Author Topic: Sola Scriptura  (Read 125734 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 23, 2011, 11:09:14 AM
Reply #100
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 255
2 Tesalonika 2:15 - Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis. -
July 01, 2011, 12:01:05 PM
Reply #101
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 255
Hanya Alkitab sebagai satu-satunya pilar kebenaran menyebabkan perpecahan gereja.


Dan sering kita melihat bahwa perpecahan gereja diakibatkan karena keinginan untuk menafsirkan ayat-ayat Kitab Suci secara pribadi. Sebagai contoh Martin Luther dan John Calvin mempunyai banyak perbedaan dalam hal Ekaristi Kudus, Pengakuan Dosa, dll. Pendapat manakah yang benar dari dua orang pendiri ini, yang masing-masing mendasarkan ajarannya hanya berdasarkan Alkitab?


Kalau memang “hanya Alkitab” dapat membawa persatuan Gereja, bersama-sama kita perlu merenungkan, kenapa setelah revolusi Gereja oleh Martin Luther di abad pertengahan, gereja menjadi terpecah belah sehingga sampai saat ini ada sekitar 28,000 denominasi? Seharusnya kalau memang kembali kepada kemurnian jemaat awal, katanya hanya berdasarkan Alkitab, maka Gereja seharusnya bersatu dan bukannya tercerai berai. Hal ini sungguh bertentangan dengan pesan Yesus terakhir yang menginginkan seluruh dunia melihat ada kesatuan di dalam tubuh Kristus, sehingga dunia dapat tahu bahwa kita semua adalah pengikut Kristus (lih Yoh 17). Dan inilah yang menjadi kerinduan Gereja Katolik untuk menyatukan seluruh umat Allah, yang dapat dilihat dari dekrit tentang Ekumenisme (Unitatis Redintegratio). Mungkin Anna tidak setuju akan seluruh pernyataan di dalam dekrit ini, namun ini adalah suatu bukti bahwa Gereja Katolik juga mempunyai kerinduan yang sama dengan gereja Kristen yang lain untuk melihat seluruh umat Allah berkumpul menjadi satu, dan dengan demikian memenuhi pesan Yesus. Keinginannya sama, yang menjadi perbedaaan kita adalah caranya.
July 01, 2011, 01:05:16 PM
Reply #102
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6427
  • Gender: Male
  • Dia mengikatku pd Tiang Penopang & Dasar Kebenaran
  • Denominasi: unam sanctam catholicam et apostolicam ecclesiam
Alkitab dikanonkan pada abad ke 3 dan ke 4, pada Konsili Hippo dan Carthago..!

apakah sebelum abad ke 4, Kekristenan ada pada TITIK TERGELAP..??
ini yang tidak pernah terjawab oleh org2 sola scripturist..!!
July 01, 2011, 01:20:14 PM
Reply #103
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 255
Doktrin Sola Scriptura adalah doktrin yang menyatakan bahwa Alkitab adalah satu-satunya pedoman iman yang tidak bisa salah (infallible).

secara, protstan tidak mengakui keinfallibilitasan paus. tetapi mengakui keinfallibilitasan hasil konsili paus. ;D

fallibilitas menghasilkan infallibilitas ;D
July 01, 2011, 02:31:03 PM
Reply #104
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 5389
secara, protstan tidak mengakui keinfallibilitasan paus. tetapi mengakui keinfallibilitasan hasil konsili paus. ;D

fallibilitas menghasilkan infallibilitas ;D

Broo@atas..

Kan sudah dari sananya ( historical  ) , bahwa Reformasi yang dilakukan oleh Bapak Marthin Luther adalah dari Katholik Anglikan ( di Inggris ) bukan dari Katolik Orthodox ( di Roma ), Walaupun secara garis komando, kedua Gereja Katolik tsb saling berhubungan.
Protestan ( GPIB ),selalu konsisiten dalam menjalankan Sola Scriptura..KARENA MENJUNJUNG TINGGI "KEWIBAWAAN ALKITAB " dalam segala kepenuhaannya yang merupakan FIRMAN ALLAH. YANG MERUPAKAN REPRESENTATIF DARI DAN OLEH ALLAH SENDIRI DALAM KEBENARAN SEJATI ALLAH DAN UNTUK ALLAH JUGA.

