Author Topic: Mengungkap siapa LUCIFER sebenarnya  (Read 39309 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

April 09, 2010, 11:44:31 AM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4778
  • Merdeka di dalam Kristus
    • SARAPANPAGI BIBLIKA
Quote from: moe
sedikit oot

apakah perbedaan iblis dan setan [i.e dlm kitab wahyu]?

salam


Mungkin menurut saya Iblis (atau bahasa aslinya Satan) itu gelar spesies yang membedakan dengan spesies lainnya, seperti: Allah, dewa, malaikat, manusia, hewan.

Namun, berdasarkan penafsiran juga bisa jadi bahwa Satan adalah nama pribadi. Memang agak membingungkan, karena pada Ayub 1:6 pun sebenarnya digunakan kata "Satan" namun diterjemahkan dalam bahasa Indonesia "Iblis".

Dan dalam Why 12:9 ada dua kata yaitu Diabolos dan Satanas, yang artinya sama, satu dalam bahasa Yunani, satu dalam bahasa Ibrani.



* Wahyu 12:9-10, 20:2
12:9 LAI TB, Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.
KJV, And the great dragon was cast out, that old serpent, called the Devil, and Satan, which deceiveth the whole world: he was cast out into the earth, and his angels were cast out with him.
 
TR, και εβληθη ο δρακων ο μεγας ο οφις ο αρχαιος ο καλουμενος διαβολος και ο σατανας ο πλανων την οικουμενην ολην εβληθη εις την γην και οι αγγελοι αυτου μετ αυτου εβληθησαν
Translit interlinear, kai {dan} eblêthê {dilemparkan} ho drakôn {itu naga} ho megas {yang besar} ho ophis {si ular} ho arkhaios {yg tua} ho kaloumenos {yang dipanggil} diabolos {iblis (si pendakwa/ penuduh/ pemfitnah)} kai {juga/ atau} ho satanas {satan (si musuh/ seteru)} ho planôn {yg menyesatkan} tên oikoumenên {umat manusia} holên {seluruh} eblêthê {dilemparkan} eis {ke dalam} tên gên {bumi} kai {dan/ juga} hoi aggeloi {utusan2/ malaikat2} autou {-nya} met {bersama} autou {-nya} eblêthêsan {dilemparkan}

12:10 LAI TB, Dan aku mendengar suara yang nyaring di sorga berkata:  "Sekarang telah tiba  keselamatan dan kuasa  dan pemerintahan Allah kita,  dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya,  karena telah dilemparkan ke bawah  pendakwa saudara-saudara kita,  yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita. 
KJV,   And I heard a loud voice saying in heaven, Now is come salvation, and strength, and the kingdom of our God, and the power of his Christ: for the accuser of our brethren is cast down, which accused them before our God day and night. 
TR, και ηκουσα φωνην μεγαλην λεγουσαν εν τω ουρανω αρτι εγενετο η σωτηρια και η δυναμις και η βασιλεια του θεου ημων και η εξουσια του χριστου αυτου οτι κατεβληθη ο κατηγορος των αδελφων ημων ο κατηγορων αυτων ενωπιον του θεου ημων ημερας και νυκτος
Translit interlinear, kai {lalu} êkousa {aku mendengar} phônên {suara} megalên {nyaring} legousan {berkata} en {di} tô ouranô {surga/ langit} arti {sekarang} egeneto {terjadi/ telah tiba} hê sôtêria {keselamatan} kai {dan} hê dunamis {kuasa} kai {dan} hê basileia {kerajaan} tou theou {Allah} hêmôn {kita} kai {dan} hê exousia {kekuasaan} tou khristou {Dia yang diurapi} autou {-Nya} hoti {karena} kateblêthê {telah dilempar} ho katêgoros {si pendakwa} tôn adelphôn {saudara2} hêmôn {kita} ho katêgorôn {yang mendakwa} autôn {mereka} enôpion {di hadapan} tou theou {Allah} hêmôn {kita} hêmeras {siang} kai {malam} nuktos {malam}

