Author Topic: Ternyata Tuhannya Calvinis dan Arminis sama sama kejam....  (Read 8930 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 06, 2015, 01:47:04 AM
Reply #420
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12813
    • fossil coral cantik

Semua Firman Tuhan memiliki prinsip yang berlaku umum bagi siapapun
bisa ed tolong jelaskan bold ? Soalnya sepanjang pengetahuan saya, Alkitab orang Kristen itu tidak berlaku umum bagi siapapun, melainkan HANYA berlaku bagi orang yg sudah beriman percaya kepada Yesus, bertobat dan dibaptis.

Quote
Bukan dipendapati oleh manusia tetapi Alkitab menyaksikan dirinya sendiri bahwa dia adalah firman Allah dan kebenaran (Self-Authenticating).
Tetep aja, pabila nggak ada itu pendapat manusia bhw Alkitab ungu, ya Alkitab is nothing kan ed ?


Quote
Tradisi terbentuk karena perintah Allah untuk menulis semua wahyu yang diperlukan manusia agar tidak terlupakan selamanya sejak jaman Musa,dan diajarkan turun temurun sehingga menjadi tradisi yang Suci bagi manusia.
Si penulis menulis "Allah menyuruh dirinya utk menulis". Namun, [menulis] itu sendiri adalah tradisi yg udah ada duluan saat itu, ed.

Quote
Keluaran 17:14 Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Tuliskanlah semuanya ini dalam sebuah kitab sebagai tanda peringatan, dan ingatkanlah ke telinga Yosua, bahwa Aku akan menghapuskan sama sekali ingatan kepada Amalek dari kolong langit."

Yeremia 30:2 Beginilah Firman Tuhan, Allah Israel: Tuliskanlah segala perkataan yang telah Kufirmankan kepadamu itu dalam suatu kitab.

Habakuk 2:2 Lalu TUHAN menjawab aku, demikian: "Tuliskanlah penglihatan itu dan ukirkanlah itu pada loh-loh, supaya orang sambil lalu dapat membacanya.

Wahyu 1:11 katanya: "Apa yang engkau lihat, tuliskanlah di dalam sebuah kitab dan kirimkanlah kepada ketujuh jemaat ini: ke Efesus, ke Smirna, ke Pergamus, ke Tiatira, ke Sardis, ke Filadelfia dan ke Laodikia."

(17) Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: Wahyu 1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.
Nah... keliatan kan, bhw didalam tulisan2 itu sendiri terdapat tulisan2 yang berasal dari si penulis sendiri (warna merah). So... ini tradisi tulisan.

Quote
Tradisi yang lahir dari firman Allah yang tertulis disebut tradisi suci.
IMO, tradisi tulis-menulis itu sendiri sudah eksis sebelon si penulis ayat menuliskan kalimat2nya spt di ayat diatas, ed. Jadi... tradisi tulisan ini dipake, dimana si penulis menuliskannya secara merah.

Demikian pula tradisi korban bakaran. Ini sudah eksis duluan.
Blakangan ditulis dengan cara "Allah menyuruh saya utk menuliskan tradisi2 ini".

Tradisi sunat menyunat itu sudah eksis di bangsa Mesir SEBELUM spt apa yg dituliskan mengenai Allah menyuruh Abraham utk sunat.

Ilustrasi :
di tahun 2015 unyil menulis :
Lalu Allah berkata kepada saya, "tuliskanlah sbb ini : setiap tgl 25 Desember orang Kristen harus merayakan hari kelahiran anakKu".

di tahun 5000, tulisan cuplis spt diatas diketemukan dan lalu dipercayai.
Akibatnya : tradisi merayakan Natal dipendapati/dipercayai bhw itu adalah perintah Allah - dan karena tertulis demikian ... maka tradisi ini disebut tradisi suci.
PADAHAL, tradisi merayakan Natal itu sendiri sudah eksis sebelon taon 2015.

Quote
Tradisi bikinan manusia diluar dari apa yang sudah tertulis didalam Alkitab tidak tepat kalau  disebut tradisi suci
Sekali lagi, tradisi itu sendiri udah ada yang eksis duluan SEBELUM adanya event yg terjadi tsb - lalu dituliskan. Segala apa yg namanya tradisi, ya awalnya berangkat secara lisan dan terkait idea dari manusia. Pabila "preserve" dgn baik, maka tradisi lisan ini bisa bertahan lama, nggak jadi hilang namun TETEP didalam posibilitas menjadi hilang, sedikit berubah, banyak berubah, atopun tetep namun pengertiannya berobah.

