Author Topic: Apa sebabnya Yesus Kristus dihukum mati?  (Read 3722 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

December 16, 2013, 04:24:36 AM
Reply #30
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 56
  • I'm nothing...,but GOD is something..!!!!
sambungan  8:

Kajian Kejadian 1:27, Hanya Allah saja Sang Pencipta :


1:27 LAI TB, Maka Allah (ELOHIM, Plural of Majesty) menciptakan (BARA, singular) manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya (BARA, singular) dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya (BARA, singular) mereka.
KJV, So God (ELOHIM, Plural of Majesty) created (BARA, singular) man in his own image, in the image of God created he (BARA, singular) him; male and female created he (BARA, singular) them.
Hebrew,
וַיִּבְרָא אֱלֹהִים ׀ אֶת־הָֽאָדָם בְּצַלְמֹו בְּצֶלֶם אֱלֹהִים בָּרָא אֹתֹו זָכָר וּנְקֵבָה בָּרָא אֹתָֽם׃
Translit. Interlinear, VAYIVRA' {dan Dia menciptakan, verb, qal perfect (completed action), masculine, third person, singular} 'ELOHIM {Allah, noun, masculine plural, Plural of Majesty} 'ET-HA'ADAM {manusia itu} BETSALMO {pada gambar-Nya} BETSELEM {pada gambar} 'ELOHIM {Allah} BARA' {Dia menciptakan, verb, qal perfect (completed action), masculine, third person, singular} 'OTO {-nya} ZAKHAR {laki-laki} UNEQEVAH {dan perempuan} BARA' {Dia menciptakan, verb, qal perfect (completed action), masculine, third person, singular} 'OTAM {mereka}.


Ayat diatas menulis dengan jelas dalam bahasa Ibrani, bahwa penciptaan dilaksanakan oleh Allah sendiri (perhatikan kata kerja bentuk ‘singular’) yaitu kata yang "khas" digunakan oleh Allah saja yaitu kata Ibrani " בָּרָא - BARA'", manusia atau makhluk lain tidak mungkin mencapai kuasa-kuasa yang terkandung dalam istilah ini, sebab kata ini menggambarkan mujizat sempurna. Dengan kuasa tertinggi untuk menciptakan dan ini hanya dimiliki oleh Allah saja. Study kata " בָּרָא - BARA'" dapat Anda lihat di bara-studi-kata-ibrani-vt211.html#p409 .
December 16, 2013, 04:28:11 AM
Reply #31
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 56
  • I'm nothing...,but GOD is something..!!!!
sambungan 9:

Maka meskipun dalam "Sidang Ilahi" itu Allah berbicara kepada bala tentara Sorgawi, penciptaan manusia Ia laksanakan sendiri ("BARA'", kata kerja bentuk ‘singular’).


Kembali ke ayat 26, dalam terjemahan LAI-TB menulis "kita menjadikan" KJV menulis "Let us make" dalam bahasa asli Ibrani menulis " נַֽעֲשֶׂה - NA'ASEH" dan terjemahan LXX "ποιησωμεν - POIÊSÔMEN", sedangkan dalam penciptaannnya sendiri digunakan kata yang lain yaitu kata " בָּרָא - BARA'" yang berbentuk singular (ayat 27) (menciptakan, KJV : created).

Kata "menjadikan" dan "menciptakan" ini tentu mempunyai bobot yang berbeda. Bahwa ketika Allah berbicara kepada bala tentara Sorgawi Ia berbicara dengan kata "menjadikan", Sedangkan "penciptaan" manusia dilakukan hanya oleh Allah sendiri: בָּרָא - BARA', dimana kata "BARA'" ini adalah kata yang spesifik hanya untuk Allah saja.

Kejadian 1:26-27 Sang Pencipta berfirman sebagai Raja Sorgawi dihadapan bala tentara Sorgawi. Ia menyatakan rencananya untuk menciptakan makhluk yang akan menguasai bumi dan isinya, yaitu manusia.

Manusia "dijadikan" dalam "image" Allah : "Menurut gambar" (TSELEM) "dan rupa kita" (DEMUT).

