Author Topic: MENGAPA ORANG NASRANI TETAP MAKAN DAGING BABI  (Read 48942 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 21, 2010, 07:43:12 PM
Reply #830
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 38
hmmmm.....haram dan halal, haram lagi halal lagi haram....:), sbetulnya sih haram yah memang hehehehehehe, muup nih tmen2 sekedar kasih komen boleh kan? pak Daniel temanku...permisi hahahahahahaha.....ayat ini kan yg di maksud?

Kisah Para Rasul 10:15
15. Kedengaran pula untuk kedua kalinya suara yang berkata kepadanya: "Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram."

gini lo tmen2, ayat itu sepertinya punya maksud lain, bangsa di luar Yahudi Israel dianggap bangsa yang najis oleh bangsa Israel, khususnya ahli-ahli Taurat orang Yahudi (Farisi, Saduki dan Sahendrin) yang menolak Yesus. Waktu makanan itu turun dari langit yang berisikan binatang2 najis di suruh makan adalah bukan secara jasmani kita makan. Paulus mengerti pada akhirnya bahwa keselamatan di dalam Yesus Kristus ternyata adalah untuk semua bangsa , termasuk yang bukan keturunan Yahudi secara daging dan darah, tetapi kepada manusia yang mau menerima Yesus sebagai Anak Allah dan Juru Selamat dunia ia berhak memperoleh berkat dalam Kristus Yesus, Tuhan kita....coba deh liat ayat 13nya yang mengatakan :"bangunlah hai Petrus, sembelihlah dan makanlah! ayat 14 jawab Petus :" Tidak Tuhan, tidak, sebab aku belum pernah makan sesuatu yang haram dan yang tidak tahir"

hal itu berulang tapi Petrus tetap kokoh pada pendiriannya untuk tidak makan, sebab memang murid-murid Yesus dan Yesus sendiripun  tidak punya kebiasaan makan makanan yang haram. Demikian pula tokoh-tokoh iman dalam Perjanujian Baru memang tak memakan daging babi atau yang haram. Petrus yakin ga mungkin Tuhan mengajarkan dan merubah firmanNya menjadi makan makanan yang haram, akhirnya Petrus bersabar dan sambil merenung ia mencari tau mengapa begini? apa arti penglihatan itu dan maknanya, apa arti perumpamaan itu, kok di gambarkan seperti makanan? ayat 17. sambil Petrus berfikir arti penglihatan itu dan masih dalam keadaan lapar belum makan tiba2 di depan pintu orang suruhan Kornelius dari Yope itu datang di muka pintu di mana Petrus bermalam.

Dan ketika Petrus masih berfikir tentang penglihatan itu lagi Roh yang sama yang memberi penglihatan itu membisikan pada Petrus, ada 2 orang mencari engkau. ayat 20 :' Bangunlah dan turunlah ke bawah dan berangkatlah bersama-sama dengan mereka. ayat 21 Petrus menemui orang itu dan berkata akulah yang kamu cari dan bertanyalah Petrus maksud kedatangan mereka. Ayat 34 :" Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya; " Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang. ayat 35 : bahwa setiap orang yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepadaNya.   ayat 28 menerangkan kepada Kornelius tentang larangan Yahudi tidak boleh bergaul dengan bangsa-bangsa lain di luar Yahudi.

