Author Topic: Umur Bumi  (Read 3881 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 09, 2011, 08:58:03 AM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 705
  • Gender: Male
  • Relationship is a gift!
  • Denominasi: Pure Protestant/Back to Bible
mnurut saya,

mungkin umur bumi memang jutaan tahun
-6000 tahun penciptaan.
-berikutnya adalah kehidupan di taman Eden.
-selama ditaman Eden, Adam bersifat abadi, karena itu tidak ada perhitungan umur.
-umur Adam dihitung sejak Adam keluar dari taman Eden.
-memungkinkan kehidupan di taman Eden berlangsung selama jutaan tahun.
-taman Eden ada dibumi, tapi terpisah dgn kehidupan lain yg berada dibumi.
-kehidupan lain inilah kehidupan kita yg sekarang, dimana ditemukan bukti2 prasejarah.


Saya setuju dengan pendapat anda, bro cba_k (kalau anda wanita tolong dikoreksi ya).
Yang aneh, mengapa Alkitab tidak menulis berapa lama sesungguhnya kehidupan yg berlangsung di Taman Eden?

@Yoroi Shiran: Ya, umur bumi udah tua banget. Pantes aja terjadi ledakan dan goncangan disana-sini. Tapi apakah dengan alasan ini lalu Tuhan mau menghancurkannya?
Percaya PRINSIP DELAPAN/OKTA SOLA yaitu
 -SOLA GRATIA (Hanya karena Anugerah/Kasih Karunia saja kita diselamatkan, Ef 2:8-10),
 -SOLA FIDE (Hanya karena IMAN saja kita diselamatkan, 1 Petrus 1:9, Ef 28-9, Yud 1:3, Ibrani 3:14, II Tim 4:7, 2 Tim 3:15),
 -SOLA SCRIPTURA (Hanya karena Kitab Suci/Alkita
June 14, 2011, 01:01:46 PM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 774
  • Gender: Male
    • Forum Kristen
Memangnya bumi ulang tahun tanggal berapa? :)

Salam

Ntar bro, aku cariin dulu di catatan sipil, kali2 aja ada aktenya  :D
Ada tuh Hari BUMI kan dirayakan juga hehehe...
BTW menurut Alkitab kan kita udah ada beberapa pendapat ... lalu menurut Ilmuwan presisnya berapa umur bumi berdasar Soil investigation ? JBU
" Ikut YESUS bukan berarti tanpa masalah , Tapi Bersama YESUS kita Cakap mengatasi segala Masalah"
June 16, 2011, 01:48:46 PM
Reply #22
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 210
  • Gender: Male
  • Just Me :)
  • Denominasi: Tubuh Kristus
hmmm...tapi kalo menurut saya, kita tidak berhak dan tidak layak menduga atau membuat satu kesimpulan pun tentang apa yang dikerjakan oleh Tuhan. sebab hanya Tuhan-lah yang tahu berapa umur bumi sekarang, dan kapan bumi ini berakhir. dan hanya Tuhan-lah yang tahu segela sesuatunya yang terjadi sebelum dan setelah bumi di ciptakan.

Yes. 46:4 Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.
January 15, 2014, 03:17:53 AM
Reply #23
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 45
  • Denominasi: Pantekosta (sebnernya saya ngk suka ada denominasi)
Shalom saudara-saudaraku yang yang terkasih dalam Yesus Kristus…

Saya sangat rindu untuk menyampaikan apa yang menjadi pemikiran saya mengenai Nubuatan, Akhir Zaman, Kedatangan Kedua kali dan Sorga.

Namun sebelumnya, sebuah ayat yang patut dan sangat penting untuk ditekankan mengenai apa yang hendak saya sampaikan saat ini dan dalam tulisan-tulisan saya selanjutnya terdapat dalam
Matius 24:42, “Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.”

Sebuah ayat yang ingin saya bagikan, ada dalam II Petrus  4:8, “Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.”

“…yang satu ini tidak boleh kamu lupakan..” Suatu penekanan untuk selalu diingat. Hal apakah yang tidak boleh dilupakan tersebut??

Ayat tersebut selanjutnya mengatakan, “..yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.”

Tidak boleh dilupakan, bagi Tuhan satu hari sama seperti seribu tabun. Ada sesuatu yang sangat penting yang ingin diungkapkan oleh ayat ini. Hal apakah itu?

Tiba-tiba saya teringat akan kisah penciptaan bumi ini, dimana hari demi hari Tuhan menciptakan bumi ini, dari hari pertama sampai hari keenam..
Ya.. 6 hari Ia menciptakan bumi dan isinya, termasuk Manusia yang diciptakan dengan sempurna dan menurut gambar serta rupa Allah pada hari keenam.

