Author Topic: GEREJA = SARANG PENYAMUN dan JERAT dari @Iblis bagi orang2 percaya Yesus Kristus  (Read 7895 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 12, 2014, 06:25:16 PM
Reply #10
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 215
ya itu bro sixbn, berarti bukan semua gereja kan? hanya gereja babel maksudnya  :coolsmiley:
February 12, 2014, 06:33:37 PM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Itu kan ayat buat babel?

Kalo umat yang percaya berkumpul dan beribadah gak kayak gitu
ya itu bro sixbn, berarti bukan semua gereja kan? hanya gereja babel maksudnya  :coolsmiley:
Semua perkumpulan yang melakukan praktek2 ritual keyakinan-untuk menyembah "Yang di-Tinggi-kan", disebut BABEL.
February 12, 2014, 09:20:52 PM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
Untuk lebih jelasnya, bro.oda bisa baca ini:
http://www.ecclesia.org/truth/ekklesia.html
vbn, makasih link-nya. Barusan saya baca. Lumayan berat inggrisnya buat saya... namun secara garis besar saya menangkap bhw artikel sedang menyatakan bhw Kristus Eklesia itu bukan tempat - melainkan kumpulan para pengikut Kristus / jemaat (di artikel ditulis assembly - congregation).

(18) Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya

(18) Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan para pengikut-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

The basic meaning of “ekklesia” is “called out from”, or “to separate by summons”.

(18) Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan orang2 yang dipanggil oleh-Ku (called out by Me) dan alam maut tidak akan menguasainya.

Pertanyaan-nya :
Apa maksud kalimat "akan mendirikan orang2 yang dipanggil oleh-Ku" ?
Bisa tolong vbn jelaskan maksud kalimat tsb ? karena terus terang saya gak bisa mencerna-nya...  :ashamed0002:

lanjut,
Kumpulan orang pengikut Kristus.
Dimana mereka berkumpul ?
Di masing2 rumah mereka ya gak mungkin bisa disebut berkumpul - artinya ADA tempat-nya. Nah berdasarkan sebutan tempat tsb, maka ini ngerujuk ke kumpulan orang2 tsb tanpa mementingkan apakah orang2 itu berada ditempat tsb ataukah lagi nggak sedang berada disitu. Iya kan vbn ?  :wink:

Quote
Jika seperti itu pengertian bro. oda, bagaimana apabila di suatu lingkungan-yang penduduknya orang Kristen semua mengadakan perkumpulan sosial? --yang kegiatannya bukan mendengarkan FT dan puji-pujian--- Apakah perkumpulan mereka bukan gereja? :coolsmiley:
Bukan. Ekklesia berkumpul dan bergerak di bidang sosial ---> perkumpulan sosial, yang para anggotanya adalah Ekklesia.

Apakah di pov vbn, suatu perkumpulan sosial itu = Ekklesia ? Nggak kaaan....  :wink:

Quote
Dua-dua sudut pandang itu mempunyai pengertian yang sama saja....
Gereja menjadi exist oleh karena dibuat oleh yang biru; dan orang yang biru itu adalah penyamun.
Coba mari kita jangan gunakan kata gereja, karena vbn mengajukan kata Ekklesia - mari kita gunakan kata Ekklesia dan juga kita gunakan kata "tempat" dimana Ekklesia berkumpul, yah vbn  :happy0062:

Ekklesia itu exist karena mereka dipanggil/terpanggil oleh Kristus (dgn kata lain, para pengikut Kristus). Ekklesia berkumpul. Nah, namanya berkumpul ya pasti akan berada disuatu tempat kan vbn ?

bersambung.
February 12, 2014, 09:21:27 PM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
Quote
orang yang biru itu adalah penyamun
Sekarang pertanyaan-nya :
mengapa vbn bilang bhw Ekklesia ini (para pengikut Kristus) itu adalah penyamun ?
Dari mana bisa vbn berpendapat bhw para jemaat Korintus yg berkumpul di suatu tempat itu adalah para penyamun ? sehingga tempat tsb adalah sarang penyamun ? yang dimana tempat tsb digunakan utk menjerat .....??? menjerat siapaaaaa ??? menjerat Ekklesia ya tidak mungkin, secara pov vbn Ekklesia itu sendiri kan para penyamun.


Quote
Saya tidak mau ke gereja karena saya tidak mau menjadi jemaatnya gereja TEMPAT.....
Loh, TEMPAT itu kan cuma menunjukan dimana Ekklesia berkumpul kan vbn ?

