Author Topic: Hipnotis dalam pandangan Kristen  (Read 39877 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 10, 2011, 08:42:39 AM
Reply #1000
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 45
ini ada artikel menarik utk kita ketahui frens..  :happy0062:

Hipnotisme


Bagikan
Oleh: Herlianto

Beberapa waktu lalu, ketika membawakan ceramah Okultisme di gereja GKI-Bektim, Jakarta, kakak penulis yang mantan majelis jemaat dan masih aktif melayani di gerejanya yang menantunya menjadi majelis jemaat di gereja itu, baru datang dari Surabaya dan ikut hadir. Ia menceritakan bahwa beberapa hari sebelumnya, ketika ia pergi ke mal, ia didatangi sepasang suami isteri yang dengan ramah menanyakan alamat gereja dimana mereka bisa menyumbang uang. Tanpa sadar ia dibawa naik taksi dan setelah sadar ia menyadari bahwa ia baru tertipu menarik uang 10 juta melalui ATM banknya. Baru-baru ini ketika membawakan ceramah Okultisme di gereja GKI-Kayu Putih, Jakarta, sejam sebelum dijemput, kakak isteri penulis yang isteri pendeta menilpon dan menceritakan bahwa ia baru saja pergi ke bank mengambil uang lalu datang orang menawarkan dolar dan tanpa sadar ia dibawa naik mobil dan diajak ke ATM yang lain dan setelah sadar ia menyadari bahwa saldo banknya sudah berkurang 10 juta pula.

Kedua kejadian ini bukan kebetulan karena memang menjadi pertanyaan yang sering diajukan dalam ceramah Okultisme, ini menunjukkan betapa praktek penipuan yang menggunakan tehnik hipnotis telah meluas dan tanpa pandang bulu, bahkan aktifis gereja dan isteri pendeta pun bisa tertipu. Kejadian yang sama tentu banyak terjadi menimpa orang-orang dan disurat kabar sering kita baca penipuan dengan modus operandi yang sama pula. Isteri penulis pun beberapa kali disapa orang tidak dikenal (kebanyakan di mal), tetapi semuanya ditolak sebelum terpengaruh. Jelas hipnotis disini digunakan untuk kejahatan. Apakah hipnotis itu dan apakah penyalah gunaannya serta merta mengharamkan praktek manipulasi kesadaran orang itu?

Dari berbagai sumber kita dapat membaca bahwa hipnotis adalah tehnik untuk menguasai kesadaran orang sehingga orang tersebut tanpa sadar akan menurut kalau diberi sugesti atau diperintah oleh yang menghipnotis. Sebenarnya hipnotis berasal dari akar kata yunani hypnos yang artinya tidur, dan memang biasa pasien dibuat tertidur dan dalam tidurnya pasien dapat diarahkan untuk melakukan sugesti/perintah orang yang menghipnotisnya. Namun, hipnotisme dalam perkembangannya tidak saja memanipulasi orang-orang yang dibuat tertidur atau mengalami trance tetapi juga dalam keadaan tidak tertidur tetapi kesadarannya tanpa sadar rentan akan pengaruh sugesti/perintah orang lain.

Praktek hipnotis sudah terjadi sepanjang umur manusia dan biasa dipraktekkan didunia okult dimana digunakan dalam praktek magis animisme baik untuk mengguna-guna orang atau untuk menyembuhkan orang. Secara terbuka baru hipnotis terkenal setelah Franz Anton Mesmer (1734-1815) menggunakannya dalam penyembuhan pasien. Karena ia menyebutkannya sebagai kekuatan okult yang disebutnya magnetisme binatang yang keluar dari yang menghipnotis kepada pasien, ia ditolak banyak kalangan, namun hipnotisme kemudian diidentikan dengan namanya Mesmerism. Kemudian James Braid (1795-1860) mempopulerkan hypnotism dan hypnosis dalam kedokteran.

Sigmund Freud (1856-1939) tertarik pada tehnik hipnosis dalam penyembuhan pasien neurotis kemudian menggunakannya dalam penyembuhan pasien-pasiennya, tetapi kegagalan dalam mempraktekkan hipnotisme dalam berbagai kasus dan berlandaskan kebebasan pasien, kemudian ia menolak hipnotisme digunakan dalam kedokteran. Namun, lambat laun praktek hipnotis digunakan dalam terapi psikologis maupun medis dengan catatan bahwa organisasi-organisasi kedokteran maupun kedokteran-jiwa dan ilmu jiwa mensyaratkan bahwa praktek ini hanya boleh dilakukan oleh terapis yang bertanggung jawab dan atas persetujuan pasien.

