Author Topic: Pertanyaan bagi saudaraku yang umat Kristen  (Read 10384 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 06, 2010, 09:04:31 PM
Reply #70
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 6783
  • Gender: Male
  • Jesus is My Lord and My GOD
4. YESUS Ajarkan Dua Kalimat Syahadat
Dan Mengaku Dia Hanya Seorang Utusan Tuhan

Yohanes 17:3 “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal YESUS KRISTUS yang telah engkau utus”.

Catatan: YESUS mengaku dengan jujur dan polos bahwa satu-satunya Allah yang benar, adalh Allah SWT, dan dia hanya seorang utusan Tuhan. Ini berarti YESUS mengajarkan dua kalimat syahadat (syahadatin), yang jika di bahasa arabkn “ Asyhadu anla ilaaha illallahu, wa asyhadu anna Isa rasulullah”.

Nah sepeninggal YESUS, nabi kita Muhammad saw juga mengajarkan dua kalimat syahadat (syahadatin) yaitu : “ Asyhadu anla ilaaha illallahu, wa asyhadu anna Muhammadar rasulullah.”

Ini merupakan suatu bukti bahwa kita umat Islamlah yang meneruskan ajaran YESUS tersebut. Sementara umat Kristen tidak mengenal dua kalimat syahadat. Bahkan syahadatin bagi seluruh umat Islam didunia, merupakan pintu awal menjadi seorang muslim.

Pada ayat tersebut, sangat jelas sekali YESUS mengaku dengan jujur dan polos bahwa satu-satunya Tuhan yang benar adalah Bapa (Allah SWT) dan ia hanya seorang utusan saja.

Apa yang YESUS ucapkan pada Yoh 17:3 tadi, sama sekali tidak dianggap dan tidak diamalkan oleh mereka. Bahkan mereka menjadikan YESUS sebagai Tuhan atau Allah itu sendiri yang mereka sembah. Na’uudzubillaahimindzaalik.

Nah dari ucapan YESUS dalam Yoh 17:3 tadi, membuktikan bahwa umat Islamlah yang mengamalkan ajaran YESUS yang mengatakan bahwa satu-satunya Tuhan adalah Allah dan Dia (YESUS) hanyalah seorang utusanTuhan, bukan Tuhan!! Sementara umat Kristiani menjadikan Tuhan itu Trinitas dan YESUS itu salah satu dari oknum Tuhan itu sendiri.

5. Menghadap Qiblat
Mazmur 5:8 “Tetapi aku, berkat kasih setia-Mu yang besar, aku akan masuk kedalam rumah-Mu, sujud menyembah ke arah bait-Mu yang kudus dengan takut akan Engkau”.

Penjelasan: Alkitab mengajarkan bahwa jika sembahyang (sholat) harus menghadap ke kiblat dengan cara berlutut dan bersujud menyembah kepada-Nya. Sementara umat Kristiani pada setiap ibadah mereka atau sembahyangnya menghadap kemana saja mereka mau.

Ini menunjukkan bahwa umat Islamlah yang mengamalkan ajaran Allah dan YESUS didalam Alkitab, dimana setiap waktu mau sholat harus menghadap kan wajahnya kearah Bait Allah.

 Bait Allah = Bethel = Baitullah = Ka’abah

Semua umat Islam dimanapun mereka berada, jika mau mengerjakan shalat wajib maupun shalat sunnah pasti bersujud menghadap kiblat.

Ketika YESUS masih hidup, setiap dia berdoa, selalu berlutut dan bersujud menyembah Tuhannya. Perhatikan bagaimana YESUS berdoa sambil berlutut dan bersujud kepada Allah.

Lukas 22:41-44

(41) Kemudian Ia menjauhkan diri dari mereka kira-kira sepelempar batu jaraknya, lalu ia berlutut dab berdoa kata-Nya:(42) “Ya Bapa-Ku , jikalau Engkau mau, ambilah cawan ini daripada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjad, (43) Maka seorang malaikat dari langit menampakkan diri kepada-Nya untuk memberi kekuatan kepada-Nya (44)Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa . Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah.

