ForumKristen.com

Iman Kristen => Ajaran Kristen => Started by: Siip on September 25, 2018, 02:06:40 PM

Title: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Siip on September 25, 2018, 02:06:40 PM
Kawan-kawan,
Saya lampirkan tanggapan GBI atas Pdt. Erastus Sabdono,
Mohon menggunakan tulisan ini dg bijaksana.
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: HenHen on September 25, 2018, 02:43:40 PM
trus ini mau didiskusiin kah? hahaha
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: einlancher on September 25, 2018, 07:16:44 PM
Ya Tuhan, apakah benar yang ada d link itu?? pdhal awalnya saya sangat kagum dengan ajaran bpk. Erastus. Apa yang ada di alkitab janganlah kita kong kalikong akhirnya jadi seperti ajaran seberang yang butuh tafsir. saya bukan orang yang sangat rohani dan menguasai alkitab tapi yang saya peraya adalah :
" berbahagialah orang yang tidak melihat namun percaya "
Tuhan Yesus sayang kita semua, Amin ^.^
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Bro Tarigan 7.0 on September 25, 2018, 08:37:08 PM
nama orang yg berbau latin tapi menjadi pendeta Kristen patut diawasi terus ajarannya.
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Sotardugur Parreva on September 26, 2018, 12:22:19 PM
nama orang yg berbau latin tapi menjadi pendeta Kristen patut diawasi terus ajarannya.
Tanpa niatan memihak kepada Erastus Sabdono, saya ingin berkomentar begini:
Anda menunjukkan kondisi kejiwaanmu yang sangat akut bercuriga, dan Anda menganut rasisme.
Menandakan Anda belum mendengar atau membaca Dont judge a book by its cover. Ato kalo pernah mendengar ato membacanya, Anda tidak mengerti. Ato, rasisme yang Anda anut menggelapkan cara pikir Anda.

Salam damai.
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Bro Tarigan 7.0 on September 26, 2018, 01:57:30 PM
Tanpa niatan memihak kepada Erastus Sabdono, saya ingin berkomentar begini:
Anda menunjukkan kondisi kejiwaanmu yang sangat akut bercuriga, dan Anda menganut rasisme.
Menandakan Anda belum mendengar atau membaca Dont judge a book by its cover. Ato kalo pernah mendengar ato membacanya, Anda tidak mengerti. Ato, rasisme yang Anda anut menggelapkan cara pikir Anda.

Salam damai.
Saya tidak bilang semua pendeta yg namanya berbau latin adalah heretik. Tidak salah mengawasi setiap khotbah pendeta. Apalagi yg berbau latin harus diberi perhatian extra karena mungkin ada pengaruh agama latin dari keluarganya yg memberi nama itu.

tapi memang terbukti dari kasus ini dia membuat-buat suatu ajaran yg tidak berdasarkan alkitab.
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Sotardugur Parreva on September 26, 2018, 03:36:00 PM
Tanpa niatan memihak kepada Erastus Sabdono, saya ingin berkomentar begini:
Anda menunjukkan kondisi kejiwaanmu yang sangat akut bercuriga, dan Anda menganut rasisme.
Menandakan Anda belum mendengar atau membaca Dont judge a book by its cover. Ato kalo pernah mendengar ato membacanya, Anda tidak mengerti. Ato, rasisme yang Anda anut menggelapkan cara pikir Anda.
Salam damai.
Saya tidak bilang semua pendeta yg namanya berbau latin adalah heretik. Tidak salah mengawasi setiap khotbah pendeta. Apalagi yg berbau latin harus diberi perhatian extra karena mungkin ada pengaruh agama latin dari keluarganya yg memberi nama itu.
tapi memang terbukti dari kasus ini dia membuat-buat suatu ajaran yg tidak berdasarkan alkitab.
Anda tidak membilang apa-apa. Anda hanya menulis.
Betul, bahwa tidak salah mengawasi setiap khotbah pendeta.
Dari posting ini:
nama orang yg berbau latin tapi menjadi pendeta Kristen patut diawasi terus ajarannya.
Sangat jelas memperlihatkan bahwa Anda mengidap rasisme.
Kuduga, di pemikiran Anda ada stereotype Orang Latin, yang menurut Anda, mereka(Orang Latin) itu harus diawasi.

Salam damai.
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Bro Tarigan 7.0 on September 26, 2018, 04:10:55 PM
uduga, di pemikiran Anda ada stereotype Orang Latin, yang menurut Anda, mereka(Orang Latin) itu harus diawasi.

Salam damai.
Saya bilang Nama orang yang berbau latin

Anda ga ngerti rasisme itu apa.
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Siip on September 26, 2018, 08:56:57 PM
Sbg TS, mari kita sudahi soal nama latin,
Mari kita lihat substansinya jika ada yg mau.
Saya pikir respon dari GBI sesuai dg mainstream gereja manapun, benar bgitu kan?
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Sotardugur Parreva on September 26, 2018, 09:23:12 PM
Sbg TS, mari kita sudahi soal nama latin,
Mari kita lihat substansinya jika ada yg mau.
Saya pikir respon dari GBI sesuai dg mainstream gereja manapun, benar bgitu kan?
Sependek penangkapanku, respon GBI atas pikiran ES yang jadi topik bahasan, sesuai dengan yang kutangkap dari kelompokku.

Salam damai.
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: mrt_bla on September 26, 2018, 10:13:52 PM
Sebagai orang luar, saya coba memberi tanggapan dengan berhati-hati sekali.

Saya coba membuat urutan peristiwa, hasil pencarian saya.

1. Pdt. Erastus Sabdono menyatakan niatnya untuk keluar dari Sinode GBI. Alasan sudah diberitahukan disertai permohonan maaf. Video atau surat dapat dengan mudah kita cari.

2. Muncul tanggapan / surat edaran dari GBI, mengenai perbedaan pemahaman / pengajaran Pdt. Erastus Sabdono dengan pengajaran GBI. Dapat kita lihat seperti yang dishare Om Siip.

