Author Topic: Pertanyaan Untuk Katolik: Untuk Apa Membuat Patung?  (Read 14786 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

November 18, 2011, 06:08:38 PM
Reply #50
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 81
  • Denominasi: Kharismatik
Sampean ini gimana sih....
ROH KUDUS koq berdoa???

Lagipula koq ada zaman-zaman an segala ya???


Baru tau yahh  :tongue: Yesus aja juga berdoa koq  :afro: semua yang ada di dunia ini berdoa kq

Definisi berdoa : berbincang dengan Tuhan. ROH KUDUS berbincang dengan Allah Bapa...hmmm fine fine aja  :afro:
November 18, 2011, 06:18:40 PM
Reply #51
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 81
  • Denominasi: Kharismatik
    12. St. Germanus dari Konstantinopel (733), mengajarkan tentang Maria sebagai yang “benar- benar terpilih, dan di atas semua, … melampaui di atas semua dalam hal kebesaran dan kemurnian kebajikan ilahi, tidak tercemar dengan dosa apapun.”



Cuma Yesus yang tidak tercemar, karena Dia tidak dari hasil persetubuhan. Manusia suci ya cuma Dia( waktu di dunia )...manusia pasti sudah tercemar dosa. Bunda Maria itu berdosa juga oleh karena dosa turunan. Lha kalau bunda Maria Suci pada waktu itu. Ga usah pake Yesus segala Dia aja yang tebus dosa manusia :tongue:
November 18, 2011, 06:20:48 PM
Reply #52
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1694
  • Gender: Male
bukankah YESUS pernah mengatakan:
Joh 4:21  Kata YESUS kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.
Joh 4:23  Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.
Joh 4:24  Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

jika ayat 23 dikaitkan dengan ayat 21, maka YESUS menyampaikan bahwa penyembah Allah yang benar tidak lagi menyembah dengan sesuatu yang kelihatan, yang dianggap suci. karena Allah adalah roh, maka kita juga menyembah dengan roh, dengan sesatu yang tidak kelihatan.

jadi untuk apa lagi membuat patung?

KATEKISMUS GEREJA KATOLIK

IV. * "Kamu Jangan Membuat Patung Berhala"

2129
Perintah Allah melarang tiap-tiap lukisan tentang Allah yang dibuat oleh tangan manusia. Buku Ulangan menjelaskan: "Kamu tidak melihat sesuatu rupa pada hari Tuhan berfirman kepadamu di Horeb dari tengah-tengah api supaya jangan kamu berlaku busuk dengan membuat bagimu patung yang menyerupai berhala apa pun" (Ul 4:15-16). Allah yang transenden secara absolut telah menampakkan diri kepada Israel. "Dialah segala-galanya", tetapi serentak pula "Ia adalah lebih besar daripada segala perbuatan-Nya" (Sir 43:27-28). Ia adalah "bapa keindahan" (Keb 13:3).

2130
Tetapi di dalam Perjanjian Lama, Allah sudah menyuruh dan mengizinkan p,embuatan patung, yang sebagai lambang harus menunjuk kepada keselamatan dengan perantaraan Sabda yang menjadi manusia: sebagai contoh, ular tembaga Bdk. Bil 21:4-9; Keb 16:5-14; Yoh 3:14-15., tabut perjanjian, dan kerub Bdk. Kel 25:10-22; 1 Raj 6:23-28; 7:23-26..

2131
Berkenaan dengan misteri penjelmaan Sabda menjadi manusia, maka konsili ekumene ketujuh di Nisea tahun 787 membela penghormatan kepada ikon [gambar], yang menampilkan Kristus atau juga Bunda Allah, para malaikat dan para kudus, melawan kelompok ikonoklas. Dengan penjelmaan menjadi manusia, Putera Allah membuka satu "tata gambar" yang baru.

