Author Topic: Perkataan turut berduka cita pada berita meninggal dunia  (Read 46091 times)

0 Members and 3 Guests are viewing this topic.

April 14, 2008, 04:47:08 PM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 3
Saudara - saudaraku di dalam Yesus  :coolsmiley: terkadang kita mendengar ucapan turut berduka cita pada saat ada berita meninggal dunia  :'(. Tapi saya teringat renungan dulu banget...... :rolleye0014: bukankah dengan meninggalnya seseorang kita harusnya bersuka cita  ;D karena orang tersebut telah selesai dalam perlombaannya di dunia ini dan masuk ke surga .... :happy0025:

So what do you think  :)

* Maaf kalau salah room silahkan dipindah
« Last Edit: April 14, 2008, 04:58:50 PM by dulbelajardul »
April 15, 2008, 09:00:44 AM
Reply #1
  • Guest
bingun mo koment  apa yah... :wink:
masa  iya,mau ngomong turut brgembira... :rolleye0014:

dasar sharenya gak tahu kemana neh... 8)
April 15, 2008, 02:27:32 PM
Reply #2
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 69
untukorang2 Kristen yang memang menyadari bahwa meninggal dunia adalah selesainya perlombaan didalam hidup ini , dan akan menerima mahkota dari Tuhan yang berarti meninggal dunia adalah suatu suka cita, maka pada pengumumam berita meninggal dunia ditulis begini :

Telah berpulang kerumah Bapa yang kekal :

      bla , bla , bla

kami yang mengasihinya :
 nama2 keluarga

jadi tidak disebutkan kalimat berduka cita

GBU
April 16, 2008, 04:29:55 AM
Reply #3
  • FK Friend
  • FK - Senior
  • ******
  • Posts: 314
  • Gender: Male
Saudara - saudaraku di dalam Yesus  :coolsmiley: terkadang kita mendengar ucapan turut berduka cita pada saat ada berita meninggal dunia  :'(. Tapi saya teringat renungan dulu banget...... :rolleye0014: bukankah dengan meninggalnya seseorang kita harusnya bersuka cita  ;D karena orang tersebut telah selesai dalam perlombaannya di dunia ini dan masuk ke surga .... :happy0025:

So what do you think  :)


Bukankah Yesus sendiri menangis ketika Lazarus mati?
Yoh 11:34-35
Quote
34. "Di manakah dia kamu baringkan?" Jawab mereka: "Tuhan, marilah dan lihatlah!"

35. Maka menangislah Yesus


1 Tesalonika 4:
Quote
13. Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan

Jika seorang meninggal adalah suatu hal yang natural dan pantas jika kita turut berduka cita. Paulus tidak mengajarkan bahwa kita tidak boleh ikut berduka cita, melainkan janganlah kita berduka cita seperti orang yg tidak mempunyai harapan, dan itu adalah suatu perbedaan yang jauh.

Kita mempunyai pengharapan dalam Kristus yang akan membawa umatNya kepada Bapa kita disurga, itulah yang dimaksud oleh Paulus. tapi dia tidak berkata bahwa kita tidak boleh berduka cita

Jika ada org Kristen yg meninggal, ya kita bersuka cita buat dia yang akan kembali ke surga, tapi kita juga berduka cita buat mereka yg ditinggalkannya (suami, istri, anak2, relatif, dll)

Quote
Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis! (Roma 12:15)
For I determined not to know anything ... except Jesus Christ and Him crucified.
April 16, 2008, 10:02:32 AM
Reply #4
  • ... less of me and more of YOU...
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2466
  • Gender: Female
waktu ayahku meninggal aku mengalami hal ini... aku sedih... namun kesedihan itu aku lepaskan karena 2 hal:
1. aku harus kuat bagi mamaku
2. aku ngga perlu kuatir karena ayahku sudah menang dalam Tuhan dan nanti pun kita akan dipertemukan lagi... hanya perpisahan sementara...  :wink:

satu2nya kematian yang membahagiakan adalah saat mati di dalam Tuhan...
all the best for Jesus Christ !!!
April 21, 2008, 05:01:16 PM
Reply #5
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 3
Kalau ayat ini gimana ..

Filipi 1:21. Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.

Yah gw juga blom bisa ngilangin rasa sedih kalo ditinggal orang terdekat...  :char16:
April 22, 2008, 05:25:50 PM
Reply #6
  • My Lovely Forum ^,^
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2679
  • Gender: Female
  • T4Ng4n Y4ng kU4T m3M3g4NgKu.....
Kalau ayat ini gimana ..

Filipi 1:21. Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.

Yah gw juga blom bisa ngilangin rasa sedih kalo ditinggal orang terdekat...  :char16:

Sedih? yah wajar dan sangat manusiawi sekali lah kalau kita ditinggal ma orang yang kita sayang (dalam hal ini meninggal dunia), kan setelah kenal Tuhan, bukan berarti kita jadi "berdarah dingin" alias ga bisa lagi merasa sedih.
TP didalam TUhan kita ga usah berlarut-larut seakan-akan ga punya lagi harapan kita akan bertemu dengan orang tersebut, namun kita punya harapan bahwa kita akan bertemu lagi dengan org yang kita cintai tsb nanti di dalam surga, tp lain halnya kalau dia meninggal dan belum menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya.
Apa yang tidak aku ingini, aku lakukan disini
April 24, 2008, 07:22:33 AM
Reply #7
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 307
  • Gender: Male
Bersuka citalah dengan orang yang bersuka cita, menangislah dengan orang yang menangis.
1 Cor 2:9 But as it is written, Eye hath not seen, nor ear heard, neither have entered into the heart of man, the things which God hath prepared for them that love him.
April 26, 2008, 11:45:26 PM
Reply #8
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 306
  • Kasih Karunia
Pada dasarnya tidak mengapa mengucapkan turut berdukacita.
Terutama bila yang meninggal adalah orang belum percaya atau keluarga yang ditinggalkan juga belum percaya.

Tapi bagi yang sudah percaya,
Ucapan turut berduka cita / turut bersedih juga tidak menjadi masalah sepanjang kita juga ikut menghiburkan dia dan mengatakan bahwa yang sudah meninggal dalam Tuhan akan menjalani kehidupan yang jauh lebih indah daripada yang masih di bumi.
He Must Grow Greater And Greater But I Less And Less
May 19, 2008, 07:47:17 AM
Reply #9
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 23
kalo gw sih biasanya kalo ada org yg gw kenal kerabatnya meninggal, gw bilangnya "turut bersimpati" aja...mungkin lebih netral ya... :tongue:
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)