Author Topic: Terjemahan Kurios dalam Bahasa Indonesia  (Read 7553 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

December 26, 2014, 11:14:41 AM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
@Hashama

Yang bingung itu karena bukan penganut Kristen, bro, baca alkitabnya juga berdasarkan terjemahan kata-per-kata, sehingga tidak berupa kalimat yang bisa dimengerti.

Jadi, ya begitu deh, kasihan bro mod yang terpaksa meladeni ybs, he he he.

;D
December 26, 2014, 12:17:22 PM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 588
  • Denominasi: nonvenom
Bukankah sama seperti dalam bahasa Jawa, "duh Gusti" = "duh Tuhan" ........ Malah Tuhan itu berasal dari kata Tuan yang diperhalus. Gak perlu diperbesarkan sih, Tuhan Yesus adalah Tuan Yesus...karena Dia Raja Damai ....

Tuhan memang Tuan,

anda tidak tanggap,

masalahnya di sini bukan Tuhan Yesus,

karena Yesus bukan Tuhan.

Joh 17:3  Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.
December 26, 2014, 12:21:56 PM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 588
  • Denominasi: nonvenom
Ini artikel yang aku ambil dari http://www.embracedbytruth.com/

ADONAI AND KURIOS

Adonai is the Hebrew word translated “Lord” and is used most often in Psalms, Isaiah, Jeremiah, Lamentations, Ezekiel, Daniel, and Amos (note that the last three letters of the word are always lower case in English translations). When reading the Hebrew text, Adonai is the word that was substituted by the Hebrews for YHWH when YHWH appeared in the text (see: YAHWH).

Adonai is from the Hebrew word Adon, meaning “lord” or “master” and is used over 350 times in the Old Testament. The root concept is “to judge” or “to rule,” conveying the idea of a ruler, a master. To call one “Lord” meant that the caller was to submit and be obedient, bringing honor to the “Lord.” Adonai could be used of deity or of individuals.

In reference to God the word speaks of God who is over all—God is the Ruler to whom everyone is subject. God is the One who is sovereign. In other words, God is the Lord and man is the servant of the Master, and man's responsibility is to please the Master. The word always refers to the one who is the superior.

Adonai is used of the relationship of a master to his slave (Gen. 24:9, 10, 12, 14, 27; Ex. 21:4, 5, 6) and of a husband to his wife (Gen. 18:12; Jud. 19:27; Ps. 45:11). It speaks of lordship, possession, submission, obedience, and faithfulness.

To God the believer willingly says: “Lord.” To say Lord is to confess His exalted position and our subservient position. It is to understand and acknowledge our proper relationship to Him. “O LORD, our Lord [Adonai], how excellent is Your name in all the earth” (Ps. 8:1, 9).

Psalms 38:15 is an example of a passage where each of the three Hebrew words studied thus far appear together: YHWH, Adonai, and ELOHIM. David used all three words in speaking of the One he was petitioning: “For in You, O LORD [YHWH], I hope; you will hear, O Lord [Adonai] my God [ELOHIM].”  At times in the Old Testament Adonai and YHWH appear not only in the same verse but next to each other. When this occurs the NIV translates the combination as “Sovereign LORD” (Ps. 140:7; 141:8).

Kurios is the Greek word translated "Lord" in the New Testament. It is derived from a root, kuros, meaning “power” or “might.” In reference to a person it speaks of one who has control or authority; it carries the concept of legality, conveying the idea of ownership. Kurios is the one who is the possessor and disposer of a thing, the master—the Lord.

In the New Testament Kurios is used of God (Lu. 1:32; 2:9; Acts 5:19) and also of Jesus (Rom. 10:9; I Cor. 12:3; Phil. 2:11; Rev. 19:15). The dual use of the word in this way teaches the Deity of Jesus; the inescapable conclusion is that Jesus is God.