Mengenai posisi para malaikat, sesuai pemahaman kalangan Yahudi Rabinik, dapat kita katakan bahwa mereka adalah para peserta SIDANG ILAHI yang diajak Allah dalam kesepakatan "untuk menjadikan" (bukan menciptakan) manusia yang memiliki sifat-sifat tertentu dari "'ELOHIM" (termasuk malaikat), yang berperasaan, yang berpengetahuan/ memiliki intelektual, memiliki kuasa dll, seperti beberapa sifat yang dimiliki Allah dan malaikat. Dimana kemampuan manusia ini berbeda dengan ciptaan-ciptaan/ makhluk-makhluk lain yang sudah diciptakan sebelumnya di bumi yaitu binatang-binatang.

Para malaikat dalam SIDANG ILAHI tersebut diajak turut dalam rencana "menjadikan", Ibrani: NA'ASEH, plural itulah sebabnya verba ini ditulis dalam bentuk qal imperfect, (kata kerja belum rampung).

Namun, dalam penciptaannya dilakukan oleh Allah sendiri, kita dapat melihat kata spesifik BARA' singular, adalah verba dalam bentuk qal perfect (completed action, kata kerja sudah rampung).

Kejadian 1:27, sesuai yang sudah dijelaskan diatas. Merujuk bahwa penciptaan manusia dilakukan secara mutlak dan dirampungkan sendiri oleh Allah.
Perhatikan lagi bahwa kata BARA' diucapkan 3x, dan 3x pula dinyatakan dalam "stem qal perfect" (rampung) . Dalam sastra Ibrani pengucapan suatu kata hingga 3x itu menunjuk kepada kemutlakan/ kepastian, bandingkan dengan pujian kepada Allah: "Kudus, kudus, kudus" (Yesaya 6:3; Wahyu 4:8). "KUDUS" adalah sifat Allah yang diulang sampai 3x, hal ini menunjukkan tidak ada kata yang lainnya yang dapat menggambarkan kekudusan Allah yang mutlak dan pasti dalam bahasa manusia, kecuali diulang sampai 3x. Kekudusan Allah dalam pemahaman Yahudi adalah : 'sifat dari segala sifat' yang kesatuannya mencakup segala sifat Allah. Dalam Kejadian 1:27 ini kata BARA' diucapkan 3x sebab hanya Allah-lah Sang Pencipta itu!.
December 16, 2013, 04:43:44 AM
Reply #32
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 56
  • I'm nothing...,but GOD is something..!!!!
sambungan 10:

KESIMPULAN:
Telah kita pelajari dengan jelas, kita sama-sama telah meneliti pemakaian kata "Kita" oleh Allah di dalam Perjanjian Lama, berarti Allah berkata kepada malaikat yang ada di sekitarnya, bahwa para malaikat itu terlibat di dalamnya dalam suatu SIDANG ILAHI. Saat Dia berfirman kepada manusia, Allah tidak pernah menggunakan kata "Kita/ Kami".

BAGAIMANA DENGAN DOKTRIN TRINITAS?

Maka, dengan kajian ayat secara tekstual dan juga adanya referensi-referensi yang dikutip diatas, saya pribadi, memilih pada penafsiran kata "Kita" yang tidak merujuk kepada "TRINITAS", bukan berarti penafsiran ini menentang pada doktrin Trinitas. Kejadian 1:26 secara tekstual tidak mengarah kepada "dalil Trinitas". Namun di ayat-ayat lain dalam Alkitab kita dapat kita temukan banyak sekali yang dapat kita mengerti dan pahami sebagai dasar dari doktrin Trinitas. Misalnya, Perjanjian Lama sering merujuk bahwa ROH KUDUS adalah Roh Allah yang Kudus (Ibrani " רוח הקודש - RUAKH HAQODESY"), dan bahwa terdapat jelas informasi keterlibatan ROH KUDUS dalam penciptaan (Kejadian 1:2) dan juga ayat-ayat lain seperti yang dikutip dalam Artikel di roh-kudus-vt33.html#p73 .

