ForumKristen.com

Iman Kristen => Diskusi Umum Kristen => Started by: gusgus on September 10, 2018, 11:27:43 PM

Title: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: gusgus on September 10, 2018, 11:27:43 PM
beberapa bulan ini, saya mendengar beberapa khotbah dari beberapa HT yang memasukkan bahasan tentang depresi. mereka mengambil contoh beberapa selebriti yang bunuh diri akhir2 ini. dan para HT ini berkata kalau depresi itu hanya di pikiran dan bisa hilang dengan kata2 positif, mempunyai pengharapan dan doa, kalau berobat ke psikiater akan kecanduan obat. saya sebagai orang yang pernah depresi dan kambuh beberapa kali, menyayangkan khotbah HT karena tidak sesuai dengan fakta. akan saya gambarkan apa itu depresi berdasar pengalaman saya :

depresi itu adalah penyakit secara fisik, penyebabnya adalah ketidak seimbangan zat kimia di otak. ketidak seimbangan ini bisa dari penyakit (kelainan hormon atau kalau saya karena gegar otak) ataupun genetik. apa fungsi keseimbangan zat2 kimia di otak itu? kalau zat2 tersebut seimbang, maka daya tahan otak terhadap tekanan secara mental atau pikiran jadi bagus. jadi kalau ada masalah, tidak cepat putus asa dan jadi depresi. ada orang yang zat kimia di otaknya tidak imbang, sehingga begitu kena masalah sedikit atau tekanan, memicu depresi.

bagaimana bisa tahu kalau depresi pemicunya adalah bukan dari pikiran seperti saya atau karena pikiran? lewat interview. jadi oleh psikiater akan diberi beberapa pertanyaan, kalau bisa jawab semua dengan lancar, maka kemungkinan besar adalah karena penyakit fisik. kalau misal saat interview ada pertanyaan yang tidak bisa dijawab, maka kemungkinan besar karena ada masalah pikiran atau tekanan.

bagaimana pengobatannya? karena depresi saya pemicunya bukan dari pikiran, jadi saya hanya diberi obat depresi dan obat cemas (biasanya depresi disertai cemas). kalau yang dari pikiran itu sepertinya ada semacam konsultasi dan minum obat depresi. saya diberi obat untuk 2 minggu dan setelah minum itu sekitar 3 hari baru terasa depresinya mulai hilang. 2 minggu kemudian saya harus balik untuk kontrol, dan diberi obat lagi dan tidak perlu datang lagi kecuali ada masalah. apakah akan kecanduan obatnya? tidak. setelah sembuh, usahakan makan makanan yang baik untuk kesehatan otak seperti ikan dan berolah raga untuk mengurangi resiko zat kimia di otak tidak seimbang lagi. selama 2 tahun pertama 2 kali depresi kambuh, tapi tambah lama tambah jarang kambuh. bagaimana dengan kata2 positif dan doa? dari pengalaman saya, tidak bisa, karena kata2 positif hanya akan dianggap angin lewat. meskipun tetap berdoa tapi doa saya anggap tidak akan bisa menyelamatkan saya. saya sudah ikut banyak seminar motivasi, baca buku motivasi, berusaha memotivasi diri, tapi tidak bisa menyembuhkan depresi.
beberapa catatan :
- depresi kalau pemicunya pikiran, biasanya tidak sadar kalau sedang depresi, jadi butuh keluarga atau orang terdekat untuk mengajak ke psikiater.
- depresi dan ke psikiater itu bukan aib. depresi itu penyakit fisik, pemicunya bisa secara fisik bisa pikiran.
- orang depresi itu otomatis keluar pikiran2 negatif, tidak bisa dikontrol seperti orang pada waktu sehat.
- orang depresi itu tidak bisa merasa gembira, sedih maupun marah. meskipun kadang timbul rasa sedih dan marah yang meledak-ledak meskipun tidak ada masalah yang memicunya.
- kalau depresinya saya, tiba2 muncul tanpa ada pemicunya. kadang sejak bangun tidur pagi hari. kadang pagi masih baik2 saja, sore tiba2 depresi.

kalau mungkin ada pertanyaan soal depresi, akan saya jawab berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya.
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: CLAY on September 11, 2018, 01:19:06 PM
Ya secara kimia mungkin ada definisi dan penjelasannya tersendiri di luar iman. Namuni depresi secara iman dapat dikatakan sebagai mereka yg tidak lagi berpengharapan. Padahal Pengharapan adalah ke 3 hal yg utama dalam ke Kristenan yg dijabarkan Paulus yaitu: Iman, HARAPAN dan KASIH.

sebab tanpa Harapan tidak dapat ada Iman dan tanpa Harapan, Kasih mati. Iman memprasyaratkan harapan yang tak kunjung padam.
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Maren Kitatau on September 11, 2018, 01:39:13 PM
- kalau depresinya saya, tiba2 muncul tanpa ada pemicunya.
kadang sejak bangun tidur pagi hari. kadang pagi masih baik2 saja, sore tiba2 depresi.
kalau mungkin ada pertanyaan soal depresi, akan saya jawab berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya.

Aku turut prihatin dgn sakitmu
Semoga sudah bisa sembuh total!

Tanya, Bro!
Kalau depresi karena pikiran maka kata-kata pemicunya
Kalau depresi karena fisik, tentu berupa benda pemicunya, pikirku
Fisik benda itu bisa berupa suhu, warna, gerakan, ruang, bayang, dll dr benda itu

Apa sudah pernah pikir sampai ke situ?

Salam Damai!
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Siip on September 12, 2018, 09:34:29 AM
Yg saya pahami selama ini, manusia itu integral namun upaya menyembuhkan manusia terkadang tidak dilakukan secara integrated mlainkan pisah-pisah sesuai keyakinan tiap-tiap orang.

Misalnya, depresi itu dihadapi oleh orang medis, orang psikologi dan orang rohani, ketiga jalur ini bisa berjalan sendiri-sendiri, cenderung mengabaikan jalur yg lain shg treatment-nya tidak intergral.

Depresi itu sendiri ada bbrp level, ada mild, ada medium, ada severe.
Dlm dunia psikologis, psikolog dg terapinya akan masuk utk depresi mild sampai medium.
Utk depresi level medium sampai severe, obat-obatan harus dilibatkan shg klien perlu pergi ke psikiater.
Depresi medium sampai severe sudah melibatkan faktor biologis, bukan lagi faktor sugesti atau rasio.

Di sisi lain,
Apakah seseorang bisa tiba-tiba dalam 1 hari dari orang normal berubah jadi depresi severe?
Very unlikely. Dia mengalami proses mulai dari pikiran irasional yg tidak ia handle, sugesti yang tidak bisa lagi ia kontrol, trauma yang tidak mampu ia cope, sampai akhirnya menjadi depresi severe.
Maka itu obat-obatan utk meredakan ketegangan syaratnya tidak akan mengatasi akar masalah orang tsb yaitu pikiran-pikirannya.
Itulah sebabnya treatment integrated, obat diberikan namun terapi kognitif juga disampaikan.

Nah, persoalannya muncul pada aspek rohani.
Aspek rohani tidak berada dalam jalur yg sama dg disiplin ilmu empirik.
Kedokteran dan psikologi akan mengabaikan aspek rohani.

Do you believe dlm suatu penglihatan, ada orang melihat roh jahat sedang menunggangi kepala seseorang dan menudungi orang tsb shg korban merasa berat kepalanya, tertutup pandangannya, yg bisa ia lihat hanya kegelapan, pandangannya tidak bisa jauh ke depan, arah lihatnya hanya ke bawah krn sukar ia melihat ke atas, hidupnya sesak.
Itu kerja roh jahat.

Rupanya ada roh jahat yg ngipas-ngipasi dan menunggangi segala kejadian dalam hidup orang ini, roh jahat membesar-besarkan pristiwa traumatik, pikiran irasional dan sugesti dalam kepala orang ini.
Lha kl dia diberi obat utk mnenangkan saraf, mredakan gejala, diberi terapi kognitif utk membangkitkan pikiran dan sugesti positif, tp roh jahatnya dibiarkan saja, apakah kesembuhannya akan sustainable?

Namun jika roh jahatnya saja yg ditangani namun ia tidak diajari pikiran-pikiran konstruktif, jika ia dalam tahap severe depression shg ada masalah di neurons nya, apakah cukup?

Ya, kita percaya Tuhan mampu hanya dengan sehari mnyembuhkan seorang sempurna mlalui mujizat, namun tidak selalu Ia mlakukan spt itu. Tiap orang bisa beda-beda. Itulah sebabnya semua disiplin ilmu masih dibutuhkan.
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: ronny_het on September 12, 2018, 10:22:01 AM
Yg saya pahami selama ini, manusia itu integral namun upaya menyembuhkan manusia terkadang tidak dilakukan secara integrated mlainkan pisah-pisah sesuai keyakinan tiap-tiap orang.

Misalnya, depresi itu dihadapi oleh orang medis, orang psikologi dan orang rohani, ketiga jalur ini bisa berjalan sendiri-sendiri, cenderung mengabaikan jalur yg lain shg treatment-nya tidak intergral.

Depresi itu sendiri ada bbrp level, ada mild, ada medium, ada severe.
Dlm dunia psikologis, psikolog dg terapinya akan masuk utk depresi mild sampai medium.
Utk depresi level medium sampai severe, obat-obatan harus dilibatkan shg klien perlu pergi ke psikiater.
Depresi medium sampai severe sudah melibatkan faktor biologis, bukan lagi faktor sugesti atau rasio.

Di sisi lain,
Apakah seseorang bisa tiba-tiba dalam 1 hari dari orang normal berubah jadi depresi severe?
Very unlikely. Dia mengalami proses mulai dari pikiran irasional yg tidak ia handle, sugesti yang tidak bisa lagi ia kontrol, trauma yang tidak mampu ia cope, sampai akhirnya menjadi depresi severe.
Maka itu obat-obatan utk meredakan ketegangan syaratnya tidak akan mengatasi akar masalah orang tsb yaitu pikiran-pikirannya.
Itulah sebabnya treatment integrated, obat diberikan namun terapi kognitif juga disampaikan.

Nah, persoalannya muncul pada aspek rohani.
Aspek rohani tidak berada dalam jalur yg sama dg disiplin ilmu empirik.
Kedokteran dan psikologi akan mengabaikan aspek rohani.

Do you believe dlm suatu penglihatan, ada orang melihat roh jahat sedang menunggangi kepala seseorang dan menudungi orang tsb shg korban merasa berat kepalanya, tertutup pandangannya, yg bisa ia lihat hanya kegelapan, pandangannya tidak bisa jauh ke depan, arah lihatnya hanya ke bawah krn sukar ia melihat ke atas, hidupnya sesak.
Itu kerja roh jahat.

Rupanya ada roh jahat yg ngipas-ngipasi dan menunggangi segala kejadian dalam hidup orang ini, roh jahat membesar-besarkan pristiwa traumatik, pikiran irasional dan sugesti dalam kepala orang ini.
Lha kl dia diberi obat utk mnenangkan saraf, mredakan gejala, diberi terapi kognitif utk membangkitkan pikiran dan sugesti positif, tp roh jahatnya dibiarkan saja, apakah kesembuhannya akan sustainable?

Namun jika roh jahatnya saja yg ditangani namun ia tidak diajari pikiran-pikiran konstruktif, jika ia dalam tahap severe depression shg ada masalah di neurons nya, apakah cukup?

Ya, kita percaya Tuhan mampu hanya dengan sehari mnyembuhkan seorang sempurna mlalui mujizat, namun tidak selalu Ia mlakukan spt itu. Tiap orang bisa beda-beda. Itulah sebabnya semua disiplin ilmu masih dibutuhkan.
Bro, bagaimana DIA bisa melakukan Mujizat-Nya, jika yang bersangkutan tidak percaya kepada-Nya ?
Yang sakit ngotot bahwa itu adalah medis dan hanya bisa disembuhkan Psikolog/manusia, dan dia mengandalkan kepandaian dunianya...Bagaimana hal ini bisa dibilang percaya kepada-Nya ? Ingat Yesus hanya melakukan mujizat penyembuhan kepada mereka yang percaya kepada-Nya dan hal itu berlaku untuk selamanya....Bahkan ada wanita yang menyentuh jubah-Nya aja seketika sembuh...karena apa ? Cuma karena Percaya...tidak ada yang lain....Janganlah kita sering di mulut mengaku Percaya pada-Nya, padahal perbuatan kita secara tanpa sadar tidak mempercayai-Nya....
TERJADILAH PADAMU MENURUT KEYAKINANMU...

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: ronny_het on September 12, 2018, 10:32:15 AM
Sebaiknya kita semua mempercayai Yesus secara "Penuh"...dan tidak diembel embeli kata-kata : Jika, Tapi, Cuma, Asal, dll....itu cuma Kepercayaan bersyarat...Senantiasa Percaya sepenuhnya kepada-Nya tanpa syarat dan Kondisi...karena DIA senantiasa Maha Kuasa, Maha Pemurah dan Maha Pengasih bagi kita semua...

