ForumKristen.com

Iman Kristen => Pendalaman Alkitab => Started by: Siip on August 13, 2018, 11:24:44 AM

Title: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Siip on August 13, 2018, 11:24:44 AM
Perumpamaan mengenai Pokok Anggur adalah perumpamaan yang sangat indah dari Tuhan kita. Saya pribadi berpendapat salah satu perumpamaan yang dapat menjelaskan intisari Kekristenan adalah perumpamaan ini.
Belakangan saya tertarik kembali pada perumpamaan ini saat sedang bertukar pikiran dengan seorang kawan yang menganut radical-grace.

I have no problem with radical-grace concept, I myself live everyday embracing God's radical grace for me. Namun saat membahas pengajaran, marilah kita melihat Alkitab secara proporsional dan kontekstual.

Yoh 15:1-6
Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.
Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. 
Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.

------

Marilah kita coba lihat praktek perangguran di timur tengah.
Pada bulan februari sampai pertengahan maret, Vinedresser (pengurus kebun anggur) akan melakukan 3 hal:

1. Mencari cabang/ranting yang sudah melekat dari musim lalu tetapi tidak berbuah (fruitless branch)
 
Vinedresser akan membersihkan pohon anggur dengan cara memotong dan membuang cabang/ranting yang tidak berbuah pada musim lalu.
Cabang/ranting ini sudah coba dipelihara sepanjang musim tetapi gagal berbuah.
Cabang/ranting ini dipotong dengan tujuan agar sari makanan dapat dimanfaatkan oleh cabang-cabang lainnya.

Praktek Ini digambarkan oleh ayat 6.
Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar (ballo exo=cast away) seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.

2. Mencari cabang/ranting yang berbuah. Cabang/ranting ini lalu di prune (dibersihkan/dikerat)

Cabang-cabang yang sudah berbuah ini dibersihkan/dikerat (pruning) dengan tujuan supaya berbuah lebih banyak.

Ini digambarkan oleh ayat 2.
setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya (kathairo), supaya ia lebih banyak berbuah

3. Mencari cabang/ranting yang baru

Cabang/ranting ini belum berbuah karena memang masih belum waktunya. Cabang/ranting ini kemudian diangkat (airo) dan diletakkan ke atas agar mendapat sinar matahari lebih.

Ini digambarkan oleh ayat 2.
Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya (airo=bisa berarti dipotong, bisa juga berarti diangkat - namun mengingat konteks praktek mengurus anggur, maka airo sepertinya lebih pas)

Di musim depannya, vinedresser akan melakukan siklus serupa.
Cabang/ranting jenis 2 dan 3 yang tidak berbuah di musim depan akan dipotong, cabang/ranting yang berbuah akan dibersihkan, cabang/ranting yang baru akan diangkat.

Praktek yang terjadi pada cabang/ranting yang dibuang mengingatkan kita pada perumpamaan pohon ara yang ditebang sesudah 1 tahun diperlihara namun tidak berbuah.

Luk 13:9
mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia!

---------
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Siip on August 13, 2018, 11:25:47 AM
Marilah kita bahas beberapa aspek dari perumpamaan yang luar biasa ini.

1. Bapa adalah Pengusaha dari pohon anggur, Tuhan Yesus adalah pokok anggurnya

Inilah yang menurut saya esensial.
Intisari dari kehidupan Kekristenan kita adalah Pribadi Allah itu sendiri.

Kita kadang bisa terjebak menukar/menggantikan Pribadi Allah dengan aktivitas rohani, sebut saja misalnya pelayanan gereja, pertemuan gereja, kegiatan sosial, rutinitas rohani, pemberian persembahan, dan sejenisnya.

Mungkin ada orang yang hatinya merasa sudah lega karena ia rutin datang ke Gereja, mungkin ada orang yang hati nuraninya merasa nyaman ketika ia selalu memberi persembahan, mungkin juga ada orang yang mengukur kerohaniannya dengan ukuran banyaknya pasal Alkitab yang ia baca setiap pagi, atau mungkin ada orang yang merasa Allah berkenan padanya jika ia sudah berdoa minimal 1 jam.

Semua itu baik, Kawan.
Tapi semua itu adalah buah dari hubungan kita dengan Tuhan.

Jika kita melakukan semua aktivitas namun hubungan pribadi dengan Tuhan justru minim, maka yang kita sebut 'buah' itu jangan-jangan adalah kedagingan di mata Tuhan.

Mrk 7:6
Jawab-Nya kepada mereka: "Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu, hai orang-orang munafik! Sebab ada tertulis: Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku

Kawan, semua orang bahkan orang non-Kristen bisa rutin ke Gereja, bisa rajin persembahan, bisa baca banyak pasal Alkitab dan bisa tahan berdoa hingga sejam, tapi tidak semua orang dapat tekun membangun hubungan pribadi dengan Tuhan.

Mungkin saja ada orang yang secara tidak sadar menggantikan 'Pribadi Tuhan' dengan 'huruf-huruf Alkitab'. Itulah pola kerohanian pada Perjanjian Lama: Tuhan itu jauh, sukar didekati, mengurapi hanya orang tertentu, maka orang awam harus rajin ke sinagog, menjalankan perintah rutin agama dan mendengar Taurat dibacakan setiap minggu.

Pada masa Perjanjian Lama, kerohanian diukur dari aktivitas, bukan dari hubungan.
Ketika Tuhan sendiri datang menjumpai para agamawan, mereka berusaha menilai Kristus berdasarkan aktivitas keagamaan dan ternyata Kristus gagal lulus ujian di mata mereka!

Tuhan tidak bisa digantikan oleh Alkitab.
Tuhan penting, Alkitab juga penting.

Alkitab adalah kumpulan ucapan/pengajaran dari Tuhan di masa lalu. Mempelajari Alkitab membuat kita memahami jalan pikiran, prinsip-prinsip dan keinginan Tuhan,
Namun ketika menghadapi kehidupan nyata di masa kini dan masa depan, maka kita butuh berjalan bersama ROH KUDUS, mendengar ucapan Dia sekarang, real time.

Alkitab itu seperti kumpulan senjata ampuh yang siap digunakan, tapi tetap kita butuh petunjuk seorang Master untuk mengenali senjata mana yang cocok digunakan sekarang menghadapi musuh masa kini.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Siip on August 13, 2018, 11:26:31 AM
2. Kita berbuah karena menerima kehidupan dari Tuhan Yesus Kristus

Mungkin di antara kita ada yang memiliki kekhawatiran dan bertanya-tanya: Apakah saya sudah selamat? Bagaimana sih rumusnya supaya selamat?
Lalu orang itu bertanya kesana kemari dan mendapat jawaban:
Untuk selamat, maka kita harus melakukan ini, itu, begini, begitu, di sini, di situ.

Apakah demikian?
Menurut perumpamaan ini, agar tidak dibuang ke luar maka orang Kristen wajib berbuah.
Wajib lho. Pohon anggur diciptakan untuk berbuah. Sudah kodratnya begitu.

Beberapa orang mungkin jadi takut tidak berbuah. Mengintrospeksi dirinya apakah sudah berbuah dan hasil introspeksinya adalah saya masih kurang banyak berbuah. Lalu dia merasa takut dan mencoba semakin banyak berbuah. Lama-lama dia merasa lelah, semakin ingin berbuah semakin terasa kurang banyak. Selanjutnya ia mulai meragukan keselamatannya dan dihinggapi rasa bersalah.

Kawan, fokusnya bukan di situ.
Fokus kita bukan 'bagaimana berbuah' melainkan 'seberapa dekat kita denganNya'.
Semakin kita dekat denganNya dan mengenalNya, maka semakin kita berbuah dengan alamiah.

Berbuah itu kodratnya pohon anggur. Berbuah itu tidak dipaksa-paksa. Yang perlu dikejar adalah hubungan pribadi dengan pokok anggur itu.

Ayat 4
Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku

Saya setuju dengan pandangan radical-grace bahwa berbuah itu terjadi dengan sendirinya dan adalah usaha Tuhan, bukan usaha kerja keras manusia.
Bagian manusia adalah tinggal melekat kepadaNya, berinteraksi denganNya dan menerima kehidupan dari Dia.

Yes, berinteraksi dengan Tuhan itu sepertinya sangat abstrak apalagi Tuhan itu tidak kelihatan. Bukankah bosan duduk sendiri di ruangan berbicara kepada sosok yang tidak kelihatan, Kata-kata kita lenyap ditelan kesunyian dan bunyi suara kita membentur tembok?

Yes memang begitulah pada awalnya.
Jauh lebih enak aktivitas, ada aksi di situ, ada interaksi dengan orang lain --plus di beberapa kasus ada juga pujian manusia--.

Saya dahulu mengalami itu, Kawan.
Berdoa itu tidak menyenangkan karena tidak ada timbal-baliknya, badan rasanya mau keluar ruangan saja. Tapi itu awalnya saja, Kawan. Lama-kelamaan, bisa lama bisa cepat tiada yang tau, telinga rohani kita diperkuat, hati kita makin peka dan tanpa disadari kita mulai mengenali suara Tuhan yang halus, kita mulai mengenal kesukaan Tuhan, hati kita bereaksi saat menemukan sesuatu yang diinginkanNya dan tidak diinginkanNya.
Itu semua seiring waktu dan ketekunan. Fokus utama kita ada pada hubungan pribadi dengan Tuhan sembari kita memperdalam Alkitab, mengerjakan aktivitas rohani dan bekerja di ladang sekuler.

Dari hubungan pribadi ini maka kita berbuah dengan benar, bukan buah kedagingan.

Kedagingan membuat kita menjauh dari Tuhan karena merasa lelah, kebenaran justru membuat kita semakin mendekat kepadaNya sekalipun kita merasa tidak mampu.

Berbuah itu alamiah dan merupakan pekerjaan dari pengusaha.
Jika Sang Pengusaha melihat bahwa cabang/ranting belum berbuah, maka cabang/ranting itu akan diprioritaskan untuk memperoleh cahaya matahari, bukan menuduh-nuduh/memarahi/mencela cabang/ranting tersebut.
Inilah kasih karunia Tuhan.

Saya hendak mendorong agar kita menghindari pembanding-bandingan diri dengan standar/ukuran orang lain maupun dengan standar/ukuran yang kita buat-buat sendiri. Inilah yang dapat membuat kita merasa bersalah, minder dan berbeban berat.

Tuhanlah pengusaha dan pengukurnya, Dia tahu kapan dan bagaimana caranya agar kita berbuah secara alamiah.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Siip on August 13, 2018, 11:26:42 AM
3. Ada pemotongan

Mohon maaf kepada Kawan-kawan radical-grace. Nas ini tidak membuang sama sekali kemungkinan terjadinya pemotongan, yaitu mereka yang dibuang ke luar oleh Tuhan karena tidak berbuah.

Pemotongan itu tetap ada dan dilakukan bagi cabang/ranting yang sudah waktunya berbuah namun tidak berbuah.
Yang tahu waktunya itu siapa? Bukan kita tetapi Tuhan.

Mengapa bisa tidak berbuah? Karena tidak menerima aliran kehidupan dari pokok atau alirannya tersumbat.

Jika sudah dipotong apakah bisa dikembalikan?
Masih bisa, Kawan.
Tuhan berkuasa mencangkokkannya kembali.

Mengapa pada saat itu Tuhan Yesus tiba-tiba bicara tentang pemotongan?
Karena perumpamaan ini mengandung konteks spesifik.

Dalam konteks spesifik perumpamaan tersebut, fruitless branch mngacu secara khusus pada Yudas. Yudas sudah diberi kesempatan bersama-sama Tuhan sekian lama tetapi tidak berbuah. Sudah tiba saatnya bagi Yudas untuk dibuang ke luar.
Pada saat perumpamaan ini disampaikan, Yudas sudah pergi. Tuhan Yesus menyuruh dia pergi. Yudas lalu kerasukan Iblis dan mengkhianati Tuhan.
Ke-11 rasul yang lain tetap di sana mendengarkan Tuhan. Tuhan lalu menyampaikan pemotongan ini sehingga kelak mereka mengingat bahwa fruitless branch yang dibuang ke luar adalah Yudas Iskariot.

Kepada para rasul yang lainnya, Tuhan mengatakan bahwa mereka akan diangkat lalu dibersihkan agar berbuah lebih banyak.

---------

Dari sini juga saya personally belajar tentang relasi antara pengajaran dan keimanan.
Secara pengajaran, kita sampaikan proporsional. Keadaan dipaparkan sebisa mungkin apa adanya.
Ada pemotongan, ada pengangkatan, ada pengeratan, ada berbuah.

Namun saat menyampaikan pesan kepada individu, maka kita berikan pesan yang dapat menghibur dan menguatkan.

Di situ Tuhan Yesus berbicara kepada 11 Rasul yg hadir:
Ya, ada pemotongan, Yudas, yang adalah bagian dari kita, dipotong; namun kalian semua tidak. Kalian semua akan dibersihkan dan berbuah banyak.

Secara keimanan, kita semua harus sadar bahwa Tuhan telah menyelamatkan dan pasti menyempurnakan kita.

Tuhan Yesus memberkati.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: HenHen on August 13, 2018, 12:26:31 PM
wkwkwkwk

sampe dipertegas ;D
takut disalah artikan lagi ya?

tar Aleph baca2 ini juga digiring ke OSAS nih, liat aja
wkwkwkw

gpp Leph
catet nih ya : GPP
u mau stuju ato tidak, punya pandangan beda ato tidak, SILAHKAN
ga ada yang ngelarang, ga ada yang maksa
EGP
kita semua merdeka kok

asal u melakukannya jangan strawman aja ;D ;D
jangan bilang tar tuh om Siip sudah sarankan OSAS dan pasif aja

wkwkwkwkwwkwkwk ;D
siang2 udah sakit perut ngakak drtd
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on August 13, 2018, 02:13:40 PM
wkwkwkwk

sampe dipertegas ;D
takut disalah artikan lagi ya?

tar Aleph baca2 ini juga digiring ke OSAS nih, liat aja
wkwkwkw

gpp Leph
catet nih ya : GPP
u mau stuju ato tidak, punya pandangan beda ato tidak, SILAHKAN
ga ada yang ngelarang, ga ada yang maksa
EGP
kita semua merdeka kok

asal u melakukannya jangan strawman aja ;D ;D
jangan bilang tar tuh om Siip sudah sarankan OSAS dan pasif aja

wkwkwkwkwwkwkwk ;D
siang2 udah sakit perut ngakak drtd
Jadi nurut om Siip, keselamatan bisa hilang ya?

 :D :D
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Wiltu80 on August 13, 2018, 03:24:22 PM

Jika sudah dipotong apakah bisa dikembalikan?
Masih bisa, Kawan.
Tuhan berkuasa mencangkokkannya kembali.

Cabang yang dipotong ini sepeti orang Kristen yang keluar agama Kristen menjadi atheis atau masuk agama lain.  Orang yang dicangkokkan kembali ini seperti orang yang meninggalkan Kekristenan lalu menjadi penganut Kristen kembali.

Hal ini sesuai dengan yang dikatakan Paulus dalam

Roma 11:20-24
11:20 Baiklah! Mereka dipatahkan karena ketidakpercayaan mereka, dan kamu tegak tercacak karena iman. Janganlah kamu sombong, tetapi takutlah!
11:21 Sebab kalau Allah tidak menyayangkan cabang-cabang asli, Ia juga tidak akan menyayangkan kamu.
11:22 Sebab itu perhatikanlah kemurahan Allah dan juga kekerasan-Nya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu kemurahan-Nya, yaitu jika kamu tetap dalam kemurahan-Nya; jika tidak, kamupun akan dipotong juga.
11:23 Tetapi merekapun akan dicangkokkan kembali, jika mereka tidak tetap dalam ketidakpercayaan mereka, sebab Allah berkuasa untuk mencangkokkan mereka kembali.
11:24 Sebab jika kamu telah dipotong sebagai cabang dari pohon zaitun liar, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon zaitun sejati, terlebih lagi mereka ini, yang menurut asal mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri.

Saran saya tidak perlu khawatir/ sungkan menyampaikan hal ini karena anda menyampaikan kebenaran sehingga semua orang mengenal kebenaran.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on August 14, 2018, 04:47:43 PM
wkwkwkwk

sampe dipertegas ;D
takut disalah artikan lagi ya?

tar Aleph baca2 ini juga digiring ke OSAS nih, liat aja
wkwkwkw

gpp Leph
catet nih ya : GPP
u mau stuju ato tidak, punya pandangan beda ato tidak, SILAHKAN
ga ada yang ngelarang, ga ada yang maksa
EGP
kita semua merdeka kok

asal u melakukannya jangan strawman aja ;D ;D
jangan bilang tar tuh om Siip sudah sarankan OSAS dan pasif aja

wkwkwkwkwwkwkwk ;D
siang2 udah sakit perut ngakak drtd
hmmm......
 ;D ;D
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: ronny_het on August 20, 2018, 02:45:04 PM
3. Ada pemotongan

Mohon maaf kepada Kawan-kawan radical-grace. Nas ini tidak membuang sama sekali kemungkinan terjadinya pemotongan, yaitu mereka yang dibuang ke luar oleh Tuhan karena tidak berbuah.

Pemotongan itu tetap ada dan dilakukan bagi cabang/ranting yang sudah waktunya berbuah namun tidak berbuah.
Yang tahu waktunya itu siapa? Bukan kita tetapi Tuhan.

Mengapa bisa tidak berbuah? Karena tidak menerima aliran kehidupan dari pokok atau alirannya tersumbat.

Jika sudah dipotong apakah bisa dikembalikan?
Masih bisa, Kawan.
Tuhan berkuasa mencangkokkannya kembali.

Mengapa pada saat itu Tuhan Yesus tiba-tiba bicara tentang pemotongan?
Karena perumpamaan ini mengandung konteks spesifik.

Dalam konteks spesifik perumpamaan tersebut, fruitless branch mngacu secara khusus pada Yudas. Yudas sudah diberi kesempatan bersama-sama Tuhan sekian lama tetapi tidak berbuah. Sudah tiba saatnya bagi Yudas untuk dibuang ke luar.
Pada saat perumpamaan ini disampaikan, Yudas sudah pergi. Tuhan Yesus menyuruh dia pergi. Yudas lalu kerasukan Iblis dan mengkhianati Tuhan.
Ke-11 rasul yang lain tetap di sana mendengarkan Tuhan. Tuhan lalu menyampaikan pemotongan ini sehingga kelak mereka mengingat bahwa fruitless branch yang dibuang ke luar adalah Yudas Iskariot.

Kepada para rasul yang lainnya, Tuhan mengatakan bahwa mereka akan diangkat lalu dibersihkan agar berbuah lebih banyak.

---------

Dari sini juga saya personally belajar tentang relasi antara pengajaran dan keimanan.
Secara pengajaran, kita sampaikan proporsional. Keadaan dipaparkan sebisa mungkin apa adanya.
Ada pemotongan, ada pengangkatan, ada pengeratan, ada berbuah.

Namun saat menyampaikan pesan kepada individu, maka kita berikan pesan yang dapat menghibur dan menguatkan.

Di situ Tuhan Yesus berbicara kepada 11 Rasul yg hadir:
Ya, ada pemotongan, Yudas, yang adalah bagian dari kita, dipotong; namun kalian semua tidak. Kalian semua akan dibersihkan dan berbuah banyak.

Secara keimanan, kita semua harus sadar bahwa Tuhan telah menyelamatkan dan pasti menyempurnakan kita.

Tuhan Yesus memberkati.
:afro: Bener Bro...Fokus...fokus dan terus fokus hanya pada-Nya...percaya, rendahkan hati, berusaha kosongkan pikiran kita dari ukuran" teori dunia...minta Hikmat-Nya terus menerus...setelah mengerti...lakukan itu dalam kehidupan kita sehari sambil terus meminta kekuatan dari-Nya agar kita senantiasa dapat tetap berjalan hanya di dalam Kehendak-Nya saja....

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Krispus on September 10, 2018, 04:54:45 PM
3. Ada pemotongan

Mohon maaf kepada Kawan-kawan radical-grace. Nas ini tidak membuang sama sekali kemungkinan terjadinya pemotongan, yaitu mereka yang dibuang ke luar oleh Tuhan karena tidak berbuah.

Pemotongan itu tetap ada dan dilakukan bagi cabang/ranting yang sudah waktunya berbuah namun tidak berbuah.
Yang tahu waktunya itu siapa? Bukan kita tetapi Tuhan.

[cut...]

Secara keimanan, kita semua harus sadar bahwa Tuhan telah menyelamatkan dan pasti menyempurnakan kita.

Tuhan Yesus memberkati.

Menurut saya Alkitab telah jelas dan jujur menyampaikan pikiran, ide dan kehendak Allah kepada kita.

Walaupun ada pemotongan, tetapi dalam perumpamaan lain dikisahkan tentang pembelaan dimana pohon ara dikebun angggur yang tidak berbuah itu tidak serta merta langsung dipotong tetapi diberi kesempatan untuk berbuah dengan usaha keras dari pengelola dan perawat kebun untuk membuat pohon ara di kebun anggur tersebut menghasilkan buah.

Dosa yang membuat kita takut akan berita Injil Kerajaan Allah yang ternyata didalamnya juga menceritakan tentang bangsa Israel yang setelah ditebus dari perbudakan Mesir ternyata ditolak Allah untuk masuk ke negeri perjanjian dan harus mati di padang gurun. Perjalanan hidup kita menuju ngeri yang dijanjikan-Nya memang penuh tentangan dan bahaya, namun tidak pernah kita baca Allah tidak menyertai sepanjang perjalanan tesebut. Semua tergantung kepada kehendak bebas kita, baik saat mereka memutuskan menoreh darah domba di ambang pintu, maupun ketaatannya sepanjang perjalanannya di padang gurun menuju negeri yang dijanjikan-Nya. Kita semua telah menerima pengampunan oleh darah-Nya, dan saat ini kita masih hidup dan dalam perjalanan menuju ngeri yang kekal kita dituntut untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah. Bukan dengan mentaati perintah jasmani dalam teks-teks Taurat tetapi mentaati hukum Allah yang ditaruh Roh Allah dalam hati kita untuk kita lakukan, yaitu Taurat yang telah disingkapkan oleh Kristus. Jangan membunuh, kita bukan saja tidak membunuh tetapi juga tidak membenci sesama kita dan Allah ingin kita hidup di dalam-Nya (Firman).
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: HenHen on September 11, 2018, 10:20:58 AM
betul diberikan kesempatan untuk berbuah
kalau tahun depan tidak berbuah, maka dipotong juga tuh :)
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 11, 2018, 10:34:30 AM
Perhatikan perumpamaannya baik-baik. Jangan asal ngawur. Pelajari apa yang digambarkan sebagai pohon anggur dan pohon ara.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: ronny_het on September 11, 2018, 11:15:13 AM
Perumpamaan mengenai Pokok Anggur adalah perumpamaan yang sangat indah dari Tuhan kita. Saya pribadi berpendapat salah satu perumpamaan yang dapat menjelaskan intisari Kekristenan adalah perumpamaan ini.
Belakangan saya tertarik kembali pada perumpamaan ini saat sedang bertukar pikiran dengan seorang kawan yang menganut radical-grace.

I have no problem with radical-grace concept, I myself live everyday embracing God's radical grace for me. Namun saat membahas pengajaran, marilah kita melihat Alkitab secara proporsional dan kontekstual.

Yoh 15:1-6
Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.
Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. 
Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.

------

Marilah kita coba lihat praktek perangguran di timur tengah.
Pada bulan februari sampai pertengahan maret, Vinedresser (pengurus kebun anggur) akan melakukan 3 hal:

1. Mencari cabang/ranting yang sudah melekat dari musim lalu tetapi tidak berbuah (fruitless branch)
 
Vinedresser akan membersihkan pohon anggur dengan cara memotong dan membuang cabang/ranting yang tidak berbuah pada musim lalu.
Cabang/ranting ini sudah coba dipelihara sepanjang musim tetapi gagal berbuah.
Cabang/ranting ini dipotong dengan tujuan agar sari makanan dapat dimanfaatkan oleh cabang-cabang lainnya.

Praktek Ini digambarkan oleh ayat 6.
Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar (ballo exo=cast away) seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.

