ForumKristen.com

Iman Kristen => Pendalaman Alkitab => Started by: Wiltu80 on September 13, 2018, 10:53:07 PM

Title: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Wiltu80 on September 13, 2018, 10:53:07 PM
Matius11:3 lalu menyuruh murid-muridnya bertanya kepada-Nya: "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan orang lain?"

Didalam Matius 11:3 ini sebenarnya Yohanes tidak meragukan kemesiasan Yesus karena Yohanes ini seorang nabi yang pasti mendapat wahyu dari Allah bahwa Yesus adalah mesias.

Apa yang dikatakan Yohanes dalam Matius 11:3 : "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan orang lain?"  hanyalah gaya bahasa Yohanes pembabtis untuk mengungkapkan kerinduan Yohanes kepada Yesus dan ingin mendengar karya-karya Yesus sebagai penghiburan baginya. Yohanes tahu secara pasti bahwa Yesus adalah mesias.

Silahkan melihat ayat lengkapnya

Matius 11:2-5
11:2 Di dalam penjara Yohanes mendengar tentang pekerjaan Kristus,
11:3 lalu menyuruh murid-muridnya bertanya kepada-Nya: "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan orang lain?"
11:4 Yesus menjawab mereka: "Pergilah dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu dengar dan kamu lihat:
11:5 orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik.

Maksud sebenarnya Yohanes tertulis pada Matius 11:2 yaitu Yohanes ingin mendengar tentang pekerjaan Kristus, hanya saja Yohanes tidak bisa mengungkapkannya secara gamblang demi keselamatan murid-muridnya karena orang farisi dan ahli Taurat sangat membenci Yesus.

Yohanes pembabtis menggunakan gaya bahasa orang Farisi sehingga murid-muridnya seolah-olah terlihat satu paham dengan orang Farisi.
Yohanes1:25 Mereka bertanya kepadanya, katanya: "Mengapakah engkau membaptis, jikalau engkau bukan Mesias, bukan Elia, dan bukan nabi yang akan datang?"

Yesus tahu secara pasti maksud Yohanes sehingga memberikan jawaban sesuai maksud  sebenarnya Yohanes(Matius 11:2) yaitu Yohanes ingin mendengar tentang pekerjaan Kristus.
Jawaban Yesus tertulis pada Matius 11:4-5 yang sangat sesuai dengan maksud  sebenarnya Yohanes seperti yang tertulis pada Matius 11:2

Jadi Yohanes pembabtis tidak pernah meragukan kemesiasan Yesus

Inilah ayat-ayat yang membuktikan bahwa Yohanes pembabtis tahu dengan pasti bahwa Yesus adalah mesias.

Matius 3:11-17
3:11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan ROH KUDUS dan dengan api.
3:12 Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."
3:13. Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya.
3:14 Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?"
3:15 Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanespun menuruti-Nya.
3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,
3:17 lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

Yohanes 1:29-31
1:29. Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.
1:30 Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.
1:31 Dan aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel."
1:32 Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya.
1:33 Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan ROH KUDUS.
1:34 Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."
1:35 Pada keesokan harinya Yohanes berdiri di situ pula dengan dua orang muridnya.
1:36 Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!"
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: ronny_het on September 14, 2018, 12:57:53 PM
Matius11:3 lalu menyuruh murid-muridnya bertanya kepada-Nya: "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan orang lain?"

Didalam Matius 11:3 ini sebenarnya Yohanes tidak meragukan kemesiasan Yesus karena Yohanes ini seorang nabi yang pasti mendapat wahyu dari Allah bahwa Yesus adalah mesias.

Apa yang dikatakan Yohanes dalam Matius 11:3 : "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan orang lain?"  hanyalah gaya bahasa Yohanes pembabtis untuk mengungkapkan kerinduan Yohanes kepada Yesus dan ingin mendengar karya-karya Yesus sebagai penghiburan baginya. Yohanes tahu secara pasti bahwa Yesus adalah mesias.

Silahkan melihat ayat lengkapnya

Matius 11:2-5
11:2 Di dalam penjara Yohanes mendengar tentang pekerjaan Kristus,
11:3 lalu menyuruh murid-muridnya bertanya kepada-Nya: "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan orang lain?"
11:4 Yesus menjawab mereka: "Pergilah dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu dengar dan kamu lihat:
11:5 orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik.

Maksud sebenarnya Yohanes tertulis pada Matius 11:2 yaitu Yohanes ingin mendengar tentang pekerjaan Kristus, hanya saja Yohanes tidak bisa mengungkapkannya secara gamblang demi keselamatan murid-muridnya karena orang farisi dan ahli Taurat sangat membenci Yesus.

Yohanes pembabtis menggunakan gaya bahasa orang Farisi sehingga murid-muridnya seolah-olah terlihat satu paham dengan orang Farisi.
Yohanes1:25 Mereka bertanya kepadanya, katanya: "Mengapakah engkau membaptis, jikalau engkau bukan Mesias, bukan Elia, dan bukan nabi yang akan datang?"

Yesus tahu secara pasti maksud Yohanes sehingga memberikan jawaban sesuai maksud  sebenarnya Yohanes(Matius 11:2) yaitu Yohanes ingin mendengar tentang pekerjaan Kristus.
Jawaban Yesus tertulis pada Matius 11:4-5 yang sangat sesuai dengan maksud  sebenarnya Yohanes seperti yang tertulis pada Matius 11:2

Jadi Yohanes pembabtis tidak pernah meragukan kemesiasan Yesus

Inilah ayat-ayat yang membuktikan bahwa Yohanes pembabtis tahu dengan pasti bahwa Yesus adalah mesias.

Matius 3:11-17
3:11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan ROH KUDUS dan dengan api.
3:12 Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."
3:13. Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya.
3:14 Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?"
3:15 Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanespun menuruti-Nya.
3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,
3:17 lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

Yohanes 1:29-31
Bro sebenarnya Pertanyaan di atas itu telah terjawab tuntas dalam Matius 3 : 11-17...Seharusnya tidak menimbulkan keraguan/pertanyaan lagi bagi mereka yang sudah mengerti...
Dalam peristiwa Baptis di Sungai yordan, ada hal" yang tidak terlihat tapi menunjukkan makna lain yaitu :
- Bukti bahwa Yesus selain Tuhan 100% juga manusia 100% (ikhlas menjalankan Tradisi)
- Bukti teladan Ketaatan dan  Kerendahan hati yang ingin ditunjukkan-Nya kepada kita
- Bisa dikatakan Baptisan Yohanes di Sungai Yordan adalah Baptisan lahiriah/jasmani (Permulaan) dan harus dilanjutkan lagi dengan Baptisan Rohani yaitu ROH KUDUS untuk menjadi lebih dewasa dalam pengenalan akan Kristus/Kehendak-Nya, cara pandang-Nya...

Salam Damai Bro Wiltu...
Tuhan memberkati...
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Wiltu80 on September 14, 2018, 05:55:30 PM
Bro sebenarnya Pertanyaan di atas itu telah terjawab tuntas dalam Matius 3 : 11-17...Seharusnya tidak menimbulkan keraguan/pertanyaan lagi bagi mereka yang sudah mengerti...
Dalam peristiwa Baptis di Sungai yordan, ada hal" yang tidak terlihat tapi menunjukkan makna lain yaitu :
- Bukti bahwa Yesus selain Tuhan 100% juga manusia 100% (ikhlas menjalankan Tradisi)
- Bukti teladan Ketaatan dan  Kerendahan hati yang ingin ditunjukkan-Nya kepada kita
- Bisa dikatakan Baptisan Yohanes di Sungai Yordan adalah Baptisan lahiriah/jasmani (Permulaan) dan harus dilanjutkan lagi dengan Baptisan Rohani yaitu ROH KUDUS untuk menjadi lebih dewasa dalam pengenalan akan Kristus/Kehendak-Nya, cara pandang-Nya...

Salam Damai Bro Wiltu...
Tuhan memberkati...
Salam Damai untukmu juga. Semoga Tuhan memberkatimu juga.
Saya menulis ini untuk memperjelas bahwa Yohanes Pembabtis tidak pernah meragukan kemesiasan Yesus. Hal ini karena ada orang-orang yang salah paham ketika membaca Matius 11:3 dimana mereka menganggap Yohanes Pembabtis sempat meragukan Yesus ketika dipenjara.
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: ronny_het on September 14, 2018, 11:28:42 PM
Salam Damai untukmu juga. Semoga Tuhan memberkatimu juga.
Saya menulis ini untuk memperjelas bahwa Yohanes Pembabtis tidak pernah meragukan kemesiasan Yesus. Hal ini karena ada orang-orang yang salah paham ketika membaca Matius 11:3 dimana mereka menganggap Yohanes Pembabtis sempat meragukan Yesus ketika dipenjara.
Bro...mereka yang berpikir seperti itu (ada yang menganggap Yesus sebagai Malaikat Mikael)...Cara berpikir Logikanya adalah Pertama tama Buat dulu Kesimpulannya sesuai selera hati....Trus Ngarang lagi Premis Mayornya....Lalu disisipkan Premis Minor yang kliatan nyambung...Maka jadilah Kesimpulan yang kliatan Benar (Padahal Ngawur)...
Contoh : Mereka tentukan dulu kesimpulannya : Ayam berkaki empat (Sesuai selera hati)...
Lalu mereka ngarang buat Premis Mayornya : Hewan unggas biasanya berkaki empat
Premis Minornya : Ayam termasuk hewan jenis Unggas
Maka Kesimpulannya : Ayam berkaki empat...

Cara berpikir mereka terbalik dengan cara berpikir kita (Kalau kita kesimpulannya yang terakhir, kalau mereka buat kesimpulan yang pertama lalu disambung sambungin biar kliatan nyambung)...Otomatis nanti hidup mereka penuh dengan kemunafikan, kebohongan, keraguan, kebimbangan....