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Maren Kitatau on September 12, 2018, 05:07:00 PM
...!
Rupanya ada roh jahat yg ngipas-ngipasi dan menunggangi segala kejadian dalam hidup orang ini, roh jahat membesar-besarkan pristiwa traumatik, pikiran irasional dan sugesti dalam kepala orang ini.
Lha kl dia diberi obat utk mnenangkan saraf, mredakan gejala, diberi terapi kognitif utk membangkitkan pikiran dan sugesti positif, tp roh jahatnya dibiarkan saja, apakah kesembuhannya akan sustainable?

Namun jika roh jahatnya saja yg ditangani namun ia tidak diajari pikiran-pikiran konstruktif, jika ia dalam tahap severe depression shg ada masalah di neurons nya, apakah cukup?

Ya, kita percaya Tuhan mampu hanya dengan sehari mnyembuhkan seorang sempurna mlalui mujizat, namun tidak selalu Ia mlakukan spt itu. Tiap orang bisa beda-beda. Itulah sebabnya semua disiplin ilmu masih dibutuhkan.

Itu mencerahkan, Bro!

Kupikir juga begitu kpd gusgus,
Jika depresi itu tak diketahui apa pemicunya,
Maka jangan2  ... ada yg bilang dgn istilah "kesambet"

@gusgus
Teruslah cari hal2 yg belum diketahui
Bahkan hal2 yg melampaui akal manusia

Salam Damai!
 
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: mrt_bla on September 12, 2018, 07:16:30 PM
Very unlikely. Dia mengalami proses mulai dari pikiran irasional yg tidak ia handle, sugesti yang tidak bisa lagi ia kontrol, trauma yang tidak mampu ia cope, sampai akhirnya menjadi depresi severe.
Maka itu obat-obatan utk meredakan ketegangan syaratnya tidak akan mengatasi akar masalah orang tsb yaitu pikiran-pikirannya.
Itulah sebabnya treatment integrated, obat diberikan namun terapi kognitif juga disampaikan.
Maksud Om, obat2 yg diminum, gak ada efek sama depresinya? Terus obat2 itu sendiri buat apa ya Om?

Sekalian tanya ya Om. Obat2 kan dari psikiater. Terus pengobatan dari psikolog berupa apa? Apa sama kayak di film2, kalo mengatasi masalah perceraian?

Bagi2 pengetahuannya dong Om..
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Maren Kitatau on September 13, 2018, 09:46:49 AM
Terus obat2 itu sendiri buat apa ya Om?

Ada yg bilang:
Semua obat2an bukan utk menyembuhkan
Obat2an hanya utk penghilang rasa sakit
Baik sakit hati, sakit tubuh, sakit rohani

JIka obat sungguh dpt menyembuhkan
Maka manusia menjadi sulit matinya
Begitu kurasa!

Salam Damai!
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Siip on September 13, 2018, 04:30:10 PM
Maksud Om, obat2 yg diminum, gak ada efek sama depresinya? Terus obat2 itu sendiri buat apa ya Om?

Sekalian tanya ya Om. Obat2 kan dari psikiater. Terus pengobatan dari psikolog berupa apa? Apa sama kayak di film2, kalo mengatasi masalah perceraian?

Bagi2 pengetahuannya dong Om..

Obat tentu ada efeknya om, yaitu utk meredakan/mhilangkan gejalanya.
Saat gejala reda/lenyap, klien lebih mudah diajak berbicara.

Psikolog itu ada batasnya om, yaitu saat klien belum sampai tahap psikotik.
Kl sudah psikotik, dia pasti butuh obat utk meredakan/mhilangkan gejalanya.

Praktisnya bgini om, kl klien masih bisa diajak berbicara rasional, psikolog tugasnya membuka pemikiran-pemikiran shg klien punya beragam alternatif pilihan utk dia ambil.
Bayangkan kl klien sudah bicara irasional, psikolog sudah tidak bisa masuk.
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: cadangdata on September 13, 2018, 05:02:11 PM
Ada yg bilang:
Semua obat2an bukan utk menyembuhkan
Obat2an hanya utk penghilang rasa sakit
Baik sakit hati, sakit tubuh, sakit rohani

JIka obat sungguh dpt menyembuhkan
Maka manusia menjadi sulit matinya
Begitu kurasa!

Salam Damai!

tergantung desainnya brow..

ada yg memang tujuannya untuk menyembuhkan,
beda lagi yg tujuannya meredakan / menghilangkan rasa sakit
ada juga yg untuk memelihara kondisi spy se normal mungkin, dan sebagainya.

ada juga yang memang enggak diisi apa-apa..
hahaha....

salam
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Maren Kitatau on September 13, 2018, 05:23:31 PM
tergantung desainnya brow..
MK: Entah bulet entah kotak sama saja, Bro!
Entah cair entah padat sama saja keknya
Ada obat kuat bikin loyo, tak ada obat loyo

cd: ada yg memang tujuannya untuk menyembuhkan,
MK: Ada luka dioles obat merah sembuh
Ada luka lagi dioles minyak tanah sembuh
Berarti obat itu hanya utk ngusir lalat aja kali
Kayak obat nyamung utk ngusir nyamuk, gituh.

cd: beda lagi yg tujuannya meredakan / menghilangkan rasa sakit
MK: Kurasa semua obat hanya utk meredakan dan mencegah nambah parah

cd: ada juga yg untuk memelihara kondisi spy se normal mungkin, dan sebagainya.
MK: Pitamin itu mah!

cd: ada juga yang memang enggak diisi apa-apa..hahaha....
MK: Spt cina bilang semua yg mengisi perut itu obat, haha!
 
Salam Damai Bro!
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: cadangdata on September 13, 2018, 05:54:26 PM
MK: Entah bulet entah kotak sama saja, Bro!
Entah cair entah padat sama saja keknya
Ada obat kuat bikin loyo, tak ada obat loyo

cd: ada yg memang tujuannya untuk menyembuhkan,
MK: Ada luka dioles obat merah sembuh
Ada luka lagi dioles minyak tanah sembuh
Berarti obat itu hanya utk ngusir lalat aja kali
Kayak obat nyamung utk ngusir nyamuk, gituh.

cd: beda lagi yg tujuannya meredakan / menghilangkan rasa sakit
MK: Kurasa semua obat hanya utk meredakan dan mencegah nambah parah

cd: ada juga yg untuk memelihara kondisi spy se normal mungkin, dan sebagainya.
MK: Pitamin itu mah!

cd: ada juga yang memang enggak diisi apa-apa..hahaha....
MK: Spt cina bilang semua yg mengisi perut itu obat, haha!
 
Salam Damai Bro!

gini mas contohnya...

orang sakit akibat terinfeksi bakteri Xyz..
akibat infeksi bakteri itu, bisa menyebabkan orang itu demam, pusing dll..

maka:
1. minum obat analgetik --> meredakan demam dan pusingnya tapi enggak menyembuhkan
2. minum anti bakteri yg membunuh bakteri XYZ --> menyembuhkan penyakitnya, dan otomatis gejala lanjutannya (spt demam & pusing tadi) ikutan hilang juga.

gitu aja deh gampangnya.


dalam konteks depresi..
spt kata mas siip yang dugaan sy belajar psikologi..

obat-obat psikotik, spt antianxiety/ tranquiliser, psikotropika, psikostimulan, neurotransmitter inhibitor, dan teman2nya..
memang sifatnya membantu si penderita supaya dia kondisi fisiologis otaknya lebih mendekati normal (homeostasis namanya), shg memudahkan terapi psikologisnya.


memang sejauh sampai hari ini, ilmu pengetahuan baru pahamnya bahwa depresi bisa diringankan dgn obat-obat yg hubungannya dengan syaraf (neuron)..
atau dengan alat2 yg pakai arus listrik untuk memodifikasi respons syaraf di lokasi2 tertentu di otak misalnya.

dan memang belum diketahui apakah ada serangan bakteri atau virus atau serangan benda asing lainnya..

semoga dengan berkembangnya ilmu pengetahuan bisa banyak yg lebih diketahui untuk bisa menemukan cara mengatasi yg lebih baik..
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: gusgus on September 13, 2018, 11:09:49 PM
Ya secara kimia mungkin ada definisi dan penjelasannya tersendiri di luar iman. Namuni depresi secara iman dapat dikatakan sebagai mereka yg tidak lagi berpengharapan. Padahal Pengharapan adalah ke 3 hal yg utama dalam ke Kristenan yg dijabarkan Paulus yaitu: Iman, HARAPAN dan KASIH.

sebab tanpa Harapan tidak dapat ada Iman dan tanpa Harapan, Kasih mati. Iman memprasyaratkan harapan yang tak kunjung padam.
apakah depresi secara iman dan depresi secara penyakit beda atau sama?
berdasarkan pengalaman depresi saya, semua pengharapan hilang ketika kena depresi. hati dan pikiran seperti tertutup dan hampa. anda taruh macam2 kata2 motivasi, ayat2 maupun pengharapan, dilakukan oleh teman, keluarga atau HT, tidak ada efeknya sama sekali. kalau saya gambarkan, kata2 motivasi itu seperti api, tapi hati dan pikiran saya yang dulunya seperti minyak mudah terbakar, waktu depresi seperti pasir yang memadamkan setiap api. bukan seperti pesimis, tapi depresi lebih ke meredam. pesimis itu membuat segala sesuatu jadi negatif, sedangkan depresi lebih ke 0 atau netral, meski kadang negatif.
kalau orang normal liat cewek cantik akan berkata "wow! cantiknya"
kalau pesimis liat cewek cantik, akan berkata "cantik itu biasanya matre" atau "ah tapi telinganya terlalu besar"
kalau depresi liat cewek cantik, tidak akan merasa apa2, hati dan pikirannya seperti hampa (lain dengan datar). tidak ada cantik atau jelek, bagus atau tidak, lucu atau tidak.
tapi begitu setelah pengobatan, harapan itu bisa muncul. ayat2 FT dan kata2 motivasi jadi bisa masuk dan menimbulkan semangat.

Aku turut prihatin dgn sakitmu
Semoga sudah bisa sembuh total!

Tanya, Bro!
Kalau depresi karena pikiran maka kata-kata pemicunya
Kalau depresi karena fisik, tentu berupa benda pemicunya, pikirku
Fisik benda itu bisa berupa suhu, warna, gerakan, ruang, bayang, dll dr benda itu

Apa sudah pernah pikir sampai ke situ?

Salam Damai!

depresi karena pikiran itu karena ada hal2 secara psikis yang memicunya, seperti ditinggal pacar, keluarga atau teman meninggal, pernah dibully.
kalau depresi karena fisik itu karena pemicunya penyakit secara fisik, seperti saya ini pernah kena gegar otak atau gangguan hormon atau ada papanya teman saya kena hidrosefalus sehingga depresi (banyak diam dan merenung, tapi kadang menangis dan marah2 tanpa sebab) dan sudah dibawa ke malaysia dan singapura, tapi dokternya angkat tangan.
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: gusgus on September 13, 2018, 11:32:09 PM
Yg saya pahami selama ini, manusia itu integral namun upaya menyembuhkan manusia terkadang tidak dilakukan secara integrated mlainkan pisah-pisah sesuai keyakinan tiap-tiap orang.

Misalnya, depresi itu dihadapi oleh orang medis, orang psikologi dan orang rohani, ketiga jalur ini bisa berjalan sendiri-sendiri, cenderung mengabaikan jalur yg lain shg treatment-nya tidak intergral.

Depresi itu sendiri ada bbrp level, ada mild, ada medium, ada severe.
Dlm dunia psikologis, psikolog dg terapinya akan masuk utk depresi mild sampai medium.
Utk depresi level medium sampai severe, obat-obatan harus dilibatkan shg klien perlu pergi ke psikiater.
Depresi medium sampai severe sudah melibatkan faktor biologis, bukan lagi faktor sugesti atau rasio.

Di sisi lain,
Apakah seseorang bisa tiba-tiba dalam 1 hari dari orang normal berubah jadi depresi severe?
Very unlikely. Dia mengalami proses mulai dari pikiran irasional yg tidak ia handle, sugesti yang tidak bisa lagi ia kontrol, trauma yang tidak mampu ia cope, sampai akhirnya menjadi depresi severe.
Maka itu obat-obatan utk meredakan ketegangan syaratnya tidak akan mengatasi akar masalah orang tsb yaitu pikiran-pikirannya.
Itulah sebabnya treatment integrated, obat diberikan namun terapi kognitif juga disampaikan.

Nah, persoalannya muncul pada aspek rohani.
Aspek rohani tidak berada dalam jalur yg sama dg disiplin ilmu empirik.
Kedokteran dan psikologi akan mengabaikan aspek rohani.

Do you believe dlm suatu penglihatan, ada orang melihat roh jahat sedang menunggangi kepala seseorang dan menudungi orang tsb shg korban merasa berat kepalanya, tertutup pandangannya, yg bisa ia lihat hanya kegelapan, pandangannya tidak bisa jauh ke depan, arah lihatnya hanya ke bawah krn sukar ia melihat ke atas, hidupnya sesak.
Itu kerja roh jahat.

Rupanya ada roh jahat yg ngipas-ngipasi dan menunggangi segala kejadian dalam hidup orang ini, roh jahat membesar-besarkan pristiwa traumatik, pikiran irasional dan sugesti dalam kepala orang ini.
Lha kl dia diberi obat utk mnenangkan saraf, mredakan gejala, diberi terapi kognitif utk membangkitkan pikiran dan sugesti positif, tp roh jahatnya dibiarkan saja, apakah kesembuhannya akan sustainable?

