Author Topic: Perumpamaan Pokok Anggur  (Read 7644 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 20, 2018, 09:42:46 PM
Reply #60
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 908
  • Denominasi: Protestan
Saya coba nimbrung :
...
4. Proses berbuah bukan upaya ranting itu sendiri, dia tinggal menancap pada pokok dan pasti berbuah.
...
(2) Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya...

Menurut elo, kata pada-Ku di ayat tersebut, apakah bisa dibaca "sudah menancap", bray?

Kalo nurut gue sih, "emang sudah menancap" karena kalo belom, ya ga perlu susah-susah dipotong.
« Last Edit: September 20, 2018, 09:44:53 PM by viruskasih »
September 21, 2018, 06:57:55 AM
Reply #61
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 256
  • Denominasi: Kharismatik
Hi bro,

thanks tanggapannya.

Alur penjelasan saya seperti ini  :
1. Proses berbuah adalah urusan pokok.
2. Proses berbuah-buah itu (banyak buah dan lebih banyak lagi) itu urusan pengusaha.
3. Ada kondisi dimana ranting tidak memiliki buah.
4. Itu hanya terjadi ketika hubungan antara pokok dan ranting tidak ada (arus nutrisi terputus).
5. Urudan terputusnya nutrisi adalah urusan si ranting karena dia tidak tinggal (pernah menancap dan kemudian tidak lagi).

Begitu.

Salam

(2) Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya...

Menurut elo, kata pada-Ku di ayat tersebut, apakah bisa dibaca "sudah menancap", bray?

Kalo nurut gue sih, "emang sudah menancap" karena kalo belom, ya ga perlu susah-susah dipotong.
September 21, 2018, 09:26:13 AM
Reply #62
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1477
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
Hi bro,

Hay, Mel!
Aku coba ikut tanggapi ide-mu!
Mungkin sekedar coba2 memperkaya wacana, sbb:

1. Proses berbuah adalah urusan pokok.
Yes! Ttg pokok anggur dan kebun itu di mulai mula2 oleh Nuh
Lalu timbul istilah pohon anggur Sodom kebuh anggur Gomora
Lalu istilah buah anggur pahit, beracun, dan berbuah yg masam
Yesus ialah pokok anggur yg benar, kita adalah ranting2-nya.

2. Proses berbuah-buah itu (banyak buah dan lebih banyak lagi) itu urusan pengusaha.
Pengusahanya ialah Allah yg adalah Roh
Oleh Yesus roh kita telah menjadi rantingnya
Jiwa mengendalikan roh yg penurut dan kuat ini

3. Ada kondisi dimana ranting tidak memiliki buah.
Yg alami tak ngerti roh, manusia duniawi ingin alam ini
Kita adalah manusia2 rohani yg mengerti dan peduli illahi

4. Itu hanya terjadi ketika hubungan antara pokok dan ranting tidak ada (arus nutrisi terputus).
Ya! Mungkin itu bisa oleh sebab tak ngerti koneksi atau telah terkonek kpd roh2 lain
Aku belum tahu apa bisa ada istilah benalu pengganggu aliran nutrisi ranting
Tapi memang ada istilah anggur Sodom atau buah anggur yg masam.

5. Urudan terputusnya nutrisi adalah urusan si ranting
karena dia tidak tinggal (pernah menancap dan kemudian tidak lagi).

Ya! Kita adalah ranting aktif, maka ini urusan kita
Bagaimana mengkoneksikan atau mencangkokan ranting mandul
Dan itu mungkin bisa dianggap sebagai buah2 dr ranting yg terkonek dgn Yesus

Itu bisa2an-ku saja
Mencoba ranting pasif menjadi aktif thp pokok dan ranting lainnya
Dan mInimal mengenal "benalu" pengganggu konektifitas kita dgn Yesus

Salam Damai Mel!
« Last Edit: September 21, 2018, 09:37:17 AM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 21, 2018, 09:54:37 AM
Reply #63
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6451
  • Mistery
  • Denominasi: Karismatik
Makanya saya nanya, Siip.
Menurut anda, yang 'dipotong' ini cuma untuk Yudas atau untuk kita sekarang ini juga?
Kalau memang ada ancaman 'dipotong', bagaimana kongkretnya kita bisa tahu kalau kita ini tidak berbuah dan akan dipotong Tuhan?Kita sama-sama percaya, orang yang di dalam Yesus (beriman) akan berbuah.

Kita mah tidak, Bro.
Kita pasti berbuah.

