kasih".

Ada tertulis:
Sebab itu marilah kita tinggalkan asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus dan beralih kepada perkembangannya yang penuh. Janganlah kita meletakkan lagi dasar pertobatan dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, dan dasar kepercayaan kepada Allah,

apa konsekuensi iman yg tidak disertai perbuatan ?

maksutnya gimana.. ayat yg wa tanyakan mana ?
saya bantu pahami yah sis/bro....perhatikan yang di bold untuk menjelaskan yang digaris bawahi.

IMAN dan PERTOBATAN itu intinya, berkembang itu hasilnya.

dan semua contoh yang ada dalam alkitab, seperti penjahat yg terima Yesus, itu adalah bukti intinya.
tetapi itu tidak mengeliminir hasil-hasil PERTOBATAN dari manusia yg masih hidup setelah bertobat.
itulah saya katakan "2-2nya benar"  :coolsmiley:
jika orang tidak paham...maka akan muncul kesan "Tuhan tidak adil"...khan ini yg sering ditudingkan oleh pihak lain  :wink:
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Big bee on June 14, 2018, 10:26:04 AM
Buat yg ngotot bahwa Taurat dan kitab para nabi sdh tdk berlalu,
sebaiknya baca Trit ini supaya pinter sedikit.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Sotardugur Parreva on June 14, 2018, 12:55:54 PM
Buat yg ngotot bahwa Taurat dan kitab para nabi sdh tdk berlalu,
sebaiknya baca Trit ini supaya pinter sedikit.
Maksud Big bacot, Hukum Taurat sudah berlalu atau sudah tidak berlalu?
Pastikan lebih dulu.

Jangan jeblok dengan bacotmu yang kau big-big (besar-besar)-kan.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Big bee on June 14, 2018, 02:32:02 PM
Oo, ngertinya cm bhs Indonesia?
Pantesan repot . .
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: viruskasih on June 14, 2018, 03:07:25 PM
Buat yg ngotot bahwa Taurat dan kitab para nabi sdh tdk berlalu (baca: berlaku),
sebaiknya baca Trit ini supaya pinter sedikit.


Gue udah baca dan memang Taurat dan Kitab Para Nabi sudah tidak berlaku kok.

Apa elo ga baca di page #1, bray :

...

Keempat commentary di atas sepakat bahwa Ayat ini berbicara mengenai periode, Yohanes Pembaptis (nabi Yahya) sebagai tanda akhir dari sistem keagamaan yang menggunakan Hukum Taurat. Jika dikaitkan dengan gelar yang diberikan YESUS kepada Yohanes Pembabtis yang menggelarinya "NABI TERBESAR" ([url]http://www.sarapanpagi.org/27-siapa-yang-lebih-besar-dari-yohanes-pembabtis-vt1077.html#p3400[/url]), kita akan semakin mengerti mengapa justru Yohanes Pembabtis mendapat gelar seperti ini dan gelar ini tidak dikenakan kepada Musa ataupun Elia ataupun nabi-nabi yang lain.

Sebab dialah tanda yang mengakhiri Era Perjanjian Lama dan dia adalah saksi yang merujuk langsung ke hidung "Allah yang inkarnasi," yaitu manusia yang bernama YESUS Sang Mesias yang membawa Hukum yang Baru.


Blessings,
BP
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Sotardugur Parreva on June 14, 2018, 03:17:13 PM
Oo, ngertinya cm bhs Indonesia?
Pantesan repot . .
Syukurlah.
Dengan posting yang ku-quote itu, tersirat makna bahwa nalar jeblok dari big bacot sudah terkuak. Semoga kau tidak membungkus dirimu pada pemahaman yang tidak alkitabiah tanpa dasar.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Sotardugur Parreva on June 14, 2018, 06:20:27 PM
Buat yg ngotot bahwa Taurat dan kitab para nabi sdh tdk berlalu,
sebaiknya baca Trit ini supaya pinter sedikit.
Okeh, jika "berlalu" pada posting di atas dibaca "berlaku", kira-kira maksud posternya, dengan membaca trit ini maka pembaca akan lebih pintar sedikit. Tentu maksudnya lebih pintar sedikit dalam hal memaknai Luk 16:16 yang menyatakan bahwa Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai zaman Yohanes.
Begitu, bukan, @Big bacot, eh, @Big bee?
 :D
Tapi, dari semua posting di trit ini yang terkait dengan judul, hasil akhirnya adalah apakah Luk 16:16 menggunakan kata berlalu, eh berlaku, artinya tetap bahwa Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai zaman Yohanes, kok.

Nah, jika benar dengan membaca trit ini menjadikan pembacanya lebih pintar sedikit, kusarankan agar @Big bacot eh, @Big bee membaca trit ini beratus bahkan beribu kali, agar @Big bacot eh, @Big bee bertambah pintar buanyaak.
 :coolsmiley:

Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Big bee on June 15, 2018, 07:47:10 AM
Gue udah baca dan memang Taurat dan Kitab Para Nabi sudah tidak berlaku kok.

Apa elo ga baca di page #1, bray :

Okeh, jika "berlalu" pada posting di atas dibaca "berlaku", kira-kira maksud posternya, dengan membaca trit ini maka pembaca akan lebih pintar sedikit. Tentu maksudnya lebih pintar sedikit dalam hal memaknai Luk 16:16 yang menyatakan bahwa Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai zaman Yohanes.
Begitu, bukan, @Big bacot, eh, @Big bee?
 :D
Tapi, dari semua posting di trit ini yang terkait dengan judul, hasil akhirnya adalah apakah Luk 16:16 menggunakan kata berlalu, eh berlaku, artinya tetap bahwa Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai zaman Yohanes, kok.

Nah, jika benar dengan membaca trit ini menjadikan pembacanya lebih pintar sedikit, kusarankan agar @Big bacot eh, @Big bee membaca trit ini beratus bahkan beribu kali, agar @Big bacot eh, @Big bee bertambah pintar buanyaak.
 :coolsmiley:


Harap dibaca dgn cermat dan teliti bagian ini:

Mari kita kaji naskah bahasa aslinya, sbb:

* Lukas 16:16
LAI TB,  Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.
KJV,   The law and the prophets were until John: since that time the kingdom of God is preached, and every man presseth into it.
TR,  ο νομος και οι προφηται εως ιωαννου απο τοτε η βασιλεια του θεου ευαγγελιζεται και πας εις αυτην βιαζεται

Translit Interlienar,  ho nomos {(kitab) Taurat} kai {dan} hoi prophêtai {(kitab) nabi-nabi} heôs {hingga} iôannou {yohanes} apo  tote  hê basileia  tou theou euaggelizetai  kai  pas  eis  autên  biazetai

Translit Interlienar,  ho {the} nomos {law} kai {and} hoi {the} prophêtai {prophets} heôs {a conjunction, preposition and adverb of continuance, until (of time and place), until} iôannou {john} apo {from} tote {then} hê {the} basileia {kingdon} tou {of} theou {God} euaggelizetai {is being well messagized} kai {and} pas {every} eis {into} autên {her} biazetai {is being forced}

Dalam LAI-TB, kata "berlaku" memang tidak ada dalam naskah bahasa Asli Yunani. Dan, kita boleh mengabaikan kata tersebut. Namun, yang seharusnya yang digaris bawahi dalam Lukas 16:16 adalah kata "sampai" (Yunani: heôs) bukan yang lainnya.
Kata heôs seperti keterangan di atas adalah a conjunction, preposition and adverb of continuance, until (of time and place). Dan kata heôs ([url]http://www.blueletterbible.org/lang/lexicon/lexicon.cfm?strongs=G2193[/url]) dalam bahasa Yunani selalu menunjukkan batasan waktu.

Kata "Berlaku" tidak ada dalam naskah bahasa Asli Yunani, kata ini adalah penambahan dari team penerjemah LAI-TB. Meski Kata "berlaku" adalah tambahan dari penterjemah sebagai sajian terjemahan kontekstual. Namun hal tsb tidak "sepenuhnya salah" (jikalau ini hendak dipermasalahkan).
Kita juga dapat mengabaikan kata "berlaku" dalam terjemahan tsb. Tetapi kita tetap akan menemui "kata spesifik" terhadap batasan waktu yaitu kata Yunani εως - "HEÔS".

Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Siip on June 15, 2018, 10:52:44 AM
'Tidak lagi berlaku' bukan brarti 'otomatis boleh dilanggar'.

Bukankah Tuhan Yesus dengan berlalunya (tidak berlakunya) taurat musa, Ia menegakkan hukum Kristus?

Org berdebat soal taurat pdhl hukum Kristuslah yg mnggantikan kedudukan taurat.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: ZheZhu on June 15, 2018, 09:45:09 PM
kelihatannya si @dugur dan si @virus ngebet banget pengen ngambil kesempatan untuk menghalalkan ajaran berdoa kepada arwah maria yaitu seperti praktek tenung yang dilarang Allah pada kisah saul di kitab PL.

bener2 cara yang amat teramat memamerkan keoonanan.
baru convert jadi nabi palsu ya kamuorg?

baca lagi ayat ini dan resapin baik2 :

Matius 22:37-40 (TB) 
Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

terutama yang saya bold biru tuh..

dan juga yang ini supaya lebih melek..

Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.

jadi bila kamuorg bilang mengasihi Yesus namun kagak menuruti firman maka yang jelas kamuorg bukan mengasihi Yesus.

semoga nalar sehat timbul kelak yaa.

huahahahahaa...

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: viruskasih on June 15, 2018, 10:49:01 PM
...

Kata "Berlaku" tidak ada dalam naskah bahasa Asli Yunani, kata ini adalah penambahan dari team penerjemah LAI-TB. Meski Kata "berlaku" adalah tambahan dari penterjemah sebagai sajian terjemahan kontekstual. Namun hal tsb tidak "sepenuhnya salah" (jikalau ini hendak dipermasalahkan).
Kita juga dapat mengabaikan kata "berlaku" dalam terjemahan tsb. Tetapi kita tetap akan menemui "kata spesifik" terhadap batasan waktu yaitu kata Yunani εως - "HEÔS".

bersambung....