Jadi Petrus sekalipun dalam mimpinya tidak makan makanan itu begitu dia bangun tak ada makanan itu di hadapan mejanya nyata, kemudian dia berpikir apa ya arti penglihatan itu? ya itulah artinya bahwa bangsa di luar Yahudi itu tidak najis dan haram dan berhak menjadi pengikut Yesus juga.....amin :)                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         
May 21, 2010, 07:46:54 PM
Reply #831
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 38
mudah2an kita bsia hati2 meneliti Alkitab kita, sebab ada yang dalam perumpamaan dan tidak dalam perumpamaan, sebaiknya baca konteks judulnya terlebih dahulu, tentang apa maksudnya. Yah itu sekedar saran aja zih hehehehehehehe :) baiknya sih kek gitu.......:)
May 24, 2010, 11:59:58 AM
Reply #832
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6783
  • Gender: Male
  • Jesus is My Lord and My GOD
mudah2an kita bsia hati2 meneliti Alkitab kita, sebab ada yang dalam perumpamaan dan tidak dalam perumpamaan, sebaiknya baca konteks judulnya terlebih dahulu, tentang apa maksudnya. Yah itu sekedar saran aja zih hehehehehehehe :) baiknya sih kek gitu.......:)
1 Tim 4
4:4 Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatupun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur,
4:5 sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa.

Apakah "babi" bukan ciptaan Allah yah? Kalau begitu kasihan si "babi" tidak ada yang mengakui....  :'(

Salam.
« Last Edit: May 24, 2010, 11:05:00 PM by Santo »
May 26, 2010, 07:18:46 AM
Reply #833
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11239
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Sedikit informasi tentang "org Nasrani".

Orang Nasrani ialah kelompok orang Yahudi yang beriman kepada YESUS. Sebagai org Yahudi, kelompok ini masih memelihara hukum Taurat, antara lain ialah 'tidak makan daging babi'. Itu wajar karena mereka orang Yahudi dan Kekristenan masih dalam tahap awal@ masa transisi. Satu hal yg menarik tentang kelompok ini ialah dukungan yang kuat untuk menginjili/menyebarkan Kekristenan kepada org bukan Yahudi SAMBIL TIDAK MEWAJIBKAN & MEMAKSA HUKUM TAURAT KEPADA ORG BUKAN Yahudi YG MEREKA INJILI ITU. Ini termasuklah 'daging babi' dan 'sunat/khitan'.

Sayang, dikemudian hari, kelompok ini mulai berkurangan, sebaliknya org non Yahudi semakin bertambah akibat intensitas penginjilan. Kelompok ini mulai hilang dipersada sejarah pada abad penghujung abad pertama, mungkin karena penganiayaan dan fokus penginjilan yg banyak tertumpu ke org non Yahudi yg lebih reseptif (terbuka) ketimbang org Yahudi yg sangat ekstrem dan tertutup. Lagian org Yahudi dilindungi oleh undang2 Rom dan undang2 lokal, mereka mendapat dukungan pemerintah supaya agama dan adat mereka dipelihara dan dilindungi (kayak org Hindu Bali gituh).

Mungkin sebagian daripada mereka berhijrah ke tanah Arab sesudah Yerusalem dimusnahkan oleh Jederal Titus pada 70 Masehi. Akibat pergaulan dengan org Arab jahiliah, berlaku semacam sikretisme dan kemungkinan merekalah kelompok yang disebut dalam AQ. Ajaran mereka pada waktu itu tidak murni lagi sungguhpun mereka masih mewaris beberapa ajaran dasar seperti 'tidak makan daging' dan 'berkhitan', tapi sayang, ilmu ketuhanan mereka jauh menyimpang dari ajaran alkitab!

Sebagian juga yang masih survive tetap tinggal di Palestina sesudah pemusnahan Yerusalem pada tahun 70M. Kelompok ini juga mengalami sinkretisme dengan kepercayaan2 lokal. Kelompok ini disebut "Ebinonis". Pada abad ke dua, kelompok ini tidak bertahan dan akhirnya lenyap dari peta Palestina.

Jadi, sila bedakan.

Org Nasrani ==> makan daging babi.

Org Kristen ==> ngga.

Itu bukan soal agamawi melainkan soal budaya dan kelompok ini masih di masa transisi.

http://www.myjewishlearning.com/history/Ancient_and_Medieval_History/539_BCE-632_CE/Palestine_Under_Roman_Rule/Jewish-Christian_Schism.shtml

http://www.jewishglobe.com/Jewish_Christians.html  


Maaf, galat, yg benar ialah:

Org Nasrani ==> tidak makan daging babi.

