Author Topic: GEREJA = SARANG PENYAMUN dan JERAT dari @Iblis bagi orang2 percaya Yesus Kristus  (Read 7703 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 14, 2014, 12:51:20 AM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
sebentarrrr.... kayaknya ada miskomunikasi... hehehe.... :char11: kayaknya yg di pov vbn itu "gereja" dgn tandapetik ? yaitu yang ibaratnya suatu "organisasi" yah ? sementara selama ini yg di pov odading adalah tempat, ya literally tempat, bisa dibawah pohon asem - bisa di dalam bangunan, bisa dimana aja deh  :cheesy:
 Nah itu.... jadi kayaknya yg di pov vbn itu BUKAN ttg sebuah bangunan, melainkan "organisasi"-nya tsb yah ? Dimana ada tatanan ataupun sistem.
Memangnya menurut bro.oda, antara "bangunan organisasi" sebagai "tempat" dengan "gereja"-yang lagi kita bicarakan itu ada bedanya ya?

Apa bedanya antara bangunan 'gereja' dengan organisasi 'gereja' bro?

gak ngerti lagi saya vbn... kok "yang membuat orang2 di dalamnya menjadi penyamunnya" ?? Suatu "organisasi" tidak mungkin bisa membuat orang2 didalamnya menjadi penyamunnya - KECUALI para organisator itu sendiri adalah para penyamun - kan vbn ?
Ehm.., kelihatannya, bro belum mengerti mengenai "spirit" organisasi gereja itu ya?

Bukan karena orang-orangnya adalah penyamun; melainkan oleh 'spirit' organisasi gereja itulah yang menjadikan orang-orang yang ada di dalamnya itu menjadi penyamun; Karena, 'spirit' organisasi gereja itu berasal dari PENGUASA DUNIA, yakni Kaisar Constantinus. Dialah yang memprakarsai terbangunnya organisasi gereja dunia.

Kagak bisa ngapa2in Ekklesia, itu kata saya. Ekklesia itu punya WILL. Jadi BUKAN "organisasi"-nya yang ngapa2in manusianya, melainkan manusianya yang mau diapa-apain oleh organisasi tsb.

Karena organisasi tersebut punya 'spirit' :)

Loh, adakah suatu "organisasi" (organisasi gereja dalam hal ini) memaksa mr.X utk masuk kedalam ke "organisasi" tsb ?
Ketika mr.X sendiri yang memang sudah memilih suatu "organisasi" ya otomatis mr.X mesti tunduk/patuh/taat dibawah Sistem organisasi tsb.
Jika "organisasi" itu(organisasi gereja dalam hal ini) tidak memaksa Ekklesia, maka seharusnya, organisasi tersebut tidak menterjemahkan kata Ekklesia (Yunani) sebagai church/gereja.

Woaduuuu... kok kembali lagi ke soal bangunan ?

Masalah bangunan-nya dari mletot peyang berubah menjadi lancip2 ato bunder2 itu kan ya sesuai jaman kan vbn ? Bentuk TEMPAT/bangunan berkumpul Ekklesia di Korintus itu selalu dibawah kemungkinan berubah, sesuai jaman.
Bukan soal bentuk bangunannya yang berubah-ubah bro.oda... tapi mengenai statusnya yang berubah gak? menjadi sebuah  organisasi gereja.


 Saya gak ngerti, seseorang yang sudah percaya dan sebagai Ekklesia (ini bisa dikatakan dipilih/terpilih oleh Yesus loh...) - kok masih kuatir ke-Ekklesia-an-nya hilang ?
Apa bro.oda gak pernah ngebaca perumpamaan Yesus Kristus yang berakhir dengan peringatan ini?
Mat. 22:14   Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih."

vbn adalah Ekklesia ... saya, odading adalah NON-Ekklesia ... dan saya sebagai NON-Ekklesia tidak pernah berbenak - apalagi menilai miring dari anykind of "organisasi" gereja - vbn.

Kenapa vbn kuatir ama penilaian orang2 ?
Yang TAU dan menilai itu kan Tuhan, bukan orang2 ?
Bagus, kalo bro.oda tidak pernah berbenak miring terhadap "organisasi" gereja... itu tandanya, bro.oda belum paham mengenainya.