Lho, elo ga baca sambungannya, bray...

Kita akan pelajari kata Yunani εως - "HEÔS", "hingga" yang jelas merujuk kepada waktu sebelum sesuatu terjadi, yang tidak dapat diterapkan sesudahnya. Sebagai contoh, kita lihat ayat-ayat berikut ini :

* Matius 5:26
LAI TB, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum (HEÔS) engkau membayar hutangmu sampai lunas.
KJV, Verily I say unto thee, Thou shalt by no means come out thence, till (HEÔS) thou hast paid the uttermost farthing.
TR, αμην λεγω σοι ου μη εξελθης εκειθεν εως αν αποδως τον εσχατον κοδραντην
Translit, amên legô soi ou mê exelthês ekeithen heôs an apodôs ton eskhaton kodrantên

* 1 Korintus 16:8
LAI TB, Tetapi aku akan tinggal di Efesus sampai (HEÔS) hari raya Pentakosta,
KJV, But I will tarry at Ephesus until (HEÔS) Pentecost.
TR, επιμενω δε εν εφεσω εως της πεντηκοστης
Translit, epimenô de en ephesô heôs tês pentêkostês

Yesus menyatakan Taurat HINGGA Yohanes. Artinya "Yohanes" disini adalah sebagai tanda dari batasan waktu itu.

Kata "berlaku" memang tidak ada secara harfiah, namun kata ini secara kontekstual tidak dapat dipersalahkan. Kalaupun kaat "berlaku" ini masih dipermasalahkan. Ya abaikan saja kata ini. Ketika kata "berlaku" ini "dicoret" Lukas 16:16 hasilnya akan seperti misalnya dalam terjemahan MILT di bawah ini:
Torat dan para nabi ada sampai Yohanes, dari sejak itulah kemudian kerajaan Allah diinjilkan dan setiap orang memaksa masuk ke dalamnya.

Kata "sampai" adalah batasan waktu, dan sosok Yohanes Pembaptis adalah sebagai tandanya. Yesus menyatakan durasi Torat dan para nabi sampai kepada Yohanes Pembaptis. Oleh sebab itu dalam kesempatan yang lain Yesus menyatakan bahwa Yohanes Pembaptis adalah nabi yang terbesar (Lukas 7:28, sebutan "terbesar" itu tidak dikenakan untuk Musa ataupun Elia). Sebab Yohanes Pembabtis inilah yang mengakhiri sebuah era ([url]http://www.sarapanpagi.org/27-siapa-yang-lebih-besar-dari-yohanes-pembabtis-vt1077.html#p3400[/url]).
...


Duh, elo yang "nyuruh" baca-baca tapi elo sendiri ga baca-baca sampai selesai, bray...
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: viruskasih on June 15, 2018, 11:10:57 PM
kelihatannya si @dugur dan si @virus ngebet banget pengen ngambil kesempatan untuk menghalalkan ajaran berdoa kepada arwah maria yaitu seperti praktek tenung yang dilarang Allah pada kisah saul di kitab PL.
Hehehe, ciri khas elo yang paling bikin gue muak, bray

Lah, kita lagi ngomongin Luk 16:16, elo malah lari ke soal lain.
Coba fokus dulu di Luk 16:16, bray. Jangan OOT, please.


bener2 cara yang amat teramat memamerkan keoonanan.
baru convert jadi nabi palsu ya kamuorg?
Udah-udah. Ga usah ad-hominem, bray. Gaya elo ga mempan sama gue.

Ini cuma gara=gara elonya aza ga mau baca semua yang tertulis di page #1, bray.


baca lagi ayat ini dan resapin baik2 :

Matius 22:37-40 (TB) 
Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

terutama yang saya bold biru tuh..

dan juga yang ini supaya lebih melek..
Elo ga baca yang gue bold-maroon? Ini gue kasih terjemahan lain ya, biar makin jelas.

(40) Seluruh hukum agama yang diberikan oleh Musa dan ajaran para nabi berdasar pada kedua perintah itu."

(40) Semua hukum Taurat dan ajaran nabi-nabi berdasarkan kedua perintah itu.”

Buat gue, ini buat gue ya, 2 perintah aza udah cukup berat, bray.
Lah, ini elo malah mau tambah dengan 613 perintah Hukum Taurat?
Monggo, kalo elo merasa sanggup.
 
Betewe, elo ga lupa sama ketentuan Hukum Taurat? Gagal = Mati !?
Semoga sukses ya.


Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
Tepat. Dan berikut Firman Tuhan Yesus untuk gue turuti :


(22) Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.

(23) Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau,

(24) tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.

(25) Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkau dilemparkan ke dalam penjara.

(26) Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas.

(28) Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. (Ini susah bingits lho, bray...)

(29) Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.

(30) Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.

(32) Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.

(34) Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah,

Seterusnya baca sendiri, ya. Abis panjang bingits buat di-copas semuanya.

Gimana, ga kalah susah dibandingkan dengan 613 Hukum Taurat kan?


jadi bila kamuorg bilang mengasihi Yesus namun kagak menuruti firman maka yang jelas kamuorg bukan mengasihi Yesus.
Nah, gimana sekarang, menurut elo, gue sudah menuruti Firman Tuhan Yesus Kristus lom?
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: ZheZhu on June 15, 2018, 11:33:18 PM
Hehehe, ciri khas elo yang paling bikin gue muak, bray
Lah, kita lagi ngomongin Luk 16:16, elo malah lari ke soal lain.Coba fokus dulu di Luk 16:16, bray. Jangan OOT, please.
Udah-udah. Ga usah ad-hominem, bray. Gaya elo ga mempan sama gue.
Ini cuma gara=gara elonya aza ga mau baca semua yang tertulis di page #1, bray.Elo ga baca yang gue bold-maroon? Ini gue kasih terjemahan lain ya, biar makin jelas.(40) Seluruh hukum agama yang diberikan oleh Musa dan ajaran para nabi berdasar pada kedua perintah itu.(40) Semua hukum Taurat dan ajaran nabi-nabi berdasarkan kedua perintah itu.”Buat gue, ini buat gue ya, 2 perintah aza udah cukup berat, bray.
Lah, ini elo malah mau tambah dengan 613 perintah Hukum Taurat? Monggo, kalo elo merasa sanggup.
  Betewe, elo ga lupa sama ketentuan Hukum Taurat? Gagal = Mati !?Semoga sukses ya.
Tepat. Dan berikut Firman Tuhan Yesus untuk gue turuti :
(22) Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.(23) Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau,(24) tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.
(25) Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkaudilemparkan ke dalam penjara.
(26) Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas.(28) Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. (Ini susah bingits lho, bray...)(29) Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.(30) Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.(32) Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.(34) Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah,
Seterusnya baca sendiri, ya. Abis panjang bingits buat di-copas semuanya.Gimana, ga kalah susah dibandingkan dengan 613 Hukum Taurat kan?Nah, gimana sekarang, menurut elo, gue sudah menuruti Firman Tuhan Yesus Kristus lom?
busett dah..
segala secara situ halalin demi membenarkan ajaran berdoa kepada arwah yang sudah dibenci oleh Allah..

oya btw, larangan berhubungan dengan arwah adalah hukum taurat ke berapa? kasih tau doong...!

oya, kok situ merasa berat melakukan firman ya?
bila kamu merasa berat justru Yesus kok mengatakan sebaliknya..

Matius 11:29-30 (TB) 
Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.
Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan."


hahahahahaa..

jangan2 kamu ini ngaku2 aja ya jadi Kristen ?!
mengasihi Allah itu ya harus menuruti firmanNya..
klo tidak ya berarti bokies aja..

semoga nalar sehat masih ada kelak..

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: cNc on June 16, 2018, 12:23:59 AM
yg disoalkan ini : Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
sudah dijawab berdasarkan kajian di halaman 1 Reply #1, #2, #3
akan elok diskusi apabila ada yang hadir dengan kajian yang menggugurkan kajian di halaman 1 Reply #1, #2 dan, #3
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Sotardugur Parreva on June 16, 2018, 12:43:27 AM
kelihatannya si @dugur dan si @virus ngebet banget pengen ngambil kesempatan untuk menghalalkan ajaran berdoa kepada arwah maria yaitu seperti praktek tenung yang dilarang Allah pada kisah saul di kitab PL.
Bukan. @Sotardugur Parreva tidak punya kompetensi melabeli menghalalkan atau mengharamkan apa-apa yang diajarkan rasul dan penerus rasul yang kuyakini diterima dari Tuhan Yesus Kristus. Kuyakini Tuhan Yesus Kristus menunaikan seluruh janjiNya. Jika Dia menyatakan akan senantiasa menyertai rasul sampai kepada akhir zaman, itu kumaknai bahwa penerus rasul juga disertaiNya.
Jika ada pihak yang menamakan diri pengikut Kristus mempunyai penafsiran berbeda dari itu, silahkan saja.

Quote
bener2 cara yang amat teramat memamerkan keoonanan.
baru convert jadi nabi palsu ya kamuorg?
Silahkan belajar berbahasa mengikuti aturan forum.

Quote
baca lagi ayat ini dan resapin baik2 :
Matius 22:37-40 (TB) 
Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."
terutama yang saya bold biru tuh..
Apa yang hendak situ sampaikan?
Yang tebal itu tidak menganulir Luk 16:16. Mau ayat itu menggunakan kata "berlaku" atau tidak, artinya tetap, Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai zaman Yohanes.

