Author Topic: Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada  (Read 7176 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 15, 2018, 11:33:18 PM
Reply #70
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 888
  • There is none like You
Hehehe, ciri khas elo yang paling bikin gue muak, bray
Lah, kita lagi ngomongin Luk 16:16, elo malah lari ke soal lain.Coba fokus dulu di Luk 16:16, bray. Jangan OOT, please.
Udah-udah. Ga usah ad-hominem, bray. Gaya elo ga mempan sama gue.
Ini cuma gara=gara elonya aza ga mau baca semua yang tertulis di page #1, bray.Elo ga baca yang gue bold-maroon? Ini gue kasih terjemahan lain ya, biar makin jelas.(40) Seluruh hukum agama yang diberikan oleh Musa dan ajaran para nabi berdasar pada kedua perintah itu.(40) Semua hukum Taurat dan ajaran nabi-nabi berdasarkan kedua perintah itu.”Buat gue, ini buat gue ya, 2 perintah aza udah cukup berat, bray.
Lah, ini elo malah mau tambah dengan 613 perintah Hukum Taurat? Monggo, kalo elo merasa sanggup.
  Betewe, elo ga lupa sama ketentuan Hukum Taurat? Gagal = Mati !?Semoga sukses ya.
Tepat. Dan berikut Firman Tuhan Yesus untuk gue turuti :
(22) Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.(23) Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau,(24) tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.
(25) Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkaudilemparkan ke dalam penjara.
(26) Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas.(28) Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. (Ini susah bingits lho, bray...)(29) Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.(30) Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.(32) Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.(34) Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah,
Seterusnya baca sendiri, ya. Abis panjang bingits buat di-copas semuanya.Gimana, ga kalah susah dibandingkan dengan 613 Hukum Taurat kan?Nah, gimana sekarang, menurut elo, gue sudah menuruti Firman Tuhan Yesus Kristus lom?
busett dah..
segala secara situ halalin demi membenarkan ajaran berdoa kepada arwah yang sudah dibenci oleh Allah..

oya btw, larangan berhubungan dengan arwah adalah hukum taurat ke berapa? kasih tau doong...!

oya, kok situ merasa berat melakukan firman ya?
bila kamu merasa berat justru Yesus kok mengatakan sebaliknya..

Matius 11:29-30 (TB) 
Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.
Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan."


hahahahahaa..

jangan2 kamu ini ngaku2 aja ya jadi Kristen ?!
mengasihi Allah itu ya harus menuruti firmanNya..
klo tidak ya berarti bokies aja..

semoga nalar sehat masih ada kelak..

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
June 16, 2018, 12:23:59 AM
Reply #71
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1138
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
yg disoalkan ini : Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
sudah dijawab berdasarkan kajian di halaman 1 Reply #1, #2, #3
akan elok diskusi apabila ada yang hadir dengan kajian yang menggugurkan kajian di halaman 1 Reply #1, #2 dan, #3
June 16, 2018, 12:43:27 AM
Reply #72
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2847
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
kelihatannya si @dugur dan si @virus ngebet banget pengen ngambil kesempatan untuk menghalalkan ajaran berdoa kepada arwah maria yaitu seperti praktek tenung yang dilarang Allah pada kisah saul di kitab PL.
Bukan. @Sotardugur Parreva tidak punya kompetensi melabeli menghalalkan atau mengharamkan apa-apa yang diajarkan rasul dan penerus rasul yang kuyakini diterima dari Tuhan Yesus Kristus. Kuyakini Tuhan Yesus Kristus menunaikan seluruh janjiNya. Jika Dia menyatakan akan senantiasa menyertai rasul sampai kepada akhir zaman, itu kumaknai bahwa penerus rasul juga disertaiNya.
Jika ada pihak yang menamakan diri pengikut Kristus mempunyai penafsiran berbeda dari itu, silahkan saja.

Quote
bener2 cara yang amat teramat memamerkan keoonanan.
baru convert jadi nabi palsu ya kamuorg?
Silahkan belajar berbahasa mengikuti aturan forum.