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...

Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: HenHen on September 17, 2018, 11:30:20 AM
Yohanes Pembabtis itu yakin Yesus adalah Mesias

tapi dalam bayangan dia Mesias itu datang untuk jadi Raja, memerintah Israel dan melepaskan Israel dari kesesakan (saat itu konteksnya Israel dijajah Romawi), ini sama seperti orang Yahudi pada umumnya, bahkan sampe sekarang, bahwa Mesias itu akan memerintah mereka

nah kok yang dateng modelnya begini, melayani kemana2, nyembuhin orang sakit, mau dijadiin raja menyingkir

makanya dia bertanya kepada Yesus untuk meyakinkan

saya pikir penafsiran bahwa Yohanes Pembabtis saat itu ragu karena model Mesias yang dateng ga sesuai harapannya itu masuk kok, dan manusiawi banget, karena dia juga saat itu dipenjara, mungkin dalam otaknya dia berpikir harusnya tu Mesias nyelametin saya dari penjara sekarang
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 17, 2018, 04:02:49 PM
saya pikir penafsiran bahwa Yohanes Pembabtis saat itu ragu karena model Mesias yang dateng ga sesuai harapannya itu masuk kok, dan manusiawi banget, karena dia juga saat itu dipenjara, mungkin dalam otaknya dia berpikir harusnya tu Mesias nyelametin saya dari penjara sekarang

Aku pun percaya penafsiran spt itu, Bro!
Sebab semua manusia yg baru mengenal Yesus spt meragukan-Nya
Lihat murid2-Nya, pun Maria ibu-nya, Yosef bapak-nya, tak mengerti perkataan-Nya
Mungkin semua manusia hrs begitu pd mulanya; Apakah Marta sedikit lebih [Yoh.11:27]?

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 17, 2018, 06:18:44 PM
Yohanes Pembabtis itu yakin Yesus adalah Mesias

tapi dalam bayangan dia Mesias itu datang untuk jadi Raja, memerintah Israel dan melepaskan Israel dari kesesakan (saat itu konteksnya Israel dijajah Romawi), ini sama seperti orang Yahudi pada umumnya, bahkan sampe sekarang, bahwa Mesias itu akan memerintah mereka

nah kok yang dateng modelnya begini, melayani kemana2, nyembuhin orang sakit, mau dijadiin raja menyingkir

makanya dia bertanya kepada Yesus untuk meyakinkan

saya pikir penafsiran bahwa Yohanes Pembabtis saat itu ragu karena model Mesias yang dateng ga sesuai harapannya itu masuk kok, dan manusiawi banget, karena dia juga saat itu dipenjara, mungkin dalam otaknya dia berpikir harusnya tu Mesias nyelametin saya dari penjara sekarang

kurang sepakat sih bro
saya yakin tidak ada keraguan, di ayat sambungannya
(10) Karena tentang dia ada tertulis: Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan-Mu di hadapan-Mu.
orang yang mempersiapkan jalan, sudah pasti tidak ada keraguan,
di Lukas juga ada
(80) Adapun anak itu bertambah besar dan makin kuat rohnya. Dan ia tinggal di padang gurun sampai kepada hari ia harus menampakkan diri kepada Israel.
semakin kuat, logisnya semakin tidak ada keraguan akan tugas2nya dan siapa yang dilayaninya
dan ayat Yohanes ini yang meyakinkan saya bahwa Yohanes tidak punya keraguan sedikitpun
(29) Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.
(30) Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.
Yohanes memposisikan diri sebagai sahabat mempelai laki2, logisnya seorang sahabat sangat mengenal dekat siapa mempelai laki2 tsb dan di tambahkan dia sudah menyadari dirinya harus semakin kecil karena Yesus harus semakin besar

ya opini pribadi
hahaha


Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 17, 2018, 06:42:28 PM
Aku pun percaya penafsiran spt itu, Bro!
Sebab semua manusia yg baru mengenal Yesus spt meragukan-Nya
Lihat murid2-Nya, pun Maria ibu-nya, Yosef bapak-nya, tak mengerti perkataan-Nya
Mungkin semua manusia hrs begitu pd mulanya; Apakah Marta sedikit lebih [Yoh.11:27]?

Salam Damai!

not make sense
tidak mengerti perkataan bukan berarti ragu kepada Yesus
saya kadang tidak mengerti perkataan orang tua saya
apa saya ragu mereka orang tua saya??

Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: HenHen on September 18, 2018, 07:30:11 AM
no problem

yang mana aja penafsirannya masuk

Yohanes Pembaptis saya percaya dia yakin Yesus Mesias, cuma ada saat aja dimana dia ragu
keraguan itu manusiawi, gak fatal
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 18, 2018, 08:36:15 AM
not make sense

Gimana sense yg ini, Bro!

Bahwa
Mungkin hanya manusia yg terhimpit yg tidak meragukan-Nya
Atau manusia yg membutuhkan pertolongan yg lekas percaya
Tapi orang2 yg merasa “dewa-sa” selalu hati2 meyakinkan diri
Sebab itu Petrus menyangkal-Nya 3x dan kembali menjala ikan

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Siip on September 18, 2018, 09:46:33 AM
Terima kasih Bro Witu,
Saya sependapat dg Bro dan sangat diberkati.

Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 18, 2018, 10:10:43 AM
Gimana sense yg ini, Bro!

Bahwa
Mungkin hanya manusia yg terhimpit yg tidak meragukan-Nya
Atau manusia yg membutuhkan pertolongan yg lekas percaya
Tapi orang2 yg merasa “dewa-sa” selalu hati2 meyakinkan diri
Sebab itu Petrus menyangkal-Nya 3x dan kembali menjala ikan

Salam Damai!

jiah
kalo ambil sample tulis nulis asal jeplak mah anak saya juga bisa mas
analisanya dimana??
Yohanes sudah mendapat kepenuhan ROH KUDUS sejak dari kandungan
bahkan dalam janin ibunya pun dia sudah bisa gembira karena dikunjungi Tuhannya
Petrus sewaktu menyangkal Yesus apa sudah menerima kepenuhan ROH KUDUS??
lihat nubuat Zakaria dalam kepenuhan ROH KUDUS
73. yaitu sumpah yang diucapkan-Nya kepada Abraham, bapa leluhur kita, bahwa Ia mengaruniai kita,
74. supaya kita, terlepas dari tangan musuh, dapat beribadah kepada-Nya tanpa takut,
75. dalam kekudusan dan kebenaran di hadapan-Nya seumur hidup kita.
76. Dan engkau, hai anakku, akan disebut nabi Allah Yang Mahatinggi; karena engkau akan berjalan mendahului Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagi-Nya,
77. untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka,
78. oleh rahmat dan belas kasihan dari Allah kita, dengan mana Ia akan melawat kita, Surya pagi dari tempat yang tinggi,
79. untuk menyinari mereka yang diam dalam kegelapan dan dalam naungan maut untuk mengarahkan kaki kita kepada jalan damai sejahtera."
lihat yang saya bold dan italic
Yohanes adalah nabi Allah yang Mahatinggi,  dia akan berjalan lebih dulu untuk mempersiapkan jalan bagi Tuhan, agar kita terlepas dari musuh dan beribadah tanpa rasa takut

anda ngomong asal jeplak, dan sok2an nnyambung2in dengan Petrus, maksud anda apa??
ingin membenturkan pandangan antara Yohanes dengan Petrus??
sehingga ada kesempatan asal jeplak nyambung menyalah2kan Petrus karena Petrus dipercaya umat katolik sebagai paus pertama??
jangan konyol dech kalau mo diskusi

Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 18, 2018, 10:15:42 AM

tidak mengerti perkataan bukan berarti ragu kepada Yesus
saya kadang tidak mengerti perkataan orang tua saya
apa saya ragu mereka orang tua saya??

Yg membuat kita tidak ragu kpd ortu karena jumlah cinta-nya
Yg membuat ragu kpd yg lain karena belum ada bukti sikitpun
Yg membuat manusia bertanya2 karena ingin melengkapi bukti

Tak kenal maka tak sayang, utk kenal hrs tanya2
Tanya2 itu spt ragu, bukan sungguh2 ragu, Bro!
Yg ragu itu yg tanya2 melulu sampai mengap2
Model atheis.

Maka kemaren ku katakan "spt" meragukan,
Bukan ragu sebab tak mengerti perkataan-Nya

Aku pun percaya penafsiran spt itu, Bro!
Sebab semua manusia yg baru mengenal Yesus spt meragukan-Nya
Lihat murid2-Nya, pun Maria ibu-nya, Yosef bapak-nya, tak mengerti perkataan-Nya
Mungkin semua manusia hrs begitu pd mulanya; Apakah Marta sedikit lebih [Yoh.11:27]?

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 18, 2018, 10:45:43 AM
Yg membuat kita tidak ragu kpd ortu karena jumlah cinta-nya
Yg membuat ragu kpd yg lain karena belum ada bukti sikitpun
Yg membuat manusia bertanya2 karena ingin melengkapi bukti

Tak kenal maka tak sayang, utk kenal hrs tanya2
Tanya2 itu spt ragu, bukan sungguh2 ragu, Bro!
Yg ragu itu yg tanya2 melulu sampai mengap2
Model atheis.

