Author Topic: PERSEMBAHAN (Kolekte, Perpuluhan, Sulung, dll)  (Read 13696 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 06, 2008, 04:46:43 AM
  • SEMANGAT!! \(^.^)/
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 1923
  • Gender: Female
  • "Selalu ada jalan, di mana ada kemauan" \(^_^)/
    • Fedora
Kolekte
Perpuluhan
Persembahan Sulung

Ehm.. Semua kayaknya memang diharuskan ya..
Kalo kolekte, kan emang tiap minggu di Gereja, ato tiap ada persekutuan..
Nah kalo persembahan Sulung 'n Perpuluhan??

1. Persembahan Sulung
Misalkan aja aku udah kerja, gaji pertamaku harus aku berikan ke gereja kan..
Trus gimana donk dengan biaya hidup ke depan, kalo semuanya emang bener2 harus diberikan ke gereja..
Untuk bayar kos, misalkan aku kerja di luar kota, biaya makan, kasih ke ortu, pulsa, buat nabung, buat kolekte2 di gereja n persekutuan2, dll..

2. Perpuluhan
Ini juga wajib hukumnya..
Tapi apa harus balik ke gereja??
Kalo perpuluhan ini kita kasih ke orang/teman/keluarga/Hamba Tuhan lain yang lebih membutuhkan gimana??
Apalagi kalo keuangan di Gereja kita, udah dikatakan cukuplah untuk memenuhi kebutuhan2 gereja..
TUHAN tau yang terbaik bagi anakNYA. Yang IA berikan bukan yang kita inginkan, tapi yang kita butuhkan. (Matius 6:32b)
January 07, 2008, 07:53:37 AM
Reply #1
  • ... less of me and more of YOU...
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2466
  • Gender: Female
:coolsmiley: duh, kalo menurut "ilmu" yang aku dapetin dari sekolah minggu - orang tua dan khotbah di gereja ya begini nih... (kalo salah ya harap maklum...  ;D)

kolekte    :rolleye0014: persembahan wajib tiap minggu (disisihkan)...

perpuluhan  :rolleye0014: sepersepuluh dari penghasilan yang kita dapatkan untuk memelihara kaum "lewi" dan juga janda/duda atau yatim/piatu yang berkekurangan... kaum "lewi" disini dimaksudkan adalah Hamba Tuhan yang memang hidupnya 100% untuk Tuhan serta tidak melakukan "bisnis/usaha" demi penghidupannya. nah, kalo masalah PERPULUHAN kan sensitif banget karena jika ada seorang yang menyuarakan tentang perpuluhan pasti banyak orang yang ngga suka, tapi itu kan wajib hukumnya...
kalo ada yang sudah mempercayakan lembaga gerejanya akan mengurus perpuluhan, bisa juga diberikan ke gereja, karena itu nantinya akan diposting ke bagian diakonia, gaji pendeta (tentunya sudah ada ketentuannya) dan sebagainya (sesuai dengan aturan dari Alkitab tentunya)

persembahan sulung  :rolleye0014: nah... ini dia yang bingung... kalo dulu waktu pertama kali mendapat gaji aku sih ngasih ke orang tuaku dan mereka yang atur semuanya dan buat ibadah pengucapan syukur dari gereja di rumah...  :ashamed0004: ya gituuu deh....

kalo yang lain gimana nih???  :happy0025:
all the best for Jesus Christ !!!
January 07, 2008, 08:47:14 AM
Reply #2
  • Founder/Webmaster
  • Administrator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1275
  • Gender: Male
:coolsmiley: duh, kalo menurut "ilmu" yang aku dapetin dari sekolah minggu - orang tua dan khotbah di gereja ya begini nih... (kalo salah ya harap maklum...  ;D)

kolekte    :rolleye0014: persembahan wajib tiap minggu (disisihkan)...

perpuluhan  :rolleye0014: sepersepuluh dari penghasilan yang kita dapatkan untuk memelihara kaum "lewi" dan juga janda/duda atau yatim/piatu yang berkekurangan... kaum "lewi" disini dimaksudkan adalah Hamba Tuhan yang memang hidupnya 100% untuk Tuhan serta tidak melakukan "bisnis/usaha" demi penghidupannya. nah, kalo masalah PERPULUHAN kan sensitif banget karena jika ada seorang yang menyuarakan tentang perpuluhan pasti banyak orang yang ngga suka, tapi itu kan wajib hukumnya...
kalo ada yang sudah mempercayakan lembaga gerejanya akan mengurus perpuluhan, bisa juga diberikan ke gereja, karena itu nantinya akan diposting ke bagian diakonia, gaji pendeta (tentunya sudah ada ketentuannya) dan sebagainya (sesuai dengan aturan dari Alkitab tentunya)

persembahan sulung  :rolleye0014: nah... ini dia yang bingung... kalo dulu waktu pertama kali mendapat gaji aku sih ngasih ke orang tuaku dan mereka yang atur semuanya dan buat ibadah pengucapan syukur dari gereja di rumah...  :ashamed0004: ya gituuu deh....

kalo yang lain gimana nih???  :happy0025:



Yup, cuman mo tambahkan. Kalau setahuku, persembahan sulung itu (gaji pertama), harus dibawa semuanya ke gereja.
Ini ayatnya:
AMSAL 3:9.
Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu

Aku sdh pernah kerja di dua tempat dan setiap gaji pertama selalu dibawa ke Gereja. Yang pertama yang agak lucu krn aku kerjanya hanya sebulan, trus karna gaji bulan pertama harus dibawa kegereja, ya dibawa semua.  :mad0261: hehe.. Tapi Tuhan itu baik dan tidak meninggalkan orang yang setia kepada-Nya.

Kalau tentang perpuluhan, ada Maleakhi 3:10.

Quote
Trus gimana donk dengan biaya hidup ke depan, kalo semuanya emang bener2 harus diberikan ke gereja..
Untuk bayar kos, misalkan aku kerja di luar kota, biaya makan, kasih ke ortu, pulsa, buat nabung, buat kolekte2 di gereja n persekutuan2, dll..

Itu kan sudah ada. Tuhan sendiri bilang "Ujilah Aku"
Maleakhi 3:10 Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, Firman Tuhan semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

Jadi, ga perlu khawatir tentang biaya kedepan.  :wink:
January 07, 2008, 12:39:47 PM
Reply #3
  • My Lovely Forum ^,^
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2679
  • Gender: Female
  • T4Ng4n Y4ng kU4T m3M3g4NgKu.....
:coolsmiley: duh, kalo menurut "ilmu" yang aku dapetin dari sekolah minggu - orang tua dan khotbah di gereja ya begini nih... (kalo salah ya harap maklum...  ;D)

kolekte    :rolleye0014: persembahan wajib tiap minggu (disisihkan)...

perpuluhan  :rolleye0014: sepersepuluh dari penghasilan yang kita dapatkan untuk memelihara kaum "lewi" dan juga janda/duda atau yatim/piatu yang berkekurangan... kaum "lewi" disini dimaksudkan adalah Hamba Tuhan yang memang hidupnya 100% untuk Tuhan serta tidak melakukan "bisnis/usaha" demi penghidupannya. nah, kalo masalah PERPULUHAN kan sensitif banget karena jika ada seorang yang menyuarakan tentang perpuluhan pasti banyak orang yang ngga suka, tapi itu kan wajib hukumnya...
kalo ada yang sudah mempercayakan lembaga gerejanya akan mengurus perpuluhan, bisa juga diberikan ke gereja, karena itu nantinya akan diposting ke bagian diakonia, gaji pendeta (tentunya sudah ada ketentuannya) dan sebagainya (sesuai dengan aturan dari Alkitab tentunya)

persembahan sulung  :rolleye0014: nah... ini dia yang bingung... kalo dulu waktu pertama kali mendapat gaji aku sih ngasih ke orang tuaku dan mereka yang atur semuanya dan buat ibadah pengucapan syukur dari gereja di rumah...  :ashamed0004: ya gituuu deh....

kalo yang lain gimana nih???  :happy0025:



Yup, cuman mo tambahkan. Kalau setahuku, persembahan sulung itu (gaji pertama), harus dibawa semuanya ke gereja.
Ini ayatnya:
AMSAL 3:9.
Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu

Aku sdh pernah kerja di dua tempat dan setiap gaji pertama selalu dibawa ke Gereja. Yang pertama yang agak lucu krn aku kerjanya hanya sebulan, trus karna gaji bulan pertama harus dibawa kegereja, ya dibawa semua.  :mad0261: hehe.. Tapi Tuhan itu baik dan tidak meninggalkan orang yang setia kepada-Nya.

Kalau tentang perpuluhan, ada Maleakhi 3:10.

Quote
Trus gimana donk dengan biaya hidup ke depan, kalo semuanya emang bener2 harus diberikan ke gereja..
Untuk bayar kos, misalkan aku kerja di luar kota, biaya makan, kasih ke ortu, pulsa, buat nabung, buat kolekte2 di gereja n persekutuan2, dll..

Itu kan sudah ada. Tuhan sendiri bilang "Ujilah Aku"
Maleakhi 3:10 Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, Firman Tuhan semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

Jadi, ga perlu khawatir tentang biaya kedepan.  :wink:

Jujurnya aku juga bingung nih sama yang namanya persembahan sulung  :idiot2:  tp dulu sih aku juga kasih semuanya, but ada yang bilang sama aku kalau persmbahan sulung itu memang seluruh (dalam hal ini gaji yah ) gaji kita yang pertama kali kita terima, pada saat pertama kali kita bekerja, tapi kita juga harus terapkan ayat ini dengan hikmat (ini kata "dia" lohh)....maksudnya...kita harus sisihkan untuk biaya transport, trus biaya makan...pokoknya biaya "induk", trus dia juga bilang...soalnya, di Firman Tuhan juga kan, yang dimaksud domba sulung yah....anak pertama domba yang harus di korbankan, bukan beserta induk-induknya. Nahhh lohhhhh, kumaha atuhhh  :mad0218:   nah gmna tuh temen2?
Apa yang tidak aku ingini, aku lakukan disini
January 07, 2008, 09:26:05 PM
Reply #4
  • SEMANGAT!! \(^.^)/
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 1923
  • Gender: Female
  • "Selalu ada jalan, di mana ada kemauan" \(^_^)/
    • Fedora
perpuluhan  :rolleye0014: sepersepuluh dari penghasilan yang kita dapatkan untuk memelihara kaum "lewi" dan juga janda/duda atau yatim/piatu yang berkekurangan... kaum "lewi" disini dimaksudkan adalah Hamba Tuhan yang memang hidupnya 100% untuk Tuhan serta tidak melakukan "bisnis/usaha" demi penghidupannya.
Ooo.. berarti ga harus diserahkan ke gereja yach??
Oya, mo tanya lagi, masih tentang perpuluhan..
"perpuluhan : sepersepuluh dari penghasilan yang kita dapatkan"
Itu maksudnya, penghasilan tetap kayak gaji gituu..
Ato boleh juga kalo ada berkat tambahan..
Misalnya aja nih, cucu dikasih Nenek 500rb,
trus 50nya mau Cucu berikan ke Gereja ato Hamba Tuhan yang membutuhkan..
Itu bisa disebut juga dengan perpuluhan??

Quote
Trus gimana donk dengan biaya hidup ke depan, kalo semuanya emang bener2 harus diberikan ke gereja..
Untuk bayar kos, misalkan aku kerja di luar kota, biaya makan, kasih ke ortu, pulsa, buat nabung, buat kolekte2 di gereja n persekutuan2, dll..

Itu kan sudah ada. Tuhan sendiri bilang "Ujilah Aku"
Maleakhi 3:10 Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, Firman Tuhan semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

Jadi, ga perlu khawatir tentang biaya kedepan.  :wink:
:happy0062:

Jujurnya aku juga bingung nih sama yang namanya persembahan sulung  :idiot2:  tp dulu sih aku juga kasih semuanya, but ada yang bilang sama aku kalau persmbahan sulung itu memang seluruh (dalam hal ini gaji yah ) gaji kita yang pertama kali kita terima, pada saat pertama kali kita bekerja, tapi kita juga harus terapkan ayat ini dengan hikmat (ini kata "dia" lohh)....maksudnya...kita harus sisihkan untuk biaya transport, trus biaya makan...pokoknya biaya "induk", trus dia juga bilang...soalnya, di Firman Tuhan juga kan, yang dimaksud domba sulung yah....anak pertama domba yang harus di korbankan, bukan beserta induk-induknya. Nahhh lohhhhh, kumaha atuhhh  :mad0218:   nah gmna tuh temen2?
Jadi??
TUHAN tau yang terbaik bagi anakNYA. Yang IA berikan bukan yang kita inginkan, tapi yang kita butuhkan. (Matius 6:32b)
January 08, 2008, 07:55:58 AM
Reply #5
  • My Lovely Forum ^,^
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2679
  • Gender: Female
  • T4Ng4n Y4ng kU4T m3M3g4NgKu.....
Quote
Ooo.. berarti ga harus diserahkan ke gereja yach??
Oya, mo tanya lagi, masih tentang perpuluhan..
"perpuluhan : sepersepuluh dari penghasilan yang kita dapatkan"
Itu maksudnya, penghasilan tetap kayak gaji gituu..
Ato boleh juga kalo ada berkat tambahan..
Misalnya aja nih, cucu dikasih Nenek 500rb,
trus 50nya mau Cucu berikan ke Gereja ato Hamba Tuhan yang membutuhkan..
Itu bisa disebut juga dengan perpuluhan??

Yup benar, aku juga dapat PK (pemberian kasih) setiap pelayanan, dan aku selalu sisihkan 10% trus digabungkan dengan 10% dari gaji...ini sih inisiatif aku  :wink: trus bukan hanya materi saja sebenarnya, tp waktu juga 24 jam sehari 10% nya itu sama dgn 2.4 jam sehari...ini harus diberikan juga buat Tuhan, baik melalui sate, melalui doa, dsb....tp tetep persekutuan ma Tuhan 24 jam sehari itu juga tetep. maksudnya-->(tetep intim ma Tuhan memuji, menyembah, gaya hidup, perkataan, dsb)
« Last Edit: January 08, 2008, 07:58:58 AM by ik3 »
Apa yang tidak aku ingini, aku lakukan disini
January 08, 2008, 07:59:51 AM
Reply #6
  • Founder/Webmaster
  • Administrator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1275
  • Gender: Male
berarti ike ini cucu yg baik..  :cheesy:
January 08, 2008, 08:05:32 AM
Reply #7
  • My Lovely Forum ^,^
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2679
  • Gender: Female
  • T4Ng4n Y4ng kU4T m3M3g4NgKu.....
Apa yang tidak aku ingini, aku lakukan disini
January 08, 2008, 11:03:59 AM
Reply #8
  • SEMANGAT!! \(^.^)/
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 1923
  • Gender: Female
  • "Selalu ada jalan, di mana ada kemauan" \(^_^)/
    • Fedora
waktu juga 24 jam sehari 10% nya itu sama dgn 2.4 jam sehari...ini harus diberikan juga buat Tuhan, baik melalui sate, melalui doa, dsb....tp tetep persekutuan ma Tuhan 24 jam sehari itu juga tetep. maksudnya-->(tetep intim ma Tuhan memuji, menyembah, gaya hidup, perkataan, dsb)
:happy0062:
TUHAN tau yang terbaik bagi anakNYA. Yang IA berikan bukan yang kita inginkan, tapi yang kita butuhkan. (Matius 6:32b)
January 11, 2008, 09:36:32 PM
Reply #9
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 359
  • Gender: Male
persembahan sulung nihh yg bingung,
soal nya ortu aq minta spy nanti klo uda gajian,gaji yg pertama nya kasi k mreka..tp blom kerja sihh masi skul..hihihi
jd nya hrs gi mn tuhh.???
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)