Namun jika roh jahatnya saja yg ditangani namun ia tidak diajari pikiran-pikiran konstruktif, jika ia dalam tahap severe depression shg ada masalah di neurons nya, apakah cukup?

Ya, kita percaya Tuhan mampu hanya dengan sehari mnyembuhkan seorang sempurna mlalui mujizat, namun tidak selalu Ia mlakukan spt itu. Tiap orang bisa beda-beda. Itulah sebabnya semua disiplin ilmu masih dibutuhkan.

saya yang mengalaminya bisa berubah tiba2. malam harinya ceria, bangun tidur, tiba2 merasa sangat capek, pikirannya selalu ingin mati, emosi hampa. dan kadang depresi itu juga pergi dengan sendirinya, setelah beberapa hari depresi tiba2 besoknya bisa kembali lagi merasakan emosi dan bersemangat. mungkin otak saya kadang korsleting sejenak.
kalau menurut pengalaman saya, ketika depresi, semua pikiran negatif dan memori buruk muncul dan hanya itu yang ada di pikiran. apakah itu dari iblis atau bukan, pengobatan tetaplah jawabannya. saat pertama2 saya kena depresi, saya sudah coba didoakan, sudah berdoa, baik tentang roh jahat yang mungkin mengganggu atau ampuni kesalahan saya depresi kalau ini adalah hukuman, tapi tidak bisa hilang dalam batas toleransi waktu saya, karena depresi itu sangat2 tidak nyaman karena tidak bisa merasakan rasa senang (sekalipun anehnya kadang terasa seperti comfort zone). jadi ketika selanjutnya depresi kambuh, saya lebih pilih pengobatan.
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: gusgus on September 13, 2018, 11:47:38 PM
Sebaiknya kita semua mempercayai Yesus secara "Penuh"...dan tidak diembel embeli kata-kata : Jika, Tapi, Cuma, Asal, dll....itu cuma Kepercayaan bersyarat...Senantiasa Percaya sepenuhnya kepada-Nya tanpa syarat dan Kondisi...karena DIA senantiasa Maha Kuasa, Maha Pemurah dan Maha Pengasih bagi kita semua...

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
apakah kalau anda sakit, apakah anda akan berobat?
depresi bukan masalah psikis orang tersebut yang hilang pengharapan, tapi masalah fisik yang menyebabkan pikirannya terganggu sehingga tidak bisa memunculkan pengharapan di pikirannya.
fisik dapat mempengaruhi pikiran seperti saat wanita sedang PMS, kadang emosinya tidak terkendali. atau seperti saat pria mengalami puber kedua karena penurunan hormon, tiba2 jadi suka bersolek dan katanya jadi kelihatan lebih percaya diri.

Itu mencerahkan, Bro!

Kupikir juga begitu kpd gusgus,
Jika depresi itu tak diketahui apa pemicunya,
Maka jangan2  ... ada yg bilang dgn istilah "kesambet"

@gusgus
Teruslah cari hal2 yg belum diketahui
Bahkan hal2 yg melampaui akal manusia

Salam Damai!
 
beberapa kali depresi pertama sudah coba didoakan dan berdoa, tapi tidak ada hasil. dan karena depresi sangat tidak mengenakkan, jadi ingin secepat mungkin dihilangkan, yaitu dengan pengobatan. mau depresi karena iblis atau bukan, pengobatan mengatasi depresi saya selama ini. 

Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Siip on September 14, 2018, 09:03:17 AM
saya yang mengalaminya bisa berubah tiba2. malam harinya ceria, bangun tidur, tiba2 merasa sangat capek, pikirannya selalu ingin mati, emosi hampa. dan kadang depresi itu juga pergi dengan sendirinya, setelah beberapa hari depresi tiba2 besoknya bisa kembali lagi merasakan emosi dan bersemangat. mungkin otak saya kadang korsleting sejenak. kalau menurut pengalaman saya, ketika depresi, semua pikiran negatif dan memori buruk muncul dan hanya itu yang ada di pikiran. apakah itu dari iblis atau bukan, pengobatan tetaplah jawabannya. saat pertama2 saya kena depresi, saya sudah coba didoakan, sudah berdoa, baik tentang roh jahat yang mungkin mengganggu atau ampuni kesalahan saya depresi kalau ini adalah hukuman, tapi tidak bisa hilang dalam batas toleransi waktu saya, karena depresi itu sangat2 tidak nyaman karena tidak bisa merasakan rasa senang (sekalipun anehnya kadang terasa seperti comfort zone). jadi ketika selanjutnya depresi kambuh, saya lebih pilih pengobatan.

Ya Bro,
Perlu kita pahami bersama,
Tuhan bisa menyembuhkan seketika pulih sempurna - AMIN.
Tp Ia tidak selalu melakukan dengan cara itu.

Bila kita sudah berdoa meminta pemulihan instan tp hal tsb belum kita peroleh, maka kita gunakan cara lain yg juga diberkati Tuhan yaitu pengobatan.

Kl kondisi daruratnya adalah masalah tubuh (bipolar ada kemungkinan krn masalah fisiologis, misal masalah otak, aktivitas neurotransmitter berlebihan, gen turunan), ada sarana utk hal tsb yaitu obat.

Ya sama misalnya orang lapar, itu kan fisiologis, masa kl lagi lapar kita doa supaya kenyang sdgkn di atas meja ada rib-eye-steak. Kl lapar ya makan.

Diagnosa utk bipolar akan melibatkan obat-obatan, utk mengurangi mood swings dan menurunkan aktivitas syaraf. Saat mood stabil dan pikiran tenang, maka seseorang bisa berdoa, bisa baca firman, bisa denger video kotbah, bisa datang ke gereja mendengar kotbah, bisa bersekutu dan ibadah. Itu semua akan mendukung penyembuhan.

Soalnya ada org yg hanya minum obat saja tanpa mengisi pikiran dg perkataan Tuhan, tanpa berbicara interaksi lgs dg Tuhan pd saat orang tsb dlm kondisi stabil,. Kl spt itu maka orang tsb mungkin akan tergantung pd obat (yg dosisnya akan meningkat trus).

Itulah pemulihan integral, roh-jiwa-tubuh diobati semuanya.
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Maren Kitatau on September 14, 2018, 11:15:21 AM
... mungkin otak saya kadang korsleting sejenak.
kalau menurut pengalaman saya, ketika depresi,
semua pikiran negatif dan memori buruk muncul
dan hanya itu yang ada di pikiran.

Konon masalah otak itu baru 10% yg diketahui fungsinya. Ada triliunan sel di situ yg salah satu fungsinya adalah spt kondensator penyimpan data (memori) dr reaksi kimia otak (muatan listrik). Dr berita TV, ada org yg akibat kecelakaan terpaksa dibuang otaknya separuh, diganti dgn semacam jely, ia hidup, ingatannya normal (aneh), walau sebagian anggota tubuhnya kaku, tapi masih bisa lempar bola basket ke keranjang. Ada cerita org yg selamat dr kecelakan pesawat yg jatuh, tapi malah meninggal akibat jatuh dr sepeda (lucu). Satu lagi yg kulihat di TV, dua ekor monyet dioperasi, dituker kepalanya, mereka hidup (mengerikan). Terlihat celingak-celinguk. Sebenarnya aku ingin tahu sampai dimana hidupnya dan apakah keahliannya juga pindah? Pikirku! Mis: Otak dodol jadi udang, otak udang yg jadi dodol, dll.

@gusgus
Anggaplah dulu penyebab utamanya korseliting
Tapi penyebab konseletingnya belum diketahui
Bukan suhu, bukan bayangan, dll dr fisik benda
Maka sementara pikir isi memorinya yg diganti

Itu hrs dgn upaya sendiri aktivasi kimia otak
Istilahnya jadi memformat dan update data
Agar setiap korslet selalu dlm confort zone
Bukan dlm sedimen yg mengerikan lagi

Berdoalah sendirian memohon kesembuhan
Proses semua data yg menyenangkan bersama Tuhan
Doa org/kami mungkin membantu memformat/up-grade program
Semoga bisa demikian!

Salam Damai!

NB:
Soalnya ada org yg hanya minum obat saja tanpa mengisi pikiran dg perkataan Tuhan,
tanpa berbicara interaksi lgs dg Tuhan pd saat orang tsb dlm kondisi stabil,.
Kl spt itu maka orang tsb mungkin akan tergantung pd obat (yg dosisnya akan meningkat trus).

Itulah pemulihan integral, roh-jiwa-tubuh diobati semuanya.
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: ronny_het on September 14, 2018, 11:38:22 AM
Konon masalah otak itu baru 10% yg diketahui fungsinya. Ada triliunan sel di situ yg salah satu fungsinya adalah spt kondensator penyimpan data (memori) dr reaksi kimia otak (muatan listrik). Dr berita TV, ada org yg akibat kecelakaan terpaksa dibuang otaknya separuh, diganti dgn semacam jely, ia hidup, ingatannya normal (aneh), walau sebagian anggota tubuhnya kaku, tapi masih bisa lempar bola basket ke keranjang. Ada cerita org yg selamat dr kecelakan pesawat yg jatuh, tapi malah meninggal akibat jatuh dr sepeda (lucu). Satu lagi yg kulihat di TV, dua ekor monyet dioperasi, dituker kepalanya, mereka hidup (mengerikan). Terlihat celingak-celinguk. Sebenarnya aku ingin tahu sampai dimana hidupnya dan apakah keahliannya juga pindah? Pikirku! Mis: Otak dodol jadi udang, otak udang yg jadi dodol, dll.

@gusgus
Anggaplah dulu penyebab utamanya korseliting
Tapi penyebab konseletingnya belum diketahui
Bukan suhu, bukan bayangan, dll dr fisik benda
Maka sementara pikir isi memorinya yg diganti

Itu hrs dgn upaya sendiri aktivasi kimia otak
Istilahnya jadi memformat dan update data
Agar setiap korslet selalu dlm confort zone
Bukan dlm sedimen yg mengerikan lagi

Berdoalah sendirian memohon kesembuhan
Proses semua data yg menyenangkan bersama Tuhan
Doa org/kami mungkin membantu memformat/up-grade program
Semoga bisa demikian!

Salam Damai!

NB:
Bro...kata temanku kalo ada yang Korslet..cepat segera hubungi PLN terdekat...
Kalau PLN kha cuma di Indonesia Bro dan cuma ngurusin terang KW bersifat fana....kalau yang menciptakan Terang or yang abadii,  siapa bro ?
DIA ADALAH TERANG YANG ABADI (Yesaya...)

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: ronny_het on September 14, 2018, 12:18:06 PM
apakah kalau anda sakit, apakah anda akan berobat?
depresi bukan masalah psikis orang tersebut yang hilang pengharapan, tapi masalah fisik yang menyebabkan pikirannya terganggu sehingga tidak bisa memunculkan pengharapan di pikirannya.
fisik dapat mempengaruhi pikiran seperti saat wanita sedang PMS, kadang emosinya tidak terkendali. atau seperti saat pria mengalami puber kedua karena penurunan hormon, tiba2 jadi suka bersolek dan katanya jadi kelihatan lebih percaya diri.
beberapa kali depresi pertama sudah coba didoakan dan berdoa, tapi tidak ada hasil. dan karena depresi sangat tidak mengenakkan, jadi ingin secepat mungkin dihilangkan, yaitu dengan pengobatan. mau depresi karena iblis atau bukan, pengobatan mengatasi depresi saya selama ini.
Saya juga dulunya juga pernah punya penyakit jiwa Bro...yaitu Candu judi mesin gila"an....Baik yang di darat/Ruko maupun online...saya bisa bermain sampai 3 hari 2 malam nonstop sambil setiap Minggu tetap ke Gereja....
Di kala saya bermain, yang ada di pikiran saya hanya keserakahan, monitor/layar  di depan saya plus minum dan makan, orang lain ga boleh ganggu/berkomunikasi dengan saya, kalau ganggu ketika saya lagi main, emosi saya langsung bisa meledak dengan luar biasa (kakak tertua saya yang cewek bisa saya bentak tiba" ketika minta tolong saya belikan sesuatu di warung terdekat/padahal biasanya kalo lagi ga main judi, saya sayang banget sama kakak saya itu, disuruh ke warung bolak balik aja saya ga pernah nolak)....ini berlangsung selama 15 tahun lebih...
Selama 15 tahun lebih itu saya dikuasai Iblis judi dan tidak menjadi diri saya sendiri...Kakak"/Sodara saya menegur saya, tetapi tidak saya gubris/tegar tengkuk...saya mengatakan itu uang saya dan urus saja diri masing"...Tuhan juga berulang kali menegur saya (pernah kejadian musibah celaka kecil ketika abis pulang pagi main judi OL di warnet/waktu itu di rumah listrik mati jd saya langsung  lanjut ke Warnet)...
Kesadaran muncul ketika saya kalah sampai mobil tergadai/terjual....Kakak" saya yang semula sayang jadi benci banget dan tidak percaya dengan saya lagi...Saya langsung berdoa dan memohon ampun pada-Nya sambil meminta Hikmat dan Tuntunan-Nya....DIA menjawab dengan suatu kalimat : Selama ini kamu telah membuang "Garam di Laut"...Apakah kamu tidak berpikir, sementara kamu buang duit seenaknya, para anak Yatim Piatu dan janda" tak berdaya sangat membutuhkannya untuk makan, minum sekolah ?