Quote
baca lagi ayat ini dan resapin baik2 :
Matius 22:37-40 (TB) 
Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."
terutama yang saya bold biru tuh..
Apa yang hendak situ sampaikan?
Yang tebal itu tidak menganulir Luk 16:16. Mau ayat itu menggunakan kata "berlaku" atau tidak, artinya tetap, Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai zaman Yohanes.

Quote
dan juga yang ini supaya lebih melek..
Yohanes 14:23 (TB) Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
Yang kuyakini, yang firman Kristus adalah yang di Perjanjian baru sebab, pada masa itulah perwujudan Perjanjian Lama, Tuhan Yesus kristus sudah menjadi daging dan diam di antara kita (IMMANUEL). Sementara Perjanjian Lama, adalah merupakan nubuatan akan kedatangan Tuhan Yesus Kristus. Itu adalah tulisan nabi berdasar wahyu. "Kemanusiaan nabi yang terbatas" tidak dapat kujamin menuliskan wahyu Tuhan persis seperti yang Tuhan maksudkan.
Begitu Tuhan Yesus Kristus sudah diam di antara kita, sudah IMMANUEL, maka menjadi tidak berlaku. Tuhan Yesus Kristuslah yang menjadi acuan Kristen. Perjanjian Lama atau Hukum Taurat dan kitab para anbi, adalah acuan kaum Yahudi.

Quote
jadi bila kamuorg bilang mengasihi Yesus namun kagak menuruti firman maka yang jelas kamuorg bukan mengasihi Yesus.
Kupikir, yang tidak menuruti Firman Kristus adalah orang yang masih bercokol menggunakan Hukum Taurat dan kitab para nabi, padahal, Tuhan Yesus Kristus sudah mengatakan bahwa Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai zaman Yohanes. Orang yang hidup setelah zaman Yohanes, tidak perlu melihat ke belakang. Luk 9:62 Tetapi Yesus berkata: "Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah."
Apakah Luk 16:16 dengan atau tanpa "berlaku", tercatat di Alkitab yang @ZheZhu gunakan, tidak?
Jika tercatat, apa tafsirmu atau tafsir pengajarmu terhadapnya?

Quote
semoga nalar sehat timbul kelak yaa.
huahahahahaa...
Apakah nalar @ZheZhu sehat?
« Last Edit: June 16, 2018, 12:53:14 AM by Sotardugur Parreva »
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
June 16, 2018, 08:02:35 AM
Reply #73
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 915
  • Denominasi: Kristen
yg disoalkan ini : Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
sudah dijawab berdasarkan kajian di halaman 1 Reply #1, #2, #3
akan elok diskusi apabila ada yang hadir dengan kajian yang menggugurkan kajian di halaman 1 Reply #1, #2 dan, #3
Mereka tdk memiliki kajian utk mencounter hal tsb,
yg dipunyai hanya ngotot agar PL tdk lagi dipakai sbg acuan,
itu yg menjadikan diskusi ini tdk menarik dan tdk berbobot.
June 16, 2018, 02:04:58 PM
Reply #74
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2847
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
@Sotardugur Parreva nimbrung.
yg disoalkan ini : Lukas 16:16, kata "berlaku" yang sebenarnya tidak ada
sudah dijawab berdasarkan kajian di halaman 1 Reply #1, #2, #3
akan elok diskusi apabila ada yang hadir dengan kajian yang menggugurkan kajian di halaman 1 Reply #1, #2 dan, #3
Mereka tdk memiliki kajian utk mencounter hal tsb,
yg dipunyai hanya ngotot agar PL tdk lagi dipakai sbg acuan,
itu yg menjadikan diskusi ini tdk menarik dan tdk berbobot.
Posting @Big bee tidak nyambung ke quoting-mu dari postingan @cNc.
@cNc menjelaskan bahwa Reply#1, #2, dan #3 sudah menjawab trit. Bahwa dengan atau tanpa kata "berlaku" pada Luk 16:16, arti dari Luk 16:16 itu tetap, Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai zaman Yohanes.
Lalu @cNc mengharap, jika ada posting berikutnya setelah itu yang dapat menggugurkan Reply#1, #2, dan #3, itulah yang diposting. Kupikir, juga analisis berbeda yang sejalan dengan Reply#1, #2, dan #3, masih pada tempatnya untuk diposting.

