Author Topic: Sola Scriptura  (Read 117186 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 27, 2008, 09:30:27 AM
  • FK Friend
  • FK - Senior
  • ******
  • Posts: 314
  • Gender: Male
Doktrin Sola Scriptura adalah doktrin yang menyatakan bahwa Alkitab adalah satu-satunya pedoman iman yang tidak bisa salah (infallible). Sola Scriptura merupakan hal utama yang menyebabkan terjadinya reformasi di abad 16 yang dimulai oleh Luther dan para reformer lainnya.

Banyak yang menyangka bahwa Sola Scriptura adalah doktrin yang hanya dianut oleh umat Protestant dan bukan oleh Gereja awal. Hal ini adalah tidak benar, sebab baik dalam Alkitab maupun Gereja awal, doktrin ini dapat ditemukan dan diajarkan.

Ada 4 hal yang harus diingat sebelum seseorang mengerti akan ajaran Sola Scriptura.

1) Sola Scriptura tidak berkata bahwa Alkitab memuat semua ilmu pengetahuan yang ada. Yang diajarkan oleh doktrin ini adalah bahwa Alkitab memuat seluruh hal yang manusia perlu ketahui untuk mengenal Allah dengan benar dan untuk memperoleh keselamatan.

2) Sola Scriptura tidak mengajarkan bahwa Firman Tuhan tidak pernah diutarakan secara lisan. Firman Tuhan memang pernah disampaikan secara lisan oleh Tuhan Yesus, para nabi dan rasul pada saat mereka ada di dunia, namun setelah kitab-kitab Alkitab tertulis dengan lengkap, maka yang ada hanyalah Firman yang berbentuk secara tertulis dan bukan lisan lagi

3) Sola Scriptura bukan berarti bahwa Gereja tidak punya otoritas apapun terhadap umat Tuhan. Yang menjadi permasalahan adalah bahwa Gereja, yang adalah mempelai Kristus, mempunyai otoritas tapi tidak sebanding dengan Firman Tuhan (Holy Scripture)yang adalah hembusan nafas Allah sendiri

4) Sola Scriptura bukanlah suatu ajaran yang menyangkal bahwa ROH KUDUS bekerja didalam GerejaNya dengan memberikan penerangan dan bimbingan.

Jadi secara positif, Sola Scriptura mengajarkan bahwa Alkitab adalah satu-satunya pedoman yang manusia perlukan untuk memperoleh keselamatan. Ini bukan berarti kita tidak boleh mempunyai pedoman lainnya, tapi melainkan bahwa setiap pedoman lainnya harus disesuaikan oleh Firman Tuhan yang adalah Alkitab. Alkitab merupakan otoritas tertinggi bagi umat Tuhan, dan apa yang tidak terdapat didalamnya tidak bisa dijadikan sebagai sesuatu yang mengikat hati nurani manusia.
For I determined not to know anything ... except Jesus Christ and Him crucified.
May 27, 2008, 10:11:25 AM
Reply #1
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1371
  • Gender: Female
thanks ya bro,dah diberkati. :happy0062: :afro:
TeGuH DaLam PenGhaRapAn,diDaLaM DIA:)
June 02, 2008, 10:50:21 AM
Reply #2
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
pertama2 saya mohon maaf, klo tulisan saya ini tidak berkenan kepada orang2 tertentu...
jika pengajaran iman Kristen harus dapat dibuktikan dari Kitab Suci, itu berarti bahwa agama Yesus Kristus tidak mempunyai kelebihan apapun dibandingkan agama Israel lama. Mengapa demikian? Sebab kalau Perjanjian Baru sendiri berbicara tentang tulisan suci atau kitab suci,
maka yang dimaksud di situ adalah kitab Perjanjian Lama (sebab tulisan-tulisan Perjanjian Baru sendiri waktu itu praktis belum ada).
Semua ajaran Kristen harus dapat dikukuhkan oleh Perjanjian Lama. Jadi, Perjanjian Baru sendiri tidak perlu atau hanya penjabaran belaka dari Perjanjian Lama, tidak lebih dari itu. Jelas hal ini tidak dapat kita terima. Perjanjian Baru jelas mengandung ajaran-ajaran yang tidak termuat dalam Perjanjian Lama. Bukankah Perjanjian Baru juga mengkoreksi dan melengkapi Perjanjian Lama?