Salam
July 01, 2011, 03:26:14 PM
Reply #105
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 357
1Kor. 4:6Saudara-saudara, kata-kata ini aku kenakan pada diriku sendiri dan pada Apolos, karena kamu, supaya dari teladan kami kamu belajar apakah artinya ungkapan: "Jangan melampaui yang ada tertulis", supaya jangan ada di antara kamu yang menyombongkan diri dengan jalan mengutamakan yang satu dari pada yang lain.
July 01, 2011, 03:32:54 PM
Reply #106
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6427
  • Gender: Male
  • Dia mengikatku pd Tiang Penopang & Dasar Kebenaran
  • Denominasi: unam sanctam catholicam et apostolicam ecclesiam
1Kor. 4:6Saudara-saudara, kata-kata ini aku kenakan pada diriku sendiri dan pada Apolos, karena kamu, supaya dari teladan kami kamu belajar apakah artinya ungkapan: "Jangan melampaui yang ada tertulis", supaya jangan ada di antara kamu yang menyombongkan diri dengan jalan mengutamakan yang satu dari pada yang lain.


huahahahaha...

dari lahir sape sekarang masih berkutat dengan ayat itu2 lagi..!! :2funny:
July 01, 2011, 06:27:00 PM
Reply #107
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2641
  • Gender: Male
  • RASIO POST MENGHINA thd TOTAL POSTS = ... %
pertama2 saya mohon maaf, klo tulisan saya ini tidak berkenan kepada orang2 tertentu...
jika pengajaran iman Kristen harus dapat dibuktikan dari Kitab Suci, itu berarti bahwa agama YESUS KRISTUS tidak mempunyai kelebihan apapun dibandingkan agama Israel lama. Mengapa demikian? Sebab kalau Perjanjian Baru sendiri berbicara tentang tulisan suci atau kitab suci,
maka yang dimaksud di situ adalah kitab Perjanjian Lama (sebab tulisan-tulisan Perjanjian Baru sendiri waktu itu praktis belum ada).
Semua ajaran Kristen harus dapat dikukuhkan oleh Perjanjian Lama. Jadi, Perjanjian Baru sendiri tidak perlu atau hanya penjabaran belaka dari Perjanjian Lama, tidak lebih dari itu. Jelas hal ini tidak dapat kita terima. Perjanjian Baru jelas mengandung ajaran-ajaran yang tidak termuat dalam Perjanjian Lama. Bukankah Perjanjian Baru juga mengkoreksi dan melengkapi Perjanjian Lama?

kita juga disuruh utk menyelidiki kitab suci, spt ada tertulis
Kis 17:11 : "Mereka itu orang-orang Yahudi di Berea menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian."

dan tidak semua tentang YESUS tertulis di Alkitab (riwayat hidup dan ajarannya). Hal ini dapat kita lihat sbb :

1 Kor 15:3 "Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa KRISTUS telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci"

dimana dikatakan oleh Paulus bahwa kebenaran tentang YESUS KRISTUS dia terima sendiri (jelas secara lisan).

2 Tes 2:15 : "Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis."

dimana Paulus menasehati umatnya:"Berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan maupun secara tertulis."

Yoh 21:25 yang berbunyi: "masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat YESUS, tetapi jikalau semua itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak memuat semua kitab yang harus di tulis itu."

Ayat ini menunjukan bahwa tujuan penulisan injilnya bukanlah untuk mendaftar semua ajaran Kristen atau membuat daftar lengkap dari ucapan dan perbuatan YESUS. Yang dia tulis hanyalah hal- hal yang paling mendasar untuk keselamatan manusia. Hal yang sama kiranya berlaku untuk kitab- kitab Perjanjian Baru lainnya.