Para ahli sampai kini belum bisa merumuskan dengan seragam mengenai hakekat apa yang disebut hipnotisme itu karena penggunaannya yang sangat luas mencakup praktek magis okultisme (menyihir orang, mendatangkan malapetaka) sampai terapi psikologi sederhana (untuk menghentikan kebiasaan merokok, pusing yang berkelanjutan dll). Namun para ahli sepakat bahwa hipnotis tidak boleh digunakan untuk demo hiburan karena bisa disalah gunakan diluar proses penyembuhan pasien. Dalam praktek masakini dilapangan, hipnotisme sudah menjadi komoditi laris baik sebagai terapi maupun hiburan, bahkan mpenggunaannya untuk menipu orang makin luas terjadi dimasyarakat.

Biasanya dianggap bahwa proses hipnotis terjadi kalau ada kepercayaan tumbuh dari pasien kepada yang menghipnotis dan ia mau dihipnotis, dengan kata lain seseorang baru bisa dihipnotis kalau tidak bertentangan dengan kehendaknya secara sadar. Namun praktek sering menunjukkan gejala sebaliknya yaitu orang dihipnotis setelah kehilangan kesadaran dan kemauannya, dan dalam hal ini sekalipun pertahanan jiwa seseorang cukup kuat dan seyogyanya dapat menangkal sugesti hipnotis, pada umumnya pertahanan demikian rontok karena pasien tidak sadarkan diri.

Boleh tidak boleh, tehnik hipnotis sudah dipraktekkan meluas, termasuk hipnotis masal dalam latihan-latihan pengembangan diri sampai KKR kebangunan rohani yang dilakukan para penginjil tertentu. Biasanya tehnik yang digunakan adalah dengan membuat suasana gedung yang teduh dengan lampu digelapkan lalu diiringi musik yang ekstasis dan kesaksian yang mombastis tapi membius, jemaat dalam suasana demikian cenderung menurut apa yang diminta oleh para penginjil. Banyak kesaksian kesembuhan menghasilkan kekecewaan ketika penderita pulang kerumah dan sadar bahwa ternyata penyakitnya tidak sembuh. Ada jemaat yang tersihir kotbah yang fasih dan mengeluarkan cek di kantongnya dan memasukkan ke kantong persembahan. Setelah sadar ia menyesal karena cek itu seharusnya digunakan untuk membayar utangnya.

Kurt Kock yang membuat disertasi mengenai okultisme dan menulis banyak buku bertema itu, mengemukakan agar kita menjauhi praktek hipnotis karena praktek ini menghubungkan kita dengan dunia bawah sadar yang penuh misteri dan banyak hal bisa terjadi karenanya. Dalam bukunya Occult ABC (hlm. 95-100), ia mengemukakan beberapa praktek yang membahayakan. Seorang dokter berhasil menyembuhkan seorang wanita yang mengalami ilusi selalu melihat laba-laba disekitar dirinya. Melalui hipnotis ia terbebas dari ilusi itu tetapi sebaliknya ia menjadi pecandu alkohol yang ekstrim yang tidak bisa disembuhkan melalui tehnik hipnotis. Pengalaman ini dan pengalaman hipnoterapi lain yang dilakukannya menyadarkan dokter itu untuk tidak lagi mempraktekkan hipnotis terhadap pasiennya.

Seorang gadis di Tokyo mengikuti pertunjukan hipnotis dan sukarela menjadi pasien. Sesudah dihipnotis, ia tidak bisa disadarkan kembali, sehingga ia mengalami koma beberapa hari dan baru bisa disadarkan oleh beberapa ahli medis yang berusaha membangunkannya. Seorang pemuda mengikuti pertunjukkan hipnotis dan secara sukarela menjadi pasiennya, tetapi setelah ia dibangunkan kembali ia sering mengalami mimpi buruh pada waktu tidur. Seorang anak pendeta ketika kuliah di kota lain mengikuti pertunjukan hipnotis dan menjadi salah satu pasiennya. Ia sempat terhipnotis tetapi ketika dibangunkan ia tidak bisa sadar dan selama beberapa hari mengalami koma. Berkali-kali didoakan oleh orang tuanya tetapi tidak berhasil. Sekali waktu ayahnya sadar untuk menengking kuasa kegelapan dalam diri anaknya dalam nama YESUS, dan anak itu sembuh!