Yg dipotong ini mreka (pd zaman skrg) yg yakin betul telah beriman, sudah lahir baru, pernah dalam hadirat Tuhan, dibuktikan jg dg mreka mlakukan mujizat dalam nama Tuhan Yesus, tp yg hidupnya berlawanan dg karakter Kristus namun yg mrasa enteng-enteng saja pasti masuk sorga.
Kl kamu ketemu yg bgitu macam, pemotongan ini disampaikanlah ke dia.

Kl ke jemaat biasa ya sampaikan poin 1 dan 2 aja.

Quote
Kalau kita mengatakan 'kalo kamu ngga bertobat kamu akan dipotong', bukankah ini malah pernyataan yang membingungkan? Seolah-olah Tuhan menyelamatkan/membuang kita karena perbuatan (buah) kita? 

Mbingungkan sih nggak, kamu saja yg mbuatnya bingung.
Kita kan sama-sama yakin orang selamat krn grace, orang binasa krn kesalahan dia sendiri.
Semisal Yudas, ngga ada beda perlakukan Tuhan kpd dia dbandingkan 11 rasul lain. Yudas sama-sama menerima urapan yg sama, firman yg sama, panggilan yg sama dg 11 rasul lain.
Itu 12 sama-sama nempel ke pokok.

Tp yg 11 selamat krn grace, yg 1 binasa krn salahnya sendiri.

Yudas dipotong krn salahnya sendiri, itu fakta.
Knp jd bingung?

Saya tau knp jd bingung...

Quote
Memang kelihatannya memberikan 'ancaman' itu adalah cara yang mudah untuk mengubah tindakan seseorang. Tapi saya lebih percaya dengan cara kasih karunia untuk mengubah tindakan orang itu dari dalam.

Itu krn kamu tidak setuju bhw peringatan bisa mbuat orang bertobat.
Dg kata lain, kamu tidak setuju kl Roh Allah bisa menggunakan suatu peringatan utk mempertobatkan orang.
Kamu hanya menerima ROH KUDUS mempertobatkan orang dg kata-kata bermuatan positif.

Bagi benakmu, grace hanya bekerja melalui kata-kata bernuansa positif atau iman yg disampaikan dg gaya positif.

I dont.

Kita sama-sama percaya grace, cuma beda di gaya penyampaiannya.

Saya yakin mnyampaikan peringatan kpd org yg tidak tepat pd saat yg tidak tepat akan mhasilkan pemikiran yg tidak tepat.
Tp ada saatnya peringatan perlu disampaikan pd org yg tepat di saat yg tepat shg mhasilkan buah yg tepat.

Alkitab penuh dg peringatan dan ancaman dari mulut Tuhan sendiri, kl ROH KUDUS ngga stuju dg peringatan, alhasil surat PB yg semuanya dibaca oleh jemaat ngga akan berisi peringatan seolah Tuhan takut nanti jemaat yg membaca pasti akan gagal paham grace.
Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati (Pkh 9:4)

https://manusia-biasa-saja.blogspot.com
September 21, 2018, 10:11:10 AM
Reply #64
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12269
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
Kita mah tidak, Bro.
Kita pasti berbuah.

Yg dipotong ini mreka (pd zaman skrg) yg yakin betul telah beriman, sudah lahir baru, pernah dalam hadirat Tuhan, dibuktikan jg dg mreka mlakukan mujizat dalam nama Tuhan Yesus, tp yg hidupnya berlawanan dg karakter Kristus namun yg mrasa enteng-enteng saja pasti masuk sorga.
Kl kamu ketemu yg bgitu macam, pemotongan ini disampaikanlah ke dia.

Kl ke jemaat biasa ya sampaikan poin 1 dan 2 aja.

Mbingungkan sih nggak, kamu saja yg mbuatnya bingung.
Kita kan sama-sama yakin orang selamat krn grace, orang binasa krn kesalahan dia sendiri.
Semisal Yudas, ngga ada beda perlakukan Tuhan kpd dia dbandingkan 11 rasul lain. Yudas sama-sama menerima urapan yg sama, firman yg sama, panggilan yg sama dg 11 rasul lain.
Itu 12 sama-sama nempel ke pokok.

Tp yg 11 selamat krn grace, yg 1 binasa krn salahnya sendiri.

Yudas dipotong krn salahnya sendiri, itu fakta.
Knp jd bingung?

Saya tau knp jd bingung...

Itu krn kamu tidak setuju bhw peringatan bisa mbuat orang bertobat.
Dg kata lain, kamu tidak setuju kl Roh Allah bisa menggunakan suatu peringatan utk mempertobatkan orang.
Kamu hanya menerima ROH KUDUS mempertobatkan orang dg kata-kata bermuatan positif.