3. Kembali Pdt. Erastus menanggapi surat edaran tersebut. Dapat dicari dengan mudah.

4. Terjadi pertemuan antara GBI dengan Pdt. Erastus Sabdono. Tidak ada videonya.

5. GBI kemudian dalam konfrensi persnya menyatakan tidak ada masalah dengan keluarnya Pdt. Erastus Sabdono. Perbedaan teologis yang ada tidak usah dipertentangkan.

6. Dari pihak Pdt. Erastus Sabdono juga mengeluarkan hak jawab dalam bentuk tulisan. Bahwa telah terjadi pertemuan antara dirinya dengan BPH GBI.

Sampai di sini sepertinya sudah terselesaikan dengan baik. Di poin nomor enam, dikatakan (hasil pertemuan maksudnya) bahwa memang terdapat perbedaan pengajaran antara dirinya dengan GBI, tetapi tidak ada yang menyimpang dari pengajarannya (bandingkan dengan nomor 5).

Yang agak menarik adalah di poin nomor tiga. Beliau menutip tanggapan dengan kalimat, "Bacalah buku-buku ini, barulah fair untuk memberikan pandangan."

Untuk berikutnya, sebagai orang luar saya mungkin tidak berani memberikan tanggapan lebih jauh.
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Siip on September 27, 2018, 07:26:54 AM
https://youtu.be/gFP3xNuv2Ps

Benar bro Mrt,
Terima kasih sudah reminding kami semua,
Ini tanggapan Pak Erastus.

Kita sikapi ini dg bijaksana, yg kita lihat adalah substansi di dalamnya, kita hindari mngarah ke gbi vs erastus.
Mari kita lihat isi diskusinya, anggap saja yg bicara bukan si A vs si B, tp ttg ajaran x dg ajaran y.

Anggaplah misal kelak ada yg bilang kl lucifer tmsk anak Allah dan mhakiminya harus atas sistem corpus delicti, bukankah ini menarik?
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: HenHen on September 27, 2018, 07:46:23 AM
Mari coba kita pikir dengan baik ya : :)
all welcome to correct me of course

1.
jika beliau ada di gereja masing2
pengajarannya sudah seperti itu
katakanlah sudah ditegor pun ga berubah
cocokkah beliau dikeluarkan dari gereja masing2? :)

2.
Jika diri anda sendiri jadi beliau
katakanlah anda "mendapatkan sesuatu yang baru" dari Tuhan
anda berusaha meyakinkan gereja tempat anda berjemaat tentang apa yang anda dapat itu
namun gereja / mayoritas menolaknya, mungkin anda diejek2, lalu anda tulis buku2 tentang itu
kebetulan lagi anda posisinya seorang gembala yang punya banyak jemaat (dalam artian "mampu" untuk bikin gereja baru secara independen)
akankah anda memutuskan untuk memisahkan diri dari gereja tersebut? :)



selalu ingat prinsip Firman Tuhan ini :
apa yang kamu ukurkan ke orang lain, selalu akan diukurkan kembali kepada kamu
so sebelum mengeluarkan judgement yang gimana2
akan lebih baik jika kita berpikir secara jernih dan seimbang :)

saya sih yakin 2 pertanyaan saya diatas itu cukup menarik untuk dijawab dan didiskusikan, dan bahkan mungkin bisa jadi refleksi buat kita masing2 :)



at the end :

jangan bawa ini jadi GBI vs Erastus
coba melihatnya itu doktrin vs doktrin
sebab intinya dia keluar itu adalah gara2 doktrinnya, bukan gara2 denominasinya



as for myself :

selama Dia masih mengajarkan Yesus adalah Tuhan, keselamatan hanya dari Tuhan Yesus saja
apalagi masih percaya Tritunggal

sy selalu anggap itu teman dalam memberitakan injil, itulah yang terutama :)

doktrin bias2 dikit gak terlalu penting, selama itu gak menentang yang fundamental (buat saya)

malah terkadang dari pemikiran yang "baru" ini, siapa tahu pewahyuan teologia bisa berkembang :)
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: cadangdata on September 27, 2018, 07:50:35 AM
may i offer to look at it from the p.o.v of "theological entrepreneurship"?

seeeeeee ??
it all starts to make more sense, rite?
haha...


let's encourage entrepreneurship di indonesia lah..
jumlahnya masih kurang banget soalnya.. :D

salam
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: HenHen on September 27, 2018, 07:53:00 AM
hahaha

gak semua soal itu dang

ati2 generalisasi ;D
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: ronny_het on September 27, 2018, 08:26:17 AM
Saya rasa ada "Faktor lain" sehingga Pdt. Erastus ga boleh/ga mau di GBI lagi...Feeling saya sepertinya masalah PERPULUHAN....

Salam Damai Temans...
Tuhan memberkati...
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Bro Tarigan 7.0 on September 27, 2018, 09:10:01 AM
as for myself :

selama Dia masih mengajarkan Yesus adalah Tuhan, keselamatan hanya dari Tuhan Yesus saja
apalagi masih percaya Tritunggal

sy selalu anggap itu teman dalam memberitakan injil, itulah yang terutama :)
intinya anda tidak menganggap si erastus adalah teman dalam memberitakan injil.
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: cadangdata on September 27, 2018, 09:14:01 AM
hahaha

gak semua soal itu dang

ati2 generalisasi ;D
hahaha... okay...

rather than on the substance, i d like to comment on a "rather bigger picture"

1. On proposing "new theories"
jika pak sabdono ini bidang keahliannya di ilmu pengetahuan (eksakta maupun sosial), alias ilmu beneran..
maka ketika beliau mem-propose konsep baru-nya, beliau tinggal melakukan verifikasi dan pembuktian atas hipotesis-nya itu..
dan andaikatapun belum bisa dibuktikan saat itu (misal spt wkt einstein propose e=mc2), jika hipotesisnya cukup robust dan plausible karena didasarkan pada pembuktian2 sebelumnya..

maka.. walaupun itu sesuatu yang "baru" dan "anti-mainstream",
komunitasnya to some extent akan bisa menerima, walaupun dgn catatan masih sekedar tesis atau teori.

inilah yang menyebabkan Theologia itu BELUM BISA Naik Kelas setara dgn ILMU PENGETAHUAN beneran.