2132
Penghormatan Kristen terhadap gambar tidak bertentangan dengan perintah pertama, yang melarang patung berhala. Karena "penghormatan yang kita berikan kepada satu gambar menyangkut gambar asli di baliknya" (Basilius, Spir. 18,45), dan "siapa yang menghormati gambar, menghormati pribadi yang digambarkan di dalamnya" (Konsili Nisea 11: DS 601) Bdk.Konsili Trente: DS 1821-1825; SC 126; LG 67.. Penghormatan yang kita berikan kepada gambar-gambar adalah satu "penghormatan yang khidmat", bukan penyembahan; penyembahan hanya boleh diberikan kepada Allah.
"Penghormatan kepada Allah tidak diberikan kepada gambar sebagai benda, tetapi hanya sejauh mereka itu gambar-gambar, yang mengantar kepada Allah yang menjadi manusia. Gerakan yang mengarahkan ke gambar sebagai gambar, tidak tinggal di dalam ini, tetapi mengarah kepada Dia, yang dilukiskan di dalam gambar itu" (Tomas Aqu., s.th. 2-2,81,3, ad 3).
November 18, 2011, 06:29:02 PM
Reply #53
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9049
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
    12. St. Germanus dari Konstantinopel (733), mengajarkan tentang Maria sebagai yang “benar- benar terpilih, dan di atas semua, … melampaui di atas semua dalam hal kebesaran dan kemurnian kebajikan ilahi, tidak tercemar dengan dosa apapun.”



Cuma YESUS yang tidak tercemar, karena Dia tidak dari hasil persetubuhan. Manusia suci ya cuma Dia( waktu di dunia )...manusia pasti sudah tercemar dosa. Bunda Maria itu berdosa juga oleh karena dosa turunan. Lha kalau bunda Maria Suci pada waktu itu. Ga usah pake YESUS segala Dia aja yang tebus dosa manusia :tongue:

Belajar dimana bro seorang manusia bisa menebus dosa manusia?
Asda sendiri membacanya gimana ? 'Maria tidak berdosa' atau 'Maria bisa menebus dosa' ?
Sama ya artinya menurut anda?

 :mad0261:
Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
November 18, 2011, 06:39:13 PM
Reply #54
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 81
  • Denominasi: Kharismatik
Belajar dimana bro seorang manusia bisa menebus dosa manusia?
Asda sendiri membacanya gimana ? 'Maria tidak berdosa' atau 'Maria bisa menebus dosa' ?
Sama ya artinya menurut anda?


Lha Yesus itu mati waktu jadi manusia apa gmn???
Lha Maria itu menurut anda suci atau tidak pada waktu itu???
November 18, 2011, 06:47:18 PM
Reply #55
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9049
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic

Lha YESUS itu mati waktu jadi manusia apa gmn???
Lha Maria itu menurut anda suci atau tidak pada waktu itu???

Jesus adalah manusia dan Allah, dua sifat yang tidak bisa dipisahkan.

Jesus lahir melalui rahim manusia (Maria), sebagai Allah yang Mahakudus, Jesus tidak bisa 'ditempatkan' di tempat yang tidak kudus, maka atas kehendak Allah, Maria harus dikuduskan, sehingga layak menjadi tempat lahir seorang manusia yang adalah juga adalah Allah.

Bandingkan dengan Tabut perjanjian jika anda masih tidak mengerti.

Syalom
Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
November 18, 2011, 06:57:53 PM
Reply #56
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1694
  • Gender: Male
Nah lho... ??
Kirain ini thread khusus mempertanyakan utk apa GK membuat patung?
Apa ga OOT nih kalo malah membahas Maria & dwinatur Yesus?
November 18, 2011, 07:03:06 PM
Reply #57
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9049
  • Gender: Male
  • Denominasi: Catholic
Nah lho... ??
Kirain ini thread khusus mempertanyakan utk apa GK membuat patung?
Apa ga OOT nih kalo malah membahas Maria & dwinatur YESUS?

Pokoknya, semua thread yang berhubungan dengan Katolik, akan berisi seragam, Maria/Paus/Petrus/Patung, he he he he.

Menghujat sangat mudah, terlebih lagi jika tanpa bukti.
Melakukan sebaik seperti yang dihujat, jauh lebih sulit.
November 18, 2011, 07:07:52 PM
Reply #58
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1694
  • Gender: Male
Pokoknya, semua thread yang berhubungan dengan Katolik, akan berisi seragam, Maria/Paus/Petrus/Patung, he he he he.



Haha... ati2 bro, ntar kena tegur momod lho.
Kalo udah OOT, diajak pindah ke thread yg tepat aja, atau buka aja thread baru.

Lah.. aku jg jd ikut2an OOT... :D
November 18, 2011, 08:29:01 PM
Reply #59
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 7
  • Denominasi: Protestan
NgapAen Pulak Kita Menyembah patung Mirip Dengan Yesus. Apa Guna Nya.??

Kan ALLA/Yesus Dimana² Ada Di segala Tempat! :huh:  :huh:
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)