Bagi kalangan saudara yang Trinitarian, kita tak perlu kawatir dengan penjabaran Kejadian 1:26 yang memang tidak mengarah kepada "Trinitas", dan tidak usah menganggap kajian tersebut "kontra Trinitas", bagaimanapun Allah kita adalah ALLAH yang SANGAT MAHA DALAM KEPRIBADIANNYA dan SANGAT PRIBADI DALAM KEMAHAANNYA.
Hakekat Allah itu diluar pemikiran manusia, kita hanya bisa menjabarkannya sebatas kapasitas tempurung otak kita. Allah itu ber-otoritas, Ketika Allah memutuskan Ia menjelma ke bumi sebagai manusia, bukan berarti ada bagian dari diriNya yang berkurang atau bahkan hilang.

Bapa Gereja Tertulianus (120 – 225 AD), mewariskan doktrin yang sangat bagus yaitu doktrin Trinitas yang membantu kita untuk memahami hakekat Allah yang kompleks itu dan diluar jangkauan akal manusia, ia terinspirasi oleh perkataan Tuhan Yesus sendiri dalam :

* Matius 28:19
LAI TB, Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam 'nama' ('ONOMA') Bapa dan Anak dan ROH KUDUS,
KJV, Go ye therefore, and teach all nations, baptizing them in the name of the Father, and of the Son, and of the Holy Ghost:
NIV, Therefore go and make disciples of all nations, baptizing them in the name of the Father and of the Son and of the Holy Spirit,

Referensi dari:
http://www.sarapanpagi.org/kita-dlm-kejadian-1-26-merujuk-pd-trinitas-vt1680.html

Salam.




December 16, 2013, 09:01:08 AM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1503
  • Gender: Male
  • Denominasi: K R I S T E N
Bukan pemelintiran/kesemena2an seperti tuduhan sodara; Tetapi oleh karena sodara tidak pernah mendengar berita Injil yang sebenarnya; sehingga tuduhan2 itu keluar dari benak sodara.

Berita Injil yang sebenarnya adalah seperti yang saya jelaskan dalam topik ini. Sedangkan 'berita Injil' yang sodara dengar selama ini, sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan sodara dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus. Gal. 1:7

Salam,

saya juga punya alibi sperti yang sodara sizxvbn ini sangkakakan, sodara sizxvbn ini suka berhalusinasi, halusinasi tingkat tinggi, bisa menyalahkan siapa saja tanpa alasan yang jelas,

kan sudah dikatakan oleh orang farisi : "untuk apa lagi kita mengumpulkan dalil tentang orang ini (Yesus), sebab Yesus menurut dugaan mereka, Yesus telah menyamakan diriNya dengan Allahnya mereka, Allah nenek moyang mereka. Dan itu merupakan Hujatan bagi mereka (yahudi dan farisi), hujatan bagi mereka adalah dalil yang paling maksimal, dan akurat dan paling menantang hukum2 ketentuan yang berlaku bagi mereka.

udah tertulis dengan lengkap koq, kenapa kamu nambah2in?  ;D koq kamu repot2 amaat? walo ga penting juga?  ;D
« Last Edit: December 16, 2013, 09:10:36 AM by tamaz »
Mat 4:10
Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"
December 16, 2013, 09:46:49 AM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
1a. Dosa adalah pelanggaran perintah Eloah Yahweh.
1b. Upah dosa adalah niš·maṯ ḥay·yîm yang di-naphach-kan (dihembuskan) oleh Yahweh, kembali kepada-Nya; Artinya Manusia (Adam) akan mengalami kefanaan (mati).
1c. Dosa tidak bisa dibayar/dibeli/dilunasi oleh usaha orang; Sebab niš·maṯ ḥay·yîm yang di-naphach-kan (dihembuskan) oleh Yahweh adalah bersifat karunia/pemberian Yahweh.
1d. Dosa tidak bisa dihilangkan oleh siapapun --termasuk Yahweh--; Sebab dosa adalah bersifat kekal.
Yang bisa dilakukan oleh Yahweh adalah diberikannya kembali niš·maṯ ḥay·yîm kepada orang yang mau percaya pada Berita Injil-Nya.