kita juga disuruh utk menyelidiki kitab suci, spt ada tertulis
Kis 17:11 : "Mereka itu orang-orang Yahudi di Berea menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian."

dan tidak semua tentang Yesus tertulis di Alkitab (riwayat hidup dan ajarannya). Hal ini dapat kita lihat sbb :

1 Kor 15:3 "Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang [/i]telah kuterima sendiri[/i], ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci"

dimana dikatakan oleh Paulus bahwa kebenaran tentang Yesus Kristus dia terima sendiri (jelas secara lisan).

2 Tes 2:15 : "Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis."

dimana Paulus menasehati umatnya:"Berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan maupun secara tertulis."

Yoh 21:25 yang berbunyi: "masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat Yesus, tetapi jikalau semua itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak memuat semua kitab yang harus di tulis itu."

Ayat ini menunjukan bahwa tujuan penulisan injilnya bukanlah untuk mendaftar semua ajaran Kristen atau membuat daftar lengkap dari ucapan dan perbuatan Yesus. Yang dia tulis hanyalah hal- hal yang paling mendasar untuk keselamatan manusia. Hal yang sama kiranya berlaku untuk kitab- kitab Perjanjian Baru lainnya.

dan klo kita runut, kejadian sampai terciptanya kitab suci bisa saya gambarkan sbb :
Allah mempunya wahyu. Wahyu disampaikan melalui para nabi yang menyampaikan.
Allah juga bersabda melalui karya2NYA yang agung dan peristiwa2 hidup.
Jadi dengan kata (wahyu/firman) dan perbuatan Allah mewahyukan Diri-Nya, artinya Ia memperkenalkan siapakah Diri-Nya dan apakah rencana-Nya untuk keselamatan manusia. Dengan wahyu illahi ini Allah menyapa kita sebagai sahabat-Nya.
Wahyu Allah inilah yang diterima oleh sekelompok umat manusia yang kita sebut gereja (jemaat). Wahyu Allah itu bergema dan dihayati oleh Gereja dalam ibarat, ajaran dan seluruh kehidupan mereka. Klo dalam Katolik disebut Tradisi (T Besar).
jadi, Tradisi (T Besar) adalah Sabda Allah sejauh diterima dan dihayati Gereja dalam hidupnya, ajarannya dan ibaratnya. Atau dapat dikatakan juga bahwa Tradisi adalah iman Gereja terhadap Wahyu Allah/Sabda Allah.

Lama kelamaan, ketika para rasul Yesus mulai wafat satu persatu, timbul kebutuhan untuk menuliskan ajaran-ajaran yang mereka wariskan secara lisan itu, agar Gereja mempunyai pegangan. Untuk tujuan ini Roh Allah mengilihami orang-orang tertentu dalam Gereja untuk menuliskan apa yang dihayati dalam Tradisi itu dalam Alkitab.
Jadi, dalam arti tertentu, Alkitab itu adalah bagian dari Tradisi atau bentuk tertulis dari Tradisi. Tetapi berkat ilham ROH KUDUS, Alkitab mempunyai nilai istimewa sebab Allah sungguh-sungguh berkenan bersabda melalui kata-kata manusia dalam Alkitab.

Sulit membayangkan penafsiran Alkitab lepas dari Tradisi, sebab sebelum Alkitab ditulis, Sabda Allah itu sudah lebih dahulu dihayati dalam Tradisi. Sebaliknya, karena penulisan Alkitab itu ada dibawah pengaruh ROH KUDUS sendiri, maka Tradisi yang dihayati Gereja disegala jaman itu harus dikontrol dalam terang Alkitab.

