Author Topic: Baptisan sejak lahir VS Anabaptis  (Read 2017 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 11, 2009, 01:07:11 PM
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 102
Pada 31 Oktober 1517, seorang rahib yang bernama Martin Luther memakukan 95 dalil yang bertentangan dengan kebijaksanaan Gereja Roma Katolik di gerbang gereja kota Wittenberg. Tentu Paus pada saat itu menjadi kalang kabut. Luther sampai pada kesimpulan bahwa Gereja Roma Katolik telah MENYIMPANG JAUH DARI KEBENARAN. Mereka mengajarkan jalan keselamatan yang melalui perbuatan manusia. Contoh yang paling konkrit pada saat itu ialah ‘surat pengampunan dosa’ yang diperjualbelikan.

Sayang sekali Luther tidak melihat bahwa akar permasalahannya ialah baptisan keselamatan (baptism regeneration) , yaitu paham tahyul tentang baptisan yang dimulai jauh-jauh sebelumnya yang mengajarkan bahwa baptisan dapat melindungi seseorang dari gangguan iblis, dari sakit-penyakit, dan memastikan keselamatan.

Luther menyerukan agar kembali kepada iman. Nats Alkitabnya yang paling terkenal ialah Roma 1:17, "Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: 'Orang benar akan hidup oleh iman.'"

Kaum Anabaptis yang sedang bersembunyi merasa sangat senang pada perjuangan Martin Luther. Mereka menyangka bahwa mereka mendapat teman baru di dalam peperangan iman. Banyak di antara mereka segera menggabungkan diri dengan Luther. Demikian juga para Anabaptis yang di Swiss. Mereka sangat bersukacita atas perjuangan Calvin dan Zwingli dan keluar dari persembunyian untuk menggabungkan diri dengan mereka.

Namun kemudian mereka sangat kecewa karena menyadari rupanya para reformator itu tidak sanggup melihat inti permasalahan yang menyebabkan berdirinya Satan’s Millenium. Rupanya baik Luther, Calvin, maupun Zwingli tidak menyadari bahwa kesalahpahaman tentang makna baptisan adalah awal penyebab dari malapetaka yang telah berlangsung ribuan tahun. Baik Luther, Calvin maupun Zwingli tetap membaptiskan bayi yang tidak mengerti apa-apa. Mereka tidak menyadari bahwa tindakan itu berarti memasukkan orang-orang yang belum dilahirkan kembali ke dalam gereja. Mereka menganggap masalahnya bukan dari baptisan karena mereka tidak sanggup menyadari bahwa lebih gampang menghimbau orang yang belum dibaptis untuk bertobat dan menerima Kristus daripada orang yang telah dibaptiskan ke dalam gereja.
Yang lebih mengecewakan kaum Anabaptis lagi ialah ternyata para Reformator tidak mengerti apa perbedaan konsep Doktrin Gereja Lokal dengan Doktrin Gereja Universal. Mereka tidak sanggup melihat bahwa Gereja Roma Katolik menjadi sedemikian sesat itu gara-gara dikawinkan dengan negara oleh si Constantine.

Baik Luther, Calvin, maupun Zwingli adalah orang-orang yang dibaptis sejak bayi di Gereja Roma Katolik. Mereka sendiri belum pernah dibaptis dengan Baptisan Alkitabiah, yaitu baptisan yang didahului Pengakuan percaya (Kis 8:36-38). Kemudian mereka membaptiskan semua pengikut mereka dengan cara yang sama, yaitu yang mereka tiru dari Gereja Roma Katolik. Lalu kalau ada pengikut mereka yang menyadari kesalahan mereka dan ingin menggabungkan diri dengan para Anabaptis, salahkah kalau para Anabaptis meminta agar mereka mengaku percaya di depan jemaat dan kemudian membaptiskan mereka dengan baptisan Alkitabiah? Reformasi yang mereka lakukan ternyata sebuah reformasi yang kepalang tanggung.

Sumber:
PEDANG ROH: Jurnal Teologi, Sarana Pendidikan Teologi dan Pemberitaan Kebenaran oleh GITS, Edisi 57, Triwulanan Oktober-Desember 2008, Suhento Liauw (STh., M.R.E., D.R.E., Th.D)


menurut gw, baptisan yang benar adalah baptisan yang didahului iman..( kisah para rasul 8:36-38)

jadi seseorang terlebih dahulu percaya Yesus dengan imannya , baru ia memberikan diri secara sadar untuk dibaptis..

jika bayi dibaptis sejak lahir, itu merupakan pembaptisan tanpa di dahului iman si bayi itu sendiri, mana mungkin bayi yang masih kecil sudah bisa mengenal Yesus ??
 
hal itu merupakan perwujudan maksud baik dari orangtua, tapi akhirnya menjadi bumerang bagi si anak, karena sebenarnya waktu bayi ia dibaptis tanpa iman.
namun karena ia diberitahu oleh orangtuanya bahwa waktu kecil ia telah dibaptis, maka anak tsb ketika beranjak dewasa merasa tidak perlu dibaptis lagi..

bukankah hal ini sangat2 merugikan si anak ? (padahal maksud orangtuanya baik )

kesalahpahaman tentang makna baptisan adalah awal penyebab dari malapetaka yang telah berlangsung ribuan tahun..

mudah2an dengan adanya penjelasan di atas bisa memberikan pencerahan bagi teman2 LT sehingga kesalahan tersebut tidak akan terulang lagi  ..