Quote
saya mau menjadi jemaat Kristus. :)
mao di timbuktu kek, mao di pulau komodo kek TEMPATnya ... vbn kan TETEP sbg jemaat Kristus (Ekklesia). TEMPAT gak akan merubah siapa dirimu, kalo asalnya vbn adalah Ekklesia, kan ?

Quote
Yang disebut Jemaat-Kristus itu tidak harus berkumpul secara jasmani di suatu tempat.
Ya, tidak harus. Mao berkumpul disuatu tempat boleeehhh.... mao berkumpul di berbagai tempat juga oke... :).

Namun inti-nya kan tetep... berkumpul disuatu tempat, tidak menjadikan Cuplis bukan Ekklesia.
Iya kan vbn ?

Quote
Jika dalam Kisah para rasul ada tercatat orang-orang percaya Kristus berkumpul pada satu tempat, tidak berarti tempat berkumpulnya itu tetap.
dan tidak berarti pula bhw setiap kali ngumpul - tempatnya pasti selalu mencla-mencle, berpindah-pindah  :char11:

Quote
Artinya, perkumpulan yang tercatat dalam Kisah para rasul tersebut tidak sama dengan perkumpulan orang-orang Kristen sekarang ini, dimana tempat berkumpulnya itu bersifat mengikat/tetap... yang kemudian dikenal dengan sebutan "gereja".

Pertama,
tidak bisa dipastikan apakah jemaat Korintus itu tempatnya pasti selalu mencla-mencle ataukah fix disuatu tempat yg ditentukan.

Kedua,
Terlepas apakah sama ato tidak antara jadul dgn jasek, terlepas apakah mencla-mencle ataukah fix tempatnya ---> TEMPAT tidak bisa merubah Cuplis sebagai Ekklesia menjadi bukan Ekklesia.

Pertanyaan saya yang ijo ...  :wink:

:)
salam.
February 12, 2014, 10:02:02 PM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Sekarang pertanyaan-nya :
mengapa vbn bilang bhw Ekklesia ini (para pengikut Kristus) itu adalah penyamun ?
Dari mana bisa vbn berpendapat bhw para jemaat Korintus yg berkumpul di suatu tempat itu adalah para penyamun ? sehingga tempat tsb adalah sarang penyamun ? yang dimana tempat tsb digunakan utk menjerat .....??? menjerat siapaaaaa ??? menjerat Ekklesia ya tidak mungkin, secara pov vbn Ekklesia itu sendiri kan para penyamun.

 Loh, TEMPAT itu kan cuma menunjukan dimana Ekklesia berkumpul kan vbn ?
 mao di timbuktu kek, mao di pulau komodo kek TEMPATnya ... vbn kan TETEP sbg jemaat Kristus (Ekklesia). TEMPAT gak akan merubah siapa dirimu, kalo asalnya vbn adalah Ekklesia, kan ?
 Ya, tidak harus. Mao berkumpul disuatu tempat boleeehhh.... mao berkumpul di berbagai tempat juga oke... :).

Namun inti-nya kan tetep... berkumpul disuatu tempat, tidak menjadikan Cuplis bukan Ekklesia.
Iya kan vbn ?
 dan tidak berarti pula bhw setiap kali ngumpul - tempatnya pasti selalu mencla-mencle, berpindah-pindah  :char11:
 
Pertama,
tidak bisa dipastikan apakah jemaat Korintus itu tempatnya pasti selalu mencla-mencle ataukah fix disuatu tempat yg ditentukan.

Kedua,
Terlepas apakah sama ato tidak antara jadul dgn jasek, terlepas apakah mencla-mencle ataukah fix tempatnya ---> TEMPAT tidak bisa merubah Cuplis sebagai Ekklesia menjadi bukan Ekklesia.

Pertanyaan saya yang ijo ...  :wink:

:)
salam.
Saya tidak pernah mengatakan bahwa Ekklesia dan jemaat yang berkumpul di Korintus itu para penyamun-itu hanya ada di pov bro.oda saja :D

Kalo "tempat" berkumpul-nya orang2 percaya tidak mengikat mereka, maka baru boleh dikatakan bahwa "tempat" tersebut bukan sarang penyamun.
Tapi, kalo "tempat" berkumpul-nya orang2 percaya tersebut mengikat orang-orang yang ada di dalamnya, maka "tempat" tersebut boleh dikatakan sebagai SARANG PENYAMUN, dan orang-orang yang ada di dalamnya sudah dapat dipastikan bukan Ekklesia.

Sebab ada pepatah yang mengatakan:

Mat. 7:16   Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
.
      
