ForumKristen.com

Iman Kristen => Diskusi Umum Kristen => Started by: gusgus on September 21, 2018, 11:17:54 PM

Title: tiarapnya prosperity gospel
Post by: gusgus on September 21, 2018, 11:17:54 PM
saya amati, beberapa bulan ini di gereja2 kharismatik yang saya datangi, hampir tidak ada lagi yang khotbah tentang prosperity gospel. tema2nya bukan lagi soal berkat dan tema2 motivasi. contoh2nya bukan lagi orang2 kaya. sepertinya karena lesunya kondisi ekonomi beberapa tahun terakhir ini. biasanya oleh pengkhotbah diberi FT tentang berkat terus, tapi keadaan ekonominya jemaat tetap saja dan ada yang malah memburuk. biasanya dikatakan yang menyumbang gereja akan diberkati, tapi ya sama saja. mungkin ini saatnya menagih janji2 berkat yang suka khotbah prosperity gospel. ternyata ekonomi lesu juga ada manfaatnya untuk pengajaran gereja
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: melangkahpasti on September 22, 2018, 09:26:39 AM
mudah2an bukan hanya tiarap tapi hilang  :) dan bukan karena lagi ada permasalahan ekonomi ya :).
Prosperity gospel menjadikan hubungan dengan Tuhan menjadi hubungan transaksional - jual beli, barter.  Tujuannya untuk earthly pleasure sehingga yang menganutnya hidup dalam kehidupan hedonisme.

Salam 
saya amati, beberapa bulan ini di gereja2 kharismatik yang saya datangi, hampir tidak ada lagi yang khotbah tentang prosperity gospel. tema2nya bukan lagi soal berkat dan tema2 motivasi. contoh2nya bukan lagi orang2 kaya. sepertinya karena lesunya kondisi ekonomi beberapa tahun terakhir ini. biasanya oleh pengkhotbah diberi FT tentang berkat terus, tapi keadaan ekonominya jemaat tetap saja dan ada yang malah memburuk. biasanya dikatakan yang menyumbang gereja akan diberkati, tapi ya sama saja. mungkin ini saatnya menagih janji2 berkat yang suka khotbah prosperity gospel. ternyata ekonomi lesu juga ada manfaatnya untuk pengajaran gereja
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: HenHen on September 22, 2018, 10:56:44 AM
bagus dong, imannya makin dewasa :)

soal keadaan ekonomi mah gimana usaha masing2 ;D
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: ronny_het on September 22, 2018, 04:00:12 PM
Saya doakan semoga semakin banyak muncul pendeta" yang mengajarkan  ajaran Ori dari Yesus (salah satunya Pdt. Erastus S)....Susah senang tetap Cinta, Fokus, bersyukur kepada Tuhan Yesus....Hal itu membuktikan kita percaya penuh pada-Nya tanpa syarat dan kondisi...sehingga DIA yang melihat hal itu akan tersentuh hatinya untuk mencurahkan Berkat-Nya (karena sebenarnya DIA senantiasa Maha Pemurah dan Pengasih)...Waktunya terserah DIA, karena DIA Maha Bijak dan Maha Mengetahui segalanya...

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: Siip on September 24, 2018, 10:06:49 AM
Prosperity gospel juga dari Tuhan, hanya memang tidak berlaku utk semua orang.
Suffering gospel juga dari Tuhan, hanya memang tidak berlaku utk semua orang.

Bayangkan kl ada pendeta ngajarin kl orang Kristen wajib miskin dan pas-pasan spt Tuhan Yesus dan Rasul Paulus, dijamin pd protes jg.

Tiap orang ada penentuan Tuhan tersendiri bagi mreka dan di baliknya ada yg harus dpertanggungjawabkan.

Mreka yg diberi richness juga mengikut di baliknya tanggung jawab yg Tuhan takarkan bagi dia.
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: melangkahpasti on September 24, 2018, 10:17:29 AM
Hi Bro,

Memang tergantung definisi properity gospel menurut kita masing-masing sih bro. 