The Hebrew word Adonai is translated in the Septuagint by the Greek word Kurios. But Kurios is also used to translate the Hebrew tetragrammaton YHWH, the name of God revealed to Moses by God (see: YHWH); the interchangeableness of these words (Kurios and YHWH) teaches the Deity of Jesus. As has already been indicated the Hebrews refused to even pronounce the word less they break the third commandment. And it is this word—the name of the covenant-making God of Israel—that is translated in the Greek Old Testament by the word Kurios which is used of Jesus in the New Testament. In other words, Jesus is Kurios and Kurios is YHWH—Jesus is God!


Nama Tuhan: IEUE, disamarkan menjadi LORD versi Inggris dan TUHAN versi LAI TB.

Memang ada kata 'Tuan' di PB yang mengacu kepada Tuhan,

tetapi Yesus bukan Tuhan.

Tidak ada frase Tuhan Yesus, teks aslinya Tuan Yesus.
December 26, 2014, 12:25:19 PM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 588
  • Denominasi: nonvenom
@Hashama

Yang bingung itu karena bukan penganut Kristen, bro, baca alkitabnya juga berdasarkan terjemahan kata-per-kata, sehingga tidak berupa kalimat yang bisa dimengerti.

Jadi, ya begitu deh, kasihan bro mod yang terpaksa meladeni ybs, he he he.

;D

terjemahan kata per kata yang merangkai menjadi per kalimat,

masakah hanya kata: Tuan dan Tuhan, harus dirangkai jadi perkalimat dulu??

itu namanya penafsiran Bro, bukan terjemahan,

mikir dong Bro, pakai otaknya.

Kalau anda mau perkalimat juga oke,

baca:

Joh 17:3  Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

itu tertulis Yesus utusan Tuhan,

masih juga bilang Yesus adalah Tuhan??

pakai dong otak anda.
December 26, 2014, 12:28:02 PM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 588
  • Denominasi: nonvenom
Menginsafkan orang memang tidak mudah,

itu pekerjaan ROH KUDUS, saya hanya menyampaikan FT.
December 26, 2014, 07:37:54 PM
Reply #25
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 14
  • Denominasi: Katolik
Coba buka Yohanes 20 : 28-29 . Di situ jelas, Tuhan Yesus tidak menyangkal bahwa Beliau adalah Kurios dan Theos. #sabar
December 26, 2014, 07:45:11 PM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
Coba buka Yohanes 20 : 28-29 . Di situ jelas, Tuhan Yesus tidak menyangkal bahwa Beliau adalah Kurios dan Theos. #sabar

Percuma, bro, dia cuma bisa baca yang terjemahan kata per kata.
Bahkan antara Theos dan Kurios aja dia gak bisa tahu koq bedanya.

December 26, 2014, 07:49:41 PM
Reply #27
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 14
  • Denominasi: Katolik
Jujur, aku gak tahu sih kenapa orang-orang itu tidak bisa memanfaatkan sumber informasi seperti Internet ini dengan semaksimalnya .... Mereka lebih suka berdebat daripada memahami . Memang sih, Iman itu mencari pengertian. Mau kita jelasin sampai oprasi mulut pun, kalau emang dasarnya tidak beriman, ya gak bakalan mengerti.
December 26, 2014, 07:56:32 PM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
Jujur, aku gak tahu sih kenapa orang-orang itu tidak bisa memanfaatkan sumber informasi seperti Internet ini dengan semaksimalnya .... Mereka lebih suka berdebat daripada memahami . Memang sih, Iman itu mencari pengertian. Mau kita jelasin sampai oprasi mulut pun, kalau emang dasarnya tidak beriman, ya gak bakalan mengerti.

Sebenarnya lebih pada keterbatasan kemampuan berpikir saja, bro, sama sekali bukan soal iman.

Ybs tidak paham apa itu Allah, apa itu Tuhan, apa itu Tuan.
Begitu juga tidak mengerti apa itu Theos dan apa itu Kurios.
Antara God dan Lord juga dia masih bingung.

 ;D ;D
December 26, 2014, 07:58:56 PM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13019
@Hasham

Tetapi sudahlah, bro, ybs sudah di ban lagi oleh momod, karena melanggar board yang terlarang untuk agama gak jelas seperti dia. Tunggu saja hingga nanti ybs mengkloning diri jadi entah apa lagi.

;D ;D ;D
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)