Quote
dan juga yang ini supaya lebih melek..
Yohanes 14:23 (TB) Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
Yang kuyakini, yang firman Kristus adalah yang di Perjanjian baru sebab, pada masa itulah perwujudan Perjanjian Lama, Tuhan Yesus kristus sudah menjadi daging dan diam di antara kita (IMMANUEL). Sementara Perjanjian Lama, adalah merupakan nubuatan akan kedatangan Tuhan Yesus Kristus. Itu adalah tulisan nabi berdasar wahyu. "Kemanusiaan nabi yang terbatas" tidak dapat kujamin menuliskan wahyu Tuhan persis seperti yang Tuhan maksudkan.
Begitu Tuhan Yesus Kristus sudah diam di antara kita, sudah IMMANUEL, maka menjadi tidak berlaku. Tuhan Yesus Kristuslah yang menjadi acuan Kristen. Perjanjian Lama atau Hukum Taurat dan kitab para anbi, adalah acuan kaum Yahudi.

Quote
jadi bila kamuorg bilang mengasihi Yesus namun kagak menuruti firman maka yang jelas kamuorg bukan mengasihi Yesus.
Kupikir, yang tidak menuruti Firman Kristus adalah orang yang masih bercokol menggunakan Hukum Taurat dan kitab para nabi, padahal, Tuhan Yesus Kristus sudah mengatakan bahwa Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai zaman Yohanes. Orang yang hidup setelah zaman Yohanes, tidak perlu melihat ke belakang. Luk 9:62 Tetapi Yesus berkata: "Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah."
Apakah Luk 16:16 dengan atau tanpa "berlaku", tercatat di Alkitab yang @ZheZhu gunakan, tidak?
Jika tercatat, apa tafsirmu atau tafsir pengajarmu terhadapnya?

Quote
semoga nalar sehat timbul kelak yaa.
huahahahahaa...
Apakah nalar @ZheZhu sehat?
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Big bee on June 16, 2018, 08:02:35 AM
yg disoalkan ini : Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
sudah dijawab berdasarkan kajian di halaman 1 Reply #1, #2, #3
akan elok diskusi apabila ada yang hadir dengan kajian yang menggugurkan kajian di halaman 1 Reply #1, #2 dan, #3
Mereka tdk memiliki kajian utk mencounter hal tsb,
yg dipunyai hanya ngotot agar PL tdk lagi dipakai sbg acuan,
itu yg menjadikan diskusi ini tdk menarik dan tdk berbobot.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Sotardugur Parreva on June 16, 2018, 02:04:58 PM
@Sotardugur Parreva nimbrung.
yg disoalkan ini : Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
sudah dijawab berdasarkan kajian di halaman 1 Reply #1, #2, #3
akan elok diskusi apabila ada yang hadir dengan kajian yang menggugurkan kajian di halaman 1 Reply #1, #2 dan, #3
Mereka tdk memiliki kajian utk mencounter hal tsb,
yg dipunyai hanya ngotot agar PL tdk lagi dipakai sbg acuan,
itu yg menjadikan diskusi ini tdk menarik dan tdk berbobot.
Posting @Big bee tidak nyambung ke quoting-mu dari postingan @cNc.
@cNc menjelaskan bahwa Reply#1, #2, dan #3 sudah menjawab trit. Bahwa dengan atau tanpa kata "berlaku" pada Luk 16:16, arti dari Luk 16:16 itu tetap, Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai zaman Yohanes.
Lalu @cNc mengharap, jika ada posting berikutnya setelah itu yang dapat menggugurkan Reply#1, #2, dan #3, itulah yang diposting. Kupikir, juga analisis berbeda yang sejalan dengan Reply#1, #2, dan #3, masih pada tempatnya untuk diposting.

Kemudian, @Big bee memposting dengan mengquoting posting-an @cNc itu, namun @Big bee menyampaikan curhatan yang tidak terkait kepada posting@cNc yang diquotingnya. Dari diksi (pemilihan kata) yang diterapkan oleh @Big bee menunjukkan bahwa @Big bee suka menggunakan kata yang kelihatannya tidak dimengertinya, sehingga muncul pertentangan arti yang tidak produktif.

Itu timbrunganku pada interaksi @Big bee terhadap @cNc kali ini.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: ZheZhu on June 16, 2018, 11:35:16 PM
Bukan. @Sotardugur Parreva tidak punya kompetensi melabeli menghalalkan atau mengharamkan apa-apa yang diajarkan rasul dan penerus rasul yang kuyakini diterima dari Tuhan Yesus Kristus. Kuyakini Tuhan Yesus Kristus menunaikan seluruh janjiNya. Jika Dia menyatakan akan senantiasa menyertai rasul sampai kepada akhir zaman, itu kumaknai bahwa penerus rasul juga disertaiNya.
Jika ada pihak yang menamakan diri pengikut Kristus mempunyai penafsiran berbeda dari itu, silahkan saja.
Silahkan belajar berbahasa mengikuti aturan forum.
Apa yang hendak situ sampaikan?Yang tebal itu tidak menganulir Luk 16:16. Mau ayat itu menggunakan kata "berlaku" atau tidak, artinya tetap, Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai zaman Yohanes.Yang kuyakini, yang firman Kristus adalah yang di Perjanjian baru sebab, pada masa itulah perwujudan Perjanjian Lama, Tuhan Yesus kristus sudah menjadi daging dan diam di antara kita (IMMANUEL). Sementara Perjanjian Lama, adalah merupakan nubuatan akan kedatangan Tuhan Yesus Kristus. Itu adalah tulisan nabi berdasar wahyu. "Kemanusiaan nabi yang terbatas" tidak dapat kujamin menuliskan wahyu Tuhan persis seperti yang Tuhan maksudkan. Begitu Tuhan Yesus Kristus sudah diam di antara kita, sudah IMMANUEL, maka menjadi tidak berlaku. Tuhan Yesus Kristuslah yang menjadi acuan Kristen. Perjanjian Lama atau Hukum Taurat dan kitab para anbi, adalah acuan kaum Yahudi.
Kupikir, yang tidak menuruti Firman Kristus adalah orang yang masih bercokol menggunakan Hukum Taurat dan kitab para nabi, padahal, Tuhan Yesus Kristus sudah mengatakan bahwa Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai zaman Yohanes. Orang yang hidup setelah zaman Yohanes, tidak perlu melihat ke belakang. Luk 9:62 Tetapi Yesus berkata: "Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah."Apakah Luk 16:16 dengan atau tanpa "berlaku", tercatat di Alkitab yang @ZheZhu gunakan, tidak?Jika tercatat, apa tafsirmu atau tafsir pengajarmu terhadapnya?
Apakah nalar @ZheZhu sehat?
saya sangat tidak setuju dengan kamu yang menjadi suatu ayat di PB untuk menganulir hukum Allah yang ada di kitab2 PL khususnya suatu firman Allah yang menyatakan bahwa manusia dilarang berhubungan dengan arwah dalam praktek berdoa kepada arwah maria.

pernah kamu baca ayat ini :

Yakobus 2:9 (TB) 
Tetapi, jikalau kamu memandang muka, kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata, bahwa kamu melakukan pelanggaran.


justru dengan suatu firman yang Allah nyatakan adalah untuk memberitahu apa yang Dia benci yaitu dosa.

hukum yang terutama dan yang utama adalah kasihi Allahmu.

apa menurutmu mengasihi Allah adalah teriak2 dengan mengatakan "aku mengasihi Engkau Allahku!!!"(mirip kaum disebelah) gitu gur ??

Yesus sudah mengatakan :

Yohanes 14:15 (TB) 
"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.


bukti kita mengasihi Allah adalah dengan mematuhi firmanNya.

jadi tidaklah elok menafsirkan ayat di PB untuk menganulir kitab2 PL kemudian seenaknya kamu melanggar hukum Allah khususnya berhubungan dengan arwah bahkan mengajarkannya !

apa perlu sampe batu kilangan nyangkut dilehermu dulu dan kamu gelagepan masuk laut?? mau??

makanya Yesus pernah bicara begini:

Matius 22:37-40 (TB) 
Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."


seperti misal ada perintah jangan membunuh, ya bila kamu mau mengasihi sesama manusia ya jangan membunuh sebagai bukti kamu mengasihi manusia.

paham ?? kuragukan..

jadi sekali lagi saya peringatkan ya gur..
jangan menyesatkan bila berargument..
kecuali kamu adalah nabi palsu !

dan sampai kapanpun saya akan menentang keras ajaran berdoa kepada maria,

ini tugas orang Kristen yaitu memberitakan kabar baik !

semoga nalar sehat timbul kelak..

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Sotardugur Parreva on June 17, 2018, 01:11:56 AM
saya sangat tidak setuju dengan kamu yang menjadi suatu ayat di PB untuk menganulir hukum Allah yang ada di kitab2 PL khususnya suatu firman Allah yang menyatakan bahwa manusia dilarang berhubungan dengan arwah dalam praktek berdoa kepada arwah maria.
Pelajari bahasa Indonesia yang baik dan benar.
@Sotardugur Parreva tidak menjual apa-apa, apalagi ayat PB.

Quote
pernah kamu baca ayat ini :
Yakobus 2:9 (TB) 
Tetapi, jikalau kamu memandang muka, kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata, bahwa kamu melakukan pelanggaran.

justru dengan suatu firman yang Allah nyatakan adalah untuk memberitahu apa yang Dia benci yaitu dosa.
hukum yang terutama dan yang utama adalah kasihi Allahmu.
Tunjukkan apa hubungan bagian posting @ZheZhu ini kepada poin yang sedang dibahas.

Quote
apa menurutmu mengasihi Allah adalah teriak2 dengan mengatakan "aku mengasihi Engkau Allahku!!!"(mirip kaum disebelah) gitu gur ??
@ZheZhu itu ngelindur, atau meracau, atau mengigau?
Apa referensimu menudingkan seperti itu kepada @Sotardugur Parreva?
Atau, mungkin hal itu sudah @ZheZhu lakukan hingga menudingkannya kepada @Sotardugur Parreva?