Org Kristen ==> makan.
« Last Edit: May 29, 2010, 08:51:25 AM by CosmicBoy »
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
May 28, 2010, 04:58:45 PM
Reply #834
  • Guest

Jadi, sila bedakan.

Org Nasrani ==> makan daging babi.

Org Kristen ==> ngga.

kalo bro CB termasuk yang menajiskan babi u/dimakan  atau babi untuk halal untuk dimakan (asal bukan babi curian)
May 29, 2010, 08:49:13 AM
Reply #835
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11239
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal

Jadi, sila bedakan.

Org Nasrani ==> makan daging babi.

Org Kristen ==> ngga.

kalo bro CB termasuk yang menajiskan babi u/dimakan  atau babi untuk halal untuk dimakan (asal bukan babi curian)

Saya Kristen yg bukan Yahudi, jadi saya diperbolehkan makan daging babi.

Karena latar saya tidak biasa makan daging babi maka saya tidak mau makan.

Kristen yg mau makan, silakan...saya tidak permasalahkan.

Makan tidak membawa keselamatan sama hal dengan tidak makan.

Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
May 29, 2010, 08:52:19 AM
Reply #836
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11239
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Sedikit informasi tentang "org Nasrani".

Orang Nasrani ialah kelompok orang Yahudi yang beriman kepada YESUS. Sebagai org Yahudi, kelompok ini masih memelihara hukum Taurat, antara lain ialah 'tidak makan daging babi'. Itu wajar karena mereka orang Yahudi dan Kekristenan masih dalam tahap awal@ masa transisi. Satu hal yg menarik tentang kelompok ini ialah dukungan yang kuat untuk menginjili/menyebarkan Kekristenan kepada org bukan Yahudi SAMBIL TIDAK MEWAJIBKAN & MEMAKSA HUKUM TAURAT KEPADA ORG BUKAN Yahudi YG MEREKA INJILI ITU. Ini termasuklah 'daging babi' dan 'sunat/khitan'.

Sayang, dikemudian hari, kelompok ini mulai berkurangan, sebaliknya org non Yahudi semakin bertambah akibat intensitas penginjilan. Kelompok ini mulai hilang dipersada sejarah pada abad penghujung abad pertama, mungkin karena penganiayaan dan fokus penginjilan yg banyak tertumpu ke org non Yahudi yg lebih reseptif (terbuka) ketimbang org Yahudi yg sangat ekstrem dan tertutup. Lagian org Yahudi dilindungi oleh undang2 Rom dan undang2 lokal, mereka mendapat dukungan pemerintah supaya agama dan adat mereka dipelihara dan dilindungi (kayak org Hindu Bali gituh).

Mungkin sebagian daripada mereka berhijrah ke tanah Arab sesudah Yerusalem dimusnahkan oleh Jederal Titus pada 70 Masehi. Akibat pergaulan dengan org Arab jahiliah, berlaku semacam sikretisme dan kemungkinan merekalah kelompok yang disebut dalam AQ. Ajaran mereka pada waktu itu tidak murni lagi sungguhpun mereka masih mewaris beberapa ajaran dasar seperti 'tidak makan daging' dan 'berkhitan', tapi sayang, ilmu ketuhanan mereka jauh menyimpang dari ajaran alkitab!

Sebagian juga yang masih survive tetap tinggal di Palestina sesudah pemusnahan Yerusalem pada tahun 70M. Kelompok ini juga mengalami sinkretisme dengan kepercayaan2 lokal. Kelompok ini disebut "Ebinonis". Pada abad ke dua, kelompok ini tidak bertahan dan akhirnya lenyap dari peta Palestina.

Jadi, sila bedakan.

Org Nasrani ==> makan daging babi.