Kemudian, @Big bee memposting dengan mengquoting posting-an @cNc itu, namun @Big bee menyampaikan curhatan yang tidak terkait kepada posting@cNc yang diquotingnya. Dari diksi (pemilihan kata) yang diterapkan oleh @Big bee menunjukkan bahwa @Big bee suka menggunakan kata yang kelihatannya tidak dimengertinya, sehingga muncul pertentangan arti yang tidak produktif.

Itu timbrunganku pada interaksi @Big bee terhadap @cNc kali ini.
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
June 16, 2018, 11:35:16 PM
Reply #75
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 888
  • There is none like You
Bukan. @Sotardugur Parreva tidak punya kompetensi melabeli menghalalkan atau mengharamkan apa-apa yang diajarkan rasul dan penerus rasul yang kuyakini diterima dari Tuhan Yesus Kristus. Kuyakini Tuhan Yesus Kristus menunaikan seluruh janjiNya. Jika Dia menyatakan akan senantiasa menyertai rasul sampai kepada akhir zaman, itu kumaknai bahwa penerus rasul juga disertaiNya.
Jika ada pihak yang menamakan diri pengikut Kristus mempunyai penafsiran berbeda dari itu, silahkan saja.
Silahkan belajar berbahasa mengikuti aturan forum.
Apa yang hendak situ sampaikan?Yang tebal itu tidak menganulir Luk 16:16. Mau ayat itu menggunakan kata "berlaku" atau tidak, artinya tetap, Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai zaman Yohanes.Yang kuyakini, yang firman Kristus adalah yang di Perjanjian baru sebab, pada masa itulah perwujudan Perjanjian Lama, Tuhan Yesus kristus sudah menjadi daging dan diam di antara kita (IMMANUEL). Sementara Perjanjian Lama, adalah merupakan nubuatan akan kedatangan Tuhan Yesus Kristus. Itu adalah tulisan nabi berdasar wahyu. "Kemanusiaan nabi yang terbatas" tidak dapat kujamin menuliskan wahyu Tuhan persis seperti yang Tuhan maksudkan. Begitu Tuhan Yesus Kristus sudah diam di antara kita, sudah IMMANUEL, maka menjadi tidak berlaku. Tuhan Yesus Kristuslah yang menjadi acuan Kristen. Perjanjian Lama atau Hukum Taurat dan kitab para anbi, adalah acuan kaum Yahudi.
Kupikir, yang tidak menuruti Firman Kristus adalah orang yang masih bercokol menggunakan Hukum Taurat dan kitab para nabi, padahal, Tuhan Yesus Kristus sudah mengatakan bahwa Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai zaman Yohanes. Orang yang hidup setelah zaman Yohanes, tidak perlu melihat ke belakang. Luk 9:62 Tetapi Yesus berkata: "Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah."Apakah Luk 16:16 dengan atau tanpa "berlaku", tercatat di Alkitab yang @ZheZhu gunakan, tidak?Jika tercatat, apa tafsirmu atau tafsir pengajarmu terhadapnya?
Apakah nalar @ZheZhu sehat?
saya sangat tidak setuju dengan kamu yang menjadi suatu ayat di PB untuk menganulir hukum Allah yang ada di kitab2 PL khususnya suatu firman Allah yang menyatakan bahwa manusia dilarang berhubungan dengan arwah dalam praktek berdoa kepada arwah maria.

pernah kamu baca ayat ini :

Yakobus 2:9 (TB) 
Tetapi, jikalau kamu memandang muka, kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata, bahwa kamu melakukan pelanggaran.


justru dengan suatu firman yang Allah nyatakan adalah untuk memberitahu apa yang Dia benci yaitu dosa.

hukum yang terutama dan yang utama adalah kasihi Allahmu.

apa menurutmu mengasihi Allah adalah teriak2 dengan mengatakan "aku mengasihi Engkau Allahku!!!"(mirip kaum disebelah) gitu gur ??

