Author Topic: Dua Macam Janji Tuhan  (Read 5417 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 19, 2008, 01:52:34 PM
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 306
  • Kasih Karunia
Dari apa yang saya pelajari,
Saya temukan di alkitab ada 2 jenis janji Tuhan.  

1. Janji Tuhan yang tidak dapat digagalkan / Janji Tuhan yang tidak bersyarat.

Pada janji Tuhan ini, Allah langsung bekerja campur tangan untuk memastikan janji ini PASTI terwujud.
Jadi, apapun usaha manusia bahkan kegagalan manusia sekalipun tidak akan bisa menghambat terealisasinya janji ini.

Contoh :

Kej. 3:15
Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."
 
Yes. 9:6
Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Kedua ayat di atas berbicara mengenai nubuat kedatangan Mesias.
Kedua nubuat itu tidak menyertakan adanya syarat sehingga pasti akan terjadi apapun kondisinya karena Allah campur tangan.

Kita tau bahwa Yusuf sempat berniat berpisah dari Maria, tapi Allah campur tangan dengan memberi Yusuf mimpi agar niatnya itu tidak terjadi.
Kita tau bahwa Herodes memerintahkan pembunuhan atas anak usia di bawah 2 tahun tapi Allah campur tangan dengan membawa bayi Yesus ke Mesir.
Janji Allah tetap tergenapi dengan kedatangan dan pelayanan Mesias di bumi.

Kej 15:4-6
Tetapi datanglah Firman Tuhan kepadanya, demikian: "Orang ini tidak akan menjadi ahli warismu, melainkan anak kandungmu, dialah yang akan menjadi ahli warismu."
Lalu TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman: "Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya." Maka firman-Nya kepadanya: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu."
Lalu percayalah Abram kepada TUHAN, maka TUHAN memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.

Janji Allah kepada Abram ini tidak mengandung persyaratan.
Karena itu, tindakan salah dari Sarai dengan mengambil Hagar sebagai gundik bagi Abraham (Sarai sedang berusaha mewujudkan janji Allah dengan cara kedagingan / dengan pemikirannya sendiri) tidaklah membatalkan / menggagalkan janji Allah kepada Abram bahwa ia akan memperoleh keturunan perjanjian. Bahkan saat Sarai tidak percaya dan menertawai Firman Tuhan di Kej 18:10-15, janji Allah tetap akan terwujud.

Dari kitab Wahyu 6-8, kita melihat ada 7 meterai.
Kemudian di Wahyu 8-11, kita melihat ada 7 sangkakala,
Di Wahyu 16 ada 7 malapetaka (cawan murka Allah).

Ayat-ayat di atas adalah nubuatan yang harus dan sudah pasti akan terjadi.
Apapun doa dari orang-orang percaya tidak akan bisa mengubah hal-hal ini.
Ini adalah janji Tuhan yang tidak bersyarat.

2. Janji Tuhan yang bersyarat.

Pada janji Tuhan ini, Allah memberikan syarat dalam perjanjian yang dibuatNya bersama manusia. Umumnya syarat ini berupa partisipasi aktif dari manusia. Ciri dari janji jenis ini adalah adanya kata 'jika', 'jikalau', 'apabila', 'bila', dll kata yang menyatakan mengenai persyaratan.

Contoh dari janji ini adalah :

Ul. 28:13-14
TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia, dan apabila engkau tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri dari segala perintah yang kuberikan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain dan beribadah kepadanya."

Tetap naik dan bukan turun adalah kondisi bersyarat. Tidak terjadi secara otomatis begitu saja. Dalam hal ini akan berlaku tabur-tuai.

1 Raj 9:4-5
Mengenai engkau, jika engkau hidup di hadapan-Ku sama seperti Daud, ayahmu, dengan tulus hati dan dengan benar, dan berbuat sesuai dengan segala yang Kuperintahkan kepadamu, dan jika engkau tetap mengikuti segala ketetapan dan peraturan-Ku, maka Aku akan meneguhkan takhta kerajaanmu atas Israel untuk selama-lamanya seperti yang telah Kujanjikan kepada Daud, ayahmu, dengan berkata: Keturunanmu takkan terputus dari takhta kerajaan Israel.

Akhirnya kerajaan Israel terpecah karena Salomo di akhir hidupnya menyimpang dari hati Allah. Kerajaan Israel yang berisi 10 suku dipimpin oleh Yerobeam sedangkan Kerajaan Yehuda yang berisi 2 suku dipimpin oleh Rehabeam.

