Author Topic: Berontak atau berserah  (Read 1344 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 25, 2009, 10:55:55 AM
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6553
  • Gender: Female
  • I have the simplest taste

Bacaan : 2 Korintus 12:7-10
Nats: Jawab Tuhan kepadaku, "Cukuplah anugerah-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu, aku terlebih suka bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku (2 Korintus 12:9)



Seorang anak sakit keras. Ia harus segera disuntik agar obat bisa langsung masuk ke dalam pembuluh darahnya. Namun, begitu melihat jarum suntik, si anak memberontak. Meronta-ronta sambil menjerit dan menangis. Takut disuntik. Karena bergerak terus, sulit bagi dokter untuk memasukkan jarum suntik. Baru setelah ia kelelahan dan lemas kehabisan tenaga, dokter bisa menyuntiknya. Obat pun masuk ke dalam tubuhnya. Proses penyembuhan dimulai.

Tanpa sadar, kita sering bersikap seperti anak kecil tadi. Ketika menghadapi kenyataan sulit, kita berontak. Panik. Protes. Marah. Sulit menerima kenyatan itu. Begitu pula Rasul Paulus. Saat mendapatkan "duri dalam daging" berupa sakit-penyakit, spontan ia berseru pada Tuhan minta disembuhkan. Berkali-kali. Sayang, upaya itu gagal. Paulus tidak disembuhkan. Namun, harapannya tidak sirna. Dari situ ia belajar satu hal penting: perlunya berdamai dengan kelemahannya. Bukannya berontak, ia berserah diri. Bergantung pada Tuhan sepenuhnya. Justru pada saat itulah, kuasa Tuhan turun menaunginya. Ia dimampukan hidup bersama kelemahan itu dengan kekuatan ilahi.

Adakah masalah yang selama ini terus merongrong diri Anda? Bentuknya bisa berupa sakit-penyakit, cacat kepribadian, atau kelemahan lainnya. Sudahkah Anda berdamai dengan kelemahan Anda tersebut, atau terus memberontak? Jika Tuhan tidak menyembuhkan, relakah Anda hidup bersama kelemahan itu? Tuhan bisa mengaruniakan kekuatan agar Anda sanggup menanggungnya. Maka, serahkanlah diri Anda kepada-Nya! Jika Anda lemah, maka Anda kuat! --JTI

KADANG KITA DIBIARKAN MEMILIKI KELEMAHAN SUPAYA KITA BELAJAR BERGANTUNG PADA KUASA TUHAN


Quote
2Korintus 12:7-10
7 Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.

8 Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku.

9 Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

10 Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.



sumber renungan harian Kristen

Dear God, please lead me to Your path, not my path. My path is fun, but it's suffering. Your path is abstract, but it's safe.
September 25, 2009, 01:28:05 PM
Reply #1
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 102
Quote
2Korintus 12:7-10
7 Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.

8 Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku.

9 Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.
udah berseru 3x minta tolong sama Tuhan agar dijauhkan dari iblis, akhirnya ditolong Tuhan nggak ?

kayaknyakalo dari jawabanNya, si Paulus nggak ditolong deh..
berarti apa yg terjadi pada waktu utusan iblis tsb tidak kunjung pergi
dari hadapan Paulus ?
bisa dibayangkan kengerian apa yg ada di hadapan Paulus pada waktu itu ( di depan Paulus ada utusan iblis, udah disuruh pergi dalam nama Yesus, tapi nggak mau pergi juga )
 padahal sudah minta tolong agar Tuhan usir , tapi Tuhan keberatan.. apa jangan2  Paulus dan utusan iblis itu malah tinggal serumah dan tidur bareng ?   hiiii ngeri bookkkk
 ;D
kasiaan dehh si Paulus .. :cheesy:
« Last Edit: September 25, 2009, 01:34:56 PM by quicksilver »
September 25, 2009, 05:08:46 PM
Reply #2
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 325

udah berseru 3x minta tolong sama Tuhan agar dijauhkan dari iblis, akhirnya ditolong Tuhan nggak ?