Sekarang saya tidak ada nafsu lagi untuk main judi Online...Penyembuhan dari-Nya sungguh ajaib...Membuat saya sekarang merasa jadi lebih Bijak, sering bersyukur dan berterima Kasih pada-Nya dalam segala keadaan...merasa Damai dan Sukacita dalam segala keadaan...Thx GOD atas segala Kemurahan-Mu, Hikmat-Mu dan Tuntunan-Mu...

Salam Damai Bro...
Semoga Tuhan juga memberkatimu dan akan memulihkanmu dengan segera....
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Maren Kitatau on September 14, 2018, 01:07:47 PM
Bro...kata temanku kalo ada yang Korslet..cepat segera hubungi PLN terdekat...

Sebelum ke PLN nanti, ketahuilah dahulu:
Korslet itu bisa akibat  kelebihan beban
Bisa akibat kabel2 telanjang kersenggol
Selain akibat kesambet "petir" tentunya

rh: Kalau PLN kha cuma di Indonesia Bro dan cuma ngurusin terang KW bersifat fana....kalau yang menciptakan Terang or yang abadii,  siapa bro ? ...DIA ADALAH TERANG YANG ABADI (Yesaya...)

Yes! Yesaya!
Bagimu matahari tak lagi menjadi penerang siang hari dan
cahaya bulan tidak lagi memberi terang pada malam hari,
tapi TUHAN akan menjadi penerang abadi dan
Allahmu akan menjadi keagunganmu. [Yes 60:19]

Saya juga dulunya juga pernah punya penyakit jiwa Bro...yaitu Candu judi mesin gila"an....Baik yang di darat/Ruko maupun online...saya bisa bermain sampai 3 hari 2 malam nonstop sambil setiap Minggu tetap ke Gereja....

Sekarang saya tidak ada nafsu lagi untuk main judi Online...Penyembuhan dari-Nya sungguh ajaib...Membuat saya sekarang merasa jadi lebih Bijak, sering bersyukur dan berterima Kasih pada-Nya dalam segala keadaan...merasa Damai dan Sukacita dalam segala keadaan...Thx GOD atas segala Kemurahan-Mu, Hikmat-Mu dan Tuntunan-Mu...

Ruarrr biasa lagi pengalamnmu, Bro!
Ternyata pernah terimbas listrik judi
Maka otak sering korsleting arus liar

Semoga berguna bagi org yg lain
Bagi Tuhan tak ada yg mustahil

Salam Damai!
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: ronny_het on September 14, 2018, 01:41:19 PM
Sebelum ke PLN nanti, ketahuilah dahulu:
Korslet itu bisa akibat  kelebihan beban
Bisa akibat kabel2 telanjang kersenggol
Selain akibat kesambet "petir" tentunya

Yes! Yesaya!
Bagimu matahari tak lagi menjadi penerang siang hari dan
cahaya bulan tidak lagi memberi terang pada malam hari,
tapi TUHAN akan menjadi penerang abadi dan
Allahmu akan menjadi keagunganmu. [Yes 60:19]

Ruarrr biasa lagi pengalamnmu, Bro!
Ternyata pernah terimbas listrik judi
Maka otak sering korsleting arus liar

Semoga berguna bagi org yg lain
Bagi Tuhan tak ada yg mustahil

Salam Damai!
Karena Hikmat ini saya dapat gratis hany berkat Kasih Kemurahan-Nya, maka saya ingin sekali berbagi kepada mereka yang membutuhkannya...Kebahagian orang lain adalah kebahagiaan Tuhan dan Kebahagiaan saya juga...

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Maren Kitatau on September 14, 2018, 01:57:55 PM
Sip lah, Bro!
Semoga hikmat Tuhan ber-tambah2 kpd-mu
Dan hidup-mu semakin berguna bagi org lain... Amin!

Salam Damai!
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: gusgus on September 16, 2018, 10:55:20 PM
Saya juga dulunya juga pernah punya penyakit jiwa Bro...yaitu Candu judi mesin gila"an....Baik yang di darat/Ruko maupun online...saya bisa bermain sampai 3 hari 2 malam nonstop sambil setiap Minggu tetap ke Gereja....
Di kala saya bermain, yang ada di pikiran saya hanya keserakahan, monitor/layar  di depan saya plus minum dan makan, orang lain ga boleh ganggu/berkomunikasi dengan saya, kalau ganggu ketika saya lagi main, emosi saya langsung bisa meledak dengan luar biasa (kakak tertua saya yang cewek bisa saya bentak tiba" ketika minta tolong saya belikan sesuatu di warung terdekat/padahal biasanya kalo lagi ga main judi, saya sayang banget sama kakak saya itu, disuruh ke warung bolak balik aja saya ga pernah nolak)....ini berlangsung selama 15 tahun lebih...
Selama 15 tahun lebih itu saya dikuasai Iblis judi dan tidak menjadi diri saya sendiri...Kakak"/Sodara saya menegur saya, tetapi tidak saya gubris/tegar tengkuk...saya mengatakan itu uang saya dan urus saja diri masing"...Tuhan juga berulang kali menegur saya (pernah kejadian musibah celaka kecil ketika abis pulang pagi main judi OL di warnet/waktu itu di rumah listrik mati jd saya langsung  lanjut ke Warnet)...
Kesadaran muncul ketika saya kalah sampai mobil tergadai/terjual....Kakak" saya yang semula sayang jadi benci banget dan tidak percaya dengan saya lagi...Saya langsung berdoa dan memohon ampun pada-Nya sambil meminta Hikmat dan Tuntunan-Nya....DIA menjawab dengan suatu kalimat : Selama ini kamu telah membuang "Garam di Laut"...Apakah kamu tidak berpikir, sementara kamu buang duit seenaknya, para anak Yatim Piatu dan janda" tak berdaya sangat membutuhkannya untuk makan, minum sekolah ?

Sekarang saya tidak ada nafsu lagi untuk main judi Online...Penyembuhan dari-Nya sungguh ajaib...Membuat saya sekarang merasa jadi lebih Bijak, sering bersyukur dan berterima Kasih pada-Nya dalam segala keadaan...merasa Damai dan Sukacita dalam segala keadaan...Thx GOD atas segala Kemurahan-Mu, Hikmat-Mu dan Tuntunan-Mu...

Salam Damai Bro...
Semoga Tuhan juga memberkatimu dan akan memulihkanmu dengan segera....

depresi itu lain dengan kecanduan, saya pernah kecanduan pornografi dan game online. kecanduan itu bersifat psikis, bukan fisik. yang kecanduan game online saya bisa atasi tanpa obat yaitu hanya mengubah pola pikir, sedangkan pornografi bisa saya atasi dengan mengubah pola pikir +bantuan Tuhan. kalau depresi itu tidak bisa sembuh hanya dengan mengubah pikiran. mau bagaimanapun memotivasi diri atau mendengar kata2 motivasi atau kata2 positif, tetap tidak bisa menyembuhkan depresi saya karena penyebabnya adalah gangguan kimia di otak. jadi gangguan kimia di otak disembuhkan dulu, baru bisa masuk kata2 motivasi dan positifnya agar tidak mudah kambuh lagi depresinya. entah kalau hipnoterapi, saya pernah ditawari tapi tidak pernah saya lakukan karena kata salah seorang pendeta, bisa jadi alat iblis untuk masuk ke pikiran. tapi pendeta yang sama juga salah tentang depresi dengan berkata kalau depresi itu hanya di pikiran dan cukup dengan kata2 motivasi.
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: ronny_het on September 17, 2018, 07:15:31 AM
depresi itu lain dengan kecanduan, saya pernah kecanduan pornografi dan game online. kecanduan itu bersifat psikis, bukan fisik. yang kecanduan game online saya bisa atasi tanpa obat yaitu hanya mengubah pola pikir, sedangkan pornografi bisa saya atasi dengan mengubah pola pikir +bantuan Tuhan. kalau depresi itu tidak bisa sembuh hanya dengan mengubah pikiran. mau bagaimanapun memotivasi diri atau mendengar kata2 motivasi atau kata2 positif, tetap tidak bisa menyembuhkan depresi saya karena penyebabnya adalah gangguan kimia di otak. jadi gangguan kimia di otak disembuhkan dulu, baru bisa masuk kata2 motivasi dan positifnya agar tidak mudah kambuh lagi depresinya. entah kalau hipnoterapi, saya pernah ditawari tapi tidak pernah saya lakukan karena kata salah seorang pendeta, bisa jadi alat iblis untuk masuk ke pikiran. tapi pendeta yang sama juga salah tentang depresi dengan berkata kalau depresi itu hanya di pikiran dan cukup dengan kata2 motivasi.
Dari kalimat" Bro, ada keraguan bahwa Tuhan bisa membuat Mujizat penyembuhan...Boleh saja bro mengaku sudah berdoa (doa tapi masih ada keraguan lebih baik ga usah berdoa, percuma)....Dari argumen" Bro(ini penyakit medis, cairan kimia, dll), secara tanpa sadar bro lebih mengagungkan kepandaian Bro...Seolah olah seperti lebih tahu dari Tuhan...Tuhan tidak akan marah Bro, DIA hanya membiarkan Bro berjuang dengan kekuatan Bro sendiri (DIA bukan pemaksa)....
Maaf Bro, jangan tersinggung ya...Orang yang percaya penuh pada Tuhan(bukan hanya pengakuan di mulut tapi dibuktikan dengan perbuatan yang selaras) jarang yang depresi/penyakit kejiwaan....
Dari reply" nya, saya menilai bahwa kliatannya Bro ini sehat secara fisik....Bro merasa "Depresi" karena dari dalam diri bro ada sesuatu yang ga beres (mungkin iblis/setan)...Refleksi dan introspeksi diri Bro...minta Hikmat Tuhan dengan kerendahan hati dan biarkan DIA yang selalu menuntun dan membimbing Bro...
Sorry Bro, kalau ada kata" saya yang kliatan kasar...percayalah Bro...saya banya berusaha membagi demi untuk kebaikan Bro....Semoga Bro cepat "Normal" kembali...

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: ronny_het on September 17, 2018, 07:27:11 AM
depresi itu lain dengan kecanduan, saya pernah kecanduan pornografi dan game online. kecanduan itu bersifat psikis, bukan fisik. yang kecanduan game online saya bisa atasi tanpa obat yaitu hanya mengubah pola pikir, sedangkan pornografi bisa saya atasi dengan mengubah pola pikir +bantuan Tuhan. kalau depresi itu tidak bisa sembuh hanya dengan mengubah pikiran. mau bagaimanapun memotivasi diri atau mendengar kata2 motivasi atau kata2 positif, tetap tidak bisa menyembuhkan depresi saya karena penyebabnya adalah gangguan kimia di otak. jadi gangguan kimia di otak disembuhkan dulu, baru bisa masuk kata2 motivasi dan positifnya agar tidak mudah kambuh lagi depresinya. entah kalau hipnoterapi, saya pernah ditawari tapi tidak pernah saya lakukan karena kata salah seorang pendeta, bisa jadi alat iblis untuk masuk ke pikiran. tapi pendeta yang sama juga salah tentang depresi dengan berkata kalau depresi itu hanya di pikiran dan cukup dengan kata2 motivasi.
Roh Ketakutan, kecemasan, kekhawatiran, keserakahan, ego yang tinggi biasanya datang dari Iblis...
Kata kata motivasi dunia belum tentu bisa menghilangkannya....Apakah Bro tahu bahwa kata" motivasi sekuler masih mengandalkan kekuatan "sendiri" ? Kekuatan yang Maha Dashyat hanya datang dari Tuhan dan ini bisa terjadi untuk setiap orang...asal orang itu mau rendah hati, datang pada-Nya, percaya penuh pada-Nya, minta Hikmat dan tuntunan-Nya..dan nanti lihat Kuasa-Nya yang Maha Dashyat akan bekerja dengan sendirinya...Mo sakit, kere, takut, cemas, dll akan dengan mudah disembuhkan...Tapi hal ini ga berlaku buat mereka yang masih meragukan-Nya dengan dalil yang tanpa sadar memegahkan kepandaian manusia...

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati....
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Maren Kitatau on September 17, 2018, 12:49:24 PM
@gusgus

Asal mau dan rela,
Tuhan pasti bisa, koq.

Kekuatan yang Maha Dashyat hanya datang dari Tuhan dan ini bisa terjadi untuk setiap orang...asal orang itu mau rendah hati, datang pada-Nya, percaya penuh pada-Nya, minta Hikmat dan tuntunan-Nya..dan nanti lihat Kuasa-Nya yang Maha Dashyat akan bekerja dengan sendirinya...
Yes! Utk semua itu kita kudu belajar mengenal Yesus
Tak kenal maka tak sayang, tak dikenal tak disayang
Belajar mengenal berarti belajar mencintai Yesus

Banyak kita yg telah belajar dan mengaku mencintai-Nya
Tapi pelajaran yg di dpt masih di seputar wacana org
Spt hrs belajar ini-itu, hrs begini-begitu, dll yg sulit2.