2. On the "Official" version of Christianity
- oleh karena theologia itu berbasis asumsi yang ENGGAK BOLEH DI-CHALLENGE
- maka akibatnya berlaku prinsip DEMOKRASI alias Survival of the Mainstream, alias HUKUM RIMBA
- konsep mana yang diterima oleh MAYORITAS maka akan DIANGGAP sebagai "KONSEP RESMI" atau "Kristen yang BENAR"
- padahal sebenernya adalah: "Kesepakatan Mainstream atas Konsep Kristen", yang ENGGAK TAHU BENAR SALAHNYA.


3. On Institutionalised Faith
Persis mirip dalam kasus kayak gini ini, yang sudah sering terjadi, dan bakal lebih sering lagi terjadi..
- tawaran konsep yg "anti-mainstream" sering bakal di cap BERBEDA, TIDAK BERSUMBER ALKITAB (menurut versi yg bilang gitu.. wkwk), dlsb...
- dan at the end of the day... it is all about ORGANISATIONAL PROBLEMs... if not Financial..

just my two cent
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Siip on September 27, 2018, 09:41:33 AM
Substansinya para Bro, substansi.
Kl soal motif itu Tuhan yg tau.
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: HenHen on September 27, 2018, 09:54:27 AM
intinya anda tidak menganggap si erastus adalah teman dalam memberitakan injil.

artinya kamu belum tonton video yang dishare oleh Siip

mungkin ga ada quota?

kalo udah tonton ga mungkin kamu berpendapat seperti diatas ;D
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Bro Tarigan 7.0 on September 27, 2018, 10:32:04 AM
artinya kamu belum tonton video yang dishare oleh Siip

mungkin ga ada quota?

kalo udah tonton ga mungkin kamu berpendapat seperti diatas ;D
emang lu kaga baca pdfnya.

baca makanya baca!

Apa yg disimpulkan GBI sudah pasti berdasarkan observasi yg panjang makanya mereka memutuskan bahwa erastus tidak memepercayai tritunggal yg dipercayai oleh umumnya orang Kristen. erastus mempercayai definisi lain ttg tritunggal dan begitu juga tentang keselamatan.

orang jahat bisa saja membantah tuduhan tapi GBI sudah melakukan observasi panjang tentang ajarannya dan GBI menyimpulkan bahwa ajaran erastus tidak sesuai lagi dengan ajaran gereja ttg tritunggal dan keselamatan.

kalau ajaran tritunggal dan keselamatan versi erastus cocok denganmu, artinya dia memang temanmu.
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: HenHen on September 27, 2018, 11:01:05 AM
pdf itu kan dari sisi GBI
video itu dari sisi dia, sebagai TANGGAPAN apa yang ditulis oleh GBI :)

kalo bahasa kerennya mah : klarifikasi

tapi kalo menurut elu GBI udah setara tuhan dan gak mungkin salah dalam menyimpulkan
dan kalo menurut elu tulisan itu bisa lebih dipercaya DARIPADA orangnya sendiri ngomong langsung

ya terserah kamu ajah ;D

sama aja modelnya kayak elu
dijelasin gimanapun juga pokoknya Katolik sesat ;D

dia bilang dia percaya Allah Tritunggal, dan gak ada keselamatan diluar Yesus, udah cukup buat saya :)
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Bro Tarigan 7.0 on September 27, 2018, 11:08:45 AM
pdf itu kan dari sisi GBI
video itu dari sisi dia, sebagai TANGGAPAN apa yang ditulis oleh GBI :)

kalo bahasa kerennya mah : klarifikasi

tapi kalo menurut elu GBI udah setara tuhan dan gak mungkin salah dalam menyimpulkan
dan kalo menurut elu tulisan itu bisa lebih dipercaya DARIPADA orangnya sendiri ngomong langsung

ya terserah kamu ajah ;D

sama aja modelnya kayak elu
dijelasin gimanapun juga pokoknya Katolik sesat ;D

dia bilang dia percaya Allah Tritunggal, dan gak ada keselamatan diluar Yesus, udah cukup buat saya :)
ya lu orang :idiot2:
orang di video dia cuma bilang percaya tritunggal tanpa menjelaskan tritunggal yg dia percayai seperti apa.

mungkin kalau ada polisi kyk lu bisa kacau Indonesia, ada maling ketangkap tapi kalau si maling ngakunya ga mencuri ya dipercaya aja sama lu ;D
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: HenHen on September 27, 2018, 11:14:24 AM
ya saya mah prinsipnya gak terlalu penting detil Tritunggalnya harus SAMA PERSIS dengan apa yang sy percayai :)

mungkin kalo menurut kamu harus, ya silahkan, you are free to choose ;D

buat saya, ketika orang sudah menerima Yesus sebagai Tuhan
dia sudah ngerti Tritunggal
ngejelasinnya bias bias dikit, selama gak fundamental, no problemo

apalagi dipertegas ga ada keselamatan diluar Yesus

udah, itu utamanya
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Siip on September 27, 2018, 11:29:38 AM
Substansinya aja yuk para Bro.

https://vitaminbagijiwa.blogspot.com/2018/07/sabtu-23-juni-2018-seminar-ELOHIM-allah.html

Quote
ROH KUDUS adalah RohNya Bapa yang melingkupi jagat raya.
ROH KUDUS juga di luar dari Bapa.

Tapi kata Anak keluar dari Bapa, tapi kata keluarnya ini beda.
Kata keluar bisa terpisah dari pribadi lain, tapi lainnya allos, lain tapi sehakekat, bukan lain secara jenis ( heteros )
Lain tapi satu jenis, satu hakekat yaitu dalam lembaga ELOHIM.

ROH KUDUS keluar dari Bapa, keluar dalam arti  memancar terus - menerus, mengalir, karena itu rohNya Bapa
Bapa, Anak ada di surga, ROH KUDUS memenuhi bumi ada di jagat raya.
Ada pribadi Anak, ada pribadi Bapa.