@saudara SIZXBN,
jawaban saudara di point:
1a. TEPAT!!  :afro:
1b. kurang jelas!! mengalami kefanaan (mati) yg di maksud anda apakah mati secara lahiriah atau mati secara rohaniah?? hal ini menjadi SANGAT PENTING untuk dijelaskan,sebab jika upah dosa HANYA/CUMA kematian lahiriah,maka dosa itu menjadi sangat ringan hukumnya. Tetapi jika yg dimaksudkan adalah MATI secara ROHANIAH(bersifat KEKAL),inilah yg MENAKUTKAN!! jadi tolong jelaskan lagi dengan jelas dan berdasarkan Firman Tuhan.
Roma 6:23 "Upah dosa adalah MAUT!!!!
1c. TEPAT jawaban anda!!! :afro:
1d. jawaban anda SALAH!!!Allah dapat meniadakan DOSA!!memang Dosa itu memang belum di tiadakan /dibuang oleh Allah sementara waktu sampai batas waktu penghakiman dan hukuman kematian kekal (kematian ke2),tetapi setelah upah dosa itu telah dibuang kedalam lautan api,maka dengan otomatis DOSA itu sendiri sudah tidak ada lagi.(bagaimana mungkin suatu dosa dpat tetap ada kalau ganjaran/upah dosa tersebut sudah tidak ada).

Wahyu 20:14 Lalu Maut dan kerajaan MAUT itu dilemparkanlah kedalam lautan api.itulah kematian yang kedua.
Wahyu 21:4   Dan IA akan menghapus segala air mata dari mata mereka,dan MAUT TIDAK AKAN ADA LAGI.tidak akan ada lagi perkabungan,atau ratap tangis,atau dukacita,sebab SEGALA SESUATU YANG LAMA itu TELAH BERLALU.

Tambahan penjelasan:
1b. "Manusia (Adam) akan mengalami kefanaan (mati)" adalah mengalami kematian jiwa dan raganya secara kekal.

1d. Jika dosa dengan upahnya dapat dihapuskan maka penghukumannya yang dinyatakan di dalam Kitab Suci adalah tidak benar; sebab artinya tidak kekal; Sedangkan Kitab Suci menyatakan bahwa penghukuman akan dosa adalah kekal.

Pernyataan "MAUT TIDAK AKAN ADA LAGI" adalah dalam konteks kehidupan di dalam langit dan bumi yang baru; sedangkan di dalam dunia yang lama, dosa tetap ada tetapi dalam keadaan penghukuman kekal.

Salam,
December 16, 2013, 09:59:38 AM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
saya juga punya alibi sperti yang sodara sizxvbn ini sangkakakan, sodara sizxvbn ini suka berhalusinasi, halusinasi tingkat tinggi, bisa menyalahkan siapa saja tanpa alasan yang jelas,

kan sudah dikatakan oleh orang farisi : "untuk apa lagi kita mengumpulkan dalil tentang orang ini (Yesus), sebab Yesus menurut dugaan mereka, Yesus telah menyamakan diriNya dengan Allahnya mereka, Allah nenek moyang mereka. Dan itu merupakan Hujatan bagi mereka (yahudi dan farisi), hujatan bagi mereka adalah dalil yang paling maksimal, dan akurat dan paling menantang hukum2 ketentuan yang berlaku bagi mereka.

udah tertulis dengan lengkap koq, kenapa kamu nambah2in?  ;D koq kamu repot2 amaat? walo ga penting juga?  ;D
Apakah artinya sodara memfitnah saya berdasarkan pikiran/pandangan orang2 Yahudi itu?

Tidak penting?? :rolleye0014:
Justru disitulah letak nilai penting kedudukannya, yaitu antara kedudukan pengertian Kebenaran dengan kedudukan pengertian yang tidak benar.

Salam,
December 16, 2013, 10:18:17 AM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
sambungan untuk saudara @SIZXBN;
 jawaban anda pada point 1d. bagian kedua,yakni saya kutip ulang jawaban anda:
"Yang bisa dilakukan oleh Yahweh adalah diberikannya kembali niš·maṯ ḥay·yîm kepada orang yang mau percaya pada Berita Injil-Nya."
 adalah: SALAH!!!!!
 SEBAB,Yahweh(menurut bahasa anda) ternyata SANGGUP/BISA/MAMPU melunasi/membayar/menghapus dosa tersebut dengan jalan PENEBUSAN DOSA.