Maka kemaren ku katakan "spt" meragukan,
Bukan ragu sebab tak mengerti perkataan-Nya

Salam Damai!

di depannya kata seperti yang anda tulis ada yang baru mengenal
sedangkan di alkitab tertulis bahwa bahkan dalam kandungan pun Yohanes sudah bisa mengetahui ada Yesus dalam kandungan Maria
apa Yohanes baru mengenal??
kita baca Yohanes 3 dengan perikop "Kesaksian Yohanes tentang Yesus"
apa mungkin bersaksi jika tidak mengenal??
(31) Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya.

tegas Yohanes menyebut Yesus datang dari atas
(32) Ia memberi kesaksian tentang apa yang dilihat-Nya dan yang didengar-Nya, tetapi tak seorangpun yang menerima kesaksian-Nya itu.
Yohanes sudah tahu banyak yang meragukan kesaksian Yesus

(33) Siapa yang menerima kesaksian-Nya itu, ia mengaku, bahwa Allah adalah benar.
apa Yohanes tidak menerima kesaksianNya??? apa Yohanes ragu Allah adalah benar??

(34) Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas.
(35) Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya.
(36) Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya."

Yohanes tahu Yesus adalah Anak
dan mengatakan agar kita taat kepadaNya dan mengatakan akibat yang akan timbul bila kita tidak taat kepadaNya
sebanrnya tidak perlu saya perjelas, karena sudah sangat jelas


Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 18, 2018, 11:09:27 AM
di depannya kata seperti yang anda tulis ada yang baru mengenal
sedangkan di alkitab tertulis bahwa bahkan dalam kandungan pun Yohanes sudah bisa mengetahui ada Yesus dalam kandungan Maria
apa Yohanes baru mengenal??

Ya!
Yohanes hanya sudah tahu rohani
Tetapi baru mengenal alami-Nya
Belum tahu fungsi duniawi-Nya

Perhatikanlah!
Yohanes baru berdialog dgn Yesus di Sungai Yordan
Yohanes telah mendengar deklarasi Allah Trinitas
Yohanes masih bertanya utk melengkapi bukti2

"Engkaukah yg akan datang itu atau
Hrs-kah kami menantikan org lain?"


Ini selaras dgn himbauan Paulus:
Ujilah segala sesuatu, spy jgn asal jeplak
Jadi Yohanes bertanya itu mungkin ingin menguji bukti

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 18, 2018, 11:35:04 AM
Ya!
Yohanes hanya sudah tahu rohani
Tetapi baru mengenal alami-Nya
Belum tahu fungsi duniawi-Nya

Perhatikanlah!
Yohanes baru berdialog dgn Yesus di Sungai Yordan
Yohanes telah mendengar deklarasi Allah Trinitas
Yohanes masih bertanya utk melengkapi bukti2

"Engkaukah yg akan datang itu atau
Hrs-kah kami menantikan org lain?"


Ini selaras dgn himbauan Paulus:
Ujilah segala sesuatu, spy jgn asal jeplak
Jadi Yohanes bertanya itu mungkin ingin menguji bukti

Salam Damai!


mas
kalau diskusi tolong dibaca ya
Yohanes 3 itu peristiwa sebelum Yohanes di tahan ya
perikopnya Kesaksian Yohanes ttg Yesus

mo berdialog atau gak
baru dalam kandungan pun Yohanes sudah tahu Yesus
(41) Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan ROH KUDUS,
baru denger Maria datang saja Yohanes sudah tahu

(44) Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.
tuch baca lagi, anak dalam rahim yang adalah Yohanes saja sudah langsung tahu

(66) Dan semua orang, yang mendengarnya, merenungkannya dan berkata: "Menjadi apakah anak ini nanti?" Sebab tangan Tuhan menyertai dia.
tangan Tuhan menyertai Yohanes, apakah karena akan mati Yohanes jadi ragu pada Tuhan???
I doubt it

silahkan menguji, logika saya tidak sama dengan anda yang asal jeplak
modal ngeyel, kalau perlu bawa2 ayat ke Petrus untuk dukung kengeyelan
modal hanya untuk ngebantah
jiah diskusi kok gak mo mikir

och iya nambahin sedikit
logika saya menatakan bahwa Yohanes mendengar sendiri langsung kesaksian Bapa ttg Yesus
lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."
OMG, kesaksian sebegitu juga masih ragu??
I can't speak no more
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 18, 2018, 12:43:21 PM
mas
kalau diskusi tolong dibaca ya
Yohanes 3 itu peristiwa sebelum Yohanes di tahan ya
perikopnya Kesaksian Yohanes ttg Yesus

Mungkin yg masih tulalit diantara kita adalah:
Soal kenal rohani, kenal alami dan kenal duniawi
Bagimu satu bukti kenal cukup, bagiku perlu tiga, Bro!
Spy jangan asal jeplak, "poko'e", gitu, loh!

Yohanes sudah tahu Dia secara rohani
Tapi baru kenal secara alami di Sungai Yordan
Yohanes belum tahu perkerjaan duniawi-Nya, keburu dipenjara
Maka ia bertanya memastikan, Dia-lah Kristus. Semoga maklum, Bro!

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 18, 2018, 01:38:02 PM
Mungkin yg masih tulalit diantara kita adalah:
Soal kenal rohani, kenal alami dan kenal duniawi
Bagimu satu bukti kenal cukup, bagiku perlu tiga, Bro!
Spy jangan asal jeplak, "poko'e", gitu, loh!

Yohanes sudah tahu Dia secara rohani
Tapi baru kenal secara alami di Sungai Yordan
Yohanes belum tahu perkerjaan duniawi-Nya, keburu dipenjara
Maka ia bertanya memastikan, Dia-lah Kristus. Semoga maklum, Bro!

Salam Damai!

buset
Rohani
(41) Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan ROH KUDUS,
(44) Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan.

Alami
(13) Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya.
(14) Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?"
(10) Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya.
(11) Lalu terdengarlah suara dari sorga: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."
21) Ketika seluruh orang banyak itu telah dibaptis dan ketika Yesus juga dibaptis dan sedang berdoa, terbukalah langit
(22) dan turunlah ROH KUDUS dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."
(29) Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.
(30) Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.
baru lihat saja sudah tahu itu Anak domba Allah

Pekerjaan duniawi
(11) Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan ROH KUDUS dan dengan api
(12) Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan.
(16) Yohanes menjawab dan berkata kepada semua orang itu: "Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan ROH KUDUS dan dengan api.
(17) Alat penampi sudah di tangan-Nya untuk membersihkan tempat pengirikan-Nya dan untuk mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung-Nya, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."
(31) Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya.
(32) Ia memberi kesaksian tentang apa yang dilihat-Nya dan yang didengar-Nya, tetapi tak seorangpun yang menerima kesaksian-Nya itu.

kurang jelas lagi???
mo kenal macem apalagi sih??
ada kenal versi 3d 4d 5d juga??
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Sotardugur Parreva on September 18, 2018, 01:40:36 PM
Menurut pendapatku, Yohanes menyuruh muridnya bertanya kepada Yesus apakah Yesus itu Mesias atau bukan, itu bukan karena ketidaktahuan atau keraguan Yohanes kepada Yesus. Kutangkap, justru maksud "pertanyaan" Yohanes itu ialah permintaan agar Yesus segera tampil memerankan kemesiasanNya.

Sederhananya, di penangkapanku, seperti ini:
Katakanlah si Yo sudah dijanjikan dan mengetahui bahwa si Ye akan mendampingi si Yo ke suatu tempat yang belum pernah didatanagi oleh si Yo. Dalam perjalanan waktu kemudian, si Yo sudah siap-siap pergi ke tempat yang dituju tersebut, namun si Ye seperti sibuk mengerjakan hal-hal yang menurut pandangan si Yo "tidak terkait" dengan kepergian mereka ke tempat yang hendak dituju.

Maka, si Yo bertanya kepada si Ye, "Manaaa... jadi nggak, mendampingiku? Ato kuminta pendampingan orang lain?"

Nah, dalam hal itu, si Yo bukan menanyakan karena tidak menngetahui Ye berkenan mendampinginya, namun merupakan permintaan, ato himbauan, ato ajakan agar si Ye merealisasi janji menunjukkan tempat yang hendak mereka tuju.

Jadi, pada pertanyaan Yohanes melalui muridnya kepada Yesus apakah Yesus adalah Mesias, bukan didorong oleh ketidaktahuan atau keraguan, melainkan merupakan permintaan agar Yesus segera menampilkan diri sebagai Mesias, sebagai Penebus.

Salam damai (tanpa pentung).
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 18, 2018, 01:52:00 PM
buset
Rohani

Berikut ini bukan buset,
Ini pengakuan Yohanes:

Yohanes 1:29-31
1:31 Dan aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia,
tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel."
1:32 Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya:
"Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya.
1:33 Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air,
telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya,
Dialah itu yang akan membaptis dengan ROH KUDUS.
1:34 Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."

Dia tidak meragukan Yesus sbg Mesias
Hanya memastikan, Yesus yg dibaptis itulah Mesias
Jadi tidak ada org yg lain yg hrs dinanti oleh Yohanes Pembaptis
Tugas utamanya selesai

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 18, 2018, 01:58:54 PM
Jadi, pada pertanyaan Yohanes melalui muridnya kepada Yesus apakah Yesus adalah Mesias, bukan didorong oleh ketidaktahuan atau keraguan, melainkan merupakan permintaan agar Yesus segera menampilkan diri sebagai Mesias, sebagai Penebus.

Kurasa hal itu bukan tugas Yohanes Pembaptis
Itu akan membuat dia "hands ball" atau "off side"
Sebab tak ada yg berkompeten atas saat-Nya, kan?

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 18, 2018, 02:53:43 PM
Berikut ini bukan buset,
Ini pengakuan Yohanes:

Dia tidak meragukan Yesus sbg Mesias
Hanya memastikan, Yesus yg dibaptis itulah Mesias
Jadi tidak ada org yg lain yg hrs dinanti oleh Yohanes Pembaptis
Tugas utamanya selesai

Salam Damai!

memang gak buset, yang buset itu anda
yang di quote itu Yoh 1 : 31 - 34
padahal tulisannya Yoh 1 : 29-31
baca ayat sebelumnya
29. Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.
30. Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.

kita lihat pararel ayat Matius
(13) Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya
(14) Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?"
belom dibaptis sudah tahu tuh
apanya yang dipastikan lagi???
jadi Yohanes basa basi bilang bahwa dirinya yang perlu dibaptis??
nah  situ tau tugasnya selesai
"Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil."

karena tugasnya selesai, Yohanes mengarahkan murid2nya untuk mendengar kabar sukacita langsung dari Yesus dan mengikutiNya

Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 18, 2018, 03:05:14 PM
kurang jelas lagi???
mo kenal macem apalagi sih??
ada kenal versi 3d 4d 5d juga??