2. Mencari cabang/ranting yang berbuah. Cabang/ranting ini lalu di prune (dibersihkan/dikerat)

Cabang-cabang yang sudah berbuah ini dibersihkan/dikerat (pruning) dengan tujuan supaya berbuah lebih banyak.

Ini digambarkan oleh ayat 2.
setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya (kathairo), supaya ia lebih banyak berbuah

3. Mencari cabang/ranting yang baru

Cabang/ranting ini belum berbuah karena memang masih belum waktunya. Cabang/ranting ini kemudian diangkat (airo) dan diletakkan ke atas agar mendapat sinar matahari lebih.

Ini digambarkan oleh ayat 2.
Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya (airo=bisa berarti dipotong, bisa juga berarti diangkat - namun mengingat konteks praktek mengurus anggur, maka airo sepertinya lebih pas)

Di musim depannya, vinedresser akan melakukan siklus serupa.
Cabang/ranting jenis 2 dan 3 yang tidak berbuah di musim depan akan dipotong, cabang/ranting yang berbuah akan dibersihkan, cabang/ranting yang baru akan diangkat.

Praktek yang terjadi pada cabang/ranting yang dibuang mengingatkan kita pada perumpamaan pohon ara yang ditebang sesudah 1 tahun diperlihara namun tidak berbuah.

Luk 13:9
mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia!

---------
Percaya penuh, berserah penuh dan bergantung sepenuhnya hanya kepada-Nya selamanya...karena DIA senantiasa Maha Kuasa, Maha Pemurah dan Maha Pengasih...Amin...
Bukti dari Percaya penuh adalah senantiasa Bersyukur dan bersuka cita dalam segala keadaan dan sering berterima kasih kepada-Nya setiap saat...(Aneh ya...tapi kalau kita sudah bisa melakukan hal seperti ini...ga usah heranlah jika terjadi Mujizat karena Kasih dan Kemurahan-Nya yang abadi...kenapa bisa terjadi hal itu ? Karena DIA telah tahu bahwa kita memang Percaya penuh pada-Nya/bukan hanya di mulut saja, maka DIA tidak segan" melimpahkan Berkat-Nya kepada kita)...Saya sedikit banyak sudah pernah mengalami hal ini....

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Sotardugur Parreva on September 11, 2018, 11:34:34 AM
...

Dosa yang membuat kita takut akan berita Injil Kerajaan Allah yang ternyata didalamnya juga menceritakan tentang bangsa Israel yang setelah ditebus dari perbudakan Mesir ternyata ditolak Allah untuk masuk ke negeri perjanjian dan harus mati di padang gurun. Perjalanan hidup kita menuju ngeri yang dijanjikan-Nya memang penuh tentangan dan bahaya, namun tidak pernah kita baca Allah tidak menyertai sepanjang perjalanan tesebut. Semua tergantung kepada kehendak bebas kita, baik saat mereka memutuskan menoreh darah domba di ambang pintu, maupun ketaatannya sepanjang perjalanannya di padang gurun menuju negeri yang dijanjikan-Nya. Kita semua telah menerima pengampunan oleh darah-Nya, dan saat ini kita masih hidup dan dalam perjalanan menuju ngeri yang kekal kita dituntut untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah. Bukan dengan mentaati perintah jasmani dalam teks-teks Taurat tetapi mentaati hukum Allah yang ditaruh Roh Allah dalam hati kita untuk kita lakukan, yaitu Taurat yang telah disingkapkan oleh Kristus. Jangan membunuh, kita bukan saja tidak membunuh tetapi juga tidak membenci sesama kita dan Allah ingin kita hidup di dalam-Nya (Firman).
Terima kasih.
Dengan mencermati tulisan @Krispus ini, @Sotardugur Parreva dan idealnya, semua orang yang menggunakana nalar secara sehat, harusnya mengerti bahwa keselamatan bisa hilang. Bukan sekali selamat selamanya selamat.
Perjanlanan Bangsa Israel keluar dari Mesir, telah menceritakannya dengan baik.
Ketika bangsa itu patuh, taat, ihklas menorehkan darah anak domba di pintu rumahnya, mereka diselamatkan dari kunjungan malaikat maut.
Ketika bangsa itu mangkir berbakti kepada Allah, malah membuat lembu emas tuangan sebagai sesembahan, tidak seorangpun yang lahir di Mesir ditibakan di tanah terjanji, ketidaktibaan di tanah terjanji itu kuartikan sebagai tidak selamat.

Maka dari situ, menurut pendapatku, pengikut Kristus harus menolak konsep, atau prinsip, atau doktrin, atau apapun namanya sekali selamat tetap selamat.

Salam damai.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 11, 2018, 12:39:25 PM
Terima kasih.
Dengan mencermati tulisan @Krispus ini, @Sotardugur Parreva dan idealnya, semua orang yang menggunakana nalar secara sehat, harusnya mengerti bahwa keselamatan bisa hilang. Bukan sekali selamat selamanya selamat.
Perjanlanan Bangsa Israel keluar dari Mesir, telah menceritakannya dengan baik.
Ketika bangsa itu patuh, taat, ihklas menorehkan darah anak domba di pintu rumahnya, mereka diselamatkan dari kunjungan malaikat maut.
Ketika bangsa itu mangkir berbakti kepada Allah, malah membuat lembu emas tuangan sebagai sesembahan, tidak seorangpun yang lahir di Mesir ditibakan di tanah terjanji, ketidaktibaan di tanah terjanji itu kuartikan sebagai tidak selamat.

Maka dari situ, menurut pendapatku, pengikut Kristus harus menolak konsep, atau prinsip, atau doktrin, atau apapun namanya sekali selamat tetap selamat.

Salam damai.
Darah Kristus disamakan dengan darah kambing domba?
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Sotardugur Parreva on September 11, 2018, 11:57:10 PM
Terima kasih.
Dengan mencermati tulisan @Krispus ini, @Sotardugur Parreva dan idealnya, semua orang yang menggunakana nalar secara sehat, harusnya mengerti bahwa keselamatan bisa hilang. Bukan sekali selamat selamanya selamat.
Perjanlanan Bangsa Israel keluar dari Mesir, telah menceritakannya dengan baik.
Ketika bangsa itu patuh, taat, ihklas menorehkan darah anak domba di pintu rumahnya, mereka diselamatkan dari kunjungan malaikat maut.
Ketika bangsa itu mangkir berbakti kepada Allah, malah membuat lembu emas tuangan sebagai sesembahan, tidak seorangpun yang lahir di Mesir ditibakan di tanah terjanji, ketidaktibaan di tanah terjanji itu kuartikan sebagai tidak selamat.

Maka dari situ, menurut pendapatku, pengikut Kristus harus menolak konsep, atau prinsip, atau doktrin, atau apapun namanya sekali selamat tetap selamat.

Salam damai.
Darah Kristus disamakan dengan darah kambing domba?
Pihak mana yang menyamakan darah Kristus dengan darah kambing domba sehingga @alephtav menanyakan "Darah Kristus disamakan dengan darah kambing domba"?
Disimbolkan, mungkin.
Kalo disamakan, belum kutemukan ada penyamaan darah Kristus dengan darah domba, apalagi darah kambing domba.

Salam damai.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: HenHen on September 17, 2018, 11:32:29 AM
pada akhirnya yang menyelamatkan bangsa Israel di padang gurun itu adalah darah Kristus kok
bukan darah kambing domba

itu simbol, pada akhirnya iman kepada darah itulah yang diperhitungkan, dan darah yang menyelamatkan itu tetap darah Kristus, bukan darah binatang

ngaco itu kalo dibilang darah kambing yang menyelamatkan
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on September 17, 2018, 11:49:36 AM
pada akhirnya yang menyelamatkan bangsa Israel di padang gurun itu adalah darah Kristus kok
bukan darah kambing domba

itu simbol, pada akhirnya iman kepada darah itulah yang diperhitungkan, dan darah yang menyelamatkan itu tetap darah Kristus, bukan darah binatang

ngaco itu kalo dibilang darah kambing yang menyelamatkan

eaaaa.....

habis ini ada yg komen ttg "simbol" gak yaaaaaaa

sy melipir dulu aaahh...
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 17, 2018, 01:04:25 PM
pada akhirnya yang menyelamatkan bangsa Israel di padang gurun itu adalah darah Kristus kok
bukan darah kambing domba

itu simbol, pada akhirnya iman kepada darah itulah yang diperhitungkan, dan darah yang menyelamatkan itu tetap darah Kristus, bukan darah binatang

ngaco itu kalo dibilang darah kambing yang menyelamatkan
PADA AKHIRNYA memang darah Yesus yang menyelamatkan.
Tapi PADA WAKTU ITU, zaman bangsa Israel, mereka tidak dapat beriman kepada darah Kristus yang tercurah di kayu salib, karena memang darah Kristus belum tercurah.

Bangsa Israel waktu itu ada di bawah perjanjian berdasarkan taurat dimana mereka harus menyembelih kambing domba setiap kali.

Di Ibrani 10, itu sangat jelas tertulis. Kenapa gak ngikutin aja apa yang tertulis. Kenapa harus ngarang-ngarang sendiri?
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: HenHen on September 17, 2018, 01:13:37 PM
ya ujung2nya mereka itu diselamatkan oleh darah Yesus bukan darah kambing

itu intinya

pada waktu itu mereka beriman kepada darah, itu yang diperhitungkan Tuhan sampai kepada korban yang sempurna itu tiba

mau mereka ada dalam perjanjian taurat sekalipun, yang menyelamatkan tetap iman kepada darah, yang pada akhirnya disempurnakan Yesus

so mau dikatakan PADA WAKTU ITU, juga tetap aja UJUNG2NYA darah Yesus yang menyelamatkan mereka

orang yang mau ngutak ngatik beginian hanya karena doktrin aja
PL ga OSAS
PB OSAS

gitu aja udah
smua juga udah tau ;D ;D
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 17, 2018, 01:25:39 PM
ya ujung2nya mereka itu diselamatkan oleh darah Yesus bukan darah kambing

itu intinya

pada waktu itu mereka beriman kepada darah, itu yang diperhitungkan Tuhan sampai kepada korban yang sempurna itu tiba

mau mereka ada dalam perjanjian taurat sekalipun, yang menyelamatkan tetap iman kepada darah, yang pada akhirnya disempurnakan Yesus

so mau dikatakan PADA WAKTU ITU, juga tetap aja UJUNG2NYA darah Yesus yang menyelamatkan mereka

orang yang mau ngutak ngatik beginian hanya karena doktrin aja
PL ga OSAS
PB OSAS

gitu aja udah
smua juga udah tau ;D ;D
Enak banget ya, model mikirnya, cuma asal ngotot.
Ayat kagak dibaca, modal ngotot doang.

Ini saya kutipin ayatnya untuk direnungkan:

10:18 Jadi apabila untuk semuanya itu ada pengampunan, tidak perlu lagi dipersembahkan korban karena dosa.
10:19 Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus,
10:20 karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri,


Saya tebelin kata 'sekarang', supaya elu ngerti perbedaannya zaman PL dan PB.
Ayolah, mikir dikit, bukan cuma ngegampangin, "Pokoknya yang menyelamatkan darah Kristus, jadi PL dan PB harus sama.".

Belajar baik-baik ya Hen.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: HenHen on September 17, 2018, 01:30:55 PM
belajar apa dari orang yang mengharuskan kata AIRO itu jadi diangkat ga boleh dipotong?
belajar apa dari orang yang baca tulisan apapun pokoknya ngartiinya OSAS?
belajar apa dari orang yang suka pelintir2 pendapat orang supaya argumennya sendiri masuk?

gw jamin kok, pengetahuan u dari sekarang sampe nanti 10 taon lagi gak bakalan nambah kalo prinsip u begitu trus
karena buat u OSAS itu udah kebenaran sejati
buat apalagi u diskusi sih dul

kalo elu bener gw yakin kok
orang2 yang lahir pada jaman PL akan protes ke Yesus, kok mereka ga OSAS sedangkan PB OSAS ;D
Yesus adil begitu kok, orang berdosa aja dikasih kesempatan

sama kek JaMaSoEl noh
ga blajar2, pokoknya ada tulisan tentang Katolik sesat dia seneng ;D

buktikan saja ;D ;D

jgn caper2 lg sama tulisan saya ya
tar dicuekin ngambek lg wkwkwk
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 17, 2018, 01:47:21 PM
belajar apa dari orang yang mengharuskan kata AIRO itu jadi diangkat ga boleh dipotong?
belajar apa dari orang yang baca tulisan apapun pokoknya ngartiinya OSAS?
belajar apa dari orang yang suka pelintir2 pendapat orang supaya argumennya sendiri masuk?

gw jamin kok, pengetahuan u dari sekarang sampe nanti 10 taon lagi gak bakalan nambah kalo prinsip u begitu trus
karena buat u OSAS itu udah kebenaran sejati
buat apalagi u diskusi sih dul

kalo elu bener gw yakin kok
orang2 yang lahir pada jaman PL akan protes ke Yesus, kok mereka ga OSAS sedangkan PB OSAS ;D
Yesus adil begitu kok, orang berdosa aja dikasih kesempatan

sama kek JaMaSoEl noh
ga blajar2, pokoknya ada tulisan tentang Katolik sesat dia seneng ;D

buktikan saja ;D ;D

jgn caper2 lg sama tulisan saya ya
tar dicuekin ngambek lg wkwkwk
Heh, elu jangan mlintir gitu dong.
Soal Airo jelas-jelas elu yang mengharuskan artinya dipotong, gak boleh diangkat kok.
Dasarnya elu cuma kutip terjemahan-terjemahan alkitab yang menulis 'takes away'. Padahal mereka menulis 'takes away' bukan dipotong.

Sedangkan saya dengan gamblang mengemukakan fakta, bahwa kata ini bisa diartikan 'takes away' atau 'lift up'. Kemudian saya jelaskan, kenapa saya setuju kepada yang 'lift up'.

Sedangkan elu, modal ngotot. Pokoknya HARUS dipotong, kagak boleh diartikan lain. Ketika ditanya arti keseluruhan perumpamaan itu, langsung gelagepan.

Elu bisanya cuma mewek-mewek, nuduh saya plintir lah, nyesatin katolik lah.
Padahl kenyataannya elu yang sering kagak jujur dalam berdiskusi.

Gak usah ge-er kalau saya ngomentarin elu. Kalau kagak mau dikomentarin, bikin blog sendiri sono.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on September 17, 2018, 02:04:22 PM
du..du...du....du....

sy numpang lewat yaa..

mici ya kaka, om, tante...
numpang lewat doang yaa...
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: HenHen on September 17, 2018, 02:51:26 PM
wkwkwwkwk

lagi2 plintiran

jelas2 gw bilang Airo itu bisa diartikan dipotong atau bisa juga diartikan diangkat sesuai konteks kalimatnya ;D ;D

dia bilang artinya lift up
tapi puluhan terjemahan Alkitab yang ada di dunia ini mengartikan ayat tersebut sebagai dipotong/prune/dipangkas

nah coba, sekarang siapa yang kelihatan ngotot? wkwkwk
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 17, 2018, 03:22:35 PM
wkwkwwkwk

lagi2 plintiran

jelas2 gw bilang Airo itu bisa diartikan dipotong atau bisa juga diartikan diangkat sesuai konteks kalimatnya ;D ;D

dia bilang artinya lift up
tapi puluhan terjemahan Alkitab yang ada di dunia ini mengartikan ayat tersebut sebagai dipotong/prune/dipangkas

nah coba, sekarang siapa yang kelihatan ngotot? wkwkwk
Duh,
masih ngeles juga.
Kalau saya, sudah kasih alasan kenapa saya mengartikan ini sebagai diangkat. Saya sudah jelaskan keseluruhan arti ayat ini. Yaitu nasehat Yesus untuk tinggal dalam Dia, bukan 'ancaman', jika tidak berbuah maka akan masuk neraka.

Sedangkan elu kagak bisa menjelaskan.
Cuma kasih terjemahan alkitab yang menulis sebagai 'takes away', lalu ngotot bilang 'dipotong', sambil puter balik perkataan, bilangnya saya yang ngotot.

Lagipula yang ngotot bilang perikop ini berarti kalau tidak berbuah akan dipotong dalam arti keselamatannya hilang, tidak bisa menjelaskan pertentangannya dengan ayat-ayat lain di injil Yohanes tentang kepastian keselamatan. Misalnya Yoh 10:29.

Kemudian tidak bisa menjelaskan juga dimana ada kata 'Airo' dipakai dalam arti 'memotong/dipotong', seperti memotong sebuah ranting dari pohon. Semua kata 'airo' yang diartikan sebagai 'takes away' selalu berkonotasi memindahkan sesuatu dari satu tempat ke tempat lain.

Biasakan diskusi dengan argumen, bukan cuma mewek, nuduh, ngotot.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: HenHen on September 17, 2018, 03:48:16 PM
elu itu ngasih alesan kenapa itu diangkat
sedangkan gw itu cuma copas dari para ahli bahasa yang terjemahin ayat itu, alesan apa lagi yang harus gw kasih? wong semua terjemahan Alkitab begitu bunyinya kok, u mau alesan apalagi? konyol ah

u mau protes? ya ke mereka lah, bukan ke gw ;D

yang jelas, gw lebih percaya mereka yang terjemahin Alkitab, daripada elu yang udah jelas ngotot maunya OSAS aje otaknya

u itu nafsir sendiri ayat itu harusnya begitu artinya
sedangkan selama ratusan tahun, orang2 yang terjemahin ayat itu ya artinya apa adanya begitu

loh udah ketauan banget kan yang ngotot siapa?

gw sih kalo mereka ngartiin diangkat ya udah, gw nurut, gw gak pusing, gw gak punya kemampuan bahasa Yunani juga, gak kayak elu kan ahli bahasa Yunani? ;D  karena mau diangkat ato dipotong, apa yang gw percaya gak berubah juga kok ;D

kalo u kan mereka semua ngartiin dipotong, elu mati2an pokoknya harus diangkat
lha trus kek gt u mau dibilang ga ngotot? logika mu ituh kwkwwk

elu mau kasih alesan apaan?
wong orang udah artiin dipotong, tiba2 u sendiri yang harus bilang itu diangkat
ya bikinlah alkitab versi u sendiri bener gak?

lagian jujur ajalah, kenapa u harus disitu ngotot artinya diangkat? supaya doktrin OSAS u gak salah kan?
brani ngaku gak?

wkwkwkw ;D
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: HenHen on September 17, 2018, 04:01:07 PM
buat supaya para readers baru ngerti apa yang gw maksudkan gw copas lagi nih

https://biblehub.com/john/15-2.htm

New International Version
He cuts off every branch in me that bears no fruit, while every branch that does bear fruit he prunes so that it will be even more fruitful.

New Living Translation
He cuts off every branch of mine that doesn't produce fruit, and he prunes the branches that do bear fruit so they will produce even more.

English Standard Version
Every branch in me that does not bear fruit he takes away, and every branch that does bear fruit he prunes, that it may bear more fruit.

Berean Study Bible
He cuts off every branch in Me that bears no fruit, and every branch that does bear fruit, He prunes to make it even more fruitful.

Berean Literal Bible
Every branch not bearing fruit in Me, He takes it away; and every one bearing fruit, He prunes it that it may bear more fruit.

New American Standard Bible
"Every branch in Me that does not bear fruit, He takes away; and every branch that bears fruit, He prunes it so that it may bear more fruit.

King James Bible
Every branch in me that beareth not fruit he taketh away: and every branch that beareth fruit, he purgeth it, that it may bring forth more fruit.

Christian Standard Bible
Every branch in me that does not produce fruit he removes, and he prunes every branch that produces fruit so that it will produce more fruit.

Contemporary English Version
He cuts away every branch of mine that doesn't produce fruit. But he trims clean every branch that does produce fruit, so that it will produce even more fruit.

Good News Translation
He breaks off every branch in me that does not bear fruit, and he prunes every branch that does bear fruit, so that it will be clean and bear more fruit.

Holman Christian Standard Bible
Every branch in Me that does not produce fruit He removes, and He prunes every branch that produces fruit so that it will produce more fruit.

International Standard Version
He cuts off every branch that does not produce fruit in me, and he cuts back every branch that does produce fruit, so that it might produce more fruit.

NET Bible
He takes away every branch that does not bear fruit in me. He prunes every branch that bears fruit so that it will bear more fruit.

GOD'S WORD® Translation
He removes every one of my branches that doesn't produce fruit. He also prunes every branch that does produce fruit to make it produce more fruit.

New American Standard 1977
“Every branch in Me that does not bear fruit, He takes away; and every branch that bears fruit, He prunes it, that it may bear more fruit.

Jubilee Bible 2000
Every branch in me that does not bear fruit he shall take away; and every one that bears fruit, he shall purge that they may bring forth more fruit.

King James 2000 Bible
Every branch in me that bears not fruit he takes away: and every branch that bears fruit, he prunes it, that it may bring forth more fruit.

American King James Version
Every branch in me that bears not fruit he takes away: and every branch that bears fruit, he purges it, that it may bring forth more fruit.

American Standard Version
Every branch in me that beareth not fruit, he taketh it away: and every branch that beareth fruit, he cleanseth it, that it may bear more fruit.

Douay-Rheims Bible
Every branch in me, that beareth not fruit, he will take away: and every one that beareth fruit, he will purge it, that it may bring forth more fruit.

Darby Bible Translation
[As to] every branch in me not bearing fruit, he takes it away; and [as to] every one bearing fruit, he purges it that it may bring forth more fruit.

English Revised Version
Every branch in me that beareth not fruit, he taketh it away: and every branch that beareth fruit, he cleanseth it, that it may bear more fruit.

Webster's Bible Translation
Every branch in me that beareth not fruit, he taketh away; and every branch that beareth fruit, he cleaneth it, that it my bring forth more fruit.

Young's Literal Translation
every branch in me not bearing fruit, He doth take it away, and every one bearing fruit, He doth cleanse by pruning it, that it may bear more fruit;

coba ada gak satuuuuu aja yang ngartiin diangkat? wkwkwkw

kek gini masih perlu alesan apalagi? orang yang ngotot artinya bukan itu ya bearti pengen membela suatu doktrin tertentu, alias ada maunya wkwkwk

gini aja udah jelas banget kok
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: HenHen on September 17, 2018, 04:05:34 PM
Masih lom puas? ini ada kutipan dari orang yang belajar bahasa aslinya

inget ya BELAJAR BAHASA ASLI, bukan ASAL JEPLAK demi doktrin ;D

http://www.sarapanpagi.org/airo-angkat-mengangkat-vt7633.html (http://www.sarapanpagi.org/airo-angkat-mengangkat-vt7633.html)

Kata Yunani αἴρω - AIRÔ memiliki arti yang cukup luas tergantung konteksnya, menurut leksikon Yunani makna-maknanya meliputi:

I. Suatu tindakan mengangkat ke arah atas: untuk membangkitkan, meningkatkan, mengangkat
- mengangkat sesuatu dari dari tanah, tindakan mengambi sesuatul: batu
- menaikkan sesuatu ke atas, mengangkat, mengangkat: tangan
- mengambil & menaikkan sesuatu ke atas, seperti menarik ikan dari pancingan: ikan

II. Mengambil sesuatu, mengambil dan membopong/ menggendong sesuatu dan membawa barang apa yang diambilnya itu.

III. Mengangkat sesuatu dengan menjauhkannya dari tempatnya yang semula, yang meliputi:
- Memindahkan sesuatu dari tempatnya dari tempatnya
- Melepas dan meletakkan sesuatu jauh dari apa yang sebelumnya melekat kepadanya
- Menghapus sesuatu, melenyapkan sesuatu, memotong sesuatu
- Membawa sesuatu lepas dari tempatnya yang semula, menyingkirkan sesuatu
- Mengambil sesuatu pergi, Memindahkah sesuatu
- Mengambil dengan paksa, mencabut dengan paksa
- Melepaskan dari sesuatu yang hidup dan melepaskannya (seperti menarik benalu dari sebuah tanaman)
- Mengangkat sesuatu agar berhenti.

liat itu, menurut leksikon, artinya banyak gitu, kenapa ini oknum satu pengennya pokoknya artinya harus diangkat doang? wkwkwkw

udah super jelas kan?