Saya khawatir penilaian orang-orang? tidak bro.oda... saya tidak khawatirkan itu.
Dalam konteks itu saya hanya mau menunjukan, bahwa banyak sekali konflik yang terjadi, akibat penilaian orang luar terhadap keberadaan organisasi gereja tersebut.

bersambung....
« Last Edit: February 14, 2014, 12:54:31 AM by sizxbn »
February 14, 2014, 12:51:31 AM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Nah betul kaaan... vbn disini lagi ngomongin tentang orang2  :char11:

2Ptr. 2:1   Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula DI ANTARA KAMU akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.

DI ANTARA, vbn...
dan ini ngerujuk ke orang ataupun bbrp orang, tapi bukan semua orang yang didalam "organisasi" gereja kan vbn ... makanya dikatakan : Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

:)
salam.
Gimana gak ngerujuk kesemua orang yang di dalam "organisasi" gereja bro..?
Apa kalo-guru-guru palsu itu lagi mengajar, hanya untuk beberapa orang saja?

Ada pribahasa yang mengatakan:
Luk. 6:40   Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, tetapi barangsiapa yang telah tamat pelajarannya akan sama dengan gurunya.

Salam,
February 14, 2014, 01:16:41 PM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1503
  • Gender: Male
  • Denominasi: K R I S T E N
Gereja itu adalah sarang PENYAMUN dan JERATNYA si Iblis bagi orang2 yang percaya Yesus Kristus.....lantas, buat apa saya harus ber-gereja?

Tentang "gereja", Kitab Nubuat mengungkapkan:

Why. 18:2-3   Dan ia berseru dengan suara yang kuat, katanya: "Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, dan ia telah menjadi tempat kediaman roh-roh jahat dan tempat bersembunyi semua roh najis dan tempat bersembunyi segala burung yang najis dan yang dibenci, karena semua bangsa telah minum dari anggur hawa nafsu cabulnya dan raja-raja di bumi telah berbuat cabul dengan dia, dan pedagang-pedagang di bumi telah menjadi kaya oleh kelimpahan hawa nafsunya."

Lalu, memerintahkan barangsiapa yang telah dikuduskan-Nya untuk tidak mengambil bagian didalam dosa-dosanya dan keluar meninggalkan semua ajarannya.

Why. 18:4   Lalu aku mendengar suara lain dari sorga berkata: "Pergilah kamu, hai umat-Ku, pergilah dari padanya supaya kamu jangan mengambil bagian dalam dosa-dosanya, dan supaya kamu jangan turut ditimpa malapetaka-malapetakanya.

Apakah sodara mau mendengarkan perintah-Nya itu? :coolsmiley:
Saya sih sudah. :)

Salam,


nyangka2 aja ini..

kontradiksi dengan ayat ini..

Hal pengajaran yang sesat
Mat 7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
7:17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
7:18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.
7:19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"


jadi liat2 dulu, ada buahnya yang baik tidak? kalau hanya oknum, tidak bisa dilakukan dan di adjusting sebgai kebenaran..

adalah nonsense, orang dapat memetik buah dari pohonnya yang berduri?
buah salak juga orang malas memetiknya.. karena musti ditebas dulu pohon2nya berduri, atau pakai alat untuk mengambilnya..

jadi kalau nekat untuk tetap mengambil buah salak tersebut, pasti tangannya terluka..

jadi itu terlalu mahal, buah salak dengan beberapa tusukan duri di kulit..

sementara orang harus memetik buah anggur, dengan senang hati, tanpa khawatir kulit tanggannya tertusuk duri..

demikian juga perangai, berbagai hati manusia, bila ia memang kelihatan manis, pabila ujung2nya melakukan hal yang menyakitkan dimana tujuannya untuk mengambil keuntungan tentu itu bukanlah hal yang benar..
Mat 4:10
Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"
February 14, 2014, 01:22:43 PM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1503
  • Gender: Male
  • Denominasi: K R I S T E N
Perihal ber_Tuhan itu, bukan karena didasari Sakit hati, karena memang didasari kita : "membutuhkan Tuhan", jadi bagaimana pun perilaku orang lain, kita tetap tau tuhan mana yang kita sembah, tanpa perlu menghasut2 orang lain..