Pejelasan: ayat ini memberikan bukti bahwq YESUS itu hanyalah seorang utusan Tuhan. Buktinya Tuhan mengutus malaikat-Nya untuk memberikan kekuatan pada YESUS. Dan ayat ini juga menjelaskan bahwa YESUS bukan Tuhan, sebab dia masih harus berdoa kepada Tuhan. Jika YESUS itu Tuhan tidak perlu lagi tuhan harus berdoa,. Jika YESUS itu Tuhan , mana mungkin Tuhan sangat ketakutan ketika malaikat menampakan diri kepada-Nya. Tidak masuk akal sehat Tuhan harus takut sama malaikat bukan?
 

a.         Setiap yang berdoa kepad Tuhan , pasti bukan Tuhan

b.         YESUS berdoa kepada Tuhan, berati YESUS bukan Tuhan

c.         Setiap yang takut kepada malaikat Tuhan, pasti buka Tuhan

d.         YESUS takut kepada malaikat Tuhan, berarti YESUS bukan Tuhan

6. YESUS Mengajarkan Tauhid

Matius 4:10 "Maka berkatalah YESUS kepadanya:”Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis:Engkau  harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”
 

Penjelasan: Marilah kita ikuti dahulu perjalananYesus dalam Mat 4:1-10 sebelum dia menjadi Utusan Tuhan ataukah Tuhan ataukah Rasul ataukah Nabi ?????,

(1). Maka YESUS dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis. (2) Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah YESUS.(3). Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjad roti.” (4) tetapi YESUS menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” (5) Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, (6) lalu barkata kepada-Nya :”Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis : Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan Malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangan-Nya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu.” (7) YESUS berkata kepada-Nya: “Ada pula tertulis Janganlah engkau mencobai Tuhan Allahmu!” (8) Dan Iblis membawa-Nya pula keatas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, (9) dan berkata kepada-Nya: “Semua itu akan kuberikan kepada –Mu, jika Engkau sujud menyembah aku.”(10) Maka berkatalh YESUS kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis : Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”

Dari skenario jalannya cerita tersebut, dapatlah kita simpulkan bahwa terhadap iblis saja YESUS mengajarkan Tauhid. Artinya menyembah itu hanya kepada Allah saja.

Ini membuktikan bahwa iblis saja tahu dan mengerti bahwa YESUS itu bukan Tuhan!!

Jika YESUS itu tuhan, tentu dia akan berkata: Enyahlah iblis , sebab ada tertulis “Hanya kepadaku saja engkau menyembah”.

Tidak disangsikan lagi bahwa YESUS bukan Tuhan yang harus disembah. Tapi anehnya umat Kristiani menjadikan YESUS sebagai Tuhan yang disembah.

YESUS menyuruh menyembah kepada Tuhan. Semua umat Islam dimanapun mereka berada, menyembah hanya kepada Tuhan yang di-sembah oleh YESUS, sementara umat Kristen menjadikan YESUS sebagai sesembahan. Ini membuktikan bahwa kami umat Islamlah pengikut YESUS yang setia.

Apa yang YESUS ajarkan dalam Alkitab, bahwa menyembah itu hanya kepad Allah yang dia sembah, ternyata kami umat Islamlah yang mengamalkan dan mengaminkan ucapan YESUS tsb, baik dalam Alkitab maupun dalam Al Qur’an.

Dalam ayat lain , YESUS memberikan kesaksian langsung dari mulutnya sendiri ketika bersoal jawab dengan orang saduki, bahwa Tuhan itu Allah kita dan Tuhan itu Esa!! Perhatikan  ucapan YESUS pada ayat dibawah ini:

Markus 12:28-32

(28)Lalu seorang ahli Taurat, yang mendengar YESUS dan orang-orang Saduki bersoal jawab dan tahu, bahwa YESUS memberi jawab yang tepat kepada orang-orang itu, datang kepada-Nya dan bertanya:”Hukum manakah yang paling utama?’(29)Jawab YESUS: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang israel, tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.(30) Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.(31)Dan hukum yang kedua ialah:Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini.” (32)Lalu kata ahli Taurat itu kepada YESUS: “Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia.

Alkitab bahasa Inggris juga meguakan bahwaYesus memberikan kesaksian bahwa Tuhan itu Allah kita, Tuhan itu esa!!