* Yohanes 15:2
LAI TB, Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.
KJV, Every branch in me that beareth not fruit he taketh away: and every branch that beareth fruit, he purgeth it, that it may bring forth more fruit.
TR, παν κλημα εν εμοι μη φερον καρπον αιρει αυτο και παν το καρπον φερον καθαιρει αυτο ινα πλειονα καρπον φερη
Translit Interlinear, pan {setiap} klêma {ranting} en {didalam} emoi {Aku} mê {tidak} pheron {menghasilkan} karpon {buah} airei {Ia memotong, verb - present active indicative - third person singular} auto {nya} kai {dan} pan {setiap (ranting)} to {yang} karpon {buah} pheron {menghasilkan} kathairei {Ia membersihkan/ memangkas/ Ia memotong} auto {nya} hina {supaya} pleiona {lebih banyak} karpon {buah} pherê {menghasilkan}

nah kalo gak setuju dengan parsing diatas
silahkan dong kasih parsing tandingannya, biar kita semua disini bisa check bersama
atuh jaman sekarang kalo cuma ngecheck 1 kalimat gw juga bisa lah, tinggal buka kamus online gampang
itu baru namanya argumen dilawan argumen, bukan asal teriak POKOKNYA DIANGKAT ARTINYA


udah begini
masih ngotot juga pokoknya artinya harus diangkat
ya wes karepmu aja, tar ditunggu Alkitab terjemahannya sendiri ;D ;D ;D

bila iya katakan iya, bila tidak katakan tidak, lebih daripada itu berasal dari si jahat
apakah dengan mengatakan kebenaran aku jadi musuhmu

cheers and GBU
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 18, 2018, 08:28:29 AM
buat supaya para readers baru ngerti apa yang gw maksudkan gw copas lagi nih

https://biblehub.com/john/15-2.htm

New International Version
He cuts off every branch in me that bears no fruit, while every branch that does bear fruit he prunes so that it will be even more fruitful.

New Living Translation
He cuts off every branch of mine that doesn't produce fruit, and he prunes the branches that do bear fruit so they will produce even more.

English Standard Version
Every branch in me that does not bear fruit he takes away, and every branch that does bear fruit he prunes, that it may bear more fruit.

Berean Study Bible
He cuts off every branch in Me that bears no fruit, and every branch that does bear fruit, He prunes to make it even more fruitful.

...

coba ada gak satuuuuu aja yang ngartiin diangkat? wkwkwkw

kek gini masih perlu alesan apalagi? orang yang ngotot artinya bukan itu ya bearti pengen membela suatu doktrin tertentu, alias ada maunya wkwkwk

gini aja udah jelas banget kok
Para penterjemah alkitab banyak menulis 'takes away', ingat, bukan langsung bilang 'cuts off'.
Mereka juga mengakui ada hal-hal yang harus diperhatikan mengenai terjemahan kata 'airo' ini.

Saya kutipkan lagi commentary yang netral dari NET bible.

The Greek verb αἴρω (airw) can mean “lift up” as well as “take away,” and it is sometimes argued that here it is a reference to the gardener “lifting up” (i.e., propping up) a weak branch so that it bears fruit again. In Johannine usage the word occurs in the sense of “lift up” in 8:59 and 5:8-12, but in the sense of “remove” it is found in 11:39, 11:48, 16:22, and 17:15. In context (theological presuppositions aside for the moment) the meaning “remove” does seem more natural and less forced (particularly in light of v. 6, where worthless branches are described as being “thrown out” – an image that seems incompatible with restoration). One option, therefore, would be to understand the branches which are taken away (v. 2) and thrown out (v. 6) as believers who forfeit their salvation because of unfruitfulness. However, many see this interpretation as encountering problems with the Johannine teaching on the security of the believer, especially John 10:28-29.

Dari situ kita bisa lihat, salah satu problem adalah kontradiksi dengan kepastian keselamatan yang ditulis juga oleh Yohanes.
Elu itu sungguh picik pemikirannya, nuduh saya cuma mau membenarkan OSAS. Saya percaya alkitab tidak ada kontradiksi. Dan saya mencoba mengerti dan mengikuti alkitab. Justru saya ngerasa elu itu aneh, kagak peduli doktrinnya amburadul dan kontradiksi sana sini. Pokoknya ngotot. Kalau orang yang percaya doktrin amburadul kayak elu, mana bisa hidup berdasarkan apa yang dipercaya?

Kalau elu mau mengartikan ini sebagai dipotong, silakan aja. Tapi bisakah elu ngejelasin arti keseluruhan dari perumpamaan ini?
Apakah artinya elu akan masuk neraka kalau tidak berbuat baik (berbuah). Lalu apakah ini berarti keselamatan oleh perbuatan?

Bagi saya dalam diskusi, beda pendapat itu gak masalah. Biar masing-masing mengemukakan sudut pandangnya.
Tapi orang yang congkak, culas dan mulut besar seperti elu, cuma bisa nuduh dan ngotot.
Sejauh ini argumen elu cuma, "Pokoknya artinya dipotong, kalau gak setuju silakan nanya sama penterjemah alkitab".
Lalu nuduh: "Elu ngotot, mau membenarkan OSAS".
Gitu doang kan? gak peduli dengan amburadulnya doktrin elu.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 18, 2018, 08:29:56 AM
Masih lom puas? ini ada kutipan dari orang yang belajar bahasa aslinya

inget ya BELAJAR BAHASA ASLI, bukan ASAL JEPLAK demi doktrin

Kata Yunani αἴρω - AIRÔ memiliki arti yang cukup luas tergantung konteksnya, menurut leksikon Yunani makna-maknanya meliputi:

I. Suatu tindakan mengangkat ke arah atas: untuk membangkitkan, meningkatkan, mengangkat
- mengangkat sesuatu dari dari tanah, tindakan mengambi sesuatul: batu
- menaikkan sesuatu ke atas, mengangkat, mengangkat: tangan
- mengambil & menaikkan sesuatu ke atas, seperti menarik ikan dari pancingan: ikan

II. Mengambil sesuatu, mengambil dan membopong/ menggendong sesuatu dan membawa barang apa yang diambilnya itu.

III. Mengangkat sesuatu dengan menjauhkannya dari tempatnya yang semula, yang meliputi:
- Memindahkan sesuatu dari tempatnya dari tempatnya
- Melepas dan meletakkan sesuatu jauh dari apa yang sebelumnya melekat kepadanya
- Menghapus sesuatu, melenyapkan sesuatu, memotong sesuatu
- Membawa sesuatu lepas dari tempatnya yang semula, menyingkirkan sesuatu
- Mengambil sesuatu pergi, Memindahkah sesuatu
- Mengambil dengan paksa, mencabut dengan paksa
- Melepaskan dari sesuatu yang hidup dan melepaskannya (seperti menarik benalu dari sebuah tanaman)
- Mengangkat sesuatu agar berhenti.

liat itu, menurut leksikon, artinya banyak gitu, kenapa ini oknum satu pengennya pokoknya artinya harus diangkat doang? wkwkwkw

udah super jelas kan?

* Yohanes 15:2
LAI TB, Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.
TR, παν κλημα εν εμοι μη φερον καρπον αιρει αυτο και παν το καρπον φερον καθαιρει αυτο ινα πλειονα καρπον φερη
Translit Interlinear, pan {setiap} klêma {ranting} en {didalam} emoi {Aku} mê {tidak} pheron {menghasilkan} karpon {buah} airei {Ia memotong, verb - present active indicative - third person singular} auto {nya} kai {dan} pan {setiap (ranting)} to {yang} karpon {buah} pheron {menghasilkan} kathairei {Ia membersihkan/ memangkas/ Ia memotong} auto {nya} hina {supaya} pleiona {lebih banyak} karpon {buah} pherê {menghasilkan}

nah kalo gak setuju dengan parsing diatas
silahkan dong kasih parsing tandingannya, biar kita semua disini bisa check bersama
atuh jaman sekarang kalo cuma ngecheck 1 kalimat gw juga bisa lah, tinggal buka kamus online gampang
itu baru namanya argumen dilawan argumen, bukan asal teriak POKOKNYA DIANGKAT ARTINYA


udah begini
masih ngotot juga pokoknya artinya harus diangkat
ya wes karepmu aja, tar ditunggu Alkitab terjemahannya sendiri ;D ;D ;D

bila iya katakan iya, bila tidak katakan tidak, lebih daripada itu berasal dari si jahat
apakah dengan mengatakan kebenaran aku jadi musuhmu

cheers and GBU
Huahahaha...
Elu ngutip dari webnya sarpag ya? Yang nerjemahin dari Greek Lexicon bahasa Inggris, terus menyisipkan kata 'dipotong'.
Ini yang bahasa Inggris:
1. to raise up, elevate, lift up
a.to raise from the ground, take up: stones
b.to raise upwards, elevate, lift up: the hand
c.to draw up: a fish
2. to take upon one's self and carry what has been raised up, to bear
3. to bear away what has been raised, carry off
a.to move from its place
b.to take off or away what is attached to anything
c.to remove
d.to carry off, carry away with one
e.to appropriate what is taken
f.to take away from another what is his or what is committed to him, to take by force
g.to take and apply to any use
h.to take from among the living, either by a natural death, or by violence
i.cause to cease
NAS Word Usage - Total: 102
away 5, bear 4, carried 1, carry 1, get 4, hoisted 1, keep 1, lifted 2, pick 9, picked 11, pulls away 2, put away 1, raised 2, remove 1, removed 3, suspense* 1, take 13, take away 5, take...away 4, taken 3, taken...away 1, taken away 12, takes away 7, taking 1, took 2, took...away 1, took away 3, weighed anchor 1

Mana ada cuts off (dipotong) di situ.
Sarpag mah podho wae sama elu, suka manipulasi kalau kagak bisa jawab.
Justru sayalah yang harus bertanya ke elu, dari segitu banyak kata airo yang sebagian besar berkonotasi 'diangkat', kenapa elu milih kata 'dipotong'? Udah gitu pake manipulasi lagi..

Kalau saya percaya pendapat Bruce Wilkenson di bukunya "Secrets of the Vine". Dia mengatakan baik di alkitab maupun di Greek literatur, tidak pernah ditemukan kata airo ini dipakai dalam konteks memotong ranting pohon. Makanya saya nanya ke elu, silakan bawa contohnya, kalau kata airo ini pernah dipakai dalam konteks memotong ranting dari pohon.

Lalu ngapain elu tebelin kata kathairei? yang dibicarakan adalah kata airo, kok nyasar kesitu? mau manipulasi lagi?

Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on September 18, 2018, 08:56:53 AM
https://en.wiktionary.org/wiki/%E1%BC%80%CE%B5%CE%AF%CF%81%CF%89#Ancient_Greek

itu kompilasi dari bbrp sumber
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 18, 2018, 09:09:06 AM
https://en.wiktionary.org/wiki/%E1%BC%80%CE%B5%CE%AF%CF%81%CF%89#Ancient_Greek

itu kompilasi dari bbrp sumber
:afro:
thanks bro..
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: HenHen on September 18, 2018, 09:28:57 AM
https://en.wiktionary.org/wiki/%E1%BC%80%CE%B5%CE%AF%CF%81%CF%89#Ancient_Greek

itu kompilasi dari bbrp sumber

wes jelas kok, ini salah satu alternatifnya
ga ada itu Sarpag menyisipkan kata dipotong seperti tuduhanmu ;D

(transitive) to lift and take away, remove quotations ▼
(transitive, with genitive) to take away from quotations ▼
(Koine, transitive) to take off, kill quotations ▼


ini bukan milih2 pengertian seenak jidat dul
mentang2 banyaknya yang diangkat jadi pengertiannya u pilih diangkat gitu? wkwkwkwkw
asli kocak
gitu cara lu ngartiin kata2? wkwkwkwk

itu pengertiannya mengikuti kalimatnya, makanya dari kalimat itu kata2nya terjemahannya remove, cut off, dipotong, semua yang terjemahin setuju dengan ini

biblehub itu kasih komentar, kalo emang disitu bisa diartikan diangkat, tapi mereka setuju kalo artinya dipotong

baca lagi nihhhh buset dah

[The Greek verb αἴρω (airw) can mean “lift up” as well as “take away,” and it is sometimes argued that here it is a reference to the gardener “lifting up” (i.e., propping up) a weak branch so that it bears fruit again. In Johannine usage the word occurs in the sense of “lift up” in 8:59 and 5:8-12, but in the sense of “remove” it is found in 11:39, 11:48, 16:22, and 17:15. In context (theological presuppositions aside for the moment) the meaning “remove” does seem more natural and less forced (particularly in light of v. 6, where worthless branches are described as being “thrown out” – an image that seems incompatible with restoration). One option, therefore, would be to understand the branches which are taken away (v. 2) and thrown out (v. 6) as believers who forfeit their salvation because of unfruitfulness. However, many see this interpretation as encountering problems with the Johannine teaching on the security of the believer, especially John 10:28-29.

itu dari yang elu copas sendiri wkwkwkwk
baca itu KONTEKS KALIMAT, KONTEKSSSSS
ELU MAU ARTIIN DILUAR KONTEKS YA DERITA LUUUUUU
ARTINYA ELU PAKE THEOLOGILA PREASSUMPTION YANG ADA DI OTAK ELU, ELU FORCED KEDALAM AYAT ITU


KALO MEREKA SETUJU ARTINYA DIANGKAT, PASTINYA DARI TERJEMAHAN SEGITU BANYAKNYA ADA YANG NGARTIIN DIANGKAT DULLLLL

WONG FAKTANYA GA ADA ITU YANG ARTIIN DIANGKAT, TAR ALKITAB VERSI ALEPH BARU ADA KALI

asleeeeeeeeee kurang jelas apa lagi ini ;D ;D

capcay arab

argumennya :
kan disitu lebih banyak artinya yang ga dipotong, kenapa u pilih artinya dipotong? wkwkwkwkkwwkwk
woy capcay kuda
bukan gw yang milih
ahli bahasa yang terjemahin kalimat itu yang milih
dan mereka pasti lebih kompeten daripada elu
wwkwkwkwkwk

asle aleph ini selalu bisa bikin gw ngakak dengan argumen2nya ;D ;D ;D
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 18, 2018, 09:41:31 AM
wes jelas kok, ini salah satu alternatifnya
ga ada itu Sarpag menyisipkan kata dipotong seperti tuduhanmu ;D

(transitive) to lift and take away, remove quotations ▼
(transitive, with genitive) to take away from quotations ▼
(Koine, transitive) to take off, kill quotations ▼


ini bukan milih2 pengertian seenak jidat dul
mentang2 banyaknya yang diangkat jadi pengertiannya u pilih diangkat gitu? wkwkwkwkw
asli kocak
gitu cara lu ngartiin kata2? wkwkwkwk

itu pengertiannya mengikuti kalimatnya, makanya dari kalimat itu kata2nya terjemahannya remove, cut off, dipotong, semua yang terjemahin setuju dengan ini

biblehub itu kasih komentar, kalo emang disitu bisa diartikan diangkat, tapi mereka setuju kalo artinya dipotong

baca lagi nihhhh buset dah

[The Greek verb αἴρω (airw) can mean “lift up” as well as “take away,” and it is sometimes argued that here it is a reference to the gardener “lifting up” (i.e., propping up) a weak branch so that it bears fruit again. In Johannine usage the word occurs in the sense of “lift up” in 8:59 and 5:8-12, but in the sense of “remove” it is found in 11:39, 11:48, 16:22, and 17:15. In context (theological presuppositions aside for the moment) the meaning “remove” does seem more natural and less forced (particularly in light of v. 6, where worthless branches are described as being “thrown out” – an image that seems incompatible with restoration). One option, therefore, would be to understand the branches which are taken away (v. 2) and thrown out (v. 6) as believers who forfeit their salvation because of unfruitfulness. However, many see this interpretation as encountering problems with the Johannine teaching on the security of the believer, especially John 10:28-29.

itu dari yang elu copas sendiri wkwkwkwk
baca itu KONTEKS KALIMAT, KONTEKSSSSS
ELU MAU ARTIIN DILUAR KONTEKS YA DERITA LUUUUUU
ARTINYA ELU PAKE THEOLOGILA PREASSUMPTION YANG ADA DI OTAK ELU, ELU FORCED KEDALAM AYAT ITU


asleeeeeeeeee kurang jelas apa lagi ini ;D ;D

capcay arab

argumennya :
kan disitu lebih banyak artinya yang ga dipotong, kenapa u pilih artinya dipotong? wkwkwkwkkwwkwk
woy capcay kuda
bukan gw yang milih
ahli bahasa yang terjemahin kalimat itu yang milih
dan mereka pasti lebih kompeten daripada elu
wwkwkwkwkwk

asle aleph ini selalu bisa bikin gw ngakak dengan argumen2nya ;D ;D ;D
Ya udah, jadi keseluruhan perumpamaan ini maksudnya apa?
Elu harus berbuat baik (berbuah) supaya gak dipotong alias dimasukkin neraka?

Lu bisa aplikasiin gak dalam idup lu?
Atau elu cuma ngotot doang?

Orang mempelajari alkitab untuk supaya dapat diaplikasikan. Makanya ahli bahasa juga melihat dari semua sisi. Dengan netral membeberkan semua kemungkinan.

Tapi si mulut besar congkak Henhen, kagak peduli, pokoknya asal ngotot, 'Artinya HARUS DIPOTONG'. Abis itu sok ngakak-ngakak sendiri. Gak sadar kalau diri lu sendirilah yang patut ditertawakan.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: HenHen on September 18, 2018, 10:17:51 AM
eh dul,
ahli bahasa itu melihat dari semua sisi itu BENAR
tapi setelah itu mereka mengartikannya LURUS dan JUJUR sesuai konteks kalimat

ITULAH TUGAS AHLI BAHASA, MEREKA GAK PEDULI DOKTRIN, YANG JELAS MEREKA TERJEMAHIN SESUAI DENGAN KALIMAT

MAKANYA JADILAH TERJEMAHAN ITU SEMUA, RATUSAN TAHUN GA ADA YANG RUBAH ITU DULLLLL
TIBA2 ELU MAU JADI AHLI BAHASA DADAKAN

eh ternyata metode terjemahin u asal2 pilih wkwkwkwkwkwkwkwkwkw

ngakakkkkkk

dan lagi2 elu nanya pendapat gw tentang itu?
atuh gw udah bahas lengkap kok, udah berkali2 gw copas, elu aja males baca karena elu tahu isinya bukan OSAS

;D ;D

http://berbagi-sharing.blogspot.com/2016/05/1-2-3-keselamatan.html (http://berbagi-sharing.blogspot.com/2016/05/1-2-3-keselamatan.html)

disitu gw udah bahas dari semua sisi, semoga ga ada yang terlewatkan ya

dannn tentunya gw berusaha menerapkan apa yang gw tulis dalam hidup gw
anddd so far gw merasa baik2 aja
gw gak hidup dalam ketakutan seperti yang dituduhkan oleh para PEMUJA OSAS

I FEEL SECURED IN JESUS WALAUPUN GW GAK NGANUT OSAS
HANYA KARENA ELU GAK BISA JANGAN ELU CAP SEMUA HARUS GAK BISA KAYAK ELU


ELU MAU HIDUPIN ITU OSAS SILAHKAN
GW GAK PEDULI !!
SUIT YOURSELF !!!!


CUMA JANGAN AYAT Firman Tuhan YANG BEGITU BERHARGA INI SAMPE ELU MAU MANIPULASI JUGA DEMI DOKTRIN YANG U ANUT BENER

ONANI DOKTRIN ELU NAMANYA, POKOKNYA DOKTRIN GW BENER, AYAT GAK SEGAN2 GW RUBAH
NGOMONG JUJUR AJA GAK BISA KOK NGAKU2 JADI PENGIKUT KRISTUS
OSAS LAGI MAUNYA

dasar capcay arab

;D ;D
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 18, 2018, 11:10:53 AM
eh dul,
ahli bahasa itu melihat dari semua sisi itu BENAR
tapi setelah itu mereka mengartikannya LURUS dan JUJUR sesuai konteks kalimat

ITULAH TUGAS AHLI BAHASA, MEREKA GAK PEDULI DOKTRIN, YANG JELAS MEREKA TERJEMAHIN SESUAI DENGAN KALIMAT

MAKANYA JADILAH TERJEMAHAN ITU SEMUA, RATUSAN TAHUN GA ADA YANG RUBAH ITU DULLLLL
TIBA2 ELU MAU JADI AHLI BAHASA DADAKAN

eh ternyata metode terjemahin u asal2 pilih wkwkwkwkwkwkwkwkwkw

ngakakkkkkk

dan lagi2 elu nanya pendapat gw tentang itu?
atuh gw udah bahas lengkap kok, udah berkali2 gw copas, elu aja males baca karena elu tahu isinya bukan OSAS

;D ;D

[url]http://berbagi-sharing.blogspot.com/2016/05/1-2-3-keselamatan.html[/url] ([url]http://berbagi-sharing.blogspot.com/2016/05/1-2-3-keselamatan.html[/url])

disitu gw udah bahas dari semua sisi, semoga ga ada yang terlewatkan ya

dannn tentunya gw berusaha menerapkan apa yang gw tulis dalam hidup gw
anddd so far gw merasa baik2 aja
gw gak hidup dalam ketakutan seperti yang dituduhkan oleh para PEMUJA OSAS

I FEEL SECURED IN JESUS WALAUPUN GW GAK NGANUT OSAS
HANYA KARENA ELU GAK BISA JANGAN ELU CAP SEMUA HARUS GAK BISA KAYAK ELU


ELU MAU HIDUPIN ITU OSAS SILAHKAN
GW GAK PEDULI !!
SUIT YOURSELF !!!!


CUMA JANGAN AYAT Firman Tuhan YANG BEGITU BERHARGA INI SAMPE ELU MAU MANIPULASI JUGA DEMI DOKTRIN YANG U ANUT BENER

ONANI DOKTRIN ELU NAMANYA, POKOKNYA DOKTRIN GW BENER, AYAT GAK SEGAN2 GW RUBAH
NGOMONG JUJUR AJA GAK BISA KOK NGAKU2 JADI PENGIKUT KRISTUS
OSAS LAGI MAUNYA

dasar capcay arab

;D ;D

Jadi argumen elu tetep aja, kagak ada yang baru.
Pokoknya ahli bahasa bilang gitu.
Ditanya arti keseluruhan perumpamaan ini: Ngamuk-ngamuk
Ditanya tentang aplikasinya sehubungan dengan keselamatan karena perbuatan baik: Ngoceh kagak jelas.