dan klo kita runut, kejadian sampai terciptanya kitab suci bisa saya gambarkan sbb :
Allah mempunya wahyu. Wahyu disampaikan melalui para nabi yang menyampaikan.
Allah juga bersabda melalui karya2NYA yang agung dan peristiwa2 hidup.
Jadi dengan kata (wahyu/firman) dan perbuatan Allah mewahyukan Diri-Nya, artinya Ia memperkenalkan siapakah Diri-Nya dan apakah rencana-Nya untuk keselamatan manusia. Dengan wahyu illahi ini Allah menyapa kita sebagai sahabat-Nya.
Wahyu Allah inilah yang diterima oleh sekelompok umat manusia yang kita sebut gereja (jemaat). Wahyu Allah itu bergema dan dihayati oleh Gereja dalam ibarat, ajaran dan seluruh kehidupan mereka. Klo dalam Katolik disebut Tradisi (T Besar).
jadi, Tradisi (T Besar) adalah Sabda Allah sejauh diterima dan dihayati Gereja dalam hidupnya, ajarannya dan ibaratnya. Atau dapat dikatakan juga bahwa Tradisi adalah iman Gereja terhadap Wahyu Allah/Sabda Allah.

Lama kelamaan, ketika para rasul YESUS mulai wafat satu persatu, timbul kebutuhan untuk menuliskan ajaran-ajaran yang mereka wariskan secara lisan itu, agar Gereja mempunyai pegangan. Untuk tujuan ini Roh Allah mengilihami orang-orang tertentu dalam Gereja untuk menuliskan apa yang dihayati dalam Tradisi itu dalam Alkitab.
Jadi, dalam arti tertentu, Alkitab itu adalah bagian dari Tradisi atau bentuk tertulis dari Tradisi. Tetapi berkat ilham ROH KUDUS, Alkitab mempunyai nilai istimewa sebab Allah sungguh-sungguh berkenan bersabda melalui kata-kata manusia dalam Alkitab.

Sulit membayangkan penafsiran Alkitab lepas dari Tradisi, sebab sebelum Alkitab ditulis, Sabda Allah itu sudah lebih dahulu dihayati dalam Tradisi. Sebaliknya, karena penulisan Alkitab itu ada dibawah pengaruh ROH KUDUS sendiri, maka Tradisi yang dihayati Gereja disegala jaman itu harus dikontrol dalam terang Alkitab.

Untuk sedikit mempermudah pemahaman kita tetang proses penulisan Alkitab dan kaitannya dengan Tradisi, baiklah kita ambil contoh kongkrit ini. Bagaimana garis besar terjadinya ayat-ayat Perjanjian Baru yang mewartakan bahwa YESUS KRISTUS adalah penyelamat dunia ? Pertama-tama Allah mewahyukan bahwa YESUS KRISTUS adalah juru selamat umat manusia; lalu Gereja menerima wahyu tersebut dalam iman dan menghayatinya dalam ibadat-ibadatnya, dalam ajaran-ajarannya dan dalam seluruh kehidupannya. Inilah Tradisi. Akhirnya, berkat ilham ROH KUDUS iman itu dirumuskan secara tertulis dalam ayat-ayat Alkitab. Sebagai konsekuensinya, ayat-ayat semacam itu akan dapat dipahami sepenuhnya bila ditafsirkan dalam terang Tradisi.

Tradisi (yang lisan itu) ada sebelum Alkitab. Kemudian Tradisi lisan itu dituangkan dalam bentuk tertulis oleh penulis-penulis suci yang adalah anggota Gereja. Kemudian Gereja (melalui pimpinan suci yang ditetapkan oleh Tuhan sendiri) meneguhkan mana yang adalah bagian Alkitab dan mana yang bukan. Jadi, sejauh mengenai penulisan Alkitab sendiri, Gereja ada sebelum Alkitab. Dalam arti inilah Alkitab kita sebut juga buku Gereja. Namun ini bukan berarti bahwa Gereja mengatasi atau lebih tinggi daripada Alkitab. TIDAK! Gereja tetap harus mendengarkan dan menaati Sabda Allah dalam Alkitab. Akan tetapi, seperti sudah diterangkan didepan, Gereja YESUS Kristuslah yang mendapat wewenang untuk mengajar kita bahwa kitab-kitab tertentu adalah benar-benar Sabda Allah.

tulisan ini sekaligu memberi gambaran tentang Tradisi dalam gereja Katolik..

sekali lagi mohon maaf, klo kurang berkenan..

salam damai...


