Author Topic: Kamu Doyan Belanja, Yuk Tambah-tambah Ilmu  (Read 2981 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 04, 2016, 06:05:12 PM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 2
Pengertian Pasar


Pasar adalah tempat dimana pembeli dan penjual bertemu dan berfungsi, barang atau jasa tersedia untuk dijual, dan terjadi perpindahan hak milik.
Pasar dalam arti sempit adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk mengeadakan transaksi jual-beli barang dan jasa. Namun seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi yang menyebabkan transaksi dapat dilakukan tanpa mempertemukan penjual dan pembeli.

Jenis-jenis pasar
Dalam menentukan kriteria jenis-jenis pasar, kita berpedoman pada 4O, yakni :
a. Apa yang dibeli (object)
b. Mengapa membeli (objective)
c. Siapa yang membeli (organization)
d. Bagaimana membelinya (operation)
Adapun jenis-jenis pasar adalah :

1. Pasar Online

Pada pasar online ini saat ini yang banyak sedang digunakan oleh para penjual untuk mempromosikan produknya secara cepat dan mudah dan bisa dibaca orang diseluruh dunia. bagi anda yang ingin mempunyai sebuah pasar onlilne tentunya sobat harus memiliki sebuah toko onlinenya terlebih dahulu, jadi sobat harus membaca ulasan tentang cara membuat toko online gratis
Pada zaman sekarang ini umumnya lebih sering untuk belanja di pasar online karena pasar online menjual banyak sekali produk dan barang diantaranya jual alat-alat kosmetik bahkan elektronik seperti jual genset krisbow.

2. Pasar Konsumen

Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsikan, bukan untuk dujual atau diproses lebih lanjut. Yang termasuk kelompok ini adalah pembeli individual/pembeli rumah tangga (non bisnis).

3. Pasar Produsen

Pasar produsen juga disebut pasar industri atau pasar bisnis adalah suatu pasar yang terdiri atas individu-individu, lembaga atau organisasi yang membeli barang-barang untuk diproses lagi sampai menjadi produk akhir yang kemudian di jual atau disewakan.

4. Pasar Penjual atau Pedagang Perantara (Reseller Market)

Pasar penjual adalah suatu pasar yang terdiri dari individu dan organisasi yang memperoleh atau membeli barang dengan maksud untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba.
Apa yang dibeli? Barang yang akan dijual lagi. Hanya saja, barang yang dibelinya tidak diproses, melainkan langsung dijual lagi.

5.  Pasar International

Pasar International meliputi beberapa negara di dunia.
Apa yang di beli? Barang atau jassa konsumsi maupun industri.
Mengapa membeli? Untuk memuaskan kebutuhan, atau untuk mendapatkan laba dengan menjualnya lagi, menyewakan atau memproses menjadi barang lain untuk dijual, juga untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.
« Last Edit: June 17, 2016, 07:53:58 AM by AndikaRoad »
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)