Kalau dalam penjelasan saya bahwa Prosperity gospel menjadikan hubungan dengan Tuhan menjadi hubungan transaksional - jual beli, barter.  Tujuannya untuk earthly pleasure sehingga yang menganutnya hidup dalam kehidupan hedonisme. Karena saya ambil dari definisi-nya :

contoh dari Wikipedia
Prosperity theology views the Bible as a contract between God and humans: if humans have faith in God, he will deliver security and prosperity.

Ini balik lagi ke sistim punishment / reward, ala PL, dengan muka yang berbeda.


Salam

Prosperity gospel juga dari Tuhan, hanya memang tidak berlaku utk semua orang.
Suffering gospel juga dari Tuhan, hanya memang tidak berlaku utk semua orang.

Bayangkan kl ada pendeta ngajarin kl orang Kristen wajib miskin dan pas-pasan spt Tuhan Yesus dan Rasul Paulus, dijamin pd protes jg.

Tiap orang ada penentuan Tuhan tersendiri bagi mreka dan di baliknya ada yg harus dpertanggungjawabkan.

Mreka yg diberi richness juga mengikut di baliknya tanggung jawab yg Tuhan takarkan bagi dia.
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: HenHen on September 24, 2018, 10:22:49 AM
orang yang ngerti itu akan seimbang melihatnya

fokus ke kekayaan ya gak baik
fokus ke kemiskinan juga gak baik kok

fokusnya kan kepada Yesus, kaya ato miskin itu menyertai panggilan

baik kaya ato miskin keduanya bisa jadi berkat, bisa menginjil

yg banyak terjadi adalah orang yang dipanggil untuk jadi kaya menuduh mereka yang dipanggil untuk jadi miskin dan sebaliknya :)
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: cadangdata on September 24, 2018, 11:49:49 AM
kalo "theological entrepreneurship" atau God inc. atau jenis2 gitu apa juga termasuk prosperity gospel?

 :D
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: ronny_het on September 24, 2018, 02:10:41 PM
Berbahagialah mereka yang "Miskin" di hadapan Allah...Jadi ga boleh jadi kaya ? Boleh...asal...

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: Kahlil_Gibson on September 24, 2018, 03:48:40 PM
Prosperity gospel juga dari Tuhan, hanya memang tidak berlaku utk semua orang.
Suffering gospel juga dari Tuhan, hanya memang tidak berlaku utk semua orang.
Kalau boleh tahu, prosperity gospel dan suffering gospel berlaku untuk siapa saja?

Salam
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: Siip on September 25, 2018, 09:46:35 AM
Tergantung panggilan Tuhan, Brother
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: Kahlil_Gibson on September 25, 2018, 09:38:19 PM
Tergantung panggilan Tuhan, Brother
Contoh yang sudah dapat panggilan Tuhan siapa saja (dari masing-masing Prosperity Gospel dan Suffering Gospel)?

Salam
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: Siip on September 26, 2018, 02:27:40 AM
Maksud ptanyaan bro apakah?
Adakah sesuatu yg mau didiskusikan atau hal yg tdk disetujui atau yg ingin dibantah terkait prosperity gospel?
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: Kahlil_Gibson on September 29, 2018, 09:12:15 PM
Maksud ptanyaan bro apakah?
Adakah sesuatu yg mau didiskusikan atau hal yg tdk disetujui atau yg ingin dibantah terkait prosperity gospel?
Hanya ingin tahu, orang seperti apa yang dipanggil untuk prosperity gospel, dan orang seperti apa yang tidak.

Salam
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: ronny_het on September 30, 2018, 01:23:22 PM
Hanya ingin tahu, orang seperti apa yang dipanggil untuk prosperity gospel, dan orang seperti apa yang tidak.

Salam
Menurut Saya sih...ga ada salahnya juga ajaran atau doktrin tersebut (PG)...tapi bisa efektif berguna bagi mereka yang telah medapat Hikmat Tuhan (telah mengerti Cara pandang Kristus)...Yang telah menyadari bahwa semua harta adalah benar" Titipan semata yang harus dipergunakan sesuai Kehendak-Nya...Jika ada Berkat berlebih, hendaklah menjadi "Saluran Berkat" bagi mereka" yang sangat membutuhkan (Sesuai Kehendak-Nya)...