Namanya diskusi itu saling tukar pikiran, melihat semua sudut pandang.
Bukan cuma koar-koar ngamuk-ngamuk, ngotot terus nuduh secara ngawur.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: HenHen on September 18, 2018, 11:20:28 AM
ngaca dul

emang argumen u ada yang baru?
argumen elu itu pokoknya meskipun ahli bahasa ngartiin dipotong elu bilang tetep diangkat kan? metodenya buka kamus, asal pilih arti? gt kan? wkwkwkwkw

mana yang gw harus percaya? metode asal pilih u sama terjemahan ahli bahasa? nenek2 ompong jg tau ;D ;D

udah jelas toh :
gw bilang ahli bahasa artiin begitu dan gw percaya mereka
u bilang bisa diartiin sampe u copas dari link juga udah gw tunjukkin juga kalo konteksnya begitu
elu bilang artinya diangkat, nyatanya TIDAK DIDUKUNG OLEH SATUPUN TERJEMAHAN ALKITAB YANG ADA DI DUNIA INI
busyet yang kayak gitu u bilang argumen? cam anak SD kau bah ;D ;D

lu tanya arti keseluruhan perumpamaan, aplikasinya? udah gw jawab tuh, klik linknya, kalo gw copas disini kepanjangan, kalo elu males baca jangan salahin gw

kalo elu gak suka sama jawaban gw, diskusikan boleh
silahkan gw tunggu tanggapannya

soal jawaban u diangkat
udah gw diskusikan tuntas, intinya elu mau dengan pengertian u sendiri walaupun Alkitab gak dukung elu
udah mau diapain? udah deadlock kok
bukannya dikasih jawaban gak OSAS malah pokoknya OSAS lagi aja, orang tulis gak OSAS artiinnya OSAS aja bodo amat, sampe2 rela ngubah Firman Tuhan, najis tau !!

wkwkwkwk ;D ;D
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 18, 2018, 12:08:28 PM
ngaca dul

emang argumen u ada yang baru?
argumen elu itu pokoknya meskipun ahli bahasa ngartiin dipotong elu bilang tetep diangkat kan? metodenya buka kamus, asal pilih arti? gt kan? wkwkwkwkw

mana yang gw harus percaya? metode asal pilih u sama terjemahan ahli bahasa? nenek2 ompong jg tau ;D ;D

udah jelas toh :
gw bilang ahli bahasa artiin begitu dan gw percaya mereka
u bilang bisa diartiin sampe u copas dari link juga udah gw tunjukkin juga kalo konteksnya begitu
elu bilang artinya diangkat, nyatanya TIDAK DIDUKUNG OLEH SATUPUN TERJEMAHAN ALKITAB YANG ADA DI DUNIA INI
busyet yang kayak gitu u bilang argumen? cam anak SD kau bah ;D ;D

lu tanya arti keseluruhan perumpamaan, aplikasinya? udah gw jawab tuh, klik linknya, kalo gw copas disini kepanjangan, kalo elu males baca jangan salahin gw

kalo elu gak suka sama jawaban gw, diskusikan boleh
silahkan gw tunggu tanggapannya

soal jawaban u diangkat
udah gw diskusikan tuntas, intinya elu mau dengan pengertian u sendiri walaupun Alkitab gak dukung elu
udah mau diapain? udah deadlock kok
bukannya dikasih jawaban gak OSAS malah pokoknya OSAS lagi aja, orang tulis gak OSAS artiinnya OSAS aja bodo amat, sampe2 rela ngubah Firman Tuhan, najis tau !!

wkwkwkwk ;D ;D
Argumen saya memang gak ada yang baru, sudah saya jelasin semua dan elu kagak bisa komen yang sehat kok.
Saya cenderung menafsir kata ini sebagai "diangkat" karena:
1. Sesuai dengan konteks perumpamaan, yaitu batang yang tergeletak di tanah diangkat supaya bisa berbuah
2. Tidak bertentangan dengan ajaran dari Yohanes sendiri
3. Kata ini tidak pernah dipakai dalam konteks pemotongan ranting dari batang

Sedangkan argumennya elu:
1. "Pokoknya karena ahli bahasa bilang dipotong."
- Padahal kebanyakan mereka menulis "takes away" bukan "cuts off"
- Padahal dari mereka juga ada pemikiran bahwa kata ini bisa diartikan "lift up"

2. Tidak bisa mengartikan secara keseluruhan perumpamaan ini.
- Apa artinya berbuah?
- Siapa yang menilai?
- Apa artinya dipotong? Hilang keselamatankah?

3. Kagak peduli dengan kontradiksi dengan ayat-ayat lain.
- Padahal tafsiran Henhen kontradiksi dengan ajaran yang ditulis Yohanes sendiri, tapi bagi Henhen mah bodo amat...

Lalu Henhen bisanya ngamuk-ngamuk, nuduh orang lain, sambil ngoceh, pokoknya semua sudah dijawab di blog.
Padahal gak ada tuh di blognya yang ngebahas kepastian keselamatan tulisan Yohanes.
Kesimpulan di akhir blognya Henhen:
namun Dia jelas akan menolak manusia yang dengan sengaja tidak berusaha untuk menjadi sempurna atau manusia yang sengaja mempermainkan kasih karuniaNya
Tuhan kita tetap Tuhan yang berdaulat
Dia penuh kasih, Dia juga ngga akan membiarkan dirinya dipermainkan apalagi ditipu
manusia ngga akan bisa menipuNya karena Dia melihat jauh kedalam hati


Jadi nurut Henhen kepastian keselamatan adalah menurut diri sendiri secara subyektif. Kalau ngerasa diri sudah berusaha menjadi sempurna, maka baru bisa yakin selamat.

Lihatlah, betapa amburadulnya pemikiran Henhen.

 
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: HenHen on September 18, 2018, 12:27:16 PM
apa sih bedanya takes away sama cuts off?
serius, otak elu itu, jadi culun juga ngartiin kalimat cuma demi mempertahankan doktrin ;D ;D

takes away = cuts off = tindakan memisahkan dari suatu benda kan, ada yang terpisah disitu alias terpotong

yang jelas takes away itu gak cocok diartikan diangkat, seolah2 tak ada yang dipisahkan disitu
dan gak ada satupun yang berpendapat itu bisa diartikan diangkat
baca baik2 lah, mereka cuma bilang itu bisa diartikan diangkat, tapi dalam konteks kalimat ini, cocoknya diartikan takes away, cuts off, dipotong

brani jujur gak lu?
tiba2 elu gak nalar Inggris kalo udah begini? dasar capcay arab

gitu aja udah

dan elu jgn strawman bilang gw maksa artinya begitu
wong gw cuma copas kok
elu yang maksa dari yang gw copas itu, artinya harus diangkat
masih gak sadar juga? tukang onani doktrin !!

mengenai kamu tuduh saya lagi bilang berusaha jadi sempurna baru yakin bisa selamat
itu strawman mu aja lagi2

kalo kamu baca artikel saya dan kesimpulanmu seperti itu

emang nalarmu rendah
gitu aja
kamu orang pertama yang ngomong gt

dan kalo kamu udah mulai nuduh2 gak jelas saya udah malas lagi ladenin kamu

wkwkwkw ;D ;D
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on September 18, 2018, 12:41:10 PM
Jadi nurut Henhen kepastian keselamatan adalah menurut diri sendiri secara subyektif. Kalau ngerasa diri sudah berusaha menjadi sempurna, maka baru bisa yakin selamat.

Lihatlah, betapa amburadulnya pemikiran Henhen.

lha kalo Konsep OSAS itu kebenaran subjektif atau memang bener-bener objektif?
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 18, 2018, 12:44:48 PM
apa sih bedanya takes away sama cuts off?
serius, otak elu itu, jadi culun juga ngartiin kalimat cuma demi mempertahankan doktrin ;D ;D

takes away = cuts off = tindakan memisahkan dari suatu benda kan, ada yang terpisah disitu alias terpotong

yang jelas takes away itu gak cocok diartikan diangkat, seolah2 tak ada yang dipisahkan disitu
dan gak ada satupun yang berpendapat itu bisa diartikan diangkat
baca baik2 lah, mereka cuma bilang itu bisa diartikan diangkat, tapi dalam konteks kalimat ini, cocoknya diartikan takes away, cuts off, dipotong

brani jujur gak lu?
tiba2 elu gak nalar Inggris kalo udah begini? dasar capcay arab

gitu aja udah

dan elu jgn strawman bilang gw maksa artinya begitu
wong gw cuma copas kok
elu yang maksa dari yang gw copas itu, artinya harus diangkat
masih gak sadar juga? tukang onani doktrin !!

mengenai kamu tuduh saya lagi bilang berusaha jadi sempurna baru yakin bisa selamat
itu strawman mu aja lagi2

kalo kamu baca artikel saya dan kesimpulanmu seperti itu

emang nalarmu rendah
gitu aja
kamu orang pertama yang ngomong gt

dan kalo kamu udah mulai nuduh2 gak jelas saya udah malas lagi ladenin kamu

wkwkwkw ;D ;D
Jadi apa arti keseluruhan dari perumpamaan ini?

Berkaitan dengan blog elu:
Darimana saya bisa yakin kalau diri saya sudah berusaha untuk sempurna?
Jadi bagaimana saya bisa tahu kalau diri saya sekarang ini diperkenan oleh Allah?

Elu jangan cuma koar-koar strawman terus mewek mewek Hen.
Kalau elu bilang ada suatu tuntutan dari Allah terhadap diri kita (dalam hal ini adalah berusaha untuk sempurna), maka harus ada suatu ukuran supaya kita bisa yakin kalau saya sudah memenuhi tuntutan Allah itu.

Itu pertanyaan logis dari kesimpulan di blog elu. Jangan cuma mewek-mewek trus bislang saya nuduh gak jelas.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 18, 2018, 12:50:15 PM
lha kalo Konsep OSAS itu kebenaran subjektif atau memang bener-bener objektif?
Kalau saya, Dang, keyakinan keselamatan itu bukan liat diri saya.
Tapi liat karya Kristus. Saya yakin selamat karena Kristus telah menyelamatkan saya. Meskipun diri saya dosanya besar, setengah besar atau kecil, ataupun saya percaya Kristus banget, agak percaya, rada ragu-ragu, tetep aja bukan tergantung diri saya. Tapi karena Kristus sudah menyelamatkan.

Kalau gitu nurut elu, subyektif atau obyektif?
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on September 18, 2018, 04:51:08 PM
Kalau saya, Dang, keyakinan keselamatan itu bukan liat diri saya.
Tapi liat karya Kristus. Saya yakin selamat karena Kristus telah menyelamatkan saya. Meskipun diri saya dosanya besar, setengah besar atau kecil, ataupun saya percaya Kristus banget, agak percaya, rada ragu-ragu, tetep aja bukan tergantung diri saya. Tapi karena Kristus sudah menyelamatkan.

Kalau gitu nurut elu, subyektif atau obyektif?

nurut kamu gimana?
kebenaran OSAS itu subjektif atau kebenaran objektif?
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 18, 2018, 06:51:14 PM
nurut kamu gimana?
kebenaran OSAS itu subjektif atau kebenaran objektif?
Saya gak lagi ngomongin kebenaran OSAS. Saya sedang membandingkan tafsiran Henhen dan tafsiran saya tentang keselamatan. Tafsiran Henhen subyektif karena penilaiannya bergantung pada diri sendiri. Sedangkan saya obyektif karena bukan bergantung pada diri manusianya.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on September 18, 2018, 09:50:31 PM
Saya gak lagi ngomongin kebenaran OSAS. Saya sedang membandingkan tafsiran Henhen dan tafsiran saya tentang keselamatan. Tafsiran Henhen subyektif karena penilaiannya bergantung pada diri sendiri. Sedangkan saya obyektif karena bukan bergantung pada diri manusianya.

kalau dari proses interpretasinya,
apakah tafsiran versi ALEPH itu SUBJEKTIF terhadap Kemampuan Penafsirannya mas Aleph gak sih?
ataukah apakah tafsiran versi ALEPH itu SUBJEKTIF terhadap preferensi tafsir Aleph pribadi (misal keyakinan versi aleph)?

ataukah Tafsiran versi Aleph itu OBJEKTIF karena mas aleph sudah bisa memverifikasi semua hasil tafsiran itu dengan alatukur yang measurable dan tervalidasi?
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 19, 2018, 07:04:13 AM
kalau dari proses interpretasinya,
apakah tafsiran versi ALEPH itu SUBJEKTIF terhadap Kemampuan Penafsirannya mas Aleph gak sih?
ataukah apakah tafsiran versi ALEPH itu SUBJEKTIF terhadap preferensi tafsir Aleph pribadi (misal keyakinan versi aleph)?

ataukah Tafsiran versi Aleph itu OBJEKTIF karena mas aleph sudah bisa memverifikasi semua hasil tafsiran itu dengan alatukur yang measurable dan tervalidasi?
Larinya ke situ mlulu. Lu gak ada bahan lain emangnya Dang?
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on September 19, 2018, 10:28:08 AM
Kalau elu bilang ada suatu tuntutan dari Allah terhadap diri kita (dlm hal ini adalah berusaha utk sempurna),
maka harus ada suatu ukuran supaya kita bisa yakin kalau saya sudah sedang memenuhi tuntutan Allah itu.

Ini mungkin bahan lain yg bagus utk dipikir
Dr pd menyalah benarkan pikiran org, tul-tak
Apa indikator, bw kita sedang on the right track

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on September 19, 2018, 12:57:12 PM
Larinya ke situ mlulu. Lu gak ada bahan lain emangnya Dang?

lha gimana...

elo bilang objektif..

alkitab bilang "ujilah segala sesuatu"..

gw kan cuma diperintah alkitab untuk menguji post elo "ini objektif"

maka gw tanya.. gimana kamu sampai pada kesimpulan "Objective"
--> gimana verifikasi "object" nya itu?
--> alat ukurnya apa? parameternya apa?
--> validasinya gimana? standardnya brp?

ini perintah alkitab lho... :D
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Siip on September 19, 2018, 01:45:56 PM
Kl mau obyektif, maka kita kudu melihat proses nyata perkebunan anggur. Tuhan gak mungkin mengajar jauh-jauh dari proses riil kan.
Proses nyata perkebunan anggur mperlihatkan:
1. Ranting yg berbuah dibersihkan agar lebih banyak berbuah
2. Ranting muda diangkat supaya kena sinar matahari shg bisa berbuah
3. Ranting tua yg tidak berbuah dipotong

Semuanya ada.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on September 19, 2018, 03:43:45 PM
Ini mungkin bahan lain yg bagus utk dipikir
Dr pd menyalah benarkan pikiran org, tul-tak
Apa indikator, bw kita sedang on the right track

Maksudku,
Kita sedang berusaha menjadi sempurna
Apa2 saja yg hrs kita kerjakan se-hari2-nya
Apa saja indikatornya, bw kerja itu on the track

Hasil kerja nyata bisa dicarikan alat ukurnya
Semua kerja itu bisa di-list dan di-sortir
Seturut prioritas kita yg bisa beda

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: HenHen on September 20, 2018, 08:35:00 AM
Kl mau obyektif, maka kita kudu melihat proses nyata perkebunan anggur. Tuhan gak mungkin mengajar jauh-jauh dari proses riil kan.
Proses nyata perkebunan anggur mperlihatkan:
1. Ranting yg berbuah dibersihkan agar lebih banyak berbuah
2. Ranting muda diangkat supaya kena sinar matahari shg bisa berbuah
3. Ranting tua yg tidak berbuah dipotong

Semuanya ada.

buat sebagian orang yang obyektif itu gak pernah dilakukan pemotongan

mungkin metode baru dalam menanam anggur ;D
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 20, 2018, 09:21:56 AM
Kl mau obyektif, maka kita kudu melihat proses nyata perkebunan anggur. Tuhan gak mungkin mengajar jauh-jauh dari proses riil kan.
Proses nyata perkebunan anggur mperlihatkan:
1. Ranting yg berbuah dibersihkan agar lebih banyak berbuah
2. Ranting muda diangkat supaya kena sinar matahari shg bisa berbuah
3. Ranting tua yg tidak berbuah dipotong

Semuanya ada.
Betul,
ini adalah proses perkebunan anggur.
Kemudian secara obyektif kita liat perumpamaan yang diceritakan Tuhan Yesus. Adakah Yesus menceritakan tentang ranting tua yang dipotong?

Yang ada adalah ranting yang kering, yaitu penggambaran tentang orang tidak tinggal di dalam Dia.
Fokus perumpamaan ini adalah pada Yesus sebagai pokok anggur dan Bapa, sebagai pengusahanya.
Yesus dan Bapalah yang berperan supaya kita bisa berbuah.
Jangan malah jumawa mengira diri kitalah yang berperan menghasilkan buah, sehingga seolah-olah 'menantang' Allah untuk memotong bila kita tidak menghasilkan buah. 
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on September 20, 2018, 10:42:38 AM
Betul,
ini adalah proses perkebunan anggur.
Kemudian secara obyektif kita liat perumpamaan yang diceritakan Tuhan Yesus. Adakah Yesus menceritakan tentang ranting tua yang dipotong?

Yang ada adalah ranting yang kering, yaitu penggambaran tentang orang tidak tinggal di dalam Dia.
Fokus perumpamaan ini adalah pada Yesus sebagai pokok anggur dan Bapa, sebagai pengusahanya.
Yesus dan Bapalah yang berperan supaya kita bisa berbuah.
Jangan malah jumawa mengira diri kitalah yang berperan menghasilkan buah, sehingga seolah-olah 'menantang' Allah untuk memotong bila kita tidak menghasilkan buah.

bukankah kamu yang jumawa, karena membatasi Allah untuk tidak boleh memotong ranting tua?
padahal kamu juga percaya bahwa Allah berhak dan bisa bertindak suka-suka Allah.

kok diballik balik sih mas?
pusing pala berbi lhooo.....
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Siip on September 20, 2018, 11:57:10 AM
Betul,
ini adalah proses perkebunan anggur.
Kemudian secara obyektif kita liat perumpamaan yang diceritakan Tuhan Yesus. Adakah Yesus menceritakan tentang ranting tua yang dipotong?

Yudas Iskariot.

Quote
Mengapa pada saat itu Tuhan Yesus tiba-tiba bicara tentang pemotongan?
Karena perumpamaan ini mengandung konteks spesifik.

Dalam konteks spesifik perumpamaan tersebut, fruitless branch mngacu secara khusus pada Yudas. Yudas sudah diberi kesempatan bersama-sama Tuhan sekian lama tetapi tidak berbuah. Sudah tiba saatnya bagi Yudas untuk dibuang ke luar.
Pada saat perumpamaan ini disampaikan, Yudas sudah pergi. Tuhan Yesus menyuruh dia pergi. Yudas lalu kerasukan Iblis dan mengkhianati Tuhan.
Ke-11 rasul yang lain tetap di sana mendengarkan Tuhan. Tuhan lalu menyampaikan pemotongan ini sehingga kelak mereka mengingat bahwa fruitless branch yang dibuang ke luar adalah Yudas Iskariot.

Kepada para rasul yang lainnya, Tuhan mengatakan bahwa mereka akan diangkat lalu dibersihkan agar berbuah lebih banyak.

Yudas Iskariot kriterianya sama dg ke-11 rasul lain,
12 orang sama-sama dipilih Tuhan scr langsung sesudah Ia berdoa semalam-malaman,
12 orang sama-sama disebut Rasul,
12 orang sama-sama diberi kuasa ROH KUDUS,
12 orang sama-sama melakukan mujizat dalam kuasa ROH KUDUS,
12 orang sama-sama 3,5 tahun menyertai Kristus,
12 orang sama-sama mendengar firman dariNya,
12 orang sama-sama diberi tau rahasia Kerajaan Allah.

Ke-12 orang ini krn sama-sama dipanggil dan dipilih langsung serta diberi kuasa ROH KUDUS,
Yudas Iskariot namun tidak berbuah, maka ia dipotong dan dibuang ke luar.

Ini sisi obyektifnya krn kita melihat bukti nyata yg terjadi dari 12 orang tsb.

----------

Tp dari sisi iman, saya akan scr subyektif mengatakan bhw semua orang yg membaca tulisan ini adalah orang-orang yg pasti berbuah. Beberapa mgkn akan dikerat tp pd akhirnya semua akan berbuah banyak krn Tuhan Yesus bersama kita. Tidak mungkin kita tidak berbuah krn kita dalam Kristus.

Hanya saat saya ketemu ada orang yg mengaku ke saya bhw dia beriman kpd Kristus, bener-bener yakin dia lahir baru dalam Tuhan, yg pernah melakukan mujizat dalam nama Tuhan Yesus, yg berafiliasi ke gereja, namun hidupnya scr nyata tidak berbuah, hidup seenaknya, meyakini asal dalam Tuhan pasti selamat apapun perbuatan nyatanya,

Saya dg obyektif akan bilang ke dia:
Kamu itu ngga beriman.

Tp kl dia bilang:
Saya bener-bener beriman dan lahir baru kok.

Maka saya bilang:
Krn kamu yakin kamu beriman, maka kalo kamu ngga bertobat kamu akan dipotong.

Cuma kpd dia aja, kl sama sisa jemaat yg laen kita kasih mreka iman.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: HenHen on September 20, 2018, 01:30:54 PM
kok tumben si Aleph cuekin yang ini

tar dia komen disini brikutnya :

Yudas hidup dalam PL
PL gak OSAS, PB OSAS

coba liat aja prediksi saya bener gak ya (itu kl dia mau lanjutin) ;D
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 20, 2018, 02:03:46 PM
Yudas Iskariot.

Yudas Iskariot kriterianya sama dg ke-11 rasul lain,
12 orang sama-sama dipilih Tuhan scr langsung sesudah Ia berdoa semalam-malaman,
12 orang sama-sama disebut Rasul,
12 orang sama-sama diberi kuasa ROH KUDUS,
12 orang sama-sama melakukan mujizat dalam kuasa ROH KUDUS,
12 orang sama-sama 3,5 tahun menyertai Kristus,
12 orang sama-sama mendengar firman dariNya,
12 orang sama-sama diberi tau rahasia Kerajaan Allah.

Ke-12 orang ini krn sama-sama dipanggil dan dipilih langsung serta diberi kuasa ROH KUDUS,
Yudas Iskariot namun tidak berbuah, maka ia dipotong dan dibuang ke luar.

Ini sisi obyektifnya krn kita melihat bukti nyata yg terjadi dari 12 orang tsb.

Makanya saya nanya, Siip.
Menurut anda, yang 'dipotong' ini cuma untuk Yudas atau untuk kita sekarang ini juga?
Kalau memang ada ancaman 'dipotong', bagaimana kongkretnya kita bisa tahu kalau kita ini tidak berbuah dan akan dipotong Tuhan?
Quote
Tp dari sisi iman, saya akan scr subyektif mengatakan bhw semua orang yg membaca tulisan ini adalah orang-orang yg pasti berbuah. Beberapa mgkn akan dikerat tp pd akhirnya semua akan berbuah banyak krn Tuhan Yesus bersama kita. Tidak mungkin kita tidak berbuah krn kita dalam Kristus.

Hanya saat saya ketemu ada orang yg mengaku ke saya bhw dia beriman kpd Kristus, bener-bener yakin dia lahir baru dalam Tuhan, yg pernah melakukan mujizat dalam nama Tuhan Yesus, yg berafiliasi ke gereja, namun hidupnya scr nyata tidak berbuah, hidup seenaknya, meyakini asal dalam Tuhan pasti selamat apapun perbuatan nyatanya,

Saya dg obyektif akan bilang ke dia:
Kamu itu ngga beriman.

Tp kl dia bilang:
Saya bener-bener beriman dan lahir baru kok.

Maka saya bilang:
Krn kamu yakin kamu beriman, maka kalo kamu ngga bertobat kamu akan dipotong.

Cuma kpd dia aja, kl sama sisa jemaat yg laen kita kasih mreka iman.
Kita sama-sama percaya, orang yang di dalam Yesus (beriman) akan berbuah.
Secara logis, kalau orang mengerti berita injil, yaitu sadar dirinya begitu berdosa, tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri, lalu percaya ada Tuhan yang mengasihi dia sehingga rela mati menyelamatkan dirinya, secara logis orang itu akan hidup dengan penuh ucapan syukur dan mau mengasihi Tuhan.

Tapi kemudian kita ketemu orang yang mengaku bhw dia beriman kpd Kristus, bener-bener yakin dia lahir baru dalam Tuhan, yg pernah melakukan mujizat dalam nama Tuhan Yesus, yg berafiliasi ke gereja, namun hidupnya scr nyata tidak berbuah, hidup seenaknya, meyakini asal dalam Tuhan pasti selamat apapun perbuatan nyatanya.

Saya meskipun bukan berlatar belakang psikologi, akan mencoba mengerti dia, kenapa demikian?
Apakah dia sebenarnya tidak mengerti injil?
Atau mengerti tapi tidak percaya?
Atau sudah percaya tapi ada sesuatu yang membuatnya bertindak berlawanan dengan apa yang dipercayainya?
Bisakah kita membantu?

Kalau kita mengatakan 'kalo kamu ngga bertobat kamu akan dipotong', bukankah ini malah pernyataan yang membingungkan? Seolah-olah Tuhan menyelamatkan/membuang kita karena perbuatan (buah) kita? 

Memang kelihatannya memberikan 'ancaman' itu adalah cara yang mudah untuk mengubah tindakan seseorang. Tapi saya lebih percaya dengan cara kasih karunia untuk mengubah tindakan orang itu dari dalam.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on September 20, 2018, 03:00:19 PM
Betul,
ini adalah proses perkebunan anggur.
Kemudian secara obyektif kita liat perumpamaan yang diceritakan Tuhan Yesus.
Adakah Yesus menceritakan tentang ranting tua yang dipotong?

