ForumKristen.com

Forum Terbuka => Forum Terbuka bagi NonKristen => Started by: revoltzer on May 31, 2018, 08:42:27 AM

Title: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: revoltzer on May 31, 2018, 08:42:27 AM
Apakah pengertian rasul?? Rasul itu hanya di zaman Yesus?

Ok sy duluan menjawab sendiri pakai studi bahasa dan nalar dan logika yg aku punya. Rasul itu menurut kamus adalah (baca KBBI):

1 orang yang menerima wahyu Tuhan untuk disampaikan kepada manusia: menurut Alquran, Muhammad adalah -- terakhir; 2 murid nabi Isa yang mula-mula menyiarkan agama Kristen;

Jadi, adakah rasul-rasul sekarang? jawabnya tidak ada.. Di zaman sekarang ini yang paling mendekati fungsi kerasulan adalah seorang misionaris. Rasul itu adalah seperti Petrus, Yohanes, Yakobus dan lain-lain yg hidup bersama sekaligus adalah murid-murid langsung Tuhan Yesus.

Setuju semuaaa??  :) Silakan mungkin bawahku lebih tau.. :D
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: HenHen on May 31, 2018, 09:38:37 AM
ada 12 rasul Anak Domba, ini yang hidup bersama Yesus

ada pula rasul "ajah"

misal seperti :

Paulus

Roma 1
1. Dari Paulus, hamba Kristus Yesus, yang dipanggil menjadi rasul dan dikuduskan untuk memberitakan Injil Allah.


Andronikus dan Yunias

Roma 16
7. Salam kepada Andronikus dan Yunias, saudara-saudaraku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku, yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul dan yang telah menjadi Kristen sebelum aku.


Yakobus saudara Yesus

Galatia 1
19. Tetapi aku tidak melihat seorangpun dari rasul-rasul yang lain, kecuali Yakobus, saudara Tuhan Yesus.


so setelah 12 rasul Anak Domba adakah rasul2 yang lain?
kalau menurut Alkitab ada :)
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Siip on May 31, 2018, 09:52:48 AM
Ada, tugas kerasulan dan jabatan rasul tidak pernah dihentikan Tuhan,
Denominasi tertentu yg telah menghilangkan jabatan rasul.
Fine saja, jabatan silakan dimodifikasi, jabatan itu bukan sesuatu yg mengikat, tp fungsi tetap akan ada.

Rasul itu artinya utusan (apostolos), spt duta besar,
Tugas kerasulan adalah membuka daerah baru bagi Injil, para perintis.
Jadi skrg jabatan rasul berganti nama dg misionaris.

Bedanya misionaris masa kini dg rasul zaman purba,
Rasul-rasul zaman skrg tidak bisa melampaui apalagi menyimpang dari apa yg sudah dituliskan di Alkitab,
Sisanya masih sama, masih membuka daerah baru utk Injil, masih beroperasi dengan tanda-tanda dan mujizat dari Tuhan.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: HenHen on May 31, 2018, 10:02:21 AM
Dan denominasi tertentu itu sebentar lagi akan muncul disini dengan argumen ga mungkin ada lagi Firman Tuhan (Alkitab) yang ditambah makanya Rasul dan Nabi itu gak ada lagi

seolah2 kerjaannya Rasul dan Nabi itu cuma nambahin Alkitab aja ;D

sampe apal gw

;D ;D ;D
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: cadangdata on May 31, 2018, 07:31:44 PM
ya buat ngunci positioning brand-nya lah bro...

kalo enggak gitu.... susah jualannya...

kalo bisa monopoli klaim kebenaran kan lebih gampang cari downline.
lebih cepet kebeli lah alphardnya..
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on May 31, 2018, 10:56:30 PM
tinggal apa dan bagaiman definisi rasul itu sendiri

jika rasul adalah orang yang menerima wahyu dari Tuhan maka sudah tidak ada
jika rasul adalah orang yang menyampaikan wahyu dari Tuhan maka masih ada
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: cNc on May 31, 2018, 11:13:26 PM
maka siapakah itu ?? ...
sudah tidak ada DAN masih ada (menurut definisimu) ???
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: odading on June 01, 2018, 02:21:45 PM
tinggal apa dan bagaiman definisi rasul itu sendiri

A. jika rasul adalah orang yang menerima wahyu dari Tuhan maka sudah tidak ada

B. jika rasul adalah orang yang menyampaikan wahyu dari Tuhan maka masih ada
Yang B, lalu kalu menurut rama, orang yang menyampaikan [wahyu dari Tuhan] -  [wahyu dari Tuhan] ini dia terima dari siapa ?

whatever itu sebutan thdp orang-nya, imo :
sampai saat ini masih tetep possible ada orang yg menerima wahyu dari Tuhan (sebut saja bla3x), namun orang ini akan "kebentur" diperihal ketika dia menyampaikan bla3x tsb akan langsung diterima ato kagak oleh si penerima/pendengarnya. Apalagi kalo penerima/pendengarnya melibatkan logika  :D.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Sotardugur Parreva on June 01, 2018, 10:33:41 PM
tinggal apa dan bagaiman definisi rasul itu sendiri
jika rasul adalah orang yang menerima wahyu dari Tuhan maka sudah tidak ada
jika rasul adalah orang yang menyampaikan wahyu dari Tuhan maka masih ada
Pendapatku, poin A(jika rasul adalah orang yang menerima wahyu dari Tuhan) juga belum bisa dipastikan tidak ada.

Sebab, Tuhan tidak harus bekerja melalui ijin dari siapapun. Maksudku, Tuhan bisa saja bekerja dalam senyap, bahwa jika Tuhan menyampaikan wahyu kepada seseorang, tidak harus sepengetahuan orang lain.

Dalam kondisi seperti itu, jika seseorang menerima wahyu dari Tuhan tanpa sepengetahuan siapapun, artinya, masih ada rasul, lepas dari diterima atau ditolak oleh orang-orang lain.

Nah, kupikir, jika seseorang mengaku menerima wahyu dari Tuhan, orang-orang lain merdeka saja hendak percaya atau menolak pada pengakuan orang yang menerima wahyu. Pendapatku, tinggal menguji saja. Apakah wahyu yang disebut itu bermanfaat bagi semua orang, atau hanya bermanfaat bagi kelompok tertentu. Sebab, seperti Tuhan memberikan hujan bagi semua orang tanpa memandang orang baik atau tidak baik, demikian juga jika Tuhan memberi wahyu melalui seseorang sampai kepada akhir zaman, Tuhan tidak akan memaksa orang untuk menerima, Tuhan memerdekakan manusia, dan dapat dipastikan bahwa wahyu itu bermanfaat bagi semua orang.

Salam damai.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 01, 2018, 11:01:25 PM
jika rasul adalah orang yang menerima wahyu dari Tuhan maka sudah tidak ada karena jika masih ada maka alkitab masih bisa bertambah. kecuali jika anda berpendapat wahyu Tuhan tidak harus dimasukkan dalam alkitab maka kemungkinan rasul dengan definisi seperti ini masih ada

jika rasul adalah orang yang menyampaikan wahyu dari Tuhan maka masih ada misalnya seorang pendeta yang berkhotbah menyampaikan ayat-ayat dari alkitab
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: odading on June 02, 2018, 01:07:11 AM
jika rasul adalah orang yang menerima wahyu dari Tuhan maka sudah tidak ada karena jika masih ada maka alkitab masih bisa bertambah.
Kalo menurut saya, "Alkitab tidak bisa/boleh ditambah" itu tidak berdasarkan :
KARENA in the future tidak akan ada lagi orang yang menerima wahyu dari Tuhan
MAKA Alkitab tidak bisa ditambah.


Tapi terus terang saya juga nggak tau sih pastinya mengenai KENAPA Alkitab tidak bisa/boleh ditambah.  :char11:


Quote
kecuali jika anda berpendapat wahyu Tuhan tidak harus dimasukkan dalam alkitab maka kemungkinan rasul dengan definisi seperti ini masih ada
jadi mungkin kayak begini :
Alkitab adalah tulisan orang2 yang idup disekitaran taon 1 AD s/d 120 AD yg menerima wahyu Tuhan.

So, disini lebih spesifik lagi karena nggak ngerujuk ke perihal wahyu-nya saja, melainkan juga melibatkan time-frame.

Quote
jika rasul adalah orang yang menyampaikan wahyu dari Tuhan maka masih ada misalnya seorang pendeta yang berkhotbah menyampaikan ayat-ayat dari alkitab
Lalu, bagaimana kalo kayak gini :
"setelah menerima wahyu dari Tuhan, orang ybs menyampaikan ayat-ayat dari Alkitab". Hehehe...  :D

Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Sotardugur Parreva on June 02, 2018, 01:31:26 AM
jika rasul adalah orang yang menerima wahyu dari Tuhan maka sudah tidak ada karena jika masih ada maka alkitab masih bisa bertambah. kecuali jika anda berpendapat wahyu Tuhan tidak harus dimasukkan dalam alkitab maka kemungkinan rasul dengan definisi seperti ini masih ada
...
Kupikir dan kuimani, tidak seorang manusiapun yang dapat membatasi Tuhan untuk tidak mewahyukan diri, atau Tuhan hanya mewahyukan diri dalam Alkitab yang digunakan Kristen.

Dengan memahami bahwa belum semua yang harus dikatakan Tuhan Yesus Kristus dikatakan kepada rasul karena rasul belum sanggup menanggung, dan tidak ada informasi yang menyatakan bahwa semua yang belum dikatakan Tuhan Yesus Kristus kepada rasul itu sudah dikatakan ditambah dengan bahwa Tuhan Yesus Kristus senantiasa menyertai rasul sampai kepada akhir zaman, kusimpulkan, wahyu Tuhan tidak terbatas hanya sebanyak yang telah tercatat dalam Alkitab.

Tentang pencatatan wahyu Tuhan ke dalam Alkitab, belum kutemukan suatu informasi yang menyatakan bahwa wahyu Tuhan harus dicatat dalam Alkitab.

Salam damai.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 02, 2018, 04:21:24 AM
@odading

anda: KENAPA Alkitab tidak bisa/boleh ditambah.
saya: bagi saya ini hanya soal efisiensi saja. jika alkitab bisa atau boleh bertambah maka tiap beberapa waktu sekali akan terjadi konsili untuk menambah ayat dalam alkitab. sependek pengetahuan saya, ayat alkitab belum bertambah setelah terakhir kali alkitab ditetapkan. kecuali jika ayat alkitab memang pernah bertambah setelah pertama kali ditetapkan berarti saya saja yang belum tahu

anda: Lalu, bagaimana kalo kayak gini : "setelah menerima wahyu dari Tuhan, orang ybs menyampaikan ayat-ayat dari Alkitab".
saya: maka berdasarkan kedua definisi tersebut orang itu adalah rasul
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 02, 2018, 04:34:27 AM
@sotardugur parreva

anda: Tentang pencatatan wahyu Tuhan ke dalam Alkitab, belum kutemukan suatu informasi yang menyatakan bahwa wahyu Tuhan harus dicatat dalam Alkitab.
saya:  memang tidak ada keterangan wahyu Tuhan harus dicatatkan dalam alkitab. tapi menurut saya bukankah sebaiknya tercatat dalam alkitab? agar:
1. semua orang di dunia tahu bahwa "ini lho ada tambahan wahyu dari Tuhan"
2. tidak sembarangan orang ngaku-ngaku bahwa sudah menerima wahyu dari Tuhan
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: cadangdata on June 02, 2018, 01:10:44 PM
saya:  memang tidak ada keterangan wahyu Tuhan harus dicatatkan dalam alkitab. tapi menurut saya bukankah sebaiknya tercatat dalam alkitab? agar:
1. semua orang di dunia tahu bahwa "ini lho ada tambahan wahyu dari Tuhan"
2. tidak sembarangan orang ngaku-ngaku bahwa sudah menerima wahyu dari Tuhan

bisa jadi sih...
masuk akal juga pertimbangan anda..
cuma sayangnya anda kan bukan Tuhan...

jadi ya terserah Tuhan kan?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: jamu on June 02, 2018, 01:16:41 PM
bisa jadi sih...
masuk akal juga pertimbangan anda..
cuma sayangnya anda kan bukan Tuhan...

jadi ya terserah Tuhan kan?