Yesus sudah mengatakan :

Yohanes 14:15 (TB) 
"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.


bukti kita mengasihi Allah adalah dengan mematuhi firmanNya.

jadi tidaklah elok menafsirkan ayat di PB untuk menganulir kitab2 PL kemudian seenaknya kamu melanggar hukum Allah khususnya berhubungan dengan arwah bahkan mengajarkannya !

apa perlu sampe batu kilangan nyangkut dilehermu dulu dan kamu gelagepan masuk laut?? mau??

makanya Yesus pernah bicara begini:

Matius 22:37-40 (TB) 
Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."


seperti misal ada perintah jangan membunuh, ya bila kamu mau mengasihi sesama manusia ya jangan membunuh sebagai bukti kamu mengasihi manusia.

paham ?? kuragukan..

jadi sekali lagi saya peringatkan ya gur..
jangan menyesatkan bila berargument..
kecuali kamu adalah nabi palsu !

dan sampai kapanpun saya akan menentang keras ajaran berdoa kepada maria,

ini tugas orang Kristen yaitu memberitakan kabar baik !

semoga nalar sehat timbul kelak..

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu
« Last Edit: June 16, 2018, 11:39:57 PM by ZheZhu »
Yohanes 14:23 (TB) 
Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
June 17, 2018, 01:11:56 AM
Reply #76
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2847
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
saya sangat tidak setuju dengan kamu yang menjadi suatu ayat di PB untuk menganulir hukum Allah yang ada di kitab2 PL khususnya suatu firman Allah yang menyatakan bahwa manusia dilarang berhubungan dengan arwah dalam praktek berdoa kepada arwah maria.
Pelajari bahasa Indonesia yang baik dan benar.
@Sotardugur Parreva tidak menjual apa-apa, apalagi ayat PB.

Quote
pernah kamu baca ayat ini :
Yakobus 2:9 (TB) 
Tetapi, jikalau kamu memandang muka, kamu berbuat dosa, dan oleh hukum itu menjadi nyata, bahwa kamu melakukan pelanggaran.

justru dengan suatu firman yang Allah nyatakan adalah untuk memberitahu apa yang Dia benci yaitu dosa.
hukum yang terutama dan yang utama adalah kasihi Allahmu.
Tunjukkan apa hubungan bagian posting @ZheZhu ini kepada poin yang sedang dibahas.

Quote
apa menurutmu mengasihi Allah adalah teriak2 dengan mengatakan "aku mengasihi Engkau Allahku!!!"(mirip kaum disebelah) gitu gur ??
@ZheZhu itu ngelindur, atau meracau, atau mengigau?
Apa referensimu menudingkan seperti itu kepada @Sotardugur Parreva?
Atau, mungkin hal itu sudah @ZheZhu lakukan hingga menudingkannya kepada @Sotardugur Parreva?

Quote
Yesus sudah mengatakan :
Yohanes 14:15 (TB) 
"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

bukti kita mengasihi Allah adalah dengan mematuhi firmanNya.
Perkataan Tuhan Yesus Kristus bukan hanya itu.
Yoh 11:25-26 Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?" Jika Yoh 11:25-25 itu dipertanyakan kepada @ZheZhu, apa jawaban @ZheZhu.

Quote
jadi tidaklah elok menafsirkan ayat di PB untuk menganulir kitab2 PL kemudian seenaknya kamu melanggar hukum Allah khususnya berhubungan dengan arwah bahkan mengajarkannya !
Luk 16:10-18 adalah perikop Nasihat. Perikop itu berisi 9 ayat. Ayat 16 adalah satu di antaranya. Trit ini mengungkapkan bahwa kata "berlaku" tidak ada di ayat tersebut. Ternyata, walau tidak ada kata "berlaku" pada ayat tersebut, ayat tersebut mengungkapkan, Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai zaman Yohanes. Menurut tafsiran @ZheZhu apa arti ayat itu? Sependek penangkapanku, ayai itu lepas dari ayat sebelum dan sesudahnya, yang masing-masing ayat merupakan nasihat Tuhan Yesus Kristus.
Kalau @ZheZhu tidak memperhatikan nasihat Tuhan Yesus Kristus, itu urusanmu.