Dengan demikian, apakah itu tercatat atopun nggak tercatat ---> ini bukan fokusnya, karena tradisi is tradisi ... "natur awal"nya adalah lisan. Diketika diketemukan perihal tulis-menulis ---> tulis-menulis ini juga menjadi suatu tradisi manusia dalam menuangkan alam pikirannya.
Nah... diketika tradisi lisan ini dituliskan ---> ini menjadi tradisi tulisan. Oleh karena itu (imo) adalah nggak pas utk berpendapat spt di quote atas, ed... karena Alkitab itu sendiri BERISI tradisi. Begimana pula itu mematok suatu tradisi itu harus sesuai dgn tradisi yg tertulis di Alkitab baru bisa/boleh dibilang tradisi suci ? Sementara tradisi yg ada tercatat di Alkitab itu sendiri "natur awal"nya berangkat dari tradisi lisan yg sudah eksis duluan SEBELUM adanya event yg spt tertulis di Alkitab tsb ?

October 06, 2015, 01:47:36 AM
Reply #421
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12813
    • fossil coral cantik
@odading

Apakah anda anggap mereka yang dengan iman percaya Tritunggal tidak memakai logika sama sekali ?
Apakah anda anggap ada kebenaran Firman Tuhan itu tidak logis menurut akal manusia ?
oh... saya disini nggak lagi maen anggep2an, ed. Saya disini sedang menyatakan suatu kesimpulan pendapat... terserah itu sikon orang ybs itu menganggap dirinya ada sikon yg mana, bahwa :

IMO, bisa secara dua model :
X. orang tidak perlu logika, cukup nunut aja percaya mengenai "sesuatu"
Y. orang memerlukan logika mengenai apa itu "sesuatu" tsb.

Quote
Secara logika bagaimana anda menjelaskan ada tiga pribadi berbeda tetapi hanya satu Allah ?
idih... terbalik ...  :char11:. Jangan tanyakan ke saya spt di quote atas, karena justru sayalah yg nonK yg bertanya dimana diketika saya bertanya mengenai Tritunggal ---> maka penjelasan2 yg ada adalah secara logika.


Quote
Apakah logika anda bisa menerima adanya tunggal yang sekaligus plural ?
Selama orang Kristen yg menjelaskan secara logika itu bisa keterima, maka ya tentunya oke oke aja buat saya. Apa yg membingungkan siiih ? kok ampe ditanya spt di quote atas ke saya ? Aneh deh kamu ed...  :char11:

Quote
Apakah logika anda bisa menerima manusia yang sudah 3 hari mati kok bisa hidup kembali ?
Ah... kalo yg ini mah gak perlu juga jadi bingung.

Hanya apabila kisahnya Yesus dipenggal kepalanya, badan di jakarrta - tubuh di bali lalu bangkit tanpa kepala berjalan jalan di bali, sementara kepalanya sendiri juga melayang2 sendiri di jakarta ---> barulah ini silahkan ditanya : Apakah logika anda bisa menerima manusia yang sudah mati kepalanya di jakarta, tubuhnya di bali kok bisa itu tubuh tanpa kepala jalan2 di bali, kepala tanpa tubuh melayang layang di bogor ?

Maka respond saya :
nah itu... berlaku "hukum" dua model saya di perihal percaya :
X. tidak perlu logika, pokok ya percaya aja emang begitu adanya
Y. memerlukan logika

So... pabila ed percaya itu tubuh tanpa kepala Yesus jalan2 di bali ---> sikon ed ada di point-X
Sementara saya krn Y tidak terpenuhi (logika saya nggak bisa menerima), ya saya nggak percaya laaah... tubuh tanpa kepala Yesus jalan2 di bali.


Quote
Anda yang mengatakan logika ciptaan manusia
Hanya apabila ed bisa menampilkan tulisan saya dimana terdapat pernyataan saya bhw bold, barulah ed menyatakan kalimat spt di quote diatas.

So.. tanya dulu ke saya pabila ed sendiri belon nangkep maksud tulisan saya.


Quote
sedangkan saya bertanya apakah logika manusia bisa memahami seluruh misteri pikiran Sang Pencipta logika itu yaitu dirinya Allah ?
Hanya apabila logika yg Allah berikan ke manusia itu SAMA DENGAN logika yang ada di pikiranNYA ... maka... YA... bold.
Gimana ? Bisa ed nihilkan pernyataan saya ini ?  :char11:

Quote
Adakah kebenaran yang berada diatas batas batas logika manusia atau anda anggap logika manusia adalah kebenaran yang tertinggi ?
Logika adalah kebenaran tertinggi thdp sesama manusia.