Pelajaran yg terbaik adalah dr pengalaman
Maka mengalami Yesus menjadi pelajaran
Sangkal diri, pikul salib, lalu ikut Yesus

Jika “Experience is a good teacher”, maka
“Kuat diludahin” itu salah satu pelajaran
Merintih utk-Nya, dan mengadu kpd-Nya

Dgn itu Nama Yesus kita permuliakan
Hingga beroleh kekuatan yg dahsyat
Bahkan akan beroleh hidup yg kekal

Salam Damai!
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: ronny_het on September 17, 2018, 02:42:12 PM
Ketakutan/keraguan untuk mengikuti Kehendak-Nya saja adalah upaya Iblis untuk menahan kita masuk garis/Finish (Adam dan Hawa aja bisa jatuh..)...Kalo dipikir pikir...mau dikasi enak dan mudah oleh Tuhan....eh malah bikin susah diri sendiri (akibat dari kebanyakan makan Buah tahu, jadi tahu arti "Bergaya, gengsi, sombong"...hehehe)...Aneh tapi nyata....

Salam Damai...
Tuhan memberkati...
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Maren Kitatau on September 17, 2018, 03:02:35 PM
@gusgus

Apakah dgn meng-update isi sel otak belum masuk akal juga?
Artinya, gimana agar saat korsleting selalu masuk confort zone
Dgn demikian tidak perlu lagi makan obat2an nantinya, ya kan?

Anggaplah dulu penyebab utamanya korseliting
Tapi penyebab konseletingnya belum diketahui
Bukan suhu, bukan bayangan, dll dr fisik benda
Maka sementara pikir isi memorinya yg diganti

Itu hrs dgn upaya sendiri aktivasi kimia otak
Istilahnya jadi memformat dan update data
Agar setiap korslet selalu dlm confort zone
Bukan dlm sedimen yg mengerikan lagi

Berdoalah sendirian memohon kesembuhan
Proses semua data yg menyenangkan bersama Tuhan
Doa org/kami mungkin membantu memformat/up-grade program
Semoga bisa demikian!

Bila bisa demikian maka doa2 itu pun hrs paralel
Artinya, yg mendoakan dan yg didoakan sinkron
Jika tidak, maka akan tetap sia2 hasilnya, kurasa

Salam Damai!
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: harry hanafi on September 21, 2018, 08:59:02 PM
beberapa bulan ini, saya mendengar beberapa khotbah dari beberapa HT yang memasukkan bahasan tentang depresi. mereka mengambil contoh beberapa selebriti yang bunuh diri akhir2 ini. dan para HT ini berkata kalau depresi itu hanya di pikiran dan bisa hilang dengan kata2 positif, mempunyai pengharapan dan doa, kalau berobat ke psikiater akan kecanduan obat. saya sebagai orang yang pernah depresi dan kambuh beberapa kali, menyayangkan khotbah HT karena tidak sesuai dengan fakta. akan saya gambarkan apa itu depresi berdasar pengalaman saya :

depresi itu adalah penyakit secara fisik, penyebabnya adalah ketidak seimbangan zat kimia di otak. ketidak seimbangan ini bisa dari penyakit (kelainan hormon atau kalau saya karena gegar otak) ataupun genetik. apa fungsi keseimbangan zat2 kimia di otak itu? kalau zat2 tersebut seimbang, maka daya tahan otak terhadap tekanan secara mental atau pikiran jadi bagus. jadi kalau ada masalah, tidak cepat putus asa dan jadi depresi. ada orang yang zat kimia di otaknya tidak imbang, sehingga begitu kena masalah sedikit atau tekanan, memicu depresi.

bagaimana bisa tahu kalau depresi pemicunya adalah bukan dari pikiran seperti saya atau karena pikiran? lewat interview. jadi oleh psikiater akan diberi beberapa pertanyaan, kalau bisa jawab semua dengan lancar, maka kemungkinan besar adalah karena penyakit fisik. kalau misal saat interview ada pertanyaan yang tidak bisa dijawab, maka kemungkinan besar karena ada masalah pikiran atau tekanan.

bagaimana pengobatannya? karena depresi saya pemicunya bukan dari pikiran, jadi saya hanya diberi obat depresi dan obat cemas (biasanya depresi disertai cemas). kalau yang dari pikiran itu sepertinya ada semacam konsultasi dan minum obat depresi. saya diberi obat untuk 2 minggu dan setelah minum itu sekitar 3 hari baru terasa depresinya mulai hilang. 2 minggu kemudian saya harus balik untuk kontrol, dan diberi obat lagi dan tidak perlu datang lagi kecuali ada masalah. apakah akan kecanduan obatnya? tidak. setelah sembuh, usahakan makan makanan yang baik untuk kesehatan otak seperti ikan dan berolah raga untuk mengurangi resiko zat kimia di otak tidak seimbang lagi. selama 2 tahun pertama 2 kali depresi kambuh, tapi tambah lama tambah jarang kambuh. bagaimana dengan kata2 positif dan doa? dari pengalaman saya, tidak bisa, karena kata2 positif hanya akan dianggap angin lewat. meskipun tetap berdoa tapi doa saya anggap tidak akan bisa menyelamatkan saya. saya sudah ikut banyak seminar motivasi, baca buku motivasi, berusaha memotivasi diri, tapi tidak bisa menyembuhkan depresi.
beberapa catatan :
- depresi kalau pemicunya pikiran, biasanya tidak sadar kalau sedang depresi, jadi butuh keluarga atau orang terdekat untuk mengajak ke psikiater.
- depresi dan ke psikiater itu bukan aib. depresi itu penyakit fisik, pemicunya bisa secara fisik bisa pikiran.
- orang depresi itu otomatis keluar pikiran2 negatif, tidak bisa dikontrol seperti orang pada waktu sehat.
- orang depresi itu tidak bisa merasa gembira, sedih maupun marah. meskipun kadang timbul rasa sedih dan marah yang meledak-ledak meskipun tidak ada masalah yang memicunya.
- kalau depresinya saya, tiba2 muncul tanpa ada pemicunya. kadang sejak bangun tidur pagi hari. kadang pagi masih baik2 saja, sore tiba2 depresi.

kalau mungkin ada pertanyaan soal depresi, akan saya jawab berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya.

SAYA BERANI KATAKAN BAHWA "ORANG PERCAYA TIDAK MENGENAL ISTILAH DEPRESI" ASALKAN KITA MAU BERGANTUNG SEPENUHNYA KEPADA TUHAN DAN MENJADIKAN Firman Tuhan SEBAGAI PEDOMAN HIDUP KITA.
CONTOHNYA:
DENGAN MEMBACA APA YANG DIKATAKAN AYUB DALAM Ayub 1:21
"Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!"
MAKA KITA PERTARUHKAN SELURUH KEHIDUPAN KITA KE DALAM TANGAN PENGASIHAN TUHAN SEBAB KITA TAHU BAHWA
Rom 8:28  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.
1Co 10:13  Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.
JADI DENGAN MEMPERCAYAI KEBENARAN Firman Tuhan YG MENYATAKAN DALAM
Rom 10:11  Karena Kitab Suci berkata: "Barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan."
MAKA APAPUN YANG MENIMPA DIRI KITA BILA KITA MAU PERCAYA PENUH ATAS PEMELIHARAAN TUHAN MAKA PASTILAH TUHAN AKAN MENOLONG KITA DENGAN MEMBERIKAN JALAN KELUAR BAGI PERMASALAHAN KITA
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: gusgus on September 21, 2018, 10:26:41 PM
Dari kalimat" Bro, ada keraguan bahwa Tuhan bisa membuat Mujizat penyembuhan...Boleh saja bro mengaku sudah berdoa (doa tapi masih ada keraguan lebih baik ga usah berdoa, percuma)....Dari argumen" Bro(ini penyakit medis, cairan kimia, dll), secara tanpa sadar bro lebih mengagungkan kepandaian Bro...Seolah olah seperti lebih tahu dari Tuhan...Tuhan tidak akan marah Bro, DIA hanya membiarkan Bro berjuang dengan kekuatan Bro sendiri (DIA bukan pemaksa)....
Maaf Bro, jangan tersinggung ya...Orang yang percaya penuh pada Tuhan(bukan hanya pengakuan di mulut tapi dibuktikan dengan perbuatan yang selaras) jarang yang depresi/penyakit kejiwaan....
Dari reply" nya, saya menilai bahwa kliatannya Bro ini sehat secara fisik....Bro merasa "Depresi" karena dari dalam diri bro ada sesuatu yang ga beres (mungkin iblis/setan)...Refleksi dan introspeksi diri Bro...minta Hikmat Tuhan dengan kerendahan hati dan biarkan DIA yang selalu menuntun dan membimbing Bro...
Sorry Bro, kalau ada kata" saya yang kliatan kasar...percayalah Bro...saya banya berusaha membagi demi untuk kebaikan Bro....Semoga Bro cepat "Normal" kembali...

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
Roh Ketakutan, kecemasan, kekhawatiran, keserakahan, ego yang tinggi biasanya datang dari Iblis...
Kata kata motivasi dunia belum tentu bisa menghilangkannya....Apakah Bro tahu bahwa kata" motivasi sekuler masih mengandalkan kekuatan "sendiri" ? Kekuatan yang Maha Dashyat hanya datang dari Tuhan dan ini bisa terjadi untuk setiap orang...asal orang itu mau rendah hati, datang pada-Nya, percaya penuh pada-Nya, minta Hikmat dan tuntunan-Nya..dan nanti lihat Kuasa-Nya yang Maha Dashyat akan bekerja dengan sendirinya...Mo sakit, kere, takut, cemas, dll akan dengan mudah disembuhkan...Tapi hal ini ga berlaku buat mereka yang masih meragukan-Nya dengan dalil yang tanpa sadar memegahkan kepandaian manusia...

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati....


apakah anda pengikut christian science yang menolak pengobatan?
kalau anda sakit secara fisik seperti flu, apakah anda langsung berobat atau menolak pengobatan tapi berdoa minta kesembuhan? menurut saya sungguh konyol kalau sudah ada pengobatannya, tapi hanya berdoa pada Tuhan minta kesembuhan penyakit itu. manusia bisa dengan mudah melakukan, tapi tidak dilakukan, malah meminta Tuhan yang melakukannya. seperti lelucon seorang yang berdoa minta Tuhan menyelamatkan dari banjir, saat ada seorang yang datang untuk menyelamatkannya malah ditolak karena dia menantikan penyelamatan Tuhan. saat meninggal, dia tanya ke Tuhan "kok Engkau tidak menyelamatkan saya" dan Tuhan jawab "sudah Saya kirim orang untuk menyelamatkan kamu".
Tuhan sudah memberikan manusia jalan keluar untuk penyakit depresi, yaitu pengobatan, kok masih menolak pengobatan dan meminta Tuhan yang menyembuhkan.
saya tidak meragukan Tuhan. saya sudah sering berdoa pada Tuhan saat punya penyakit yang tidak sembuh2 dan jawaban doa saya sebagian besar berupa informasi dari orang2. baik itu informasi dokter yang tau penyakit saya, maupun pengobatan alternatif seperti pemijat yang menyembuhkan sakit punggung saya yang tidak bisa disembukan dokter2. mungkin 10-20% berupa mujizat kesembuhan. jadi dari pengalaman saya, menurut saya, jalan keluar sudah Tuhan sediakan berupa pengobatan, kalau masih belum ada baru Tuhan memberikan mujizat.

hahaha depresi itu penyebabnya fisik, pemicunya bisa psikis. siapa saja bisa kena. dari cerita2 para bule Kristen, mereka takut mengungkapkannya karena penghakiman orang2 Kristen pada penderita depresi. selain itu juga orang Kristen dengan depresi percaya bahwa depresi bisa dikalahkan hanya dengan doa dan pikiran positif, tapi akhirnya tau kalau depresi itu penyakit fisik, bukan psikis.
depresi saya bukan karena psikis, sudah 3 psikiater yang mengatakannya. masing2 psikiater sudah mewawancarai saya 1-2 jam. depresi (dan ADHD) saya mulai bersamaan dengan gegar otak saya. beberapa waktu setelah gegar otak, baru terasa mulai ada tanda2 keanehan dalam diri saya dan mengganggu kehidupan sehari-hari saya. sudah berdoa dan didoakan beberapa tahun, tapi tidak hilang. dikira okultisme, tapi berdoa dan didoakan tidak hilang. sampai kemudian ada teman mama saya yang suaminya juga depresi karena diabetes, dan menganjurkan saya ke psikiater karena ciri2nya mirip dengan suaminya saat depresi. setelah pengobatan, hilang depresinya tanpa perlu kata2 motivasi apapun.
kalau sumbernya roh ketakutan ya silahkan pake cara2 rohani. kalau sumber penyakitnya secara fisik ya pake pengobatan dan menjaga kesehatan agar tidak depresi lagi. konyol kalau penyakitnya secara fisik, tapi didoakan agar roh2nya menyingkir, saya sudah pengalaman didoakan banyak macam, padahal sangat yakin akan sembuh tapi tidak berhasil, malah pengobatan yang berhasil.
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: gusgus on September 21, 2018, 10:28:40 PM
@gusgus

Asal mau dan rela,
Tuhan pasti bisa, koq.
Yes! Utk semua itu kita kudu belajar mengenal Yesus
Tak kenal maka tak sayang, tak dikenal tak disayang
Belajar mengenal berarti belajar mencintai Yesus

Banyak kita yg telah belajar dan mengaku mencintai-Nya
Tapi pelajaran yg di dpt masih di seputar wacana org
Spt hrs belajar ini-itu, hrs begini-begitu, dll yg sulit2.