jadi Hiduplah berTuhan sebab engkau butuh Tuhan, bukan agar memiliki pekerjaan untuk menyalah2kan orang lain, sehingga EGO mu makin bersemi, dan fikirmu: "engkau paling benar sedunia, hingga orang lain meninggikan engkau"

nggak juga: "toh ajaran Yesus, hiduplah saling merendah kan diri, karena pabilapun siapa pun paling terbesar, ia akan menjadi pelayan yang terkecil"

Mat 20:26   
Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu,


itu untuk menghindari: "orang2 memuas kan egonya, dan lupa diri hingga bisa di setir oleh roh yang lain", hingga suatu saat IA AKAN MENGHALALKAN SEGALA CARA yang malah bertentangan dengan ingin Tuhan..
Mat 4:10
Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"
February 14, 2014, 01:50:35 PM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Hal pengajaran yang sesat
Mat 7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
7:17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
7:18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.
7:19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Kutipan ayat di atas sangat berhubungan dengan judul topik: "GEREJA = SARANG PENYAMUN dan JERAT dari @Iblis bagi orang2 percaya Yesus Kristus"


Salam,
February 14, 2014, 03:02:06 PM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12672
    • fossil coral cantik
Memangnya menurut bro.oda, antara "bangunan organisasi" sebagai "tempat" dengan "gereja"-yang lagi kita bicarakan itu ada bedanya ya?
Dari bold, makanya dari awal saya sempet kasih tau dulu ke vbn, bhw yg saya post-kan ini tentang bangunan, vbn :).

Quote
Apa bedanya antara bangunan 'gereja' dengan organisasi 'gereja' bro?
Secara pov saya, beda vbn. Dan oleh karena itulah, sekali lagi - saya di awal post menjelaskan bhw post saya itu tentang bangunan ... dan ini karena saya membedakan antara bangunan gereja dengan "organisasi" ---- apabila saya tidak membedakan kedua hal tsb, maka saya tidak akan menjelaskan pada post sblmnya bhw maksud post saya adalah bangunan/TEMPAT... begitu loh vbn :).

secara ilustrasi,
bangunan itu = HOUSE = bangunan rumah.
sedangkan "organisasi" = HOME = bisa ngerujuk ke bangunan itu sendiri, namun BUKAN ttg bangunan-nya --- melainkan keterlibatan person-nya dimana suasana "homey" dr bangunan tsb bagi si person.

Begitulah pengertian saya vbn ... :).

Quote
Bukan karena orang-orangnya adalah penyamun; melainkan oleh 'spirit' organisasi gereja itulah yang menjadikan orang-orang yang ada di dalamnya itu menjadi penyamun; Karena, 'spirit' organisasi gereja itu berasal dari PENGUASA DUNIA, yakni Kaisar Constantinus. Dialah yang memprakarsai terbangunnya organisasi gereja dunia.
nggak ada si KaisarPUN - sejak jaman baheula sekumpulan manusia yg merasa sama2 menyembah being yg sama telah mempunyai "spirit" perkumpulan (organisasi), kan vbn ?

Quote
Karena organisasi tersebut punya 'spirit' :)
Ya, dan dalam hal aliran kepercayaan yg sama - tidak memerlukan seorang Constantine  :wink:

Quote
Jika "organisasi" itu(organisasi gereja dalam hal ini) tidak memaksa Ekklesia, maka seharusnya, organisasi tersebut tidak menterjemahkan kata Ekklesia (Yunani) sebagai church/gereja.
Nah kalo yg ini saya lepas tangan... karena ujung2nya akan idem dengan :

kalo Yesus itu bukan Tuhan, jangan di terjemahin dgn kata Tuhan donk (di LAI) - melainkan gunakanlah kata tuan..... ---ataupun---

kalo ELOHIM di Kejadian 1 bukan Allah, jangan terjemahin dgn kata Allah donk ... melainkan gunakan kata setan/iblis/si jahat atau apalah itu. Kalo ELOHIM disitu cuma lagi berkhayal, jangan terjemahin dgn kata "mencipta" donk - melainkan gunakan kata "nglamun, daydreaming, berkhayal, berimajinasi, ber-idea" ato apalah itu ---atau juga---

kalo yg tertulis YHWH, jangan terjemahin ke kata "Allah" donk - melainkan YHWH, Yahweh, Yehovah, ato apalah itu...