Banyak para ilmuwan yang berkata bahwa bumi ini sudah berumur ratusan, bahkan jutaan tahun. Dan banyak juga ilmuwan yang mengatakan telah menemukan fosil dan benda-benda purbakala yang telah berumur ratusan tahun.
Dan selama berabad-abad umat Kristen pada umumnya menentang hal tersebut dan berkata itu semua tidak sesuai dengan Alkitab.

Akan tetapi saat ini, saya mengatakan bahwa ayat dalam II Petrus 4:8 menguatkan fakta yang dinyatakan oleh para ilmuwan tersebut. “Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.”

Ayat ini menekankan bahwa adanya sebuah perbandingan, antara satu hari dengan seribu tahun. Yakni :
Satu hari bagi Allah sama dengan seribu tahun bagi manusia berdosa.
Satu hari pada saat sebelum ada dosa sama dengan seribu tahun setelah ada dosa.
Seribu tahun pada saat ini, saat kita berdosa, sama dengan satu hari pada saat nanti, saat dosa sudah tidak ada lagi.

Oleh karena itu, saya berkata, benar bumi ini sudah berumur ratusan tahun.
Mengapa?

Ingatkah anda? karena dosa, Adam dan Hawa harus keluar dari Taman Eden. Dosa jugalah yang telah memisahkan manusia dengan Allah. Dan dosa juga yang mengakibatkan Yesus harus mati dikayu salib guna menyelamatkan kita.

Saat Bumi diciptakan, semua masihdalam keadaan suci, dimana Allah bersemayam di bumi ini. Dan saat itu, “..di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun..”

Jika bumi ini diciptakan selama 6 hari, jelas bahwa menurut orang berdosa saat ini umur bumi sudah 6000 tahun.

Lalu setelah penciptaan, manusia tidaklah langsung berbuat dosa.
Karena saat itu Adam hidup dalam kesucian, dimana ia memberikan nama kepada ciptaan Tuhan, dan kita tidak tahu berapa lama keadaan itu bertahan, sampai suatu saat, TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia." Kejadian  2:18.

Dan kita semua mengetahui kelanjutan dari kisah Adam dan Hawa ini..
Berapa harikah dari saat pertama Tuhan berfirman menciptakan bumi sampai pada saat Adam dan Hawa berdosa?
Atau mungkin berapa bulankah? Mungkin juga hitungan tahun..
Dan jika hari-hari tanpa dosa tersebut dihitung dalam hitungan tahun-tahun dalam dosa, dapat anda bayangkan hitungan itu menjadi ratusan tahun bahkan jutaan tahun.
Begitu juga dengan fosil dan benda-benda yang diperkirakan telah berumur ratusan tahun.
Benar adanya perhitungan umur apa yang dinyatakan oleh pengetahuan manusia akhir-akhir ini..



Kita sering kali mencerna secara harafiah bahwa 6 hari itu adalah benar2 1 hari 24 jam x 6....
kalo di liat text aslinya pengunaan hari di kejadian adalah sama denga masa
Hari=Masa
nah 1 masa itu tidak dapat di hitung berdasarkan kebanyakan orang Kristen sekaran gmelihat 1 hari itu 24 jam(tergantung Tuhan mau bikin masa itu berapa lama)
bisa jadi hari ke-1 itu 2 jt tahun
              hari ke-2 itu 5 jt tahun
              hari ke-3 itu 10 jt tahu
              dst.

so, Alkitab sangat masuk akal tergantung cara manusia memahami isi yang sebenarnya       
October 19, 2018, 05:48:28 PM
Reply #24
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 3
II Petrus  4:8, “Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.”

Saya sependapat dengan makna ayat ini yaitu

Satu hari bagi Allah sama dengan seribu tahun bagi manusia berdosa.

Satu hari pada saat sebelum ada dosa sama dengan seribu tahun setelah ada dosa.
Seribu tahun pada saat ini, saat kita berdosa, sama dengan satu hari pada saat nanti, saat dosa sudah tidak ada lagi.

Oleh karena itu, saya berkata, benar bumi ini sudah berumur sekitar 6000 tahun.

Jika bumi ini diciptakan selama 6 hari, jelas bahwa menurut orang berdosa saat ini umur bumi sudah 6000 tahun.


Terimakasih untuk penjelasan dan pencerahannya
October 20, 2018, 08:46:55 PM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 795
  • Denominasi: Protestan
II Petrus  4:8, “Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.”

Saya sependapat dengan makna ayat ini yaitu

Satu hari bagi Allah sama dengan seribu tahun bagi manusia berdosa.

Satu hari pada saat sebelum ada dosa sama dengan seribu tahun setelah ada dosa.
Seribu tahun pada saat ini, saat kita berdosa, sama dengan satu hari pada saat nanti, saat dosa sudah tidak ada lagi.

Oleh karena itu, saya berkata, benar bumi ini sudah berumur sekitar 6000 tahun.