Apakah ROH KUDUS juga  berpribadi ?
Ya, tergantung bagaimana tergantung kita memahami kata pribadi.
Biasanya kata Pribadi artinya : satu entitas yang memiliki pikiran dan perasaan kehendak yang bisa mengambil keputusan atau pikiran.
Tetapi pengertian ROH KUDUS pribadi ke tiga.
Itu jadi relatif.

Jika dikaitkan karya - karyaNya Dia pribadi ke tiga karena Bapa ada di surga.
Tapi kalau dikaitkan di  dalam kesatuan ELOHIM Dia pribadi ke tiga, karena Dia rohNya Bapa

Dalam Konteks ROH KUDUS mewakili Bapa dan Anak, Dia menyelenggarakan pemerintah jagat raya ini.
Konteks kesatuan ELOHIM. Dia bukan pribadi ke tiga karena Dia menyatu dengan RohNya Bapa.

Jadi kalau kita memahami ROH KUDUS itu Roh yang berbeda, Roh yang lain jadi kacau, Ketritunggalan jadi kacau, karena memandang Tritunggal juga salah.
Mau tidak mau dipisahkan, salah itu.
ROH KUDUS itu Roh Allah.
Maka di Perjanjian Baru disebut Roh Theos.

Sebenarnya kejadian apa dalam proses Roh ELOHIM.
Roh ELOHIM itu Rohnya Bapa atau Anak tidak jelas.
Karena memang tidak tahu.
Di Perjanjian Baru baru tahu.
Roh Theos bukan Roh Logos.
Yang lebih biasa adalah ada beberapa ayat yang menunjuk roh Yesus datang, itu pribadi Yesus.

Roh Yesus artinya : pribadi Yesus yang langsung turun.
Roh Kristus ini spiritnya, gairahNya dari Yesus.
Roh Allah sama dengsn ROH KUDUS, ini RohNya Allah Bapa.
Di Perjanjian Baru Roh Allah disebut Roh Theos, Rohnya Bapa, jadi bukannya Roh orang lain.

Saya mulai sdikit agak mmahami teologi beliau ttg ROH KUDUS.
Memang beda dg kredo Nicea.

Bgmn pemahaman kawan-kawan thd pernyataan di link tsb?
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: HenHen on September 27, 2018, 11:43:09 AM
sorry bro siip, ini emang menarik untuk didiskusiin

tp malas sy diskusi disini, banyak yang udah disuruh fokus ke substansinya jg tetep aja mleber kemana2

ini forum udah ga dimoderatorin lg, udah gak mungkin bs diskusi mendalam disini, bias kemana2 pasti

kl mau disebelah aja
kl mau tetep disini sy nyamber se-mood-nya sy aja ;D

sy cuma mau blg, sy masih bisa menerima penjelasan tritunggal beliau, meskipun beda sm yg saya yakini, terutama soal kenosis
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Siip on September 27, 2018, 11:44:01 AM
sebelah itu mksdnya di forum laen yg sebelah itu ya
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: HenHen on September 27, 2018, 11:47:32 AM
yesssss, yg itu tuh, yg ga ada alephtav wkwkwkwkwkwkww ;D
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: mrt_bla on September 27, 2018, 11:55:59 AM
kl mau disebelah aja
Sebelah dari Hongkong? Wong mau masuk aja gak bisa terus. Dah masuk nama, dah masuk paswod, masih diminta lagi. Tanyain dong Hen. Apa saya dah dikasih ban ya?
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: HenHen on September 27, 2018, 12:00:05 PM
Sebelah dari Hongkong? Wong mau masuk aja gak bisa terus. Dah masuk nama, dah masuk paswod, masih diminta lagi. Tanyain dong Hen. Apa saya dah dikasih ban ya?

ha? mestinya gak begitu

maksudnya pas mau ngepost diminta password?

di ban mah gak bakalan
disono yg diban itu otomatis postnya keapus smua
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Sotardugur Parreva on September 27, 2018, 12:04:49 PM
Mari coba kita pikir dengan baik ya : :)
all welcome to correct me of course

1.
jika beliau ada di gereja masing2
pengajarannya sudah seperti itu
katakanlah sudah ditegor pun ga berubah
cocokkah beliau dikeluarkan dari gereja masing2? :)
Menurut pendapatku, jika begitu, memang dia harus dikeluarkan dari kelompok, diisolasi agar tidak menularkan pemikiran seperti itu kepada anggota kelompok lainnya.

2.
Jika diri anda sendiri jadi beliau
katakanlah anda "mendapatkan sesuatu yang baru" dari Tuhan
anda berusaha meyakinkan gereja tempat anda berjemaat tentang apa yang anda dapat itu
namun gereja / mayoritas menolaknya, mungkin anda diejek2, lalu anda tulis buku2 tentang itu
kebetulan lagi anda posisinya seorang gembala yang punya banyak jemaat (dalam artian "mampu" untuk bikin gereja baru secara independen)
akankah anda memutuskan untuk memisahkan diri dari gereja tersebut? :)
Ough, ketepatan, menurut yang saya imani dan saya praktikkan bahwa Tuhan Yesus Kristus mendirikan hanya satu Gereja, maka saya tidak akan mendirikan kelompok baru. Kecuali jika saya dapat membuktikan bahwa Yesus Kristus memilih saya untuk mendirikan kelompok baru, berbeda dari kelompok yang sudah ada. Yesus Kristus sudah wafat, bangkit, dan naik ke sorga. Jemaat Kristus, atau Gereja, adalah Tubuh Kristus, hanya satu. Anggota Tubuh Kristus memang banyak, tetapi semua anggota adalah satu tubuh, melaksanakan fungsi-fungsi yang berbeda, bukan saling independen, melainkan saling dependen satu dengan anggota lainnya.



selalu ingat prinsip Firman Tuhan ini :
apa yang kamu ukurkan ke orang lain, selalu akan diukurkan kembali kepada kamu
so sebelum mengeluarkan judgement yang gimana2
akan lebih baik jika kita berpikir secara jernih dan seimbang :)
Yup. Dengan nalar sehat, kupikir, pemilik nalar sehat harus siap mengemban konsekuensi pilihan pemikiran dan sikapnya sendiri.