Pelajaran yg terbaik adalah dr pengalaman
Maka mengalami Yesus menjadi pelajaran
Sangkal diri, pikul salib, lalu ikut Yesus

Jika “Experience is a good teacher”, maka
“Kuat diludahin” itu salah satu pelajaran
Merintih utk-Nya, dan mengadu kpd-Nya

Dgn itu Nama Yesus kita permuliakan
Hingga beroleh kekuatan yg dahsyat
Bahkan akan beroleh hidup yg kekal

Salam Damai!
apakah anda meminum obat atau ke dokter kalau sakit flu? atau hanya mengandalkan cara2 rohani seperti berdoa?
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: gusgus on September 21, 2018, 10:32:02 PM
Ketakutan/keraguan untuk mengikuti Kehendak-Nya saja adalah upaya Iblis untuk menahan kita masuk garis/Finish (Adam dan Hawa aja bisa jatuh..)...Kalo dipikir pikir...mau dikasi enak dan mudah oleh Tuhan....eh malah bikin susah diri sendiri (akibat dari kebanyakan makan Buah tahu, jadi tahu arti "Bergaya, gengsi, sombong"...hehehe)...Aneh tapi nyata....

Salam Damai...
Tuhan memberkati...
ketakutan dan keraguan orang yang depresi itu karena gangguan zat kimia di otak, kalau zat kimianya seimbang baru hilang ketakutan dan keraguannya

@gusgus

Apakah dgn meng-update isi sel otak belum masuk akal juga?
Artinya, gimana agar saat korsleting selalu masuk confort zone
Dgn demikian tidak perlu lagi makan obat2an nantinya, ya kan?

Bila bisa demikian maka doa2 itu pun hrs paralel
Artinya, yg mendoakan dan yg didoakan sinkron
Jika tidak, maka akan tetap sia2 hasilnya, kurasa

Salam Damai!
mengupdate isi otak itu bagaimana toh? otaknya sakit, bukannya diobati kok malah update otak
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: gusgus on September 21, 2018, 10:39:50 PM
SAYA BERANI KATAKAN BAHWA "ORANG PERCAYA TIDAK MENGENAL ISTILAH DEPRESI" ASALKAN KITA MAU BERGANTUNG SEPENUHNYA KEPADA TUHAN DAN MENJADIKAN Firman Tuhan SEBAGAI PEDOMAN HIDUP KITA.
CONTOHNYA:
DENGAN MEMBACA APA YANG DIKATAKAN AYUB DALAM Ayub 1:21
"Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!"
MAKA KITA PERTARUHKAN SELURUH KEHIDUPAN KITA KE DALAM TANGAN PENGASIHAN TUHAN SEBAB KITA TAHU BAHWA
Rom 8:28  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.
1Co 10:13  Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.
JADI DENGAN MEMPERCAYAI KEBENARAN Firman Tuhan YG MENYATAKAN DALAM
Rom 10:11  Karena Kitab Suci berkata: "Barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan."
MAKA APAPUN YANG MENIMPA DIRI KITA BILA KITA MAU PERCAYA PENUH ATAS PEMELIHARAAN TUHAN MAKA PASTILAH TUHAN AKAN MENOLONG KITA DENGAN MEMBERIKAN JALAN KELUAR BAGI PERMASALAHAN KITA
apakah semua orang Kristen selalu sehat? tidak semua orang Kristen selalu sehat. seperti saya yang kena depresi karena gegar otak. ada lagi yang kena depresi karena diabetes. ada lagi yang kena depresi karena gangguan hormon. ada lagi yang kena depresi karena ada tumor otak.
depresi itu penyakit fisik, bung. bukan penyakit psikis. masalah itu cuma pemicunya.
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: ronny_het on September 21, 2018, 11:07:56 PM
Baru pernah dengar nih...ada orang berdoa pakai syarat toleransi waktu menurut diri sendiri...(Sebenarnya ga tahu yang nyembuhin itu doanya atau obatnya/psikolognya, tapi dengan yakinnya langsung klaim obatlah yang menyembuhkan)
Melihat dari reply"nya dan topik lain yang dibuatnya tentang Atheis...wajar saja dia bisa kena Depresi...(membuktikan bahwa kalau mengandalkan diri kita sendiri ada batasnya, kalau ga kuat ya wajar kalau korslet jiwanya)...
Orang yang "Percaya" dan bergantung penuh pada-Nya tidak akan kena Depresi...
Kalau lihat reply" nya, ini bukan mantan gegar otak, tapi Tegar tengkuk/memegahkan kepandaian diri sendiri...
Hikmat Tuhan pasti "Benar", hikmat dunia bisa menyesatkan (termasuk kata" motivasi dunia)...

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Siip on September 24, 2018, 10:21:52 AM
Bbrp orang yg tidak belajar medis dan psikologi sangat mungkin mengidentikkan masalah kejiwaan dengan problem psikis.

Ngga selalu bgitu sih.

Ada, bahkan banyak penyakit kejiwaan yg diakibatkan masalah fisik.

Ya coba kalian ibaratkan ada orang yg tulangnya patah tp nyambungnya ngga sempurna krn patahnya parah.
Akibat dari sambungan tidak sempurna ini orang tsb setiap 3 hari sekali akan ngilu tulang kakinya.
Dokter bukakan dia obat penahan sakit.

Kl kasusnya spt itu, orang paham bhw obat tsb harus dia minum, unless Tuhan do something utk sembuhkan tulang kakinya sempurna atau setiap kali dia sakit dan dia doa maka Tuhan pulihkan dari rasa sakit.
Justru kl orangnya bandel ngga mau minum obat dan hanya mau doa, akan ada bbrp orang yg menyalahkan dia terlalu fanatik.

Depresipun ada yg diakibatkan masalah fisik.
Penyakit kejiwaan itu not that simple, ada yg problem otak, ada yg genetik.
Masalahnya, otak tidak bisa ditransplant, gen tidak bisa diganti bgitu saja.
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: HenHen on September 24, 2018, 10:25:51 AM
kbykan orang yang "overdosis kharismatik" itu menyalahkan iblis atas semuanya

koresterol aje nyalahin iblis
tp makannya dalam nama Yesus semua sehat ;D
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Maren Kitatau on September 26, 2018, 01:06:50 PM
apakah anda meminum obat atau ke dokter kalau sakit flu?
atau hanya mengandalkan cara2 rohani seperti berdoa?

Jika hanya flu aku perbanyak makan dan minum
Setiap makan hrs berdoa agar yg masuk itu kudus
Lalu kubiarkan tubuhku memperbaiki dirinya sendiri

Salam Damai!

NB:
Ketik "emoto" di youtube
Mungkin ada bahan pikir
Walau masih pro-kontra
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Maren Kitatau on September 27, 2018, 12:16:23 PM
ketakutan dan keraguan orang yang depresi itu karena gangguan zat kimia di otak,
kalau zat kimianya seimbang baru hilang ketakutan dan keraguannya


Dr mana datangnya ketakutan dan keraguan?
Mengapa bukan datang yg sebaliknya saja?
Kurasa semua itu dr endapan otak kita

mengupdate isi otak itu bagaimana toh?
Mungkin sama dgn bagaimana mengisi memori otak
Menimbun memori ketakutan-keraguan dgn kepastian
Sehingga pd saat konslet ditampilkan timbunan yg beda

Kalau memori otak tak bisa diisi berarti tak bisa di-up-date
Artinya, bisa ada gangguan perkembangan otak spt autisme
Maka tak bisa menghasilkan kimia otak dlm sel atau lorong2nya

otaknya sakit, bukannya diobati kok malah update otak
Kalau sepanjang waktu otak sakit apa boleh buatlah, Bro!
Tak ada saat utk mengisi/menuker/updating memori
Sedimen ketakutan dan keraguan tetap mengendap

Konon masalah otak itu baru 10% yg diketahui fungsinya. Ada triliunan sel di situ yg salah satu fungsinya adalah spt kondensator, penyimpan data (memori) dr reaksi kimia otak (muatan listrik).

Salam Damai!
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: ronny_het on September 27, 2018, 12:28:44 PM
Dr mana datangnya ketakutan dan keraguan?
Mengapa bukan datang yg sebaliknya saja?
Kurasa semua itu dr endapan otak kita

mengupdate isi otak itu bagaimana toh?
Mungkin sama dgn bagaimana mengisi memori otak
Menimbun memori ketakutan-keraguan dgn kepastian
Sehingga pd saat konslet ditampilkan timbunan yg beda

Kalau memori otak tak bisa diisi berarti tak bisa di-up-date
Artinya, bisa ada gangguan perkembangan otak spt autisme
Maka tak bisa menghasilkan kimia otak dlm sel atau lorong2nya

otaknya sakit, bukannya diobati kok malah update otak
Kalau sepanjang waktu otak sakit apa boleh buatlah, Bro!
Tak ada saat utk mengisi/menuker/updating memori
Sedimen ketakutan dan keraguan tetap mengendap

Salam Damai!
Bro...sepertinya ini sakit "Geger otak" ala Atheis... :coolsmiley:

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: cba_k on September 27, 2018, 10:45:56 PM
Setau saya, depresi bisa dipengaruhi sikon, tapi ada yg depresi tanpa pengaruh sikon, yang ini termasuk cacat dalam pengendalian otak.

Untuk yg kedua ini tentunya butuh obat untuk menyeimbangkan fungsi otak.
Walaupun dengan iman percaya, tak ada yg mustahil untuk disembuhkan.

Seperti contohnya orang yg buta sejak lahir, bisa melihat.




Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Maren Kitatau on September 28, 2018, 12:34:15 PM
Utk sekedar tahu:

Ada org Prancis yg hidupnya relatif normal dan sehat,
walau terdapat kerusakan hampir seluruh otaknya.
Hal ini menyebabkan para ilmuwan hrs berpikir ulang 
apa yg ada dr perspektif biologi yg membuat kita sadar.

Meet The Man Who Lives Normally With Damage to 90% of His Brain
The father of two lives a normal life.

https://www.sciencealert.com/a-man-who-lives-without-90-of-his-brain-is-challenging-our-understanding-of-consciousness (https://www.sciencealert.com/a-man-who-lives-without-90-of-his-brain-is-challenging-our-understanding-of-consciousness)

Dan yg ini dr halaman BBC ttg otak-kecil:
Beberapa kasus ekstrem menunjukkan bw org dpt kehilangan sebagian besar otak mereka tanpa efek buruk yg signifikan - mengapa? Tom Stafford menjelaskan apa yg dikatakannya ttg sifat sebenarnya dr materi abu2 kita.

Sebenarnya, seberapa banyak otak yg kita perlukan?
Sejumlah cerita telah muncul dlm berita ttg org2 yg potongan otaknya hilang atau rusak. Kasus ini menceritakan kisah ttg pikiran yg lebih dlm dr faktor kejutan awal mereka. Bukan hanya karena kita tidak mengerti bagaimana otak bekerja, tetapi juga karena kita mungkin memikirkannya dgn cara yg sepenuhnya salah.

Awal thn ini ada sebuah kasus dilaporkan ttg  seorg wanita yg kehilangan otak kecilnya, sebuah struktur berbeda yg ditemukan di bagian belakang otak. Beberapa perkiraan otak-kecil manusia  itu mengandung setengah sel otak yg anda miliki. Ini bukan hanya kerusakan otak , tapi seluruh struktur tidak ada. Namun wanita ini hidup normal; dia lulus dari sekolah, menikah dan punya anak setelah kehamilan dan kelahiran yg tidak ada henti.

Wanita itu tidak sepenuhnya tidak terpengaruh - dia telah menderita ketidakpastian, jadi agak kikuk seluruh hidupnya. Tetapi yg mengejutkan adalah bagaimana dia bisa sungguh2 bergerak, walau kehilangan bagian dr otak yg begitu fundamental, berevolusi dgn vertebrata pertama. Hiu yg berenang dan dinosaurus berjalan pun hrs memiliki cerebellum (otak kecil).

Kasus ini menunjukkan fakta yg menyedihkan ttg ilmu otak. Kami tidak sering berteriak ttg itu, tetapi ada kesenjangan besar bahkan dlm pemahaman dasar kami ttg otak. Kami tidak dpt menyetujui fungsi, bahkan beberapa wilayah otak yg paling penting, seperti otak kecil. Kasus langka seperti ini menunjukkan ketidaktahuan itu. Sering kali seseorg masuk ke rumah sakit dan hasil scaning otaknya mengungkapkan perbedaan yg mengejutkan yg bisa kita miliki di dlm kepala kita. Perbedaan mengejutkan yg mungkin hanya memiliki efek kecil yg dpt diamati pd perilaku kita.

Sebagian dari masalah itu mungkin cara berpikir kita. Adalah wajar untuk melihat otak sebagai bagian dari teknologi yg dipilih secara alami, dan dlm teknologi manusia sering ada pemetaan satu per satu antara struktur dan fungsi otak.