Pd satu pokok anggur hanya dirawat tiga cabang utama
Cabang diberi penopang agar tidak condong ke samping
Kurasa ranting tua beda pengeriannya dgn ranting kering
Ranting beda juga pengertiannya dgn cabang pokok anggur
Cabang utama umumnya tak pernah dipotong mis. tinggal 2

Salam Damai
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: melangkahpasti on September 20, 2018, 06:53:45 PM
Saya coba nimbrung :
1.  Yang dipermasalahkan disini BUKAN jumlah buah, tapi TIDAK BERBUAH sama sekali.
2. Kalau buah menggambarkan hasil karya Kristus dalam diri orang percaya dalam bentuk perbuatan baik orang percaya itu, berarti TIDAK dipermasalahkan berapa banyak jumlah perbuatan baiknya. Mau 1 buah atau 10 buah atau 1000 buah atau 1juta buah, TIDAK akan dipotong.
3. Nah sekarang yang TIDAK berbuah pasti dipotong.
4. Proses berbuah bukan upaya ranting itu sendiri, dia tinggal menancap pada pokok dan pasti berbuah.
5. Oleh karena itu, permasalahannya ada pada tidak menancapnya dia pada pokok.
6. Kata "tinggal" yang dipakai adalah "remain" dalam bahasa Inggrisnya berarti sudah pernah tertancap lebih dulu dan terus tetap menancap.
7.  Dalam perumpaan ini proses menancap rupanya adalah PILIHAN BEBAS dari si ranting, makanya dibilang agar tinggal (remain).
8.  Jadi berarti ranting dapat pernah tertancap pada pokok dan kemudian membuat dirinya lepas (dalam kehendak bebasnya).
9. Dengan demikian, orang percaya dapat melepaskan dirinya dari pokok (Yesus).
10. Selama dia masih menancap, dia pasti berbuah, seberapapun sedikit buahnya, mau SATU pun tetap tidk dipotong.
11. Permasalahannya sama sekali bukan pada dipotong dan dibakar.  Proses pemotongan terjadi karena memang ranting sudah mati.

Salam



Yoh 15:1-6
Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.
Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. 
Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: viruskasih on September 20, 2018, 09:25:48 PM
Kalau memang ada ancaman 'dipotong', bagaimana kongkretnya kita bisa tahu kalau kita ini tidak berbuah dan akan dipotong Tuhan?
Bukannya itu wewenang gereja elo, bray?

Bukankahkah gereja-gereja protestan dan denom-nya (termasuk gereja gue) meyakini bahwa mereka memiliki Kunci-Kunci Kerajaan Sorga?

Dan dengan "klaim" sebagai pemegang Kunci-Kunci Kerajaan Sorga, bukankah gereja-gereja tersebut memiliki kewenangan menetapkan apakah jemaatnya ternyata tidak berbuah dan akan dipotong Tuhan?

Gue ambil kasus Yudas Iskariot sebagai analoginya. Bukankah rasul Petrus, yang notabene adalah pemegang Kunci-Kunci Kerajaan Sorga, yang kemudian menyatakan tentang Yudas Iskariot kepada sekitar 120 orang di Yerusalem paska kenaikan Yesus Kristus?
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: viruskasih on September 20, 2018, 09:42:46 PM
Saya coba nimbrung :
...
4. Proses berbuah bukan upaya ranting itu sendiri, dia tinggal menancap pada pokok dan pasti berbuah.
...
(2) Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya...

Menurut elo, kata pada-Ku di ayat tersebut, apakah bisa dibaca "sudah menancap", bray?

Kalo nurut gue sih, "emang sudah menancap" karena kalo belom, ya ga perlu susah-susah dipotong.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: melangkahpasti on September 21, 2018, 06:57:55 AM
Hi bro,

thanks tanggapannya.

Alur penjelasan saya seperti ini  :
1. Proses berbuah adalah urusan pokok.
2. Proses berbuah-buah itu (banyak buah dan lebih banyak lagi) itu urusan pengusaha.
3. Ada kondisi dimana ranting tidak memiliki buah.
4. Itu hanya terjadi ketika hubungan antara pokok dan ranting tidak ada (arus nutrisi terputus).
5. Urudan terputusnya nutrisi adalah urusan si ranting karena dia tidak tinggal (pernah menancap dan kemudian tidak lagi).

Begitu.

Salam

(2) Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya...

Menurut elo, kata pada-Ku di ayat tersebut, apakah bisa dibaca "sudah menancap", bray?

Kalo nurut gue sih, "emang sudah menancap" karena kalo belom, ya ga perlu susah-susah dipotong.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on September 21, 2018, 09:26:13 AM
Hi bro,

Hay, Mel!
Aku coba ikut tanggapi ide-mu!
Mungkin sekedar coba2 memperkaya wacana, sbb:

1. Proses berbuah adalah urusan pokok.
Yes! Ttg pokok anggur dan kebun itu di mulai mula2 oleh Nuh
Lalu timbul istilah pohon anggur Sodom kebuh anggur Gomora
Lalu istilah buah anggur pahit, beracun, dan berbuah yg masam
Yesus ialah pokok anggur yg benar, kita adalah ranting2-nya.

2. Proses berbuah-buah itu (banyak buah dan lebih banyak lagi) itu urusan pengusaha.
Pengusahanya ialah Allah yg adalah Roh
Oleh Yesus roh kita telah menjadi rantingnya
Jiwa mengendalikan roh yg penurut dan kuat ini

3. Ada kondisi dimana ranting tidak memiliki buah.
Yg alami tak ngerti roh, manusia duniawi ingin alam ini
Kita adalah manusia2 rohani yg mengerti dan peduli illahi

4. Itu hanya terjadi ketika hubungan antara pokok dan ranting tidak ada (arus nutrisi terputus).
Ya! Mungkin itu bisa oleh sebab tak ngerti koneksi atau telah terkonek kpd roh2 lain
Aku belum tahu apa bisa ada istilah benalu pengganggu aliran nutrisi ranting
Tapi memang ada istilah anggur Sodom atau buah anggur yg masam.

5. Urudan terputusnya nutrisi adalah urusan si ranting
karena dia tidak tinggal (pernah menancap dan kemudian tidak lagi).

Ya! Kita adalah ranting aktif, maka ini urusan kita
Bagaimana mengkoneksikan atau mencangkokan ranting mandul
Dan itu mungkin bisa dianggap sebagai buah2 dr ranting yg terkonek dgn Yesus

Itu bisa2an-ku saja
Mencoba ranting pasif menjadi aktif thp pokok dan ranting lainnya
Dan mInimal mengenal "benalu" pengganggu konektifitas kita dgn Yesus

Salam Damai Mel!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Siip on September 21, 2018, 09:54:37 AM
Makanya saya nanya, Siip.
Menurut anda, yang 'dipotong' ini cuma untuk Yudas atau untuk kita sekarang ini juga?
Kalau memang ada ancaman 'dipotong', bagaimana kongkretnya kita bisa tahu kalau kita ini tidak berbuah dan akan dipotong Tuhan?Kita sama-sama percaya, orang yang di dalam Yesus (beriman) akan berbuah.

Kita mah tidak, Bro.
Kita pasti berbuah.

Yg dipotong ini mreka (pd zaman skrg) yg yakin betul telah beriman, sudah lahir baru, pernah dalam hadirat Tuhan, dibuktikan jg dg mreka mlakukan mujizat dalam nama Tuhan Yesus, tp yg hidupnya berlawanan dg karakter Kristus namun yg mrasa enteng-enteng saja pasti masuk sorga.
Kl kamu ketemu yg bgitu macam, pemotongan ini disampaikanlah ke dia.

Kl ke jemaat biasa ya sampaikan poin 1 dan 2 aja.

Quote
Kalau kita mengatakan 'kalo kamu ngga bertobat kamu akan dipotong', bukankah ini malah pernyataan yang membingungkan? Seolah-olah Tuhan menyelamatkan/membuang kita karena perbuatan (buah) kita? 

Mbingungkan sih nggak, kamu saja yg mbuatnya bingung.
Kita kan sama-sama yakin orang selamat krn grace, orang binasa krn kesalahan dia sendiri.
Semisal Yudas, ngga ada beda perlakukan Tuhan kpd dia dbandingkan 11 rasul lain. Yudas sama-sama menerima urapan yg sama, firman yg sama, panggilan yg sama dg 11 rasul lain.
Itu 12 sama-sama nempel ke pokok.

Tp yg 11 selamat krn grace, yg 1 binasa krn salahnya sendiri.

Yudas dipotong krn salahnya sendiri, itu fakta.
Knp jd bingung?

Saya tau knp jd bingung...

Quote
Memang kelihatannya memberikan 'ancaman' itu adalah cara yang mudah untuk mengubah tindakan seseorang. Tapi saya lebih percaya dengan cara kasih karunia untuk mengubah tindakan orang itu dari dalam.

Itu krn kamu tidak setuju bhw peringatan bisa mbuat orang bertobat.
Dg kata lain, kamu tidak setuju kl Roh Allah bisa menggunakan suatu peringatan utk mempertobatkan orang.
Kamu hanya menerima ROH KUDUS mempertobatkan orang dg kata-kata bermuatan positif.

Bagi benakmu, grace hanya bekerja melalui kata-kata bernuansa positif atau iman yg disampaikan dg gaya positif.

I dont.

Kita sama-sama percaya grace, cuma beda di gaya penyampaiannya.

Saya yakin mnyampaikan peringatan kpd org yg tidak tepat pd saat yg tidak tepat akan mhasilkan pemikiran yg tidak tepat.
Tp ada saatnya peringatan perlu disampaikan pd org yg tepat di saat yg tepat shg mhasilkan buah yg tepat.

Alkitab penuh dg peringatan dan ancaman dari mulut Tuhan sendiri, kl ROH KUDUS ngga stuju dg peringatan, alhasil surat PB yg semuanya dibaca oleh jemaat ngga akan berisi peringatan seolah Tuhan takut nanti jemaat yg membaca pasti akan gagal paham grace.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 21, 2018, 10:11:10 AM
Kita mah tidak, Bro.
Kita pasti berbuah.

Yg dipotong ini mreka (pd zaman skrg) yg yakin betul telah beriman, sudah lahir baru, pernah dalam hadirat Tuhan, dibuktikan jg dg mreka mlakukan mujizat dalam nama Tuhan Yesus, tp yg hidupnya berlawanan dg karakter Kristus namun yg mrasa enteng-enteng saja pasti masuk sorga.
Kl kamu ketemu yg bgitu macam, pemotongan ini disampaikanlah ke dia.

Kl ke jemaat biasa ya sampaikan poin 1 dan 2 aja.

Mbingungkan sih nggak, kamu saja yg mbuatnya bingung.
Kita kan sama-sama yakin orang selamat krn grace, orang binasa krn kesalahan dia sendiri.
Semisal Yudas, ngga ada beda perlakukan Tuhan kpd dia dbandingkan 11 rasul lain. Yudas sama-sama menerima urapan yg sama, firman yg sama, panggilan yg sama dg 11 rasul lain.
Itu 12 sama-sama nempel ke pokok.

Tp yg 11 selamat krn grace, yg 1 binasa krn salahnya sendiri.

Yudas dipotong krn salahnya sendiri, itu fakta.
Knp jd bingung?

Saya tau knp jd bingung...

Itu krn kamu tidak setuju bhw peringatan bisa mbuat orang bertobat.
Dg kata lain, kamu tidak setuju kl Roh Allah bisa menggunakan suatu peringatan utk mempertobatkan orang.
Kamu hanya menerima ROH KUDUS mempertobatkan orang dg kata-kata bermuatan positif.

Bagi benakmu, grace hanya bekerja melalui kata-kata bernuansa positif atau iman yg disampaikan dg gaya positif.

I dont.

Kita sama-sama percaya grace, cuma beda di gaya penyampaiannya.

Saya yakin mnyampaikan peringatan kpd org yg tidak tepat pd saat yg tidak tepat akan mhasilkan pemikiran yg tidak tepat.
Tp ada saatnya peringatan perlu disampaikan pd org yg tepat di saat yg tepat shg mhasilkan buah yg tepat.

Alkitab penuh dg peringatan dan ancaman dari mulut Tuhan sendiri, kl ROH KUDUS ngga stuju dg peringatan, alhasil surat PB yg semuanya dibaca oleh jemaat ngga akan berisi peringatan seolah Tuhan takut nanti jemaat yg membaca pasti akan gagal paham grace.
Jangan salah sangka, Siip, saya tidak mengatakan di alkitab tidak ada peringatan. Saya percaya didikan Tuhan.
Di alkitab memang banyak peringatan. Dan memang peringatan bisa membuat orang bertobat. Tapi gak ada peringatan tentang 'kalau kamu tidak berbuat baik maka keselamatanmu akan hilang'.

Bukankah kalau anda percaya keselamatan itu dipertahankan dengan perbuatan baik, maka dengan kata lain keselamatan itu adalah hasil perbuatan baik?

Itulah yang membingungkan dan selalu saya pertanyakan. Mengatakan kalau tidak ada perbuatan baik maka tidak akan selamat, tapi gak mau dikatakan keselamatan karena perbuatan baik.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on September 21, 2018, 10:58:39 AM
@all

Kurasa benar:
Urusan pokok anggur
Yg pokok ialah anggur
Bukan potong ranting

Alur penjelasan saya seperti ini  :
1. Proses berbuah adalah urusan pokok.
2. Proses berbuah-buah itu (banyak buah dan lebih banyak lagi) itu urusan pengusaha.
3. Ada kondisi dimana ranting tidak memiliki buah.
4. Itu hanya terjadi ketika hubungan antara pokok dan ranting tidak ada (arus nutrisi terputus).
5. Urudan terputusnya nutrisi adalah urusan si ranting
karena dia tidak tinggal (pernah menancap dan kemudian tidak lagi).
Begitu.

Berikut pertanyaan dan pernyataan pokok lain yg relevan
Sebenarnya hrs soal buah, tapi yg dibahas panas soal dipotong

Jadi bahasan pokok anggur hrs
Bagai mana kongkritnya berbuah
Bukan bagai kongkritnya dipotong

Prosesnya sudah, lalu sekarang berbuahnya ...
Sebab kita telah dikuduskan, maka perlu cari tahu ttg
Apa indikator buah itu? Bukan gimana spy tak dipotong nanti!

Makanya saya nanya, Siip.
Menurut anda, yang 'dipotong' ini cuma untuk Yudas atau untuk kita sekarang ini juga?
Kalau memang ada ancaman 'dipotong', bagaimana kongkretnya kita bisa tahu kalau kita ini tidak berbuah dan akan dipotong Tuhan?Kita sama-sama percaya, orang yang di dalam Yesus (beriman) akan berbuah.

Jadi spt usulku semula masuk

Maksudku,
Kita sedang berusaha menjadi sempurna
Apa2 saja yg hrs kita kerjakan se-hari2-nya
Apa saja indikatornya, bw kerja itu on the track

Hasil kerja nyata bisa dicarikan alat ukurnya
Semua kerja itu bisa di-list dan di-sortir
Seturut prioritas kita yg bisa beda
 

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: melangkahpasti on September 21, 2018, 11:05:12 AM
 :)   waaaaah pengertiannya bisa diperkaya kayak gini ya  :afro: :afro:

Salam damai juga bro!!

Hay, Mel!
Aku coba ikut tanggapi ide-mu!
Mungkin sekedar coba2 memperkaya wacana, sbb:

1. Proses berbuah adalah urusan pokok.
Yes! Ttg pokok anggur dan kebun itu di mulai mula2 oleh Nuh
Lalu timbul istilah pohon anggur Sodom kebuh anggur Gomora
Lalu istilah buah anggur pahit, beracun, dan berbuah yg masam
Yesus ialah pokok anggur yg benar, kita adalah ranting2-nya.

2. Proses berbuah-buah itu (banyak buah dan lebih banyak lagi) itu urusan pengusaha.
Pengusahanya ialah Allah yg adalah Roh
Oleh Yesus roh kita telah menjadi rantingnya
Jiwa mengendalikan roh yg penurut dan kuat ini

3. Ada kondisi dimana ranting tidak memiliki buah.
Yg alami tak ngerti roh, manusia duniawi ingin alam ini
Kita adalah manusia2 rohani yg mengerti dan peduli illahi

4. Itu hanya terjadi ketika hubungan antara pokok dan ranting tidak ada (arus nutrisi terputus).
Ya! Mungkin itu bisa oleh sebab tak ngerti koneksi atau telah terkonek kpd roh2 lain
Aku belum tahu apa bisa ada istilah benalu pengganggu aliran nutrisi ranting
Tapi memang ada istilah anggur Sodom atau buah anggur yg masam.

5. Urudan terputusnya nutrisi adalah urusan si ranting
karena dia tidak tinggal (pernah menancap dan kemudian tidak lagi).

Ya! Kita adalah ranting aktif, maka ini urusan kita
Bagaimana mengkoneksikan atau mencangkokan ranting mandul
Dan itu mungkin bisa dianggap sebagai buah2 dr ranting yg terkonek dgn Yesus

Itu bisa2an-ku saja
Mencoba ranting pasif menjadi aktif thp pokok dan ranting lainnya
Dan mInimal mengenal "benalu" pengganggu konektifitas kita dgn Yesus

Salam Damai Mel!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on September 21, 2018, 12:51:13 PM
:)   waaaaah pengertiannya bisa diperkaya kayak gini ya  :afro: :afro:

Tq!

Agar lebih memperkaya kita lagi
Berikut ini terkait tradisi anggur
Antar lain:

1. Mujizat anggur di Kana [Yoh.2]
2. Buruh kebun anggur[Matius 20:1-16]
3. Penggarap kebun [Mat.21:33-44; Mar.12:1-12; Luk.20:9-19]
4. Perjamuan kawin [Matius 22:1-14]
5. Gadis bijak dan gadis bodoh [Mat.25:1-13]
6. Kantong anggur yg baru [Mat.9:17]
7. Pokok anggur yg benar [Yoh.15:1-15]

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: melangkahpasti on September 21, 2018, 01:27:50 PM

 Yoo  :afro:
Tq!

Agar lebih memperkaya kita lagi
Berikut ini terkait tradisi anggur
Antar lain:

1. Mujizat anggur di Kana [Yoh.2]
2. Buruh kebun anggur[Matius 20:1-16]
3. Penggarap kebun [Mat.21:33-44; Mar.12:1-12; Luk.20:9-19]
4. Perjamuan kawin [Matius 22:1-14]
5. Gadis bijak dan gadis bodoh [Mat.25:1-13]
6. Kantong anggur yg baru [Mat.9:17]
7. Pokok anggur yg benar [Yoh.15:1-15]

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: HenHen on September 21, 2018, 02:27:40 PM
Mbingungkan sih nggak, kamu saja yg mbuatnya bingung.

sy juga nggak bingung ;D ;D

dia aja bingung2 sendiri

tapi dia MENGHARUSKAN orang lain juga bingung kayak dia ;D

disitu salah satu letak kekonyolannya

tp liat aja nih, tar juga dia maki2 balik
dikasih tau ngamuk2
wkwkwk

tar ujung2nya jadi badut kita ;D
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on September 21, 2018, 03:00:27 PM
@all
Ada apa lagi ...!

Kurasa yg tadi itu hrs benar:
Bw dlm perumpamaan pokok anggur ini
Yg pokok adalah buah anggur, bukan hal potong ranting

Sebab saleh karena selalu menghindari dosa
Beda dgn saleh karna berbuah kasih kpd sesama
Nutrisi-Nya menyempurnakan buah kita secara kontinyu

Maka org2 saleh karena ingin selamat hrs beda dgn
Org2 saleh karena telah diselamatkan, sebab kita hrs:
Masuk sarang serigala, cerdik spt ular, tulus spt merpati

Salam Damai!

NB:
3. Ada kondisi dimana ranting tidak memiliki buah.
Yg alami tak mengerti roh, manusia duniawi ingin alam ini
Kita adalah manusia2 rohani yg mengerti dan peduli illahi

4. Itu hanya terjadi ketika hubungan antara pokok dan ranting tidak ada (arus nutrisi terputus).
Ya! Mungkin itu bisa oleh sebab tak ngerti koneksi atau telah terkonek kpd roh2 lain
Aku belum tahu apa bisa ada istilah benalu pengganggu aliran nutrisi ranting
Tapi memang ada istilah anggur Sodom atau buah anggur yg masam.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on September 21, 2018, 05:32:18 PM
Jadi yg hrs dipikir ialah berbuah saja
Tak usah pikir kalau2 dipotong nanti
Sia2 nutrisi-pikir dipake utk yg boten2

Jangan takut potong! [1Yoh. 4:18]
Di dalam kasih tidak ada ketakutan:
Kasih yg sempurna melenyapkan ketakutan;
Sebab ketakutan itu mengandung hukuman dan
Barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dlm kasih
http://forumkristen.com/index.php?topic=63716.msg1239476#msg1239476 (http://forumkristen.com/index.php?topic=63716.msg1239476#msg1239476)

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: ronny_het on September 22, 2018, 03:46:20 PM
Jangan salah sangka, Siip, saya tidak mengatakan di alkitab tidak ada peringatan. Saya percaya didikan Tuhan.
Di alkitab memang banyak peringatan. Dan memang peringatan bisa membuat orang bertobat. Tapi gak ada peringatan tentang 'kalau kamu tidak berbuat baik maka keselamatanmu akan hilang'.

Bukankah kalau anda percaya keselamatan itu dipertahankan dengan perbuatan baik, maka dengan kata lain keselamatan itu adalah hasil perbuatan baik?

Itulah yang membingungkan dan selalu saya pertanyakan. Mengatakan kalau tidak ada perbuatan baik maka tidak akan selamat, tapi gak mau dikatakan keselamatan karena perbuatan baik.
Seandainya Bro percaya adanya Purgatory sebelum semuanya diselamatkan...maka bro tidak akan bingung (bingung tentang Iman plus perbuatan vs Grace cuma" tanpa syarat)....

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: melangkahpasti on September 22, 2018, 04:58:18 PM
ini saya setuju sekali

Jadi yg hrs dipikir ialah berbuah saja
Tak usah pikir kalau2 dipotong nanti
Sia2 nutrisi-pikir dipake utk yg boten2

Jangan takut potong! [1Yoh. 4:18]
Di dalam kasih tidak ada ketakutan:
Kasih yg sempurna melenyapkan ketakutan;
Sebab ketakutan itu mengandung hukuman dan
Barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dlm kasih
[url]http://forumkristen.com/index.php?topic=63716.msg1239476#msg1239476[/url] ([url]http://forumkristen.com/index.php?topic=63716.msg1239476#msg1239476[/url])

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on September 24, 2018, 11:59:13 AM
Jangan salah sangka, Siip, saya tidak mengatakan di alkitab tidak ada peringatan. Saya percaya didikan Tuhan.
hahaha... ini ajaran baru tradisi pendetong mu lagi yaaa...

"didikan Tuhan" iku opoooo toh massss....
ahahaha...

kalo elo di gerejamu masih terus2an pake terminologi salesman gini..
yang bertahan jadi downline mu ya bakalan orang2 yg mau aja elo kadalin pake istilah2 gini..
alias tetep guremmm.. ahahaha...

Quote
Bukankah kalau anda percaya keselamatan itu dipertahankan dengan perbuatan baik, maka dengan kata lain keselamatan itu adalah hasil perbuatan baik?
lha yang bilang "keselamatan dipertahankan dgn perbuatan baik" itu siapaaa??????

fantasimu itu liar banget ya?
suka SM ya? wkwkwwk

Quote
Itulah yang membingungkan dan selalu saya pertanyakan. Mengatakan kalau tidak ada perbuatan baik maka tidak akan selamat, tapi gak mau dikatakan keselamatan karena perbuatan baik.
ulangi lagi ya yang ke sekian ratus kalinyaa....

1. Iman kepada kristus menyelamatkan
2. Buah dari Iman sejati adalah perbuatan baik

Question:
Apakah Perbuatan baik BERKORELASI dengan keselamatan atau tidak?

pertanyaan gitu aja elo enggak berani jawab...
ahahahahaha....
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 25, 2018, 08:15:18 AM
sy juga nggak bingung ;D ;D

dia aja bingung2 sendiri

tapi dia MENGHARUSKAN orang lain juga bingung kayak dia ;D

disitu salah satu letak kekonyolannya

tp liat aja nih, tar juga dia maki2 balik
dikasih tau ngamuk2
wkwkwk

tar ujung2nya jadi badut kita ;D
Iya, saya akui saya memang bingung.
Gimana di satu sisi ngotot bilang kalau gak ada perbuatan, maka gak akan selamat,
Tapi disamping itu juga ngotot keselamatan bukan karena perbuatan.