Pokok’e, gitulah, yao!
Sejak bayi sudah kenal, koq.
“mo kenal macem apalagi sih??”

Quote
Pekerjaan duniawi
(red: Mat.3: perkataan Yohanes)
(11) Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan ROH KUDUS dan dengan api
(12) Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan.

(red: Luk.3: perkataan Yohanes)
(16) Yohanes menjawab dan berkata kepada semua orang itu: "Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan ROH KUDUS dan dengan api.
(17) Alat penampi sudah di tangan-Nya untuk membersihkan tempat pengirikan-Nya dan untuk mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung-Nya, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."

Allah mengenalkan Yesus kpd Yohanes secara rohani (roh)
Yesus mengenalkan diri-Nya kpd Yohanes secara alami (fisik)
Yohanes ingin kenal melalui pekerjaan2-Nya di dunia ini (karya)

Pertanyan Yohanes itu hanya demi kepastian saja (karya-Nya)
Spy jgn asal jeplak, “poko’e tugasku selesai, dah”
Sebab itu Paulus berkata:“Ujilah segala sesuatu”

Salam Damai
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 18, 2018, 05:37:18 PM
Pokok’e, gitulah, yao!
Sejak bayi sudah kenal, koq.
“mo kenal macem apalagi sih??”

Allah mengenalkan Yesus kpd Yohanes secara rohani (roh)
Yesus mengenalkan diri-Nya kpd Yohanes secara alami (fisik)
Yohanes ingin kenal melalui pekerjaan2-Nya di dunia ini (karya)

Pertanyan Yohanes itu hanya demi kepastian saja (karya-Nya)
Spy jgn asal jeplak, “poko’e tugasku selesai, dah”
Sebab itu Paulus berkata:“Ujilah segala sesuatu”

Salam Damai

sorry ye
gw mah bukan model u yang pokoknye
u yang bilang mo 3 macam
gw dah kasih ketiganya
u mo yang mane lagi, mo versi ape dech suka2 jeplakan loe dech
ada yang macam lain2nya
sekalian gw jawab lah

secara Rohani : RK sudah menyatakan mengenal Yesus, bahkan saat Yohanes dalam kepenuhan RK di dalam rahim ibunya
mo nyangkal???
yang mana??
silahkan

secara fisik : Yohanes langsung tahu itu Yesus sewaktu Dia datang
mo nyangkal??
yang mana??
silahkan

secara pekerjaan : Yohanes sudah memberi tahu dalam kesaksiannya ttg tugas Yesus
mo nyangkal???
yang mana???
silahkan

jangan modal bolak balik nyebut Paulus, kalau anda tidak bisa menjabarkan bantahannya
itu yang namanya modal pokoknye

supaya anda jangan asal jeplak
silahkan bantah saya dimana Yohanes tidak tahu bahwa tugasnya sudah berakhir??
ayat silahkan lihat, karena Yohanes sudah bilang dia akan semakin kecil,
mo nyangkal???
yang mana??
silahkan

sebab itu ujilah diri anda
apa anda pantas dalam berdiskusi
krn saya lihat anda mo pake sistim pokoknye kepada orang lain tapi menempatkan boneka jerami pada saya
cara diskusi anda benar2 tidak etis
berdalih mengenalkan secara 3 macam
dimana ayatnya mengatakan mengenalkan Yesus sebagai 3 macam
mo pake teori suka2
saya juga bisa jawab suka2 kalau mo model cara jeplak loe mah
kalo loe pake sistim pokoknye jangan nuduh orang pake sistim pokoknye
loe ngomong sesuka hati aje bisanya, jeplak doang
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 19, 2018, 08:50:34 AM
memang gak buset, yang buset itu anda
apanya yang dipastikan lagi???

Yg ingin dipastikan-nya lagi ialah pekerjaan-Nya, karya-Nya di dunia
Maka utk itu Yesus perlu menjawab utusan Yohanes itu dgn berkata:

"Pergilah dan katakanlah kpd Yohanes apa yg kamu dengar dan kamu lihat:
org buta melihat, org lumpuh berjalan, org kusta jadi tahir, org tuli mendengar,
org mati dibangkitkan dan kpd org miskin diberitakan kabar baik. [Mat.11:4-5]


Apakah pertanyaan Yohanes dan
Jawaban Yesus itu dibusetin semua?
Cing! Yg leres ajalah mikirnya, Peng!

Dgn demikian Yohanes telah melihat karya-Nya
Karya utamanya ialah “org mati dibangkitkan”
Dan kita pun jadi ada semangat hidup kekal

Jadi
Gunakanlah tubuhmu dan jiwamu dan rohmu
Menguji segala sesuatu yg ada di kolong langit ini
Sebab dgn kaca-mata-kuda tak dpt melihat banyak

Selain poko’e, to’.

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 19, 2018, 10:27:08 AM
Yg ingin dipastikan-nya lagi ialah pekerjaan-Nya, karya-Nya di dunia
Maka utk itu Yesus perlu menjawab utusan Yohanes itu dgn berkata:

"Pergilah dan katakanlah kpd Yohanes apa yg kamu dengar dan kamu lihat:
org buta melihat, org lumpuh berjalan, org kusta jadi tahir, org tuli mendengar,
org mati dibangkitkan dan kpd org miskin diberitakan kabar baik. [Mat.11:4-5]


Apakah pertanyaan Yohanes dan
Jawaban Yesus itu dibusetin semua?
Cing! Yg leres ajalah mikirnya, Peng!

Dgn demikian Yohanes telah melihat karya-Nya
Karya utamanya ialah “org mati dibangkitkan”
Dan kita pun jadi ada semangat hidup kekal

Jadi
Gunakanlah tubuhmu dan jiwamu dan rohmu
Menguji segala sesuatu yg ada di kolong langit ini
Sebab dgn kaca-mata-kuda tak dpt melihat banyak

Selain poko’e, to’.

Salam Damai!

coi
mo mastiin apa??
percuma dong di Yoh 3, Yohanes mengatakan suatu kesaksian
apa kesaksiannya bohong??
(32) Ia memberi kesaksian tentang apa yang dilihat-Nya dan yang didengar-Nya, tetapi tak seorangpun yang menerima kesaksian-Nya itu.
baca coi yang di bold

itu mo loe bantah??
kesaksian kalau dengan keraguan namanya bukan kesaksian
itu namanya asumsi
gua gak busetin Yohanes maupun Yesus
gua busetin loe yang pura2 be** dengan yang namanya kesaksian
3:22-36 = Kesaksian Yohanes tentang Yesus <---- tuch perikop Yohanes 3
apa loe pikir orang yang bersaksi tanpa tahu siapa Yesus??
itu perikop kejadian dimana murid2 Yohanes berselisih ttg penyucian
karena itu Yohanes bersaksi untuk Yesus
karena Yohanes jelas tahu siapa Yesus dan apa tugasnya
dia menempatkan diri sebagai sahabat
(29) Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh.

Yohanes menyuruh tanya kepada Yesus agar2 murid2nya lebih mengenal Yesus dari jawaban2nya
(30) Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.
dengan jelas Yohanes menyatakan dia akan semakin kecil, tugas selesai, Yesus harus semakin besar, kabar suka cita terbesar adalah Yesus

cig, yang lurus loe mikirnya makanya

wth???
karya orang mati dibangkitkan menjadi yg terbesar??
karya terbesar Yesus adalah "keselamatan dengan menghapus dosa dunia"
orang mati dibangkitkan bukan cuma Yesus yang pernah memperlihatkan
sebelum Yesus pun ada Elisa yang membangkitkan orang mati, bahkan mayat terkena tulang Elisa pun hidup kembali

Jadi coi, kalimat loe berikut ini akan gua balikkan ke elo
Gunakanlah tubuhmu dan jiwamu dan rohmu
Menguji segala sesuatu yg ada di kolong langit ini
Sebab dgn kaca-mata-kuda tak dpt melihat banyak

dan kalau diskusi
jangan sengaja ngerubah2
minta 3 macam
dah dikasi pura2 be**, lewatin semua, pura gak lihat
ngeles doang
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 19, 2018, 10:38:14 AM
sorry ye

MK: Ye!

secara fisik : Yohanes langsung tahu itu Yesus sewaktu Dia datang
MK: Ya! Kau menyangka Yohanes yg langsung tahu fisik Yesus
Mungkin bagimu pemberitahuan itu cukup saat dia janin saja
Padahal Yohanes mengaku, Dia-lah yg memberi tahukannya
Yaitu melalui Roh yg spt merpati tinggal di atas-Nya.
Bandingkanlah persangkaanmu dgn pengakuannya

secara pekerjaan : Yohanes sudah memberi tahu dalam kesaksiannya ttg tugas Yesus
MK: Itu mah, sudah sejak dahulu kala dinobuatkan.

jangan modal bolak balik nyebut Paulus,
MK: Supaya kita suka menguji segala sesuatu
Dan menjadi suka pikir tiga pd jawaban “poko’e”

kalau anda tidak bisa menjabarkan bantahannya
itu yang namanya modal pokoknye

MK: Modalmu janin, kandungan, rahim melulu; Geli rasanya
Spy jgn poko’e, maka cari pengakuan Yohanes yg dewa_sa
Katanya: “Dan aku mula2 tidak mengenal Dia” [Yoh.1:31a]

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 19, 2018, 10:54:01 AM
coi

Oey!

mo mastiin apa??
MK: Udah pas!