Dari dulu kalimat basi ini diulang ulang terus.

Kelihatan tidak pernah paham Alkitab !

Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: cadangdata on June 02, 2018, 01:19:15 PM
Dari dulu kalimat basi ini diulang ulang terus.

Kelihatan tidak pernah paham Alkitab !

ya iya lah...
kalo memang kenyataannya banyak MANUSIA yang SOK MERASA PAHAM PIKIRAN TUHAN...
ya harus saya sampaikan kebenarannya...

mosok saya harus bohong?

Yakin kamu paham alkitab diskonanmu?
ada tulisannya lho: "apakah dengan menyampaikan kebbenaran... blablbabala.."?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: jamu on June 02, 2018, 01:20:05 PM
ya iya lah...
kalo memang kenyataannya banyak MANUSIA yang SOK MERASA PAHAM PIKIRAN TUHAN...
ya harus saya sampaikan kebenarannya...

mosok saya harus bohong?

Yakin kamu paham alkitab diskonanmu?
ada tulisannya lho: "apakah dengan menyampaikan kebbenaran... blablbabala.."?

Memang modalmu hanya kalimat itu tidak ada yang lain !

Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: cadangdata on June 02, 2018, 01:32:20 PM
Memang modalmu hanya kalimat itu tidak ada yang lain !

enggak juga sih...

justru komentar saya kayak gitu itu karena menanggapi ada orang2 yang MODALNYA CUMA "SOK SUDAH PALING PAHAM PIKIRAN TUHAN"...

coba kalo punya modal yg lain, pasti tanggapannya enggak gitu deh..

coba elo baca aja history post gw...
hahah
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: jamu on June 02, 2018, 01:38:07 PM
enggak juga sih...

justru komentar saya kayak gitu itu karena menanggapi ada orang2 yang MODALNYA CUMA "SOK SUDAH PALING PAHAM PIKIRAN TUHAN"...

coba kalo punya modal yg lain, pasti tanggapannya enggak gitu deh..

coba elo baca aja history post gw...
hahah

Semua sejarah kpmentarmu sudah tidak bermutu penuh lelucon konyol dan muaranya selalu kalimat basi tsb !

Sangat membosankan membacanya tidak pernah meningkat dari tahun ketahun.

Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: cadangdata on June 02, 2018, 03:38:03 PM
Semua sejarah kpmentarmu sudah tidak bermutu penuh lelucon konyol dan muaranya selalu kalimat basi tsb !

Sangat membosankan membacanya tidak pernah meningkat dari tahun ketahun.

iya sih... sejak ID-ID mu yang dahulu...
kenapa sih kamu udah ganti ID berkalikali bukannya tambah akalbudi malah tambah kedogolan?
ahaha....

sekarang coba..
menurut kamu, kalau memang rasul yang benar itu jumlahnya 12 orang....
apakah kamu yakin ajaran "Jumlah rasul cuma 12 orang" itu juga merupakan Firman Tuhan dan apakah ada dasar Scriptura-nya?

coba bisa gak kamu diskusi yg sesuai topik?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Sotardugur Parreva on June 02, 2018, 04:09:10 PM
@sotardugur parreva

anda: Tentang pencatatan wahyu Tuhan ke dalam Alkitab, belum kutemukan suatu informasi yang menyatakan bahwa wahyu Tuhan harus dicatat dalam Alkitab.
saya:  memang tidak ada keterangan wahyu Tuhan harus dicatatkan dalam alkitab. tapi menurut saya bukankah sebaiknya tercatat dalam alkitab? agar:
1. semua orang di dunia tahu bahwa "ini lho ada tambahan wahyu dari Tuhan"
2. tidak sembarangan orang ngaku-ngaku bahwa sudah menerima wahyu dari Tuhan
"Sebaiknya" menurut @rama noor, bukan?

Sayangnya, Tuhan memiliki cara sendiri. Manusia yang sejak penciptaan diberi kehendak bebas, merdeka hendak patuh ato melakukan kehendak bebasnya secara seenaknya. Patuh atau menjalankan kehendak bebasnya, semua mendapat ganjaran yang sudah diberitahukan.

Setelah manusia jatuh ke dalam perbudakan dosa, Tuhan Yesus Kristus inkarnasi menjadi manusia, memberi contoh sikap, dan mengajarkan Injil yang adalah diri-Nya sendiri, bahkan mengurbankan diri di kayu salib. Tuhan Yesus Kristus menginginkan agar manusia mengakuiNya dan menerimaNya sebagai Tuhan dan Juruselamat, namun tidak memaksa. Kepada manusia dberitahu, mengakui dan menerimaNya sebagai Tuhan dan Juruselamat berarti manusia patuh pada perkataanNya.

Tuhan Yesus Kristus mendirikan Gereja sekali saja. Tuhan Yesus Kristus menginginkan agar domba-dombaNya satu kawanan satu gembala. Tuhan Yesus Kristus memilih rasul untuk mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Kristus untuk dilaksanakan oleh manusia. Sekali lagi, Tuhan Yesus Kristus tidak memaksa. Tuhan Yesus Kristus tidak menulis untuk dijadikan panduan pemberitaan dan pengajaran rasul kepada jemaat. Tuhan Yesus Kristus berjanji (dan Dia tidak pernah ingkar janji), bahwa rasul akan senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman.

Adanya Alkitab, adalah inspirasi ROH KUDUS agar hal-hal yang diajarkan para rasul terarsip dengan baik. Perkembangan sosial manusia membutuhkan rambu-rambu kehidupan yang sesuai zaman. Untuk itu pula maka fungsi kerasulan senantiasa eksis sampai kepada akhir zaman.

Jika dicermati dengan teliti, ditambah lagi dengan penyertaan Tuhan Yesus Kristus, segala hal yang dibutuhkan memberi arah kepada manusia, sudah ada dalam Alkitab yang dikanon berdasar inspirasi ROH KUDUS. Hal-hal yang akan dijelaskan lebih lanjut dari situ, disampaikan melalui penyertaan kepada rasul yang senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman. Jadi, tidak perlu harus dicatat menambah Alakitab.

Itu pendapatku.

Salam damai.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: jamu on June 02, 2018, 04:25:48 PM
iya sih... sejak ID-ID mu yang dahulu...
kenapa sih kamu udah ganti ID berkalikali bukannya tambah akalbudi malah tambah kedogolan?
ahaha....

sekarang coba..
menurut kamu, kalau memang rasul yang benar itu jumlahnya 12 orang....
apakah kamu yakin ajaran "Jumlah rasul cuma 12 orang" itu juga merupakan Firman Tuhan dan apakah ada dasar Scriptura-nya?

coba bisa gak kamu diskusi yg sesuai topik?

Makanya berobahlah jangan seperti anak SD terus mengulang ulang terus secara membosankan.

Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Wiltu80 on June 02, 2018, 08:08:05 PM
Apakah pengertian rasul?? Rasul itu hanya di zaman Yesus?

Ok sy duluan menjawab sendiri pakai studi bahasa dan nalar dan logika yg aku punya. Rasul itu menurut kamus adalah (baca KBBI):

1 orang yang menerima wahyu Tuhan untuk disampaikan kepada manusia: menurut Alquran, Muhammad adalah -- terakhir; 2 murid nabi Isa yang mula-mula menyiarkan agama Kristen;

Jadi, adakah rasul-rasul sekarang? jawabnya tidak ada.. Di zaman sekarang ini yang paling mendekati fungsi kerasulan adalah seorang misionaris. Rasul itu adalah seperti Petrus, Yohanes, Yakobus dan lain-lain yg hidup bersama sekaligus adalah murid-murid langsung Tuhan Yesus.

Setuju semuaaa??  :) Silakan mungkin bawahku lebih tau.. :D

Rasul- rasul pada zaman sekarang sudah tidak ada lagi karena rasul haruslah orang yang ditetapkan Yesus sebagai rasul (12 orang), orang yang menggantikan posisi ke 12 Rasul yang diangkat oleh rasul-rasul dari 12 rasul seperti Matias yang menggantikan posisi Yudas Iskariot. Orang yang diangkat menjadi Rasul oleh rasul-rasul dari 12 rasul seperti Paulus dan Barnabas.

Mengenai tugas kerasulan, itu masih ada sampai sekarang. Hanya sekarang lebih terbatas tugasnya sebagai pemberita Injil, pengajar tidak seperti rasul zaman dahulu yang menulis kitab suci yang terinspirasi ROH KUDUS, mendapat penglihatan.

Bukti jabatan rasul tidak ada lagi, yaitu Polycarpus murid Rasul Yohanes tidak pernah disebut rasul sekalipun memberitakan Injil, mengajar tetapi disebut Bapa Gereja.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 02, 2018, 10:20:08 PM
@sotardugurparreva

anda: Hal-hal yang akan dijelaskan lebih lanjut dari situ, disampaikan melalui penyertaan kepada rasul yang senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman. Jadi, tidak perlu harus dicatat menambah Alakitab.

saya: masalahnya adalah: jika ada dua rasul, sebut saja rasul A dan rasul B mempunyai tafsiran yang berbeda 180 derajat tentang suatu ayat dan dua-duanya mengaku mendapat wahyu dari tuhan.

pertanyaannya: bagaimana kita dapat menentukan mana yang benar dan mana yang salah? mana yang beneran mendapat wahyu dan mana yang cuma ngaku-ngaku?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Sotardugur Parreva on June 02, 2018, 10:29:52 PM
@sotardugurparreva

anda: Hal-hal yang akan dijelaskan lebih lanjut dari situ, disampaikan melalui penyertaan kepada rasul yang senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman. Jadi, tidak perlu harus dicatat menambah Alakitab.

saya: masalahnya adalah: jika ada dua rasul, sebut saja rasul A dan rasul B mempunyai tafsiran yang berbeda 180 derajat tentang suatu ayat dan dua-duanya mengaku mendapat wahyu dari tuhan.

pertanyaannya: bagaimana kita dapat menentukan mana yang benar dan mana yang salah? mana yang beneran mendapat wahyu dan mana yang cuma ngaku-ngaku?
Tuhan tidak akan memberikan ajaran yang berbeda kepada orang (rasul) berbeda. Jika ada perbedaan yang kontras, jemaat diberi kemampuan menguji, mana yang benar-benar dari Tuhan. Itu sudah dibuktikan dengan dinyatakannya bahwa ada ajaran bidat.

Salam damai.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 02, 2018, 10:31:50 PM
@sotardugur parreva

bagaimana cara mengujinya?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Sotardugur Parreva on June 02, 2018, 10:52:21 PM
@sotardugur parreva
bagaimana cara mengujinya?
Melalui konsili.
Para petinggi Gereja dan aktivis-aktivis Gereja berembug mencari kehendak Tuhan yang sebenarnya.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 02, 2018, 11:02:09 PM
@sotardugurparreva

anda: Melalui konsili.
Para petinggi Gereja dan aktivis-aktivis Gereja berembug mencari kehendak Tuhan yang sebenarnya.

saya: itu juga yang saya katakan kepada @odading di komen #12: jika alkitab bisa atau boleh bertambah maka tiap beberapa waktu sekali akan terjadi konsili untuk menambah ayat dalam alkitab. sependek pengetahuan saya, ayat alkitab belum bertambah setelah terakhir kali alkitab ditetapkan. kecuali jika ayat alkitab memang pernah bertambah setelah pertama kali ditetapkan berarti saya saja yang belum tahu.

apakah @sotardugurparreva tahu berapa tahun sekali diadakan konsili untuk menentukan wahyu dari Tuhan?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: cadangdata on June 03, 2018, 08:11:04 AM
@sotardugurparreva

anda: Melalui konsili.
Para petinggi Gereja dan aktivis-aktivis Gereja berembug mencari kehendak Tuhan yang sebenarnya.

saya: itu juga yang saya katakan kepada @odading di komen #12: jika alkitab bisa atau boleh bertambah maka tiap beberapa waktu sekali akan terjadi konsili untuk menambah ayat dalam alkitab. sependek pengetahuan saya, ayat alkitab belum bertambah setelah terakhir kali alkitab ditetapkan. kecuali jika ayat alkitab memang pernah bertambah setelah pertama kali ditetapkan berarti saya saja yang belum tahu.

apakah @sotardugurparreva tahu berapa tahun sekali diadakan konsili untuk menentukan wahyu dari Tuhan?
karena menurut mereka, Firman Tuhan itu tidak harus cuma tertulis di alkitab..

jadi ketika ada revelation akan adanya suatu wahyu tuhan, maka juga artinya enggak harus dijadikan bentuk tertulis di alkitab, atau revisi alkitab..



sedangkan yang pola pikir-nya udah STUCK gitu itu karena ada TEMPURUNG yang membatasi bahwa SEOLAH-OLAH Firman Tuhan itu HARUS ALKITAB DOANG, lainnya enggak..
padahal ASUMSI seperti ini juga jelas hanyalah rumusan interpretasi sekelompok manusia, yg jelas bisa benar & bisa salah.

Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 03, 2018, 10:11:24 AM
@cadangdata

anda: jadi ketika ada revelation akan adanya suatu wahyu tuhan, maka juga artinya enggak harus dijadikan bentuk tertulis di alkitab, atau revisi alkitab..

saya: jika tidak tertulis di alkitab maka masalah yang mungkin timbul adalah seperti yang saya katakan kepada @sotardugurparreva di komen #24

masalahnya adalah: jika ada dua rasul, sebut saja rasul A dan rasul B mempunyai tafsiran yang berbeda 180 derajat tentang suatu ayat dan dua-duanya mengaku mendapat wahyu dari tuhan.

pertanyaannya: bagaimana kita dapat menentukan mana yang benar dan mana yang salah? mana yang beneran mendapat wahyu dan mana yang cuma ngaku-ngaku?
jika jawabannya adalah: melalui konsili
maka pertanyaan selanjutnya adalah: berapa tahun sekali diadakan konsili untuk menentukan wahyu dari Tuhan?
kemudian, bagaimana caranya mengumumkan kepada orang-orang sedunia bahwa ada wahyu dari Tuhan jika tidak dicatatkan dalam alkitab?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: cadangdata on June 03, 2018, 12:58:38 PM
@cadangdata

anda: jadi ketika ada revelation akan adanya suatu wahyu tuhan, maka juga artinya enggak harus dijadikan bentuk tertulis di alkitab, atau revisi alkitab..

saya: jika tidak tertulis di alkitab maka masalah yang mungkin timbul adalah seperti yang saya katakan kepada @sotardugurparreva di komen #24

masalahnya adalah: jika ada dua rasul, sebut saja rasul A dan rasul B mempunyai tafsiran yang berbeda 180 derajat tentang suatu ayat dan dua-duanya mengaku mendapat wahyu dari tuhan.

pertanyaannya: bagaimana kita dapat menentukan mana yang benar dan mana yang salah? mana yang beneran mendapat wahyu dan mana yang cuma ngaku-ngaku?
ya kalo anda ragu-ragu..
mendingan enggak usah dipercaya dua-dua-nya lah..
gampang kan?

Quote
jika jawabannya adalah: melalui konsili
maka pertanyaan selanjutnya adalah: berapa tahun sekali diadakan konsili untuk menentukan wahyu dari Tuhan?

saya enggak tahu berapa tahun sekali mas..
soalnya saya juga enggak tahu jadwalnya tuhan rencana bikin wahyu tiap berapa tahun sekali.

mungkin kalo ada yg tahu jadwalnya tuhan apakah berapa tahun sekali, atau apakah sudah dapat kepastian dari Tuhan bahwa apakah sekarang tuhan sudah bisu atau udah ngambek gak mau ngomong, atau gimana... bisa di share..

Quote
kemudian, bagaimana caranya mengumumkan kepada orang-orang sedunia bahwa ada wahyu dari Tuhan jika tidak dicatatkan dalam alkitab?
andaikatapun memang ada, ya diumumkan saja oleh kumpulan manusia yang meyakini bahwa itu wahyu tuhan.
karena memang tidak akan pernah bisa diverifikasi secara objektif kan?

yang mau percaya silakan..
yg enggak percaya ya silakan.

kok repot amat ikutan mikir segala..
tuhan aja enggak repot kok...

haha...
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 03, 2018, 04:55:55 PM
@cadangdata

anda: andaikatapun memang ada, ya diumumkan saja oleh kumpulan manusia yang meyakini bahwa itu wahyu tuhan.
karena memang tidak akan pernah bisa diverifikasi secara objektif kan?

yang mau percaya silakan..
yg enggak percaya ya silakan.

saya: bagi orang yang percaya bahwa itu wahyu Tuhan maka jawabannya atas thread ini adalah: rasul di zaman sekarang masih ada. bagi orang yang tidak percaya bahwa itu wahyu Tuhan maka jawabannya atas thread ini adalah: rasul di zaman sekarang sudah tidak ada.

anda: kok repot amat ikutan mikir segala..
tuhan aja enggak repot kok...

saya: karena bagi saya wahyu Tuhan adalah hal yang mendasar bagi orang beragama. bagi saya agak aneh rasanya jika sama-sama mengakui Yesus adalah Tuhan namun berbeda pendapat tentang wahyu yang diturunkan.

misal si A mengatakan bahwa ucapan Mr X adalah wahyu tuhan maka secara tidak langsung si A mengatakan bahwa Mr X adalah rasul
misal si B mengatakan bahwa ucapan Mr X adalah bukan wahyu tuhan maka secara tidak langsung si B mengatakan bahwa Mr X adalah bukan rasul

apakah mungkin Mr X menurut Tuhan Yesus adalah rasul sekaligus bukan rasul?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Sotardugur Parreva on June 03, 2018, 06:30:05 PM
@sotardugurparreva
anda: Melalui konsili.
Para petinggi Gereja dan aktivis-aktivis Gereja berembug mencari kehendak Tuhan yang sebenarnya.
saya: itu juga yang saya katakan kepada @odading di komen #12: jika alkitab bisa atau boleh bertambah maka tiap beberapa waktu sekali akan terjadi konsili untuk menambah ayat dalam alkitab. sependek pengetahuan saya, ayat alkitab belum bertambah setelah terakhir kali alkitab ditetapkan. kecuali jika ayat alkitab memang pernah bertambah setelah pertama kali ditetapkan berarti saya saja yang belum tahu.

apakah @sotardugurparreva tahu berapa tahun sekali diadakan konsili untuk menentukan wahyu dari Tuhan?
Yang @Sotardugur Parreva tangkap, dari Reply#12 dan terkait dengan bahasan ini ialah:
...tiap beberapa waktu sekali akan terjadi konsili untuk menambah ayat dalam alkitab...
bahwa menurut @rama noor, konsili berfungsi untuk menambah ayat Alkitab.

Sementara Reply#27
Melalui konsili. Para petinggi Gereja dan aktivis-aktivis Gereja berembug mencari kehendak Tuhan yang sebenarnya.

Meski Reply#24 dan #27 sama-sama membicarakan konsili, namun keduanya tidak sama.

Reply#24 menyatakan konsili untuk menambah ayat Alkitab,
sementara
Reply#27 menyatakan konsili adalah media di mana para petinggi dan aktivis Gereja berembug mencari wahyu Tuhan yang sebenarnya.

Landasan pikiran @Sotardugur Parreva mengartikan  #27 seperti itu ialah:
(1) Masih banyak yang harus dikatakan Tuhan Yesus Kristus kepada rasul, namun belum dkatakan karena rasul belum sanggup menanggung;
dari situ kuartikan bahwa Tuhan Yesus Kristus akan mengatakan yang harus dikatakanNya kepada rasul itu jika rasul (penerus rasul) sudah sanggup menanggung.
(2) Rasul ditugasi mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Tuhan Yesus Kristus;
dari situ kuartikan bahwa yang diberi tugas mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Tuhan Yesus Kristus adalah rasul (penerus rasul).
(3) Rasul senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman;
dari situ kuartikan bahwa tugas kerasulan tidak berhenti hanya pada rasul yang dipilih langsung oleh Tuhan Yesus Kristus, namun juga penerus rasul sampai kepada akhir zaman.
(4) Rasul mempunyai penerus;
poin (4) ini kuartikan dari pemilihan pengganti penerus kerasulan Yudas Iskariot dan terpilih Matias dari kandidat yang ada.

Jadi, penerus rasul seperti rasul yang dipilih langsung oleh Tuhan Yesus Kritus, mengemban tugas mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Tuhan Yesus Kristus. Kaitannya dengan konsili, bahwa segala hal yang belum dikatakan langsung oleh Tuhan Yesus Kristus namun harus dikatakan kepada rasul, dan sebelum dipublikasi, harus melalui konsili untuk menentukan apa yang sebenarnya dikatkaan oleh Tuhan Yesus Kristus.

Tentang pengadaan konsili, tidak diketahui regulasinya harus berapa kali dalam kurun waktu tertentu, karena tergantung pada kesanggupan rasul (penerus rasul).

Itu pendapatku.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 03, 2018, 06:36:08 PM
@sotardugurparreva

lalu bagaimana cara mengumumkan hasil konsili tersebut kepada seluruh dunia?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Sotardugur Parreva on June 03, 2018, 06:58:36 PM
Mohon ijin berpendapat untuk ini:
...
saya: karena bagi saya wahyu Tuhan adalah hal yang mendasar bagi orang beragama. bagi saya agak aneh rasanya jika sama-sama mengakui Yesus adalah Tuhan namun berbeda pendapat tentang wahyu yang diturunkan.
...
Sepenangkapan @Sotardugur Parreva dari posting @rama noor khusus yang kugarisbawahi itu, @rama noor merasa aneh akan perbedaan respon terhadap wahyu Tuhan Yesus Kristus. Masing-masing pihak merespon secara berbeda, ada yang mengaku wahyu Tuhan Yesus Kristus, dan ada yang ragu-ragu. (CMIIW)

Kupikir, perbedaan respon itu wajar. Jangankan respon dari para pihak yang sudah terpaut berabad-abad dari masa jasmani Tuhan Yesus Kristus, bahkan 11 orang yang sehari-hari bersama Tuhan Yesus Kristus saja ada perbedaan respon kepada Tuhan Yesus Kristus sendiri setelah kebangkitan, apalagi terhadap wahyu Tuhan Yesus Kristus. Sangat wajar.
Mat 20:16-17
Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka.
Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.

Sehari-hari ke-11 orang itu adalah bersama Tuhan Yesus Kristus sebelum Tuhan Yesus Kristus disalibkan. Sebelum disalibkan, Tuhan Yesus Kristus sudah memberitahukan bahwa Dia akan bangkit pada hari yang ketiga. Lalu setelah bangkit, Tuhan Yesus Kristus sendiri melalui para permpuan yang mengundang ke-11 orang itu datang ke Bukit Galilea, dan walau mereka datang, namun, cermati ayat 17 di atas, beberapa orang ragu-ragu.
Yang ingin kusampaikan, jangankan mereka yang sudah terpaut berabad-abad ada keraguan pada wahyu Tuhan Yesus kristus, bahkan mereka yang sehari-hari bersama Tuhan Yesus Kristus saja ada yang ragu.Jadi, meski di bibir sama-sama mengaku percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, nyatanya, selalu saja ada yang mengakukan hal yang tidak dimengerti.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Sotardugur Parreva on June 03, 2018, 07:14:39 PM
@sotardugurparreva
lalu bagaimana cara mengumumkan hasil konsili tersebut kepada seluruh dunia?
Diumumkan melalui surat gembala.
Surat gembala dikirimkan kepada tiap-tiap kelompok pengikut Kristus.