Mirin Dayo seorang ahli hipnotis dan spiritis Belanda selama 500 kali mendemonstrasikan pertunjukan bahwa ia tidak mati ditusuk pedang anggar. Ini bukan trik dan telah dibuktikan asli melalui pemotretan X- ray. Ketika ia melakukan pertunjukan di Swiss, orang-orang Kristen disitu merasa bahwa ia mempraktekkan kuasa demonis dan berdoa selagi ia mendemonstrasikan kekebalannya itu. Alhasil pada praktek ke 501 ia meninggal dunia karena tusukan itu.

Para ahli yang sering mempraktekkan hipnotisme menyadari bahwa seseorang yang sudah pernah dihipnotis akan lebih mudah mengalami hipnotis kedua kalinya, karena itu Kurt Koch menganjurkan agar umat Kristen tidak bermain-main dengan praktek hipnotis, apakah itu digunakan untuk kebaikan dan kesembuhan apalagi kalau untuk kejahatan. Praktek hipnotis membawa seseorang untuk melongok jendela menuju realita supranatural yang penuh dengan misteri dimana sudah terbukti sering disusupi misteri okult bahkan sampai satanisme.

Menghadapi praktek hipnotis penipu yang sering merogoh ATM penderita, ada beberapa tips yang bisa dianjurkan, yaitu: (1) Terutama wanita, usahakan tidak pergi sendirian ke tempat-tempat umum seperti mal; (2) Jangan terlalu lugu menghadapi sapaan orang tidak dikenal, lebih baik menghindar daripada terlibat dialog yang berujung hipnotis; (3) Jangan membiasakan membawa kartu ATM dengan saldo yang besar tetapi usahakan membawanya dengan saldo kecil yang cukup untuk belanja; dan (4) Pakailah perlengkapan senjata Allah agar dapat melawan tipu muslihat Iblis (Efesus 6:10-16).

Sekalipun ada manfaat praktek hipnotis bagi pengobatan tertentu seperti menghentikan kebiasaan merokok, menghilangkan sakit gigi, atau kesakitan dalam melahirkan bayi, namun karena praktek hipnotis dilakukan bukan karena kesadaran diri orang itu sendiri, biasanya ada efek sampingan dan berujung pada perilaku buatan. Adalah paling tepat kalau kita mengatasi perilaku buruk dan kesakitan maupun trauma menggunakan pengobatan alamiah yang wajar dan membawakan dalam doa dan pertobatan. Sebab sekali kita membuka jendela ke arah alam bawah sadar, berarti kita membuka jendela menuju alam misteri dengan segala kemungkinan misterius bisa terjadi.


Benar, Hipnotis saat ini dapat digunakan dalam keadaaan sadar untuk calon korban yang berjalan sendirian ke ATM dengan melihat penampilan calon korbannya, bahkan saat ini yang terdaftar pelatihan hipnotis di murid kakek saya sudah mencapai 3000 an orang.... dan terus bertambah... hipnotis saat ini sangat diandalkan untuk melakukan perampokan tanpa melukai... dan hipnotis yang diajarkan sangat kuat dan siapa saja dapat kena jadi hati2 lah (saya akan tertawa bila ada komentar orang percaya dan kuat iman tidak dapat kena) bila orang percaya tidak kena semata2 karena kemurahan Tuhan saja. bahkan tukang hipnotis pun bisa dihipnotis lagi oleh yang lebih kuat... :ashamed0004:
August 10, 2011, 10:00:17 AM
Reply #1001
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10846
1 Petrus 5:8   Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Mazmur 62:1   Untuk pemimpin biduan. Menurut: Yedutun. Mazmur Daud. (62-2) Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku.

Mazmur 91:14   Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.
May 13, 2012, 09:39:16 PM
Reply #1002
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2385
  • Gender: Male
  • Tongkat(*v*)Gadah
  • Denominasi: Ikut Tuhan Yesus
Ada 2 macam hipnotis yaitu manipulasi stimulus otak dan hipnotis jenis sihir. Perbedaan yang mencolok terlihat pada kondisi obyek hipnotis. Pada hipnotis dengan menipulasi informasi ke dalam pikiran, orang yang menjadi obyek hipnotis tidak tertidur, sedangkan pada hipnotis jenis sihir obyeknya mengalami tidur.