Salam,
February 12, 2014, 10:44:46 PM
Reply #15
February 13, 2014, 03:59:13 AM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
Saya tidak pernah mengatakan bahwa Ekklesia dan jemaat yang berkumpul di Korintus itu para penyamun-itu hanya ada di pov bro.oda saja :D
kan sebelonnya saya sudah sempet menyatakan maksud saya bhw kita selidiki dulu awalnya, vbn ...  :wink:

Quote
Gereja itu tidak akan pernah exist apabila tidak pernah ada di suatu ketika biru berkumpul.
Apabila tidak ada Ekklesia Korintus yang berkumpul, ya tidak akan pernah ada itu tempat-nya. Dengan demikian tempat itu BUKAN sarang penyamun, kan vbn ?

Quote
Kalo "tempat" berkumpul-nya orang2 percaya tidak mengikat mereka, maka baru boleh dikatakan bahwa "tempat" tersebut bukan sarang penyamun.
Saya tidak mengerti... emang Ekklesia itu harus terikat pada suatu tempat ? Nggak kan vbn ? Kan sudah saya bilang : TEMPAT tidak bisa "ngapa2in" Ekklesia.... apalagi bisa/tidakbisa mengikat. TEMPAT itu ya cuma tempat berkumpul aja kan vbn ?

Quote
Tapi, kalo "tempat" berkumpul-nya orang2 percaya tersebut mengikat orang-orang yang ada di dalamnya, maka "tempat" tersebut boleh dikatakan sebagai SARANG PENYAMUN, dan orang-orang yang ada di dalamnya sudah dapat dipastikan bukan Ekklesia.
Saya juga nggak ngerti disini.... kok TEMPAT oleh vbn dijadikan ukuran/patokan sso itu Ekklesia atau bukan Ekklesia sih vbn ?

Lagian, dari mana bisa tau bhw tempat berkumpulnya Ekklesia di Korintus itu mengikat ato kagak, dimana vbn tidak berpendapat bhw yg berkumpul itu sudah dapat dipastikan bukan Ekklesia melainkan para penyamun dengan demikian dalam asumsi vbn tempat Ekklesia di Korintus itu tidak fix ?

vbn tidak mau ke suatu tempat berkumpulnya Ekklesia yg di pov vbn para penyamun, karena vbn kuatir ke-Ekklesia-an vbn menjadi hilang dan dan di cap oleh orang lain vbn itu penyamun ? Nggak kaan vbn  :wink:

Selain itu juga saya mau tanya : Ekklesia yg berkumpul di suatu tempat itu adalah para penyamun... dan vbn bilang adalah jerat dari iblis .... nah ini TEMPAT para Ekklesia berkumpul itu mau dipake utk menjerat siapa siiih ???  :cheesy: utk menjerat Ekklesia ??? Ya ga mungkin donk, Ekklesia itu sendiri  menurut vbn kan para penyamun  :char11:

Quote
Sebab ada pepatah yang mengatakan:

Mat. 7:16   Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
Loh... kita kan lagi ngomongin TEMPAT vbn, bukan tentang pribadi orang2 :wink:

:)
salam.
February 13, 2014, 07:06:04 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
kan sebelonnya saya sudah sempet menyatakan maksud saya bhw kita selidiki dulu awalnya, vbn ...  :wink:
Quote
Gereja itu tidak akan pernah exist apabila tidak pernah ada di suatu ketika biru berkumpul.
Apabila tidak ada Ekklesia Korintus yang berkumpul, ya tidak akan pernah ada itu tempat-nya. Dengan demikian tempat itu BUKAN sarang penyamun, kan vbn ?
Bro.oda harus bisa membedakan antara pengertian 'Ekklesia-orangnya dengan Gereja-"tempat" mereka berkumpul.

Kalo Ekklesia berkumpul pada suatu tempat-dalam arti disembarang tempat, saya pikir tidak ada persoalan.
Yang menjadi persoalan adalah ketika "tempat" dimana mereka biasa berkumpul berubah menjadi sebuah "GEREJA".
Dalam konteks "tempat" yang berubah itulah yang saya katakan sebagai: "sarang penyamun"-yang membuat orang2 di dalamnya menjadi penyamunnya.

Saya tidak mengerti... emang Ekklesia itu harus terikat pada suatu tempat ? Nggak kan vbn ? Kan sudah saya bilang : TEMPAT tidak bisa "ngapa2in" Ekklesia.... apalagi bisa/tidakbisa mengikat. TEMPAT itu ya cuma tempat berkumpul aja kan vbn ?
Kata siapa "TEMPAT"-yang sudah berubah menjadi 'Gereja' tidak bisa ngapa-ngapain Ekklesia?
Adakah Ekklesia yang dapat melawan 'Gereja'??? ehm... bisa-bisa kena inkusisi tuh ;D


Saya juga nggak ngerti disini.... kok TEMPAT oleh vbn dijadikan ukuran/patokan sso itu Ekklesia atau bukan Ekklesia sih vbn ?