Yoh. 15:7
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

1 Yoh. 5:14
Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.

Pemahaman akan kedua jenis janji ini sangatlah diperlukan bagi orang-orang percaya.
  
Namun demikian,
Tetaplah pahami bahwa sekalipun janji Tuhan itu mengandung syarat, namun sesungguhnya kuasa ROH KUDUS-lah yang akan memampukan manusia untuk memenuhi persyaratan itu karena kita tetap melekat pada Kristus.

Yoh. 15:5
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Hope I can bless you...
He Must Grow Greater And Greater But I Less And Less
September 12, 2008, 03:18:50 AM
Reply #1
  • SEMANGAT!! \(^.^)/
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 1922
  • Gender: Female
  • "Selalu ada jalan, di mana ada kemauan" \(^_^)/
    • Fedora
Yup, memberkati banget.. Makasih ya..
Ada satu lagi janji Tuhan yang selalu aku inget..


Matius 28:20b
Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."
TUHAN tau yang terbaik bagi anakNYA. Yang IA berikan bukan yang kita inginkan, tapi yang kita butuhkan. (Matius 6:32b)
November 18, 2008, 04:30:06 PM
Reply #2
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 18
  • Gender: Male
Sep bro..bagus banget ulasannya
ngingetin kita untuk ga meremehkan cara hidup supaya janji Tuhan nyata atas kita
...ur love is so real for this World...
November 18, 2008, 04:51:40 PM
Reply #3
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 304
  • Gender: Male
  • Hope to Jesus....
  • Denominasi: Pentakosta
Bener banget bro, wah gw jadi diingetin nih kalo sesungguhnya ada janji Tuhan dalam hidup gw, bahwa Tuhan merencanakan rencana yang baik & yang memberikan masa depan yang penuh harapan (Yeremia 29 : 11)
Gbu
November 30, 2008, 03:11:25 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1995
  • Gender: Male
  • 1 Korintus 14:9-10
SEKEDAR MELENGKAPI


Dari apa yang saya pelajari,
Saya temukan di alkitab ada 2 jenis janji Tuhan. 
...............
...............

2. Janji Tuhan yang bersyarat.
...............
...............

Bacaan:

Ulangan 28:1
""Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi."
Ulangan 28:15
""Tetapi jika engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka segala kutuk ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau:"

Pengertian saya:
Kata "segala" mengandung arti tidak terkecuali dari semua yang ada, dan tidak berlaku sebagian-sebagian.

Pertanyaan saya:
Mampukah manusia?

Alkitab berkata:
Mazmur 14:1-3 yang dikutip Rasul Paulus dalam Roma 3:10-12 menegaskan demikian:
"1  Untuk pemimpin biduan. Dari Daud. Orang bebal berkata dalam hatinya: "Tidak ada Allah." Busuk dan jijik perbuatan mereka, tidak ada yang berbuat baik.  2  TUHAN memandang ke bawah dari sorga kepada anak-anak manusia untuk melihat, apakah ada yang berakal budi dan yang mencari Allah.  3  Mereka semua telah menyeleweng, semuanya telah bejat; tidak ada yang berbuat baik, seorangpun tidak."

Itulah sebabnya Salomo pun gagal.



Yoh. 15:7
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.
1 Yoh. 5:14
Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.


Pengertian saya:
Syarat dari anugrah bersyarat adalah menurut kehendak-Nya, dan hanya didasari oleh apa yang ingin dilakukan-Nya.

Pertanyaan saya:
Apakah untuk kepentingan kita, ataukah untuk kepentingan kita?

Alkitab berkata:
Mazmur 115:3
"Allah kita di sorga; Ia melakukan apa yang dikehendaki-Nya!"
Mazmur 135:6
"TUHAN melakukan apa yang dikehendaki-Nya, di langit dan di bumi, di laut dan di segenap samudera raya;
Kol. 1:16
"karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia."



Tetaplah pahami bahwa sekalipun janji Tuhan itu mengandung syarat, namun sesungguhnya kuasa ROH KUDUS-lah yang akan memampukan manusia untuk memenuhi persyaratan itu karena kita tetap melekat pada Kristus.

Dari penjabaran singkat di atas, jelaslah bahwa segala sesuatu yang ingin dilakukan TUHAN melalui kita adalah hanya karena kehendak-Nya. Artinya persyaratan dalam Ulangan 28 tidak lagi digunakan sebagai standard kelayakan manusia; sebab sudah jelas diuraikan di atas bahwa manusia tidak bisa melakukan itu semua.



Yoh. 15:5
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Ulasan mengenai kutipan ayat di atas dapat juga dibaca di sini: http://forumkristen.com/index.php?topic=4599.0



Kesimpulan saya:
Melakukan perintah-perintah-Nya adalah hasil dari karya ROH KUDUS untuk tujuan-tujuan-Nya yang lebih mulia melalui hidup kita, dan bukanlah alat mekanis untuk memenuhi kebutuhan kita yang sempit dalam keuangan, kesehatan, jodoh, bisnis, dan lain-lainnya.



Demikian, semoga dapat memberkati
GBU


« Last Edit: November 30, 2008, 03:57:42 AM by Kasih »
Segala sesuatu ingin kupinta dengan iman kepada-Nya; tetapi kutahu hanya apa yang dikehendaki-Nyalah yang akan terjadi kepadaku. Sekarang tegaklah kepalaku, menghadapi segala sesuatu seturut kehendak-Nya.
November 30, 2008, 09:14:35 AM
Reply #5
  • Local Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12103
  • Gender: Female
  • aman dalam perlindungan Tuhan
- Janji Tuhan itu YA & Amin
- Janji Tuhan itu indah pada waktuNYA
menjadi seseorang yang selalu hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Tuhan dan manusia.
selalu jujur meski kadang jujur itu menyakiti yang lain. Yang penting Tuhan ga sakit.
December 03, 2008, 04:00:00 AM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1995
  • Gender: Male
  • 1 Korintus 14:9-10
- Janji Tuhan itu YA & Amin
- Janji Tuhan itu indah pada waktuNYA
Lebih bagus lagi kalau dijabarkan pengertian dan contohnya.
Segala sesuatu ingin kupinta dengan iman kepada-Nya; tetapi kutahu hanya apa yang dikehendaki-Nyalah yang akan terjadi kepadaku. Sekarang tegaklah kepalaku, menghadapi segala sesuatu seturut kehendak-Nya.
December 03, 2008, 06:36:39 AM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 535
  • Gender: Male
    • Integrated IT Solutions
janji Tuhan itu seperti janji bapak kita di bumi, cuma bedanya, Dia selalu menepati janji-Nya
December 03, 2008, 12:43:45 PM
Reply #8
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1995
  • Gender: Male
  • 1 Korintus 14:9-10
Dan Dia telah menepatinya dengan memberikan ROH KUDUS, yang menuntun kita kepada kebenaran. Wah ternyata tidak sesuai dengan yang ada di kepala saya: kemakmuran, kesehatan, bebas masalah, bebas hambatan, kerja lancar, dll.
Lukas 11:9-13
"9  Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. 10  Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.  11  Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?  12  Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?  13  Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan ROH KUDUS kepada mereka yang meminta kepada-Nya."

Dan pahitnya lagi, ternyata Ia juga memberikan berbagai ujian yang banyak, supaya kita bisa juga berkata:
Flp. 4:12-13
"12  Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan.  13  Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku."
Bukan:
"Segala perkara dapat Dia tanggung di dalam kita yang senanti asa meng"claim" janji-janjiNya"

lagi pula, bukan tujuan Dia mengajarkan hal-hal kedagingan sebagai tujuan dalam mencari kerajaan Sorga, tetapi hal-hal rohanilah yang memberikan harta yang kekal.
Lukas 12:33
"Juallah segala milikmu dan berikanlah sedekah! Buatlah bagimu pundi-pundi yang tidak dapat menjadi tua, suatu harta di sorga yang tidak akan habis, yang tidak dapat didekati pencuri dan yang tidak dirusakkan ngengat."
Segala sesuatu ingin kupinta dengan iman kepada-Nya; tetapi kutahu hanya apa yang dikehendaki-Nyalah yang akan terjadi kepadaku. Sekarang tegaklah kepalaku, menghadapi segala sesuatu seturut kehendak-Nya.
December 03, 2008, 04:14:29 PM
Reply #9
  • Local Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12103
  • Gender: Female
  • aman dalam perlindungan Tuhan
- Janji Tuhan itu YA & Amin
- Janji Tuhan itu indah pada waktuNYA
Lebih bagus lagi kalau dijabarkan pengertian dan contohnya.
ada yang bisa bantu?
aku ga punya basic theologi soalnya. hehehehe...........
menjadi seseorang yang selalu hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Tuhan dan manusia.
selalu jujur meski kadang jujur itu menyakiti yang lain. Yang penting Tuhan ga sakit.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)