Setelah selesai dihipnotis pun kondisinya berbeda. Pada hipnotis jenis pertama obyeknya masih ingat kejadian kejadian selama di hipnotis, sedangkan pada hipnotis jenis sihir sang obyek tidak ingat sama sekali semua kejadian selama hipnotis berlangsung.

Dari kedua kondisi atau jenis Hipnotis di atas jika kita renung dalam kebenaran dan terang Firman Tuhan maka kedua-duanya apa pun alasannya "Tidak Benar" atau "Salah" dengan alasan dasar :

1. Hipnotis manipulasi otak, jadi sang obyek mengadakan penundukan diri/menjadi hamba dari sang subyek
2. Hipnotis sihir/gendam, jelas-jelas ini adalah praktek sihir atau ilmu gaib dalam nengendalikan jiwa orang lain

Syalom  :azn:
« Last Edit: May 13, 2012, 09:41:33 PM by EVATA »
Ujilah segalah sesuatu dan peganglah yang baik
May 15, 2012, 12:57:49 PM
Reply #1003
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 62
  • Denominasi: ICHTHUS
Hipnotis untuk saat ini ya diartikan bagaimana mensugesti orang dengan mendobrak ambang batas alam bawah sadarnya / menembus critical area. Setiap hipnotis adalah self hipnotis, maksudnya harus DENGAN persetujuan orang yg akan dihipnotis. Syaratnya dia tidak mabuk dan dapat memahami komunikasi wajar. Kalau orang tersebut menolak dihipnotis akan sukar untuk dihipnotis. Tapi ada juga hypnosleep, utk menghipnotis org tertidur. Tapi tetap tidak bisa memasukkan sugesti yang bertentangan dgn keyakinannya.
Manfaat hipnotis : mengurangi rasa sakit saat melahirkan, menghentikan kebiasan merokok/ narkoba, memotivasi agar lebih pede dll. Jadi menurut saya ini sekedar terapi yang tidak bertentangan dgn ajaran Kristen.
Lain halnya dgn gendam. Ini cara mempengaruhi orang lain TANPA persetujuan orangnya. Ilmu gendam ini didapat dgn ritual khusus, mantra khusus, ada juga yg dgn bantuan makhluk gaib.
Karena dapetnya dgn cara sesat, kebanyakan tujuannya untuk hal2 sesat. Ini yang tidak sesuai ajaran Kristen.
Acara hipnotis di tv itu sdh ada rekayasa sebelumnya atau kalau pas live, penghipnotis scr tdk disadari penonton sdh memilih orang yg gampang atau tidak di hipnotis. Karena walaupun orangnya setuju, tapi masing2 punya tingkatan tersendiri untuk dpt dihipnotis. Jadinya penonton TV tahunya ya hipnotis = gendam karena sama2 mempengaruhi pikiran orang lain.
Jangan ragu anda kalau ingin mempelajari hipnotis. karena banyak kreatifitas disana yang dapat anda kembangkan utk menolong sesama. Nggak ada efek samping walau orang yg terhipnotis lupa anda tinggalkan, karena secara alamiah dia akan bangun dari tidurnya. Beda dgn gendam, kalau dimanfaatkan utk menggaet cewek/cowok, lalu ditinggalkan bisa edan tuh orang.
CMIIW, krn ini pengalaman pribadi saya duluuu sekali. Sekarang sdh sy tinggalkan terutama gendam kesumatnya.
May 15, 2012, 02:44:41 PM
Reply #1004
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2385
  • Gender: Male
  • Tongkat(*v*)Gadah
  • Denominasi: Ikut Tuhan Yesus
Hipnotis untuk saat ini ya diartikan bagaimana mensugesti orang dengan mendobrak ambang batas alam bawah sadarnya / menembus critical area. Setiap hipnotis adalah self hipnotis, maksudnya harus DENGAN persetujuan orang yg akan dihipnotis. Syaratnya dia tidak mabuk dan dapat memahami komunikasi wajar. Kalau orang tersebut menolak dihipnotis akan sukar untuk dihipnotis. Tapi ada juga hypnosleep, utk menghipnotis org tertidur. Tapi tetap tidak bisa memasukkan sugesti yang bertentangan dgn keyakinannya.
Manfaat hipnotis : mengurangi rasa sakit saat melahirkan, menghentikan kebiasan merokok/ narkoba, memotivasi agar lebih pede dll. Jadi menurut saya ini sekedar terapi yang tidak bertentangan dgn ajaran Kristen.
Lain halnya dgn gendam. Ini cara mempengaruhi orang lain TANPA persetujuan orangnya. Ilmu gendam ini didapat dgn ritual khusus, mantra khusus, ada juga yg dgn bantuan makhluk gaib.
Karena dapetnya dgn cara sesat, kebanyakan tujuannya untuk hal2 sesat. Ini yang tidak sesuai ajaran Kristen.
Acara hipnotis di tv itu sdh ada rekayasa sebelumnya atau kalau pas live, penghipnotis scr tdk disadari penonton sdh memilih orang yg gampang atau tidak di hipnotis. Karena walaupun orangnya setuju, tapi masing2 punya tingkatan tersendiri untuk dpt dihipnotis. Jadinya penonton TV tahunya ya hipnotis = gendam karena sama2 mempengaruhi pikiran orang lain.
Jangan ragu anda kalau ingin mempelajari hipnotis. karena banyak kreatifitas disana yang dapat anda kembangkan utk menolong sesama. Nggak ada efek samping walau orang yg terhipnotis lupa anda tinggalkan, karena secara alamiah dia akan bangun dari tidurnya. Beda dgn gendam, kalau dimanfaatkan utk menggaet cewek/cowok, lalu ditinggalkan bisa edan tuh orang.
CMIIW, krn ini pengalaman pribadi saya duluuu sekali. Sekarang sdh sy tinggalkan terutama gendam kesumatnya.
Menurut sumber dan data-data bahwa ada efek negatif yang ditimbulkan dari praktek hipnotis ini, meskipun itu dalam waktu yang lama baru menunjukkan manefestasinya, jadi kira-kira menurut saudara sipa yang ada dibelakangnya ?
Ujilah segalah sesuatu dan peganglah yang baik
May 16, 2012, 01:48:19 PM
Reply #1005
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 62
  • Denominasi: ICHTHUS
Menurut sumber dan data-data bahwa ada efek negatif yang ditimbulkan dari praktek hipnotis ini, meskipun itu dalam waktu yang lama baru menunjukkan manefestasinya, jadi kira-kira menurut saudara sipa yang ada dibelakangnya ?
Nggak ada siapa2 sis /bro. Keadaan hipnotis itu alamiah, hampir tiap hari orang mengalami beberapa kali keadaan hipnotis. Saat anda baca forumkristen ini dengan penuh perhatian hingga anda tidak mendengar nyokap anda nyuruh ngepel lantai, itu juga keadaan anda terhipnotis. Kira2 siapa dibelakang anda itu? paling2 nyokap anda.
May 16, 2012, 04:43:56 PM
Reply #1006
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 99
  • Denominasi: ^_^
HHhHhaaaaAAiiiiIiI seMmUuuuaAaA.......