Ga percaya ?
Coba baca ini deh : kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, (23) kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu

Lalu ajukan pertanyaan ke dirsen :
sependapatkah saya pada kalimat merah ?

Pabila eksis itu perihal "sependapat / tidak_sependapat", maka disitulah logika tertinggi/terendah lagi eksis.


Quote
Diatas kan sudah saya berikan contohnya apakah Tritunggal dan kebangkitan orang yang sudah mati itu logis atau tidak menurut ukuran logika manusia ?
idih... kok nanya ke saya sih ? kamu ini terbalik ed. Yang patut bertanya itu adalah saya : "ed... jelaskan ke saya perihal Tritunggal !".

Maka posibilitas yg kamu punyai dalam ngerespond saya adalah didalam dua model "hukum" yg saya bikin :

a. tidak ada logika
maap oda, saya gak bisa ngejelasin ... saya pokok percaya aja deh istilah Tritunggal. Mengenai apa itu maksudnya Tritunggal, saya sendiri gak tau oleh karena itu gak bisa jelasin.

b. dengan logika
begini oda, Tritunggal itu maksudnya adalah bla3x....
October 06, 2015, 01:48:04 AM
Reply #422
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12813
    • fossil coral cantik
Quote
Apakah Yesus bisa berjalan diatas air itu logis menurut logika manusia ?

Apakah air biasa tiba tiba berubah menjadi anggur tanpa menginjak injak buah anggur logis menurut logika manusia ?

Apakah 5 roti dan 2 ikan tiba tiba berubah menjadi ribuan dalam sekejab mata hanya dengan cara memecah-mecahkannya saja,logis menurut pikiran manusia ?
Logis2 aja kalo Power of Mind-nya Yesus emang dahsyat kok ed.

Quote
Allah pernah membunuh seluruh manusia kecuali keluarga Nuh dan pernah menyuruh membunuh ribuan manusia termasuk anak anak dan binatang,apakah itu logis menurut logika anda yang percaya bahwa Allah itu Mahakasih ?
kata siapa ? kata seorang manusia bhw orange. So... tidak... saya tidak percaya apa yg kata manusia mengenai orange ... gak perlu di logis-logisin lagi, pokok ga percaya.

Saya balikin sekarang ke ed pertanyaan di quote atas.
Maka pasti jawaban ed ada didalam posibilitas secara dua model "hukum" yg saya bikin :


a. tidak ada logika
iya oda saya percaya Allah emang orange. Tapi saya sendiri gak bisa jelasin kok kenapa ya itu Allah yg Mahakasih orange ? maap ya oda, soalnya saya ya cuma percaya aja begitu. Allah orange, Allah mahakasih TITIK.

b. dengan logika
begini oda, Allah orange itu adalah karena bla3x... so tidak berarti Dia tidak Maha kasih.


Quote
Kalau anda anggap logis jelaskan apa dasar kelogisannya ?
Hadeh... kamu ini kok jadi kayak OKB (orang Kristen barujadi) yg minta tuntunan ajaran dari seorang nonK sih ? Terbali euy ! Sayalah yang bertanya : "ed... jelaskan ke saya, Allah yg mahakasih tapi kok ngebunuhin orang kayak orange tsb".


Quote
Kalau anda anggap diluar logika manusia apakah berarti ada kebenaran yang lebih tinggi dari logika manusia ?
kacau bener deh logika pertanyaanmu ed.

Saya tidak/belon akan bisa membuat sebuah anggapan mengenai diluar/didalam logika manusia... selama saya sendiri tidak/belon mendapat jawaban dari ed atas pertanyaan saya tsb.

Pabila ed menjawab spt b ---> ini artinya ed udah melibatkan logika.
Dan pabila jawaban logika ed ini keterima oleh saya, maka ya oke oke sajalah dihadapan saya jawaban logika ed tsb.

pabila ed menjawab spt a --> ya disini gak ada jawaban.
Ed tidak mempunyai logika, melainkan ya pokok nunut aja percaya kayak begitu.


Quote
Kalau ternyata kemudian ajaran gereja tersebut menyesatkan atau bidat,bagaimana ?
Bagi ed yang berteori UE, kenapa juga mesti blingsatan shg bertanya kayak di quote atas ?

Sementara saya sendiri yg nonK, ya nggak begimana-mana laaah...
Tradisi, itu urusan manusianya masing2 dan penilaiannya ada di pov Allah.