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 19, 2018, 10:55:12 AM
MK: Ye!

secara fisik : Yohanes langsung tahu itu Yesus sewaktu Dia datang
MK: Ya! Kau menyangka Yohanes yg langsung tahu fisik Yesus
Mungkin bagimu pemberitahuan itu cukup saat dia janin saja
Padahal Yohanes mengaku, Dia-lah yg memberi tahukannya
Yaitu melalui Roh yg spt merpati tinggal di atas-Nya.
Bandingkanlah persangkaanmu dgn pengakuannya

secara pekerjaan : Yohanes sudah memberi tahu dalam kesaksiannya ttg tugas Yesus
MK: Itu mah, sudah sejak dahulu kala dinobuatkan.

jangan modal bolak balik nyebut Paulus,
MK: Supaya kita suka menguji segala sesuatu
Dan menjadi suka pikir tiga pd jawaban “poko’e”

kalau anda tidak bisa menjabarkan bantahannya
itu yang namanya modal pokoknye

MK: Modalmu janin, kandungan, rahim melulu; Geli rasanya
Spy jgn poko’e, maka cari pengakuan Yohanes yg dewa_sa
Katanya: “Dan aku mula2 tidak mengenal Dia” [Yoh.1:31a]

Salam Damai!

secara fisik karena dari janin??
jadi waktu Yesus belom dibaptis oleh Yohanes, kan belom ada merpati tuch
kenapa ngomong dia tidak layak membaptis Yesus??
nembak?? tebak2 buah manggis gitu??
kalau dia tidak tahu Yesus adalah Anak Allah kok dia bilang bahwa dia yang seharusnya dibaptis??

secara pekerjaan
dinubuatkan???
wkwkwk
nubuat itu tidak bilang ttg Yesus loch
ini jelas2 dia bersaksi ttg Yesus
baca perikopnya ulang
kesaksian Yohanes ttg Yesus
dan kasusnya saat itu karena murid2 Yohanes ribut ttg penyucian
nubuat mah ya nubuat, gak dibilang kesaksian kaleee

och, jadi u suka menguji??
dah nguji diri loe belom??
kenapa nyebut Petrus nyangkal segala
nguji ato nyama2in dengan cara maksa??
itu mah namanya bukan nguji, mo jelek2in namanya coi

loch??
wkwkwk
jadi janin yang di penuhi RK itu menggelikan??
wkwkwk
kesaksian yang begitu hebat dibilang menggelikan??
wkwkwk, hebat loe coi, kesaksian orang yang dipenuhi RK pun loe anggap menggelikan
gw sich gak berani ikut2an loe
jiah, mula2 tidak mengenal Dia kan????
(41) Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan ROH KUDUS,
sebelumnya melonjak2 gak??
duluan Yohanes ada atau Anak??
anak itu melonjak setelah setelah Maria memberi salam dan Elisabeth dipenuhi RK
kepenuhan RK loch coi
jangan loe anggap menggelikan lagi
parah loe

Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 19, 2018, 10:56:39 AM
Oey!

mo mastiin apa??
MK: Udah pas!

Salam Damai!


pas buat loe ngeles kan??
 :tongue:
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 19, 2018, 11:29:54 AM
tapi dalam bayangan dia Mesias itu datang untuk jadi Raja, memerintah Israel dan melepaskan Israel dari kesesakan (saat itu konteksnya Israel dijajah Romawi), ini sama seperti orang Yahudi pada umumnya, bahkan sampe sekarang, bahwa Mesias itu akan memerintah mereka

Utk yg ini aku sangat tidak sependapat, Hen!
Sebab Yohanes pembabtis bukan Yahudi
Dia tidak merasa dijajah oleh Romawi

Dia Levi, merdeka di belantara bersama Tuhan
Herodes pun dia tunjuk idungnya hingga gemetar
Yohanes sungguh tidak memikirkan hal2 duniawi

Pls your comment!

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 19, 2018, 11:33:18 AM

pas buat loe ngeles kan??
 :tongue:

Tebak manggisku ntar, coy

Proses perkenalan fisik
Dua insan manusia
Di Sungai Yordan

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 19, 2018, 11:37:50 AM
Tebak manggisku ntar, coy

Proses perkenalan fisik
Dua insan manusia
Di Sungai Yordan

Salam Damai!

gak sekalian proses perkenalan 4D 5D 6D sekalian??
tebak aje sana
kalo mo ngarang bebas suka2 hatigaya  loe mah anak gw yang sd juga bisa
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 19, 2018, 11:51:36 AM
gak sekalian proses perkenalan 4D 5D 6D sekalian??
tebak aje sana
kalo mo ngarang bebas suka2 hatigaya  loe mah anak gw yang sd juga bisa

Sabar coi!
Mau nggak ditebakin!
Kalau mau ngarang hrs relevan

Atau kau mau tebak validitas perkataan Yohanes ini:
Katanya: “Dan aku mula2 tidak mengenal Dia” [Yoh.1:31a]

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 19, 2018, 12:11:39 PM
Sabar coi!
Mau nggak ditebakin!
Kalau mau ngarang hrs relevan

Atau kau mau tebak validitas perkataan Yohanes ini:
Katanya: “Dan aku mula2 tidak mengenal Dia” [Yoh.1:31a]

Salam Damai!

ogah amat
mo ngarang jangan soal agama di Forum diskusi agama
sana cari tempat laen

cek validitas??
apa Yohanes 1: 29 tidak valid??? mungkin loe mo cek validitasnya
silahkan


Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: HenHen on September 19, 2018, 12:26:11 PM
Yohanes Pembabtis udah jelas orang Yahudi, bapaknya imam malah, ibunya keturunan imam Harun

gak setuju ya gpp
namanya jg tafsiran
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 19, 2018, 12:35:41 PM
Yohanes Pembabtis udah jelas orang Yahudi, bapaknya imam malah, ibunya keturunan imam Harun

gak setuju ya gpp
namanya jg tafsiran

ya mungkin ybs ngangap suku Lewi bukan dari 12 anak Israel kali

Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 19, 2018, 12:38:03 PM
sebenarnya beda tafsir sih biasa
tapi saat nafsir bawa2 hal lain yang gak nyambung sih, menurut saya ada niat .....  :mad0261:
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 19, 2018, 02:39:14 PM
Yohanes Pembabtis udah jelas orang Yahudi, bapaknya imam malah, ibunya keturunan imam Harun

Bukankah imam itu hrs Levi?
Musa org Levi, Harun juga, kan?
Pls dgn referensinya, spy enak gitu.

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 19, 2018, 02:48:48 PM
secara fisik karena dari janin??

Wah! Janin lagi-janin lagi, Peng!
Clay sukanya mukul kelamin
Pengen_tahu tahunya janin
Aya naon, eta teh, nyak!

jadi waktu Yesus belom dibaptis oleh Yohanes, kan belom ada merpati tuch
MK: Ya! Belon ada tuh! Deklarasi Allah Trinitas pun belon berkumandang!

kenapa ngomong dia tidak layak membaptis Yesus??
MK: Karena Yohanes pikir dia sudah diproklamirkan sbg Anak Allah,
Padahal belon, lahir kembali adalah menggenapkan kehendak Allah [Mat.3:15]
Lahir kembali adalah keluar dari perihal yg duniawi masuk ke perihal yg surgawi

kalau dia tidak tahu Yesus adalah Anak Allah kok dia bilang bahwa dia yang seharusnya dibaptis??
MK: Kesksian Yohanes yg syah adalah setelah Yesus diproklamirkan oleh Allah Trinitas
Yohanes, "Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah." [Yoh.1:34]

nembak?? tebak2 buah manggis gitu??
MK: Berikut nanti tebak manggis-ku Mat.3, Peng
Komenin, ya, Peng!

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 19, 2018, 02:58:46 PM
Mat.3:5-6
Maka datanglah kpd-nya penduduk  Yerusalem,
dr seluruh Yudea dan dr seluruh daerah sekitar Yordan.
Lalu sambil mengaku dosanya mereka dibaptis oleh Yohanes di sungai Yordan.


Ada pengakuan dosa ada prosedur pembaptisan
Pasti ada ritual penyebutan nama yg dibaptis
Perlu ada perkenalan awal tentunya, Peng
Apa ini tebakan manggis?

Contoh: Spt pembabtisan-2 ini:
http://forumkristen.com/index.php?topic=56815.msg1236798#msg1236798 (http://forumkristen.com/index.php?topic=56815.msg1236798#msg1236798)

Ay.7
Tapi waktu ia melihat banyak org Farisi dan org Saduki datang utk dibaptis,
berkatalah ia kpd mereka: "Hai kamu keturunan ular beludak.
Siapakah yg mengatakan kpd kamu, bw kamu dpt melarikan diri
dari murka yang akan datang?


Bagaimana Yohanes Pembabtis tahu rakyat, mana Saduki, mana Farisi?
Tebak manggisku: Dr penglihatan duniawi, via raut wajah sorot mata,
dr pakaiannya, dr gaya tubuh, dr bahasa dpt ditebak jitu manggis itu

Penunjang yg relevan [Yoh.4:9]:
Maka kata perempuan Samaria itu kpd-Nya:
"Masakan Engkau, Yahudi, minta minum kpd  se-org Samaria?"


Tebakan serupa:
Bagaimana perempuan Samaria itu tahu yg mita minum itu Yahudi?
Tebakanku: Dr logat, kata atau dandanan atau model jubah yg berda
Mereka konsisten membuat jumbai2 pd punca baju mereka [Bil 15:38] 

Ay:13-14
Maka datanglah Yesus dr Galilea ke Yordan kpd Yohanes utk dibaptis olehnya.
Tapi Yohanes mencegah Dia, katanya:
"Akulah yg perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yg datang kpd?"