iIiiIiiiiiHhhHhHhHh...... InFOnYA KerEEEEeeeeeEEeEeenNNnNnnnnnnnnn BanGeTZZz..........

taPI SereEM iH KaLu diHipNotIS..... IIiiIihhhHhhhHhhH taKuuUuttttTTT...... perNaH yaH.... pAs PriNceSs baRu PulANg aCaRa SKul HaRi MinGgu yaH TrUs PriNcEsS kaN laGi NunGgu JeMpuTaN sI PaPAH di HalTe.... IHhhHh aDa orAnG AnEH TaU.... trUS NgaJaKIn NgobroL gITU dwEHhh.... SoK KeNaL sOK deKaT gITU dWeHH..... IhhHhh... KamseUpaY^ meNdiNG kaLU caKEP.... IIiiIiieeeeewwwWWww..... TrUSS PriNcESS LanGsuNG kaBuR maSUK ke SkUL... TrUS telEPoNiN PapAh, BilaNgIn PrIncEss nungGuin di DaLam SkUL aJah...
iIIiiIiihhhHHhH PrInCeSS taKuT di HipNo iHh amA oraNG-oraNG jahAt..... iHhhH amIT-aMiT dwEHhhH....  PRinCess maU di HipNoTis aMA PacaR PrINcEss ajaH aHHhh.... biaR MaKiN saYanGKKkk..... hihiHihihihihihihihi ^_^ketawa cantique^_^