Quote
apa perlu sampe batu kilangan nyangkut dilehermu dulu dan kamu gelagepan masuk laut?? mau??
Batu kilangan disediakan untuk mereka yang berupaya menyesatkan orang lain, misalnya menafsir ayat tidak sesuai seperti yang dimaksudkan, dan mengajarkannya kepada orang lain. Misal yang dekat, @ZheZhu yang menafsir Luk 16:16 bukan pernyataan Hukum Taurat dan kitab para nabi sampai zaman Yohanes. Dengan mencoba menghubung-hubungkan ke Hukum Kasih,  padahal itu adalah dua pokok bahasan berbeda. Ke leher @ZheZhulah disediakan batu kilangan untuk digantung, jika @ZheZhu tidak segera bertobat.

Quote
makanya Yesus pernah bicara begini:
Matius 22:37-40 (TB)  Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."
seperti misal ada perintah jangan membunuh, ya bila kamu mau mengasihi sesama manusia ya jangan membunuh sebagai bukti kamu mengasihi manusia.
Coba @ZheZhu tunjukkan hubungan pokok bahasan yang sedang dibahas dengan Hukum Kasih itu.
Silahkan.

Quote
paham ?? kuragukan..
Ini lebih cocok disampaikan untuk @ZheZhu.
Wong pembicaraan sedang di Luk 16:16, kenapa @ZheZhu ngacir ke Hukum Kasih?

Quote
jadi sekali lagi saya peringatkan ya gur..
jangan menyesatkan bila berargument..
kecuali kamu adalah nabi palsu !
@ZheZhu menudingkan yang @ZheZhu lakukan kepada partisipan lain?
@ZheZhu sudah ngaca?

Quote
dan sampai kapanpun saya akan menentang keras ajaran berdoa kepada maria,
ini tugas orang Kristen yaitu memberitakan kabar baik !
Itu urusanmu.
Emang situ orang Kristen?
Kutunggu jawabanmu apabila pertanyaan kepada Marta di atas ditanyakan Tuhan Yesus Kristus kepada @ZheZhu.

Quote
semoga nalar sehat timbul kelak.
Selamat mengasah nalar kalo punya.
« Last Edit: June 17, 2018, 07:11:53 PM by Sotardugur Parreva »
Rawat empat konsensus nasional, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
Kita berhikmat bangsa bermartabat
June 17, 2018, 07:18:42 AM
Reply #77
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 915
  • Denominasi: Kristen
Pantas ayat ini dianggap sdh tdk berlaku :D :

Keluaran 20:4 (TB)  Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

Keluaran 20:5 (TB)  Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,



June 17, 2018, 02:35:41 PM
Reply #78
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8052
  • Denominasi: Newbie Baru Belajar
Ef. 2:15   sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

Lagian, Hukum Musa yg dikenal dgn 613 Mitzvot itu diperuntukkan bagi orang israel saja?



Argumen bagi pro konsep-hukum musa masih berlaku termasuk bagi gentiles: anda sendiri mentaati 613 mitzvot atau tidak ? anda makan babi, belut, udang, kerang, dll ikan tak bersisip ? makan makanan yg diharamkan ? lantas kenapa hendak mengenakan kuk perhambaan terhadap gentiles ?


« Last Edit: June 17, 2018, 02:39:24 PM by Seek d Truth »
Repentance and humility establish the soul. Charity and meekness strengthen it.
- Monk Evagrius
June 17, 2018, 02:41:48 PM
Reply #79
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 915
  • Denominasi: Kristen
Matius 22:37-40 (TB)  Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)