(bersambung)
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Maren Kitatau on September 28, 2018, 12:35:08 PM
(sambungan)

Jika saya memiliki pemanggang roti,
panas disediakan oleh elemen pemanas,
waktu dikendalikan oleh timer dan
popping up didorong oleh pegas.

Kasus otak-kecil yg hilang mengungkapkan tidak ada skema sederhana seperti itu untuk otak. Meskipun kami senang berbicara ttg wilayah otak utk penglihatan, utk rasa lapar atau cinta, tidak ada wilayah otak spt  itu, karena otak bukanlah spt logika teknologi di mana fungsi apa pun diatur oleh hanya satu bagian.

Ambil kasus baru lainnya, kasus seorg pria yg ditemukan memiliki cacing pita di otaknya. Lebih dari empat tahun ia menggali "dr satu sisi ke sisi lain", menyebabkan berbagai masalah spt kejang, masalah ingatan dan sensasi bau aneh. Terdengar bagi saya spt dia lepas ringan karena memiliki benda hidup yg bergerak melalui otaknya. Jika otak bekerja spt kebanyakan teknologi yg dirancang, hal ini tidak akan mungkin terjadi. Jika cacing membenamkan dari satu sisi ponsel anda ke sisi yg lain, gadget itu akan mati. Memang, ketika komputer elektromekanik awal tidak berfungsi pd thn 1940-an, penyelidikan mengungkapkan bw: ngengat terjebak dalam relay – inilah kasus sebenarnya yg pertama terjadi, sehingga kini ada istilah “debugging” pd ilmu komputer.

Bagian dari penjelasan untuk ketangguhan otak adalah 'plastisitas' - kemampuan utk menyesuaikan strukturnya berdasarkan pengalaman. Tapi kiat lain berasal dr konsep yg diusulkan oleh ahli syaraf pemenang Hadiah Nobel, Gerald Edelman. Dia memperhatikan bw fungsi biologis sering didukung oleh beberapa struktur - fitur fisik tunggal dikodekan oleh beberapa gen, misalnya, sehingga merontokkan gen tunggal tidak dpt mencegah fitur itu berkembang secara normal. Dia menyebut kemampuan struktur yg berbeda untuk mendukung satu fungsi 'degenerasi'.

Demikian juga dgn otak. Fungsi penting otak kita melakukan tidak bertani ke daerah otak tunggal yg berbeda, tetapi didukung oleh beberapa daerah, sering dgn cara yg sama tetapi sedikit berbeda. Jika satu struktur rusak, yg lain bisa mengambil kendur.

Ini membantu menjelaskan mengapa ahli saraf kognitif memiliki masalah seperti bekerja di wilayah otak yg berbeda. Jika Anda mencoba dan memahami area otak menggunakan aturan satu fungsi-per-wilayah dan satu wilayah-per-fungsi sederhana, Anda tidak akan pernah dpt merancang eksperimen yg diperlukan untuk membongkar jalinan struktur dan fungsi yg merosot.

Otak kecil paling dikenal untuk mengendalikan gerakan yg tepat, tetapi area otak lain seperti basal ganglia dan korteks motorik juga terlibat erat dalam menggerakkan tubuh kita. Maka pertanyaan “apa hal unik yg dilakukan oleh masing2 bidang” adalah pertanyaan yg salah, jika semuanya berkontribusi pd hal yg sama. Memori adalah contoh lain dari fungsi biologis esensial yg tampaknya didukung oleh banyak sistem otak. Jika Anda bertemu dgn seseorg yg pernah Anda temui sebelumnya, Anda mungkin ingat bw dia memiliki reputasi org baik, ingat insiden khusus bw dia bersikap baik, atau hanya mengambil perasaan positif yg samar2 ttgnya, maka semua bentuk memori yg memberi tahu Anda utk mempercayai org ini didukung oleh area otak yg berbeda tapi melakukan pekerjaan yg sama dgn cara yg sedikit berbeda.

Edelman dan koleganya, Joseph Gally, menyebut degenerasi sebagai "properti biologis yg ada di mana-mana ... suatu ciri kerumitan", mengklaim itu adalah hasil seleksi alam yg tak terelakkan. Ini menjelaskan mengapa kondisi otak yg tidak biasa tidak semengerikan yg mungkin terjadi, dan juga mengapa para ilmuwan menemukan otak itu begitu membingungkan untuk dicoba dipahami.

Salam Damai!

Sumber:
Dpt kah kau hidup normal
Hanya dgn separuh otak?
http://www.bbc.com/future/story/20141216-can-you-live-with-half-a-brain (http://www.bbc.com/future/story/20141216-can-you-live-with-half-a-brain)
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: ronny_het on September 29, 2018, 06:17:08 PM
(sambungan)

Jika saya memiliki pemanggang roti,
panas disediakan oleh elemen pemanas,
waktu dikendalikan oleh timer dan
popping up didorong oleh pegas.

Kasus otak-kecil yg hilang mengungkapkan tidak ada skema sederhana seperti itu untuk otak. Meskipun kami senang berbicara ttg wilayah otak utk penglihatan, utk rasa lapar atau cinta, tidak ada wilayah otak spt  itu, karena otak bukanlah spt logika teknologi di mana fungsi apa pun diatur oleh hanya satu bagian.

Ambil kasus baru lainnya, kasus seorg pria yg ditemukan memiliki cacing pita di otaknya. Lebih dari empat tahun ia menggali "dr satu sisi ke sisi lain", menyebabkan berbagai masalah spt kejang, masalah ingatan dan sensasi bau aneh. Terdengar bagi saya spt dia lepas ringan karena memiliki benda hidup yg bergerak melalui otaknya. Jika otak bekerja spt kebanyakan teknologi yg dirancang, hal ini tidak akan mungkin terjadi. Jika cacing membenamkan dari satu sisi ponsel anda ke sisi yg lain, gadget itu akan mati. Memang, ketika komputer elektromekanik awal tidak berfungsi pd thn 1940-an, penyelidikan mengungkapkan bw: ngengat terjebak dalam relay – inilah kasus sebenarnya yg pertama terjadi, sehingga kini ada istilah “debugging” pd ilmu komputer.

Bagian dari penjelasan untuk ketangguhan otak adalah 'plastisitas' - kemampuan utk menyesuaikan strukturnya berdasarkan pengalaman. Tapi kiat lain berasal dr konsep yg diusulkan oleh ahli syaraf pemenang Hadiah Nobel, Gerald Edelman. Dia memperhatikan bw fungsi biologis sering didukung oleh beberapa struktur - fitur fisik tunggal dikodekan oleh beberapa gen, misalnya, sehingga merontokkan gen tunggal tidak dpt mencegah fitur itu berkembang secara normal. Dia menyebut kemampuan struktur yg berbeda untuk mendukung satu fungsi 'degenerasi'.

Demikian juga dgn otak. Fungsi penting otak kita melakukan tidak bertani ke daerah otak tunggal yg berbeda, tetapi didukung oleh beberapa daerah, sering dgn cara yg sama tetapi sedikit berbeda. Jika satu struktur rusak, yg lain bisa mengambil kendur.

Ini membantu menjelaskan mengapa ahli saraf kognitif memiliki masalah seperti bekerja di wilayah otak yg berbeda. Jika Anda mencoba dan memahami area otak menggunakan aturan satu fungsi-per-wilayah dan satu wilayah-per-fungsi sederhana, Anda tidak akan pernah dpt merancang eksperimen yg diperlukan untuk membongkar jalinan struktur dan fungsi yg merosot.

Otak kecil paling dikenal untuk mengendalikan gerakan yg tepat, tetapi area otak lain seperti basal ganglia dan korteks motorik juga terlibat erat dalam menggerakkan tubuh kita. Maka pertanyaan “apa hal unik yg dilakukan oleh masing2 bidang” adalah pertanyaan yg salah, jika semuanya berkontribusi pd hal yg sama. Memori adalah contoh lain dari fungsi biologis esensial yg tampaknya didukung oleh banyak sistem otak. Jika Anda bertemu dgn seseorg yg pernah Anda temui sebelumnya, Anda mungkin ingat bw dia memiliki reputasi org baik, ingat insiden khusus bw dia bersikap baik, atau hanya mengambil perasaan positif yg samar2 ttgnya, maka semua bentuk memori yg memberi tahu Anda utk mempercayai org ini didukung oleh area otak yg berbeda tapi melakukan pekerjaan yg sama dgn cara yg sedikit berbeda.

Edelman dan koleganya, Joseph Gally, menyebut degenerasi sebagai "properti biologis yg ada di mana-mana ... suatu ciri kerumitan", mengklaim itu adalah hasil seleksi alam yg tak terelakkan. Ini menjelaskan mengapa kondisi otak yg tidak biasa tidak semengerikan yg mungkin terjadi, dan juga mengapa para ilmuwan menemukan otak itu begitu membingungkan untuk dicoba dipahami.

Salam Damai!

Sumber:
Dpt kah kau hidup normal
Hanya dgn separuh otak?
[url]http://www.bbc.com/future/story/20141216-can-you-live-with-half-a-brain[/url] ([url]http://www.bbc.com/future/story/20141216-can-you-live-with-half-a-brain[/url])
Para manusia bodoh yang sok pintar dari dahulu kala meneliti otak dan darah...mau buat sintetis ?...tapi sampai sekarang apa hasilnya ? Baru bisa buat Coca cola, Fanta aja udah sombong....
Mereka semua udah kena dikibuli Ular iblis yang membujuk makan pohon pengetahuan sehingga mau menyaingi Allah...

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Maren Kitatau on October 01, 2018, 05:53:16 PM
Para manusia bodoh yang sok pintar dari dahulu kala meneliti otak dan darah...mau buat sintetis ?...tapi sampai sekarang apa hasilnya ? Baru bisa buat Coca cola, Fanta aja udah sombong....
Mereka semua udah kena dikibuli Ular iblis yang membujuk makan pohon pengetahuan sehingga mau menyaingi Allah...

Ya! Begitulah. Bro!
Kayaknya hal2 itu tergantung pd pemasarannya
Ikaln surgawi susah lakunya dan berat mikirnya
Maka kerap dilecehkan khasiat dan mujizatnya

Salam Damai!
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: ronny_het on October 02, 2018, 07:41:38 AM
Ya! Begitulah. Bro!
Kayaknya hal2 itu tergantung pd pemasarannya
Ikaln surgawi susah lakunya dan berat mikirnya
Maka kerap dilecehkan khasiat dan mujizatnya

Salam Damai!
Bro, iklan Surgawi akan dirasa Berat dan membingungkan kalau dicerna dengan hanya memakai logika manusia tok (memegahkan dir/sok pinteri)...coba kalo dicerna pakai Hikmat Tuhan (Kerendahan hati), maka akan terasa sangat mudah dan meyakinkan karena Tuhan langsung yang membimbing kita untuk mengerti Ajaran-Nya (DIA pasi akan memberi Hikmat-Nya kok, jika kita mau dengang rendah hati berdoa terus menerus minta dibimbing oleh-Nya)....

Salam Damai Bro....
Tuhan Memberkati...
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Maren Kitatau on October 02, 2018, 02:54:22 PM
Bro, iklan Surgawi akan dirasa Berat dan membingungkan kalau dicerna dengan hanya memakai logika manusia tok
Yes! Bro!
Sebab itu dr pengalaman imannya, Paulus berkata [Rom.12:3]:
Janganlah kamu memikirkan hal2 yg lebih tinggi dr pd yg patut kamu pikirkan,
Pikirkanlah yg patut dikuasai sesuai ukuran iman yg dikaruniakan-Nya kpd kita.

Salam Damai!
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: gusgus on October 18, 2018, 06:48:37 PM
Baru pernah dengar nih...ada orang berdoa pakai syarat toleransi waktu menurut diri sendiri...(Sebenarnya ga tahu yang nyembuhin itu doanya atau obatnya/psikolognya, tapi dengan yakinnya langsung klaim obatlah yang menyembuhkan)
Melihat dari reply"nya dan topik lain yang dibuatnya tentang Atheis...wajar saja dia bisa kena Depresi...(membuktikan bahwa kalau mengandalkan diri kita sendiri ada batasnya, kalau ga kuat ya wajar kalau korslet jiwanya)...
Orang yang "Percaya" dan bergantung penuh pada-Nya tidak akan kena Depresi...
Kalau lihat reply" nya, ini bukan mantan gegar otak, tapi Tegar tengkuk/memegahkan kepandaian diri sendiri...
Hikmat Tuhan pasti "Benar", hikmat dunia bisa menyesatkan (termasuk kata" motivasi dunia)...

