Author Topic: Sekolah Minggu  (Read 21085 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

October 02, 2008, 05:20:58 PM
Reply #20
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 119
  • Gender: Male
allo mau sharing aja neh...berapa seh waktu yang efektif untuk memberikan / menceritakan Firman Tuhan Kepada anak - anak...??? :D
http://photos-p.friendster.com/photos/41/35/11355314/1_634742351m.jpg

Tampa Dia..aku bukan Siapa - Siapa...
Ini aku Tuhan..
Bentuk aku dan Masa muda ku..
October 02, 2008, 06:17:14 PM
Reply #21
  • SEMANGAT!! \(^.^)/
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 1920
  • Gender: Female
  • "Selalu ada jalan, di mana ada kemauan" \(^_^)/
    • Fedora
karna anak-anak tuh waktu konsentrasinya sangat pendek, jadi diharapkan dalam memberikan / menceritakan Firman Tuhan tuh maksimal 10 menit untuk yang 0-6 tahun dan maksimal 15 menit untuk anak-anak umur 7-12 tahun.
Boleh-boleh aja sih kalo mau cerita lebih dari itu, tapi tanggung sendiri akibatnya, anak-anak biasanya keliatan gelisah, bakalan cuek n ga fokus lagi sama apa yang disampaikan oleh Gurunya.

« Last Edit: October 03, 2008, 12:12:07 AM by blessed »
TUHAN tau yang terbaik bagi anakNYA. Yang IA berikan bukan yang kita inginkan, tapi yang kita butuhkan. (Matius 6:32b)
October 08, 2008, 04:26:12 PM
Reply #22
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 119
  • Gender: Male
wa pada kemana neh di sekolah minggu sepi...ayo mulai deh...apa yang kalian ingin lakukan minggu ini dengan anak2  :afro:
http://photos-p.friendster.com/photos/41/35/11355314/1_634742351m.jpg

Tampa Dia..aku bukan Siapa - Siapa...
Ini aku Tuhan..
Bentuk aku dan Masa muda ku..
October 08, 2008, 04:34:51 PM
Reply #23
  • SEMANGAT!! \(^.^)/
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 1920
  • Gender: Female
  • "Selalu ada jalan, di mana ada kemauan" \(^_^)/
    • Fedora
hmm, udah mulai masuk bulan2 berakhiran -ber nih.. :happy0062:
Brarti minggu ini tanya anak2, untuk natalan, mereka mo ngapain yah??  :azn:
Mo nyanyi / nari / gerak & lagu / puisi / drama / apa??  :rolleye0014:

Kalo mereka udah nentuin, hehehe, gantian GSMnya nih yang mikir...  :D

Yang lain gimana??  :rolleye0019:
TUHAN tau yang terbaik bagi anakNYA. Yang IA berikan bukan yang kita inginkan, tapi yang kita butuhkan. (Matius 6:32b)
October 08, 2008, 04:52:47 PM
Reply #24
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 119
  • Gender: Male
kalo ditempat onal..mau ngadain natal bersama dengan anak2 jalanan...jadi biar bisa diberi untuk memberkati... :happy0025:
cuma acaranya belom tau neh yang pasti sama deh,,,,n hebo2 heheh
http://photos-p.friendster.com/photos/41/35/11355314/1_634742351m.jpg

Tampa Dia..aku bukan Siapa - Siapa...
Ini aku Tuhan..
Bentuk aku dan Masa muda ku..
October 12, 2008, 01:58:35 PM
Reply #25
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 119
  • Gender: Male
Shallom....mau bagi2 cerita neh ....seneng deh hari neh liat anak - anak didik,,,udah bertambah dewasa,,,gak berasa mereka dah pada gede....seneng liatnya...n tambah semangat biar mereka tetep dekat dalam tangan Tuhan,,,+ hari neh..ibadah sekolah minggunya luar biasa heheheh....
 :afro: :afro: :afro:....THx Yesus...
http://photos-p.friendster.com/photos/41/35/11355314/1_634742351m.jpg

Tampa Dia..aku bukan Siapa - Siapa...
Ini aku Tuhan..
Bentuk aku dan Masa muda ku..
January 05, 2009, 03:23:03 AM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 605
Wah ngomong-ngomong Sekolah Minggu, koq ga ada yang share lagi, guru-guru Sekolah Minggu pada kemana nih?

Saya ingat waktu saya turut ambil bagian mengajar Sekolah Minggu, pertama kali dapat tugas mengajar anak-anak yang masih balita, cerita mengenai keledai Bileam, waktu itu saya bawa boneka keledai sebagai alat peraga, karena anak-anak kecil lebih mudah diajarkan dengan peragaan. Kemudian saya ditugaskan untuk mengajar anak-anak sudah mulai besar, anak-anak yang sudah Sekolah Dasar (SD), banyak macem tingkahnya, tapi syukurlah pada waktu saya mengajar tidak ada anak-anak yang bandel.

Sebenarnya tugas guru Sekolah Minggu, bukan hanya sekedar pandai bernyanyi untuk anak-anak, atau pandai bercerita, ataupun  pandai mengajar. Ada hal yang lebih penting yaitu bagaimana kita belajar untuk memiliki hati yang mengasihi anak-anak. Saya membuat catatan pribadi anak-anak, dari mulai nama sendiri sampai orang tuanya, usia, sekolah dll.
 
Waktu itu, kami belum mempunyai ruang kelas yang memadai, belajar di alam terbuka di halaman gereja, jam 5 pagi saya sudah hadir di gereja, menata kursi-kursi kecil untuk anak-anak, dibersihkan dari debu dan diletakkan ditempat yang nyaman.
Dan satu hal yang sangat penting yang selalu saya lakukan yaitu mempersiapkan diri dengan baik untuk mengajar, dari hal materi sampai dengan berdoa dan puasa, mohon tuntunan dari Tuhan, mohon hikmat dari Tuhan.