Lebih bingung lagi, karena orang-orang yang ngakunya 'gak bingung' dengan pernyataan kontradiksi ini malah bisanya cuma mewek-mewek nyerang orang, daripada ngejelasin kontradiksi ini.

Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: HenHen on September 25, 2018, 09:45:35 AM
buat elu kontradiksi, buat gw kagak, dan apakah gw membuat bingung semua orang? kayaknya elu doang dan orang2 yang super ultra osas doang yang bingung kok ;D

so masalahnya dimana coba pikir

elu bingung walaupun udah dijelasin berulang2 ya udahlah
emang gak nyampe nalarnya mau diapain lagi

seyakin2nya gw sih bukannya elu bodoh kok, tapi karena elu sudah percaya sekali apa yang elu pegang itu gak mungkin salah, makanya penjelasan apapun walaupun bagus dan logis yang menentang kepercayaan elu itu elu shut down dengan segera, makanya elu bingung, elu puter2 walaupun gak masuk akal juga elu puter2 sampe apa yang elu percaya itu diakui benar

mungkin elu takut gak selamat kalo ternyata doktrin osas ga bener ;D
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: pengen_tahu on September 25, 2018, 09:53:01 AM
---edit----
seyakin2nya gw sih bukannya elu bodoh kok, tapi karena elu sudah percaya sekali apa yang elu pegang itu gak mungkin salah, makanya penjelasan apapun walaupun bagus dan logis yang menentang kepercayaan elu itu elu shut down dengan segera, makanya elu bingung, elu puter2 walaupun gak masuk akal juga elu puter2 sampe apa yang elu percaya itu diakui benar

mungkin elu takut gak selamat kalo ternyata doktrin osas ga bener ;D

ya, itu self defense
lumrah semua manusia begitu
paling kentara di saya sewaktu nunggu lampu merah sambil santai
tahu2 kaca mobil diketuk pengemis
reflect langsung angkat tangan bilang enggak
pas pengemisnya pergi dan lihat kondisinya kasihan baru nyesel bilang enggak
sewaktu hal yang kita percaya di bantah akan ada feel insecure
lumrah setiap manusia akan membentuk defense

memang di setiap manusia pasti ada itu
sadar atau tidak sadar
tinggal ybs aja mo menyadari itu atau dikubur dalam2

Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 25, 2018, 11:08:30 AM
buat elu kontradiksi, buat gw kagak, dan apakah gw membuat bingung semua orang? kayaknya elu doang dan orang2 yang super ultra osas doang yang bingung kok ;D

so masalahnya dimana coba pikir

elu bingung walaupun udah dijelasin berulang2 ya udahlah
emang gak nyampe nalarnya mau diapain lagi

seyakin2nya gw sih bukannya elu bodoh kok, tapi karena elu sudah percaya sekali apa yang elu pegang itu gak mungkin salah, makanya penjelasan apapun walaupun bagus dan logis yang menentang kepercayaan elu itu elu shut down dengan segera, makanya elu bingung, elu puter2 walaupun gak masuk akal juga elu puter2 sampe apa yang elu percaya itu diakui benar

mungkin elu takut gak selamat kalo ternyata doktrin osas ga bener ;D
wkwkwkw...mana sih penjelasan elu yang bagus dan logis?

orang cuma maki-maki nyerang orangnya doang kok...
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on September 25, 2018, 11:51:25 AM
Iya, saya akui saya memang bingung.
Gimana di satu sisi ngotot bilang kalau gak ada perbuatan, maka gak akan selamat,
Tapi disamping itu juga ngotot keselamatan bukan karena perbuatan.

Lebih bingung lagi, karena orang-orang yang ngakunya 'gak bingung' dengan pernyataan kontradiksi ini malah bisanya cuma mewek-mewek nyerang orang, daripada ngejelasin kontradiksi ini.

ulangi lagi ya yang ke sekian ratus kalinyaa....

1. Iman kepada kristus menyelamatkan
2. Buah dari Iman sejati adalah perbuatan baik

Question:
Apakah Perbuatan baik BERKORELASI dengan keselamatan atau tidak?

pertanyaan gitu aja elo enggak berani jawab...
ahahahahaha....
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 25, 2018, 12:33:52 PM
ulangi lagi ya yang ke sekian ratus kalinyaa....

1. Iman kepada kristus menyelamatkan
2. Buah dari Iman sejati adalah perbuatan baik

Question:
Apakah Perbuatan baik BERKORELASI dengan keselamatan atau tidak?

pertanyaan gitu aja elo enggak berani jawab...
ahahahahaha....
Saya ulangi lagi juga ya...
Maksud pertanyaan elu itu kemana?
kenapa harus dipertanyakan?
Melihat kalimat 1 dan 2 jelas ada korelasi antara perbuatan baik dengan keselamatan. Kenapa harus ditanya lagi?
Kalimat 1 dan 2 jelas memberi informasi apa korelasinya perbuatan baik dengan keselamatan. Kenapa harus dibikin pernyataan general lagi?

Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on September 25, 2018, 04:03:11 PM
Saya ulangi lagi juga ya...
Maksud pertanyaan elu itu kemana?
kenapa harus dipertanyakan?
Melihat kalimat 1 dan 2 jelas ada korelasi antara perbuatan baik dengan keselamatan. Kenapa harus ditanya lagi?
Kalimat 1 dan 2 jelas memberi informasi apa korelasinya perbuatan baik dengan keselamatan. Kenapa harus dibikin pernyataan general lagi?

alhamdulilah wa'syukurillah...
akhirnya terjawab juga pertanyaan gampang ini...

syukur akhirnya aleph berkenan membuka hati atas jamahan ROH KUDUS..


Nah, kalo elo udah SETUJU bahwa "ADA KORELASI antara perbuatan dan keselamatan"..

terus ngapain elo masih nanya pertanyaan dongok ini:
Quote
Bukankah kalau anda percaya keselamatan itu dipertahankan dengan perbuatan baik, maka dengan kata lain keselamatan itu adalah hasil perbuatan baik?


ahahahahahahahaha......


NB:
tebakan gw.... tetep enggak nyampe..haha..
makanya jangan hobi bolos waktu pembagian jatah otak ya say...
kasian Tuhan kan.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 25, 2018, 04:19:01 PM
alhamdulilah wa'syukurillah...
akhirnya terjawab juga pertanyaan gampang ini...

syukur akhirnya aleph berkenan membuka hati atas jamahan ROH KUDUS..


Nah, kalo elo udah SETUJU bahwa "ADA KORELASI antara perbuatan dan keselamatan"..

terus ngapain elo masih nanya pertanyaan dongok ini:

ahahahahahahahaha......


NB:
tebakan gw.... tetep enggak nyampe..haha..
makanya jangan hobi bolos waktu pembagian jatah otak ya say...
kasian Tuhan kan.
Elu ngerti bedanya keselamatan dipertahankan dengan perbuatan baik
dengan keselamatan oleh iman menghasilkan buah perbuatan baik?

Elu itu guoblok tapi pedenya setengah mati.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on September 27, 2018, 12:43:37 PM
ini saya setuju sekali

Tapi sayang sekali belum ada yg mau berpikir ttg buahnya
Masih sibuk memikirkan ranting2 macam mana yg berbuah
Yg jelas tak ada ranting anggur berbuah manggis, ya, Peng!

Mungkin ranting pohon beringin, memang Golkar suka sulap
Konon di situ ada banyak ranting yg doyan makan buahnya
Heh! Ranting aneh itu mah! Koq jadi yg spt itu yg dipelihara

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on September 27, 2018, 12:58:12 PM
buat sebagian orang yang obyektif itu gak pernah dilakukan pemotongan

mungkin metode baru dalam menanam anggur ;D

Dr pengalamannya, jika ada dua ranting,
Yg satu mulai berbunga yg lain belum tampak
Maka biasanya ranting yg belum berbunga dipotongnya
Jadi nutrisi tertuju kpd yg sudah berpotensi agar lebat dan besar

Mungkin itu selaras juga dgn [Mat 13:12]:
Karena siapa yg mempunyai, kpd-nya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan;
Tapi siapa yg tidak mempunyai, apapun juga yg ada pd-nya akan diambil dr pd-nya.


Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on September 27, 2018, 05:17:04 PM
Elu ngerti bedanya keselamatan dipertahankan dengan perbuatan baik
dengan keselamatan oleh iman menghasilkan buah perbuatan baik?

Elu itu guoblok tapi pedenya setengah mati.

kalo gw sih ngerti..

dari dulu justru gw ragu bahwa elo sebenernya yg enggak ngerti tapi cuma manggut-manggut mengkultus ajaran pendetongmu yang kamu anggap infallible itu..

contohnya:
- dari dulu ENGGAK ADA yg bilang bahwa "perbuatan menghasilkan keselamatan", tapi elo berulang-ulang ngotot bahwa orang lain yg enggak sependapat dgn elo itu bilang gitu... padahal enggak

haha...

btw:
jadi nurut elo ajaran pedetongmu berbunyi: "Orang yang sudah terlanjur diselamatkan, maka tidak kuasa menolak karunia iman, dan OTOMATIS tidak-mungkin-tidak pasti akan menghasilkan buah perbuatan Baik" ?


gitu ya?
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 28, 2018, 07:43:06 AM
kalo gw sih ngerti..

dari dulu justru gw ragu bahwa elo sebenernya yg enggak ngerti tapi cuma manggut-manggut mengkultus ajaran pendetongmu yang kamu anggap infallible itu..
Elu ngaku ngerti malah keliatan guobloknya.
Kalau elu ngerti bedanya, kenapa elu samain?

Quote
contohnya:
- dari dulu ENGGAK ADA yg bilang bahwa "perbuatan menghasilkan keselamatan", tapi elo berulang-ulang ngotot bahwa orang lain yg enggak sependapat dgn elo itu bilang gitu... padahal enggak

haha...
Betul, ENGGAK ADA yg bilang bahwa "perbuatan menghasilkan keselamatan".
Semua bilang keselamatan itu anugerah, kasih karunia, karena iman, perbuatan tidak bisa membawa kepada keselamatan.

Kalau memang keselamatan hanya kasih karunia melalui iman, dan perbuatan tidak ikut andil dalam keselamatan, maka kalau gak ada perbuatan baik mestinya bisa selamat. Logikanya begitu kan? Coba elu mikir..

Tapi kalau saya pertanyakan seperti itu, langsung pada ngeles, mutar muter kesana kemari, akhinya nuduh, gak ngerti-ngerti, atau nuduh sok jadi Tuhan, atau bilang sudah dijelasin di blog, dlsb.

Quote
btw:
jadi nurut elo ajaran pedetongmu berbunyi: "Orang yang sudah terlanjur diselamatkan, maka tidak kuasa menolak karunia iman, dan OTOMATIS tidak-mungkin-tidak pasti akan menghasilkan buah perbuatan Baik" ?


gitu ya?
Saya gak bilang gitu, itu karangan guoblok dari elu yang otaknya cuma seuprit.
Kalau menurut saya, orang bisa menolak untuk beriman.
Tapi orang yang mau percaya akan diselamatkan. Kemudian dalam kehidupannya dia terus menerus percaya akan keselamatan yang merupakan anugerah Tuhan semata, maka hidupnya akan menghasilkan perbuatan baik.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on September 28, 2018, 10:05:45 AM
@HenHen

Dr pengalamannya, jika ada dua ranting,
Yg satu mulai berbunga yg lain belum tampak
Maka biasanya ranting yg belum berbunga dipotongnya
Jadi nutrisi tertuju kpd yg sudah berpotensi agar lebat dan besar

Mungkin itu selaras juga dgn [Mat 13:12]:
Karena siapa yg mempunyai, kpd-nya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan;
Tapi siapa yg tidak mempunyai, apapun juga yg ada pd-nya akan diambil dr pd-nya.


Andai kata yg belum berbunga itu dibiarkan
Maka aliran nutrisi akan terbagi kpd dua ranting
Jika mis. pd akhirnya ke-2 ranting itu berbuah juga
Maka butir buahnya kecil2, ttl bobotnya sama saja
Yg membedakan ialah efisiensi waktu dan energi

Dgn bobot yg sama:
Butir anggur yg besar2 penuaiannya cepat dan kuahnya banyak
Butir anggur kecil2 menuainya lambat dan sampah-nya banyak
Sampah itu a.l. sampah kulit, sampah biji, sampah tampuk, dll.

Kayaknya, gitu, Hen!
Pengusaha kerap berpikir hal efisiensi
Jadi pemotongan itu bukan metode baru menanam anggur

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: HenHen on September 28, 2018, 10:11:44 AM
Pengusaha kerap berpikir hal efisiensi
Jadi pemotongan itu bukan metode baru menanam anggur

Salam Damai!

katakan itu pada Aleph yang berpendapat gak ada pemotongan broh ;D
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on September 28, 2018, 01:29:33 PM
Sorry, Bro!
Kurasa semua kita tahu apa itu ranting
Hal potong urusan pengusaha, bukan kita
Aku baca responmu itu yg kpd Siip di sini:

Kl mau obyektif, maka kita kudu melihat proses nyata perkebunan anggur. Tuhan gak mungkin mengajar jauh-jauh dari proses riil kan.
Proses nyata perkebunan anggur mperlihatkan:
1. Ranting yg berbuah dibersihkan agar lebih banyak berbuah
2. Ranting muda diangkat supaya kena sinar matahari shg bisa berbuah
3. Ranting tua yg tidak berbuah dipotong

Semuanya ada.
buat sebagian orang yang obyektif itu gak pernah dilakukan pemotongan
mungkin metode baru dalam menanam anggur ;D

Jadi @all
Kemon  pikir buah, bukan ranting
Jgn ranting2 jadi sarang bertelur
Menetas, berbiak, utk bertempur
Esa hilang dua bilang mprit2-an

ya, itu self defense
lumrah semua manusia begitu


Ya, tapi
Keknya, yg begitu insting primitif, Bro
Bagai semut ke-injek mengigit
Preman kesenggol nonjok

Manusia hrs kuat diludahin
Itu cirinya melekat pd pohon
Spt Yusuf difitnah di Mesir berbuah

paling kentara di saya sewaktu nunggu lampu merah sambil santai
tahu2 kaca mobil diketuk pengemis
reflect langsung angkat tangan bilang enggak

Apa ini bagai bunga anggur ketiup angin?
Mungkin bagai hampir berbuah sembarangan
Menurutku, tidak mulia berbuah di lampu merah

pas pengemisnya pergi dan lihat kondisinya kasihan baru nyesel bilang enggak
sewaktu hal yang kita percaya di bantah akan ada feel insecure

Semoga itu menjadi pengajaran baginya
Dan menjadi denyut kuncup bunga bagi kita

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on September 28, 2018, 01:45:33 PM
Coba kita fokuskan [Yoh.15:1-8] pd:
Awal perumpamaan: "Akulah pokok anggur yg benar"
Dan akhir perumpamaan: :Kamu adalah murid2-Ku"

Ditengah2nya ada pengusaha dan jenis2 ranting
Yg kita bahas adalah diri ranting yg sudah bersih

1 "Akulah pokok anggur yg benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
2  Setiap ranting pd-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan
setiap ranting yg berbuah, dibersihkan-Nya, spy ia lebih banyak berbuah.
3  Kamu memang sudah bersih karena firman yg telah Kukatakan kpd-mu.

4  Tinggallah di dlm Aku dan Aku di dalam kamu.
Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dr dirinya sendiri,
kalau ia tidak tinggal pd pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah,
jikalau kamu tidak tinggal di dlm Aku.
5  Akulah pokok anggur dan kamulah ranting2-nya.
Barangsiapa tinggal di dlm Aku dan Aku di dlm dia, ia berbuah banyak,
sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
6  Barangsiapa tidak tinggal di dlm Aku,
ia dibuang ke luar spt ranting dan menjadi kering,
kemudian dikumpulkan org dan dicampakkan ke dlm api lalu dibakar.
7  Jikalau kamu tinggal di dlm Aku dan firman-Ku tinggal di dlm kamu,
mintalah apa saja yg kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.
8  Dlm hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak
dan dgn demikian kamu adalah murid2-Ku."

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on September 28, 2018, 03:26:04 PM
Kalau memang keselamatan hanya kasih karunia melalui iman, dan perbuatan tidak ikut andil dalam keselamatan, maka kalau gak ada perbuatan baik mestinya bisa selamat. Logikanya begitu kan? Coba elu mikir..
ya enggak dong..
kan masih ada premis "iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong"..

katanya elo bilang ayat alkitab itu Firman Tuhan...
Firman Tuhan yang itu elo kemanain?
apa elo kira tuhan lagi khilaf?
ahahaha.....

Quote
Tapi kalau saya pertanyakan seperti itu, langsung pada ngeles, mutar muter kesana kemari, akhinya nuduh, gak ngerti-ngerti, atau nuduh sok jadi Tuhan, atau bilang sudah dijelasin di blog, dlsb.
haha.. coba aja palingan elo yang ngeles pura-pura gak baca James 2:20
wkwk.. seneng kan elo ada kutipan nomer buntutnya? diskusinya lebih Kristen? wkwk

Quote
Saya gak bilang gitu, itu karangan guoblok dari elu yang otaknya cuma seuprit.
Kalau menurut saya, orang bisa menolak untuk beriman.
Lho.. tunggu... tunggu..

bukannya menurut ajaran tradisimu, setiap manusia itu udah dipastikan selamat atau enggak selamatnya?
kok bisa minta pindah kamar?

Quote
Tapi orang yang mau percaya akan diselamatkan. Kemudian dalam kehidupannya dia terus menerus percaya akan keselamatan yang merupakan anugerah Tuhan semata, maka hidupnya akan menghasilkan perbuatan baik.

ahahahaha... ini yang elo bilang "didikan tuhan" itu??
wkwkwkwkwkwkwkwkw....

coba dijelasin dong mas..
gimana jalan pikiran tuhan nya?

jadi nurut elo:
Tuhan berkehendak agar manusia yang sudah mengaku-ngaku percaya, dan terus-menerus ngaku-ngaku terus percaya, maka otomatis manusia tersebut tidak dapat berbuat jelek?


ahahahahaha....
ini didikan tuhanmu itu mas?
wkwkwkw
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on September 28, 2018, 05:25:31 PM
@cadangdata
Yg dierami tadi baru menetas kini
Yg kini menetasnya mungkin nanti
Lalu kapan berbuah jika betelur mulu

@Siip
Bukankah kita perlu umpama berbuah?
Atau kita perlu cari tahu/bahas ini dulu:
Mengapa banyak hal anggur dlm Alkitab?

Mujizat pertama Yesus pd pesta kawin di Kana ialah hal anggur
Perumpamaan terakhir-Nya di Yerusalem ttg pokok anggur
Ada apa dgn anggur?

... Antara lain:
1. Mujizat anggur di Kana [Yoh.2]
2. Buruh kebun anggur[Matius 20:1-16]
3. Penggarap kebun [Mat.21:33-44; Mar.12:1-12; Luk.20:9-19]
4. Perjamuan kawin [Matius 22:1-14]
5. Gadis bijak dan gadis bodoh [Mat.25:1-13]
6. Kantong anggur yg baru [Mat.9:17]
7. Pokok anggur yg benar [Yoh.15:1-15]

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Sotardugur Parreva on September 29, 2018, 12:46:38 AM
Koreksi:
Coba kita fokuskan [Yoh.15:1-8] pd:
Awal perumpamaan: "Akulah pohon anggur yg benar"
...
Bukan "pohon" melainkan "pokok".

Salam damai (tanpa pentung).
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: viruskasih on September 29, 2018, 03:59:39 AM
...
Kalau memang keselamatan hanya kasih karunia melalui iman, dan perbuatan tidak ikut andil dalam keselamatan, maka kalau gak ada perbuatan baik mestinya bisa selamat. Logikanya begitu kan? Coba elu mikir..
...
Lho, kan PERCAYA itu perbuatan baik, bray?

Ya, kecuali kalo menurut elo PERCAYA itu bukan perbuatan baik sih.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: viruskasih on September 29, 2018, 04:56:51 AM
Coba kita fokuskan [Yoh.15:1-8] pd:
Awal perumpamaan: "Akulah pohon anggur yg benar"
Dan akhir perumpamaan: :Kamu adalah murid2-Ku"

Ditengah2nya ada pengusaha dan jenis2 ranting
Yg kita bahas adalah diri ranting yg sudah bersih

1 "Akulah pokok anggur yg benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
2  Setiap ranting pd-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan
setiap ranting yg berbuah, dibersihkan-Nya, spy ia lebih banyak berbuah.
3  Kamu memang sudah bersih karena firman yg telah Ku katakan kpd-mu.
...
Nah itu dia poinnya, bray.

Yang ngomong SUDAH BERSIH-nya kan adalah Yesus Kristus sendiri. Jadi unquestionable gitu.
Lah kalo gue, paling sebatas rasa-rasanya gue percaya barangkali atau mungkin sudah bersih...
Itu pas lagi up, kalo pas lagi down, lain lagi ceritanya.

Kalo elo gimana, bray?
Kayaknya sih yakin SUDAH BERSIH gitu... ???
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on September 29, 2018, 07:21:56 AM
Lho, kan PERCAYA itu perbuatan baik, bray?

Ya, kecuali kalo menurut elo PERCAYA itu bukan perbuatan baik sih.
Yaela, argumen beginian muncul terus.
Bernapas juga termasuk perbuatan ya bray. Jadi emang alkitab itu salah kali ya. Gak mungkin kita bisa selamat tanpa perbuatan baik kita.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on September 29, 2018, 04:39:47 PM
Yaela, argumen beginian muncul terus.
Bernapas juga termasuk perbuatan ya bray. Jadi emang alkitab itu salah kali ya. Gak mungkin kita bisa selamat tanpa perbuatan baik kita.

yang salah itu ELO dul...

hahahaha....
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: viruskasih on September 30, 2018, 09:30:07 PM
Yaela, argumen beginian muncul terus.
Ya, mo gimana lagi, bray.
Pakemnya kan udah ada dari sejak dahulu kala. Bahkan sudah ada sebelum TULIP & OSAS nongol loh.

Bernapas juga termasuk perbuatan ya bray.
Lah, emang menurut elo, bernafas bukan perbuatan (baik), bray?

Jadi emang alkitab itu salah kali ya.
Yang ngomong siapa, bray?

Gak mungkin kita bisa selamat tanpa perbuatan baik kita.
Kalo elo sih kayaknya bisa, bray. Moga-moga az yah.

Kalo di gue sih, mustahil bingits, bray. Kan gue mesti percaya dulu. Dan percaya itu, nurut gue, adalah perbuatan baik. Cuma yang mesti jadi catatan adalah, setiap perbuatan baik gue SEMATA-MATA HANYA KARENA anugerah Allah.

Jadi ga ada ceritanya tuh, gue bisa gembar-gembor kalo keselamatan gue adalah sebab-akibat perbuatan baik gue.

Lah, kalo setiap perbuatan baik gue bisa terjadi semata-mata hanya karena anugerah Allah, so apa yang perlu digembar-gemborin?

Jadi, gue diberi iman, ya KARENA anugerah Allah.
Jadi, gue percaya, ya KARENA anugerah Allah.
Jadi, gue selamat/diselamatkan/dapat keselamatan, ya KARENA anugerah Allah.

SOLA GRATIA forever.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on October 01, 2018, 07:33:42 AM
Ya, mo gimana lagi, bray.
Pakemnya kan udah ada dari sejak dahulu kala. Bahkan sudah ada sebelum TULIP & OSAS nongol loh.
Lah, emang menurut elo, bernafas bukan perbuatan (baik), bray?
Yang ngomong siapa, bray?
Kalo elo sih kayaknya bisa, bray. Moga-moga az yah.

Kalo di gue sih, mustahil bingits, bray. Kan gue mesti percaya dulu. Dan percaya itu, nurut gue, adalah perbuatan baik. Cuma yang mesti jadi catatan adalah, setiap perbuatan baik gue SEMATA-MATA HANYA KARENA anugerah Allah.