Bagaimana Yohanes Pembabtis tahu Yesus? Ya, itu tadi tebak manggisku:
Dr penglihatan iman pd wajah sorot mata, pakaian, dan kata2 bisa ditebak
Tetapi Yohanes “off-side”, Yesus belum boleh membabtis, belum lahir kembali

Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kpd-nya:
"Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya
kita menggenapkan seluruh kehendak Allah."

Kurasa perkenalan pd pandang pertama sudah terkabul, Peng.
Petunjuk Roh yg seperti merpati itu merupakan kepastian ke-dua
Kepastian yg ke-tiga yg sudah pas, yaitu perbuatan pekerjaan Yesus.
Yg buta melihat, yg lumpuh berjalan, yg mati dibangkitkan, [Mat.11:4-5]
Tak cukup dr kesaksian2 [Yoh.3] lagi, tapi bukti dr karya dan pekerjaan-Nya

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 19, 2018, 06:40:05 PM
Wah! Janin lagi-janin lagi, Peng!
Clay sukanya mukul kelamin
Pengen_tahu tahunya janin
Aya naon, eta teh, nyak!

jadi waktu Yesus belom dibaptis oleh Yohanes, kan belom ada merpati tuch
MK: Ya! Belon ada tuh! Deklarasi Allah Trinitas pun belon berkumandang!

kenapa ngomong dia tidak layak membaptis Yesus??
MK: Karena Yohanes pikir dia sudah diproklamirkan sbg Anak Allah,
Padahal belon, lahir kembali adalah menggenapkan kehendak Allah [Mat.3:15]
Lahir kembali adalah keluar dari perihal yg duniawi masuk ke perihal yg surgawi

kalau dia tidak tahu Yesus adalah Anak Allah kok dia bilang bahwa dia yang seharusnya dibaptis??
MK: Kesksian Yohanes yg syah adalah setelah Yesus diproklamirkan oleh Allah Trinitas
Yohanes, "Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah." [Yoh.1:34]

nembak?? tebak2 buah manggis gitu??
MK: Berikut nanti tebak manggis-ku Mat.3, Peng
Komenin, ya, Peng!

Salam Damai!


ye, loe aja baca kaga ngerti
itu ada tanda tanya
tulisan gitu aja kaga ngerti tapi sok2an ngerti alkitab
aya naon coi???
masih sanggup nalarnya untuk diskusi??

belom ada deklarasi kenapa tahu bahwa Yesus adalah Anak Allah
buktinya dia bilang bahwa dirinya yang seharus dibaptis

halah
ini mah nembak aja, pikiran Yohanes dari mana anda tahu??
ayat untuk membuktikan bahwa Yohanes berpikir Yesus sudah diproklamirkan??

jiah???
karena baru sebut, baru ngomong Yesus Anak Allah???
kalo bukan Anak Allah sbelumnya kenapa Yohanes enggan membaptis
gak masuk di nalar, jawaban loe suka2 loe aje

males coi, loe mah kebanyakan ngarang cerita bukan berdasarkan analisa
loe cuma doyan bikin karangan bebas
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 19, 2018, 07:07:03 PM
kepanjangan gw potong aja, entar gw gak bisa jawab loe panjang, soalya karangan loe kepanjangan


Mat.3:6-5???
nulis ayat aja aneh
ayat loe baca mundur coi???
pantes nalar loe aneh
ya udah gw anggap silap dech, i anggap saltik
so????
apa Yesus ngaku dosa coi??
bisa sebutin dosa Yesus coi??

Ay.7
loe tahu kan orang Farisi
menurut loe Yohanes gak bisa ngelihat apa ??
parah deh
asal ngarang aje sih loe
Kaum Farisi adalah pemimpin spiritual Yahudi yang berkembang pada masa Bait Allah ke-2, sekitar abad ke 2 SM.[2] Menurut para ahli, kaum Farisi adalah perkembangan dari kelompok Hasidim.[2] Kelompok Hasidim adalah kelompok yang menganggap diri mereka sebagai orang beragama yang saleh.[2] Kelompok Hasidim memisahkan diri dari orang biasa.[2]

https://id.wikipedia.org/wiki/Farisi (https://id.wikipedia.org/wiki/Farisi)
saduki
loe pikir saduki rakyat biasa coi???
belajar lach coi
males amat sih loe baca2
Saduki adalah nama dari kelompok aristokratik Yahudi yang berkuasa di Yerusalem hingga Bait Suci dihancurkan pada tahun 70 M. [1] Kaum Saduki juga bertanggung jawab terhadap ibadah yang dilakukan di Bait Suci sebagai kaum imam, di mana hampir seluruh imam-imam dapat digolongkan sebagai kaum ini.[1] Jabatan Imam Besar Yahudi pada umumnya diduduki oleh orang Saduki, tetapi tidak semua orang Saduki adalah imam.[2] Ada kemungkinan bahwa orang-orang Saduki juga terdiri dari orang awam yang kaya dan tuan-tuan tanah.[2]
https://id.wikipedia.org/wiki/Saduki (https://id.wikipedia.org/wiki/Saduki)

[Yoh.4:9]
nah ini lagi
loe gak tahu ya orang Samaria itu siapa bagi orang yahudi
Dengan ditolaknya orang Samaria oleh (Ezra 4:2-3) dan dengan langkah-langkah kebijaksanaan politik keagamaan oleh Ezra, maka orang Yahudi dan orang Samaria semakin terasing satu sama lain. Dan akhirnya mereka menjadi saling bermusuhan. Di bawah pimpinan Manasye orang Samaria membangun kenisah sendiri pada gunung Gerizim, yang di waktu pemerintahan Antiokhus IV Epifanes tidak dihancurkan (2 Makabe 6:2), tetapi dirusak oleh Yohanes Hirkanus I. Meskipun demikian Gerizim tetap menjadi tempat ibadah orang Samaria (Yohanes 4:20).
http://www.sarapanpagi.org/samaria-vt136.html (http://www.sarapanpagi.org/samaria-vt136.html)

Ay:13-14
nah itu tebak2 loe
sebelum ayat ini, 3 ayat sebelumnya aja menunjukkan loe cuma baca tanpa mo tahu referensi umum
cape dech
buakakakakaka
jadi menurut loe karena belom dibaptis Yesus gak boleh membaptis gitu??
Yesus siapa sih??
manusia atau God man sih??
atau menurut loe sebelum dibaptis Yesus cuma manusia biasa?? OMG
sok bener loe ngatain Yohanes offside
noch logika loe yang offside coi
setelah Yesus dibaptis pun, gw belom pernah dapet referensi Yesus membaptis manusia secara "lahiriah"
kalau ada, tolong post ayat nya

duch coi, emang loe kaga ngerti ya kenapa Yesus menjawab seperti itu??
kan dah dibilang biar genap
cape dech

jiah, nembak doang loe mah
pandangan pertama?? hahaha, langsung kenal ye, bukan pake perkenalan
Merpati?? tanpa itu pun Yohanes mengenal "sahabat"nya
pekerjaan??? tanpa disebutkan Yesus pun, Yohanes sudah bersaksi, dan dia bertugas membuka jalan

terus jadi tugas Yesus cuma menahirkan yang buta, yang lumpuh berjalan, dan membangkitkan orang mati??
Elisa juga sudah melakukannya
Elisa membangkitkan orang mati
kenapa gak Elisa aja yang dibilang Tuhan sama orang Kristen
parah dah logika loe
wkwkwk
gak cukup dari kesaksian??
siapa pula yang bilang cukup dari kesaksian
tapi kesaksian Yohanes membuktikan bahwa Yohanes mengenali Yesus
loe tuch ye, suka strawman
belajar lagi loe coi



 
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: ronny_het on September 20, 2018, 07:00:09 AM
Sabar coi!
Mau nggak ditebakin!
Kalau mau ngarang hrs relevan

Atau kau mau tebak validitas perkataan Yohanes ini:
Katanya: “Dan aku mula2 tidak mengenal Dia” [Yoh.1:31a]

Salam Damai!
Bro...Emang Yohanes yang nulis di Alkitab dan Yohanes Pembaptis orangnya sama (satu orang ?)

Salam Damai Bro...
Tuhan memberkati...
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 20, 2018, 08:08:53 AM
Yohanes Pembabtis udah jelas orang Yahudi,
bapaknya imam malah, ibunya keturunan imam Harun

Bukankah imam itu hrs Levi?
Musa org Levi, Harun juga, kan?
Pls dgn referensinya, spy enak gitu.

ya mungkin ybs ngangap suku Lewi bukan dari 12 anak Israel kali

Lalu gimana, nih, biar enak!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 20, 2018, 08:14:45 AM
Bro...Emang Yohanes yang nulis di Alkitab dan Yohanes Pembaptis orangnya sama (satu orang ?)