Namun, perlu disadari, pada zaman ini, mulai dari abad XVI, banyak kelompok yang menamakan diri pengikut Kristus, merasa cukup dengan membaca dan merenungkan Alkitab saja. Bagi para kelompok yang begitu itu, yang merasa cukup dengan membaca dan merenungkan Alkitab saja, lazimnya tidak mengakui bahwa masih ada wahyu Tuhan Yesus Kristus yang bakal disampaikan bertahap sampai kepada akhir zaman.

Anehnya, hal-hal yang kutuliskan sebagai 4 poin di #33 dapat dikonfirmasi ke Alkitab, namun masih saja banyak yang bersikukuh tidak menerimanya. Seperti itu tadi, mereka yang sehari-hari bersama Tuhan Yesus Kristus saja masih ada yang ragu-ragu, apalagi mereka yang sudah terpaut berabad-abad. Wajar.
Menurut pendapatku, semua respon akan mendapat ganjaran.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 03, 2018, 09:28:14 PM
@sotardugurparreva

anda: Menurut pendapatku, semua respon akan mendapat ganjaran.
saya: bagi orang yang percaya bahwa surat gembala adalah wahyu Tuhan ganjarannya apa? baik atau buruk? bagi orang yang tidak percaya bahwa surat gembala adalah wahyu Tuhan ganjarannya apa? baik atau buruk?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Sotardugur Parreva on June 03, 2018, 10:16:57 PM
@sotardugurparreva

anda: Menurut pendapatku, semua respon akan mendapat ganjaran.
saya: bagi orang yang percaya bahwa surat gembala adalah wahyu Tuhan ganjarannya apa? baik atau buruk? bagi orang yang tidak percaya bahwa surat gembala adalah wahyu Tuhan ganjarannya apa? baik atau buruk?

Hmm... @rama noor salah tangkap.

Bagian posting @Soatrdugur Parreva yang ini: semua respon akan mendapat ganjaran adalah untuk paragraf ketiga dari posting itu.

...
Anehnya, hal-hal yang kutuliskan sebagai 4 poin di #33 dapat dikonfirmasi ke Alkitab, namun masih saja banyak yang bersikukuh tidak menerimanya. Seperti itu tadi, mereka yang sehari-hari bersama Tuhan Yesus Kristus saja masih ada yang ragu-ragu, apalagi mereka yang sudah terpaut berabad-abad. Wajar.
Menurut pendapatku, semua respon akan mendapat ganjaran.
Keempat poin (1) Masih banyak yang harus dikatakan Tuhan Yesus Kristus kepada rasul, namun belum dikatakan karena rasul belum sanggup menanggung; (2) Rasul ditugasi mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Tuhan Yesus Kristus; (3) Rasul senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman; (4) Rasul mempunyai penerus;
bisa dikonfirmasi ke Alkitab, namun meski sudah dikonfirmasi, banyak orang yang mengaku sebagai pengikut Kristus tidak menerima keempat poin di atas. Untuk itulah yang kumaksudkan semua respon akan mendapat ganjaran.
Apa detil ganjarannya? Menurut pendapatku, tidak seorang manusiapun yang dapat memberi gambaran jelas.
Secara sederhana, merespon positif kepada Alkitab, dikelompokkan sebagai domba, merespon negatif kepada Alkitab, dikelompokkan sebagai kambing.

Salam damai.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 03, 2018, 10:33:00 PM
@sotardugurparreva

anda: Secara sederhana, merespon positif kepada Alkitab, dikelompokkan sebagai domba, merespon negatif kepada Alkitab, dikelompokkan sebagai kambing.
saya: apakah bisa saya katakan seperti ini:
bagi orang yang percaya bahwa surat gembala adalah wahyu Tuhan mendapat ganjaran baik
bagi orang yang tidak percaya bahwa surat gembala adalah wahyu Tuhan mendapat ganjaran buruk
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: ronny_het on June 03, 2018, 11:38:09 PM
@sotardugurparreva

anda: Secara sederhana, merespon positif kepada Alkitab, dikelompokkan sebagai domba, merespon negatif kepada Alkitab, dikelompokkan sebagai kambing.
saya: apakah bisa saya katakan seperti ini:
bagi orang yang percaya bahwa surat gembala adalah wahyu Tuhan mendapat ganjaran baik
bagi orang yang tidak percaya bahwa surat gembala adalah wahyu Tuhan mendapat ganjaran buruk
Sebelumnya sorry bro Rama...saya coba jawab pertanyaan kamu ke Bro Sotar...
Baik buruknya kepercayaan seseorang hanya Tuhanlah yang berhak menilainya bro...
Tuhan Yesus sebenarnya mengasihi secara merata kita semua (termasuk bro dan saya). Buat-Nya tidak ada yang pinter atau bodoh...yang ada hanya mengerti dan belum mengerti...kalau bro mau mencari kebenaran yang sejati dari Tuhan....tidak ada jalan lain Bro...selain minta tuntunan Tuhan melalui ROH KUDUS...Percuma bro sering bertanya tanya di forum Kristen ini, jika bro masih meragukan ROH KUDUS (RK Versi Alkitab bro...bukan RK versi KS bro)...maka bro pasti akan selalu dihinggapi sifat keraguan dan kebimbangan (Padahal bro ada mata..sudah berusaha melihat/membaca tapi tidak mengerti/kebimbangan/keraguan,dll).
Sekedar Info buat Bro Rama...Member" Kristen di forum ini ada yang Katolik (tidak mengakui istilah denominasi) dan ada protestan, Pantekosta, kharismatik, dll (banyak lagi denom lainnya). Setahu saya...rata" member" yang Katolik pemahamannya satu/jarang yang berbeda beda (karena hirarkhinya satu di seluruh dunia yaitu Vatikan, ajarannya selalu merujuk kepada Alkitab + Tradisi Suci, Magisterium, KGK).

Salam Damai Bro Rama...
Tuhan memberkati...
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: cadangdata on June 04, 2018, 09:10:29 AM
@cadangdata

anda: andaikatapun memang ada, ya diumumkan saja oleh kumpulan manusia yang meyakini bahwa itu wahyu tuhan.
karena memang tidak akan pernah bisa diverifikasi secara objektif kan?

yang mau percaya silakan..
yg enggak percaya ya silakan.

saya: bagi orang yang percaya bahwa itu wahyu Tuhan maka jawabannya atas thread ini adalah: rasul di zaman sekarang masih ada. bagi orang yang tidak percaya bahwa itu wahyu Tuhan maka jawabannya atas thread ini adalah: rasul di zaman sekarang sudah tidak ada.

yak betul... demikian maksud sya.

Quote
anda: kok repot amat ikutan mikir segala..
tuhan aja enggak repot kok...

saya: karena bagi saya wahyu Tuhan adalah hal yang mendasar bagi orang beragama. bagi saya agak aneh rasanya jika sama-sama mengakui Yesus adalah Tuhan namun berbeda pendapat tentang wahyu yang diturunkan.

misal si A mengatakan bahwa ucapan Mr X adalah wahyu tuhan maka secara tidak langsung si A mengatakan bahwa Mr X adalah rasul
misal si B mengatakan bahwa ucapan Mr X adalah bukan wahyu tuhan maka secara tidak langsung si B mengatakan bahwa Mr X adalah bukan rasul

apakah mungkin Mr X menurut Tuhan Yesus adalah rasul sekaligus bukan rasul?
karena pendapat yg manapun itu, semuanya HANYALAH INTERPRETASI KELOMPOK A atas Wahyu Tuhan Yesus vs. INTERPRETASI KELOMPOK B atas wahyu Tuhan Yesus.

ASLINYA mnrt tuhan yesus gimana... enggak ada SATU MANUSIAPUN yg tahu persis.


kalau kita selalu mawas diri dan menyadari akan keterbatasan manusia tsb,
maka kita ENGGAK BAKAL BERANI SOK YAKIN bahwa INTERPRETASI KITA-LAH yang PASTI PERSIS ASLINYA maunya TUHAN.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 04, 2018, 09:50:42 AM
@ronny_het

apakah vatikan dan jajarannya pernah menyimpang dari alkitab?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Sotardugur Parreva on June 04, 2018, 10:46:48 AM
@sotardugurparreva

anda: Secara sederhana, merespon positif kepada Alkitab, dikelompokkan sebagai domba, merespon negatif kepada Alkitab, dikelompokkan sebagai kambing.
saya: apakah bisa saya katakan seperti ini:
bagi orang yang percaya bahwa surat gembala adalah wahyu Tuhan mendapat ganjaran baik
bagi orang yang tidak percaya bahwa surat gembala adalah wahyu Tuhan mendapat ganjaran buruk
Pada titik itu, ya. Namun, hidup masih berlanjut, jadi bukan begitu surat gembala disampaikan kepada jemaat, kemudian jemaat merespon, dan langsung tiba di titik akhir. Bukan.
Disampaikannya suatu surat gembala, bukan akhir dari segalanya. Kehidupan masih berlangsung. Mungkin masih perlu surat-surat gembala lainnya. Mengacu ke perkataan Tuhan Yesus Kristus, kemungkinan akan adanya surat gembala, akan berlangsung sampai kepada akhir zaman, sepanjang pengajaran rasul.

Kukira, poin bahasan ini sudah cukup. Mari kembali ke topik mula-mula.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: cadangdata on June 04, 2018, 04:05:41 PM
@ronny_het

apakah vatikan dan jajarannya pernah menyimpang dari alkitab?
ya pernah tho mas...

salah satunya makanya muncul revolusi sosial yg di trigger oleh mas martin dan di back-up oleh para bangsawan di bbrp kerajaan lain

dan itu semua kalau hari ini kita telaah..
adalah akibat dari:
1. nafsu duniawi merasa PALING PAHAM KITAB SUCI dan PALING PAHAM PIKIRAN TUHAN
2. hobi nyalah-nyalahin sampai memerangi kelompok lain yang INTERPRETASI-nya BEDA dgn VERSINYA.
3. dicampur dengan MOTIVASI FINANSIAL dan POLITIK, kalo dulu belum ada alphard atau ferrari, napsunya bangun castle semewah-mewahnya dan harem sebanyak-banyaknya..

alhamdulilah kita hidup di tahun 2018, maka bisa punya cermin besar ini..
sehingga jangan sampai kesalahan seperti ini terulang lagi..
maka, kalau ada bibit-bibit yang kelakuannya ke arah sini, mungkin perlu dikasih cermin yg gede dimukanya...
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: ronny_het on June 04, 2018, 04:17:55 PM
@ronny_het

apakah vatikan dan jajarannya pernah menyimpang dari alkitab?
Sejarah pernah mencatat ada masa kelam Vatikan (sekitar abad 16-17)...Komersialisasi Surat Indulgensi (Pengampunan dosa sementara). Waktu itu Paus memberikan Surat Indulgensi kepada para penyumbang Gereja...Di Masa inilah Martin Luther akhirnya berpisah dari Katolik dan mendirikan aliran Protestan.
Indulgensi masih ada sampai sekarang...karena dulu itu yang salah bukan Indulgensinya, tapi oknumnya waktu itu yang menyalahgunakan/komersialisasi Indulgensi tersebut.