Quote
Yesus sudah mengatakan :
Yohanes 14:15 (TB) 
"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

bukti kita mengasihi Allah adalah dengan mematuhi firmanNya.
Perkataan Tuhan Yesus Kristus bukan hanya itu.
Yoh 11:25-26 Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?" Jika Yoh 11:25-25 itu dipertanyakan kepada @ZheZhu, apa jawaban @ZheZhu.

Quote
jadi tidaklah elok menafsirkan ayat di PB untuk menganulir kitab2 PL kemudian seenaknya kamu melanggar hukum Allah khususnya berhubungan dengan arwah bahkan mengajarkannya !
Luk 16:10-18 adalah perikop Nasihat. Perikop itu berisi 9 ayat. Ayat 16 adalah satu di antaranya. Trit ini mengungkapkan bahwa kata "berlaku" tidak ada di ayat tersebut. Ternyata, walau tidak ada kata "berlaku" pada ayat tersebut, ayat tersebut mengungkapkan, Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai zaman Yohanes. Menurut tafsiran @ZheZhu apa arti ayat itu? Sependek penangkapanku, ayai itu lepas dari ayat sebelum dan sesudahnya, yang masing-masing ayat merupakan nasihat Tuhan Yesus Kristus.
Kalau @ZheZhu tidak memperhatikan nasihat Tuhan Yesus Kristus, itu urusanmu.

Quote
apa perlu sampe batu kilangan nyangkut dilehermu dulu dan kamu gelagepan masuk laut?? mau??
Batu kilangan disediakan untuk mereka yang berupaya menyesatkan orang lain, misalnya menafsir ayat tidak sesuai seperti yang dimaksudkan, dan mengajarkannya kepada orang lain. Misal yang dekat, @ZheZhu yang menafsir Luk 16:16 bukan pernyataan Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai zaman Yohanes. Dengan mencoba menghubung-hubungkan ke Hukum Kasih,  padahal itu adalah dua pokok bahasan berbeda. Ke leher @ZheZhulah disediakan batu kilangan untuk digantung, jika @ZheZhu tidak segera bertobat.

Quote
makanya Yesus pernah bicara begini:
Matius 22:37-40 (TB)  Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."
seperti misal ada perintah jangan membunuh, ya bila kamu mau mengasihi sesama manusia ya jangan membunuh sebagai bukti kamu mengasihi manusia.
Coba @ZheZhu tunjukkan hubungan pokok bahasan yang sedang dibahas dengan Hukum Kasih itu.
Silahkan.

Quote
paham ?? kuragukan..
Ini lebih cocok disampaikan untuk @ZheZhu.
Wong pembicaraan sedang di Luk 16:16, kenapa @ZheZhu ngacir ke Hukum Kasih?

Quote
jadi sekali lagi saya peringatkan ya gur..
jangan menyesatkan bila berargument..
kecuali kamu adalah nabi palsu !
@ZheZhu menudingkan yang @ZheZhu lakukan kepada partisipan lain?
@ZheZhu sudah ngaca?

Quote
dan sampai kapanpun saya akan menentang keras ajaran berdoa kepada maria,
ini tugas orang Kristen yaitu memberitakan kabar baik !
Itu urusanmu.
Emang situ orang Kristen?
Kutunggu jawabanmu apabila pertanyaan kepada Marta di atas ditanyakan Tuhan Yesus Kristus kepada @ZheZhu.

Quote
semoga nalar sehat timbul kelak.
Selamat mengasah nalar kalo punya.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Big bee on June 17, 2018, 07:18:42 AM
Pantas ayat ini dianggap sdh tdk berlaku :D :

Keluaran 20:4 (TB)  Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

Keluaran 20:5 (TB)  Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,



Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Seek d Truth on June 17, 2018, 02:35:41 PM
Ef. 2:15   sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

Lagian, Hukum Musa yg dikenal dgn 613 Mitzvot itu diperuntukkan bagi orang israel saja?



Argumen bagi pro konsep-hukum musa masih berlaku termasuk bagi gentiles: anda sendiri mentaati 613 mitzvot atau tidak ? anda makan babi, belut, udang, kerang, dll ikan tak bersisip ? makan makanan yg diharamkan ? lantas kenapa hendak mengenakan kuk perhambaan terhadap gentiles ?


Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Big bee on June 17, 2018, 02:41:48 PM
Matius 22:37-40 (TB)  Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Seek d Truth on June 17, 2018, 02:59:59 PM
saya sangat tidak setuju dengan kamu yang menjadi suatu ayat di PB untuk menganulir hukum Allah yang ada di kitab2 PL khususnya suatu firman Allah yang menyatakan bahwa manusia dilarang berhubungan dengan arwah dalam praktek berdoa kepada arwah maria.

pernah kamu baca ayat ini :

Yakobus 2:9 (TB) 
Tetapi, jikalau kamu memandang muka, kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata, bahwa kamu melakukan pelanggaran.


justru dengan suatu firman yang Allah nyatakan adalah untuk memberitahu apa yang Dia benci yaitu dosa.

hukum yang terutama dan yang utama adalah kasihi Allahmu.

apa menurutmu mengasihi Allah adalah teriak2 dengan mengatakan "aku mengasihi Engkau Allahku!!!"(mirip kaum disebelah) gitu gur ??

Yesus sudah mengatakan :

Yohanes 14:15 (TB) 
"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.


bukti kita mengasihi Allah adalah dengan mematuhi firmanNya.

jadi tidaklah elok menafsirkan ayat di PB untuk menganulir kitab2 PL kemudian seenaknya kamu melanggar hukum Allah khususnya berhubungan dengan arwah bahkan mengajarkannya !

apa perlu sampe batu kilangan nyangkut dilehermu dulu dan kamu gelagepan masuk laut?? mau??

makanya Yesus pernah bicara begini:

Matius 22:37-40 (TB) 
Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."


seperti misal ada perintah jangan membunuh, ya bila kamu mau mengasihi sesama manusia ya jangan membunuh sebagai bukti kamu mengasihi manusia.

paham ?? kuragukan..

jadi sekali lagi saya peringatkan ya gur..
jangan menyesatkan bila berargument..
kecuali kamu adalah nabi palsu !

dan sampai kapanpun saya akan menentang keras ajaran berdoa kepada maria,

ini tugas orang Kristen yaitu memberitakan kabar baik !

semoga nalar sehat timbul kelak..

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Sebelum menuding2 orang lain, tuding dulu dirimu sendiri;
Sudahkah anda mentaati 613 mitzvot ? (100% anda sendiri tidak mentaati 613 mitzvot)
Sudahkah anda mentaati segala perintah Yesus ? (100% anda sendiri tidak mentaati perintah2 Yesus)

Gak percaya ?
Mat 5:29-30 Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka. Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.

Udah kau cungkil matamu ? Udah kau potong tanganmu ? (100% pasti ngeles--dan akan wa ignore lagi seperti biasa, cukup hanya bbrp kali saja wa layani diskusi dgn orang seperti Zhezhu)

Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Seek d Truth on June 17, 2018, 03:08:25 PM
yg disoalkan ini : Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
sudah dijawab berdasarkan kajian di halaman 1 Reply #1, #2, #3
akan elok diskusi apabila ada yang hadir dengan kajian yang menggugurkan kajian di halaman 1 Reply #1, #2 dan, #3
imo; kalo mau mendebat reply #1, #2, #3; argumennya antara lain; "lantas bagaimana dgn nubuat2 akhir jaman dlm kitab nabi2 yg belum tergenapi seperti nubuat dlm kitab daniel ttg 7 tahun masa kesusahan, dll ?"


Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Seek d Truth on June 17, 2018, 04:07:38 PM
Matius 22:37-40 (TB)  Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."
Apa perbedaan 'hukum musa' dgn 'hukum Kristus' ?

Dikatakan:
2Kor. 3:6   Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan.

Dan Rasul Paulus menyatakan 'SEKARANG TANPA HUKUM TAURAT' pada ayat berikut:
Rm. 3:21   Tetapi sekarang, tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan, seperti yang disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-kitab para nabi,



Pada 'golden rule' tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi
Dlm kitab PB dikatakan bhw Roh memimpin kita untuk mengasihi sesama.
So, jika dibawah kasih karunia dalam pimpinan ROH KUDUS, kita mengasihi sesama--maka apakah hal ini membuktikan bhw kita dibawah hukum taurat (hukum taurat masih berlaku/binding/mengikat) ? sekali-kali Tidak!
Sebab:
1. keselamatan itu merupakan kasih karunia yg bersifat cuma-cuma, unmerited, unearned...
2. kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.
3. golden rule itu TIDAK BERTENTANGAN dgn pimpinan ROH KUDUS untuk mengasihi sesama.
4. sehingga dgn tunduk dlm pimpinan Roh itu memenuhi golden rule

Dengan demikian, kita memenuhi golden rule itu karena pimpinan ROH KUDUS, bukan karena kita dibawah hukum taurat ('hukum taurat masih berlaku/mengikat/binding') dan tidak membuktikan bhw 'hukum taurat masih berlaku/mengikat/binding'

Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Seek d Truth on June 17, 2018, 05:54:42 PM
nb: menyatakan bhw 'hukum taurat (613 mitzvot masih berlaku/mengikat) bukan saja terhadap orang israel melainkan juga terhadap gentiles' in some sense sinonim dgn menyatakan bhw 'semua orang masih hidup dibawah taurat, bukan dibawah kasih karunia meski tertulis Ia telah membatalkan hukum taurat beserta segala perintah dan ketentuannya'

wa ga hidup dibawah taurat, wa hidup di bawah kasih karunia... sebab jika ada kebenaran oleh taurat, maka sia2lah kematian Yesus...