^_^ketjup maniez^_^
May 17, 2012, 12:54:25 AM
Reply #1007
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2385
  • Gender: Male
  • Tongkat(*v*)Gadah
  • Denominasi: Ikut Tuhan Yesus
Nggak ada siapa2 sis /bro. Keadaan hipnotis itu alamiah, hampir tiap hari orang mengalami beberapa kali keadaan hipnotis. Saat anda baca forumkristen ini dengan penuh perhatian hingga anda tidak mendengar nyokap anda nyuruh ngepel lantai, itu juga keadaan anda terhipnotis. Kira2 siapa dibelakang anda itu? paling2 nyokap anda.
Ok the, betul juga untuk suatu keadaan dan kondisi berbeda  :mad0261:

Jadi masalahnya adalah pada penundukan diri / menjadi hamba yang menghipnotis,

Minggu kemarin di acara Prajabatan CPNS salah seorang CPNS menghibnotis teman-temannya, yaitu korban atau temannya tidak bisa membuka matanya apakah ini alam bawah sadar yang normal ?  :char12: dan mereka diberi syarat dari yang menghipnotis bahwa mereka bisa membuka matanya setelah selesai membaca "al-fatiha", kekuatan hipnotis/sugesti ada pada kata-kata sama persis dengan kekuatan sihir dan mantra ada pada kata-kata, meski kata-kata hipnotis/sugesti bukan bahasa komat-kamit  :happy0062:
Syalom
Ujilah segalah sesuatu dan peganglah yang baik
May 17, 2012, 01:04:13 PM
Reply #1008
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9779
Ok the, betul juga untuk suatu keadaan dan kondisi berbeda  :mad0261:

Jadi masalahnya adalah pada penundukan diri / menjadi hamba yang menghipnotis,

Minggu kemarin di acara Prajabatan CPNS salah seorang CPNS menghibnotis teman-temannya, yaitu korban atau temannya tidak bisa membuka matanya apakah ini alam bawah sadar yang normal ?  :char12: dan mereka diberi syarat dari yang menghipnotis bahwa mereka bisa membuka matanya setelah selesai membaca "al-fatiha", kekuatan hipnotis/sugesti ada pada kata-kata sama persis dengan kekuatan sihir dan mantra ada pada kata-kata, meski kata-kata hipnotis/sugesti bukan bahasa komat-kamit  :happy0062:
Syalom
Kata membaca disini mestinya berarti menghafal karena dalam keadaan mata tertutup. Jadi kalau kebetulan Kristen gimana bisa hafal surat itu?
May 17, 2012, 01:17:52 PM
Reply #1009
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 454
  • Denominasi: kristen
gw mo  :angel:kasih opini:

Hiptnotis bisa terjadi pada kita kalo kita membuka diri baik sengaja maupun ga sengaja. Makanya si penghipnotis biasanya memancing dengan pertanyaan2 agar si korban terbuka roh nya.  Teknis sales juga gitu, sekali sipotential koban bilang "ya" maka berikutnya dia akan lebih gampang untuk bilang "ya" or setuju dengan apa yg sipenghipnotis mau.

Kalo yg ada difilm2, org jadi gampang terhipnotis karena dia emang sudah membuka diri dari awal. dri yg pernah gw baca, Hipnotis adalah kekuatan roh manusia menundukkan roh manusia yg lain.

Karena itu jgn pernah mau dihipnotis, baik untuk pengobatan ato realiti show. 
hipnotis kedua bakal lebih gampang bro!  , lama2 jadi gampang dihipnotis, rugikan!

Kalo dijalan ada org ga kenal tanya2 ama gw, biasanya gw udah defensive dulu, gw rada melotot ! psy war  ke org itu. Sambil gw tanya balik "ada apa".
 
Puji Tuhan selama ini ga ada yg mempan!   Sebaliknya kalo bisa jgn belajar hipnotis, karena itu membangkitkan the latent power of the soul yg seharusnya gaboleh dipake lagi. Sama kaya New Age atau christian science gitu yg mengembangkan the power of the soul simanusia itu

Semoga berguna.

Salam kumis
 
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)