Dan semua itu memberikan suatu kebahagiaan..., apalagi kalau melihat anak didik kita sudah besar dan turut dalam kebaktian umum (karena waktu itu belum ada untuk kebaktian remaja), mereka masih duduk bersama-sama, nah siapa nih bro n sis yang mau menyusul ikutan melayani di Sekolah Minggu di gereja masing-masing?
Bro n sis... jangan lupa ya segala persiapan di kelas Sekolah Minggu jangan selalu menyuruh koster (pembantu gereja), lakukan dan kerjakan sendiri, bersihkan bangku/kursi untuk anak-anak duduk, kasian kan kalo duduk di kursi yang kotor, pulang-pulang bajunya kotor. Setelah dibersihkan, cobalah bro n sis duduk di bangku/kursi mereka, sudah benarkah posisi untuk duduknya, test peralatan sound systemnya, dan coba rasakan bagaimana seandainya bro n sis menjadi seperti anak-anak didik bro n sis...
                                       :jumping0048: :happy0065: :happy0064: :happy0071: :2funny: :'( :happy0064: :happy0065: :jumping0048: :love0030:
Ini share saya. Bro n sisi...selamat melayani...,Tuhan memberkati pelayanan bro n sis...
Syalom...



 
January 06, 2009, 01:29:12 AM
Reply #27
  • SEMANGAT!! \(^.^)/
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 1920
  • Gender: Female
  • "Selalu ada jalan, di mana ada kemauan" \(^_^)/
    • Fedora
PEPAK : Pendidikan Bagi Generasi Penerus Gereja
Quote
"Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang daripada jalan itu" (Amsal 22:6). "Orang muda" yang disebut dalam ayat tersebut bisa mencakup baik anak-anak maupun remaja/pemuda dan ini merupakan nasihat dan janji yang amat penting!

Anak-anak adalah harapan bagi masa yang akan datang dan pemuda adalah secercah sinar bagi hari esok. Bila gereja melalaikan pelayanan pendidikan bagi anak-anak, remaja/pemuda, gereja pasti akan kekurangan generasi penerus.


Ya, disadari ato ga..
Sekolah Minggu tu merupakan pondasi/dasar untuk gereja pada masa yang akan datang..
Jadi alangkah indahnya, jika kita bisa bisa terlibat untuk menjadi bagian dalam pelayanan ini..

Hmm, tiap2 GSM punya cara pengajaran yang berbeda2..
Berbeda dengan om Yesaya  :D, blessed lebih suka melibatkan anak2 dalam ibadah sekolah minggu..mulai dari penataan kursi..
Yah, namanya juga anak2, mereka mau dianggap udah gede..
Jadi mereka ikut2an GSMnya untuk mengatur kursi..
Yang udah kelas 4-6 membantu atur kursi untuk adek2 yang umur di bawahnya..
Yah, itulah kesibukan sebelum masuk ibadah..
Dalam ibadah juga.. ada beberapa lagu yang request dari anak2 sendiri..
Gerakan dalam nyanyian puji2an juga, ada yang kreasi dari GSM, ada yang kreasi ASM..

Trus untuk ibadahnya sendiri, yah memang ada ruang kelas..
Tapi karna ibadah SM di Gerejaku tu pagi hari..
Jadi kadang anak2 SM kuajak untuk nyanyi di luar ruangan, sambil menikmati mentari pagi..
Ato bisa juga, waktu bercerita, yang diajak duduk di halaman berumput..
Duduk melingkar bersama mereka, jangan sampe ada jarak antara guru dan murid..

Kalo suasana udah mendukung.. hehehe..
Nah setelah itu saatnya menyampaikan cerita..
Sebelumnya memang kita udah harus ada persiapan..
Baik menyiapkan mau cerita apa, alat peraga, ato kreasi lainnya..
Saat kita bercerita, usahakan jangan membawa buku panduan/kertas ringkasan cerita, bahan pembelajaran kita..Biarkan hanya ada Alkitab yang terbuka pada tangan kita..
Jadi anak2 juga mengerti, bahwa dasar kita bercerita itu memang adalah dari Alkitab.

Dalam penyampaian cerita, yang menjadi dasar utama bagi GSM adalah suara dan mimik..
Dalam persiapan, aku sering bercermin, apa mimik ini sudah tepat, suara ini sudah pas dengan karakter, apa gerakan tubuh yang lucu yang dapat menarik perhatian anak2 dan mungkin bisa ditiru oleh mereka..

Dan dari kesemuanya itu.. yang harus menonjol adalah KASIH.
Kita harus mengasihi anak2, walopun kadang tingkah mereka buat kita geleng2 kepala..  :cheesy:
Kita perlu memperhatikan mereka dengan sentuhan..
Bicara dengan menatap mereka, mengusap kepala mereka, merangkul mereka..
Dengan demikian jika mereka sudah merasa nyaman akan kehadiran kita,
betapa bahagianya kita karna pasti mereka juga akan menyayangi kita..
Dan terlebih Tuhan Allah kita..

 :angel:
TUHAN tau yang terbaik bagi anakNYA. Yang IA berikan bukan yang kita inginkan, tapi yang kita butuhkan. (Matius 6:32b)
January 09, 2009, 01:28:02 AM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 605
Oom... tantenya mana sis...? (becanda lho sis...)
Sis Blessed... mana lagi nih guru-guru SM, bagikan dong share-nya...
'met melayani sis... :angel:
March 18, 2009, 08:47:24 AM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9454
  • Gender: Female
  • .. fush and push ..
GSM di FK pada kemana ya... baru ngeh euy, sepi.....
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)