Semua ayat-ayat Alkitab dalam berbagai bahasa menunjukkan bahwa YESUS sendiri memberikan kesaksian bahwa Tuhan itu Esa, bukan Trinitas. YESUS memberikan kesaksian bahwa Tuhan itu Esa, sebab pada jaman beliau masih hidup, tidak pernah beliau mengajarkan paham Trinitas. Paham Trinitas ini baru muncul pada tahun 325 Masehi ketika konferensi Nicea, oleh raja Constantin

Oleh sebab itu seumur hidupnya YESUS tidak pernah tahu jika ajaran ketuhanan yang beliau ajarkan berubah menjadi paham Trinitas ; artinya Bapa itu Tuhan, YESUS itu Tuhan dan ROH KUDUS itu juga Tuhan.

Salah satu contoh ayat Trinitas didalam Alkitab yaitu 1 Yoh 5:7-8 berbunyi:

(7) Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga; Bapa, Firman dan ROH KUDUS; dan ketiganya adalh satu.(8) Dan ada tiga yng memberi kesaksan di bumi): Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.
Pada dasarnya ada cukup banyak firman-firman Allah dalam Alkitab yang mengatakan Tuhan itu Esa, seperti ayat-ayat berikut ini:

Ulangan 6:4 Dengarlah, hai orang Israil: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!

Yesaya 45:6 Supaya orang tahu dari terbitnya matahari sampai terbenamnya, bahwa tidak ada yang lain di luar Aku. Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain,

YESUS memberikan kesaksian bahwa Tuhan itu Allah kita, Tuhan itu Esa dan tidak ada Tuhan  selain Allah (Laa illaaha  Ilallaahu). Al Qur’an juga demikian, mengatakan Tuhan itu Esa “Qul huwallahu ahad”(Kataknlah Dialah Allah Yang Maha Esa)

Ayat-ayat Alkitab tersebut memberikan kesaksian bahwa Tuhan itu Esa dan tidak ada Tuhan selain Allah. Nah ajaran YESUS dan Tuhannya tentang keesaan Allah (tauhid), umat Islamlah yang mengamalkan.





Yohanes 17:3 “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal YESUS KRISTUS yang telah engkau utus”.

Waw, mencomot bagian dari Kitab Yohanes. Tapi bro yang diakui jangan sebagian saja. Akui juga dong bagian dari Injil Yohanes yang ini:

Yohanes 1:1-14
1:1. Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
1:4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.
1:5. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.
1:6 Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes;
1:7 ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya.
1:8 Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu.
1:9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.
1:10 Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.
1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Firman adalah Allah dan Firman telah menjadi manusia.

Salam
June 06, 2010, 09:21:37 PM
Reply #71
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1540
  • Gender: Female
  • Garbage in garbage out, gold in gold out...
@ eka : sudah bisa kan membedakan Ye e ye, es u su, dtambah s jadinya Yesus. Jadi Islam bukanlah pengikut Yesus yang setia.C0ba kamu siapin lilin se pak, ma k0rek. Kamu nyalain 1 lilin dgn api. Qt sebut lilin 1.Kemudian, ambil lilin yg blm nyala, lalu ambil api dari lilin yg telah nyala. Selanjutnya demikian, hingga semua bersumber dari lilin 1. Kemudian lihat analog dari lilin2 itu
June 07, 2010, 06:37:22 PM
Reply #72
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3692
June 11, 2010, 08:30:02 PM
Reply #73
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
@ eka,

Anda menulis,

Quote
4. YESUS Ajarkan Dua Kalimat Syahadat
Dan Mengaku Dia Hanya Seorang Utusan Tuhan

Yohanes 17:3 “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal YESUS KRISTUS yang telah engkau utus”.

Catatan: YESUS mengaku dengan jujur dan polos bahwa satu-satunya Allah yang benar, adalh Allah SWT, dan dia hanya seorang utusan Tuhan. Ini berarti YESUS mengajarkan dua kalimat syahadat (syahadatin), yang jika di bahasa arabkn “ Asyhadu anla ilaaha illallahu, wa asyhadu anna Isa rasulullah”.

Catatan:

(1) Anda mau semua jawapan sejalan dengan dogma agama anda. Itu saya maklumi.

(2) Bacalah Injil mulai dari fasal 1 (pendahuluan/mukadimmah) bukan dari fasal 11 atau apa ya. Sila baca fasal 1 dari Injil Yuhana, disana ada ditulis bahwa Kalimatullah itu telah diutus Allah ke dunia dengan mengambil tubuh manusia. Kalimatullah itu bermana YESUS. Jadi sebagai manusia, Kalimatullah itu DIUTUS, ngerti? Jadi, bacalah Injil dengan hati yg damai. Hati yg damai membebaskan kita dari segala pembodohan.