20:2 LAI TB, ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya,
KJV, And he laid hold on the dragon, that old serpent, which is the Devil, and Satan, and bound him a thousand years,
TR,   και εκρατησεν τον δρακοντα τον οφιν τον αρχαιον ος εστιν διαβολος και σατανας και εδησεν αυτον χιλια ετη
Translit interlinear, kai {lalu} ekratêsen {ia menangkap} ton drakonta {naga itu} ton ophin {si ular} ton archaion {tua} hos estin {yaitu} diabolos {iblis} kai {juga/ atau} satanas {satan} kai {lalu} edêsen {mengikat} auton {dia} khilia {seribu} etê {tahun2}


Wahyu 2:9:
Iblis (Yunani, διαβολος – diabolos) artinya "pemfitnah" atau "pendakwa/ penuduh" (lihat 2:10)/ Sedangkan Satan (Yunani, σατανας - satanas) berarti "musuh" atau "lawan" (berasal dari kata Ibrani שָׂטַן - SATAN)

"Iblis dan Satan" adalah 2 gelar bagi makhluk yang dicatat sbg naga besar/ ular tua itu. Jadi, Iblis, Satan, Naga, dab Ular Tua merujuk pada pribadi yang sama.
Penggunaan istilah "Iblis" dan "Satan" merujuk pada sifat mahkluk tsb yang sesuai dengan makna kata-kata yang digunakan, bahwa dia adalah "si pendakwa" (ho diabolos), dan "si musuh" (ho satanas).

"Yang menyesatkan seluruh dunia". Penjelasan kata "menyesatkan" lihat Wahyu 2:20, artinya membuat orang berdosa dan menentang Allah dengan mengajarkan berbagai kebohongan.

Wahyu 2:10:
"Pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam", ini menggambarkan Iblis sebagai penuntut di sidang pengadilan di surga, yang berusaha membuat Allah menghukum manusia (lihat Ayub 1:6-12, Zakharia 3:1-4), atau sebagai saksi yang memberatkan orang yang sedang diadili dalam sidang pengadilan (adanya pendakwa dalam sidang pengadilan disebut juga dalam Kisah 23:30,35, 15:16,18). Kata "mendakwa" bisa juga diterjemahkan menjadi "mengatakan kesalahan". Ada terjemahan yang memakai istilah "membuka rahasia seseorang".

Wahyu 20:2:
"naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan" (lihat Wahyu 12:9).


Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia  4:16)
April 09, 2010, 01:29:00 PM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2949
  • Gender: Male
Aku setuju sama Bro Pras

Wahyu 2:23 Dan anak-anaknya akan Kumatikan dan semua jemaat akan mengetahui, bahwa Akulah yang menguji batin dan hati orang, dan bahwa Aku akan membalaskan kepada kamu setiap orang menurut perbuatannya. 2:24 Tetapi kepada kamu, yaitu orang-orang lain di Tiatira, yang tidak mengikuti ajaran itu dan yang tidak menyelidiki apa yang mereka sebut seluk-beluk Iblis, kepada kamu Aku berkata: Aku tidak mau menanggungkan beban lain kepadamu. 2:25 Tetapi apa yang ada padamu, peganglah itu sampai Aku datang.

Gunakan kesempatan dan perhatian kita untuk lebih mengenal Tuhan Yesus, bukan yang lain....