GBU..
« Last Edit: September 11, 2009, 01:09:52 PM by quicksilver »
September 12, 2009, 10:59:46 AM
Reply #1
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 27
bener banget quick, baptisan Alkitabiah adalah baptisan yg didahului oleh iman..
dulu gw waktu bayi dibaptis oleh ortu gw, tapi setelah beranjak dewasa gw minta dibaptis ulang + pengakuan iman , sesuai dengan Firman Tuhan (kisah para rasul 8:35-38), karena waktu bayi gw nggak merasa melakukan pengakuan iman dengan segenap hati.. namanya juga masih bayi,kagak ngerti apa2, gimana bisa punya iman pada Yesus ?   :cheesy:
« Last Edit: September 12, 2009, 11:03:03 AM by Zenith »
September 14, 2009, 09:39:13 AM
Reply #2
  • Guest
jika bayi dibaptis sejak lahir, itu merupakan pembaptisan tanpa di dahului iman si bayi itu sendiri, mana mungkin bayi yang masih kecil sudah bisa mengenal Yesus ??
 
hal itu merupakan perwujudan maksud baik dari orangtua, tapi akhirnya menjadi bumerang bagi si anak, karena sebenarnya waktu bayi ia dibaptis tanpa iman.
namun karena ia diberitahu oleh orangtuanya bahwa waktu kecil ia telah dibaptis, maka anak tsb ketika beranjak dewasa merasa tidak perlu dibaptis lagi..

Bisa iya ... bisa tidak  :D


September 14, 2009, 10:01:09 AM
Reply #3
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 7
  • Gender: Male
  • Be Patient...
bener juga sih apa yang dibahas...
tapi klo dilihat dari sisi lain orang tua memeberikan anaknya untuk dibaptis sebagai salah satu iman orang tua untuk menyerahkan kehidupan anaknya kepada Tuhan.

Boleh juga diusulin klo yang baptis masih bayi, harus baptis lagi. Bukan berarti baptis ulang tapi yang baptis sewaktu bayi diangggap sebagai penyerahan, tetapi sewaktu baptis setelah dewasa sebagai tindakan iman.

klo gak salah.hihihi....
Whatever happen, never STOP for JC !!!
September 16, 2009, 10:55:11 AM
Reply #4
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2739
  • me , just moe without 'o'
[image] of mine  is  God's own [image]

http://rotihidup.blogspot.com/

His crown was of thorns
His throne was a cross
His glory was humiliation

(the wisdom of the desert)
September 16, 2009, 11:34:23 AM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3136

mudah2an dengan adanya penjelasan di atas bisa memberikan pencerahan bagi teman2 LT sehingga kesalahan tersebut tidak akan terulang lagi  ..

GBU..


Bagi teman2 LT, maksudnya apa bro?  :onion-head33:
mau mau, engga engga, jangan mau yang engga engga
September 16, 2009, 04:41:24 PM
Reply #6
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2739
  • me , just moe without 'o'
LuTheran kali kas :D [marthin LuTher]
[image] of mine  is  God's own [image]

http://rotihidup.blogspot.com/

His crown was of thorns
His throne was a cross
His glory was humiliation

(the wisdom of the desert)
September 16, 2009, 11:02:04 PM
Reply #7
  • Global Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8787
  • ForumKristen.com
LT=LadangTuhan.
Kayaknya dia copy-paste dari forum sebelah.

Silakan lanjutkan diskusi dengan bijak, mengingat baptisan adalah topik yang cukup sensitif. GBU
Mustahil Kristen bisa menjawab
"We don't smoke it, we just sell it. We reserve that right for the young, the poor, the black and the stupid." - R.J. Reynolds
September 16, 2009, 11:16:39 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3136
LT=LadangTuhan.
Kayaknya dia copy-paste dari forum sebelah.

Silakan lanjutkan diskusi dengan bijak, mengingat baptisan adalah topik yang cukup sensitif. GBU

Copas karya sendiri ato karya orang laen yah, soale ga ada sembur, eh sumber..

Mengenai baptisan kayaknya udeh banyak threadnya. Mungken bisa dibuka2 file lama dan nyambung disana.
mau mau, engga engga, jangan mau yang engga engga
November 03, 2009, 02:51:54 PM
Reply #9
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 27
kog malah ngebahas definisi LT ? kayaknya fokus di sini masalah baptisan sejak lahir vs anabaptis , kog malah ngelantur ke LT ? 
emang kalo mau cari kesalahan orang  jauh lebih gampang daripada introspeksi diri sendiri ...
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)