kalo rekan2 kristian yg lain mau hidup dibawah taurat ya terserah.. namun hal itu bukan berarti bhw hukum taurat masih berlaku/mengikat..terlebih terhadap gentiles yg mana padahal 613 mitzvot itu diperuntukkan terhadap israelite saja



Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Sotardugur Parreva on June 17, 2018, 07:40:11 PM
Pantas ayat ini dianggap sdh tdk berlaku :D :   

Keluaran 20:4 (TB)  Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

Keluaran 20:5 (TB)  Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
Menurut @Big bee, ada yang menganggap PL sudah tidak berlaku? Mungkin sebagai konsekueansi dari pemahaman terhadap Luk 16:16.
Judul trit ini, Luk 16:16 tidak berisi kata "berlaku".
Ternyata, dengan tidak menggunakan kata "berlaku", di ayat tersebut tercatat: Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.
Jika nalar @Big bee mengartikan Luk 16:16 itu sebagai Hukum Taurat masih berlaku, ya silahkan saja.
Namun, nalar sehat pembaca Alkitab yang mengartikan Luk 16:16 itu, dengan atau tanpa kata "berlaku", ayat itu menyatakan bahwa Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai zaman Yohanes, maka sejak itu, zaman sudah berganti, menjadi zaman Perjanjian Baru. Yang lama sudah usang, sudah saatnya menjadi pajangan. Hendak menakuti atau mengharamkan atau menajiskan patung, silahkan. Namun, kiranya tidak menggurui para pengikut Kristus menurut jalur yang jelas sejak dari rasul.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Sotardugur Parreva on June 17, 2018, 07:51:42 PM
Matius 22:37-40 (TB)  Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."
Apa hubungan posting ini dengan pokok bahasan seperti yang dimaksud judul trit?
Coba @Big bee kemukakan.
Sungguh, tidak kutemukan hubungannnya.
Silahkan.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Big bee on June 17, 2018, 07:59:36 PM
Apa perbedaan 'hukum musa' dgn 'hukum Kristus' ?

Dikatakan:
2Kor. 3:6   Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan.

Dan Rasul Paulus menyatakan 'SEKARANG TANPA HUKUM TAURAT' pada ayat berikut:
Rm. 3:21   Tetapi sekarang, tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan, seperti yang disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-kitab para nabi,



Pada 'golden rule' tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi
Dlm kitab PB dikatakan bhw Roh memimpin kita untuk mengasihi sesama.
So, jika dibawah kasih karunia dalam pimpinan ROH KUDUS, kita mengasihi sesama--maka apakah hal ini membuktikan bhw kita dibawah hukum taurat (hukum taurat masih berlaku/binding/mengikat) ? sekali-kali Tidak!
Sebab:
1. keselamatan itu merupakan kasih karunia yg bersifat cuma-cuma, unmerited, unearned...
2. kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.
3. golden rule itu TIDAK BERTENTANGAN dgn pimpinan ROH KUDUS untuk mengasihi sesama.
4. sehingga dgn tunduk dlm pimpinan Roh itu memenuhi golden rule

Dengan demikian, kita memenuhi golden rule itu karena pimpinan ROH KUDUS, bukan karena kita dibawah hukum taurat ('hukum taurat masih berlaku/mengikat/binding') dan tidak membuktikan bhw 'hukum taurat masih berlaku/mengikat/binding'
Semua yg percaya Yesus pasti tahu bhw kuasa hk Taurat sdh tdk berlaku lg atas mereka krn pengorbanan Yesus sdh menggantikan korban penghapus dosa dlm hk Taurat, satu kali utk selamanya:

Ibrani 9:25 (TB)  Dan Ia bukan masuk untuk berulang-ulang mempersembahkan diri-Nya sendiri, sebagaimana Imam Besar setiap tahun masuk ke dalam tempat kudus dengan darah yang bukan darahnya sendiri.

Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Seek d Truth on June 17, 2018, 09:03:05 PM
Semua yg percaya Yesus pasti tahu bhw kuasa hk Taurat sdh tdk berlaku lg atas mereka krn pengorbanan Yesus sdh menggantikan korban penghapus dosa dlm hk Taurat, satu kali utk selamanya:

Ibrani 9:25 (TB)  Dan Ia bukan masuk untuk berulang-ulang mempersembahkan diri-Nya sendiri, sebagaimana Imam Besar setiap tahun masuk ke dalam tempat kudus dengan darah yang bukan darahnya sendiri.
Maksud anda; kuasa taurat sudah dibatalkan, tapi tauratnya itu sendiri masih berlaku, gitu kah ?



wa mau maem sate babi dulu yea.....
muup yea kepada teman2 yg mau hidup dibawah hukum taurat (kalo ada) :char11:
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Big bee on June 19, 2018, 07:46:18 AM
Maksud anda; kuasa taurat sudah dibatalkan, tapi tauratnya itu sendiri masih berlaku, gitu kah ?
Ya btl,
tdk ada lagi sangsi hukuman spt jaman PL, dimana hrs ada korban darah,
krn semuanya sdh ditebus oleh pengorbanan Darah Yesus, satu kali utk selamanya
Ketika kita berdosa mk cukup dtg minta pengampunan kpd Tuhan Yesus.


wa mau maem sate babi dulu yea.....
muup yea kepada teman2 yg mau hidup dibawah hukum taurat (kalo ada) :char11:
Sebetulnya larangan makanan itu bkn krn hk Taurat, tapi utk kesehatan.
Namun krn pd masa itu sulit utk menerangkannya secara medis, mk dibuat hukum yg mengatur hal tsb.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Sotardugur Parreva on June 19, 2018, 05:48:13 PM
Numpang tanya, @Big bee.
Apa dasar @Big bee menulis ini:
...Sebetulnya larangan makanan itu bkn krn hk Taurat, tapi utk kesehatan....
Bagaimana cara @Big bee sampai kepada simpulan seperti itu?
Adanya makanan haram dan makanan halal tercatat di kitab Imamat, bukan? Yang dimaksud dengan Hukum Taurat adalah lima kitab pertama Perjanjian Lama, bukan?
Hukum Taurat itu adalah kitab Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan, bukan?
Atau, menurut nalar @Big bee, Hukum Taurat itu hanya Sepuluh Perintah Allah?

Kayaknya, @Big bee itu bukan Kristen, bukan juga Yahudi. Lantas apa? :coolsmiley:
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Wiltu80 on June 21, 2018, 04:25:56 PM
Hukum Taurat dan kitab para nabi masih berlaku sampai sekarang tetapi bukan keseluruhan hukum tersebut melainkan hukum yang digenapi oleh oleh Yesus menjadi Hukum Kristus.

Digenapi ini bukan berarti keseluruhan hukum Taurat dan kitab para nabi batal tetapi ada hukum yang tetap, disempurnakan, dihapuskan dan ditambahkan. Konteks Lukas 16:16 ini tidak bisa dilepaskan dari Lukas 16:17 yang diperjelas oleh Matius 5:17-20.

Jadi perkataan Yesus bahwa Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes bukan berarti keseluruhan Hukum Taurat dan kitab para nabi batal melainkan Hukum Taurat dan kitab para nabi yang belum digenapi berlaku sampai kepada zaman Yohanes. Sedangkan pada zaman Yesus sampai kiamat yang berlaku adalah Hukum Taurat dan kitab para nabi yang sudah digenapi oleh Kristus yang dilengkapi Kitab Perjanjian Baru menjadi Hukum Kristus.
Jadi Perjanjian Baru tetap tidak bisa dipisahkan dari Hukum Taurat dan kitab para nabi(PL)

Lukas 16:16-17
16:16 Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.
16:17 Lebih mudah langit dan bumi lenyap dari pada satu titik dari hukum Taurat batal.

Matius 5:17-20
5:17. "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.
5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.
5:20 Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.

Lagipula bila kita lihat Matius 11:13, ayat ini tidak mengatakan bahwa Hukum Taurat dan kitab para nabi tidak berlaku lagi melainkan menubuatkan kedatangan Yesus untuk menggenapinya
Matius 11:13 Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes

Orang- orang Kristen yang hidup di masa Perjanjian Baru bukan berarti tanpa hukum/ liberal tetapi terikat dengan hukum Kristus yang harus dipatuhi dan diminta pertanggungjawabannya di akherat.

Matius 11:28-30
11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.
11:29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.
11:30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."


Contoh Hukum Taurat yang masih tetap berlaku :

-2 Hukum terutama
Dalam PL :
Hukum Pertama : Ulangan 6:4-5, Ulangan 10:12,
Hukum kedua : Imamat 19:18

Dalam PB :
Hukum Pertama : Matius 22:37-38, Markus 12:29-30, Lukas 10:27
Hukum kedua :  Matius 22:39, Markus 12:31, Lukas 10:27

- 10 Perintah Allah
Dalam PL : Keluaran 20:1-17, Ulangan 5:6-22
Dalam PB : Matius 19:16-19 , Markus 10:17-20 dan Lukas 18:18-21

- Kesaksian yang sah
Dalam PL : Ulangan 19:15
Dalam PB : Matius 18:16, 2 Korintus 13:1, 1 Timotius 5 :19


Contoh Hukum Taurat yang disempurnakan :

- Hukum membunuh
Dalam PL : Keluaran 20:13, Ulangan 5:17
Dalam PB : Matius 5:21-22

- Hukum berzinah
Dalam PL : Keluaran 20:14, Ulangan 5:18
Dalam PB : Matius 5:27-28

- Hukum bercerai
Dalam PL : Ulangan 24:1-4
Dalam PB : Matius 5:31-32, Matius 19:9, Markus 10:11-12

- Hukum bersumpah
Dalam PL : Keluaran 20:16, Ulangan 5:20
Dalam PB : Matius 5:33-37

- Hukum pembalasan
Dalam PL : Keluaran 21:24, Imamat 24:20, Ulangan 19:21
Dalam PB : Matius 5:38-42
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Wiltu80 on June 21, 2018, 04:38:38 PM
Contoh Hukum Taurat dan kitab Para nabi yang dihapuskan :
- Pengorbanan hewan untuk menghapuskan dosa
Dalam PL : Imamat 5:14-19, Imamat 6:1-7,
Dalam PB : Efesus 5:2, Ibrani 7:25-27, Ibrani 9:24-28

Catatan: pengorbanan hewan dalam PL hanya dimaksudkan untuk dosa-dosa ringan, tetapi untuk dosa berat seperti menyembah berhala, praktek sihir, membunuh secara sengaja, hubungan sesama jenis, hubungan dengan binatang dihukum mati.
Dan Yesus datang untuk menebus dosa manusia baik dosa ringan dan dosa berat yang tentunya untuk orang yang beriman dan bertobat. Dan setelah beriman tentulah mereka harus berusaha berbuat baik dan berusaha menjauhi dosa. Bila mereka sering jatuh dalam dosa sekalipun tidak hidup dalam dosa dan belum sempat bertobat ketika meninggal maka mereka akan masuk api pencucian terlebih dahulu. Bila mereka hidup dalam dosa dan kehidupan dosa adalah bagian yang tak terpisahkan dari mereka dan tidak bertobat mereka tidak selamat meskipun mengaku Kristen.