Shalom,

Bro Samosir, apakah Firman Allah memerlukan koreksi? Kira-kira Tuhan seperti apa Tuhan kita itu bila Firman-Nya ada yang memerlukan koreksi?

Apakah Tuhan sama jeleknya dengan manusia yang membuat perintah dan hukum sehingga memerlukan koreksi?

Apakah Tuhan sama jeleknya dengan manusia sehingga pernjanjian-Nya harus diperbaiki atau dikoreksi?

Apakah Tuhan suka berubah-ubah?

Apakah Tuhan sama dengan manusia membuat buku edisi 1, edisi 2 dan seterusnya?

Edisi berapa sudah kitab yang berisi Firman Tuhan yang Bro pegang?


Mat 5:48               :             Allah sempurna.
Maz 19:7               :            Taurat Tuhan sempurna.


ADAKAH SESUATU YANG SEMPURNA HARUS DIKOREKSI?

KALAU TUHAN ATAU HUKUMNYA PUN HARUS DIKOREKSI, APA JADINYA KITA YANG BERAGAMA INI SAMOSIR?


Demikian, semoga bermanfaat.

Salam, JBU, Jericho, J.






BEBERAPA KALI PERLU KETEKUNAN DAN AMBIL RESIKO MEMBUANG WAKTU
MENGHADAPI DISKUSI YG DICOBA DISERET2 KE
HAL2 DI LUAR ALKITAB DAN KE LOGIKA2 SIA2 SERTA AD-HOMINEM2;

SEBAGAI CERMIN BAGI SIAPA SAJA
YG MAU MENYERET2 DISKUSI ALKITAB KE NON ALKITAB






















'
July 02, 2011, 12:52:37 AM
Reply #108
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8870
  • Gender: Male
  • Shihonage
  • Denominasi: Sebelum muncul kata "denominasi".

Bro Samosir, apakah Firman Allah memerlukan koreksi? Kira-kira Tuhan seperti apa Tuhan kita itu bila Firman-Nya ada yang memerlukan koreksi?


Apakah ini bukan suatu bentuk koreksi bro?



Mat 5:21  Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum.
Mat 5:22  Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.


Mat 5:31  Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya.
Mat 5:32  Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.



Bukankah Yesus mengkoreksi hukum tentang perceraian?
:)


Quote
Apakah Tuhan suka berubah-ubah?



Amos 7:1  Inilah yang diperlihatkan Tuhan ALLAH kepadaku: Tampak Ia membentuk kawanan belalang, pada waktu rumput akhir mulai tumbuh, yaitu rumput akhir sesudah yang dipotong bagi raja.
Amo 7:2  Ketika belalang mulai menghabisi tumbuh-tumbuhan di tanah, berkatalah aku: "Tuhan ALLAH, berikanlah kiranya pengampunan! Bagaimanakah Yakub dapat bertahan? Bukankah ia kecil?"
Amo 7:3  Maka menyesallah TUHAN karena hal itu. "Itu tidak akan terjadi," Firman Tuhan.
Amo 7:4  Inilah yang diperlihatkan Tuhan ALLAH kepadaku: Tampak Tuhan ALLAH memanggil api untuk melakukan hukuman. Api itu memakan habis samudera raya dan akan memakan habis tanah ladang.
Amo 7:5  Lalu aku berkata: "Tuhan ALLAH, hentikanlah kiranya! Bagaimanakah Yakub dapat bertahan? Bukankah ia kecil?"
Amo 7:6  Maka menyesallah TUHAN karena hal itu. "Inipun tidak akan terjadi," Firman Tuhan ALLAH.




Quote
Apakah Tuhan sama dengan manusia membuat buku edisi 1, edisi 2 dan seterusnya?
Lha menurut anda, PB itu apanya PL bro?



Nantikanlah hari kematianmu setiap pagi... Itulah jembatan yang membawamu kepada Kristus.
July 02, 2011, 04:45:27 AM
Reply #109
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2641
  • Gender: Male
  • RASIO POST MENGHINA thd TOTAL POSTS = ... %

Shalom,

Bro Samosir, apakah Firman Allah memerlukan koreksi? Kira-kira Tuhan seperti apa Tuhan kita itu bila Firman-Nya ada yang memerlukan koreksi?