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
anda kira jawaban doa cuma berupa mujizat? saya sering sakit sejak jadi Kristen, dan jawaban doa saya tidak selalu berupa mujizat, tapi sebagian besar berupa petunjuk atau jalan keluar dari penyakit saya, seperti dokter yang tepat atau tukang pijat yang tepat saat punggung saya sakit. saya sudah doa dan didoakan atas penyakit saya, tapi tidak sembuh2. sudah doa dan didoakan mungkin sakit saya karena okultisme, tapi tidak ada hasil. sampai kemudian ada teman mama saya yang suaminya juga punya gejala2 seperti saya dan menganjurkan ke psikiater. begitu minum obat dari psikiater langsung sembuh. ya faktanya memang obat dari psikiater yang menyembuhkan depresi saya, dan psikiater dan obatnya adalah jawaban dari Tuhan atas penyakit depresi saya. sepertinya anda orang yang tidak begitu percaya pada ilmu pengetahuan, coba baca2 penelitian tentang depresi, jangan buat orang Kristen kelihatan bodoh dong dengan mengatakan kalau orang yang percaya pada Yesus tidak akan kena depresi. depresi itu karena ada kelainan zat kimia di otak, semua orang bisa terkena itu karena itu penyakit. ada banyak kesaksian orang2 Kristen yang kena depresi.
hahaha cobalah belajar lagi tentang depresi dari sudut ilmu pengetahuan, jangan mempermalukan orang Kristen dengan memaksakan "pengetahuan" anda yang tidak berdasar. atau begini saja, saya tantang anda buat penelitian yang membuktikan orang Kristen tidak dapat kena depresi karena ketidak seimbangan zat kimia otak.
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: gusgus on October 18, 2018, 06:58:27 PM
Jika hanya flu aku perbanyak makan dan minum
Setiap makan hrs berdoa agar yg masuk itu kudus
Lalu kubiarkan tubuhku memperbaiki dirinya sendiri

Salam Damai!

NB:
Ketik "emoto" di youtube
Mungkin ada bahan pikir
Walau masih pro-kontra
jika penyakit lain? apakah anda tidak berobat?

Dr mana datangnya ketakutan dan keraguan?
Mengapa bukan datang yg sebaliknya saja?
Kurasa semua itu dr endapan otak kita

mengupdate isi otak itu bagaimana toh?
Mungkin sama dgn bagaimana mengisi memori otak
Menimbun memori ketakutan-keraguan dgn kepastian
Sehingga pd saat konslet ditampilkan timbunan yg beda

Kalau memori otak tak bisa diisi berarti tak bisa di-up-date
Artinya, bisa ada gangguan perkembangan otak spt autisme
Maka tak bisa menghasilkan kimia otak dlm sel atau lorong2nya

otaknya sakit, bukannya diobati kok malah update otak
Kalau sepanjang waktu otak sakit apa boleh buatlah, Bro!
Tak ada saat utk mengisi/menuker/updating memori
Sedimen ketakutan dan keraguan tetap mengendap

Salam Damai!

kalau dari pengalaman saya, ketakutan dan keraguan pada penderita depresi itu karena ketidak seimbangan zat kimia di otak, begitu minum obat untuk menyeimbangkan zat kimia di otak, maka ketakutan dan keraguan itu hilang.
atau begini saja, saya tantang anda coba buat penelitian yang membuktikan kalau depresi itu bukan karena ketidak seimbangan zat kimia di otak. anda bisa dapat nobel lho atau paling tidak, bisa membantu orang sehingga tidak lagi membeli obat untuk mengatasi depresinya. ayo buktikan saya salah tentang depresi dan ketidak seimbangan otak!

Bro...sepertinya ini sakit "Geger otak" ala Atheis... :coolsmiley:

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
"gegar otak" ala ateis itu seperti apa ya?
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: gusgus on October 18, 2018, 07:06:29 PM
Utk sekedar tahu:

Ada org Prancis yg hidupnya relatif normal dan sehat,
walau terdapat kerusakan hampir seluruh otaknya.
Hal ini menyebabkan para ilmuwan hrs berpikir ulang 
apa yg ada dr perspektif biologi yg membuat kita sadar.

Meet The Man Who Lives Normally With Damage to 90% of His Brain
The father of two lives a normal life.

https://www.sciencealert.com/a-man-who-lives-without-90-of-his-brain-is-challenging-our-understanding-of-consciousness (https://www.sciencealert.com/a-man-who-lives-without-90-of-his-brain-is-challenging-our-understanding-of-consciousness)

Dan yg ini dr halaman BBC ttg otak-kecil:
Beberapa kasus ekstrem menunjukkan bw org dpt kehilangan sebagian besar otak mereka tanpa efek buruk yg signifikan - mengapa? Tom Stafford menjelaskan apa yg dikatakannya ttg sifat sebenarnya dr materi abu2 kita.

Sebenarnya, seberapa banyak otak yg kita perlukan?
Sejumlah cerita telah muncul dlm berita ttg org2 yg potongan otaknya hilang atau rusak. Kasus ini menceritakan kisah ttg pikiran yg lebih dlm dr faktor kejutan awal mereka. Bukan hanya karena kita tidak mengerti bagaimana otak bekerja, tetapi juga karena kita mungkin memikirkannya dgn cara yg sepenuhnya salah.

Awal thn ini ada sebuah kasus dilaporkan ttg  seorg wanita yg kehilangan otak kecilnya, sebuah struktur berbeda yg ditemukan di bagian belakang otak. Beberapa perkiraan otak-kecil manusia  itu mengandung setengah sel otak yg anda miliki. Ini bukan hanya kerusakan otak , tapi seluruh struktur tidak ada. Namun wanita ini hidup normal; dia lulus dari sekolah, menikah dan punya anak setelah kehamilan dan kelahiran yg tidak ada henti.

Wanita itu tidak sepenuhnya tidak terpengaruh - dia telah menderita ketidakpastian, jadi agak kikuk seluruh hidupnya. Tetapi yg mengejutkan adalah bagaimana dia bisa sungguh2 bergerak, walau kehilangan bagian dr otak yg begitu fundamental, berevolusi dgn vertebrata pertama. Hiu yg berenang dan dinosaurus berjalan pun hrs memiliki cerebellum (otak kecil).

Kasus ini menunjukkan fakta yg menyedihkan ttg ilmu otak. Kami tidak sering berteriak ttg itu, tetapi ada kesenjangan besar bahkan dlm pemahaman dasar kami ttg otak. Kami tidak dpt menyetujui fungsi, bahkan beberapa wilayah otak yg paling penting, seperti otak kecil. Kasus langka seperti ini menunjukkan ketidaktahuan itu. Sering kali seseorg masuk ke rumah sakit dan hasil scaning otaknya mengungkapkan perbedaan yg mengejutkan yg bisa kita miliki di dlm kepala kita. Perbedaan mengejutkan yg mungkin hanya memiliki efek kecil yg dpt diamati pd perilaku kita.

Sebagian dari masalah itu mungkin cara berpikir kita. Adalah wajar untuk melihat otak sebagai bagian dari teknologi yg dipilih secara alami, dan dlm teknologi manusia sering ada pemetaan satu per satu antara struktur dan fungsi otak.

(bersambung)
tidak semua orang yang otaknya pernah cedera atau habis dioperasi kena depresi, bukan masalah otaknya, tapi keseimbangan zat kimia di otak. orang sakit diabetes bisa kena depresi seperti suami dari teman mama saya, tapi tidak semua yang diabetes kena depresi. orang gegar otak bisa kena depresi, tapi tidak semua yang gegar otak kena depresi. otak anda bisa tidak masalah, tapi kalau zat kimia di otak tidak seimbang, bisa kena depresi. coba cari ketidak seimbangan zat kimia di otak
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Maren Kitatau on October 24, 2018, 02:39:59 PM
tidak semua orang yang otaknya pernah cedera atau habis dioperasi kena depresi, bukan masalah otaknya, tapi keseimbangan zat kimia di otak. orang sakit diabetes bisa kena depresi seperti suami dari teman mama saya, tapi tidak semua yang diabetes kena depresi. orang gegar otak bisa kena depresi, tapi tidak semua yang gegar otak kena depresi. otak anda bisa tidak masalah, tapi kalau zat kimia di otak tidak seimbang, bisa kena depresi.
coba cari ketidak seimbangan zat kimia di otak

Sudah ku coba cari, Bro!
Semua hanya menduga dan mungkin.
Spt kata anda, "bisa kena, bisa tidak kena".

Aku percaya kerja otak tak spt kerja logika teknik kimia
Jika zat kimia begini, maka out-put-nya pasti begitu
Ternyata tidak semua yg begini pasti jadi begitu

Kutip:
Sebuah iklan yang disponsori oleh Pfizer, perusahaan obat yang memproduksi Zoloft antidepresan, menegaskan, “Meskipun penyebab [depresi] tidak diketahui, depresi mungkin terkait dengan ketidakseimbangan bahan kimia alami antara sel-sel saraf di otak. Resep Zoloft bekerja untuk memperbaiki ketidakseimbangan ini. ”Dengan menggunakan iklan seperti ini, perusahaan-perusahaan farmasi secara luas mempromosikan ide bahwa depresi dihasilkan dari ketidakseimbangan kimia di otak.

Sumber: Is Depression Just Bad Chemistry?
The disorder is complex and has so far eluded a simple biological explanation
https://www.scientificamerican.com/article/is-depression-just-bad-chemistry/ (https://www.scientificamerican.com/article/is-depression-just-bad-chemistry/)


Kutip:
Para peneliti menduga bahwa gangguan keseimbangan berbagai zat kimia di dalam otak yang saling berhubungan yang mengenai neurotransmiter dopamin dan glutamat, serta berbagai neurotransmiter lainnya mungkin juga turut berperanan dalam terjadinya skizofrenia. Neurotransmiter merupakan suatu zat yang membantu proses komunikasi di antara sel-sel otak.
Selain itu, walaupun hanya sedikit, otak para penderita skizofrenia tampak berbeda dengan otak orang sehat. Misalnya suatu ruangan di bagian tengah otak yang berisi cairan yaitu ventrikel, tampak lebih besar pada penderita skizofrenia. Otak penderita skizofrenia juga cenderung memiliki lebih sedikit area abu-abu (gray matter) dan beberapa bagian otak mungkin memiliki lebih sedikit atau lebih banyak aktivitas.

Berbagai penelitian pada jaringan otak penderita setelah mereka meninggal juga telah menunjukkan beberapa perbedaan antara otak seorang penderita skizofrenia dengan orang sehat. Para peneliti menemukan adanya sebuah perubahan kecil pada distribusi atau karakteristik sel-sel otak yang kemungkinan besar terjadi sebelum lahir. Para ahli menduga bahwa gangguan perkembangan otak sebelum lahir inilah yang menyebabkan terjadinya gangguan komunikasi di antara sel-sel otak.
Gangguan perkembangan otak ini mungkin tidak akan menimbulkan gejala apapun hingga memasuki masa pubertas. Hal ini dikarenakan otak mengalami perubahan besar pada masa pubertas yang mungkin memicu timbulnya berbagai gejala gangguan jiwa (psikosis).
https://www.dokter.id/berita/hubungan-antara-skizofrenia-dengan-struktur-dan-zat-kimia-otak (https://www.dokter.id/berita/hubungan-antara-skizofrenia-dengan-struktur-dan-zat-kimia-otak)

Ya, sabarlah!
Tak ada yg mustahil bagi Allah

Salam Damai!
Title: Re: mengubah persepsi orang Kristen tentang depresi
Post by: Krispus on October 24, 2018, 06:48:19 PM
beberapa bulan ini, saya mendengar beberapa khotbah dari beberapa HT yang memasukkan bahasan tentang depresi. mereka mengambil contoh beberapa selebriti yang bunuh diri akhir2 ini. dan para HT ini berkata kalau depresi itu hanya di pikiran dan bisa hilang dengan kata2 positif, mempunyai pengharapan dan doa, kalau berobat ke psikiater akan kecanduan obat. saya sebagai orang yang pernah depresi dan kambuh beberapa kali, menyayangkan khotbah HT karena tidak sesuai dengan fakta. akan saya gambarkan apa itu depresi berdasar pengalaman saya :

depresi itu adalah penyakit secara fisik, penyebabnya adalah ketidak seimbangan zat kimia di otak.... [cut]

kalau mungkin ada pertanyaan soal depresi, akan saya jawab berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya.

Depresi dalam ensiklopedia disebutkan,

Depresi adalah suatu kondisi medis berupa perasaan sedih yang berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, perasaan, dan kesehatan mental seseorang. Kondisi depresi adalah reaksi normal sementara terhadap peristiwa-peristiwa hidup seperti kehilangan orang tercinta. Depresi juga dapat merupakan gejala dari sebuah penyakit fisik dan efek samping dari penggunaan obat dan perawatan medis tertentu. Dalam kaitannya dengan gangguan mental lain, depresi dapat juga menjadi gejala dari gangguan kejiwaan seperti Gangguan depresi mayor dan distimia.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Depresi_(psikologi)

Ada berbagai macam penyebab depresi, tidak semua depresi adalah gejala dari penyakit fisik, bisa juga merupakan efek samping obat-obatan, atau gangguan mental atau hanya sebuah gejala alami normal yang sementara atas seuatu peristiwa yang meyedihkan. Pastinya depresi itu adalah gejala atau indikator tentang sesuatu hal bervariasi sekali.

Jika dipahami secara umum, apa yang disampaikan di gereja biasanya itu adalah depresi yang merupakan reaksi normal atas suatu peristiwa yang terjadi dalam hidupnya secara mendalam. Itu hal yang umum terjadi di tengah masyarakat, berbeda dengan depresi dalam kasus anda. Bisa jadi anda penderita derpesi mayor atau distimia, bukan depresi yang normal terjadi pada kebanyakan orang.