Yg kutau:
Yohanes murid termuda mati tertua
Yohanes Pempabtis matinya muda
Yohanes itu ex murid Pembaptis

Salam Damai Ron!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 20, 2018, 08:25:41 AM
Pengen_tahu:
kepanjangan gw potong aja,
entar gw gak bisa jawab loe panjang,
soalya karangan loe kepanjangan


Maren Kitatau:
Pendek2 aja, Bro, jawanya di-potong2/posting
Supaya tanda tanya-mu nggak amat banyak2
Satu posting satu-dua tanda-tanya, kan, sedap

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: HenHen on September 20, 2018, 08:33:46 AM
saya bilang Yohanes Pembabtis itu orang Yahudi broh, bukan imam

silahkan dibaca baik2 lagi post saya :)
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 20, 2018, 08:44:45 AM
Kita baca aja yg ini, gimana:
Pd zaman Herodes, raja Yudea,
adalah seorang imam yg bernama Zakharia dr rombongan Abia.
Isterinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet. [Luk 1:5]

Salam Damai Hen!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 20, 2018, 09:32:35 AM
ini aja enaknya

Yang dimaksud dengan keduabelas suku Israel adalah keturunan dari orang anak laki-laki Israel:

Ruben
Simeon
Lewi
Yehuda
Isakhar
Zebulon
Dan
Naftali
Gad
Asyer
Yusuf, dan
Benyamin.

https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Israel

Zakharia dan istrinya, Elisabet, adalah orang tua Yohanes Pembaptis, yang merupakan keturunan dari Imam Harun dari suku Lewi. Elisabet masih bersaudara dengan Maria, ibu Yesus Kristus

https://id.wikipedia.org/wiki/Zakharia_(imam)
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 20, 2018, 09:34:28 AM
Pengen_tahu:
kepanjangan gw potong aja,
entar gw gak bisa jawab loe panjang,
soalya karangan loe kepanjangan


Maren Kitatau:
Pendek2 aja, Bro, jawanya di-potong2/posting
Supaya tanda tanya-mu nggak amat banyak2
Satu posting satu-dua tanda-tanya, kan, sedap

Salam Damai!

tanda tanya mah tergantung lawannya
kalau lawannya suka ngarang2, asal jeplak, pura2 gak lihat terus suka skip2 ya kasi yang banyak biar nyaplak
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 20, 2018, 09:48:20 AM
ini aja enaknya
Zakharia dan istrinya, Elisabet, adalah orang tua Yohanes Pembaptis, yang merupakan keturunan dari Imam Harun dari suku Lewi. Elisabet masih bersaudara dengan Maria, ibu Yesus Kristus

Thank, Peng!

Kau sudah selidiki dgn seksama
Bw Yohanes Pembabtis bukan Yahudi
Sebab Yahudi keturunan Yehuda, anak ke-4

Utk ini mungkin kita sudah bisa "kenduri"
Kenduri rohani, kali, "one step ahead"
Tapi tunggu Hen Hen biar enak

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 20, 2018, 09:58:13 AM
tanda tanya mah tergantung lawannya
kalau lawannya suka ngarang2, asal jeplak, pura2 gak lihat terus suka skip2 ya kasi yang banyak biar nyaplak

Wah, Yahudi juga, rupanya
Mata lawan mata, gigi gigit gigi
Niat mu ini bukan asal jeplak, kali!

Tanda tanya (?) itu berbentuk arit
Yg terbaru, kuhitung ada 42 bh arit
Spt-nya itu utk melawan huru-hara

Salam Dami
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 20, 2018, 10:19:39 AM
Elisabet masih bersaudara dengan Maria, ibu Yesus Kristus

Yg itu kurang enak, Peng.
Saudara berasal dr kata "se-darah"
Padahal Maria dan Yosef itu Yahudi, bukan Levi

Mungkin lebih enak pake "sepupu"
Kuplesetin saja itu spt "se-pupuk"
Satu pupuk kebun anggur Tuhan

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 20, 2018, 10:29:58 AM
Thank, Peng!

Kau sudah selidiki dgn seksama
Bw Yohanes Pembabtis bukan Yahudi
Sebab Yahudi keturunan Yehuda, anak ke-4

Utk ini mungkin kita sudah bisa "kenduri"
Kenduri rohani, kali, "one step ahead"
Tapi tunggu Hen Hen biar enak

Salam Damai!

baca yang bener ah
Yahudi adalah istilah yang merujuk kepada sebuah agama, etnisitas, atau suku bangsa. Sebagai agama, istilah ini merujuk kepada umat yang beragama Yahudi.

Berdasarkan etnisitas, kata ini merujuk kepada suku bangsa yang berasal dari keturunan Eber (Kejadian 10:21) (yang disebut "Ibrani") atau Yakub (yang juga bernama "Israel") anak Ishak anak Abraham (Ibrahim) dan Sara, atau keturunan Suku Yehuda, yang berasal dari Yehuda anak Yakub. Etnis Yahudi juga termasuk Yahudi yang tidak beragama Yahudi tetapi beridentitas Yahudi dari segi tradisi.

Setelah berabad-abad turunan Yahudi berkembang menjadi bagian yang dominan dan mayoritas dari Bangsa Israel, sehingga sebutan Yahudi tidak hanya mengacu kepada orang-orang dari turunan Yahuda, tetapi mengacu kepada segenap turunan dari Israel (Yakub).

https://id.wikipedia.org/wiki/Yahudi

Yang dimaksud dengan keduabelas suku Israel adalah keturunan dari orang anak laki-laki Israel:

Ruben
Simeon
Lewi
Yehuda
Isakhar
Zebulon
Dan
Naftali
Gad
Asyer
Yusuf, dan
Benyamin.

https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Israel

Zakharia dan istrinya, Elisabet, adalah orang tua Yohanes Pembaptis, yang merupakan keturunan dari Imam Harun dari suku Lewi. Elisabet masih bersaudara dengan Maria, ibu Yesus Kristus

https://id.wikipedia.org/wiki/Zakharia_(imam)

baca yang  bener
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 20, 2018, 10:32:01 AM
Wah, Yahudi juga, rupanya
Mata lawan mata, gigi gigit gigi
Niat mu ini bukan asal jeplak, kali!

Tanda tanya (?) itu berbentuk arit
Yg terbaru, kuhitung ada 42 bh arit
Spt-nya itu utk melawan huru-hara

Salam Dami

ya suka2 loe lah mo dibilang arit
mo dibilang palu
cuma kalau tanda tanya dibilang arit sich loe nya yang kemungkinan cacat sih coi

bukan asal jeplak gw mah coi
gw kasi sourcenya kok biar loe baca
tuch di atas gw post lagi biar jelas
jeplak?? atau pake referensi???
???????????????????

Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 20, 2018, 10:36:00 AM
Yg itu kurang enak, Peng.
Saudara berasal dr kata "se-darah"
Padahal Maria dan Yosef itu Yahudi, bukan Levi

Mungkin lebih enak pake "sepupu"
Kuplesetin saja itu spt "se-pupuk"
Satu pupuk kebun anggur Tuhan

Salam Damai!

baca lagi yang bener ya
Elisabet adalah nama seorang perempuan Yahudi yang disebut dalam Alkitab Kristen bagian Perjanjian Baru, yaitu dalam Injil Lukas

Elisabet sendiri adalah sanak saudara dari Maria ibu dari Yesus Kristus;[1][8] kemungkinan adalah saudara sepupu
https://id.wikipedia.org/wiki/Elisabet

bukan asal jeplak kaya loe ye
gw kasi referensinya

Lewi sama 11 yang lain juga saudara
mo loe bilang sepupu, ya saudara juga

gw copas dari tulisan sdr sarapan pagi dech biar jelas
mo sepupu kek, tetap aja sanak saudara juga namanya
TR, και ιδου ελισαβετ η συγγενης σου και αυτη συνειληφυια υιον εν γηρα αυτης και ουτος μην εκτος εστιν αυτη τη καλουμενη στειρα
Translit, kai {dan} idou {perhatikanlah} elisabet {elisabet} hê suggenês {sanak-saudara} sou {-mu} kai {juga} autê {ia} suneilêphuia {telah mengandung} huion {seorang anak laki2} en {pada} gêra {usia tua} autês {-nya} kai {dan} houtos {inilah} mên {bulan} ektos {ke-enam} estin {adalah} autê {bagi dia} tê kaloumenê {yang disebut} steira {mandul}
Ha-Berit,
וְהִנֵּה אֱלִישֶׁבַע קְרוֹבָתֵךְ אֲשֶׁר קָרְאוּ־לָהּ עֲקָרָה גַּם־הִיא הָרָה לָלֶדֶת בֵּן בְּזִקְנָתָהּ וְזֶה לָּהּ הַחֹדֶשׁ הַשִּׁשִּׁי׃
Translit interlinear, VEHINEH {dan lihat} 'ELISHEVA {elisabet} QEROVATEKH {sanak-saudaranya} 'ASHER {yang} QAR'O-LAH {dia yang disebut} 'AQARAH {mandul} GAM {juga} -HI {dia} HARAH LALEDET BEN {dia sedang mengandung anak laki-laki} BEZIQ'NATAH {perempuan tua ini} VEZEH {dan ini} LAH {padanya} HAKHODESH HASHISHI {bulan yang ke-enam}
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 20, 2018, 10:44:04 AM
baca yang bener ah

Selidiki lagi batas2 tanah pusakanya yg dulu
Itu memperkaya khasanah pikir dan wawasan
Yehuda  -- Yudea -- Yahudi ---- (Yuda-isme)

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: cadangdata on September 20, 2018, 10:44:40 AM
Yg itu kurang enak, Peng.
Saudara berasal dr kata "se-darah"
Padahal Maria dan Yosef itu Yahudi, bukan Levi

Mungkin lebih enak pake "sepupu"
Kuplesetin saja itu spt "se-pupuk"
Satu pupuk kebun anggur Tuhan

Salam Damai!

mosok sih?
nurut gw saudara itu berasal dari bahasa sunda "sa-udara"
yg artinya sama-sama udaranya --> sama-sama menghirup udara yang sama

gimana nurut elo?

hahahaha
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 20, 2018, 10:49:59 AM
nape ketawa Dang!