hehehehe....  :char11:

Quote
Apa bro.oda gak pernah ngebaca perumpamaan Yesus Kristus yang berakhir dengan peringatan ini?
Mat. 22:14   Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih."
Pernah, tapi itu kan statement Yesus dan tidak sedang menunjukan bhw maksud Yesus berkata demikian adalah orang2 yang ber-gereja, maka PASTI-LAH mereka2 itu yang tidak dipilih, kan vbn.

bersambung
« Last Edit: February 14, 2014, 03:08:41 PM by odading »
February 14, 2014, 03:02:22 PM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12672
    • fossil coral cantik
Quote
Bagus, kalo bro.oda tidak pernah berbenak miring terhadap "organisasi" gereja... itu tandanya, bro.oda belum paham mengenainya.
Lah kalo buat vbn, begimana bisa paham kalo vbn sendiri tidak ber-gereja ?

Saya nggak ber-gereja, vbn nggak ber-gereja ----> dengan demikian penilaian kita yg berbeda ini jelas hanyalah sebagai pihak orang luar kan vbn ?

mr.X duluuu ber-gereja ... blakangan dia tidak ber-gereja. Bbrp kemungkinan, antara lain :
1. Mr.X sekarang malas utk ber-gereja - dimana alasan murni-nya, ya mr.X emang males dan tidak berkehendak ber-gereja
2. Mr.X sekarang males ber-gereja dgn alasan2 tertentu yg menyebabkan dia tidak berkehendak utk ber-gereja.
3. Mr.X pindah agama.

Pada point-2 diatas, "alasan2 tertentu" itu bisa timbul :
A. melalui penilaian mr.X ke ORANG2nya --- yang lalu mr.X meng-generalisasikan segelintir orang2 tsb ke keseluruhan secara organisasi.

B. bisa juga kemungkinan ketika awal mr.X memutuskan ber-gereja - mr.X tidak/belum memahami Sistem gereja yang dimana dia menggabungkan diri tsb.... blakangan mr.X baru merasa tidak suka/gerah dgn Sistem yg ada ... yg akhirnya mr.X males/tidak ber-gereja.

Salah siapa ? Ya semua itu salah mr.X nya kan vbn ... bukan salah "gereja"nya :char11:
Mr.X tidak layak utk berpendapat : "uh gereja itu sarang penyamun, isinya para penyamun semua"  :D

Quote
Saya khawatir penilaian orang-orang? tidak bro.oda... saya tidak khawatirkan itu.
Quote
Lah pasti-lah saya khawatir bro.oda, gimana tidak?
Lalu apa yang mengkhawatirkan kamu, vbn ?

Quote
Dalam konteks itu saya hanya mau menunjukan, bahwa banyak sekali konflik yang terjadi, akibat penilaian orang luar terhadap keberadaan organisasi gereja tersebut.
Dari kalimat diatas, krono-logiknya sbb : KARENA orange terpenuhi MAKA ungu ter-aplikasi.

Tetapi Causal tsb belon sempurna, yakni :
yg orange : penilaian orang luar itu apa ? apa isi dari penilaian orang luar tsb ?
yg ungu : konflik yg terjadi itu dimana ? di dalam organisasi itu sendiri ? ato diluar organisasi ? seberapa banyak ? apakah lebih banyak keberadaan konfliknya ketimbang ketidak-beradaan konfliknya ?

Quote
Gimana gak ngerujuk kesemua orang yang di dalam "organisasi" gereja bro..?
Karena kalimat di ayatnya bilang : DI ANTARA kamu, vbn - dimana "kamu" disitu adalah para Ekklesia itu sendiri. Jadi gak mungkin kan maksud Yesus dgn perkataan tsb : "di antara kamu yg para pencuri terdapat pencuri":wink:

Quote
Ada pribahasa yang mengatakan:
Luk. 6:40   Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, tetapi barangsiapa yang telah tamat pelajarannya akan sama dengan gurunya.
sepenggal ayat tsb tidak ada koneksinya dgn yg kita lagi bicara-in vbn.