saya sih yakin 2 pertanyaan saya diatas itu cukup menarik untuk dijawab dan didiskusikan, dan bahkan mungkin bisa jadi refleksi buat kita masing2 :)
Setuju, kedua hal itu memang menarik.



at the end :
jangan bawa ini jadi GBI vs Erastus
coba melihatnya itu doktrin vs doktrin
sebab intinya dia keluar itu adalah gara2 doktrinnya, bukan gara2 denominasinya
Setuju.



as for myself :
selama Dia masih mengajarkan Yesus adalah Tuhan, keselamatan hanya dari Tuhan Yesus saja
apalagi masih percaya Tritunggal
sy selalu anggap itu teman dalam memberitakan injil, itulah yang terutama :)
doktrin bias2 dikit gak terlalu penting, selama itu gak menentang yang fundamental (buat saya)
malah terkadang dari pemikiran yang "baru" ini, siapa tahu pewahyuan teologia bisa berkembang :)
Saya tidak sependapat.
Saya penganut ortodoksi, kemurnian ajaran.
Tentang Jesus, kayaknya di Amerika Latin sana banyak orang yang bernama Jesus, baik nama kedua atau nama pertama, itu bukan Yesus Kristus yang kuimani sebagai Tuhan dan Juruselamat.

Salam damai.
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: mrt_bla on September 27, 2018, 01:38:07 PM
ha? mestinya gak begitu

maksudnya pas mau ngepost diminta password?

di ban mah gak bakalan
disono yg diban itu otomatis postnya keapus smua
Tanyain dong Hen. Apa gak bisa kalo dari android? Atau jangan2 masih nyangkut di komputer?
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: HenHen on September 27, 2018, 01:57:06 PM
Tanyain dong Hen. Apa gak bisa kalo dari android? Atau jangan2 masih nyangkut di komputer?

wuaduh ribet,

register baru lagi aja hahaha

tp kamu ni masalahnya apa? udah login trus gak bisa?
coba login sekarang, trus test post
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: cadangdata on September 27, 2018, 05:02:38 PM
Substansinya para Bro, substansi.
Kl soal motif itu Tuhan yg tau.

haha...
okeeee...

tapi sebenernya susah juga sih..
kan bisa aja karena ada suatu motif tertentu, maka substansi-nya di-create untuk mendukung motif-nya..
bisa gitu... atau juga bisa enggak gitu..

let's not omit that possibility too early..
sounds skeptical?... haha... of course.


Kalo dari segi substansi dari pendapat dan interpretasi versi pak sabdono atas kemampuan pemahamannya ttg Tuhan...

pendapat pribadi gw..
Gw sih enggak keberatan... bebas-bebas aja..
toh apa yang saat ini saya yakini bahwa "Versi tuhan menurut cadang or versi siip or versi aleph" itu juga BELUM TENTU BENAR / BELUM TENTU SALAH kok..

yg lebih penting buat gw adalah:
apakah implikasi riil dari Versi interpretasi tsb, yang ketika dipahami oleh orang lain, dan dilaksanakan dalam kehidupan nyata, akan menjadikan orang itu a better person, a more positive attitude, a healthier thought and behaviour, etc..etc... ?

kalo iya, or even there is only a chance for that..
gw rasa dia deserve a chance to preach his version of God & His version of Christian faith...
why not?
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: HenHen on September 28, 2018, 10:39:30 AM
nah gini dong Dang

dengan kata lain, kita lihat saja buahnya gitu kan :)
sebab pohon itu dikenali dari buahnya
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: cadangdata on September 28, 2018, 03:27:36 PM
nah gini dong Dang

dengan kata lain, kita lihat saja buahnya gitu kan :)
sebab pohon itu dikenali dari buahnya

kalo aku sih iyes..

tapi ada yang bilang kalau "perbuatan" itu enggak penting..
karena nurut logika tuhan versinya: tanpa perbuatan aja bisa selamat

 :D
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: HenHen on October 01, 2018, 09:38:03 AM
yang itu udah sakau berat

alergi abis sama perbuatan ;D

orang jelas2 ngomong, selamat itu cuma gara2 iman, tetep aja diputar2 blgnya bearti perbuatan dongggg ;D

eh dia ngajak kita diskusi jujur (katanya)
susah pake nalar (katanya)
ketika dicek nalarnya gimana, itu gara2 percaya bodooooo ;D ;D ;D

wkwkwkwkwwk

dibikin 1 thread baca jujur
eh dia pura2 be** ga ngerti maksudnya ;D ;D ;D

kl uplinenya buka seminar cara brainwash downline, gw mau dateng, tinggi ilmunya itu ;D ;D ;D
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: alephtav on October 01, 2018, 09:51:05 AM
yang itu udah sakau berat

alergi abis sama perbuatan ;D

orang jelas2 ngomong, selamat itu cuma gara2 iman, tetep aja diputar2 blgnya bearti perbuatan dongggg ;D

eh dia ngajak kita diskusi jujur (katanya)
susah pake nalar (katanya)
ketika dicek nalarnya gimana, itu gara2 percaya bodooooo ;D ;D ;D

wkwkwkwkwwk

dibikin 1 thread baca jujur
eh dia pura2 be** ga ngerti maksudnya ;D ;D ;D

kl uplinenya buka seminar cara brainwash downline, gw mau dateng, tinggi ilmunya itu ;D ;D ;D
Huahahah, dua badut ini udah kalap.
Ketauan busuknya jadi kelojotan. Tiap posting arahnya pokoknya serang terus...biarpun ngawur...
kesian amat sih elu Hen...
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Tamir on October 02, 2018, 03:41:04 PM
Substansinya aja yuk para Bro.

https://vitaminbagijiwa.blogspot.com/2018/07/sabtu-23-juni-2018-seminar-ELOHIM-allah.html

Saya mulai sdikit agak mmahami teologi beliau ttg ROH KUDUS.
Memang beda dg kredo Nicea.

Bgmn pemahaman kawan-kawan thd pernyataan di link tsb?