Lagian, dari mana bisa tau bhw tempat berkumpulnya Ekklesia di Korintus itu mengikat ato kagak, dimana vbn tidak berpendapat bhw yg berkumpul itu sudah dapat dipastikan bukan Ekklesia melainkan para penyamun dengan demikian dalam asumsi vbn tempat Ekklesia di Korintus itu tidak fix ?
Hal ini-sebenarnya bukan soal fix/tidak fix tempat Ekklesia-di Korintus berkumpul; melainkan; Berubah tidak? "Tempat" dimana mereka berkumpul itu menjadi "TEMPAT"-Bangunan "Gereja'???... kan tidak. :azn:

vbn tidak mau ke suatu tempat berkumpulnya Ekklesia yg di pov vbn para penyamun, karena vbn kuatir ke-Ekklesia-an vbn menjadi hilang dan dan di cap oleh orang lain vbn itu penyamun ? Nggak kaan vbn  :wink:
Lah pasti-lah saya khawatir bro.oda, gimana tidak?

Lihat saja sekarang...
Apa penilaian orang-orang yang ada di luar sana terhadap jemaat 'Gereja'?.... 'miring' semuanya kan?
Jangankan penilaian orang luar.. penilaian sesama orang2 yang ada di dalamnya saja sudah saling menuduh miring; Dan itu FAKTA, bukan gosip. :azn:

Selain itu juga saya mau tanya : Ekklesia yg berkumpul di suatu tempat itu adalah para penyamun... dan vbn bilang adalah jerat dari iblis .... nah ini TEMPAT para Ekklesia berkumpul itu mau dipake utk menjerat siapa siiih ???  :cheesy: utk menjerat Ekklesia ??? Ya ga mungkin donk, Ekklesia itu sendiri  menurut vbn kan para penyamun  :char11:
Untuk menjawab 'pertanyaan' bro.oda itu, silahkan bro oda baca ini:
2Ptr. 2:1   Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.


Quote
Sebab ada pepatah yang mengatakan:

Mat. 7:16   Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
Loh... kita kan lagi ngomongin TEMPAT vbn, bukan tentang pribadi orang2 :wink:

:)
salam.
Pribahasa itu tidak menyinggung soal pribadi siapapun bro.oda; Itu soal "tempat"-nya berasal.
"semak duri" dan "rumput duri" adalah melambangkan tempat-nya berasal.... maka, mana bisa bro.oda memetik anggur? :azn:


Salam,
February 13, 2014, 07:35:15 PM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1526
  • Denominasi: kharismatik
Gereja itu adalah sarang PENYAMUN dan JERATNYA si Iblis bagi orang2 yang percaya Yesus Kristus.....lantas, buat apa saya harus ber-gereja?

Salam,
Sarang.     =wadah/tempat/lokasi
Penyamun=penjahat/pelaku kejahatan

Jadi sarang penyamun adalah tempat/wadah/lokasi yang dijadikan sebagai objek kejahatan.

Jahat=salah=dosa=tidak benar

Penjahat= pelaku dosa=pelaku kesalahan=pelaku yg tidak benar.

Adakah manusia tidak berdosa didunia ini ?

Tentu saja tidak ada yg tak berdosa...

Alkitab berkata “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah” (Rom. 3:23).

Jadi sejak manusia jatuh kedalam dosa..

Dosa telah menjadikan manusia sebagai sarang penyamun.

Nah... Cara pandang anda yg terlampau sempit.. Menunjuk gereja dan memvonisnya sebagai sarang penyamun..

Sarang penyamun bukan gereja tapi

Sarang penyamun adalah manusia yg berdosa.

Lebih tepatnya adalah dunia ini...klo gk yakin cek aja..
Nah..
Karena tidak ada yg benar.. Tuhan kasih solusi..
Karena kasih-Nya..

Yoh 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Yesus adalah Jalan bagi manusia yg mebutuhkan jalan..

Yesus adalah kebenaran bagi manusia yg mencari kebenaran..

Yesus adalah hidup bagi manusia yg membutuhkan hidup itu.

Jadi...

Diluar Yesus
adalah bukan jalan,bukan kebenaran dan bukan hidup.
Sama sekali..