Apakah Tuhan sama jeleknya dengan manusia yang membuat perintah dan hukum sehingga memerlukan koreksi?

Apakah Tuhan sama jeleknya dengan manusia sehingga pernjanjian-Nya harus diperbaiki atau dikoreksi?

Apakah Tuhan suka berubah-ubah?

Apakah Tuhan sama dengan manusia membuat buku edisi 1, edisi 2 dan seterusnya?

Edisi berapa sudah kitab yang berisi Firman Tuhan yang Bro pegang?


Mat 5:48               :             Allah sempurna.
Maz 19:7               :            Taurat Tuhan sempurna.


ADAKAH SESUATU YANG SEMPURNA HARUS DIKOREKSI?

KALAU TUHAN ATAU HUKUMNYA PUN HARUS DIKOREKSI, APA JADINYA KITA YANG BERAGAMA INI SAMOSIR?


Demikian, semoga bermanfaat.

Salam, JBU, Jericho, J.



Apakah ini bukan suatu bentuk koreksi bro?

Mat 5:21  Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum.
Mat 5:22  Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.


Mat 5:31  Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya.
Mat 5:32  Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.


Bukankah YESUS mengkoreksi hukum tentang perceraian?
 :)

Amos 7:1  Inilah yang diperlihatkan Tuhan ALLAH kepadaku: Tampak Ia membentuk kawanan belalang, pada waktu rumput akhir mulai tumbuh, yaitu rumput akhir sesudah yang dipotong bagi raja.
Amo 7:2  Ketika belalang mulai menghabisi tumbuh-tumbuhan di tanah, berkatalah aku: "Tuhan ALLAH, berikanlah kiranya pengampunan! Bagaimanakah Yakub dapat bertahan? Bukankah ia kecil?"
Amo 7:3  Maka menyesallah TUHAN karena hal itu. "Itu tidak akan terjadi," Firman Tuhan.
Amo 7:4  Inilah yang diperlihatkan Tuhan ALLAH kepadaku: Tampak Tuhan ALLAH memanggil api untuk melakukan hukuman. Api itu memakan habis samudera raya dan akan memakan habis tanah ladang.
Amo 7:5  Lalu aku berkata: "Tuhan ALLAH, hentikanlah kiranya! Bagaimanakah Yakub dapat bertahan? Bukankah ia kecil?"
Amo 7:6  Maka menyesallah TUHAN karena hal itu. "Inipun tidak akan terjadi," Firman Tuhan ALLAH.

Lha menurut anda, PB itu apanya PL bro?

Shalom,

Apakah Bro Roderick adalah SAMOSIR atau hanya mau mendukung SAMOSIR saja, menyatakan bhw Firman Tuhan PERNAH DIKOREKSI?

Firman Tuhan dikoreksi, artinya Tuhan bisa salah.

Mengherankan.....,




TUHAN BISA SALAH, PAUS TAK BISA SALAH (INFALLIBLE), PAUS LEBIH DARI TUHAN?





Hebat, hebat, hebat. Ini juga kah maksud dari ayat ini?


Yes 14:13-14
13 Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.
14 Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi!


Dan 7:25 Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Dan 8:12 Suatu kebaktian diadakan secara fasik menggantikan korban sehari-hari, kebenaran dihempaskannya ke bumi, dan apa pun yang dibuatnya, semuanya berhasil.

                                                Note: Dalam bahasa aslinya tidak ada kata "korban".
                                                Frasa "korban sehari-hari" diterjemahkan dari bahasa aslinya (Ibranni)
                                                yaitu "TAHMID", artinya upacara harian yg berkesinambungan atau tetap.


Demikian, semoga bermanfaat.

Salam, JBU, Jericho, J.






BEBERAPA KALI PERLU KETEKUNAN DAN AMBIL RESIKO MEMBUANG WAKTU
MENGHADAPI DISKUSI YG DICOBA DISERET2 KE
HAL2 DI LUAR ALKITAB DAN KE LOGIKA2 SIA2 SERTA AD-HOMINEM2;

SEBAGAI CERMIN BAGI SIAPA SAJA
YG MAU MENYERET2 DISKUSI ALKITAB KE NON ALKITAB






















'
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)