kayaknyakalo dari jawabanNya, si Paulus nggak ditolong deh..
berarti apa yg terjadi pada waktu utusan iblis tsb tidak kunjung pergi
dari hadapan Paulus ?
bisa dibayangkan kengerian apa yg ada di hadapan Paulus pada waktu itu ( di depan Paulus ada utusan iblis, udah disuruh pergi dalam nama Yesus, tapi nggak mau pergi juga )
 padahal sudah minta tolong agar Tuhan usir , tapi Tuhan keberatan.. apa jangan2  Paulus dan utusan iblis itu malah tinggal serumah dan tidur bareng ?   hiiii ngeri bookkkk
 ;D
kasiaan dehh si Paulus .. :cheesy:



belajar ngomong dulu gan, di sekolahin gak sih pas SD?

kok ngomongnya gak sopan? Belajar alkitab dulu deh gan
fungsi dari gereja adalah mencari jiwa yang hilang, bukan malah berebut jemaat dengan gereja lain.
September 25, 2009, 05:18:10 PM
Reply #3
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6553
  • Gender: Female
  • I have the simplest taste
udah berseru 3x minta tolong sama Tuhan agar dijauhkan dari iblis, akhirnya ditolong Tuhan nggak ?

kayaknyakalo dari jawabanNya, si Paulus nggak ditolong deh..
berarti apa yg terjadi pada waktu utusan iblis tsb tidak kunjung pergi
dari hadapan Paulus ?
Paulus diberikan sakit penyakit agar dia tahu dibalik kelemahannya ada kekuatannya  :azn:

bisa dibayangkan kengerian apa yg ada di hadapan Paulus pada waktu itu ( di depan Paulus ada utusan iblis, udah disuruh pergi dalam nama Yesus, tapi nggak mau pergi juga )
 padahal sudah minta tolong agar Tuhan usir , tapi Tuhan keberatan.. apa jangan2  Paulus dan utusan iblis itu malah tinggal serumah dan tidur bareng ?   hiiii ngeri bookkkk ;D
kasiaan dehh si Paulus .. :cheesy:


Etika berposting:

-Dilarang mamakai gaya bahasa yang kotor atau tidak pantas.
-Dilarang memakai gaya bahasa/saling menyinggung , menyerang, memprovokasi, atau melakukan perdebatan yang diluar jalur dari topic yang dibicarakan (Out Of Topic atau OOT).


Dear God, please lead me to Your path, not my path. My path is fun, but it's suffering. Your path is abstract, but it's safe.
September 27, 2009, 11:35:54 PM
Reply #4
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 325
Ada kekuatan di dalam cinta, dan orang yang sanggup memberikan cinta adalah orang yang kuat, karena ia bisa mengalahkan keinginannya untuk mementingkan diri sendiri.

Ada kekuatan dalam tawa kegembiraan, dan orang yang tertawa gembira adalah orang yang kuat karena ia tidak pernah terlarut dengan tantangan dan cobaan.

Ada kekuatan di dalam kedamaian diri, dan orang yang dirinya penuh damai bahagia adalah orang yang kuat karena ia tidak pernah tergoyahkan dan tidak mudah diombang-ambingkan.

Ada kekuatan di dalam kemurahan, dan orang yang murah hati adalah orang yang kuat karena ia tidak pernah menahan mulut dan tangannya untuk melakukan yang baik bagi sesamanya.

Ada kekuatan di dalam kebaikan, dan orang yang baik adalah orang yang kuat karena ia selalu mampu melakukan yang baik bagi semua orang.

Ada kekuatan di dalam kesetiaan, dan orang yang setia adalah orang yang kuat karena ia bisa mengalahkan nafsu dan keinginan pribadi dengan kesetiaannya kepada Tuhan dan sesama.

fungsi dari gereja adalah mencari jiwa yang hilang, bukan malah berebut jemaat dengan gereja lain.
September 28, 2009, 09:52:22 AM
Reply #5
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6553
  • Gender: Female
  • I have the simplest taste
Ada kekuatan di dalam kesetiaan, dan orang yang setia adalah orang yang kuat karena ia bisa mengalahkan nafsu dan keinginan pribadi dengan kesetiaannya kepada Tuhan dan sesama.


 :onion-head83: bener banget bro, orang yang kuat adalah orang yang bisa mengalahkan napsu  :onion-head55:
Dear God, please lead me to Your path, not my path. My path is fun, but it's suffering. Your path is abstract, but it's safe.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)