Memang ROH KUDUS ini adalah sangat misteri. Bila ROH KUDUS adalah roh yang lain, bukan roh bapa, dan bukan roh Kristus, Apakah Bapa dan Kristus masing masing memiliki Roh? Bila ya, maka akan ada:
- Allah Bapa
- Roh Allah Bapa
- Tuhan Yesus
- Roh Tuhan Yesus
- ROH KUDUS
- Rohnya ROH KUDUS

Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Siip on October 02, 2018, 03:50:29 PM
Dalam pengajaran tradisional Gereja turun-temurun, tritunggal adalah una substantia tres personae.

Tres personae bermakna tiga pribadi.
ROH KUDUS adalah Pribadi yang berbeda dari Pribadi Bapa dan Pribadi Anak.

Bgmn itu bisa dmikian dan bgmn interaksinya, itu misteri.

Problem pengajaran terlampir adalah anggapan bhw Pribadi ROH KUDUS bersifat 'relatif', artinya tidak ada kepastian bhw ROH KUDUS adalah Pribadi yg berbeda dari Bapa dan Anak.

Saya pernah dengar video kotbah seputar ajaran ini, dalam kotbah tsb (sependengaran saya) pengajarnya tidak bisa memastikan dan tidak ingin memastikan dg tegas apakah ROH KUDUS adalah Pribadi.

Jadi pengajarnya mengakui ke-tritunggal-an Allah namun menganggap Pribadi ROH KUDUS sbg suatu yg relatif.

Pengajarnya mngatakan jika Kekristenan mengatakan ROH KUDUS adalah Pribadi ketiga yg berbeda dari Bapa dan Anak (yg mana traditionally Kekristenan ya spt itu), maka kacaulah doktrin tritunggal;
Namun pendapat saya pribadi, dg penjelasannya yg relatif justru makin sulit menjabarkan doktrin tritunggal.
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: viruskasih on October 02, 2018, 08:57:44 PM
Dulu Pak Erastus pernah bilang,

"Sebenarnya pandangan di atas, bahwa ROH KUDUS adalah tenaga aktif yang mengalir berasal dari Bapa, memuat sebagian kebenaran saja. Mengapa dikatakan sebagian kebenaran? Sebab memang ROH KUDUS keluar dari diri Allah Bapa. Dalam Yohanes 15:26 tertulis: Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. ROH KUDUS keluar dari Allah Bapa dan tidak pernah menjadi Pribadi yang terpisah dari diri Bapa.

"Dalam hal ini juga disingkapkan kepada kita bahwa Pribadi-Pribadi dalam lembaga Allah ELOHIM bisa terpisah. Kecuali Bapa dan Roh Allah."

Yah, mungkin pernyataan Pak Erastus di 2018 ini, hanyalah kelanjutannya saja. Mungkin.
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Siip on October 03, 2018, 08:59:36 AM
Jadi bgini Bro,
Dalam ajaran tradisional gereja sejak abad pertama hingga kini,
Bapa, Yesus, ROH KUDUS adalah tiga Pribadi yang berbeda namun tidak terpisahkan.
Ajaran ini dirumuskan di abad ke-4 dg Una Substantia Tres Personae.

Nah, dalam pengajaran Rehobot, Pribadi ROH KUDUS tidak dapat dibedakan dari Pribadi Bapa dan Pribadi Anak.
Jadi ROH KUDUS bukan dilihat sbg Pribadi, melainkan 'sebutan' atau 'gelar' atau 'nama generik'.

Roh Allah/ROH KUDUS bukan Pribadi tersendiri mlainkan 'Rohnya dari Pribadi Pertama'.
Jadi ROH KUDUS dan Bapa adalah Pribadi yg sama.

Itulah mengapa GBI menyebut ajaran ini hakekatnya menjadi 'dwitunggal'.

Lebih lanjut, Rehobot mengajarkan bhw ROH KUDUS adalah Pribadi yg sama dg Bapa namun ROH KUDUS dapat memenuhi alam semesta scr mandiri; sdgkn 'pribadiNya' tetap di sorga dalam Bapa.

Ini berbeda dg ajaran tradisional Gereja turun-temurun.

Apakah sesat?
Saya pikir kl sebatas ini ya tidak sesat.
Orang tidak ke neraka krn misinterpretasi thd Pribadi ROH KUDUS saja.

Namun bukan hanya soal pribadi Roh saja yg ajarannya berbeda.
Saya worry ini merembet kemana-mana menjadi cult.
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Maren Kitatau on October 03, 2018, 09:43:00 AM
Dulu Pak Erastus pernah bilang,
"Sebenarnya pandangan di atas, bahwa ROH KUDUS adalah tenaga aktif yang mengalir berasal dari Bapa, memuat sebagian kebenaran saja. Mengapa dikatakan sebagian kebenaran? Sebab memang ROH KUDUS keluar dari diri Allah Bapa. Dalam Yohanes 15:26 tertulis: Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. ROH KUDUS keluar dari Allah Bapa dan tidak pernah menjadi Pribadi yang terpisah dari diri Bapa.
"Dalam hal ini juga disingkapkan kepada kita bahwa Pribadi-Pribadi dalam lembaga Allah ELOHIM bisa terpisah. Kecuali Bapa dan Roh Allah."
Yah, mungkin pernyataan Pak Erastus di 2018 ini, hanyalah kelanjutannya saja. Mungkin.

Sorri, bukan soal 3 atau 2 pribadi
Tapi aku tertarik dgn [Yoh.15.26]

Kata Yesus:
Jikalau Penghibur yg akan Kuutus dr Bapa datang,
yaitu Roh Kebenaran yg keluar dr Bapa, 
Ia akan bersaksi tentang Aku.

Apa keliru kutangkap begini, Bro, Siip:

Bw Roh yg keluar dan datang dr Bapa
Yg akan bersaksi ttg kebenaran, yaitu Yesus
Sebab Dia-lah kebenaran, Dia penghibur, suka-cita kita
Orang saleh menantikan penghiburan itu [Luk.2:25].