Salam Damai Bro Rama...
Tuhan memberkati...
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 05, 2018, 05:23:38 AM
jika orang yang dianggap sebagai rasul atau penerus rasul saja bisa salah maka metode menguji tidak cukup hanya dengan konsili. maka pertanyaannya kemudian adalah:

1. adakah metode lain untuk menguji sesuatu itu wahyu atau bukan selain konsili?
2. apakah orang yang dianggap sebagai rasul atau penerus rasul ketika salah mengambil keputusan (misalnya kasus Komersialisasi Surat Indulgensi) tetap dianggap sebagai rasul atau penerus rasul atau sudah tidak dianggap lagi sebagai rasul atau penerus rasul
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 05, 2018, 05:34:07 AM
@cadangdata

anda: karena pendapat yg manapun itu, semuanya HANYALAH INTERPRETASI KELOMPOK A atas Wahyu Tuhan Yesus vs. INTERPRETASI KELOMPOK B atas wahyu Tuhan Yesus.
saya: anda sendiri interpretasi terhadap topik ini seperti apa? menurut anda, adakah rasul di zaman sekarang?

anda: ASLINYA mnrt tuhan yesus gimana... enggak ada SATU MANUSIAPUN yg tahu persis.
saya: sepakat. makanya pernah saya katakan bahwa manusia hanya bisa mencari kebenaran bukan menentukan kebenaran. meyakini apa yang diyakini adalah benar itu benar. namun akan menjadi salah apabila menyalahkan keyakinan yang berbeda

anda: kalau kita selalu mawas diri dan menyadari akan keterbatasan manusia tsb,
maka kita ENGGAK BAKAL BERANI SOK YAKIN bahwa INTERPRETASI KITA-LAH yang PASTI PERSIS ASLINYA maunya TUHAN.
saya: sepakat. itulah sebabnya setiap manusia punya cara yang berbeda dalam interpretasi tentang Tuhan. ada yang hanya percaya, ada yang hanya logika, ada yang percaya dan logika, ada yang cuma ikut-ikutan saja. yang manapun caranya yang penting kita tetap saling menghormati menghargai
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Sotardugur Parreva on June 05, 2018, 08:46:12 AM
Sejarah pernah mencatat ada masa kelam Vatikan (sekitar abad 16-17)...Komersialisasi Surat Indulgensi (Pengampunan dosa sementara). Waktu itu Paus memberikan Surat Indulgensi kepada para penyumbang Gereja...Di Masa inilah Martin Luther akhirnya berpisah dari Katolik dan mendirikan aliran Protestan.
Indulgensi masih ada sampai sekarang...karena dulu itu yang salah bukan Indulgensinya, tapi oknumnya waktu itu yang menyalahgunakan/komersialisasi Indulgensi tersebut.
Menurut pendapatku, pernyataan yang kumerahkan itu perlu diperjelas agar tidak menjadi bias. Dengan pernyataan seperti itu, mengandung pengertian bahwa Vatikan pernah mengkomersilkan Surat Indulgensi(dikenal sebagai Surat Pengampunan Dosa).
Padahal, yang terjadi: Setelah anggota jemaat melakukan pertobatan, dengan sukacita orang itu memberi sumbangan untuk pendirian gedung Gereja, lalu kepadanya diberikan Surat Indulgensi.
Itu terkesan bahwa jemaat penyumbang tersebut mendapat Surat Indulgensi karena dia memberi sumbangan.

Keadaan semakin disalahtafsirkan oleh penentang Gereja (dipandang: Gereja mengkomersialkan Surat Indulgensi), setelah Johann Tetzel (seorang klerus tetapi bukan Paus) dalam khotbahnya menyatakan “Begitu terdengar bunyi koin emas di kotak, bangkitlah jiwa menuju Surga.” Kesan yang muncul, Surat Indulgensi dapat diperoleh dengan memberikan koin emas. Seperti jual-beli.

Lebih detil baca http://www.katolisitas.org/katolik-menyalahgunakan-indulgensi-atau-surat-pengampunan-dosa/ (http://www.katolisitas.org/katolik-menyalahgunakan-indulgensi-atau-surat-pengampunan-dosa/)

Padahal, Surat Indulgensi diberikan kepada seorang anggota jemaat jika orang itu sudah melakukan pengakuan dosa. Bukan karena menyumbang atau memberikan koin emas kepada Gereja maka kepadanya diberikan Surat Indulgensi. Tentang pengampunan dosa, Gereja memang mempunyai kompetensi untuk itu, yang didapat dari Tuhan Yesus sendiri. Yoh 20: 22-23 Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah ROH KUDUS. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada. "

Salam damai.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 05, 2018, 09:46:33 AM
@sotardugurparreva

maaf agak sedikit menyimpang dari topik tapi masih berhubungan dengan reply #48

anda: Tentang pengampunan dosa, Gereja memang mempunyai kompetensi untuk itu
saya: andaikan saja misalnya ada si A telah membunuh si B. kemudian si A melakukan pengakuan dosa dan selama di dunia si A tidak pernah dihukum karena tidak ada yang tahu bahwa si A telah membunuh si B. pertanyaannya: saat di akhirat nanti si A akan kemana?
a. surga
b. neraka
c. lainnya (jika anda punya jawaban lain juga boleh)
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: ronny_het on June 05, 2018, 01:05:34 PM
@sotardugurparreva

maaf agak sedikit menyimpang dari topik tapi masih berhubungan dengan reply #48

anda: Tentang pengampunan dosa, Gereja memang mempunyai kompetensi untuk itu
saya: andaikan saja misalnya ada si A telah membunuh si B. kemudian si A melakukan pengakuan dosa dan selama di dunia si A tidak pernah dihukum karena tidak ada yang tahu bahwa si A telah membunuh si B. pertanyaannya: saat di akhirat nanti si A akan kemana?
a. surga
b. neraka
c. lainnya (jika anda punya jawaban lain juga boleh)
Sebelum Bro Rama bertanya lebih jauh...bro googling dulu apa arti sebenarnya "Indulgensi"(menurut Katolik). Surat Indulgensi tidak salah tidak salah...buktinya masih berlaku sampai sekarang...Vatikan masih kokoh berdiri sampai sekarang...Cukup sudah hal itu membuktikan Penyertaan Tuhan selama 20 abad...
Apakah Bro masih mau berusaha mencari cari kelemahan Vatikan lagi ? Percuma Bro...karena kami percaya apa janji Yesus yang akan tetap menyertai Gereja-Nya sampai akhir jaman...

Salam Damai Bro Rama...
Tuhan memberkati...
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: cadangdata on June 05, 2018, 01:27:09 PM
@cadangdata

anda: karena pendapat yg manapun itu, semuanya HANYALAH INTERPRETASI KELOMPOK A atas Wahyu Tuhan Yesus vs. INTERPRETASI KELOMPOK B atas wahyu Tuhan Yesus.
saya: anda sendiri interpretasi terhadap topik ini seperti apa? menurut anda, adakah rasul di zaman sekarang?
i dont care mas...

mau ngaku jabatannya rasul atau malaikat atau titisan tuhan sekalipun.. terserah apa katenye...

tinggal dilihat aja kelakuannya... atau bahasa religius-nya "buah"nya..

karena ada juga, yang ngaku-nya hanya sekedar hamba, hanya pelayan, tak berdaya, pasrah, saya percaya penuh, hanya gembala..... tapi kelakuannya malah NGALAH-NGALAHIN Tuhan.. jadi full of sh*t kan? wkwkw


kalo nurut mas rama sendiri gimana?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Sotardugur Parreva on June 05, 2018, 01:32:30 PM
@sotardugurparreva
maaf agak sedikit menyimpang dari topik tapi masih berhubungan dengan reply #48
anda: Tentang pengampunan dosa, Gereja memang mempunyai kompetensi untuk itu
saya: andaikan saja misalnya ada si A telah membunuh si B. kemudian si A melakukan pengakuan dosa dan selama di dunia si A tidak pernah dihukum karena tidak ada yang tahu bahwa si A telah membunuh si B. pertanyaannya: saat di akhirat nanti si A akan kemana?
a. surga
b. neraka
c. lainnya (jika anda punya jawaban lain juga boleh)
Jika ditinjau dari sudut pembunuhan yang dilakukan oleh si A terhadap si B, yang sudah diakuinya kepada Gereja melalui pejabat Gereja yang kompeten, dan si A melaksanakan sikap tobat yang sesungguhnya, maka si A tidak akan terbebani oleh peristiwa pembunuhan itu. Kuasa yang diberikan kepada Gereja melalui para rasul, Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada, menurut pendapat dan keimananku, merupakan jaminan.
Tentu saja, pejabat Gereja yang kompeten tidak memberi pengampunan secara sembarang. Dia akan meninjau kasusnya dari berbagai aspek.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: alephtav on June 05, 2018, 01:47:29 PM
i dont care mas...

mau ngaku jabatannya rasul atau malaikat atau titisan tuhan sekalipun.. terserah apa katenye...

tinggal dilihat aja kelakuannya... atau bahasa religius-nya "buah"nya..

karena ada juga, yang ngaku-nya hanya sekedar hamba, hanya pelayan, tak berdaya, pasrah, saya percaya penuh, hanya gembala..... tapi kelakuannya malah NGALAH-NGALAHIN Tuhan.. jadi full of sh*t kan? wkwkw


kalo nurut mas rama sendiri gimana?
Jadi percaya Yesus atau kagak itu gak penting ya mas?
Yang penting kelakuannya?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: cadangdata on June 05, 2018, 02:34:59 PM
Jadi percaya Yesus atau kagak itu gak penting ya mas?
Yang penting kelakuannya?

ya terserah masing-masing orang aja sih..

kalo nurut saya sih penting..
kalo nurut mas aleph enggak penting, saya juga enggak akan sok-sok-an merasa diperintah tuhan untuk harus "mengkoreksi kekeliruan aleph"...

karena tetep aja, indikator yang dapat diamati adalah kelakuannya kan?
kepercayaan emang indikatornya gimana cara ngamati-nya?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: HenHen on June 05, 2018, 03:16:11 PM
yang penting percaya Yesus
mau bunuh diri juga masuk sorga (nurut Aleph)

terimalah sebagai salah satu penafsiran ;D

bom bunuh diri termasuk gak ya....
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: alephtav on June 05, 2018, 03:39:48 PM
ya terserah masing-masing orang aja sih..

kalo nurut saya sih penting..
kalo nurut mas aleph enggak penting, saya juga enggak akan sok-sok-an merasa diperintah tuhan untuk harus "mengkoreksi kekeliruan aleph"...

karena tetep aja, indikator yang dapat diamati adalah kelakuannya kan?
kepercayaan emang indikatornya gimana cara ngamati-nya?
Saya cuma pingin tau gimana nurut elu.
Elu kan bilang yang penting "buah"-nya.
Sekarang bilang percaya Yesus juga penting.

Jadi nurut elu sebaiknya orang percaya Yesus dan berbuah, gitu?
Kalau berbuah doang, kurang lengkap. Begitukah?

Btw, sekarang sudah jarang ngelawak sama odading ya.
Dapet partner baru, si Henhen ya?
 
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: cadangdata on June 05, 2018, 04:52:57 PM
Saya cuma pingin tau gimana nurut elu.
Elu kan bilang yang penting "buah"-nya.
Sekarang bilang percaya Yesus juga penting.

Jadi nurut elu sebaiknya orang percaya Yesus dan berbuah, gitu?
Kalau berbuah doang, kurang lengkap. Begitukah?

Btw, sekarang sudah jarang ngelawak sama odading ya.
Dapet partner baru, si Henhen ya?
lah otak gw kebetulan udah di upgrade, udah enggak Hitam Putih lagi..

nurut otak elo yg masih B/W,
kalau orang menganggap buahnya penting, maka otomatis harus menganggap percaya enggak penting..
gitu kan?



makanya gw juga pengen tahu dari elo,
kalo elo menganggap "yang penting itu percaya dan buahnya tidak penting"..
gimana indikatornya bisa mengetahui apakah orang lain atau diri sendiri sudah cukup percaya atau belum?

ditanyain kok malah ngeles?


btw,
nurut elo ada gak contoh yg kayak gini:
karena ada juga, yang ngaku-nya hanya sekedar hamba, hanya pelayan, tak berdaya, pasrah, saya percaya penuh, hanya gembala..... tapi kelakuannya malah NGALAH-NGALAHIN Tuhan.. jadi full of sh*t kan? wkwkw
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: alephtav on June 05, 2018, 05:54:18 PM
lah otak gw kebetulan udah di upgrade, udah enggak Hitam Putih lagi..

nurut otak elo yg masih B/W,
kalau orang menganggap buahnya penting, maka otomatis harus menganggap percaya enggak penting..
gitu kan?



makanya gw juga pengen tahu dari elo,
kalo elo menganggap "yang penting itu percaya dan buahnya tidak penting"..
gimana indikatornya bisa mengetahui apakah orang lain atau diri sendiri sudah cukup percaya atau belum?

ditanyain kok malah ngeles?


btw,
nurut elo ada gak contoh yg kayak gini:
karena ada juga, yang ngaku-nya hanya sekedar hamba, hanya pelayan, tak berdaya, pasrah, saya percaya penuh, hanya gembala..... tapi kelakuannya malah NGALAH-NGALAHIN Tuhan.. jadi full of sh*t kan? wkwkw
Lho, elo kan bilang mau gimanapun yang penting kelakuannya. Makanya saya nanya, percaya Yesus penting atau kagak?