Jadi ga ada ceritanya tuh, gue bisa gembar-gembor kalo keselamatan gue adalah sebab-akibat perbuatan baik gue.

Lah, kalo setiap perbuatan baik gue bisa terjadi semata-mata hanya karena anugerah Allah, so apa yang perlu digembar-gemborin?

Jadi, gue diberi iman, ya KARENA anugerah Allah.
Jadi, gue percaya, ya KARENA anugerah Allah.
Jadi, gue selamat/diselamatkan/dapat keselamatan, ya KARENA anugerah Allah.

SOLA GRATIA forever.
Oh jadi ente percaya kayak takdir gitu ya.
Manusia tinggal pasrah, kalau diberi iman sama Tuhan ya puji Tuhan, kalau kagak diberi ya nasib. Mo ngapa-ngapain juga gak bakalan bisa selamat.

Gitu ya?
Mirip predestinasi-nya reformed?

Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on October 01, 2018, 07:39:08 AM
ya enggak dong..
kan masih ada premis "iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong"..

katanya elo bilang ayat alkitab itu Firman Tuhan...
Firman Tuhan yang itu elo kemanain?
apa elo kira tuhan lagi khilaf?
ahahaha.....
haha.. coba aja palingan elo yang ngeles pura-pura gak baca James 2:20
wkwk.. seneng kan elo ada kutipan nomer buntutnya? diskusinya lebih Kristen? wkwk
Lho.. tunggu... tunggu..

bukannya menurut ajaran tradisimu, setiap manusia itu udah dipastikan selamat atau enggak selamatnya?
kok bisa minta pindah kamar?

ahahahaha... ini yang elo bilang "didikan tuhan" itu??
wkwkwkwkwkwkwkwkw....

coba dijelasin dong mas..
gimana jalan pikiran tuhan nya?

jadi nurut elo:
Tuhan berkehendak agar manusia yang sudah mengaku-ngaku percaya, dan terus-menerus ngaku-ngaku terus percaya, maka otomatis manusia tersebut tidak dapat berbuat jelek?


ahahahahaha....
ini didikan tuhanmu itu mas?
wkwkwkw
Jadi nurut elu, keselamatan tergantung iman, terus iman tergantung perbuatan?
Jadi secara gak langsung keselamatan tergantung perbuatan bukan?

Logika simple gini aja gak ngerti.

Dan saya sudah sering bilang, saya percaya predestinasi seperti reformed. Kenapa elu plintir kesitu?
Kalau elu mau jualan konsep Tuhan elu, silakan aja kok Dang. Tapi menjijikkan banget kalau pake trik menipu kayak elu. Keliatan busuknya. Plintir sana sini, saya bilang 'percaya' diplintir jadi 'ngaku percaya'. Kesian amat sih idup lu diperbudak konsep tuhan elu shingga berani nipu sana sini.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on October 01, 2018, 11:56:28 AM
Jadi nurut elu, keselamatan tergantung iman, terus iman tergantung perbuatan?
Jadi secara gak langsung keselamatan tergantung perbuatan bukan?

Logika simple gini aja gak ngerti.

Dan saya sudah sering bilang, saya percaya predestinasi seperti reformed. Kenapa elu plintir kesitu?
Kalau elu mau jualan konsep Tuhan elu, silakan aja kok Dang. Tapi menjijikkan banget kalau pake trik menipu kayak elu. Keliatan busuknya. Plintir sana sini, saya bilang 'percaya' diplintir jadi 'ngaku percaya'. Kesian amat sih idup lu diperbudak konsep tuhan elu shingga berani nipu sana sini.

coba dijelaskan dong mas..

BEDANYA "percaya versi aleph" dengan "mengaku percaya" itu gimana?

gimana bedanya?
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on October 01, 2018, 12:48:00 PM
coba dijelaskan dong mas..

BEDANYA "percaya versi aleph" dengan "mengaku percaya" itu gimana?

gimana bedanya?
wah susah kalau saya disuruh ngejelasin sama orang bebal yang mengira otaknya hasil dari nunggu pembagian jatah kayak elu.

Kalau orang normal sih seharusnya ngerti perbedaan misalnya 'makan' dan 'ngaku makan'.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on October 01, 2018, 02:26:25 PM
wah susah kalau saya disuruh ngejelasin sama orang bebal yang mengira otaknya hasil dari nunggu pembagian jatah kayak elu.

Kalau orang normal sih seharusnya ngerti perbedaan misalnya 'makan' dan 'ngaku makan'.

nah... bagus nih contohnya...

perbedaannya gini kan:

1. "Saya sudah makan" --> maka bisa dibuktikan bahwa piring yg tadinya ada isinya, sekarang sudah kosong dan isinya pindah ke perut saya

2. "Saya sudah MENGAKU makan" --> orang lain cuma tahunya dari omongan saya doang bahwa saya NGAKU-nya udah makan, padahal enggak bisa dibuktikan, mana piringnya, kapan makannya, dan piringnya mana yang bekas dimakan oleh saya.


gitu bukan?


nah, sekarang tolong tunjukkan bedanya:
"PERCAYA" versi aleph
dengan
"MENGAKU PERCAYA"

gimana cobaaaaa...
haha
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on October 01, 2018, 02:40:09 PM
nah... bagus nih contohnya...

perbedaannya gini kan:

1. "Saya sudah makan" --> maka bisa dibuktikan bahwa piring yg tadinya ada isinya, sekarang sudah kosong dan isinya pindah ke perut saya

2. "Saya sudah MENGAKU makan" --> orang lain cuma tahunya dari omongan saya doang bahwa saya NGAKU-nya udah makan, padahal enggak bisa dibuktikan, mana piringnya, kapan makannya, dan piringnya mana yang bekas dimakan oleh saya.


gitu bukan?


nah, sekarang tolong tunjukkan bedanya:
"PERCAYA" versi aleph
dengan
"MENGAKU PERCAYA"

gimana cobaaaaa...
haha
Jadi makan dan mengaku makan itu beda kan?
Jadi kalau orang nulis makan, elu ganti menjadi ngaku makan, itu artinya elu mlintir. Ngerti kan?
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on October 01, 2018, 03:01:40 PM
Jadi makan dan mengaku makan itu beda kan?
Jadi kalau orang nulis makan, elu ganti menjadi ngaku makan, itu artinya elu mlintir. Ngerti kan?

hahahahhahaha.....
ternyata cuma segitu kemampuan logik mu mas...

kaciaaan deee.......


gini deeehhhhh gw jelasin lagi.... supaya downline mu di gerejamu tahu seberapa kualitas kakak rohani-nya.. ahaha..
mereka elo suru baca forum ini kan?
jangan diumpetin lho yaa..... wkwkw...

Kasus 1:

1. "Saya sudah makan" --> maka bisa dibuktikan bahwa piring yg tadinya ada isinya, sekarang sudah kosong dan isinya pindah ke perut saya

2. "Saya sudah MENGAKU makan" --> orang lain cuma tahunya dari omongan saya doang bahwa saya NGAKU-nya udah makan,

Kalau ternyata BISA dibuktikan, mana piringnya, kapan makannya, dan piringnya mana yang bekas dimakan oleh saya...

artinya: "PENGAKUAN SAYA" itu ter-VERIFIKASI..
maka setelah terverifikasi, kata "MENGAKU" bisa hilang, karena artinya "saya sudah makan" dan "saya sudah mengaku makan & terverifikasi" artinya SAMA


Kasus 2:

1. "Saya sudah makan" --> maka bisa dibuktikan bahwa piring yg tadinya ada isinya, sekarang sudah kosong dan isinya pindah ke perut saya

2. "Saya sudah MENGAKU makan" --> orang lain cuma tahunya dari omongan saya doang bahwa saya NGAKU-nya udah makan,

Kalau ternyata TIDAK BISA dibuktikan, mana piringnya, kapan makannya, dan piringnya mana yang bekas dimakan oleh saya...

artinya: "PENGAKUAN SAYA" itu TIDAK BISA ter-verifikasi, alias HANYA SELF-CLAIM SEMATA...

maka Kalo GAK BISA terverifikasi, alias CUMA SELF-CLAIM, kata "MENGAKU" GAK BISA hilang & BEDA MAKNA-nya,
karena:
a. yang satu artinya "saya sudah makan" --> adalah suatu fakta objektif terverifikasi
b. "saya sudah mengaku makan" --> HANYALAH suatu SELF CLAIM yang BUKAN FAKTA OBJEKTIF terverifikasi



Kasus 3:

1. "Saya sudah makan" --> tapi TERNYATA omongan ini ternyata TIDAK BISA dibuktikan bahwa piring yg tadinya ada isinya, sekarang sudah kosong dan isinya pindah ke perut saya.. GAK KELIATAN MANA PIRINGNYA, dsb..dsb..

2. "Saya sudah MENGAKU makan" --> orang lain cuma tahunya dari omongan saya doang bahwa saya NGAKU-nya udah makan,

Dalam kasus ini, pernyataan "saya sudah makan" adalah PERNYATAAN MISLEADING, SALAH, KELIRU, bahkan BOHONG...
karena TIDAK bisa diverifikasi kebenaran fakta objektifnya.

artinyaaa...
dalam kasus ini Pernyataan "saya sudah makan" itu SEHARUSNYA adalah "Saya sudah MENGAKU makan"



udah paham kan sayang?
elo itu kasus no 3.

waduh.. gw ketularan odading nih.. kok sabar banget nulis detil panjang suatu logika sederhana gini ya...
wakakakakakaka.....
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on October 01, 2018, 03:36:31 PM
hahahahhahaha.....
ternyata cuma segitu kemampuan logik mu mas...

kaciaaan deee.......


gini deeehhhhh gw jelasin lagi.... supaya downline mu di gerejamu tahu seberapa kualitas kakak rohani-nya.. ahaha..
mereka elo suru baca forum ini kan?
jangan diumpetin lho yaa..... wkwkw...

Kasus 1:

1. "Saya sudah makan" --> maka bisa dibuktikan bahwa piring yg tadinya ada isinya, sekarang sudah kosong dan isinya pindah ke perut saya

2. "Saya sudah MENGAKU makan" --> orang lain cuma tahunya dari omongan saya doang bahwa saya NGAKU-nya udah makan,

Kalau ternyata BISA dibuktikan, mana piringnya, kapan makannya, dan piringnya mana yang bekas dimakan oleh saya...

artinya: "PENGAKUAN SAYA" itu ter-VERIFIKASI..
maka setelah terverifikasi, kata "MENGAKU" bisa hilang, karena artinya "saya sudah makan" dan "saya sudah mengaku makan & terverifikasi" artinya SAMA


Kasus 2:

1. "Saya sudah makan" --> maka bisa dibuktikan bahwa piring yg tadinya ada isinya, sekarang sudah kosong dan isinya pindah ke perut saya

2. "Saya sudah MENGAKU makan" --> orang lain cuma tahunya dari omongan saya doang bahwa saya NGAKU-nya udah makan,

Kalau ternyata TIDAK BISA dibuktikan, mana piringnya, kapan makannya, dan piringnya mana yang bekas dimakan oleh saya...

artinya: "PENGAKUAN SAYA" itu TIDAK BISA ter-verifikasi, alias HANYA SELF-CLAIM SEMATA...

maka Kalo GAK BISA terverifikasi, alias CUMA SELF-CLAIM, kata "MENGAKU" GAK BISA hilang & BEDA MAKNA-nya,
karena:
a. yang satu artinya "saya sudah makan" --> adalah suatu fakta objektif terverifikasi
b. "saya sudah mengaku makan" --> HANYALAH suatu SELF CLAIM yang BUKAN FAKTA OBJEKTIF terverifikasi



Kasus 3:

1. "Saya sudah makan" --> tapi TERNYATA omongan ini ternyata TIDAK BISA dibuktikan bahwa piring yg tadinya ada isinya, sekarang sudah kosong dan isinya pindah ke perut saya.. GAK KELIATAN MANA PIRINGNYA, dsb..dsb..

2. "Saya sudah MENGAKU makan" --> orang lain cuma tahunya dari omongan saya doang bahwa saya NGAKU-nya udah makan,

Dalam kasus ini, pernyataan "saya sudah makan" adalah PERNYATAAN MISLEADING, SALAH, KELIRU, bahkan BOHONG...
karena TIDAK bisa diverifikasi kebenaran fakta objektifnya.

artinyaaa...
dalam kasus ini Pernyataan "saya sudah makan" itu SEHARUSNYA adalah "Saya sudah MENGAKU makan"



udah paham kan sayang?
elo itu kasus no 3.

waduh.. gw ketularan odading nih.. kok sabar banget nulis detil panjang suatu logika sederhana gini ya...
wakakakakakaka.....
Iya, elu ketularan odading, nulis panjang lebar gak ada isinya.
Intinya elu mlintir tulisan gw.
Saya bilang 'percaya', elu plintir menjadi 'ngaku percaya'. Dan ternyata elu sendiri ngaku kalau menambahkan kata 'ngaku' itu menjadi berbeda arti.

Udahlah, gak perlu ngeles, udah ketauan jelas culasnya elu kok.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on October 01, 2018, 04:06:28 PM
Iya, elu ketularan odading, nulis panjang lebar gak ada isinya.
Intinya elu mlintir tulisan gw.
Saya bilang 'percaya', elu plintir menjadi 'ngaku percaya'. Dan ternyata elu sendiri ngaku kalau menambahkan kata 'ngaku' itu menjadi berbeda arti.

Udahlah, gak perlu ngeles, udah ketauan jelas culasnya elu kok.

hahaha...
udah dijelasin panjang lebar, masih jauh enggak nangkep juga?


udahlah gak perlu ngeles, kamu enggak bisa memverifikasi bahwa "kamu beneran percaya" kan?
udah ketahuan jelas CULAS LICIK mu bahwa "CUMA SEKEDAR NGAKU-NGAKU PERCAYA" kamu PELINTIR jadi "saya percaya"..

kayak beneran aja percayamu...

hahahaha....
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on October 01, 2018, 04:17:23 PM
hahaha...
udah dijelasin panjang lebar, masih jauh enggak nangkep juga?


udahlah gak perlu ngeles, kamu enggak bisa memverifikasi bahwa "kamu beneran percaya" kan?
udah ketahuan jelas CULAS LICIK mu bahwa "CUMA SEKEDAR NGAKU-NGAKU PERCAYA" kamu PELINTIR jadi "saya percaya"..

kayak beneran aja percayamu...

hahahaha....
Elu yang dijelasin sederhana aja gak nangkep-nangkep. Malah berusaha ngeles dengan nulis omong kosong panjang lebar.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on October 01, 2018, 05:02:26 PM
Elu yang dijelasin sederhana aja gak nangkep-nangkep. Malah berusaha ngeles dengan nulis omong kosong panjang lebar.

haha...

tetep enggak mampu menjawab kan?

mana verifikasinya kalo Tuhan sudah menilai kamu "beneran percaya" ?
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on October 01, 2018, 05:31:44 PM
Koreksi:Bukan "pohon" melainkan "pokok".

Wah! Pendek sekali komen-mu, Bro!
Ya, itu hrs ku-edit, spy tak mengganggu
Mungkin itu pengaruh PL, maka jadi “pohon”

Mis.:[Mzm.80:8]:
Telah Kauambil pohon anggur dari Mesir,
telah Kauhalau bangsa-bangsa,
lalu Kautanam pohon itu.

Salam Damai!
NB:
Ada apa dgn pokok anggur,
Sehingga dipakai perumpamaan?
Pls your comment! @Siip as well.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: alephtav on October 02, 2018, 08:16:12 AM
haha...

tetep enggak mampu menjawab kan?

mana verifikasinya kalo Tuhan sudah menilai kamu "beneran percaya" ?
Lho, kok malah saya yang disuruh menjawab.
Elu yang mlintir saya nulis 'percaya' diplintir menjadi 'ngaku percaya', padahal udah tau beda. Kok malah saya suruh ngejelasin.

Udah jelas keliatan kok. Elu itu kopong, cuma modal nulis panjang-panjang tapi gak ada isi.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on October 02, 2018, 12:18:15 PM
Lho, kok malah saya yang disuruh menjawab.
Elu yang mlintir saya nulis 'percaya' diplintir menjadi 'ngaku percaya', padahal udah tau beda. Kok malah saya suruh ngejelasin.

Udah jelas keliatan kok. Elu itu kopong, cuma modal nulis panjang-panjang tapi gak ada isi.

lho kok malah ngeles enggak mau jawab..

yang bilang "pelintiran" kan elo?

gw udah jelasin bahwa itu bukan pelintiran karena memang elo itu "CUMA NGAKU-NGAKU PERCAYA" doang..
dan TIDAK MAMPU MEMVERIFIKASI bahwa Tuhan beneran menilai elo adalah orang percaya beneran..


sudah jelas terang benderang gitu,
tapi elo ngotot tetep enggak setuju kan?

nah makanya skrg tinggal elo elaborasi aja gimana cara elo verifikasi "percaya" itu..

simpel kan?

begitu elo bisa tunjukkan bahwa verifikasinya itu valid, ya otomatis kata-kata "NGAKU-NGAKU" itu pasti bakal hilang sendiri...

coba... bisa tunjukkin gak?

jangan cuma bilang "plintar-plintir" doang, play victim "diserang orangnya" doang...
tapi elo enggak bisa menjustifikasi statement elo sendiri..
itu namanya ASBUN NGOTOT KENCENG... tapi NGACO... ahahahahahahahahaha......
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on October 02, 2018, 03:23:54 PM
Oey!
Anggur-nya mana!
Koq, hanya pokok?
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on October 03, 2018, 04:35:37 PM
1 "Akulah pokok anggur yg benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
2  Setiap ranting pd-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan
setiap ranting yg berbuah, dibersihkan-Nya, spy ia lebih banyak berbuah.
3  Kamu memang sudah bersih karena firman yg telah Kukatakan kpd-mu.

Nah itu dia poinnya, bray.

Yang ngomong SUDAH BERSIH-nya kan adalah Yesus Kristus sendiri. Jadi unquestionable gitu.
Lah kalo gue, paling sebatas rasa-rasanya gue percaya barangkali atau mungkin sudah bersih...
Itu pas lagi up, kalo pas lagi down, lain lagi ceritanya.

Kalo elo gimana, bray?
Kayaknya sih yakin SUDAH BERSIH gitu... ???

Lalu kudu sebersih apa sih kita ini, Bray!
Apa hrs nunggu bersih baru "up" jadi ranting?
Pan tetap akan di-"pruning" jika hrs berbuah lebat

Umpamanya spt Yusuf (30thn), entah berapa kali pruning jadi lebat
Dan pula di sini pun kita sedang berumpama berbuah, gitu, loh Bro!
Jadi, kita coba cari misal yg ideal menurut pandangan kita, buahnya

Jadi jangan takut menjadi ranting (murid)
Sebab yg tak jadi sudah pasti tak berharap
Tak berharap surga pun neraka, spt atheis

Atau apakah kpd Yeus hrs lewat perantara?
Kata Clay sih hrs begitu, Maria perantaranya
Sebab "Tiada rahmat tanpa Maria", kata-nya

Mari kita kemon!

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on October 04, 2018, 01:56:28 PM
@Siip (TS) & all

Jika direnung ulang
Perumpamaan pokok anggur ini spt lubang kunci
Artinya, pintu sudah didapat tinggal mau masuk atau tak

1 "Akulah pokok anggur yg benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
2  Setiap ranting pd-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan
setiap ranting yg berbuah, dibersihkan-Nya, spy ia lebih banyak berbuah.
3  Kamu memang sudah bersih karena firman yg telah Kukatakan kpd-mu.
4  Tinggallah di dlm Aku dan Aku di dalam kamu.
Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dr dirinya sendiri,
kalau ia tidak tinggal pd pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah,
jikalau kamu tidak tinggal di dlm Aku.
5  Akulah pokok anggur dan kamulah ranting2-nya.
Barangsiapa tinggal di dlm Aku dan Aku di dlm dia, ia berbuah banyak,
sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
6  Barangsiapa tidak tinggal di dlm Aku,
ia dibuang ke luar spt ranting dan menjadi kering,
kemudian dikumpulkan org dan dicampakkan ke dlm api lalu dibakar.
7  Jikalau kamu tinggal di dlm Aku dan firman-Ku tinggal di dlm kamu,
mintalah apa saja yg kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.
8  Dlm hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak
dan dgn demikian kamu adalah murid2-Ku."

Seperti ...

Quote
9 "Spt Bapa telah mengasihi Aku,
demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dlm kasih-Ku itu.
10  Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dlm kasih-Ku,
spt Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dlm kasih-Nya.
11  Semuanya itu Kukatakan kpd-mu, spy sukacita-Ku ada di dlm kamu dan
sukacitamu menjadi penuh.
12  Inilah perintah-Ku, yaitu spy kamu saling mengasihi, spt Aku telah mengasihi kamu.
13  Tidak ada kasih yg lebih besar dr pd kasih se-org yg memberikan nyawanya utk sahabat2-Nya.
14  Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yg Kuperintahkan kpd-mu.
15  Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu,
apa yg diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat,
karena Aku telah memberitahukan kpd kamu segala sesuatu yg telah Kudengar dr Bapa-Ku.
16  Bukan kamu yg memilih Aku, tetapi Akulah yg memilih kamu.
Dan Aku telah menetapkan kamu, spy kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap,
spy apa yg kamu minta kpd Bapa dlm nama-Ku, diberikan-Nya kpd-mu.
17  Inilah perintah-Ku kpd-mu:
Kasihilah seorang akan yg lain."

Itu perumpamaan-Nya yg terakhir
Yudas barusan pergi sbg bukan rating yg melekat pd pokok anggur
Yesus pun sebentar lagi pergi, mati, dan ditancapkan di tempat yg tinggi
Tiga kali cawan itu ditawar karena gentar, tiga kali juga murid2-Nya itu tidur

..berjaga dan berdoalah: “roh memang penurut, tetapi daging lemah."
Murid2-Nya masih goyah pd hrs bagaimana hubungannya dgn Tuhan
Hubungan Allah-Yesus, hubungan Kristen-Kristus, kesatuan semuanya

Sudah ada beberapa analogi kesatuan manusia dgn Yesus
Ada kesatuan dgn perumpamaan domba dan gembala dan
Ada anak dan bapa, pelayan dan tuan, tubuh dan kepala, dll

Makin mudah ditebak manggis,
Apa pentingnya perumpamaan pokok anggur itu dgn anggur Kana
Mengapa anggur Kana duluan dan analogi pokok-nya belakangan
Dan bukan analogi kesatuan tubuh dan kepala pd jelang mati-Nya?

Dgn merenungkan-nya dlm2
Semakin rada nyata spirit anggur dlm bayang kesatuan kehidupan
Semakin terbuka juga spirit anggur itu dlm kesetiaan dan kematian
Semua hanya terbuka bagi manusia2 rohani, bukan bagi yg duniawi

Jadi,
Ayat 1-8 = Spt pokok anggur dan ranting
Ayat 9-17 = Spt Bapa dan Anak-Nya

Tinggallah pd-Ku di dlm cinta-Ku
Spy kebahagiaan-mu itu penuh

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on October 08, 2018, 03:44:59 PM
Sebelum spirit anggur, sekali lagi [Yoh.15]
Ayat 1-8 = Spt pokok anggur&ranting
Ayat 9-17 = Spt Bapa dan Anak-Nya

Ay.9
"Spt Bapa telah mengasihi Aku,
Demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu;
Tinggallah di dlm kasih-Ku itu.

(Spt Bapa mengasihi Yesus =
Spt pengusaha mengasihi pokok anggur =
Spt pokok anggur menumbuhkan ranting2 berbuah)


Ay.10 
Jikalau kamu menuruti perintah-Ku,
Kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku,
Spt Aku menuruti perintah Bapa-Ku
Dan tinggal di dlm kasih-Nya.

(Spt Yesus menuruti perintah Bapa =
Spt kita menuruti perintah Yesus =
Spt ranting berbuah dari pokok)


Ay.11
Semuanya itu Kukatakan kpd-mu,
Spy sukacita-Ku ada di dlm kamu
Dan sukacitamu menjadi penuh.