Lalu Penghibur itu selaras dgn:

[Yoh.8.42]
Kata Yesus: ‚ÄĚJikalau Allah adalah Bapamu,
kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dr Allah.
Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yg mengutus Aku.

Bagiku:
Yesus datang membawa Allah kpd manusia
Untuk membawa manusia kepada Allah

Kes. Sementara:
Firman keluar dr Allah datang kpd Allah
Mengeluarkan Roh dr Allah utk bersaksi ttg Allah yg datang

Salam Damai!
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Siip on October 03, 2018, 09:49:26 AM
Maaf Bro Maren, saya blm sepenuhnya memahami apa yg Bro maksudkan,
Bisa diperjelas Bro?
Maaf...
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Maren Kitatau on October 03, 2018, 10:01:57 AM
Baiklah, Bro, sambil jalan kita perkaya
Sebab aku tak sangat memandang teori
Mungkin hanya teorilah yg bisa menjelaskan

Namun rasanya theology pun bukanlah segalanya
Maka sambil jalan sajalah, Bro, mungkin bisa jelas terbatas
Ttg apa atau siapa atau di mana sesungguhnya posisi ROH KUDUS

Salam Damai, Bro!
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Maren Kitatau on October 03, 2018, 10:28:09 AM
... dst
tapi kalo menurut elu GBI udah setara tuhan dan gak mungkin salah dalam menyimpulkan
dan kalo menurut elu tulisan itu bisa lebih dipercaya DARIPADA orangnya sendiri ngomong langsung
ya terserah kamu ajah ;D


Setara tuhan ... orang-nya ...!

Itu sebab aku kurang suka membahas plat form roh-ani org lain secara akademis
Walau Pdt, Pst, Prof, Dr, M.Th cukup enak menjelaskan rumus2 Allah dgn ramuan ayat
Tapi ia tak bisa lebih dr Roh Allah; Hanya Roh Allah yg tahu apa yg ada dlm diri Allah, kan?

Siapa gerangan manusia yg tahu apa yg terdapat dlm diri Allah selain Roh Allah?
Kita hanya tau apa yg ada di dlm diri sebab roh manusia ada dlm kita [1Kor.2.11]

Menurutku roh ada tiga:
Ada ROH-KU, ada ROH KUDUS, ada ROH TAK KUDUS; ROH JANIN DARI MANA?
Halaman ini sepi dr pemirsa rasa yg ingin tahu dan diskusi bersama ttg roh itu
http://forumkristen.com/index.php?topic=32498.msg1221892#msg1221892 (http://forumkristen.com/index.php?topic=32498.msg1221892#msg1221892)

Salam Damai!
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: HenHen on October 03, 2018, 10:42:37 AM
iya, memang ajaran sesat itu awalnya dari begini2
awalnya cuma bias2 dikit, lama2 bablas

saya mempelajari teologinya pak Erastus, saya berani bilang, ajarannya gak sampe sesat
cuma memang ada bias2nya dari original

nah masalahnya dia mampu gak untuk meneruskan ke jemaatnya supaya apa yang dia pahami itu juga dipahami jemaat dengan baik?
mampu gak jemaatnya tidak misinterpretasi apa yang beliau maksud?
sesuai dengan contoh yang dia berikan semasa hidupnya, kalau beda pendapat, ya udah pecah aja, apakah ini gak akan ditiru lagi oleh bawahannya? :) most likely we know the answer

pecah itu lebih banyak ruginya daripada untungnya WALAUPUN yang memecahkan diri itu MEMANG yang benar
masalahnya sebenar2nya kamu, kamu gak bisa hidup selamanya untuk mempertahankan kebenaran yang kamu pahami itu

makanya udah bener itu jaman2 dulu, mereka sangat tegas soal doktrin, yang gak sependapat diekskomunikasi

kita udah lihat bagaimana lahirnya saksi yehuwa ya dari bgini2 nih :)

let's just pray for the best
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Siip on October 03, 2018, 11:48:46 AM
Dari pengalaman saya selama ini membaca cikal-bakal tumbuhnya cult (sekte/kultus), kalimat-kalimat ini jadi tanda-tanda yg perlu diwaspadai:

Kebanyakan gereja di luar sana tidak memahami/menerima/mengerti pengajaran ini (namun saya/kita dibukakan hal ini)

Kebanyakan gereja di luar sana selama ini sudah berjalan dalam kebiasaan dan tidak mau berubah (namun saya/kita mau berubah sesuai dengan pengajaran baru ini)

Selama ini saya bergereja dan jadi pendeta, baru sekarang saya mengerti hal ini namun ini tidak diajarkan di gereja lain di luar sana

Yg benar itu ini, yg lainnya tidak sadar atau mereka sadar tapi tidak mau terima karena sudah kebiasaan

Ini pewahyuan baru, ROH KUDUS baru mengkoreksi dan membukakannya pada gereja saat ini (sebelumnya selama 2 millenial ROH KUDUS diam saja soal ini)

Di atas itu kalimat-kalimat lampu kuning.
Kl org mulai mengucapkannya dan myakini hal tsb, itu berbahaya.

Belum sesat, hanya bahaya.
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: cadangdata on October 03, 2018, 11:53:44 AM
Dari pengalaman saya selama ini membaca cikal-bakal tumbuhnya cult (sekte/kultus), kalimat-kalimat ini jadi tanda-tanda yg perlu diwaspadai:

Kebanyakan gereja di luar sana tidak memahami/menerima/mengerti pengajaran ini (namun saya/kita dibukakan hal ini)

Kebanyakan gereja di luar sana selama ini sudah berjalan dalam kebiasaan dan tidak mau berubah (namun saya/kita mau berubah sesuai dengan pengajaran baru ini)

Selama ini saya bergereja dan jadi pendeta, baru sekarang saya mengerti hal ini namun ini tidak diajarkan di gereja lain di luar sana

Yg benar itu ini, yg lainnya tidak sadar atau mereka sadar tapi tidak mau terima karena sudah kebiasaan

Ini pewahyuan baru, ROH KUDUS baru mengkoreksi dan membukakannya pada gereja saat ini (sebelumnya selama 2 millenial ROH KUDUS diam saja soal ini)

Di atas itu kalimat-kalimat lampu kuning.
Kl org mulai mengucapkannya dan myakini hal tsb, itu berbahaya.