Jika bumi ini diciptakan selama 6 hari, jelas bahwa menurut orang berdosa saat ini umur bumi sudah 6000 tahun.


Terimakasih untuk penjelasan dan pencerahannya
Rasul Petrus menulis 2 Pet 3:8 tersebut dengan "mengutip" Maz 90:4 :

(4) Sebab di mata-Mu seribu tahun sama seperti hari kemarin, apabila berlalu, atau seperti suatu giliran jaga di waktu malam.

Dalam kedua ayat tersebut tidak ada satu pun petunjuk yang mengacu kepada hari-hari penciptaan dalam kitab Kejadian karena karena kedua ayat tersebut dimaksudkan para penulisnya kepada para pembacanya, bahwa Tuhan tidak terikat oleh waktu.
October 24, 2018, 12:07:13 PM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4639
  • Gender: Male
Shalom saudara-saudaraku yang yang terkasih dalam Yesus Kristus…

Saya sangat rindu untuk menyampaikan apa yang menjadi pemikiran saya mengenai Nubuatan, Akhir Zaman, Kedatangan Kedua kali dan Sorga.

...cut

Oleh karena itu, saya berkata, benar bumi ini sudah berumur ratusan tahun.
Mengapa?

Ingatkah anda? karena dosa, Adam dan Hawa harus keluar dari Taman Eden. Dosa jugalah yang telah memisahkan manusia dengan Allah. Dan dosa juga yang mengakibatkan Yesus harus mati dikayu salib guna menyelamatkan kita.

Saat Bumi diciptakan, semua masihdalam keadaan suci, dimana Allah bersemayam di bumi ini. Dan saat itu, “..di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun..”

Jika bumi ini diciptakan selama 6 hari, jelas bahwa menurut orang berdosa saat ini umur bumi sudah 6000 tahun.

Lalu setelah penciptaan, manusia tidaklah langsung berbuat dosa.
Karena saat itu Adam hidup dalam kesucian, dimana ia memberikan nama kepada ciptaan Tuhan, dan kita tidak tahu berapa lama keadaan itu bertahan, sampai suatu saat, TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia." Kejadian  2:18.

Dan kita semua mengetahui kelanjutan dari kisah Adam dan Hawa ini..
Berapa harikah dari saat pertama Tuhan berfirman menciptakan bumi sampai pada saat Adam dan Hawa berdosa?
Atau mungkin berapa bulankah? Mungkin juga hitungan tahun..
Dan jika hari-hari tanpa dosa tersebut dihitung dalam hitungan tahun-tahun dalam dosa, dapat anda bayangkan hitungan itu menjadi ratusan tahun bahkan jutaan tahun.
Begitu juga dengan fosil dan benda-benda yang diperkirakan telah berumur ratusan tahun.
Benar adanya perhitungan umur apa yang dinyatakan oleh pengetahuan manusia akhir-akhir ini..

Dengan demikian..
Maka sudah jelas bagi saya bahwa..
Dosa telah memisahkan kita dari kemuliaan Tuhan yang mengakibatkan bumi ini menjadi berdosa, sehingga perhitungan waktu Tuhan berbeda dengan perhitungan manusia berdosa.

Puji Tuhan.., Tuhan kita Maha Kuasa.

Saudaraku.., selanjutnya masih banyak yang ingin saya ungkapkan..
Saya sangat senang jika anda memberikan komentar akan apa yang saya tulis..
Mulialah Tuhan, dan diberkatilah umat-Nya.. GBU


Ibu yang terhormat, ALKITAB BUKAN BUKU SAINS jadi apa yang dikisahkan dalam Kejadian 1 tentang penciptaan itu bukan pelajaran IPA, tetapi menuliskan pesan Allah kepada manusia lewat bahasa yang dipahami oleh manusia.

Yoh 3:12  Kamu tidak percaya, waktu Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya, kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal sorgawi?

Saat Yesus bercerita tentang dilahirkan kembali, Nikodemus waktu itu mengangap sedang diberi pelajaran biologi, tetapi dikatakan Tuhan Yesus dalam Yoh 3:12, "Kamu tidak percaya, waktu Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya, kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal sorgawi?"

Tuhan Yesus menjelaskan maksud Allah lewat bahasa yang dipahami manusia yaitu tentang dilahirkan kembali namun bukan pelajaran biologi yang disampaikannya. Demikian juga penciptaan, itu bukan pelajaran IPA jadi jangant terjebak dalam kebodohan kaum agamawi pasa lampau.

6 periode penciptaan tidak diukur dengan rotasi bumi memutari porosnya atau bumi mengitari matahari, namun itu tentang 6 tahapan yang merupakan pesan Allah. Menceritakan bagaimana Allah menjadikan segala sesuatunya yang kelihatan dari apa yang tidak kelihatan.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)