Ditanya gitu aja lagsung gelagepan, buru2 nanya balik ini itu, ketakutan..... wkwkwk
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: ronny_het on June 05, 2018, 07:17:50 PM
Percaya saja...belum tentu berbuah....berbuah pasti Percaya...
Karena apa ? Percaya itu ada tingkatannya : Mula" percaya di mulut saja...terus....terus...akhirnya Berbuah deh...
Jadi anda mau Berbuah atau percaya saja ? Silahkan pilih...

Salam Damai...
Tuhan memberkati...
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 05, 2018, 09:30:03 PM
@sotardugurparreva

anda: Jika ditinjau dari sudut pembunuhan yang dilakukan oleh si A terhadap si B, yang sudah diakuinya kepada Gereja melalui pejabat Gereja yang kompeten, dan si A melaksanakan sikap tobat yang sesungguhnya, maka si A tidak akan terbebani oleh peristiwa pembunuhan itu. Kuasa yang diberikan kepada Gereja melalui para rasul
saya: apakah itu artinya menurut anda si A akan masuk surga?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 05, 2018, 09:33:38 PM
@cadangdata

anda: i dont care mas...

mau ngaku jabatannya rasul atau malaikat atau titisan tuhan sekalipun.. terserah apa katenye...

tinggal dilihat aja kelakuannya... atau bahasa religius-nya "buah"nya..

karena ada juga, yang ngaku-nya hanya sekedar hamba, hanya pelayan, tak berdaya, pasrah, saya percaya penuh, hanya gembala..... tapi kelakuannya malah NGALAH-NGALAHIN Tuhan.. jadi full of sh*t kan? wkwkw


kalo nurut mas rama sendiri gimana?

saya: jawaban saya tentang topik ini ada di reply #5
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 05, 2018, 09:37:21 PM
@ronny_het

anda: Percaya saja...belum tentu berbuah....berbuah pasti Percaya...
saya: kurang sepakat, karena ada atheis (orang yang tidak percaya bahwa tuhan itu ada) atau agnostik (orang yang percaya tuhan ada tapi tidak percaya agama) yang baik perilakunya kepada sesama

jadi menurut saya: percaya belum tentu berbuah dan berbuah belum tentu percaya
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 05, 2018, 09:43:56 PM
@ronny_het

anda: Apakah Bro masih mau berusaha mencari cari kelemahan Vatikan lagi ? Percuma Bro...karena kami percaya apa janji Yesus yang akan tetap menyertai Gereja-Nya sampai akhir jaman...
saya: saya hanya bertanya, santai saja. bagi saya terserah anda apa yang anda percayai, yang ingin saya ketahui adalah mengapa hal itu anda percayai. jika memang tidak ada alasannya mengapa anda percaya juga tidak apa-apa

jika anda masih ingin menjawab pertanyaan saya kepada @sotardugurparreva tentang si A yang membunuh si B juga boleh. jika anda tidak ingin menjawabnya juga tidak apa-apa
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Sotardugur Parreva on June 05, 2018, 10:48:32 PM
@sotardugurparreva
anda: Jika ditinjau dari sudut pembunuhan yang dilakukan oleh si A terhadap si B, yang sudah diakuinya kepada Gereja melalui pejabat Gereja yang kompeten, dan si A melaksanakan sikap tobat yang sesungguhnya, maka si A tidak akan terbebani oleh peristiwa pembunuhan itu. Kuasa yang diberikan kepada Gereja melalui para rasul
saya: apakah itu artinya menurut anda si A akan masuk surga?
Jika pertimbangan hanya dari segi pembunuhan yang pernah dilakukannya, dia harus dihukum, namun akhirnya akan masuk sorga, meskipun dengan rupa yang gosong terbakar.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 06, 2018, 03:36:05 AM
@sotardugurparreva

anda: Jika pertimbangan hanya dari segi pembunuhan yang pernah dilakukannya, dia harus dihukum, namun akhirnya akan masuk sorga, meskipun dengan rupa yang gosong terbakar.
saya: apakah maksud anda si A akan masuk neraka atau api penyucian atau apapaun itu namanya baru kemudian masuk surga?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Wiltu80 on June 06, 2018, 10:18:45 AM
@sotardugurparreva

maaf agak sedikit menyimpang dari topik tapi masih berhubungan dengan reply #48

anda: Tentang pengampunan dosa, Gereja memang mempunyai kompetensi untuk itu
saya: andaikan saja misalnya ada si A telah membunuh si B. kemudian si A melakukan pengakuan dosa dan selama di dunia si A tidak pernah dihukum karena tidak ada yang tahu bahwa si A telah membunuh si B. pertanyaannya: saat di akhirat nanti si A akan kemana?
a. surga
b. neraka
c. lainnya (jika anda punya jawaban lain juga boleh)

Perihal A melakukan pengakuan dosa itu bagus, berarti dia menyesal atas dosa pembunuhan yang dilakukannya.
Yang menjadi masalah adalah A tidak pernah mengaku dosa kepada polisi sehingga tidak pernah dihukum.
Menurut pendapat saya karena A sepertinya benar- benar menyesal atas dosanya, maka dia akan diampuni oleh Tuhan. Tetapi diampuni ini bukan berarti tidak ada lagi konsekuensi atas dosa yang dibuatnya. Konsekuensi tetap ada.

Seharusnya A melaporkan dirinya kepada polisi sebagai bagian totalitasnya dalam bertobat, walaupun itu berarti dia harus dihukum bahkan menerima ganjaran hukuman mati. Tetapi hal ini lebih baik karena pertanggung jawabannya di akhirat atas pembunuhan yang dilakukannya menjadi lebih ringan atau hilang sama sekali.

Pertanggung jawaban di akhirat ini dilaksanakan di api pencucian tempat dimana dia dihukum dan dimurnikan dosanya. Setelah selesai pemurnian di api penyucian dia akan dipindahkan ke tempat penantian tempat orang beriman yang dipastikan masuk Surga sambil menunggu hari kebangkitan badan.

Bila dia tidak bertobat sama sekali kepada Tuhan, maka dia terancam mendapat hukuman kekal di neraka karena dia melakukan dosa yang mendatangkan maut.

Mengenai konsekuensi dosa walaupun pelakunya sudah bertobat. Hal ini tertulis dalam Kitab Suci, seperti :
- Adam & Hawa harus menerima konsekuensi diusir dari Taman Eden walaupun telah menyesal karena memakan buah terlarang.
- Daud harus kehilangan anak yang dikandung istrinya akibat dosa besar yang dilakukannya walaupun beliau telah menyesal kepada Allah, menangis di hadapan Allah, berpuasa kepada Allah supaya anak tersebut selamat.
- Nabi Yunus dihukum dengan cara ditelan oleh ikan besar walaupun beliau menyesal karena telah meninggalkan tugas yang harus diembannya, kemudian beliau meninggal, masuk alam maut, lalu dihidupkan kembali

Dan Tuhan itu tetap sama dahulu, sekarang dan selama-lamanya, maka konsekuensi dosa walaupun pelakunya sudah bertobat tetap berlaku sampai sekarang.

Dengan adanya api penyucian ini kita melihat kasih Tuhan, keadilan Tuhan sekaligus pengharapan akan Tuhan sebagai satu-satunya penolong.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 06, 2018, 10:42:48 PM
@witu80

anda: Dan Tuhan itu tetap sama dahulu, sekarang dan selama-lamanya, maka konsekuensi dosa walaupun pelakunya sudah bertobat tetap berlaku sampai sekarang.
saya: jika keselamatan saya definisikan langsung masuk surga, apakah itu artinya umat Kristen juga belum tentu selamat (belum tentu langsung mask surga) ?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Sotardugur Parreva on June 06, 2018, 10:51:45 PM
@sotardugurparreva

anda: Jika pertimbangan hanya dari segi pembunuhan yang pernah dilakukannya, dia harus dihukum, namun akhirnya akan masuk sorga, meskipun dengan rupa yang gosong terbakar.
saya: apakah maksud anda si A akan masuk neraka atau api penyucian atau apapaun itu namanya baru kemudian masuk surga?
Api penyucian. Maka, keluar dari sana, dia akan gosong tetapi tidak mati keduakalinya.

Maksudku, pembunuhan yang pernah dilakukannya dan sudah diakukan ke Gereja, tidak akan membawa dia ke neraka. Namun, perbuatannya membunuh (lepas dari apapun alasan pembunuhan itu) sudah melampaui kewenangannya, maka untuk itu dia harus dihukum. Bukan lagi gigi ganti gigi, mata ganti mata.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 06, 2018, 10:55:48 PM
@sotardugurparreva

anda: Api penyucian. Maka, keluar dari sana, dia akan gosong tetapi tidak mati keduakalinya.
saya: sama seperti pertanyaan yang saya ajukan kepada witu80:

jika keselamatan saya definisikan langsung masuk surga, apakah itu artinya umat Kristen juga belum tentu selamat (belum tentu langsung mask surga) ?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: odading on June 06, 2018, 11:08:40 PM
@witu80

anda: Dan Tuhan itu tetap sama dahulu, sekarang dan selama-lamanya, maka konsekuensi dosa walaupun pelakunya sudah bertobat tetap berlaku sampai sekarang.
saya: jika keselamatan saya definisikan langsung masuk surga, apakah itu artinya umat Kristen juga belum tentu selamat (belum tentu langsung mask surga) ?
Saya mencoba menjawab secara versi saya yg nonK berdasarkan pengetahuan saya ttg Kekristenan ya rama.

Sepanjang yang saya ketahui, di Kekristenan itu ada perihal yg disebut "already not yet".

So, di pov Kekristenan (sekali lagi, sepanjang yang saya ketahui) :
orang Kristen walo masih hidup already selamat but NOT complete yet.

Nah... berangkat dari ungu, terkait oranye - sepertinya ada dua kubu :
1. kubu-A, pov Allah :
Ya... belon tentu masuk sorga (nyampe ke komplit) KALO kamu bla3x shg menyebabkan Aku blo3x.