Belum sesat, hanya bahaya.

haha...

kalo istilah saya sih "sedang membangun Brand, menjelaskan Brand Story, dan memperjelas Unique Selling Preposition"


hahaha...
susah kan untuk bahas substansi an-sich without taking into account the motives (both the manifest ones and especially the latent ones)

salam
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Maren Kitatau on October 03, 2018, 12:24:02 PM
iya, memang ajaran sesat itu awalnya dari begini2
awalnya cuma bias2 dikit, lama2 bablas
makanya udah bener itu jaman2 dulu, mereka sangat tegas soal doktrin,
yang gak sependapat diekskomunikasi

Tergantung motif juga kali, Hen!

Memang ada saja org yg menggunakan firman Allah itu bagaikan palu godam
Menurutku yg semacam itu lebih memberantakkan, sebab ia berat, brisik dan tumpul
Sesungguhnya firman Allah itu ialah hidup dan menghidupkan dan powerful dan tajam
Jadi tak kudu diekskomunikasi dia eksit sendiri tanpa sakit hati merenung utk kembali

Salam Damai!
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: jegan2000 on October 07, 2018, 05:36:49 PM
klo orang2 di posisi pemimpin / gembala gereja saja sudah menganggap perpecahan di tubuh gereja sebagai sesuatu yg lumrah lantas apa yg bisa jemaat harapkan? sementara Tuhan Yesus dari awal hanya mendirikan satu gereja. ya begitulah manusia dari dahulu kala mudah dipecah belah oleh yg namanya 'politik' (contoh sederhana konflik negara tiongkok vs taiwan atau korut vs korsel, orang2nya berasal dari etnis yg sama tapi ngga bisa akur satu sama lain krn beda haluan politik).
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: Maren Kitatau on October 08, 2018, 02:36:31 PM
klo orang2 di posisi pemimpin / gembala gereja saja sudah menganggap perpecahan di tubuh gereja sebagai sesuatu yg lumrah lantas apa yg bisa jemaat harapkan? sementara Tuhan Yesus dari awal hanya mendirikan satu gereja. ya begitulah manusia dari dahulu kala mudah dipecah belah oleh yg namanya 'politik' (contoh sederhana konflik negara tiongkok vs taiwan atau korut vs korsel, orang2nya berasal dari etnis yg sama tapi ngga bisa akur satu sama lain krn beda haluan politik).

Kita juga perlu membayangkan andai seluruh bumi, masih tetap satu bahasanya dan satu logatnya dr dahulu kala hingga kini. Kurasa kita masih tetap hanya rajin muter2 di suatu tempat, spt bikin batu bata utk membangun menara yg puncaknya sampai ke langit. Hal spt itu perlu kita bayangkan juga bagaimana manusia itu tanpa beda, lalu merasa mapan, lalu menggenang, lalu membusuk begitu saja tanpa perlu ada kreativitas yg lebih dr manusia lainnya. Kreativitas jiwa itu yg membangkitkan ego hingga superego, bw kita segambar dgn-Nya. Kurasa itulah maksud Tuhan menyerak-kan manusia dgn cara mengacaukan bahasanya, agar mereka pd mandiri bersama-Nya menguasai bumi beserta isinya yg telah diciptakan utk manusia. Itu sebabnya sampai sekarang nama kota itu disebut Babel, sebab di situlah dikacaubalaukan TUHAN bahasa seluruh bumi dan dr situlah mereka diserakkan TUHAN. [Kej.11.]

Itulah rancangan Tuhan, bukan pikiran kita
Sekarang, apa pikiran kita thp perbedaan2 itu?
Sama rata sama rasa tangan besi Uni-Sovyet gagal!

Bagai mana kita menjinakkan perbedaan2 itu?
Dan apa yg paling tepat utk menjinakkan-nya?
Mendirikan hanya satu gereja dianggap cukup?

Gereja yg kayak gimana
Yg mandiri bersama-Nya?
Ini pertanyaan kita semua

Salam Damai!
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: jamu on December 02, 2018, 06:29:46 AM

Kalau keterangan GBI benar maka memang ajaran Pdt. Erastus Sabdono, sudah jauh menyimpang dari Alkitab.

Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: cadangdata on December 03, 2018, 02:26:06 PM
Kalau keterangan GBI benar maka memang ajaran Pdt. Erastus Sabdono, sudah jauh menyimpang dari Alkitab.

emang elo siapa sih?

emangnya hasil evaluasi mu atas penyimpangan / tidak penyimpangan suatu ajaran dari alkitab itu PASTI SAMA PERSIS dengan hasil evaluasi Tuhan??

elo itu siapaaa? ahahahaha....
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: jamu on December 03, 2018, 09:32:11 PM
emang elo siapa sih?

emangnya hasil evaluasi mu atas penyimpangan / tidak penyimpangan suatu ajaran dari alkitab itu PASTI SAMA PERSIS dengan hasil evaluasi Tuhan??

elo itu siapaaa? ahahahaha....

Gue adalah gue apa urusan loe ?



Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: cadangdata on December 04, 2018, 11:51:04 AM
Gue adalah gue apa urusan loe ?

lah...
elo SOK MERASA KOMPETEN untuk jadi HAKIM bagian SORTIR mana-mana yang sesuai alkitab dan enggak..

karena elo SOK MERASA PENTING, maka elo jadi urusan semua orang..

kalo elo BERANI JANTAN MENGAKUI bahwa ELO ITU NOBODY.... maka pasti elo enggak bakal jadi urusan siapa-siapa..
gw juga males ngurusin elo... kayak gw kurang kerjaan aja..

hahahaha.....

coba... kita lihat SEBERAPA JANTAN elo..
BERANI gak ELO mengakui bahwa "ELO ADALAH NOBODY"??
Title: Re: Tanggapan Gereja Bethel Indonesia atas Pengajaran Pdt. Erastus Sabdono
Post by: jamu on December 09, 2018, 11:30:22 AM
 :coolsmiley: