Author Topic: The Millennium: 4 Pandangan  (Read 4869 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

April 30, 2008, 06:05:28 PM
  • FK Friend
  • FK - Senior
  • ******
  • Posts: 314
  • Gender: Male
Wahyu 20:1-5 menulis mengenai masa 1000 tahun pada akhir jaman:

Quote
20:1 Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya;
20:2 ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya,
20:3 lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya.
20:4 Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun.
20:5 Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama.

Apa yg dimaksud dengan masa seribu tahun ini? Apakah dalam maksud literal, atau figuratif?

Sepanjang sejarah Kristen ada 4 pandangan utama mengenai arti dari masa millenium ini.

1. Amillennialism

Pandangan ini adalah pandangan yg paling simple dibandingkan yang lainnya. Menurut para Amillennialist, masa seribu tahun yg ditulis dalam Wahyu 20:1-10 adalah masa / jaman sekarang ini, dimana Gereja berdiri. Sekaranglah saatnya dimana Gereja Tuhan ada dan kuasa Iblis menjadi melemah, sehingga Injil bisa diberitakan dimana-mana. Org2 Kristen yg telah mati (ayat 4) adalah mereka yg memerintah bersama Kristus disurga. Pandangan ini disebut "Amillennial" karena diajarkan bahwa tidak ada masa seribu tahun di masa depan nanti, melainkan masa itu adalah masa sekarang ini.  Dan perkataan "seribu tahun" adalah bukan berarti secara literal melainkan secara figuratif (suatu masa yang sangat panjang)

Masa ini akan terus berlangsung sampai Kristus dtg, saat itu baru akan ada kebangkitan org2 yg mati. Mereka yg percaya akan masuk ke surga, sedangkan yg tidak percaya akan ke neraka. Mereka yg percaya akan tetap dihakimi, namun bukan utk ke neraka, melainkan utk ditentukan hadiah apa yg layak diberikan kpd mereka (lihat 2 Kor 5:10). Setelah itu, akan ada surga dan bumi baru, dimana masa kekekalan mulai datang dan berlangsung selamanya.

Sebagian amillenialist percaya bahwa Kristus akan dtg kapan saja, namun sebagian lainnya percaya bahwa harus ada tanda2 dulu yg harus terjadi sblm Dia dtg kembali. Mereka juga percaya bahwa yg dimaksud dgn Iblis "diikat seribu tahun" (ayat 2) adalah bahwa kuasa iblis sedang dipatahkan oleh karena gerakan Gereja Tuhan dalam aksi missionarisya dan penginjilannya.


2. Postmillennialism

Menurut pandangan ini, Kristus akan dtg setelah masa "seribu tahun". Sebelum Ia datang, penginjilan dan pertumbuhan Gereja akan berlangsung dgn sangat pesat, sehingga pada saatnya, mayoritas penduduk dunia akan menjadi org percaya. Dan akibatnya, akan ada suatu influence Kekristenan yg mempengaruhi segala aspek kehidupan di dunia ini (sosial, ekonomi, politik, dll). Dan masa ini adalah menuju kpd suatu masa yg adalah masa seribu tahun, dimana dunia akan menjadi semakin sesuai dengan hukum Allah.

Proses ini akan terjadi secara berangsur-angsur, dan akan berlangsung lama, sampai akhirnya Tuhan dtg kembali dan manusia yg mati dibangkitkan, dimana mereka dihakimi, dan setelah itu barulah ada dunia dan surga baru, dimana org percaya akan hidup bersama Tuhan selamanya

Karakteristik pandangan postmillennialism berupa suatu pandangan yg optimistik akan kuasa Injil dalam mengubah dunia. Dan argumen yg digunakan adalah dari Matius 28:18-20 dimana Yesus berjanji akan menyertai kita:
Quote
28:18 "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS,
28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Ayat lain yg digunakan adalah Matius 13:31-32 dimana Yesus mengajarkan bahwa Kerajaan Surga adalah seperti biji sesawi yg kemudian akan tumbuh menjadi besar, melambangkan Gereja Tuhan didunia yg semakin lama semakin kuat dan berkuasa atas dunia.


« Last Edit: May 01, 2008, 04:32:50 AM by sandpiper »
For I determined not to know anything ... except Jesus Christ and Him crucified.
April 30, 2008, 06:11:01 PM
Reply #1
  • FK Friend
  • FK - Senior
  • ******
  • Posts: 314
  • Gender: Male
3. Premillennialism    

Premillennialism mengajarkan bahwa Kristus akan datang sebelum masa seribu tahun datang.

Menurut pandangan ini, masa sekarang ini akan terus berlangsung sampai pada tiba saat dimana adanya penderitaan besar dibumi. Setelah tiba adanya penderitaan dan tribulation di fase terakhir masa sekarang ini, Tuhan akan lalu datang utk membentuk kerajaan seribu tahun. Saat itu, org percaya yg sudah mati akan bangkit, dan mereka akan memerintah bersama Tuhan selama masa seribu tahun (millenium) tersebut (ada yg percaya literal, tapi ada juga yg percaya secara figuratif).

Selama saat millennium ini, Kristus ada secara nyata dalam tubuh kebangkitanNya utk menjadi Raja. Org Kristen yg mati dan yg  masih hidup akan memperoleh tubuh kemuliaan. Mereka yg tidak percaya akan banyak menjadi percaya dan bertobat, tapi ada juga sebagian yg tetap menolak Tuhan Yesus. Akan ada damai selama masa ini, sebab Iblis diikat dan dibuang ke "jurang maut"

Setelah masa "seribu tahun" ini berakhir, Iblis kembali dibebaskan dan akan bekerja sama dgn mereka yg menolak Yesus utk melawan Dia, dimana akhirnya mereka dikalahkan. Lalu Tuhan akan menghakimi mereka (org2 yg tidak percaya yg mati) utk dimasukkan ke neraka selamanya.

Ayat yg digunakan sebagai argumentasi adalah Yesaya 65:20 dimana tertulis:
Quote
Di situ tidak akan ada lagi bayi yang hanya hidup beberapa hari atau orang tua yang tidak mencapai umur suntuk, sebab siapa yang mati pada umur seratus tahun masih akan dianggap muda, dan siapa yang tidak mencapai umur seratus tahun akan dianggap kena kutuk.

Ayat ini seperti mengajarkan suatu masa yg berlainan dgn masa sekarang ini, sebab dimasa sekarang ini jarang sekali manusia yg bisa hidup sampai berumur seratus tahun, sedangkan apa yg kita baca diayat ini justru mengajarkan sebaliknya, yaitu adalah suatu kewajaran jika manusia hidup lebih dari seratus tahun. Dan ini menandakan suatu masa yg berbeda (masa millennium Wahyu 20)


4. Dispensational Premillennialism

Pandangan ini sama dengan Premillennialism diatas dengan adanya suatu pengecualian, yaitu bahwa Kristus bukan saja akan dtg sebelum masa seribu tahun ada, melainkan juga bahwa Ia akan datang sebelum masa tribulasi dan penderitaan itu ada. Jadi pandangan ini berkata bahwa Yesus akan datang 2 kali. Yang pertama sebelum masa penderitaan besar-besaran dimulai utk mengangkat umatNya (rapture), dan kedua adalah sebelum masa pemerintahan seribu tahun dimulai.

Masa sekarang ini akan berlangsung secara normal, sampai secara tiba2 Yesus akan datang ditengah langit dan memanggil org2 percaya kepadaNya,
Quote
Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama  dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.(1 Tes 4:16-17)

Setelah membawa mereka balik kesurga, masa penderitaan (7 tahun) akan mulai sampai akhirnya Kristus akan kemudian turun kembali ke dunia. Pada masa inilah tanda2 akhir jaman yg tercantum dalam Alkitab akan mulai digenapi (termasuk tergenapinya nubuatan akan banyaknya org2 Yahudi yg akan bertobat dan menerima Tuhan). Sepanjang masa penderitaan ini, akan banyak yg bertobat, walaupun dgn banyaknya kesusahan dan penderitaan, sampai setelah (7 Tahun) itu Tuhan kembali turun bersama umatNya utk memerintah selama "seribu tahun".

Setelah masa seribu tahun ini selesai, akan ada rebellion dari pihak Iblis yg telah kembali dilepaskan dan mereka akan berperang dgn Tuhan sampai mereka dikalahkan dan kemudian masa penghakiman dimulai atas mereka yg tidak percaya, dan setelah itu masa kekekalan pun tiba.
For I determined not to know anything ... except Jesus Christ and Him crucified.
April 30, 2008, 06:29:00 PM
Reply #2
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 248
  • Gender: Male
    • The Methuselah Factor
Terus terang sudah lama mau post soal ini, tapi keduluan sandpiper....  :D

Good post bro...  :afro:


Methuselah, oldest man on earth. Lived for 969 years, dead for more than 5.000 years... and still counting
-
http://paultuanakotta.blogspot.com
April 30, 2008, 07:40:54 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 619
  • Gender: Female
  • nOt aN aNgEl, jUsT hUmAn BeInG!!!
  • Denominasi: Pantekosta
walaupun rada panjang nie artikel tp teteup aj menarik utk d bc :afro:
apalagi bro' sandpiper yg posting...
coz lyn salah satu fansnya sandpiper lho... :ashamed0002:
KeInTiMaN dGn TuHaN aKaN M3mBaWa bErKaT...tEtApi MenGejAr BeRkAt tIdAk SeLaLu mEmBaWa pAdA KeInTiMaN...FoR wItH GOD nOtHiNg ShaLL Be ImPoSSiBLe !!!
May 01, 2008, 04:35:27 AM
Reply #4
  • FK Friend
  • FK - Senior
  • ******
  • Posts: 314
  • Gender: Male
Terus terang sudah lama mau post soal ini, tapi keduluan sandpiper....  :D

Good post bro...  :afro:


So Bro.Paul

pandangan mana yg anda lebih cenderung setujui?
For I determined not to know anything ... except Jesus Christ and Him crucified.
May 02, 2008, 03:16:26 PM
Reply #5
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2739
  • me , just moe without 'o'
Smoga bisa membantu dalam pemahaman

« Last Edit: May 02, 2008, 03:18:03 PM by moe »
[image] of mine  is  God's own [image]

http://rotihidup.blogspot.com/

His crown was of thorns
His throne was a cross
His glory was humiliation

(the wisdom of the desert)
May 02, 2008, 05:16:19 PM
Reply #6
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 318
  • Gender: Male
  • Soli Deo Gloria
Sering dengar Amillennialism, Pre-millennialism, Post-millennialism
Tapi baru sekarang tahu artinya.

Thanks buat postingannya, Sandpiper

Jesus bless  :)
Man is not what he thinks, man is not what he eats, man is not what he gains, man is not what he behaves, man is not what he feels, but man is what he reacts before God -- Stephen Tong
May 02, 2008, 08:32:29 PM
Reply #7
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 248
  • Gender: Male
    • The Methuselah Factor
Terus terang sudah lama mau post soal ini, tapi keduluan sandpiper....  :D

Good post bro...  :afro:


So Bro.Paul

pandangan mana yg anda lebih cenderung setujui?


Terus terang sampai sekarang "dispensational camp" buat saya paling bisa menjelaskan ayat-ayat yang mereka sampaikan. Camp yang lain menurut saya meng-alegoris-kan beberapa ayat-ayat Firman Tuhan.

Tapi menurut saya semua "camp" di atas setuju dalam satu hal, Yesus Kristus akan datang kembali di masa depan (Future). Karena ada juga yang percaya bahwa kedatangan Yesus yang kedua kali sudah terjadi dalam sejarah (Preterism). Mereka percaya sebagian (Partial Preterism) atau semua (Full Preterism) ayat-ayat dalam Wahyu menunjuk kepada runtuhnya kekaisaran Romawi di abad 3.
Methuselah, oldest man on earth. Lived for 969 years, dead for more than 5.000 years... and still counting
-
http://paultuanakotta.blogspot.com
May 03, 2008, 04:50:20 AM
Reply #8
  • FK Friend
  • FK - Senior
  • ******
  • Posts: 314
  • Gender: Male

Terus terang sampai sekarang "dispensational camp" buat saya paling bisa menjelaskan ayat-ayat yang mereka sampaikan. Camp yang lain menurut saya meng-alegoris-kan beberapa ayat-ayat Firman Tuhan.

Tapi menurut saya semua "camp" di atas setuju dalam satu hal, Yesus Kristus akan datang kembali di masa depan (Future). Karena ada juga yang percaya bahwa kedatangan Yesus yang kedua kali sudah terjadi dalam sejarah (Preterism). Mereka percaya sebagian (Partial Preterism) atau semua (Full Preterism) ayat-ayat dalam Wahyu menunjuk kepada runtuhnya kekaisaran Romawi di abad 3.


Yes, I know ada beberapa yg percaya preterism, and saya berpandangan bahwa posisi partial preterism masih lebih baik dibanding full preterism.

Saya sendiri cenderung ke premillennialism, but buat saya ini doktrin eschatology tidak seharusnya sampai memecahkan kesatuan. Ada doktrin yg primary yg harus kita pertahankan (no matter what), tapi ada juga doktrin2 yg secondary in importance (yg bisa kita toleransi), dan saya percaya bahwa pandangan mengenai akhir jaman ini adalah contoh doktrin yg secondary.
For I determined not to know anything ... except Jesus Christ and Him crucified.
May 04, 2008, 09:23:01 PM
Reply #9
  • My Lovely Forum ^,^
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2679
  • Gender: Female
  • T4Ng4n Y4ng kU4T m3M3g4NgKu.....
ADa yang tau Gog Magog?
Apa yang tidak aku ingini, aku lakukan disini
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)