Untuk sedikit mempermudah pemahaman kita tetang proses penulisan Alkitab dan kaitannya dengan Tradisi, baiklah kita ambil contoh kongkrit ini. Bagaimana garis besar terjadinya ayat-ayat Perjanjian Baru yang mewartakan bahwa Yesus Kristus adalah penyelamat dunia ? Pertama-tama Allah mewahyukan bahwa Yesus Kristus adalah juru selamat umat manusia; lalu Gereja menerima wahyu tersebut dalam iman dan menghayatinya dalam ibadat-ibadatnya, dalam ajaran-ajarannya dan dalam seluruh kehidupannya. Inilah Tradisi. Akhirnya, berkat ilham ROH KUDUS iman itu dirumuskan secara tertulis dalam ayat-ayat Alkitab. Sebagai konsekuensinya, ayat-ayat semacam itu akan dapat dipahami sepenuhnya bila ditafsirkan dalam terang Tradisi.

Tradisi (yang lisan itu) ada sebelum Alkitab. Kemudian Tradisi lisan itu dituangkan dalam bentuk tertulis oleh penulis-penulis suci yang adalah anggota Gereja. Kemudian Gereja (melalui pimpinan suci yang ditetapkan oleh Tuhan sendiri) meneguhkan mana yang adalah bagian Alkitab dan mana yang bukan. Jadi, sejauh mengenai penulisan Alkitab sendiri, Gereja ada sebelum Alkitab. Dalam arti inilah Alkitab kita sebut juga buku Gereja. Namun ini bukan berarti bahwa Gereja mengatasi atau lebih tinggi daripada Alkitab. TIDAK! Gereja tetap harus mendengarkan dan menaati Sabda Allah dalam Alkitab. Akan tetapi, seperti sudah diterangkan didepan, Gereja Yesus Kristuslah yang mendapat wewenang untuk mengajar kita bahwa kitab-kitab tertentu adalah benar-benar Sabda Allah.

tulisan ini sekaligu memberi gambaran tentang Tradisi dalam gereja Katolik..

sekali lagi mohon maaf, klo kurang berkenan..

salam damai...



June 02, 2008, 12:39:14 PM
Reply #3
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 31
  • Gender: Male
Mohon kalo mau berkomentar itu pake dasar2 dan latar alkitab yang jelas dan benar... jangan asal sebut berdasarkan hati dan pikiran kita.... setiap perikop punya masa,latar belakang, keadaan, maksud dan tujuan  penulisannya...... kalo saya liat disini hanya komentar2 yang mengutip saja dari Firman Tuhan tetapi tidak menggali sejauh mana kitab atau perikop itu ditulis........jadi asal jiplak aja....jelas2 tidak nyambung dan tidak relevan buat diperbincangkan atau disanggah.....tidak kuat....menurut saya....
Saya hanyalah seorang sederhana yang dipakai untuk memperluas dan mengharumkan nama dan Tuhan saya Yesus Kristus..... dan merubah citra nama Judas menjadi Judas yang takut dan mencintai TUHAN.... karena Judas artinya "Terpujilah TUHAN"... biarlah hidup saya bisa memuji dan menjadi pujian bagi Tuha
June 02, 2008, 12:53:34 PM
Reply #4
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
Mohon kalo mau berkomentar itu pake dasar2 dan latar alkitab yang jelas dan benar... jangan asal sebut berdasarkan hati dan pikiran kita.... setiap perikop punya masa,latar belakang, keadaan, maksud dan tujuan  penulisannya...... kalo saya liat disini hanya komentar2 yang mengutip saja dari Firman Tuhan tetapi tidak menggali sejauh mana kitab atau perikop itu ditulis........jadi asal jiplak aja....jelas2 tidak nyambung dan tidak relevan buat diperbincangkan atau disanggah.....tidak kuat....menurut saya....

krn yg mengutip kitab suci baru komentar saya, maka saya anggap ini kamu tujukan kesaya..maaf klo salah..
tapi, komentar manakah yg tidak sesuai dgn alkitab or tidak nyambung dgn topik ???
dan mohon maaf juga...agar komentar tdk ditujukan utk menjelek2an, krn akan berakhir dgn debat kusir dan saling menjelek2an spt yg sudah2...
marilah kita bertukar pengetahuan dgn doktrin masing2, tanpa ada niat utk menjatuhkan apalagi sampai menjelek2an...

salam damai
« Last Edit: June 02, 2008, 12:58:15 PM by cah_samosir »
June 02, 2008, 06:18:55 PM
Reply #5
  • FK Friend
  • FK - Senior
  • ******
  • Posts: 314
  • Gender: Male
pertama2 saya mohon maaf, klo tulisan saya ini tidak berkenan kepada orang2 tertentu...
jika pengajaran iman Kristen harus dapat dibuktikan dari Kitab Suci, itu berarti bahwa agama Yesus Kristus tidak mempunyai kelebihan apapun dibandingkan agama Israel lama. Mengapa demikian? Sebab kalau Perjanjian Baru sendiri berbicara tentang tulisan suci atau kitab suci,
maka yang dimaksud di situ adalah kitab Perjanjian Lama (sebab tulisan-tulisan Perjanjian Baru sendiri waktu itu praktis belum ada).

Sola Scriptura bicara mengenai otoritas disaat ini bukannya saat Yesus dan para rasul masih ada

Quote
Perjanjian Baru jelas mengandung ajaran-ajaran yang tidak termuat dalam Perjanjian Lama. Bukankah Perjanjian Baru juga mengkoreksi dan melengkapi Perjanjian Lama?
kita juga disuruh utk menyelidiki kitab suci, spt ada tertulis
Kis 17:11 : "Mereka itu orang-orang Yahudi di Berea menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian."

Yes, dan itulah tujuan doktrin Sola Scriptura, yaitu apapun doktrin yg dianjurkan, harus dicek lebih dulu sesuai dgn apa yg tertulis dalam kitab suci atau tidak. Itu sebabnya Kisah 17:11 memberikan contoh bgmn umat Kristen harus mengecek suatu ajaran apakah sesuai atau tidak. Jika para rasul saja ajarannya harus di cek Kitab Suci, apalagi manusia lainnya

Quote
dan tidak semua tentang Yesus tertulis di Alkitab (riwayat hidup dan ajarannya). Hal ini dapat kita lihat sbb :

1 Kor 15:3 "Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang [/i]telah kuterima sendiri[/i], ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci"

dimana dikatakan oleh Paulus bahwa kebenaran tentang Yesus Kristus dia terima sendiri (jelas secara lisan).
Dia terima secara lisan, tapi kemudian dia tuliskan dalam surat2nya yg menjadi bagian dari Perjanjian Baru. So Sola Scriptura tetap stand

Jika anda bisa kasih satu aja contoh ajaran Paulus yg tidak terdapat dalam Alkitab,silahkan berikan contohnya. Satu aja.

Quote
2 Tes 2:15 : "Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis."

dimana Paulus menasehati umatnya:"Berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan maupun secara tertulis."
Dalam arti satu Injil yg disampaikan secara berbeda (lisan dan tulisan). Apa yg Paulus katakan secara lisan juga dia sampaikan secara tertulis.

Sekali lagi, sampai saat ini, belum ada yg bisa membuktikan ajaran lisan apa yg Paulus maksud kalau memag itu berbeda dari Alkitab
 
Quote
Yoh 21:25 yang berbunyi: "masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat Yesus, tetapi jikalau semua itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak memuat semua kitab yang harus di tulis itu."