Org Kristen ==> ngga.

Itu bukan soal agamawi melainkan soal budaya dan kelompok ini masih di masa transisi.

http://www.myjewishlearning.com/history/Ancient_and_Medieval_History/539_BCE-632_CE/Palestine_Under_Roman_Rule/Jewish-Christian_Schism.shtml

http://www.jewishglobe.com/Jewish_Christians.html 


Maaf, galat, yg benar ialah:

Org Nasrani ==> tidak makan daging babi.

Org Kristen ==> makan.



Maaf, galat, yg benar ialah:

Org Nasrani ==> tidak makan daging babi.

Org Kristen ==> makan.
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
May 30, 2010, 11:22:08 PM
Reply #837
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2025
  • Gender: Female
  • Pujilah YAHWEH, hai jiwaku. Haleluyah
  • Denominasi: Penyembah YHWH & Mesianik
Dari diskusi yang disampaikan sebelum ini, berati kelihatan jelas bahwa Alkitab berisi diantaranya Petunjuk Hidup, Pandangan Hidup dan Tujuan Hidup, karena itu ayat-ayat Alkitab sangat bermakna bagi saya.

Saya setuju dengan pendapat saudara Daniel F.S., dimana dasar pembenarannya adalah ayat-ayat Alkitab berasal dari Paulus.  Namun perlu dicatat kalau yang ingin dicapai adalah Kerajaan Sorga tentunya bukan ribut ngurusin makanan dan minuman. Urusan makanan dan minuman adalah urusan dibumi.
Tetapi kalau engkau tidak menjaga makanan dan minumanmu sehingga engkau sakit lalu mati lebih cepat, bagaimana caranya engkau mempermuliakan Tuhan lewat tubuhmu.

Didalam Kristen sendiri ada perbedaan pendapat masalah makanan babi, udang, cumi, kodok, belut, ubur-ubur, dsb; sebagian besar menyatakan itu halal berdasarkan referensi ayat Alkitab yang disampaikan Paulus, dan pendapat dari Alkitab bahwa apa yang masuk ke dalam tubuh adalah halal, namun yang keluar adalah haram.

Salah satu pendapat yang mengatakan bahwa makan babi, udang, cumi, kodok, belut, ubur-ubur, dsb adalah haram berasal dari mazhab Advent Hari ke-7.

Tetapi bagi saya sendiri bukanlah masalah halal atau haramnya, namun manfaat atau mudharatnya, kalau makan babi, udang, cumi, ubur2, dsb bikin kolesterol dan darah tinggi saya naik, buat apa memakannya ?
Dan bangsa-bangsa itu akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH, demikianlah Firman Tuhan YAHWEH
May 30, 2010, 11:29:10 PM
Reply #838
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6783
  • Gender: Male
  • Jesus is My Lord and My GOD
Saya suka pecel lele, belut goreng cah kangkung, dan cumi goreng tepung. Lele, belut, dan cumi termasuk yang dilarang loh dalam hukum Taurat Musa.... :onion-head25:

Salam
May 30, 2010, 11:43:31 PM
Reply #839
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2025
  • Gender: Female
  • Pujilah YAHWEH, hai jiwaku. Haleluyah
  • Denominasi: Penyembah YHWH & Mesianik
Saya suka pecel lele, belut goreng cah kangkung, dan cumi goreng tepung. Lele, belut, dan cumi termasuk yang dilarang loh dalam hukum Taurat Musa.... :onion-head25:

Salam

Ya sobat, kalau anda bukan dari Advent Masehi Hari ke-7 ya gak masalah. Kalau dari Islam mungkin nanya ama centong.
Cuman aku berpikir kalau nyembelih babinya tidak di dalam nama Yesus apakah halal atau haram ya ?
Dan bangsa-bangsa itu akan mengetahui bahwa Akulah YAHWEH, demikianlah Firman Tuhan YAHWEH
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)