Bagi benakmu, grace hanya bekerja melalui kata-kata bernuansa positif atau iman yg disampaikan dg gaya positif.

I dont.

Kita sama-sama percaya grace, cuma beda di gaya penyampaiannya.

Saya yakin mnyampaikan peringatan kpd org yg tidak tepat pd saat yg tidak tepat akan mhasilkan pemikiran yg tidak tepat.
Tp ada saatnya peringatan perlu disampaikan pd org yg tepat di saat yg tepat shg mhasilkan buah yg tepat.

Alkitab penuh dg peringatan dan ancaman dari mulut Tuhan sendiri, kl ROH KUDUS ngga stuju dg peringatan, alhasil surat PB yg semuanya dibaca oleh jemaat ngga akan berisi peringatan seolah Tuhan takut nanti jemaat yg membaca pasti akan gagal paham grace.
Jangan salah sangka, Siip, saya tidak mengatakan di alkitab tidak ada peringatan. Saya percaya didikan Tuhan.
Di alkitab memang banyak peringatan. Dan memang peringatan bisa membuat orang bertobat. Tapi gak ada peringatan tentang 'kalau kamu tidak berbuat baik maka keselamatanmu akan hilang'.

Bukankah kalau anda percaya keselamatan itu dipertahankan dengan perbuatan baik, maka dengan kata lain keselamatan itu adalah hasil perbuatan baik?

Itulah yang membingungkan dan selalu saya pertanyakan. Mengatakan kalau tidak ada perbuatan baik maka tidak akan selamat, tapi gak mau dikatakan keselamatan karena perbuatan baik.
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
September 21, 2018, 10:58:39 AM
Reply #65
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1477
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
@all

Kurasa benar:
Urusan pokok anggur
Yg pokok ialah anggur
Bukan potong ranting

Alur penjelasan saya seperti ini  :
1. Proses berbuah adalah urusan pokok.
2. Proses berbuah-buah itu (banyak buah dan lebih banyak lagi) itu urusan pengusaha.
3. Ada kondisi dimana ranting tidak memiliki buah.
4. Itu hanya terjadi ketika hubungan antara pokok dan ranting tidak ada (arus nutrisi terputus).
5. Urudan terputusnya nutrisi adalah urusan si ranting
karena dia tidak tinggal (pernah menancap dan kemudian tidak lagi).
Begitu.

Berikut pertanyaan dan pernyataan pokok lain yg relevan
Sebenarnya hrs soal buah, tapi yg dibahas panas soal dipotong

Jadi bahasan pokok anggur hrs
Bagai mana kongkritnya berbuah
Bukan bagai kongkritnya dipotong

Prosesnya sudah, lalu sekarang berbuahnya ...
Sebab kita telah dikuduskan, maka perlu cari tahu ttg
Apa indikator buah itu? Bukan gimana spy tak dipotong nanti!

Makanya saya nanya, Siip.
Menurut anda, yang 'dipotong' ini cuma untuk Yudas atau untuk kita sekarang ini juga?
Kalau memang ada ancaman 'dipotong', bagaimana kongkretnya kita bisa tahu kalau kita ini tidak berbuah dan akan dipotong Tuhan?Kita sama-sama percaya, orang yang di dalam Yesus (beriman) akan berbuah.

Jadi spt usulku semula masuk

Maksudku,
Kita sedang berusaha menjadi sempurna
Apa2 saja yg hrs kita kerjakan se-hari2-nya
Apa saja indikatornya, bw kerja itu on the track

Hasil kerja nyata bisa dicarikan alat ukurnya
Semua kerja itu bisa di-list dan di-sortir
Seturut prioritas kita yg bisa beda
 

Salam Damai!
« Last Edit: September 21, 2018, 12:31:28 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 21, 2018, 11:05:12 AM
Reply #66
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 256
  • Denominasi: Kharismatik
 :)   waaaaah pengertiannya bisa diperkaya kayak gini ya  :afro: :afro:

Salam damai juga bro!!

Hay, Mel!
Aku coba ikut tanggapi ide-mu!
Mungkin sekedar coba2 memperkaya wacana, sbb:

1. Proses berbuah adalah urusan pokok.
Yes! Ttg pokok anggur dan kebun itu di mulai mula2 oleh Nuh
Lalu timbul istilah pohon anggur Sodom kebuh anggur Gomora
Lalu istilah buah anggur pahit, beracun, dan berbuah yg masam
Yesus ialah pokok anggur yg benar, kita adalah ranting2-nya.