Salam Damai Bro...Met Hari Minggu
Tuhan Memberkati...
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: Sotardugur Parreva on September 30, 2018, 08:53:04 PM
saya amati, beberapa bulan ini di gereja2 kharismatik yang saya datangi, hampir tidak ada lagi yang khotbah tentang prosperity gospel. tema2nya bukan lagi soal berkat dan tema2 motivasi. contoh2nya bukan lagi orang2 kaya. sepertinya karena lesunya kondisi ekonomi beberapa tahun terakhir ini. biasanya oleh pengkhotbah diberi FT tentang berkat terus, tapi keadaan ekonominya jemaat tetap saja dan ada yang malah memburuk. biasanya dikatakan yang menyumbang gereja akan diberkati, tapi ya sama saja. mungkin ini saatnya menagih janji2 berkat yang suka khotbah prosperity gospel. ternyata ekonomi lesu juga ada manfaatnya untuk pengajaran gereja
@Sotardugur Parreva tidak rutin mengikuti peribadatan kelompok kharismatis bahkan tidak pernah kecuali dalam peribadatan oikumenis, sehingga tidak mengerti trend tema khotbah di sana.
Namun, kalo boleh berpendapat, jika benar seperti itu bahwa sebelumnya khotbah kelompok kharismatis selalu tentang prosperity gospel, kemudian beberapa bulan terakhir sudah hampir tidak lagi, mungkin para pengkhotbah itu sudah mengerti perintah Yesus, "Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan" (Mat 11:29).
Kupikir, yang namanya "kuk", pasti lebih membatasi gerakan pihak yang dipasangi "kuk". Pastinya, lebih merdeka bila kepada seseorang tidak dipasangi "kuk" dibanding pada orang yang dipasangi "kuk". Maksudku, selama ini, para pengkhotbah yang selalu mengkhotbahkan prosperity gospel, hampir bahkan sudah melupakan adanya "ketidakmakmuran", bahwa dalam hidup itu bukan hanya kemakmuran.
Sebab, kusalin dari:
Quote from: https://id.wikipedia.org/wiki/Teologi_kemakmuran
Teologi kemakmuran atau doktrin kemakmuran (bahasa Inggris: prosperity theology atau prosperity gospel), yang kadang-kadang disebut pula teologi sukses, adalah teologi Kristen yang mengajarkan bahwa kemakmuran dan sukses (kaya, berhasil, dan sehat sempurna) adalah tanda-tanda eksternal dari Allah untuk orang-orang yang dikasihinya. Kasih Allah ini diperoleh sebagai sesuatu takdir (predestinasi), atau diberikan sebagai ganjaran untuk doa atau jasa-jasa baik yang dibuat oleh seseorang. Sementara itu, penebusan dosa (yang dalam Kristen dilakukan melalui Yesus Kristus) yang dilakukan Allah bertujuan untuk memberikan berkat kesuksesan dan kesehatan. ...
Dari salinan singkat itu dapat diketahui bahwa prosperity gospel tidak mengenal kegagalan, kemiskinan, sakit, dan hal negatif lainnya. Utopis sekali. Kehidupan itu mengenal berhasil-gagal, kaya-miskin, sehat-sakit, dll.
Nah, mungkin beberapa bulan terakhir ini, kondisi perekonomian dunia yang melesu menyadarkan para pengkhotbah itu bahwa Yesus Kristus sudah memerintahkan agar pengikutNya memikul "kuk" yang dipasangkan oleh Yesus Kristus, yang tidak mungkin ditolak. Menolak berarti tidak taat. Maka, para pengkhotbah itu berhenti berkhotbah mengenai prosperity gospel.

Bisa ya, bisa tidak.

Salam damai.
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: Siip on October 01, 2018, 09:32:39 AM
Hanya ingin tahu, orang seperti apa yang dipanggil untuk prosperity gospel, dan orang seperti apa yang tidak.

Salam

Saya ngga bisa mjawab itu Bro,
Itupun misteri buat saya.