- Kristen non Yahudi tidak diwajibkan sunat
Dalam PL : Kejadian 17:10-14,
Dalam PB : Kis 10:44-48, Kis 15:1-21

Orang non Yahudi yang percaya Yesus tidak dapat diperlakukan seperti kaum proselit(orang non Yahudi yang masuk agama Yahudi) . Dimana kaum proselit ini terikat pada Perjanjian Musa yang sebenarnya hanya mengikat orang- orang keturunan Yakub (bani Israel) yang dibebankan kewajiban sunat. Maka kaum proselit dianggap keturunan Yakub secara lahiriah yang terikat kewajiban sunat.

Sedangkan orang non Yahudi yang percaya Yesus terikat dengan Perjanjian Baru yaitu Perjanjian Kristus yang mengikat orang Yahudi dan non Yahudi bukan Perjanjian Musa sehingga tidak terikat kewajiban sunat, dimana kewajiban sunat ini hanya mengikat keturunan biologis Abraham dan orang asing yang masuk agama Abraham atau menjadi milik Abraham dalam satu bangsa sebagai perjanjian kekal yang dibebankan juga kepada mereka yang terikat Perjanjian Musa karena mereka keturunan biologis Abraham dan satu bangsa dengan Abraham.

- Arah Kiblat
Dalam PL : Bilangan 16:42, Bilangan 20:6, Daniel 6:10, I Raja- raja 8:44, 2 Tawarikh 6:34
Dalam PB : Yohanes 4:21-24

Umat Kristen tidak berkiblat lagi ke tempat tertentu. Kiblat mereka langsung tertuju kepada Allah. Jadi kiblat fisik telah digantikan kiblat rohani di hati kita karena kita menyembah Bapa melalui hati kita.

Contoh Hukum PB yang tidak terdapat pada Hukum Taurat :
- Perintah untuk selalu melakukan Perayaan Ekaristi : Lukas 22:17-20, 1 Korintus 11:23-26

Jadi kita harus ekstra hati-hati, teliti, detil dan tidak gegabah untuk mengatakan bagian hukum Taurat mana yang digenapi, tetap, dihapuskan dan ditambahkan karena kedatangan Yesus bukan menghapuskan hukum Taurat secara total melainkan menggenapinya.

Bisa dibaca juga :http://www.katolisitas.org/apa-hubungan-antara-perjanjian-lama-dan-perjanjian-baru/ (http://www.katolisitas.org/apa-hubungan-antara-perjanjian-lama-dan-perjanjian-baru/)
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Seek d Truth on June 21, 2018, 05:39:13 PM
Ilustrasi:
Hukum negara Australia mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum negara Indonesia mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum negara Aussie tidak mengikat/tidak berlaku terhadap orang indonesia

Hukum kerajaan sriwijaya mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum negara Indonesia yg sekarang mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum kerajaan sriwijaya tidak mengikat/tidak berlaku terhadap orang indonesia yg sekarang

Hukum Nuh mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum Musa mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum Nuh mengikat semua orang era PL, hukum Musa mengikat orang israel era PL saja

Hukum Musa mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum Kristus mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum Musa tidak mengikat/tidak berlaku terhadap orang2 era PB

Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Wiltu80 on June 21, 2018, 07:02:31 PM
Ilustrasi:
Hukum negara Australia mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum negara Indonesia mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum negara Aussie tidak mengikat/tidak berlaku terhadap orang indonesia

Hukum kerajaan sriwijaya mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum negara Indonesia yg sekarang mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum kerajaan sriwijaya tidak mengikat/tidak berlaku terhadap orang indonesia yg sekarang

Hukum Nuh mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum Musa mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum Nuh mengikat semua orang era PL, hukum Musa mengikat orang israel era PL saja

Hukum Musa mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum Kristus mengandung perintah: 'golden rule'
Hukum Musa tidak mengikat/tidak berlaku terhadap orang2 era PB

Seperti yang saya katakan bukan keseluruhan hukum Taurat dan kitab para nabi yang masih berlaku melainkan yang sudah digenapi. Jadi ada hukum yang tetap, disempurnakan, dihapuskan dan ditambahkan.

Jadi hukum Musa seperti  2 Hukum terutama, 10 Perintah Allah, hukum Kesaksian yang sah tetap berlaku karena ditetapkan juga dalam Perjanjian Baru ---> masih mengikat/ berlaku terhadap orang2 era PB
Sedangkan hukum pembunuhan, hukum perzinahan, hukum perceraian, hukum bersumpah, hukum pembalasan disempurnakan.
Mengenai hukum pengorbanan hewan untuk menghapuskan dosa, hukum sunat untuk Kristen non Yahudi, beribadah dengan kiblat dihapuskan.
Dan perintah untuk selalu melakukan Perayaan Ekaristi ditambahkan.

Demikianlah pendapat saya.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Seek d Truth on June 21, 2018, 07:59:58 PM
Seperti yang saya katakan bukan keseluruhan hukum Taurat dan kitab para nabi yang masih berlaku melainkan yang sudah digenapi. Jadi ada hukum yang tetap, disempurnakan, dihapuskan dan ditambahkan.

Jadi hukum Musa seperti  2 Hukum terutama, 10 Perintah Allah, hukum Kesaksian yang sah tetap berlaku karena ditetapkan juga dalam Perjanjian Baru ---> masih mengikat/ berlaku terhadap orang2 era PB
Ef. 2:15   sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

silahkan simak frase bold underline


Sedangkan hukum pembunuhan, hukum perzinahan, hukum perceraian, hukum bersumpah, hukum pembalasan disempurnakan.
kalo wa melihatnya, lebih tepat untuk bilang 'diperberat' sampe tahap agar semua orang nyadar bhw keselamatan itu karena kasih karunia yg bersifat unmerited, unearned favor dan diterima oleh iman


Mengenai hukum pengorbanan hewan untuk menghapuskan dosa, hukum sunat untuk Kristen non Yahudi, beribadah dengan kiblat dihapuskan.
Rm. 7:6   Tetapi sekarang kita telah dibebaskan dari hukum Taurat, sebab kita telah mati bagi dia, yang mengurung kita, sehingga kita sekarang melayani dalam keadaan baru menurut Roh dan bukan dalam keadaan lama menurut huruf hukum Taurat.

udah dibebaskan kok pilih ga mau dibebaskan, gimana ini.. hehhe


Demikianlah pendapat saya.
kalo pendapat wa simple saja masbro:
hukum taurat dan kitab nabi2 sampai kepada zaman Yohanes, setelah itu injil

so, wa tanya simple saja:
1. yg diberitakan setelah zaman Yohanes itu INJIL atau taurat ?
2. apa artinya perjanjian yg baru jika yg lama masih berlaku?

Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Wiltu80 on June 21, 2018, 08:40:34 PM
Ef. 2:15   sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

silahkan simak frase bold underline

Apakah anda tidak percaya dengan 2 Hukum terutama, 10 Perintah Allah, hukum Kesaksian yang sah?  Bahwa hukum- hukum tersebut batal/dihapuskan padahal tertera juga di PB ?

kalo pendapat wa simple saja masbro:
hukum taurat dan kitab nabi2 sampai kepada zaman Yohanes, setelah itu injil

so, wa tanya simple saja:
1. yg diberitakan setelah zaman Yohanes itu INJIL atau taurat ?
2. apa artinya perjanjian yg baru jika yg lama masih berlaku?

1. INJIL tetapi tidak bisa dilepaskan dari Taurat. Lagipula pada waktu itu Injil belum tertulis/ disampaikan secara lisan. Kitab tertulis pada waktu itu TANAKH/ septuaginta
2. Beberapa yg masih berlaku, bukan keseluruhan. Tetapi Injil tetap tidak bisa dipisahkan dari Perjanjian Lama supaya lebih dimengerti secara mendalam, mengetahui sejarah para nabi, berbagai macam hikmat dan pengajaran.
Oleh sebab itu Perjanjian Lama tetap digunakan oleh orang-orang Kristen dari dulu sampai sekarang
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: viruskasih on June 22, 2018, 01:24:39 AM
Apakah anda tidak percaya dengan 2 Hukum terutama, 10 Perintah Allah, hukum Kesaksian yang sah?  Bahwa hukum- hukum tersebut batal/dihapuskan padahal tertera juga di PB ?
Hukum Kasih menyempurnakan Hukum Taurat, menurut gue sih.
Betewe, gini aza, bray. Gimana kalo elo coba memaparkan POV elo atas Ef. 2:15 tersebut?