2. kubu-B, pov Allah :
So pasti masuk sorga (nyampe ke komplit) KARENA Aku SBJ pilih kamu utk sorga

Begitu kira kira kalo yg menurut pemikiran saya berangkat dari yg saya ketahui mengenai Kekristenan.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Sotardugur Parreva on June 07, 2018, 12:42:16 AM
@sotardugurparreva

anda: Api penyucian. Maka, keluar dari sana, dia akan gosong tetapi tidak mati keduakalinya.
saya: sama seperti pertanyaan yang saya ajukan kepada witu80:

jika keselamatan saya definisikan langsung masuk surga, apakah itu artinya umat Kristen juga belum tentu selamat (belum tentu langsung mask surga) ?
O begitu maksud @rama noor. Kalo begitu, kita berpengertian yang berbeda.
Selamat yang kupercaya ialah terpaut dengan Tuhan. Jadi, sebelum terpaut dengan Tuhan, segala penghalang, harus bersih dari seseorang. Apakah proses berpautnya seseorang dengan Tuhan berlangsung secara seketika atau dalam durasi yang lama, hasil akhirnya adalah berpaut dengan Tuhan.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 07, 2018, 04:16:36 AM
@odading

anda: 2. kubu-B, pov Allah :
So pasti masuk sorga (nyampe ke komplit) KARENA Aku SBJ pilih kamu utk sorga
saya: jika orang yang oleh Tuhan telah dipilih SBJ masuk surga membunuh, merampok, atau melakukan kejahatan lainnya, pertanyaannya: orang tersebut saat di akhirat nanti akan kemana?
a. surga
b. neraka
c. lainnya (jika anda punya jawaban lain juga boleh)
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: HenHen on June 07, 2018, 07:28:49 AM
@rama

pandangan sy soal keselamatan ini bisa dibaca2 disini

http://berbagi-sharing.blogspot.com/2016/05/1-2-3-keselamatan.html (http://berbagi-sharing.blogspot.com/2016/05/1-2-3-keselamatan.html)
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: odading on June 07, 2018, 09:56:55 AM
@odading

anda: 2. kubu-B, pov Allah :
So pasti masuk sorga (nyampe ke komplit) KARENA Aku SBJ pilih kamu utk sorga
saya: jika orang yang oleh Tuhan telah dipilih SBJ masuk surga membunuh, merampok, atau melakukan kejahatan lainnya, pertanyaannya: orang tersebut saat di akhirat nanti akan kemana?
a. surga
b. neraka
c. lainnya (jika anda punya jawaban lain juga boleh)
Sikon [jika] yang rama ajukan, udah keburu rama bikin [maka]nya secara berupa pertanyaan. Sementara padahal (menurut saya) [maka]nya dari pihak kubu-B itu berupa : (saya ulang [jika]nya dulu)

logic case-1 :
JIKA orang yang oleh Tuhan telah dipilih SBJ masuk surga membunuh
MAKA entah kapan, pokok setelahnya itu - Tuhan PASTI akan membuat orang ybs bertobat

barulah selanjutnya pertanyaan rama bisa diajukan ... sbb :
SETELAH Tuhan membuat orang ybs bertobat....
orang tersebut saat di akhirat nanti akan kemana?


jawab :
A. sorga

So... [jika] diatas adalah hasil observer about the past org ybs ---> TELAH membunuh
Sekarang varian laen dari [jika] yang kalo about the future org ybs ---> AKAN membunuh

logic-nya case-2 sbb :
JIKA orang yang oleh Tuhan telah dipilih SBJ masuk surga AKAN membunuh
MAKA Tuhan PASTI akan membuat orang tsb batal membunuh.

Dari logic di case-2, otomatis tidak bisa diajukan pertanyaan ungu.



Selanjutnya mungkin rama akan mengajukan pertanyaan sbb :
JADI, logic case yg nomor berapa yang diaplikasikan oleh Tuhan ?

jawab :
sepanjang kehidupan orang ybs sejak bayi s/d matinya, karena di span waktu ini (kecuali sewaktu bayi keburu mati) orang ybs pasti pernah berbuat dosa, maka jawabnya :
kombinasi antara logic case-1 dan case-2 di span waktu kehidupan orang ybs.



NAMUN, ada lagi varian laen ... yakni case-3 : (predestinasi baru terjadi after the following event)
JIKA orang ybs (by his own will) pernah sekali dalam kehidupannya bertobat, menerima Yesus...
MAKA segala dosa dosa past-present-future orang ybs PASTI diampuni.

dari varian yang ini, [maka] dari logic [jika] di case-1 dan case-2 berupa :
MAKA Tuhan PASTI mengampuni orang tsb.

Masih di case-3, terkait yang [jika] di case-1, secara lebih detailnya :
MAKA Tuhan PASTI mengampuni orang yg telah membunuh tsb.
KARENA entah kapan, pokok setelahnya itu - Tuhan PASTI akan membuat orang ybs kembali bertobat.

Ada lagi variasi dari varian ini : (yakni yg [jika]nya di case-3) ...
MAKA segala dosa dosa lampau orang ybs diampuni,
dimana on the future org ybs PASTI tidak akan pernah berbuat dosa anymore s/d matinya.

variasi-nya lagi dari variasi diatas ....
MAKA segala dosa dosa lampau orang ybs diampuni,
dimana on the future org ybs PASTI tidak akan pernah berbuat dosa kuburan s/d matinya.



oh iya... ada lagi varian laen jika [jika]nya spt di case-1 (telah membunuh), maka [maka]nya berupa :
MAKA artinya orang ybs sebenernya sama sekali TIDAK (kalo bukan yg dipilih SBJ) dibikin bertobat oleh Tuhan .... BELUM (kalo orang yg dipilih SBJ) dibikin bertobat oleh Tuhan. Dengan kata lain, pengajuan [jika] di case-1 itu sendiri udah duluan salah.

Sementara itu, mengacu ke case-3, maka [MAKA]nya adalah :
MAKA orang ybs PURA PURA bertobat (by his own will). Dengan kata lain, pengajuan [jika] di case-3 itu sendiri udah duluan salah.

Semoga rama nangkep yg saya paparkan diatas.
 :cheesy: ;D :char11:
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: rama noor on June 07, 2018, 01:56:39 PM
@odading

berarti enak dunk orang yang telah dipilih Tuhan masuk surga SBJ. masalahnya adalah: darimana kita tahu bahwa kita telah dipilih Tuhan masuk surga SBJ?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: cadangdata on June 07, 2018, 10:06:03 PM
@odading

berarti enak dunk orang yang telah dipilih Tuhan masuk surga SBJ. masalahnya adalah: darimana kita tahu bahwa kita telah dipilih Tuhan masuk surga SBJ?

yang banyak kejadian adalah Orang yang SOK MERASA DIPILIH TUHAN...
padahal dia sendiri belum tahu apakah tuhan milih dia beneran...
yang penting ngotot aja... karena modalnya maksa Tuhan dengan dalih: "gw udah ngaku-ngaku percaya sama elo nih, Han.... elo enggak mungkin ingkar janji kan?... elo yang janji sendiri lho Han.."

salam
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: odading on June 07, 2018, 11:51:49 PM
@odading

berarti enak dunk orang yang telah dipilih Tuhan masuk surga SBJ.
Iya donk, enak  :afro:.

Quote
masalahnya adalah: darimana kita tahu bahwa kita telah dipilih Tuhan masuk surga SBJ?
Mudah. Dengerin/baca aja itu perkataan Tuhan sendiri di Alkitab... misal yang ini :

Even as he chose us in him before the foundation of the world, that we should be holy and blameless before him. In love he predestined us for adoption as sons through Jesus Christ, according to the purpose of his will

So... karena yang ngomong itu Tuhan sendiri- dimana SIAPAPUN pembacanya .... mao baru jadi pengikut Yesus kek - sudah lama kek - pokok pengikut Yesus, adalah [US] pada kalimat diatas, [YOU] pada kalimat dibawah ini : (Allah sendiri tulis surat)

Even as I choose you in him before the foundation of the world, that you should be holy and blameless before him. In love I predestined you for adoption as sons through Jesus Christ, according to the purpose of My will

So... semisal besok cuplis masuk kubu-B dan selanjutnya cuplis membaca kalimat ayat diatas - maka "you" disitu ya ditujukan oleh Allah ke cuplis.

Itu contohnya utk cuplis, pov jaman now.
Hal yang sama berlaku di pov jaman tsb, disaat bunyi kalimat tsb segera terdengar/terbaca (dalam hitungan span-waktu minutes to hours to days to months to a few years) oleh setiap anggota gereja2 purba saat itu.

Tapi mohon jangan lupa ya, itu diatas versi kubu-B.
Sementara versi kubu-A tidak mengartikan bhw kalimat ayat diatas itu sedang ditujukan ke per individu, melainkan Gereja as a whole, demikian seperti yang siip jelaskan.

Oops... saya OOT.
Mohon jangan diterusin pertanyaan-nya ke saya ya rama.
Nggak enak sama revoltzer krn threadnya jadi banyak post post yg OOT.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: odading on June 08, 2018, 12:10:19 AM
Apakah pengertian rasul?? Rasul itu hanya di zaman Yesus?

Ok sy duluan menjawab sendiri pakai studi bahasa dan nalar dan logika yg aku punya. Rasul itu menurut kamus adalah (baca KBBI):

1 orang yang menerima wahyu Tuhan untuk disampaikan kepada manusia: menurut Alquran, Muhammad adalah -- terakhir; 2 murid nabi Isa yang mula-mula menyiarkan agama Kristen;

Jadi, adakah rasul-rasul sekarang? jawabnya tidak ada..
IMO, tergantung pov time-frame-nya begimana dan isi Wahyu-nya begimana sehingga definisi "Rasul" itu sendiri bisa menjadi lebih luas lagi berangkat dari underlined di quote atas.

Quote
Di zaman sekarang ini yang paling mendekati fungsi kerasulan adalah seorang misionaris. Rasul itu adalah seperti Petrus, Yohanes, Yakobus dan lain-lain yg hidup bersama sekaligus adalah murid-murid langsung Tuhan Yesus.
Nah... dari bold keliatan terlibat time-frame kan ?

Jadi definisi Rasul yg underlined  melibatkan time-frame spt bold di quote atas. Sbb :

Rasul adalah orang2
1. yang hidup bersama sekaligus adalah murid-murid langsung Tuhan Yesus
DAN
2. yang menerima wahyu Tuhan

So, ada dua kondisi.
Abaikan kondisi yang kedua, pertanyaannya sudah duluan bisa diajukan dan sudah bisa langsung mempunyai jawaban.....

Q :
Adakah orang2 yang hidup bersama sekaligus adalah murid-murid langsung Tuhan Yesus sekarang ?

A :
Ora ono. Mereka udeh pade dud  :char11:

Quote
Setuju semuaaa??
Setuju dimananya nih ?
Setuju dijawabannya ? Ataukah setuju di definisi Rasul yg berupa ungu ?  :D
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Wiltu80 on June 12, 2018, 05:39:44 PM
@rama

pandangan sy soal keselamatan ini bisa dibaca2 disini

[url]http://berbagi-sharing.blogspot.com/2016/05/1-2-3-keselamatan.html[/url] ([url]http://berbagi-sharing.blogspot.com/2016/05/1-2-3-keselamatan.html[/url])


Tepat sekali seperti apa yang saudara Hen-hen katakan. Syukur kepada Allah karena Hen-hen telah mengajarkan pengajaran yang lurus.

Sebagai tambahan marilah kita lihat perumpamaan dalam Matius 22:1-14 yang diakhiri dengan kesimpulan :
Matius 22:14 Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih."

Panggilan = lambang kasih karunia Allah yang memangil semua manusia
Menanggapi = orang yang menanggapi panggilan Allah / orang beriman / orang Kristen
Dipilih = Orang Kristen yang selamat.

Jadi tidak semua orang Kristen selamat. Ada orang Kristen yang tidak selamat yaitu orang Kristen yang tidak berusaha melakukan kehendak Allah. Jadi kita tetap dituntut melakukan kehendak Allah walaupun tidak sempurna.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: HenHen on June 26, 2018, 01:41:39 PM
@odading

berarti enak dunk orang yang telah dipilih Tuhan masuk surga SBJ. masalahnya adalah: darimana kita tahu bahwa kita telah dipilih Tuhan masuk surga SBJ?

nah itulah yang pernah sy ungkapkan juga :)

baik yang percaya predestinasi model apapun, Agustunis, Calvin, Reformed, sebut aja smua
mereka gak akan pernah tahu siapa saja yang dipilih sama Tuhan

itu sebabnya sy omong ini cuma teori ngawang2 aja, gak applicable

prakteknya tetep kita "treat" semua orang itu sama
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Sotardugur Parreva on October 05, 2018, 04:20:42 PM
Sependek penangkapanku terhadap diskusi ini, mulai dari pengantar sampai kepada halaman ini, kutangkap:
1. Dengan dituliskan bahwa fungsi kerasulan tetap ada, dan tidak ada pikiran yang menyangkal tulisan seperti itu, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi kerasulan masih ada sampai kepada akhir zaman;
2. Dari berbagai pengemukaan pendapat di trit ini, tersimpulkan bahwa semua partisipan menyatakan bahwa rasul sekarang ini sudah tidak ada;
3. Menurut pendapatku, dengan adanya fungsi kerasulan, dengan adanya janji Kristus bahwa rasul akan senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman, maka, pelaksana fungsi kerasulan dapat dipandang sebagai penerus rasul.
Idealnya, dari penerus rasul itu, seharusnya dapat ditelusuri sampai kepada keduabelas rasul (Matias mengisi kerasulan Yudas Iskariot), bahkan sampai kepada rasul Paulus (yang tadinya bernama Saulus). Para penerus rasul itu (kalau ada dan bukan hanya sebagai klaim pribadi) idealnya dipandang sebagai pihak yang menjalankan fungsi kerasulan secara penuh (bukan hanya sebagian).