Yg saya lihat di Alkitab, ada orang yg diberkati Tuhan shg makin kaya dan sangat kaya, ada jg orang yg miskin hingga akhir hayatnya, yg pasti di dalam semuanya itu Tuhan bersama mreka.

Maka itulah saya bpendapat Gospel tidak hanya 1 sisi saja.
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: HenHen on October 01, 2018, 09:52:28 AM
sy yang di kharismatik puluhan taon aja gak pernah kok merasa ada prosperity gospel ;D

ini tuh sama aja kayak orang labelin kotbah tentang grace jadi dikasih label "hyper grace"

antara mereka ,emang suudzon berlebihan ato salah menangkap kotbah secara utuh :)
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: ronny_het on October 01, 2018, 06:37:14 PM
Ilmu Dunia : Kerja Keras Pangkal Kaya/hasil usaha sendiri (Harta yang didapat bukan "Berkat", karena ada ayat tertulis : Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya)...Ini adalah Kaya yang "Semu"...kikir karena usaha ngotot banget/dapatnya susah/kerja keras banget, mudah sakit...
Ilmu Surgawi : Percaya dan bergantung Penuh pada Kasih Kemurahan-Nya dan mengikuti Kehendak-Nya (Selalu diam di dalam DIA, dan DIA di dalam kita), maka itulah "Kekayaan yang Sejati"...Kaya = Saluran Berkat...
Dalam kenyataan orang yang miskin, banyak yang hanya mengandalkan kekuatan sendiri (Maksa padahal ga mampu)...

Salam Damai Temans...
Tuhan Memberkati...
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: HenHen on October 02, 2018, 09:51:42 AM
hehe, jangan cuma lihat 1 sisi ayat itu aja

ada juga Firman yang bilang perhatikan semut dan jadilah bijak :)

kerja keras mah lakukan, hasil gimana Tuhan, ketika dapat hasilnya, itu semua karena Tuhan, dan kalau mau menikmati hasil kerja keras, pakailah prinsip dari Tuhan, yaitu memberi :)
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: Maren Kitatau on October 04, 2018, 10:34:22 AM
hehe, jangan cuma lihat 1 sisi ayat itu aja
ada juga Firman yang bilang perhatikan semut dan jadilah bijak :)
kerja keras mah lakukan, hasil gimana Tuhan, ketika dapat hasilnya, itu semua karena Tuhan,
dan kalau mau menikmati hasil kerja keras, pakailah prinsip dari Tuhan, yaitu memberi :)

Yes! Kita kudu:
Memberi dan memberitakan
Hasil bumi dan penciptaan
Dunia ini dan penebusan

Salam Damai Hen!
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: Maren Kitatau on October 04, 2018, 10:49:23 AM
Kupikir, yang namanya "kuk", pasti lebih membatasi gerakan pihak yang dipasangi "kuk". Pastinya, lebih merdeka bila kepada seseorang tidak dipasangi "kuk" dibanding pada orang yang dipasangi "kuk". Maksudku, selama ini, para pengkhotbah yang selalu mengkhotbahkan prosperity gospel, hampir bahkan sudah melupakan adanya "ketidakmakmuran", bahwa dalam hidup itu bukan hanya kemakmuran.

Yes! Kupikirpun begitu, Bro!
Tak ada pengkhotbah yg jualannya kuk-kuk tok
Tak ada juga yg jualan kuk plus "jalan yg lurus"
Manusia cenderung mencari apa yg dicari dunia

Salam Damai!
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: ronny_het on October 04, 2018, 02:10:32 PM
Apa yang akan terjadi dalam hidup kita sebenarnya adalah ekspresi dari keyakinan kita terhadap Tuhan...
Jika kita meyakini bahwa Tuhan senantiasa Maha Pemurah, maka kita tidak akan merasa berkekurangan...
Yang sering mengeluh tentang keadaan diri sendiri, biasanya adalah mereka" yang hanya mengandalkan kekuatan manusia tok..sebenarnya hal ini adalah sangat logis karena mereka dasarnya adalah manusia lemah(terbatas) tapi tetap ngotot ga mau mengandalkan Tuhan yang Maha Kuasa dan Maha Pemurah...
Orang Kristenpun ada yang dimulut mengaku ngaku percaya Yesus, tetapi terkadang secara tanpa sadar masih mengandalkan diri sendiri dalam berusaha/memegahkan diri dari hasil kerjanya...
Saya bisa berbicara seperti ini, karena saya sudah membuktikan sendiri...semakin saya merendahkan hati dan membiarkan Tuhan saja yang bekerja dalam hidup saya, maka Kuasa Kemurahan-Nya banyak dicurahkan kepada saya  (sering tak terduga terjadinya)...Thx Jesus...Thx Jesus....