1. INJIL tetapi tidak bisa dilepaskan dari Taurat. Lagipula pada waktu itu Injil belum tertulis/ disampaikan secara lisan. Kitab tertulis pada waktu itu TANAKH/ septuaginta.
So, kesimpulannya Injil menyempurnakan Taurat dan kitab para Nabi.

2. Beberapa yg masih berlaku, bukan keseluruhan.
Lah itu, siapa yang berwenang memutuskan mana yang masih berlaku dan mana yang tidak?
Kenapa ada gereja yang bilang ini masih berlaku dan gereja lain bilang ini sudah tidak berlaku?
Ribet kan?

Tetapi Injil tetap tidak bisa dipisahkan dari Perjanjian Lama supaya lebih dimengerti secara mendalam, mengetahui sejarah para nabi, berbagai macam hikmat dan pengajaran.
Untuk pelbagai pengetahuan dan referensi pengajaran, gue sepakat bingits sama elo.

Oleh sebab itu Perjanjian Lama tetap digunakan oleh orang-orang Kristen dari dulu sampai sekarang
Sebagai pengetahuan dan referensi pengajaran, gue sepakat bingits, bray.
Kalo menurut gue, senantiasalah membaca Perjanjian lama dalam TERANG Perjanjian Baru.
Mungkin kira-kira seperti itu.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Seek d Truth on June 22, 2018, 01:58:06 AM
Apakah anda tidak percaya dengan 2 Hukum terutama, 10 Perintah Allah, hukum Kesaksian yang sah?  Bahwa hukum- hukum tersebut batal/dihapuskan padahal tertera juga di PB ?
Seperti yg telah wa ilustrasikan pada posting sebelumnya masbro:
Hukum Musa mengandung golden rule
Hukum Kristus mengandung golden rule

Sama2 mengandung golden rule, yg mengikat itu bukan hukum Musa melainkan hukum Kristus, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan.
Dasar hukum Taurat bukanlah iman, melainkan siapa yang melakukannya, akan hidup karenanya.
Sedangkan dasar hukum Kristus itu iman; kita mengasihi karena Allah terlebih dahulu mengasihi kita


1. INJIL tetapi tidak bisa dilepaskan dari Taurat. Lagipula pada waktu itu Injil belum tertulis/ disampaikan secara lisan. Kitab tertulis pada waktu itu TANAKH/ septuaginta
Hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman. Sekarang iman itu telah datang, karena itu kita tidak berada lagi di bawah pengawasan penuntun.

Kitab suci waktu itu memang Septuaginta, dan itu dipake sebagai REFERENSI ttg Kristus.. bukan artinya hukum taurat itu mengikat Jemaat.

Kis. 15:10   Kalau demikian, mengapa kamu mau mencobai Allah dengan meletakkan pada tengkuk murid-murid itu suatu kuk, yang tidak dapat dipikul, baik oleh nenek moyang kita maupun oleh kita sendiri?


2. Beberapa yg masih berlaku, bukan keseluruhan. Tetapi Injil tetap tidak bisa dipisahkan dari Perjanjian Lama supaya lebih dimengerti secara mendalam, mengetahui sejarah para nabi, berbagai macam hikmat dan pengajaran.
Sekarang wa tanya lagi simple aja: Dalam Perjanjian Baru yang dimeteraikan dengan darah Kristus, KABAR BAIKNYA itu apa coba ?
Apakah menurut masbro kabar baiknya adalah; 'LAKUKANLAH taurat (dikorting ceremonial dikorting lagi bla-bla pilih sendiri) PLUS cungkillah mata, potonglah tanganmu jika menyesatkanmu SUPAYA selamat' ? itukah kabar baiknya ?

yg tadinya 'mata ganti mata' terus diperberat jadi diperintahkan untuk menyungkil mata, memotong tangan --> ini kabar baik atau kabar buruk sebenarnya ?


Oleh sebab itu Perjanjian Lama tetap digunakan oleh orang-orang Kristen dari dulu sampai sekarang
dibatalkan =/= ditiadakan
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: Seek d Truth on June 22, 2018, 03:49:56 AM
...
Contoh Hukum Taurat yang masih tetap berlaku :

...
- 10 Perintah Allah
Dalam PL : Keluaran 20:1-17, Ulangan 5:6-22
Dalam PB : Matius 19:16-19 , Markus 10:17-20 dan Lukas 18:18-21
Coba wa test ya masbro.. 1 aja deh coba; mas bro menguduskan hari sabat sesuai aturan dlm hukum Musa tidak ?

dilarang melakukan pekerjaan (versi yahudi ada 39 pekerjaan yg dilarang)
dilarang memasang api di manapun dalam tempat kediamanmu pada hari Sabat
selain sabat mingguan, ada juga sabat 7 tahunan dan 50 tahunan dgn aturan2nya masing2

dijamin pasti 100% masbro sendiri melanggar perintah 'kuduskan hari sabat' menurut aturan2 yg termuat dlm hukum musa...
hayooo looooo... iya apa iya ? ngaku aja.... hehehe



lagi... coba kutipkan dimari ayat PL ttg hukum musa itu diberikan bukan hanya kepada orang2 israel(yahudi) melainkan kepada gentiles juga ?


Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: HenHen on June 26, 2018, 11:04:57 AM
kalo wa melihatnya, lebih tepat untuk bilang 'diperberat' sampe tahap agar semua orang nyadar bhw keselamatan itu karena kasih karunia yg bersifat unmerited, unearned favor dan diterima oleh iman

yup setuju

kalo dulu melakukan zinah baru disebut dosa
Yesus sekarang bilang cuma lihat dan mengingini aja udah zinah

:)
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: ZheZhu on August 23, 2018, 01:37:10 PM
Sebelum menuding2 orang lain, tuding dulu dirimu sendiri;
Sudahkah anda mentaati 613 mitzvot ? (100% anda sendiri tidak mentaati 613 mitzvot)
Sudahkah anda mentaati segala perintah Yesus ? (100% anda sendiri tidak mentaati perintah2 Yesus)

Gak percaya ?
Mat 5:29-30 Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka. Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.

Udah kau cungkil matamu ? Udah kau potong tanganmu ? (100% pasti ngeles--dan akan wa ignore lagi seperti biasa, cukup hanya bbrp kali saja wa layani diskusi dgn orang seperti Zhezhu)
katanya iman + perbuatan..
jadi perbuatan apa yang dimaksudkan?
perbuatan yg melanggar Firman Tuhan gitu ya? !

inilah contoh forumer penganut inkonsistensi..
disatu sisi teriak iman+ perbuatan namun kenyataannya melanggar Firman Tuhan..

hahaha..

semoga nalar sehat masih bisa berjalan..

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: ronny_het on August 23, 2018, 03:07:01 PM
katanya iman + perbuatan..
jadi perbuatan apa yang dimaksudkan?
perbuatan yg melanggar Firman Tuhan gitu ya? !

inilah contoh forumer penganut inkonsistensi..
disatu sisi teriak iman+ perbuatan namun kenyataannya melanggar Firman Tuhan..

hahaha..

semoga nalar sehat masih bisa berjalan..

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Saya bagi pengertian yang baru saya dapat setelah baca" FT.
Dalam Roma 4 : 4-5...intinya : Upah dari Bekerja adalah Hak(Roma 4:4)...yang dibenarkan Tuhan adalah mereka yang tidak bekerja namun percaya saja kepada-Nya (Roma 4 : 5 ).
Iman plus perbuatan....perbuatan disini jangan diartikan : Bekerja (terkesan ada beban/kuk)...
"Perbuatan" dalam kalimat itu adalah Suatu aktifitas yang tulus dan selaras/logis/nyambung dengan Imannya itu (Bisa juga dengan berdiam diri/tidak bekerja)...

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: ronny_het on August 23, 2018, 03:12:32 PM
Bagi yang mau berpatokan banget sama PL...silahkan bergabung dengan tetangga sebelah kita (Orang Farisi dan Yahudi zaman now, menyalibkan Yesus secara roh/tidak mengakui Yesus sebagai Tuhan)...mereka akan dengan senang hati menerimanya...khan enak tuh bisa dapat kupon kurban gratis Idul Adha...hehehe...

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: ZheZhu on August 23, 2018, 03:14:42 PM
Saya bagi pengertian yang baru saya dapat setelah baca" FT.
Dalam Roma 4 : 4-5...intinya : Upah dari Bekerja adalah Hak(Roma 4:4)...yang dibenarkan Tuhan adalah mereka yang tidak bekerja namun percaya saja kepada-Nya (Roma 4 : 5 ).
Iman plus perbuatan....perbuatan disini jangan diartikan : Bekerja (terkesan ada beban/kuk)...
"Perbuatan" dalam kalimat itu adalah Suatu aktifitas yang tulus dan selaras/logis/nyambung dengan Imannya itu (Bisa juga dengan berdiam diri/tidak bekerja)...

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.

Bagaimana disebut mengasihi Allah jika melanggar firmanNya???

semoga nalar sehat masih ada..

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: ZheZhu on August 23, 2018, 03:22:14 PM
Bagi yang mau berpatokan banget sama PL...silahkan bergabung dengan tetangga sebelah kita (Orang Farisi dan Yahudi zaman now, menyalibkan Yesus secara roh/tidak mengakui Yesus sebagai Tuhan)...mereka akan dengan senang hati menerimanya...khan enak tuh bisa dapat kupon kurban gratis Idul Adha...hehehe...