Tuhan memberkati.
February 13, 2014, 10:44:34 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12923
    • fossil coral cantik
Bro.oda harus bisa membedakan antara pengertian 'Ekklesia-orangnya dengan Gereja-"tempat" mereka berkumpul.
sebentarrrr.... kayaknya ada miskomunikasi... hehehe.... :char11: kayaknya yg di pov vbn itu "gereja" dgn tandapetik ? yaitu yang ibaratnya suatu "organisasi" yah ? sementara selama ini yg di pov odading adalah tempat, ya literally tempat, bisa dibawah pohon asem - bisa di dalam bangunan, bisa dimana aja deh  :cheesy:

Quote
Kalo Ekklesia berkumpul pada suatu tempat-dalam arti disembarang tempat, saya pikir tidak ada persoalan.
Yang menjadi persoalan adalah ketika "tempat" dimana mereka biasa berkumpul berubah menjadi sebuah "GEREJA".
Nah itu.... jadi kayaknya yg di pov vbn itu BUKAN ttg sebuah bangunan, melainkan "organisasi"-nya tsb yah ? Dimana ada tatanan ataupun sistem.

Quote
Dalam konteks "tempat" yang berubah itulah yang saya katakan sebagai: "sarang penyamun"-yang membuat orang2 di dalamnya menjadi penyamunnya.
gak ngerti lagi saya vbn... kok "yang membuat orang2 di dalamnya menjadi penyamunnya" ?? Suatu "organisasi" tidak mungkin bisa membuat orang2 didalamnya menjadi penyamunnya - KECUALI para organisator itu sendiri adalah para penyamun - kan vbn ?

Quote
Kata siapa "TEMPAT"-yang sudah berubah menjadi 'Gereja' tidak bisa ngapa-ngapain Ekklesia?
Kagak bisa ngapa2in Ekklesia, itu kata saya. Ekklesia itu punya WILL. Jadi BUKAN "organisasi"-nya yang ngapa2in manusianya, melainkan manusianya yang mau diapa-apain oleh organisasi tsb.

Quote
Adakah Ekklesia yang dapat melawan 'Gereja'??? ehm... bisa-bisa kena inkusisi tuh ;D
Loh, adakah suatu "organisasi" (organisasi gereja dalam hal ini) memaksa mr.X utk masuk kedalam ke "organisasi" tsb ?

Ketika mr.X sendiri yang memang sudah memilih suatu "organisasi" ya otomatis mr.X mesti tunduk/patuh/taat dibawah Sistem organisasi tsb.

Quote
Hal ini-sebenarnya bukan soal fix/tidak fix tempat Ekklesia-di Korintus berkumpul; melainkan; Berubah tidak? "Tempat" dimana mereka berkumpul itu menjadi "TEMPAT"-Bangunan "Gereja'???... kan tidak. :azn:
Woaduuuu... kok kembali lagi ke soal bangunan ?

Masalah bangunan-nya dari mletot peyang berubah menjadi lancip2 ato bunder2 itu kan ya sesuai jaman kan vbn ? Bentuk TEMPAT/bangunan berkumpul Ekklesia di Korintus itu selalu dibawah kemungkinan berubah, sesuai jaman.

Quote
Lah pasti-lah saya khawatir bro.oda, gimana tidak?
Saya gak ngerti, seseorang yang sudah percaya dan sebagai Ekklesia (ini bisa dikatakan dipilih/terpilih oleh Yesus loh...) - kok masih kuatir ke-Ekklesia-an-nya hilang ?

Quote
Lihat saja sekarang...
Apa penilaian orang-orang yang ada di luar sana terhadap jemaat 'Gereja'?.... 'miring' semuanya kan?
vbn adalah Ekklesia ... saya, odading adalah NON-Ekklesia ... dan saya sebagai NON-Ekklesia tidak pernah berbenak - apalagi menilai miring dari anykind of "organisasi" gereja - vbn.

Kenapa vbn kuatir ama penilaian orang2 ?
Yang TAU dan menilai itu kan Tuhan, bukan orang2 ?

Quote
Jangankan penilaian orang luar.. penilaian sesama orang2 yang ada di dalamnya saja sudah saling menuduh miring; Dan itu FAKTA, bukan gosip. :azn:
Nah betul kaaan... vbn disini lagi ngomongin tentang orang2  :char11:

2Ptr. 2:1   Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula DI ANTARA KAMU akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.

DI ANTARA, vbn...
dan ini ngerujuk ke orang ataupun bbrp orang, tapi bukan semua orang yang didalam "organisasi" gereja kan vbn ... makanya dikatakan : Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

:)
salam.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)