Salam Damai Temans...
Tuhan Memberkati...
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: Maren Kitatau on October 05, 2018, 08:46:47 AM
Apa yang akan terjadi dalam hidup kita sebenarnya adalah ekspresi dari keyakinan kita terhadap Tuhan...
Jika kita meyakini bahwa Tuhan senantiasa Maha Pemurah, maka kita tidak akan merasa berkekurangan...
...Thx Jesus...Thx Jesus....

Betul, Bro! Tidak ada istilah kekurangan bagi org percaya
Sebab setiap pohon yg baik menghasilkan buah yg baik
Yesus pohon anggur yg baik, rantingnya pasti baik2
Nutrisi dari-Nya pasti dan dijamin cukup

Salam Damai!
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: Maren Kitatau on October 08, 2018, 05:48:06 PM
Yang sering mengeluh tentang keadaan diri sendiri, biasanya adalah mereka" yang hanya mengandalkan kekuatan manusia tok..sebenarnya hal ini adalah sangat logis karena mereka dasarnya adalah manusia lemah(terbatas) tapi tetap ngotot ga mau mengandalkan Tuhan yang Maha Kuasa dan Maha Pemurah...
Orang Kristenpun ada yang dimulut mengaku ngaku percaya Yesus, tetapi terkadang secara tanpa sadar masih mengandalkan diri sendiri dalam berusaha/memegahkan diri dari hasil kerjanya...

Ya!
Dan kalaupun ada yg mau mengandalkan Tuhan
Paling banter mereka meningini side-prodak-Nya
Minta kesembuhan, minta kekayaan, minta berkat
Semua itu spt apa yg dicari manusia dunia di G.Kawi

Mereka tidak menkonsumsi kemuliaan-Nya, keagungan-Nya, kebesaran Yesus Kristus
Maka sulit menghormati-Nya, mencintai-Nya, melayani-Nya, mentaati-Nya, berserah kpd-Nya
Sulit memberitakan-Nya, memuji dan menyembah-Nya dgn benar, selain hanya minta2 terus
Minta jalan yg lurus, minta murah rejeki, minta panjang umur, minta slamet di dunia-akhirat

Kali2 [Mat.7:22] adalah provider side-produk-Nya
Pd hari terakhir banyak org akan berseru kpd-Ku:
Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu,
dan mengusir setan demi nama-Mu, dan
mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?


Salam Damai!
Title: Re: tiarapnya prosperity gospel
Post by: Krispus on October 24, 2018, 01:02:06 PM
saya amati, beberapa bulan ini di gereja2 kharismatik yang saya datangi, hampir tidak ada lagi yang khotbah tentang prosperity gospel. tema2nya bukan lagi soal berkat dan tema2 motivasi. contoh2nya bukan lagi orang2 kaya. sepertinya karena lesunya kondisi ekonomi beberapa tahun terakhir ini. biasanya oleh pengkhotbah diberi FT tentang berkat terus, tapi keadaan ekonominya jemaat tetap saja dan ada yang malah memburuk. biasanya dikatakan yang menyumbang gereja akan diberkati, tapi ya sama saja. mungkin ini saatnya menagih janji2 berkat yang suka khotbah prosperity gospel. ternyata ekonomi lesu juga ada manfaatnya untuk pengajaran gereja

Gereja juga bisa bertobat dan berbalik dari jalan yang salah. Proporsi yang tepat sedang berkembang di gereja-gereja sekarang khsusunya kesadaran spritual mereka bahwa waktu kehadiran-Nya telah dekat.