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
dicatet ya..

patokannya yaitu solascriptura (Alkitab)
layaknya patokan di forum ini..
yaitu Alkitab (PL+PB)

oyaa...
nubuatan Yesus sebagai mesias itu adanya di PL lho bro..

klo PL kagak dipake lagi lalu bagaimana tahu Yesus adalah mesias? aya2 wae.. lalu bagaimana mau memberitakanNya?

makanya punya Alkitab itu dibaca jangan separoh2 trus cuman pengennya dibacain saja didalem gereja tua..wkwk

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: viruskasih on August 24, 2018, 02:08:28 PM
dicatet ya..

patokannya yaitu solascriptura (hanya Alkitab)
layaknya patokan di forum ini..
yaitu Alkitab (PL+PB)
Ngapain bray?
Lah, kan Gereja Katolik gak ber-solascriptura (ber-hanya Alkitab)?


oyaa...
nubuatan Yesus sebagai mesias itu adanya di PL lho bro..
Dan sudah terjadi di PB kan?
Dan elo baru tahu Yesus Kristus itu adalah Sang Mesias setelah baca PB kan?


klo PL kagak dipake lagi lalu bagaimana tahu Yesus adalah mesias? aya2 wae.. lalu bagaimana mau memberitakanNya?
Ya dari PB lah, bray!
Misalnya, dari kesaksian Yesus Kristus sendiri atau kredo Rasul Petrus atau Rasul Tomas.


makanya punya Alkitab itu dibaca jangan separoh2 trus cuman pengennya dibacain saja didalem gereja tua..wkwk
Kalo Gereja Katolik itu punya metode "membaca PL dalam terang PB", bray.
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: ronny_het on August 24, 2018, 02:54:37 PM
Ngapain bray?
Lah, kan Gereja Katolik gak ber-solascriptura (ber-hanya Alkitab)?

Dan sudah terjadi di PB kan?
Dan elo baru tahu Yesus Kristus itu adalah Sang Mesias setelah baca PB kan?

Ya dari PB lah, bray!
Misalnya, dari kesaksian Yesus Kristus sendiri atau kredo Rasul Petrus atau Rasul Tomas.

Kalo Gereja Katolik itu punya metode "membaca PL dalam terang PB", bray.
Tapi ada juga lho Bro...mereka" yang baca PB dalam terang PL... :cheesy: :cheesy: :coolsmiley:

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: ronny_het on August 24, 2018, 03:01:37 PM
Baca PB dalam terang PL...terus ngaku ngaku sebagai Orang Kristen sejati (Pengikut Kristus)...Kristus ada di PL ya ?
Aya aya wae jalan pikirannya...Pantesan aja suka bingung terus..wong jalan pikirannya suka kebolik balik...udah gitu Tegar Tengkuk lagi/merasa ngotot itu paling benar...Lengkaplah sudah...

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: ZheZhu on August 24, 2018, 03:04:25 PM
Ngapain bray?
Lah, kan Gereja Katolik gak ber-solascriptura (ber-hanya Alkitab)?
oon..
lho kok malah nanya ngapain?
ini forum kan forum solascriptura..

coba km tanya sama admin atau moderator forum ini..
atau kamu lupa ini forum apa?

Dan sudah terjadi di PB kan?
Dan elo baru tahu Yesus Kristus itu adalah Sang Mesias setelah baca PB kan?
betul,
namun bukan berarti PL dilupakan gitu saja kan..
wong, nubuatanNya ada di PL.
gimana sih km nih?

Ya dari PB lah, bray!
Misalnya, dari kesaksian Yesus Kristus sendiri atau kredo Rasul Petrus atau Rasul Tomas.
oon..
jadi PL mau dilupakan gitu saja..?

ini Yesus sendiri yang bicara lho..

Matius 22:40 (TB) 
Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

hahaha..

Kalo Gereja Katolik itu punya metode "membaca PL dalam terang PB", bray.
jadi sy harus bilang wow gitu?
gk perlu sebut2 merk GRK lah bro..
wong metode gitu sih sudah lama dipake oleh para Rasul bro.. jauh sebelum GRK lahir di abad IV..

aduhai.. kok jadi munafik sih..hahaha.

semoga nalar sehat masih ada..

TUHAN YESUS MEMBERKATI
Zhezhu
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: ronny_het on August 24, 2018, 03:32:21 PM
Jika Premis Mayornya udah salah....maka Kesimpulannya juga kemungkinan besar akan salah....
Sebelum mengambil suatu kesimpulan...cobalah belajar dengan benar Dasar pemikirannya dahulu...Makanya kita di kuliah pernah diajarkan betapa pentingnya Metodologi Penelitian dan Penulisan Skripsi...(Sistematis...berurut...valid dan rasional/realistis)...
Jangan menentukan dulu Kesimpulan semau dewe...trus mengarang Premis Mayor semau dewe....sehingga kliatan nyambung dengan Kesimpulan karangan itu...
Contoh konkrit aja nih...
Si A ingin ngotot bahwa pendapatnya : Seekor ayam biasanya berkaki empat....(Kesimpulan)
Lalu oleh si A...dikarangnya Premis Mayornya : Biasanya Jenis Unggas berkaki empat (P.Myr)...ayam termasuk jenis unggas (P. Minor)...jadi biasanya ayam berkaki empat (Kesimpulan)...Dan Si A dengan tetap bangga dan ngotot mempertahankan "Kebenaran" versinya sendiri itu (dia ga tahu bahwa dia diketawain orang banyak..hahaha)...

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: ZheZhu on August 24, 2018, 03:50:50 PM
Jika Premis Mayornya udah salah....maka Kesimpulannya juga kemungkinan besar akan salah....
Sebelum mengambil suatu kesimpulan...cobalah belajar dengan benar Dasar pemikirannya dahulu...Makanya kita di kuliah pernah diajarkan betapa pentingnya Metodologi Penelitian dan Penulisan Skripsi...(Sistematis...berurut...valid dan rasional/realistis)...
Jangan menentukan dulu Kesimpulan semau dewe...trus mengarang Premis Mayor semau dewe....sehingga kliatan nyambung dengan Kesimpulan karangan itu...
Contoh konkrit aja nih...
Si A ingin ngotot bahwa pendapatnya : Seekor ayam biasanya berkaki empat....(Kesimpulan)
Lalu oleh si A...dikarangnya Premis Mayornya : Biasanya Jenis Unggas berkaki empat (P.Myr)...ayam termasuk jenis unggas (P. Minor)...jadi biasanya ayam berkaki empat (Kesimpulan)...Dan Si A dengan tetap bangga dan ngotot mempertahankan "Kebenaran" versinya sendiri itu (dia ga tahu bahwa dia diketawain orang banyak..hahaha)...

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
ngerti dengan yang kamu tulis?
bisa diperjelas apa maksudnya ?
dan apa hubungannya dengan tread..?
baru bangun tidur?
sudah minum air?

semoga nalar sehat masih ada..

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: ronny_het on August 24, 2018, 04:11:30 PM
ngerti dengan yang kamu tulis?
bisa diperjelas apa maksudnya ?
dan apa hubungannya dengan tread..?
baru bangun tidur?
sudah minum air?

semoga nalar sehat masih ada..

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Sebelumnya saya minta maaf sebesar besarnya ya bro...saya bisa memaklumi kok, kalau bro tidak mengerti lalu bertanya...Kalau bro mau mengerti...berdoa minta Himat-Nya aja...Nanti DIA akan bisa membuat Bro mengerti dengan sendirinya tanpa saya kasih tahu....tapi kalau bro merasa sudah "Pandai" ya ga usah minta juga ga pa" kok karena Tuhan juga ga rugi kok (hanya sedih aja)...its up to you bro...
Bagi mereka yang sudah "mengerti" tidak akan bingung seperti Bro...

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: ZheZhu on August 24, 2018, 05:27:33 PM
Sebelumnya saya minta maaf sebesar besarnya ya bro...saya bisa memaklumi kok, kalau bro tidak mengerti lalu bertanya...Kalau bro mau mengerti...berdoa minta Himat-Nya aja...Nanti DIA akan bisa membuat Bro mengerti dengan sendirinya tanpa saya kasih tahu....tapi kalau bro merasa sudah "Pandai" ya ga usah minta juga ga pa" kok karena Tuhan juga ga rugi kok (hanya sedih aja)...its up to you bro...
Bagi mereka yang sudah "mengerti" tidak akan bingung seperti Bro...

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
???


TUHAN YESUS MEMBERKATI

ZheZhu
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: cadangdata on August 24, 2018, 07:41:13 PM
oon..
lho kok malah nanya ngapain?
ini forum kan forum solascriptura..

coba km tanya sama admin atau moderator forum ini..
atau kamu lupa ini forum apa?

jadi sekarang mas zhezhu sudah menganggap bahwa sabda admin forum ini LEBIH TINGGI dari Firman Tuhan ya?

Jelas-jelas tuhan TIDAK PERNAH BERFIRMAN "cuma boleh segala sesuatu diuji pake 66 kitab", kok malah tetep maksa menganggap TRADISI SUCI AJARAN MANUSIA "solascriptura versimu" yang NON-SCRIPTURA itu sebagai kebenaran?


wah.. ternyata selama ini kamu cuma pura-pura Kristen ya ternyata?
anda ini ternyata penyembah berhala dewa solascriptura ya...

terima kasih atas pengakuan anda ini...
setidaknya anda berani terusterang sebagai penyembah berhala dewasolascriptura..
lumayan lah...
Title: Re: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
Post by: JCRETAIL on February 16, 2019, 07:50:41 PM
Shalom

Truth Is Simple...

Dosa adalah Tidak Mengenal Allah Bapa.

Hukum Taurat dan Kitab Nabi menyampaikan Satu Pesan..akan datang sang Messiah Juruselamat.

Lalu Lahirlah Yoshua Al Messiah.teng tong...maka Nubuat Para Nabi Digenapi.

Dari Yoshua maka Manusia dibebaskan Dari Dosa...

Manusia Mengenal Allah Dari Yoshua...dialah Kesempurnaan Allah.

Jika Allah ada didalam Manusia,maka dia tidak mengenal Dosa.karena apapun yg dilakukannya adalah untuk kemuliaan Allah.Manusia Allah.prikitiew...