Yohanes 1:29......""Lihatlah Anak domba Allah,yang menghapus dosa dunia"
 tetapi walaupun setelah manusia itu mau menerima Kristus sebagai penebus dosanya,TIDAK BERARTI manusia itu langsung otomatis masuk surga!! oleh sebab itu Kristus juga membawa kabar kesukaan(Injil) tentang Kerajaan Allah serta kebenaranNya, jalan keselamatan menuju surga (kerajaan Allah),maka Kristus menuntut manusia itu "PERCAYA" kepadaNya. Arti kata "PERCAYA" yg dimaksudkan Kristus,bukan hanya sekedar ucapan mulut semata.(untuk membahas masalah kata"PERCAYA" ini perlu bahasan KHUSUS & saya tidak dapat menjelaskannya disini)

* Yohanes 3:16 " Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

KESIMPULAN:
Jadi sekarang jelaslah bahwa mengapa Yesus harus mati di kayu salib, yakni membawa 2 misi Utama dari Allah.
1. sebagai penebusan dosa
2.memberikan berita keselamatan tentang kerajaan Allah.

salam.
Seperti penjelasan saya sebelumnya bahwa kematian Anak Domba Eloah di kayu salib adalah dikarenakan Ia menyampaikan berita Injil Kerajaan Eloah.
Kematian-Nya di atas kayu salib adalah bukan untuk menebus dosa; tetapi kematian-Nya disebakan oleh karena kuasa Dosa yang tidak senang akan berita Injil-Nya.

Dosa beserta upahnya tidak dapat dihapuskan/terhapus, kecuali apabila niš·maṯ ḥay·yîm diberikan dan diterima kembali oleh seseorang.

Barangsiapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya.

Artinya, sekalipun seseorang telah menuruti Firman-Nya serta menerima karunia niš·maṯ ḥay·yîm-Nya kembali, ia akan tetap mengalami kematian sementara seperti pengalaman-Nya.

Salam,
December 16, 2013, 10:45:28 AM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12359
  • tidak menyimpan kepahitan
sambungan ke 3:
@saudara SIZXBN, mengenai TAFSIRAN/PENGERTIAN anda tentang arti kata"KITA(jamak)" atau "ELOHIM(jamak)" yg diartikan menurut saudara SIZXBN adalah IBLIS,adalah SALAH SAMA SEKALI!! mengapa?
 memang dikalangan para peneliti ALKITAB terdapat beberapa sudut pandang yg berbeda tentang arti kata "ELOHIM" tersebut,tetapi tidak satupun dari para peneliti ALKITAB yg berbeda sudut pandang itu yg menyatakan bahwa kata"ELOHIM" itu adalah 'IBLIS".

[1]Pendapat Yahudi Rabbinik

Allah sedang berbicara kepada para malaikat yang ada di sekeliling-Nya. Parafrasa Targum Yonatan menulis, "Dan Allah berkata kepada malaikat malaikat yang melayani yang sudah diciptakan-Nya pada hari kedua dari penciptaan alam semesta, 'Mari KITA jadikan manusia'".
Reff: http://targum.info/pj/pjgen1-6.htm
And the Lord said to the angels who ministered before Him, who had been created in the second day of the creation of the world, Let us make man in Our image, in Our likeness; and let them rule over the fish of the sea, and over the fowl which are in the atmosphere of heaven, and over the cattle, and over all the earth, and over every reptile creeping upon the earth. And the Lord created man in His Likeness:
Saat Musa menulis kitab Taurat dan tiba pada ayat ini "Baiklah KITA menjadikan manusia..." yang dalam bentuk jamak serta menyiratkan adanya kejamakan dalam pribadi Allah, Musa berkata, "Wahai Raja Semesta Alam! Mengapa Engkau memberikan ayat yang menyiratkan adanya kejamakan Allah?" Allah menyahut, "Tulislah! Siapa saja yang ingin sesat, biarlah ia sesat. Sesungguhnya, hendaklah mereka mempelajari dari Pencipta-Nya yang menciptakan segala sesuatu, bahwa tatkala Dia akan menjadikan manusia, Dia pun mengadakan musyawarah dengan para malaikat-Nya."

[2] Pendapat Yahudi Messianik

Allah sedang berbicara kepada pribadi-Nya sendiri karena pribadi Allah itu kompleks, di sana ada firman-Nya, Roh-Nya, kehendak-Nya, dan lain-lain.