(3) Emangnya YESUS bukan UTUSAN? Semua org Kristen percaya YESUS itu UTUSAN bahkan seorg Nabi. Tapi dalam akidah Kristen, kepercayaan YESUS tidak berhenti disana aja. Itu cuman YESUS sebagian, itu cuman YESUS yg diimani saudara. YESUS yg diimani org Kristen ialah YESUS yg komplet, YESUS yg selengkapnya. YESUS yg selengkapnya ialah Kalimatullah yg kekal, qadim dan qidam yg telah mengambil rupa manusia, ngerti? Nah itu.

Semoga anda menemukan YESUS yg komplet dan selengkapnya itu.

Amin.

Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
June 12, 2010, 02:17:18 PM
Reply #74
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 7
1. ya. Secara alkitabiah dan secara logika. kita percaya karena kita memilki iman pada Yesus. jika kita memiliki iman Tentu Ia akan campur tangan dalam hidup orang itu sehingga mungkin kita akan membuktikan secara logika.
2. ya. alkitab adalah kitab suci jika kita memang memperlakukannya suci. banyak kesaksian yang juga mendukung kalau alkitab itu adalah kitab yang istimewa.
3. tergantung keadaan, dan kemampuan kita, lingkungan kita. kalo kita ke suku-suku pedalaman misalnya mungkin lebih parah lagi ndak hanya kaya gitu aja. tapi jika kita memang ingin datang kerumah Tuhan sebaiknya yang sopan karena kita kan saksi-saksi hidup.
4. pernah.
5. Ada
6. perpuluhan itu kita tujukan sama Tuhan sesuai dengan apa yang kita imani. Kalau masalah memberi perpuluhan kita bukan untuk gereja kan juga gak masalah, yang penting prinsip dan alasan kita bener. :afro:
June 20, 2010, 12:43:27 PM
Reply #75
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 13
Eka...
Bertobatlah secepat sepatnya, karna Yesus itu tuhan benar adanya..
Kalau kamu tidak percaya Yesus itu Tuhan, maka neraka lah tempatmu..
Jika anda ingin lebih lanjut blajar, kirim message ke e mail saya..
punk_luv4eva@yahoo.com.
Saya rindu anda dimenangkan buat Kristuss..
haleluyahh....
June 20, 2010, 01:34:04 PM
Reply #76
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12407
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
Eka...
Bertobatlah secepat sepatnya, karna YESUS itu tuhan benar adanya..
Kalau kamu tidak percaya YESUS itu Tuhan, maka neraka lah tempatmu..
Jika anda ingin lebih lanjut blajar, kirim message ke e mail saya..
punk_luv4eva@yahoo.com.
Saya rindu anda dimenangkan buat Kristuss..
haleluyahh....

Statements anda sangat jelas nan tegas. Apalagi, semangat anda mau memenangkan org buat Kristus harus dipuji...kecuali dibagian yg saya bold. Hehehe...bukan tidak setuju tapi sebaik2nya jangan tercepat berputus asa dalam membawa org ke KRISTUS. Tuhan saja masih menganggap 'neraka' the last options...Tuhan masih sabar koq, masok kita ngga?

Syalom.
« Last Edit: June 20, 2010, 01:36:00 PM by CosmicBoy »
Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
June 20, 2010, 02:50:53 PM
Reply #77
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 5
  • Gender: Female
1. Apakah anda percaya YESUS Itu Tuhan? Atas Dasar Apa? Secara Alkitabiah atau Logika?
ya, saya percaya...atas dasar iman saya....alkitab hanya sbg fasilitas utk lebih mengenal ttg yesus...
2. Apakah Alkitab itu Kitab Suci?
alkitab merupakan Firman Tuhan....spt ada tertulis: pada mulanya adalah firman, firman itu datang bersama-sama dengan Allah, dan firman itu adalah allah....[
3. Apakah boleh ke Rumah Tuhan ( Gereja ) menggunakan Baju Kaos Celana Pendek dan Sendal Jepit?
sebenarnya ini kembali pada pandangan pribadi masing2...sebaiknya memakai pakaian yg sopan...krn rumah tuhan itu kudus dan suci....
 :coolsmiley:pikir aja, klo hanya utk bertemu pacar kamu sj, kamu bela2in berpakaian rapi, masak utk menghadap penciptamu tdk bs?  :afro:

4. Apakah pernah Anda Melihat Seorang Pendeta Kothbah tanpa secari Kertas dan ALkitab?
tidak pernah....itu utk memaksimalkan penyampaian injil kpd jemaat...jangan sampai khotbah yg d sampaikan tdk sesuai dgn Firman Tuhan, yg akhirnya malah menyesatkan jemaat yg mendengar

5. Bila Pendeta sifatnya sukarela, dalam arti tak ada bayaran dan fasilitas, apakah ada yang mau jadi pendeta?
pasti ADA.....krn melayani tuhan itu hrs datang dr panggilan hati masing2...

6. Bolehkah kita memberi Perpuluhan namun bukan untuk GEREJA?
klo yg namanya perpuluhan, yaa dikasihnya di rumah tuhan doong :wink:
klo bkn d kasih ke gereja mah, namanya sumbangan kalee....


GBU all....^_^ :onion-head80:
June 24, 2010, 08:28:46 AM
Reply #78
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 2
Orang yang menyamakan ALLOH-nya bangsa Arab sama dengan Yahweh (Yehowa/Jehova) adalah orang yang hanya mendapatkan ilmu turunan. Misalnya sejak dulu, guru2 sekolah mnggu mengajar bahwa Yunus di telan Ikan Paus. Akhirnya suatu saat kelak anak2 tadi meyakini bahwa Yunus memang di telan ikan paus.Tapi kalau kita teliti dengan seksama tdk pernah di sebutkan Ikan Paus. Jadi orang yang mengatakan bahwa ALLOH-nya bangsa Arab = Yahweh (Yehowa/Jehova) adalah orang yg malas belajar dan hanya mengutif pendapat orang. Bertbatlah sekarang..!
June 24, 2010, 08:44:53 AM
Reply #79
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4540
  • Gender: Male
  • Stella-Maris---Living-It-Up
  • Denominasi: the origin of Church
ada beberapa pertanyaan untuk teman-teman yang beragama Kristen

Quote
1. Apakah anda percaya YESUS Itu Tuhan? Atas Dasar Apa? Secara Alkitabiah atau Logika?
logika masuk, alkitab apalagi.. yg ga logis saja alkitab bisa.. :)

Quote
2. Apakah Alkitab itu Kitab Suci?

secara konkret alkitab dikanonisasi oleh manusia.. tapi secara iman alkitab itu inspirasi ilahi..
tapi yang terpenting esensi&substansi alkitab, karena sebagaimana sucinya alkitab, kalau ga dilaksanakan ga akan berdaya guna buat kita.

"berbahagialah orang yg mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya"

Quote
3. Apakah boleh ke Rumah Tuhan ( Gereja ) menggunakan Baju Kaos Celana Pendek dan Sendal Jepit?

disposisi hati ketika hendak kegereja bisa menentukan sikap dan cara berpakaian kita. namun dalam "kondisi khusus" ga masalah, karena bukan hal yang substansif...

Quote
4. Apakah pernah Anda Melihat Seorang Pendeta Kothbah tanpa secari Kertas dan ALkitab?
pernah, karena alkitabnya sudah diluar kepala.. dia hapal ayat2..

Quote
5. Bila Pendeta sifatnya sukarela, dalam arti tak ada bayaran dan fasilitas, apakah ada yang mau jadi pendeta?

ada pendeta saya begitu...

Quote
6. Bolehkah kita memberi Perpuluhan namun bukan untuk GEREJA?
menurut saya boleh, karena TUhan bersabda: bahwa apa yang kita lakukan untuk saudara kita yang paling hina sekalipun kita melakukannya untuk Tuhan.

salam :)
“…jadilah pendosa, dan biarkan dosa2mu menjadi kuat. Tapi biarkan kepercayaanmu akan Kristus lebih kuat. Tidak ada dosa yg dapat memisahkan kita dariNya, sekalipun jika kita melakukan pembunuhan dan perzinahan ribuan kali sehari..." (SolaFide by Luther)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)