Blok ayat tsb sedang didalam konteks jangan menghakimi --- dan se-blok ayat ini yang sedang ditujukan kepada para pembacanya tentang jangan menghakimi, barulah ada koneksinya dgn yg kita lagi bicarain  :happy0062:

:)
salam.
February 14, 2014, 03:05:14 PM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 752
  • Gender: Male
  • Denominasi: Pengikut Kristus
Gereja itu adalah sarang PENYAMUN dan JERATNYA si Iblis bagi orang2 yang percaya Yesus Kristus.....lantas, buat apa saya harus ber-gereja?

Tentang "gereja", Kitab Nubuat mengungkapkan:

Why. 18:2-3   Dan ia berseru dengan suara yang kuat, katanya: "Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, dan ia telah menjadi tempat kediaman roh-roh jahat dan tempat bersembunyi semua roh najis dan tempat bersembunyi segala burung yang najis dan yang dibenci, karena semua bangsa telah minum dari anggur hawa nafsu cabulnya dan raja-raja di bumi telah berbuat cabul dengan dia, dan pedagang-pedagang di bumi telah menjadi kaya oleh kelimpahan hawa nafsunya."

Lalu, memerintahkan barangsiapa yang telah dikuduskan-Nya untuk tidak mengambil bagian didalam dosa-dosanya dan keluar meninggalkan semua ajarannya.

Why. 18:4   Lalu aku mendengar suara lain dari sorga berkata: "Pergilah kamu, hai umat-Ku, pergilah dari padanya supaya kamu jangan mengambil bagian dalam dosa-dosanya, dan supaya kamu jangan turut ditimpa malapetaka-malapetakanya.

Apakah sodara mau mendengarkan perintah-Nya itu? :coolsmiley:
Saya sih sudah. :)

Salam,
Pemikiran yang terbilang sederhana, tidak melihat Wah 18:2 sebagai pengertian ato pelambangan dari Gereja. Tidak ada petunjuk, tidak ada penjelasan, tidak ada rujukan, kenapa ujug-ujug menyimpulkan bahwa Wah 18:2 itu Gereja? Ada yang mau membantu? Di bagian mana dari Wah 18:2 itu yang dimaksudkan sebagai Gereja?
Damai di surga, damai di bumi, damai di forum, dan damai di hati
February 14, 2014, 03:21:10 PM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
Pemikiran yang terbilang sederhana, tidak melihat Wah 18:2 sebagai pengertian ato pelambangan dari Gereja. Tidak ada petunjuk, tidak ada penjelasan, tidak ada rujukan, kenapa ujug-ujug menyimpulkan bahwa Wah 18:2 itu Gereja? Ada yang mau membantu? Di bagian mana dari Wah 18:2 itu yang dimaksudkan sebagai Gereja?
BABEL merupakan lambang dari sebuah kota-tempat dimana TUHAN menyerakan mereka ketika mereka hendak mencapai langit.

Kej. 11:9   Itulah sebabnya sampai sekarang nama kota itu disebut Babel, karena di situlah dikacaubalaukan TUHAN bahasa seluruh bumi dan dari situlah mereka diserakkan TUHAN ke seluruh bumi.

Kota Babel yang sekarang adalah Roma-Katolik-Vatikan.
Gereja-gereja lokal yang ada disetiap daerah dan negara adalah sempalan-yang diserakkan TUHAN ke seluruh bumi dari kota Babel tersebut.


Salam,
February 14, 2014, 04:15:54 PM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 752
  • Gender: Male
  • Denominasi: Pengikut Kristus
BABEL merupakan lambang dari sebuah kota-tempat dimana TUHAN menyerakan mereka ketika mereka hendak mencapai langit.

Kej. 11:9   Itulah sebabnya sampai sekarang nama kota itu disebut Babel, karena di situlah dikacaubalaukan TUHAN bahasa seluruh bumi dan dari situlah mereka diserakkan TUHAN ke seluruh bumi.

Kota Babel yang sekarang adalah Roma-Katolik-Vatikan.
Gereja-gereja lokal yang ada disetiap daerah dan negara adalah sempalan-yang diserakkan TUHAN ke seluruh bumi dari kota Babel tersebut.


Salam,
Bagaimana formulanya sehingga kota Babel yang sekarang adalah Roma-Katolik?
Damai di surga, damai di bumi, damai di forum, dan damai di hati
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)