2. Proses berbuah-buah itu (banyak buah dan lebih banyak lagi) itu urusan pengusaha.
Pengusahanya ialah Allah yg adalah Roh
Oleh Yesus roh kita telah menjadi rantingnya
Jiwa mengendalikan roh yg penurut dan kuat ini

3. Ada kondisi dimana ranting tidak memiliki buah.
Yg alami tak ngerti roh, manusia duniawi ingin alam ini
Kita adalah manusia2 rohani yg mengerti dan peduli illahi

4. Itu hanya terjadi ketika hubungan antara pokok dan ranting tidak ada (arus nutrisi terputus).
Ya! Mungkin itu bisa oleh sebab tak ngerti koneksi atau telah terkonek kpd roh2 lain
Aku belum tahu apa bisa ada istilah benalu pengganggu aliran nutrisi ranting
Tapi memang ada istilah anggur Sodom atau buah anggur yg masam.

5. Urudan terputusnya nutrisi adalah urusan si ranting
karena dia tidak tinggal (pernah menancap dan kemudian tidak lagi).

Ya! Kita adalah ranting aktif, maka ini urusan kita
Bagaimana mengkoneksikan atau mencangkokan ranting mandul
Dan itu mungkin bisa dianggap sebagai buah2 dr ranting yg terkonek dgn Yesus

Itu bisa2an-ku saja
Mencoba ranting pasif menjadi aktif thp pokok dan ranting lainnya
Dan mInimal mengenal "benalu" pengganggu konektifitas kita dgn Yesus

Salam Damai Mel!
September 21, 2018, 12:51:13 PM
Reply #67
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1477
  • Gender: Male
    • Tertiga
  • Denominasi: Kristen
:)   waaaaah pengertiannya bisa diperkaya kayak gini ya  :afro: :afro:

Tq!

Agar lebih memperkaya kita lagi
Berikut ini terkait tradisi anggur
Antar lain:

1. Mujizat anggur di Kana [Yoh.2]
2. Buruh kebun anggur[Matius 20:1-16]
3. Penggarap kebun [Mat.21:33-44; Mar.12:1-12; Luk.20:9-19]
4. Perjamuan kawin [Matius 22:1-14]
5. Gadis bijak dan gadis bodoh [Mat.25:1-13]
6. Kantong anggur yg baru [Mat.9:17]
7. Pokok anggur yg benar [Yoh.15:1-15]

Salam Damai!
« Last Edit: September 21, 2018, 12:56:15 PM by Maren Kitatau »
Firman itu hidup dan powerful dan lebih tajam dr pedang bermata dua manapun
Ia dpt menikam pun menyayat memisahkan jiwa dan roh, sendi2 dan sumsum
Ia sanggup membedakan akal pikir dan maksud hati yang sesungguhnya
September 21, 2018, 01:27:50 PM
Reply #68
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 256
  • Denominasi: Kharismatik

 Yoo  :afro:
Tq!

Agar lebih memperkaya kita lagi
Berikut ini terkait tradisi anggur
Antar lain:

1. Mujizat anggur di Kana [Yoh.2]
2. Buruh kebun anggur[Matius 20:1-16]
3. Penggarap kebun [Mat.21:33-44; Mar.12:1-12; Luk.20:9-19]
4. Perjamuan kawin [Matius 22:1-14]
5. Gadis bijak dan gadis bodoh [Mat.25:1-13]
6. Kantong anggur yg baru [Mat.9:17]
7. Pokok anggur yg benar [Yoh.15:1-15]

Salam Damai!
September 21, 2018, 02:27:40 PM
Reply #69
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9500
  • Gender: Male
  • You are free to choose
    • http://berbagi-sharing.blogspot.com/
  • Denominasi: Pentakosta Karismatik
Mbingungkan sih nggak, kamu saja yg mbuatnya bingung.

sy juga nggak bingung ;D ;D

dia aja bingung2 sendiri

tapi dia MENGHARUSKAN orang lain juga bingung kayak dia ;D

disitu salah satu letak kekonyolannya

tp liat aja nih, tar juga dia maki2 balik
dikasih tau ngamuk2
wkwkwk

tar ujung2nya jadi badut kita ;D
« Last Edit: September 21, 2018, 02:35:26 PM by HenHen »
Bergaul karib dengan Tuhan, lakukan kehendak Tuhan
I have decided, to follow Jesus, no turning back
http://berbagi-sharing.blogspot.com/
Berjaga-jagalah senantiasa, sebab kamu tidak tahu kapan waktuNya tiba
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)