Regards,
Hans188
2 Tim 4:3-4 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. -"Makanya ada POST yang DIHAPUS"
November 13, 2011, 03:36:20 AM
Reply #22
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 4
mengapa sih harus mendiskusikan ini?
mengapa tidak mendiskusikan kebaikan Tuhan?
mengapa tidak mendiskusikan bagaimana qt hidup benar sesuai dengan Firman Tuhan?
jujur, gw g perduli ttg Lucifer, walaupun gw jg dah tw sejarahnya dy! tp g penting gt bahas hal ini.
lebih baik qt membahas sesuatu yg merupakan prioritas dan menyenangkan hati Tuhan, sehingga qt bisa lebih mengerti mana kehendak Tuhan yang sesungguhnya.

penting juga bro dibahas hal2x seperti ini,x aja ada pemikiran baru siapa sebenernya silucifer ini,dialkitab kan penuh dengan perumpaman yg gak semua umat mengerti arti perumpaan tsb
kehendak TUHAN  sih cuma 5 huruf aja kok,yaitu harus selalu   mengamalkan "KASIH" disetiap langkah kita
5 huruf yg mencakup sangat luas...


November 13, 2011, 09:41:12 PM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1845
nama lucifer tadinya adlh luciel

maksud anda apakah ketika lucifer masih kecil dan kurang fasih melavalkan R maka membahasakan diri menjadi luciel  ???
Tuhan Jesus memberkati
Han
TIDAK SEMUA ISI ALKITAB ADALAH FIRMAN ALLAH DAN TIDAK SEMUA FIRMAN ALLAH TERTULIS DALAM ALKITAB
May 31, 2012, 09:10:23 AM
Reply #24
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 1
  • Denominasi: Kharismatik
lucifer raja iblis??????????????????
Yesaya 14,sering di katakan tentang kejatuhan lucifer? what? who is lucifer, dlm terjemahan Alkitab LAI tidak ada kata lucifer,bolak balik aq baca alkitab kej-why,.gak ketemu, ternyata hanya di terjamahan KJV yg ada,.Yesaya 14 (ejekan tentang raja babel) babel=kacau balau,.raja pertama babel adalah nimrod,keturunan ham/bapa kanaan..keturunan inilah yg paling banyak menyakiti dan menyiksa umat Tuhan, kitab yesaya banyak berisi nubuatan oleh Nabi yesaya bin amos,pada masa pemerintahan Uzia, Yotam, Ahas dan Hiskia,berisi nubuatan tentang Yehuda dan yerusalem,Tuhan akan menghukum babel karena kejahatannya(penyembahan berhala(yes 46:1)dan ingin menyamai Tuhan(Yes 14:13),pd saat itu barangsiapa tdk mau menyembah berhala akan dihukum mati,kitab daniel;ingat cerita sadrak,mesakh dan abednego pd saat pembuangan di babel)jadi yes 14:1-23 mengenai raja babel,.cat. bangsa babel bangsa yg mengerikan(kej 11:6;"Mereka ini satu bangsa dan satu bahasa. Ini barulah permulaan usaha mereka;mulai dari sekarang APAPUN YG MeReKa RENCANAKAN,TiDaK ADA YG TiDaK DaPaT TERLAKSANA"

sekarang kitab wahyu 17,18 tentang babel;berisi penglihatan rasul Yohanes bin Zebedeus,wahyu 17,18;penghakiman atas babel dan jatuhnya babel,dari perjanjian Lama sampe Perjanjian baru bangsa babel adl bangsa yg menyakiti dan menyiksa umat pilihan Tuhan(why 17:5-6),nah zaman kita sekarang siapakah babel,gak usah dibahas pada ngerti semua..

jadi lucifer (bintang fajar/nama planet venus)bukan nama raja iblis,dari bhs latin,lucifer=lux, lucis, "cahaya", dan "ferre", "membawa" ;gelar/julukan bagi raja babel,siapakah lucifer2 zaman sekarang,pd ngerti semua

iblis adl bagian dari ciptaan Tuhan{Kej:3:1),dia diciptakan sama seperti manusia memiliki kehendak sendiri,berbuat dosa atau tidak itu kehendak bebas yg diberikan Tuhan,Tuhan hanya mengingatkan agar kita berkuasa atas kehendak berbuat dosa(Kej 4:6-7), Tuhan sangat mengasihi manusia,tapi karena iblis si ular tua/naga/ memperdaya hawa,maka manusia jatuh ke dalam dosa,Tuhan mengutuk iblis dan menjadi musuh manusia(kej 3:15),tetapi ternyata manusia sangat disayangi Tuhan dan menjalankan karya penyelamatan melalui Yesus,iblis krna ketidak taatannya yg seharusnya menjaga manusia sprti mikhael malah memperdaya hawa,

iblis terus menerus mendakwa manusia dihadapan Tuhan(Ayub 2),iblis panglima malaikat bersama pasukannya yg tdk taat(yudas 1:6)setara dgn mikhael panglima malaikat yg setia kpd Tuhan(Yudas 1:9),mereka makhluk abadi tidak dpt mati maka di dlm bible tdk ada kata iblis dimusnahkan tetapi di kurung dan dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang di siksa selama2nya. iblis tahu dia tdk dpt menang akhirnya dia dan malaikat2nya menyesatkan banyak manusia yg memiliki hukum Tuhan dan kesaksian Yesus agar ikut dilemparkan ke lautan api(why 12:9,17;why 20:15).iblis jatuh pada saat ingin menelan/memakan kita tetapi berhasil direbut bala tentara Tuhan dan di hajar Mikhael beserta malaikat2nya,iblis tdk memiliki tempat lagi di sorga dan di lemparkan ke bumi(wahyu 12:7-9(tafsiran Rohani);Lukas 10:11-20 berbeda konteks dgn yesaya 14:12)),.sampai sekarang masih terjadi perebutan umat pilihan Tuhan.

Yesaya 13-14 konteks nya tentang Babel/lucifer(julukan bagi raja babel) dipakai iblis utk menyiksa umat pilihan Tuhan, lalu iblis dan malaikatnya yg mendakwa dan menyesatkan manusia(berbeda karakter tapi satu tujuan)
 ayo kita ini yg mengikuti YESUS jadi rebutan,silah pakai kehendak bebas saudara,mau ikut yg mana Tuhan atau iblis..!!!
« Last Edit: May 31, 2012, 10:56:13 AM by Abrah4m »
June 12, 2012, 11:41:19 PM
Reply #25
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 2
  • Denominasi: Protestan
Yg gw pernah dengar Lucifer itu Malaikat yang sangat di sayangi oleh Allah, ia di buat sangat sempurna dan di Juluki "Putra Terang" karena ia sangat dekat dengan Allah. namun karena ia sangat di cintai Allah ia menjadi sombong dan ingin menyamakan dirinya dengan Allah,, hal inilah yang membuat ia memberontak dan lalu di buang oleh Allah.
lo gg salah itu di ceritakan dalam kitab Yesaya.
June 27, 2012, 10:34:56 AM
Reply #26
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 86
  • Gender: Male
  • Denominasi: Protestan
lucifer itu malaikat murtad.Pemimpin dari segala roh jahat.DIA MASUK NERAKA NANTI
July 04, 2012, 03:50:19 PM
Reply #27
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 1
  • Denominasi: protestan
sepakat dgn bor pras...yuk ngomongin Tuhan YESUS aja... dari pada diskusi ttg si gelap itu.... masih banyak topik yg lbh menarik ttg How Great is Our God


ia , tapi perlu kita mengetahui siapa dia sebenarnya,.
July 05, 2012, 01:37:48 PM
Reply #28
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1943
  • Denominasi: Army of God
lucifer itu tokoh ciptaan heronimus, penerjemah alkitab katolik vulgata .... adanya cm di alkitab latin vulgata, ga ada di bahasa asli! amen??
July 08, 2012, 03:09:39 PM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3317
  • Denominasi: protestan
sedikit oot

apakah perbedaan iblis dan setan [i.e dlm kitab wahyu]?

salam
Kitab  Wahyu cerita :
Kalau Iblis nama lainnya SATAN atau Naga Merah atau si Ular Tua
Kalau yg disebut Setan......anak buahnya si Iblis itu, yaitu 1/3 Tentara Sorgawi yg ikut membelot dari Tuhan !
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)