[3] Pendapat Kristen yang Trinitarian

Bapa sedang berbicara kepada Anak, dan kepada ROH KUDUS.


[4]Pendapat Kristen yang non-Trinitarian.

Allah sedang berbicara kepada malaikat yang ada di sekitar-Nya.

Yoh. 5:39-40   Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku, namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu.

Demikianlah yang dikatakan Yesus Kristus kepada para ahli Kitab (orang2 Farisi) ketika Ia memberitakan Injil Kerajaan Eloah.

Hal itu menyiratkan fakta seperti yang sodara nyatakan di atas, dimana semua kalangan 'ahli Kitab' meneliti Kitab Suci berdasarkan dorongan 'spirit' keyakinannya sendiri-sendiri secara 'pribadi' bahwa 'ELOHIM Pencipta langit dan bumi itu adalah Yahweh...... Keyakinan seperti itu adalah dasar yang keliru untuk memahami Kitab Suci; Dan oleh sebab itu maka semua hasil penelitiannya akan menghasilkan pengajaran yang salah.

Salam,
December 16, 2013, 12:48:05 PM
Reply #38
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 39216
Re: Apa sebabnya Yesus Kristus dihukum mati?

sebabnya ??

karena DIA mengasihi kamu si TS agar kamu tidak binasa,

dengan apakah kamu bisa menghapus dosa dosa kamu ?
uang ?
kekayaan ?
harta ?
pangkat ?
kedudukan ?
kekuasaan ?

semuanya sia sia, tanpa PENGORBANAN YESUS DI KAYU SALIB, kamu pasti binasa kekal dalam neraka.
« Last Edit: December 16, 2013, 12:50:18 PM by jannet »
December 16, 2013, 01:05:37 PM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1503
  • Gender: Male
  • Denominasi: K R I S T E N
Apakah artinya sodara memfitnah saya berdasarkan pikiran/pandangan orang2 Yahudi itu?


he he, yang suka memfitnah khan kamu? koq kamu bisa melihat sesumbar dimata orang lain sementara palang didepan mata kamu sendiri tidak lihat? sadar ga sih mengapa member lain seolah2 menyerang kamu? jawabnya yaitu : karena kerjamu memfitnah, "me_reka2kan yang tidak betul". Alhasil disetiap thread kamu diserang, bahkan secara pribadi.

memfitnah saya berdasarkan pikiran/pandangan orang2 Yahudi itu?


jelas sekali kamu tidak tahu, Asal muasal dari kesegalanya itu adalah Yahudi, dan engkau hanya ORANG KAFIR yang tidak termasuk dalam bilangan, (kamu sama sekali tidak punyak hak akan Allah israel menurut Yahudi) koq kamu bisa mengambil pernyataan sperti itu?
bikin agama sendirilah, yang sesuai dengan keyakinanmu, jangan comot ayat alkitab, yang asal muasalnya dari Israel dan yahudi sana.

makanya, make obatnya jangan OD = overdosis.. ;D

Tidak penting?? :rolleye0014:
itu sangat penting, pabila tidak, kau akan me_reka2kan yang buruk yang tidak sesuai dengan konteks, dan ALKISAH TIDAK ADA GUNA DISKUSI DENGAN KAMU, SELAIN MAKE IT SIMPLE, yaitu MENYERANG PRIBADI KAMU AJA.

Justru disitulah letak nilai penting kedudukannya, yaitu antara kedudukan pengertian Kebenaran dengan kedudukan pengertian yang tidak benar.

Salam,

seorang yang bodoh yakin dirinya, ADALAH ORANG TERPINTAR DIDUNIA, HINGGA MENURUTNYA IA MEMPUNYAI SERIBU ALASAN UNTUK MENJELASKAN BETAPA IA PINTAR, siapa yang bisa melawan kesemena2an subyektif orang?  lah semua kebenaran menurut kesukaan nya sendiri?  ;D

satu point aja kamu udah kalah, yaitu yang saya bahas, bagaimana mungkin SAYA TIDAK MENGANGGAP KAMU ADALAH ORANG YANG TERLALU BANYAK MAKAN OBAT, HINGGA NGIGAU GA JELAS?  ;D
Mat 4:10
Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)