(Jika suka cita penuh,
maka takkan haus lagi)


Ay.12 
Inilah perintah-Ku,
Yaitu spy kamu saling mengasihi,
Spt Aku telah mengasihi kamu.

Ay.13-16
Tidak ada kasih yg lebih besar dr pd kasih seorang yg memberikan nyawanya utk sahabat2-nya. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yg Kuperintahkan kpd-mu. Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yg diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kpd kamu segala sesuatu yg telah Kudengar dr Bapa-Ku. Bukan kamu yg memilih Aku, tetapi Akulah yg memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, spy kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, spy apa yg kamu minta kpd Bapa dlm nama-Ku, diberikan-Nya kpd-mu.

(Berkali2 Dia memerintahkan
Berbagai cara Dia mengatakan
Kita hrs pergi dan berbuah)


Ay.17
Inilah perintah-Ku kpd-mu:
Kasihilah seorang akan yg lain."

(Perintah-Nya, aplikasikanlah kasih-Nya
Itulah tandanya kita menghasilkan buah)


Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: melangkahpasti on October 16, 2018, 08:48:42 AM
Saya baca kembali di posting ini cukup banyak pembahasan masalah Yudas.  Saya hanya mau komen bahwa saya percaya bahwa Yudas benar2 sudah percaya Kristus dan dia memutuskan untuk tidak lagi menancap pada Kristus (tidak lagi percaya/meninggalkan Dia), dan akhirnya dipotong dan dibuang.  Masalahnya bukan Yudas berbuah sedikit tapi sama sekali tidak lagi berbuah, sama seperti anak bungsu yang meninggalkan orang tuanya.  Yesus tetap mengasihi Yudas, sama seperti sang ayah tetap mengasihi anaknya.   Tapi atas dasar kehendak bebasnya, Yudas memilih untuk tidak lagi percaya.

Yohanes 13:1
Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti Ia senantiasa mengasihi murid-murid-Nya demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya.
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on October 19, 2018, 04:42:03 PM
Saya hanya mau komen bahwa saya percaya bahwa Yudas benar2 sudah percaya Kristus
dan dia memutuskan untuk tidak lagi menancap (mk: coba berspekulasi) pada Kristus
(tidak lagi percaya/meninggalkan Dia), dan akhirnya dipotong dan dibuang.

Aku percaya begitu, Bro!
Yudas org yg patut dipercaya
Sebab itu dia menjadi bendahara

Mungkin "diem2" paling mapan ekonominya
Sehingga dia tak gentar walau saat-Nya telah tiba
Sebab dia rajin kalkulasi apa kedahsyatan Mesias, Raja

Dlm kemapanan "spt itu" dia mudah tergoda melihat peluang dgn mempolitisasi Yesus
Semua Yahudi tahu, gbr-an Mesias adalah Raja, semangat Petrus pun spt calon Panglima
Yudas ingin menjadi Menkeu nanti, maka ia bergegas pergi dgn bayang2 uang di batok-nya
... putus dgn sendirinya ...

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on November 06, 2018, 05:56:37 PM
Pokok anggur yg benar ialah Yesus
Air anggur mengingatkan darah-Nya
Darah-Nya itu nutrisi kita utk berbuah

Perumpamaan pokok anggur diceritakan di saat2 akhir pelayanan-Nya
Tragedi mujizat air menjadi anggur terjadi di saat2 awal pelayanan-Nya
Jauh sebelum darah-Nya muncrat2 di via Dolorosa dan tumpah di Gogota

Maka ketika Maria mengeluh, “anggur habis”, itu spt mendesirkan darah-Nya
Lalu dijawab dgn membingungkan semua org2 yg peduli pd perkataaan ini:
“What to Me and to you, woman? My hour is not yet come.”
http://forumkristen.com/index.php?topic=62904.msg1235640#msg1235640 (http://forumkristen.com/index.php?topic=62904.msg1235640#msg1235640)

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on November 16, 2018, 03:37:13 PM
... Makin mudah ditebak manggis,
Apa pentingnya perumpamaan pokok anggur itu dgn anggur Kana
Mengapa anggur Kana duluan dan analogi pokok-nya belakangan
Dan bukan analogi kesatuan tubuh dan kepala pd jelang mati-Nya?

Dgn merenungkan-nya dlm2
Semakin rada nyata spirit anggur dlm bayang kesatuan kehidupan
Semakin terbuka juga spirit anggur itu dlm kesetiaan dan kematian
Semua hanya terbuka bagi manusia2 rohani, bukan bagi yg duniawi
...

Kita tidak punya budaya anggur, mungkin itu sebab kita rada kikuk kalau bicara ttg anggur. Mungkin juga anggur itu dianggap sebagai sajian mewah karena mahal, entahlah. Memang ada anggur kita yg cukup terkenal yaitu anggur kolesom cap “Orang Tua”. Dr capnya aja udah ketahuan, bw ini bukan anggur pergaulan, bukan minuman pesta, melainkan lebih berat utk obat kuat campuran  jamu herbal. Aggur kolesom bukan spt anggur di hotel berbintang atau spt tuak kampung di Batak atau sopi (air kata2) di NTT. Ke-dua minuman kampung itu adalah minuman persahabatan dan kerap tersedia di setiap pesta adat atau hajatan tradisi budaya mereka, bahkan stok selalu ada setiap hari di kedai2 atau lapo kongkow2.

Tuak bertahan hanya utk sehari-habis, sebab besoknya sudah basi dan nggak enak lagi. Tuak basi tak bisa mendendangkan lagu “Lisoy” dgn ceria. Minum tuak basi bisa mules, meringis murus. Maka tuak baru selalu dinanti, beda dgn anggur tua, [Luk.5.39]:  “... tidak seorangpun yg telah minum anggur tua ingin minum anggur yg baru, sebab ia akan berkata: Anggur yg tua itu baik." Sementara itu sopi sudah bisa dipasarkan secara terbatas dlm botol dan mulai diberi cap spt, “BM” (Bakar Manyala). Yg ini cocok utk “orang muda”. Ada ungkapan org NTT, bw minum satu botol sopi itu jaga tradisi, dua botol jaga gengsi, tiga hrs dijaga polisi, sebab kata2-nya sudah mulai ngawur, cari pasal salah persepsi, me-layang2, spt uap sepirit-us yg me-nari2 di bibir gelas.

Utk tertawa org menghidangkan makanan
Anggur dpt meriangkan hidup, kata Salomo,
Tapi tak bijak org yg karenanya ter-huyung2

Artinya, minum anggur itu hrs benar
Tetap bijak, hrs “ahli”, tetap punya visi

Jika kita perhatikan di filem2, bagaimana nuansa minum anggur beda dgn minum tuak atau minum sopi. Gelas-ramping-jangkung selalu mereka isi anggur max. 20% spy ada ruang utk anggur di“go-yang-go-yang” disirkulasi agar uapnya nendang ke hidung atau agar ada reaksi oksigen utk menambah efek tarian di kepala, entahlah. Kemudian dlm ritual kerap ada “toas”, yaitu setelah “make a wish” utk menumbuhkan semangat (spirit) ke arah “wish” itu, yaitu hidup dgn janji yg baru atau menyatukan pengharapan baru. Sementara meminum minuman kampung tak pake gitu2an, tak pake “goyang2-mangkuk”, tak pake “toas dan ‘ting’” segala dan tak pake “make a wish”. Pd prinsipnya minum tuak atau sopi, ya, langsung minum saja diseruput atau diteguk, biasanya setelah basa-basi dikit utk mengundang gelak tawa atau mentertawakan dirinya yg riang dan baha(g)ia.

Begitulah kurasa nuansa anggur itu, dpt mempererat persahabatan
Dan juga dpt merusaknya, jika karena minum anggur ia ter-huyung2
Tetapi hikmat dibenarkan oleh semua org yg menerimanya [Luk7.35]

Sebab itu Yesus berkata kpd kita: "Itulah darah-Ku,
darah perjanjian, yg ditumpahkan bagi banyak org. [Mrk 14:24] 

Mari melekat!
Semuanya itu Kukatakan kpd-mu,
Spy sukacita-Ku ada di dlm kamu dan
Sukacitamu menjadi penuh. [Yoh.15.11] 

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on December 07, 2018, 10:35:26 AM
... Kemudian dlm ritual kerap ada “toas”, yaitu setelah “make a wish” utk menumbuhkan semangat (spirit) ke arah “wish” itu, yaitu hidup dgn janji yg baru atau menyatukan pengharapan baru. Sementara meminum minuman kampung tak pake gitu2an, tak pake “goyang2-mangkuk”, tak pake “toas dan ‘ting’” segala dan tak pake “make a wish”. Pd prinsipnya minum tuak atau sopi, ya, langsung minum saja diseruput atau diteguk, biasanya setelah basa-basi dikit utk mengundang gelak tawa atau mentertawakan dirinya yg riang dan baha(g)ia.

Belum ada penelitian akurat ttg awal mula “toas” itu
Bisa jadi budaya itu tercipta bersamaan masing suku
Mungkin sama dgn budaya bersulang spt di Indonesia
Di Jepang, “Kampai!” diteriakkan sebelum minum sake

Sekaran anak2 kecil pun sudah biasa melakukan “tos”
Telapak tangan masing2 ditabrakkan di udara, “tos...plak”
Lalu sama2 girang cengengesan pertanda teman sehaluan

Salam Damai!

NB: The International Handbook on Alcohol and Culture says toasting "is probably a secular vestige of ancient sacrificial libations in which a sacred liquid was offered to the gods: blood or wine in exchange for a wish, a prayer summarized in the words 'long life!' or 'to your health!'"
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on December 28, 2018, 02:21:09 PM
@pengen_tahu

Sing penting tele anggur itu dah pass "to the point" yg sesungguhnya

Pokok anggur yg benar ialah Yesus
Air anggur mengingatkan darah-Nya
Darah-Nya itu nutrisi kita utk berbuah

Perumpamaan pokok anggur diceritakan di saat2 akhir pelayanan-Nya
Tragedi mukjizat air menjadi anggur terjadi di saat2 awal pelayanan-Nya
Yaitu sebelum darah-Nya muncrat2 di via Dolorosa dan tumpah di Gogota

Maka ketika Maria mengeluh, “anggur habis”, itu spt mendesirkan darah-Nya
Lalu dijawab dgn membingungkan semua org2 yg peduli pd perkataaan ini:
“What to Me and to you, woman? My hour is not yet come.”
[url]http://forumkristen.com/index.php?topic=62904.msg1235640#msg1235640[/url] ([url]http://forumkristen.com/index.php?topic=62904.msg1235640#msg1235640[/url])

Akan tetapi Aku berkata kpd-mu: mulai dari sekarang
Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai pd hari Aku meminumnya,
yaitu yang baru, bersama-sama dengan kamu dlm Kerajaan Bapa-Ku. [Mat 26:29]

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: pengen_tahu on December 29, 2018, 06:08:39 AM
@pengen_tahu
Akan tetapi Aku berkata kpd-mu: mulai dari sekarang
Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai pd hari Aku meminumnya,
yaitu yang baru, bersama-sama dengan kamu dlm Kerajaan Bapa-Ku. [Mat 26:29]

Salam Damai!

jiah ini lagi, mention2

udah gw jawab di threadnya, loe jawab aja disana
dan tolong
jangan kaya model orang muna, kalau ditanya tolong jawab sesuai pertanyaan
gak usah sok jawab pake tafsir yang gak nyambung dengan pertanyan
yang loe bahas, sudah gw tahu semua,
tapi itu bukan jawaban atas pertanyaan gw, loe menghindar dari pertanyaan gw
yang ditanya apayang diminta Maria dari Yesus untuk lakukan
bukan anggur maknanya apa
Yesus kenapa
litu gak menjawab namanya
yang bener anda menghindar
paham? jelas?
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on December 31, 2018, 10:17:10 AM
udah gw jawab di threadnya, loe jawab aja disana
dan tolong, jangan kaya model orang muna, kalau ditanya tolong jawab sesuai pertanyaan


Ya!
Dan tlg beri link-nya
Mana tahu aku pengen tahu

Sebab point-ku:
Mujizat anggur di Kana dan roti di Sarfat
Di gunakan Yesus dlm perjamuan kudus Tuhan

Ini link-nya:
http://forumkristen.com/index.php?topic=62904.msg1238538#msg1238538 (http://forumkristen.com/index.php?topic=62904.msg1238538#msg1238538)

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: pengen_tahu on December 31, 2018, 11:11:49 AM
Ya!
Dan tlg beri link-nya
Mana tahu aku pengen tahu

Sebab point-ku:
Mujizat anggur di Kana dan roti di Sarfat
Di gunakan Yesus dlm perjamuan kudus Tuhan

Ini link-nya:
[url]http://forumkristen.com/index.php?topic=62904.msg1238538#msg1238538[/url] ([url]http://forumkristen.com/index.php?topic=62904.msg1238538#msg1238538[/url])

Salam Damai!


lah??
kan saya biang saya dah saya jawab komen anda di link yang anda berikan tsb
masa link anda sendiri tidak tahu sih??
ampyun dah
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on December 31, 2018, 01:59:57 PM
lah??
kan saya biang saya dah saya jawab komen anda di link yang anda berikan tsb
masa link anda sendiri tidak tahu sih??
Kupikir masih ada argumenmu yg lain yg pengen kutahu

ampyun dah
Beklah, aku sedang belajar mengampuni!

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: pengen_tahu on December 31, 2018, 03:47:02 PM
Kupikir masih ada argumenmu yg lain yg pengen kutahu

ampyun dah
Beklah, aku sedang belajar mengampuni!

Salam Damai!

loch cari aje di thread yang loe kasi gw linknya

nah ketahuan lagi bolotnya, gak ngerti bahasa perbicangan seperti itu
kok bisa2nya mo ngomong makna dari ayat sama gw
tulisan gw aja gak ngerti kok

 :mad0261: :mad0261: :mad0261:
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on December 31, 2018, 04:07:55 PM
loch cari aje di thread yang loe kasi gw linknya
tulisan gw aja gak ngerti kok
 :mad0261: :mad0261: :mad0261:
Ya, ya, ya!
Mungkin itu sebab kau bilang "ampyun"

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: pengen_tahu on December 31, 2018, 04:39:08 PM
Ya, ya, ya!
Mungkin itu sebab kau bilang "ampyun"

Salam Damai!

bagus dech kalo u sadar

 :mad0261:
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on December 31, 2018, 04:53:27 PM
@pt

bagus dech kalo u sadar
 :mad0261:
Ya, arah kita hrs terus berkesadaran atas pengampunan-Nya
Dan kita tidak dpt berbuah apa pun jika kita tak mendekat2-i-Nya
Yesus pokok anggur yg benar dan kita diharapkan melekat jadi ranting
Jgn takut di-"pruning", jgn takut "capek-deh", dan jgn taku mati sekali pun

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: pengen_tahu on January 02, 2019, 08:26:00 AM
@pt
Ya, arah kita hrs terus berkesadaran atas pengampunan-Nya
Dan kita tidak dpt berbuah apa pun jika kita tak mendekat2-i-Nya
Yesus pokok anggur yg benar dan kita diharapkan melekat jadi ranting
Jgn takut di-"pruning", jgn takut "capek-deh", dan jgn taku mati sekali pun

Salam Damai!

jawabanu  seperti ini yang gak mencerminkan u sadar
bahas apa
malah sengaja dilebarin biar esensinya kabur
 :mad0261:
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on January 03, 2019, 04:29:50 PM
jawabanu  seperti ini yang gak mencerminkan u sadar
Apa cermin-mu masih kabur atau buram

bahas apa
Yesus yg hrs dibahas dr muara hingga hulunya
Jadi jangan takut menjadi ranting (murid)
Sebab yg tak jadi sudah pasti tak berharap
Tak berharap surga pun neraka, spt atheis

Atau apakah kpd Yeus hrs lewat perantara?
Kata Clay sih hrs begitu; Maria perantaranya
Sebab "Tiada rahmat tanpa Maria", kata-nya

malah sengaja dilebarin biar esensinya kabur
Oh! Memang sulit nangkep yg kabur
Tapi jejaknya ada, koq, utk kau buntutin
Asalkan kau ranjin dan tidak "capek-deh"

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: pengen_tahu on January 03, 2019, 05:33:41 PM
Apa cermin-mu masih kabur atau buram

bahas apa
Yesus yg hrs dibahas dr muara hingga hulunya
malah sengaja dilebarin biar esensinya kabur
Oh! Memang sulit nangkep yg kabur
Tapi jejaknya ada, koq, utk kau buntutin
Asalkan kau ranjin dan tidak "capek-deh"

Salam Damai!

mungkin mukamu yang buram mas

ya terutama pemikiranmu yang suka kabur itu
wong pemikirannya sama kaya kaum tong sampah
segolongan ya?? sama2 belom beli otak di warung padang?

 :mad0261:
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on January 03, 2019, 06:09:30 PM
mungkin mukamu yang buram mas
Mungkin juga gepeng!
Itu tergantung kacamata, peng!
Kacamata yg glantung di dada-mu

ya terutama pemikiranmu yang suka kabur itu
Bisa jadi itu penyebab utamanya.
Maka membias, kabur, pun kliatan gepeng

wong pemikirannya sama kaya kaum tong sampah
Tong itu bulet
Bak sampah emang kotak
Kombinasinya gepeng kali
Perlu dicari penyebabnya

segolongan ya?? sama2 belom beli otak di warung padang?
Ooh, kau udah sering beli otak rupanya!
Jgn2 karna kebanyakan makan otak, peng!
Maka muka ku jadi kabur, burem, atau gepeng

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: pengen_tahu on January 03, 2019, 06:13:36 PM
Mungkin juga gepeng!
Itu tergantung kacamata, peng!
Kacamata yg glantung di dada-mu

ya terutama pemikiranmu yang suka kabur itu
Bisa jadi itu penyebab utamanya.
Makan membias dan kabur, jadi kliatan gepeng

wong pemikirannya sama kaya kaum tong sampah
Tong itu bulet
Bak sampah emang kotak
Kombinasinya gepeng kali
Perlu dicari penyebabnya

segolongan ya?? sama2 belom beli otak di warung padang?
Ooh, kau udah sering beli otak rupanya!
Jgn2 karna kebanyakan makan otak, peng!
Maka muka ku jadi kabur, burem, atau gepeng

Salam Damai!

hahaha, sorry mas, saya gak pake kaca mata, mudah2an jangan sih

---------------------------------------

beli kacamata dong kalo mata u membias, bagemana sih, pelit amat, kalo gak beli contact lens ato mungkin mo lasik aja, gich sana

---------------------------------------

sapa bilang tong sampah kotak, mo lihat yang bulet?? banyak noch, cari aja di ace hardware, atau mungkin beli kaca, lihat pantulan diri anda disana


---------------------------------------

wah saya tidak suka otak
gak enak, saya sukanya daging rendang
mata saya mah masih jelas, mungkin u yang perlu ngaca biar tau jelas apa gak diri u

Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on January 03, 2019, 06:34:04 PM
wah saya tidak suka otak
gak enak, saya sukanya daging rendang
mata saya mah masih jelas, mungkin u yang perlu ngaca biar tau jelas apa gak diri u

Wah!
Rupanya hanya suka jualan otak, ya
Mencari untung bagi diri sendiri tak bagi2
Aku sudah bantuin tanpa komisi di sini:
http://forumkristen.com/index.php?topic=63922.msg1245498#msg1245498 (http://forumkristen.com/index.php?topic=63922.msg1245498#msg1245498)

Salam Damai!
 
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: pengen_tahu on January 03, 2019, 06:54:44 PM
Wah!
Rupanya hanya suka jualan otak, ya
Mencari untung bagi diri sendiri tak bagi2
Aku sudah bantuin tanpa komisi di sini:
[url]http://forumkristen.com/index.php?topic=63922.msg1245498#msg1245498[/url] ([url]http://forumkristen.com/index.php?topic=63922.msg1245498#msg1245498[/url])

Salam Damai!


gak jualan
kapan saya jualan, says suruh makan otak, sukur2 bisa bantu
mencari untung??
wong gw gak jualan kok cari untung
noch warung padang yang jualan
gw mah enggak, gw mah kerja
loe bantuin sapa? minta komisi sana sama yang jualan
sok teu dech u  bilang gw jualan

Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on January 04, 2019, 10:10:52 AM
@pt

Ok deh!
Kau gak jualan, kau gak makan otak
Hanya nyuruh2, spy semua tampak burem, gitu ya!

Ya!
Kembali ke lap-top saja, dah
Yesus poko anggur yg benar
Kau mau gak jadi rantingnya

Keknya Katolik agak pelik jadi ranting
Itu dugaanku, sebab keagungan Maria
Diyakini bw "Tiada rahmat tanpa Maria"

Salam Damai!

Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: pengen_tahu on January 04, 2019, 10:15:38 AM
@pt

Ok deh!
Kau gak jualan, kau gak makan otak
Hanya nyuruh2, spy semua tampak burem, gitu ya!

Ya!
Kembali ke lap-top saja, dah
Yesus poko anggur yg benar
Kau mau gak jadi rantingnya

Keknya Katolik agak pelik jadi ranting
Itu dugaanku, sebab keagungan Maria
Diyakini bw "Tiada rahmat tanpa Maria"

Salam Damai!

hahaha
model loe sama kaya konco loe
kalo ngebahas pasti gak jauh dari itu
model2 abk

ngomong2 daripada ngelihat katolik
kenapa gak loe lihat diri loe sendiri
emang loe ranting ?
menurut saya pelik juga tuch, apa benar ranting, ato cuma ngaku2
biar kelihatan keren aja
mungkinkah? mungkin juga

Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on January 04, 2019, 11:46:36 AM
emang loe ranting ?
Itu harus!
Dan terus berupaya utk menjadi
Sebab ku tahu resikonya yg tak jadi

menurut saya pelik juga tuch, apa benar ranting, ato cuma ngaku2
Ngaku2 ranting nggak pelik, koq
Tapi mungkin ada yg takut ngaku

biar kelihatan keren aja
mungkinkah? mungkin juga
Apa kerennya menjadi ranting
Takut menjadi ranting ada duga2an-ku

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on January 10, 2019, 07:51:38 PM
@pt

Apa yg ini sampai di sini saja?
pt: menurut saya pelik juga tuch, apa benar ranting, ato cuma ngaku2
Ya! Ngaku2 ranting nggak susah
Tapi mungkin ada yg takut ngaku
Berarti dugaanku benar, ya, peng, bahwa
Katolik takut menjadi ranting Pokok Anggur Yg Benar
Dgn alasan (menurutku), sebab: "Tiada rahmat tanpa Maria!"
Apa mungkin masih ada sebab-sebab lainnya akan "ketakutan" itu?

Salam Damai!
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: cadangdata on January 17, 2019, 11:18:25 PM
Hrs!
Dan terus berupaya jadi
Sebab ku tahu resikonya yg tak jadi

menurut saya pelik juga tuch, apa benar ranting, ato cuma ngaku2
Ngaku2 ranting nggak susah
Tapi mungkin ada yg takut ngaku

biar kelihatan keren aja
mungkinkah? mungkin juga
Apa kerennya menjadi ranting
Takut menjadi ranting ada duga2-ku

Salam Damai!

udah nyadar kalo CUMA NGAKU-NGAKU JADI RANTING...

kok ya masih GAK TAU DIRI berani-beraninya MERASA SOK KOMPETEN men-judge orang lain ranting atau rantang..
kayak lagaknya udah pasti dirinya itu TERVERIFIKASI bahwa RANTING BENERAN... padahal CUMA SOK RANTING..


hahahaha...
memang indonesia udah darurat human capital
Title: Re: Perumpamaan Pokok Anggur
Post by: Maren Kitatau on January 18, 2019, 12:37:16 PM
udah nyadar kalo CUMA NGAKU-NGAKU JADI RANTING...

Ya!
Apa kau masih merasa takut terbelenggu, ya, dang!
Teruslah berdoa kpd Yesus, walau menghadap patung Maria pun
http://forumkristen.com/index.php?topic=62916.msg1246822#msg1246822 (http://forumkristen.com/index.php?topic=62916.msg1246822#msg1246822)

Utk jadi harus ngaku-ngaku dulu
Tanpa ngaku-ngaku kapan jadinya?
Tak ada yg ujug2 jadi soleh di dunia

Salam Damai!