Menurutku itu plesetan sunda
Spt sepupu ku-plesetin se-pupuk
Yg penting kitatau Yahudi bukan Levi

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 20, 2018, 10:54:15 AM
Selidiki lagi batas2 tanah pusakanya yg dulu
Itu memperkaya khasanah pikir dan wawasan
Yehuda  -- Yudea -- Yahudi ---- (Yuda-isme)

Salam Damai!

selidiki dulu tulisan2 yang saya post, itu memperkaya khasanah bberpikir dan wawasan

Setelah berabad-abad turunan Yahudi berkembang menjadi bagian yang dominan dan mayoritas dari Bangsa Israel, sehingga sebutan Yahudi tidak hanya mengacu kepada orang-orang dari turunan Yahuda, tetapi mengacu kepada segenap turunan dari Israel (Yakub).

https://id.wikipedia.org/wiki/Yahudi


males amat sih loe baca2
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 20, 2018, 11:05:06 AM
baca lagi yang bener ya
Elisabet sendiri adalah sanak saudara dari Maria ibu dari Yesus Kristus;[1][8]
kemungkinan adalah saudara sepupu
https://id.wikipedia.org/wiki/Elisabet

bukan asal jeplak kaya loe ye

Ye!
Sekarang kita ngerti pentingnya kata per kata
Org2 suka yg gampang maka pake kaca-kuda
Utk pemula itu ok, lalu lanjut pake mikroskop

Salam Damai!

NB:
Kita bersaudara dlm Tuhan
Darah-Nya mempersatukan
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 20, 2018, 11:19:06 AM
Ye!
Sekarang kita ngerti pentingnya kata per kata
Org2 suka yg gampang maka pake kaca-kuda
Utk pemula itu ok, lalu lanjut pake mikroskop

Salam Damai!

NB:
Kita bersaudara dlm Tuhan
Darah-Nya mempersatukan


kaya loe ya
sukapake kaca mata kuda

emang gw pemula, dan gak niat jadi pakar, sok2an kaya loe kok
ngapain pake mikroskop kaya model loe

nb : apa maksudnya???
next kalau diskusi jangan sok bawa hal2 lain yg gak nyambung dengan konotasi awal contoh ngomong Yohanes bawa menyangkal 3x
aneh2 aje
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 20, 2018, 11:23:37 AM
nb : apa maksudnya???

Maksudnya,
Selidikilah segala sesuatu
Lalu ambil yg baik-baik-nya

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 20, 2018, 11:41:59 AM
Maksudnya,
Selidikilah segala sesuatu
Lalu ambil yg baik-baik-nya

Salam Damai!

gw selidiki loe
cuma kok gak ketemu yang loe bilang tadi ye???
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 20, 2018, 11:48:48 AM
Itu hal rohani
Ketemu-nya nanti
Kita hrs semakin cecil

Dan hrs terus semakin halus
Lihat gajah tak usah mikroskop
Kaca mata kuda memadai, Peng!

Ujilah!

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 20, 2018, 11:50:49 AM
Itu hal rohani
Ketemu-nya nanti
Kita hrs semakin cecil

Dan hrs terus semakin halus
Lihat gajah tak usah mikroskop
Kaca mata kuda memadai, Peng!

Ujilah!

Salam Damai!

loe lepas dulu kacamata loe. baru ngomongin orang
mo lihat gajah tanpa mikroskop mesti tambah kecil
 :mad0261:

Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: HenHen on September 20, 2018, 11:57:35 AM
Kita baca aja yg ini, gimana:
Pd zaman Herodes, raja Yudea,
adalah seorang imam yg bernama Zakharia dr rombongan Abia.
Isterinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet. [Luk 1:5]

Salam Damai Hen!

lah iya

makanya saya bilang Yohanes Pembabtis itu adalah orang Yahudi
wong bapaknya imam, istrinya keturunan Harun

saya gak bilang Yohanes Pembaptis itu adalah imam atau memegang jabatan imam

coba please baca lagi baik2

Yohanes Pembabtis itu yakin Yesus adalah Mesias

tapi dalam bayangan dia Mesias itu datang untuk jadi Raja, memerintah Israel dan melepaskan Israel dari kesesakan (saat itu konteksnya Israel dijajah Romawi), ini sama seperti orang Yahudi pada umumnya, bahkan sampe sekarang, bahwa Mesias itu akan memerintah mereka

kamulah yang bilang dia bukan Yahudi

Sebab Yohanes pembabtis bukan Yahudi

wong udah jelas2 Yahudi gitu kok

sy mau komen apalagi?

kamu sendiri yang bilang dia bukan Yahudi
lalu sekarang copas ayat yang jelas2 mengatakan Yohanes Pembabtis adalah Yahudi

kan lucu ;D
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 20, 2018, 11:59:25 AM
loe lepas dulu kacamata loe. baru ngomongin orang
mo lihat gajah tanpa mikroskop mesti tambah kecil
 :mad0261:

Kali ini rapih tulisanmu, Peng!
Terstrukur baik lagi pula bermakna
"Bagai mana melihat gajah tambah kecil"

Salam Damai
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 20, 2018, 12:05:01 PM
Kali ini rapih tulisanmu, Peng!
Terstrukur baik lagi pula bermakna
"Bagai mana melihat gajah tambah kecil"

Salam Damai

hmmm???
masa sih???
ternyata otak gw jalan lebih cepet dari ketikan gw

revisi dah
loe lepas dulu kacamata loe. baru ngomongin orang
bagaimana caranya mo lihat gajah tanpa mikroskop mesti tambah kecil dulu

kalo gak ngerti makna tulisan gw ya mo ngomong ape lagi

Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: pengen_tahu on September 20, 2018, 12:08:05 PM
lah iya

makanya saya bilang Yohanes Pembabtis itu adalah orang Yahudi
wong bapaknya imam, istrinya keturunan Harun

saya gak bilang Yohanes Pembaptis itu adalah imam atau memegang jabatan imam

coba please baca lagi baik2

kamulah yang bilang dia bukan Yahudi

wong udah jelas2 Yahudi gitu kok

sy mau komen apalagi?

kamu sendiri yang bilang dia bukan Yahudi
lalu sekarang copas ayat yang jelas2 mengatakan Yohanes Pembabtis adalah Yahudi

kan lucu ;D

bagi ybs yang yahudi cuma dari suku yehuda, suku lewi bukan
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 20, 2018, 12:12:15 PM
Coba kita ulang aja itu, biar enak

Yohanes Pembabtis itu yakin Yesus adalah Mesias
tapi dalam bayangan dia Mesias itu datang untuk jadi Raja, memerintah Israel dan melepaskan Israel dari kesesakan (saat itu konteksnya Israel dijajah Romawi), ini sama seperti orang Yahudi pada umumnya, bahkan sampe sekarang, bahwa Mesias itu akan memerintah mereka

nah kok yang dateng modelnya begini, melayani kemana2, nyembuhin orang sakit, mau dijadiin raja menyingkir

Ya!
Itu tercermin dr sikap murid2 Yesus, terutama Petrus
Apa asumsimu Yohanes Pempabtis berpikir duniawi?
Sebab dia Levi karena bapaknya juga Levi, Hen!

Belum ada kulihat selera ke-duniawian-nya.
Makanannya yg terbang2 dan yg lengket
Bajunya pun kuat seumur hidup

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: HenHen on September 20, 2018, 12:18:40 PM
jgn ngalihin pembicaraan
saya bales komen kamu hanya karena kamu bilang Yohanes Pembabtis bukan Yahudi

kalo soal kamu mau mendebat pernyataan saya silahkan kamu lakukan sepuasnya
kamu mau salah2in, bego2in pendapat saya juga silahkan kamu lakukan sepuasnya


saya udah bilang sejak dari awal :
namanya juga penafsiran, yang mana aja masuk
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 20, 2018, 12:41:45 PM
kalo soal kamu mau mendebat pernyataan saya silahkan kamu lakukan sepuasnya
kamu mau salah2in, bego2in pendapat saya juga silahkan kamu lakukan sepuasnya


Jawaban ini lebih spoprtif, Hen!
Kupikir pendapat-mu itu dr Alkitab
Soalnya YP yg dibincangkan yg di Alkitab
Atau keliru lihat, salah baca/belum dengar

Cheer up, man!

Salam Damai!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: HenHen on September 20, 2018, 01:22:41 PM
sportif itu kalo udah salah memahami post orang, minta maaf, ato mengkoreksi pernyataan
bukannya lalu ngalihin ke arah lain yang jelas2 dari awal jg sy bilang "namanya juga tafsiran"

;D ;D
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 20, 2018, 01:35:46 PM
Kalau begitu
Aku yg minta maaf kpd-mu.
Sing penting cheer-up, as always!

Salam Damai!

NB:
Hal tafsiran individu:
Satu lagi yg perlu kutambahkan dr pengalaman
Ujilah segala sesuatu dari tiga sudut pandang
Sebab dr satu sudut penuh bayang-bayang

Uji:
Pd sumbu-x, sumbu-y, sumbu-z dr ttk origin
Pd perkataan, pemikiran, penjadian pd diri
Pd rohani kita, jiwa kita dan tubuh kita
Dll. dgn pola pikir-tiga agar jadi bulat

Salam Pikir Tiga!
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: HenHen on September 20, 2018, 01:53:51 PM
 :afro:
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: Maren Kitatau on September 20, 2018, 02:01:26 PM
Tq!

Saran:
Upayakan history
Pd setiap tafsiran2 pribadi kita.

Salam Damai
Title: Re: Apakah Yohanes Pembabtis meragukan Yesus sebagai mesias ?
Post by: JCRETAIL on February 16, 2019, 07:34:59 PM
Shalom

Truth is simple..

Ya dia ragu..

Yohanes dipenjara,kabar kematiannya sudah datang dan semakin mendekat.jika dia mati dan Yoshua bukanlah Mesiah maka Semua pekerjaan pelayanan untuk Allah akan menjadi sia sia.seluruh hidupnya dipersiapkan untuk mempersiapkan kedatangan sang Raja,Juruselamat,Mesias.

Dia Paham dan Mengerti Atas Itu...Maka Yoshua Menjawab untuk menguatkan Imannya...Lihatlah Pekerjaan/Pelayananku,Inilah Kehendak Allah Bapa.

Yohanes menjadi Paham dan Mengerti.