Quote
Maksud saya tradisi bikinan manusia yang bertentangan dengan Alkitab,misalnya tidak percaya ajaran Tritunggal karena mereka anggap tidak logis.
Kalo saya, Ya tetep : nggak gimana mana laaah.

Ybs ga percaya Tritunggal ? silahkan.
Ybs ga percaya perihal kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, (23) kelemahlembutan, penguasaan diri adalah faktor2 utama antar mengasihi sesama manusia ---> maka ini baru tak "cekokin" ... kalo perlu tak "sodog" agar ybs tau dan percaya mengenai hal ini.

Quote
Tidak percaya ada Neraka karena menurut mereka Tuhan itu Mahakasih.
Bagaimana sikap anda ?
Ya biarinin aja  :char11:

October 06, 2015, 01:49:46 AM
Reply #423
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12813
    • fossil coral cantik

Kalau semua wahyu Tuhan (dalam bahasa aslinya) yang sudah tertulis ribuan tahun dan tidak pernah berubah satu katapun sampai hari ini apanya yg anda anggap posibilitas berubah itu ?
bener deh... kok ed jadi kayak OKB ? nanya kayak beginian ke saya yg nonK ?

Apanya yg tidak pernah berubah ?
sementara jelas2 ada bbrp terjemahan yg berbeda-beda ?

apa yg jadi mesti berubah ?
sementara tulisan yg asli itu ya sebuah tulisan ? nggak bisa jalan2 kemana mana keluar dari kertasnya atopun jreng! tiba2 yg tadinya tertulis "tuhan" ... berubah jadi "hantu" ?

Quote
Saya tidak bertanya dimana berlakunya tetapi apakah benar secara prinsip bahwa manusia bisa memberikan ajaran baru diluar apa yang tertulis didalam Alkitab dan mengklaimnya sebagai tidak mungkin salah ?
kasih tau dulu ke saya, apa yang ed maksudkan pada "ajaran baru" itu. Apa itu isinya bunyi dari ajaran baru tsb ? [bencilah sesamamu] kah bunyi ajaran barunya ? Lalu di klaim tidak mungkin salah ? Ato apa ?

Quote
Apakah ini diterima oleh logika anda yang canggih itu ?
Logika saya emang coanggih banget ruarrrbiasa, tapi tetep aja gak akan bisa jalan kalo gak ada input ed  ;D.

So, kasih saya input mengenai isi dari "ajaran baru" yg ed sebut2 itu.
Nanti ed bisa liat kecanggihan logika saya berjalan  :char11:


Quote
Alkitab kan isinya tidak hanya seperti yang anda kutip itu saja,tetapi banyak ajaran lainnya dan apakah itu juga infallible
kasih saya input, kosakata "infallible" itu yg ada di pengertian ed kayak begimana ?

Anyway, kosakata "infallible" di pengertian saya adalah : tidak ada hukum yg menentangnya.
So, karena Alkitab bilang bhw kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, (23) kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu

Maka yg infallible itu adalah : kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, (23) kelemahlembutan, penguasaan diri. TITIK. Sooo... menjawab pertanyaan ed sbb :

Quote
semua yg tertulis didalam Alkitab apakah infallible menurut logika anda ?
Hanya apabila yg kalimat-nya mengandung/terkandung kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, (23) kelemahlembutan, penguasaan diri. ---> maka dibagian situlah yg infallible pada Alkitab.

Quote
Kalau tradisi menyembah berhala yang selalu dipraktekkan bangsa Israel apakah tidak membawa mereka ke Neraka seperti hukuman ribuan orang yg dibinasakan Tuhan dipadang belantara itu ?

Yang mereka sembah itu hatinya tidak tertuju kepada Allah dimana Allah mengetahui hal ini.

Quote
Bukankah itu tradisi paganisme yg berhala ?
tradisi Natalmu itu tradisi apa seeeeeeeeeeeeeeeeehhhhhhhhhhhhhhh ?   :char11:

yg post 416 - 417 dan 418 nanti ya respondnya, ed.
October 24, 2015, 05:04:37 PM
Reply #424
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 19
Bravo ! ed. Puji Tuhan
Anda membuktikan pd kita. Intelek kya anda rela tersungkur & tunduk kpd Otoritas yg tertinggi, meskipun masih terlalu banyak rahasia Tuhan dlm Allkitab, yg hrs dijelaskan oleh Iman Bukan Logika.
Hasilnya manusia yg Rendah Hati dan berbelas kasih, yg dibutuhkan dunia skrg ini.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)