Salam damai.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: jamu on November 17, 2018, 08:28:10 PM
Tidak ada Nabi atau Rasul yang tidak diurapi dan dipilih oleh Tuhan,diluar itu yg ada Nabi atau Rasul palsu.

Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Sotardugur Parreva on November 17, 2018, 10:02:11 PM
Tidak ada Nabi atau Rasul yang tidak diurapi dan dipilih oleh Tuhan,diluar itu yg ada Nabi atau Rasul palsu.
Mekanisme pengurapan yang bagaimana yang @jamu pandang sebagai pengurapan oleh Tuhan?
Tidak cukupkah pemberian kewenangan mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Tuhan Yesus Kristus, ditambah penyertaan setiap saat sampai kepada kahir zaman?
Lalu, pemilihan Matias meneruskan kerasulan Yudas Iskariot, menurut @jamu, itu pengurapan oleh Tuhan atau bukan?

Sebelum Yesus Kristus naik ke sorga, Dia antara lain mengatakan:
Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu. (Yoh 14:18).
Menurut pendapatku, jika @jamu percaya pada perkataan Tuhan Yesus Kristus yang tercatat dalam Injil, maka @jamu percaya juga kepada Yoh 14:18 itu. Artinya, rasul disertai sampai kepada akhir zaman.

Jika diteruskan ke Yoh 14:25-26 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu ROH KUDUS, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu, menurut pendapatku, berdasar ayat-ayat itu, maka semua yang dilaksanakan rasul dalam membina jemaat, terdapat campur tangan Tuhan. Maka, siapa saja yang diurapi rasul dan penerusnya, itu sama saja dengan pengurapan oleh Tuhan. Itu jika percaya pada catatan Injil, sih.
Tiap orang, merdeka hendak percaya pada catatan Injil atopun tidak percaya.

Salam dmaai.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: jamu on November 19, 2018, 01:51:58 PM
Matius  7
7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.


Matius  24
24:11 Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.


Matius  24
24:24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.


Kisah Para Rasul  13
13:6 Mereka mengelilingi seluruh pulau itu sampai ke Pafos. Di situ mereka bertemu dengan seorang Yahudi bernama Baryesus. Ia seorang tukang sihir dan nabi palsu.


Markus  13
13:22 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat dengan maksud, sekiranya mungkin, menyesatkan orang-orang pilihan.


Lukas  6
6:26 Celakalah kamu, jika semua orang memuji kamu; karena secara demikian juga nenek moyang mereka telah memperlakukan nabi-nabi palsu."


II Petrus  2
2:1 Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.


I Yohanes  4
4:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Sotardugur Parreva on November 20, 2018, 05:12:10 PM
Entah apa maksud @jamu mengutipkan ayat-ayat itu. Kukomentari, ya?
Matius  7
7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
Setuju.
Maka, jika ada pihak yang megaku sebagai nabi atau jangankan nabi, katakanlah mendapat wangsit melalui mimpi, atau melalaui apapun dan menyatakan diri sebagai utusan Yesus kristus, apalagi ditambah dengan kutap-kutip ayat Alkitab, pengikut Kristus wajib menelisiknya, benarkah dia diutus Yesus Kristus atau bukan?
Sebelum Yesus Kristus naik ke sorga, Dia sudah memberikan amanat agar rasul mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Yesus Kristus, dan Yesus Kristus senantiasa menyertai rasul sampai kepada akhir zaman. Maka, jika ada pihak yang mengaku nabi, atau utusan Yesus kristus, atau diperintah menyampaikan pesan Yesus kristus, ditelisik saja siapa gurnya, siapa guru dari gurunya, siapa guru dari guru dari gurunya... dan seterusnya. Jika berakhir pada satu saja rasul Yesus Kristus, orang itu benar utusan Tuhan yang benar. Jika tidak berakhir pada rasul, orang itu termasuk serigala berbulu domba.

Matius  24
24:11 Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.
Menurut pendapatku, ini sedang dan sudah digenapi. Penggenapan itu akan terus berlangsung sampai kepada akhir zaman. Sampai di akhir zaman nanti, banyak orang yang teriak-teriak bahwa dirinya sudah bernubuat, mengusir setan, dan melakukan mujizat demi nama Yesus, namun Yesus Kristus mengenal mereka, dan Yesus akan mengenyahkan mereka.

Matius  24
24:24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.
Ya, berterima di pikiranku. Para nabi palsu itu akan berupaya dengan gigih, mengaku-aku bahwa pikirannya tentang Firman Tuhan lebih benar, maka para pihak yang silau dengan hal-hal duniawi, diupayakan membelot dari jalan Tuhan.

Kisah Para Rasul  13
13:6 Mereka mengelilingi seluruh pulau itu sampai ke Pafos. Di situ mereka bertemu dengan seorang Yahudi bernama Baryesus. Ia seorang tukang sihir dan nabi palsu.
Kupikir, ini sudah berlalu. Bagaimana pikiran @jamu hingga mengemukakan ayat ini?

Markus  13
13:22 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat dengan maksud, sekiranya mungkin, menyesatkan orang-orang pilihan.
Ini paralel dengan Mat 24:24 di atas.

Lukas  6
6:26 Celakalah kamu, jika semua orang memuji kamu; karena secara demikian juga nenek moyang mereka telah memperlakukan nabi-nabi palsu."
Ayat ini juga tidak kutemukan kaitannya dengan poin diskusi.

II Petrus  2
2:1 Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.
Kupikir, ayat ini memberi bahan penguji yang dimiliki tiap orang untuk menentukan sikap, setia kepada penerus rasul atau percaya dan memandang Tuhan Yesus memilih penyampai kabar dari Yesus Kristus setelah berabad-abad, padahal Yesus Kristus mengatakan bahwa rasul senantasa disertai sampai kepada akhir zaman.

I Yohanes  4
4:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.
Setuju.
Para pihak harus menentukan sikap, hendak percaya akan setiap roh, atau menggunakan nalar sehatnya, di mana Yesus Kristus sudah memberikan kewenangan mengajar kepada rasul yang senantiasa disertai sampai kepada akhir zmaan.

Salam damai.
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: jamu on November 23, 2018, 09:33:12 AM
Makanya harus kembali ke Bible untuk menguji ajaran Gereja bukan membabi buta mempercayai tradisi bikinan manusia yang banyak ngawurnya !
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Pencerah888 on November 24, 2018, 03:12:16 AM
Apakah pengertian rasul?? Rasul itu hanya di zaman Yesus?

Ok sy duluan menjawab sendiri pakai studi bahasa dan nalar dan logika yg aku punya. Rasul itu menurut kamus adalah (baca KBBI):

1 orang yang menerima wahyu Tuhan untuk disampaikan kepada manusia: menurut Alquran, Muhammad adalah -- terakhir; 2 murid nabi Isa yang mula-mula menyiarkan agama Kristen;

Jadi, adakah rasul-rasul sekarang? jawabnya tidak ada.. Di zaman sekarang ini yang paling mendekati fungsi kerasulan adalah seorang misionaris. Rasul itu adalah seperti Petrus, Yohanes, Yakobus dan lain-lain yg hidup bersama sekaligus adalah murid-murid langsung Tuhan Yesus.

Setuju semuaaa??  :) Silakan mungkin bawahku lebih tau.. :D

Apakah Rasul itu ?

Sebelum kedatangan Yesus, bangsa Israel memahami, bahwa setiap orang yg diutus oleh Allah, untuk menyampaikan perintah Allah, maka akan disebut nabi.

Kemudian, setelah kedatangan Yesus..maka setiap orang yg percaya kepada Yesus dan yg melakukan perintah Yesus, untuk mengabarkan Injil, maka orang itu akan disebut Rasul.

Jadi, perbedaan nabi dgn rasul adalah: nabi adalah sebutan untuk setiap orang, karena ia diutus Yehova, untuk menyampaikan perintah Yehova., sedangkan rasul adalah sebutan setiap orang, karena ia diutus Yesus, untuk menyampaikan berita Injil (kabar gembira).

Jadi, sebutan Rasul ditujukan untuk setiap orang yg memberitakan injil.

JBU
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: jamu on November 24, 2018, 10:59:22 AM
Nabi dan Rasul adalah mereka yg khusus dipilih Allah menjadi sumber penulisan wahyu Allah,karena wahyu Allah sudah berhenti diabad pertama maka tidak ada lagi jabatan Nabi dan Rasul kecuali Nabi atau Rasul palsu.

II Korintus  11:13 Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja-pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus.

Matius  7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: Pencerah888 on November 24, 2018, 10:46:27 PM
Nabi dan Rasul adalah mereka yg khusus dipilih Allah menjadi sumber penulisan wahyu Allah,karena wahyu Allah sudah berhenti diabad pertama maka tidak ada lagi jabatan Nabi dan Rasul kecuali Nabi atau Rasul palsu.

II Korintus  11:13 Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja-pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus.

Matius  7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

Tapi diayat2 yg anda kutip itu, tidak ada dikatakan, bahwa jabatan nabi dan rasul sudah berhenti, artinya .. anda cuma menafsirkan aja, bahwa jabatan nabi dan rasul sudah berhenti.

Jbu ..
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: odading on November 30, 2018, 11:35:02 PM
Tapi diayat2 yg anda kutip itu, tidak ada dikatakan, bahwa jabatan nabi dan rasul sudah berhenti, artinya .. anda cuma menafsirkan aja, bahwa jabatan nabi dan rasul sudah berhenti.
sependapat banget  :happy0062: :afro:
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: odading on December 01, 2018, 12:24:07 AM
Nabi dan Rasul adalah mereka yg khusus dipilih Allah menjadi sumber penulisan wahyu Allah,karena wahyu Allah sudah berhenti diabad pertama maka tidak ada lagi jabatan Nabi dan Rasul kecuali Nabi atau Rasul palsu.

II Korintus  11:13 Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja-pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus.

Matius  7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
jamu, dirimu nggak berasa bahwa kalimat ungumu itu meNIHILkan kalimat ayat diatas.

Mungkin dirimu nggak ngeh bhw kalimat ayat itu sudah duluan didalam logika sikon : [ada rasul/nabi - ada rasul/nabi yang palsu]. Wong kalimat itu sendiri udah duluan menggunakan kosakata rasul/nabi koook, begimana pula dirimu bilang [tidak akan ada nabi/rasul anymore]. Sementara padahal kalimat ayat menunjukkan "waspada karena ada yang palsu".

Versimu yg sbg Allah jadinya kayak gini....

jamu = Allah berfirman :
Karena sejak abad pertama nggak ada Nabi/Rasul anymore
Maka Aku tidak akan memberi Wahyu ke manusia anymore


kalimat ungu diatas otomatis menihilkan "waspada"....
mao ngapain waspada wong boro2 ada itu Nabi/Rasul, apalagi ada Nabi/Rasul yang palsu.

If there is no more X
then there won't be a statement "beware, X is fake".

Nangkep ?
Title: Re: Adakah Rasul-rasul Sekarang?
Post by: jamu on December 01, 2018, 05:07:23 PM
Tapi diayat2 yg anda kutip itu, tidak ada dikatakan, bahwa jabatan nabi dan rasul sudah berhenti, artinya .. anda cuma menafsirkan aja, bahwa jabatan nabi dan rasul sudah berhenti.

Jbu ..

Kalau menurut anda masih ada Nabi dan Rasul :

1.Siapa dia sekarang ?

2.Siapa yang mengangkatnya menjadi Nabi ?

3.Mana wahyu yang baru yg diberitakan Nabi itu ?

4.Kapan dia diangkat menjadi Nabi dan Rasul ?

5.Siapa yg mengurapi dia menjadi Nabi dan Rasul ?