Ayat ini menunjukan bahwa tujuan penulisan injilnya bukanlah untuk mendaftar semua ajaran Kristen atau membuat daftar lengkap dari ucapan dan perbuatan Yesus. Yang dia tulis hanyalah hal- hal yang paling mendasar untuk keselamatan manusia. Hal yang sama kiranya berlaku untuk kitab- kitab Perjanjian Baru lainnya.

Apa ini pengertian anda akan Sola Scriptura?

Sola Scriptura tidak pernah mengajarkan bahwa kita mempunyai segala informasi terhadap segala sesuatu, seperti apa warna mata Yesus, Dia suka makan apa, dll.

Apa yg Sola Scriptura tekankan adalah Alkitab saja cukup utk mendidik manusia utk mengenal Allah, sebab pada naturenya Sola SCriptura adalah hembusan nafas Allah yg bersifat infallible

Segala apa yg kita perlukan itu yg Alkitab sediakan, bukannya segala sesuatu yg pernah dilakukan Yesus. Itulah tujuan Yohanes dalam menulis Injilnya



For I determined not to know anything ... except Jesus Christ and Him crucified.
June 02, 2008, 11:24:04 PM
Reply #6
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2870
  • Gender: Male
I've HanDs, BuT i Can't aLwaYs ToUcH Ur HanDs.

I've EaRs,But i Can't aLwaYs HeaR Ur vOiCe.
 
I've MouTh,BuT i Can't aLwaYs TaLk To U.
 
I've eYes,But i Can't aLwaYs LooK aT U.
 
But.. I've HEART!!
ThaT HEART aLwaYs PraY FoR U..
June 03, 2008, 08:29:47 AM
Reply #7
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
pertama2 saya mohon maaf, klo tulisan saya ini tidak berkenan kepada orang2 tertentu...
jika pengajaran iman Kristen harus dapat dibuktikan dari Kitab Suci, itu berarti bahwa agama Yesus Kristus tidak mempunyai kelebihan apapun dibandingkan agama Israel lama. Mengapa demikian? Sebab kalau Perjanjian Baru sendiri berbicara tentang tulisan suci atau kitab suci,
maka yang dimaksud di situ adalah kitab Perjanjian Lama (sebab tulisan-tulisan Perjanjian Baru sendiri waktu itu praktis belum ada).

Sola Scriptura bicara mengenai otoritas disaat ini bukannya saat Yesus dan para rasul masih ada

oh baru tau spt itu...berarti, klo SC baru efektif setelah ada kitab suci ya..sebelum ada kitab suci, menurut kamu gereja berdasarkan apa dalam melakukan kegiatan berjemaat ?? krn kan gereja ada lebih dulu baru alkitab di kanon kan...

Quote
Perjanjian Baru jelas mengandung ajaran-ajaran yang tidak termuat dalam Perjanjian Lama. Bukankah Perjanjian Baru juga mengkoreksi dan melengkapi Perjanjian Lama?
kita juga disuruh utk menyelidiki kitab suci, spt ada tertulis
Kis 17:11 : "Mereka itu orang-orang Yahudi di Berea menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian."

Yes, dan itulah tujuan doktrin Sola Scriptura, yaitu apapun doktrin yg dianjurkan, harus dicek lebih dulu sesuai dgn apa yg tertulis dalam kitab suci atau tidak. Itu sebabnya Kisah 17:11 memberikan contoh bgmn umat Kristen harus mengecek suatu ajaran apakah sesuai atau tidak. Jika para rasul saja ajarannya harus di cek Kitab Suci, apalagi manusia lainnya

tapi sayangnya, knp banyak yg marah-marah klo diberikan bukti2 sejarah yg tidak ada dialkitab, meskipun itu adalah bukti sejarah lahirnya alkitab sendiri ?? bukti2 sejarah itu kan salah satu bagian dari penyelidikan bro...bagaimana kamu ngecek tentang alkitab dari dalam alkitab itu sendiri ?? krn emg ga ada kan  :coolsmiley:

Quote
dan tidak semua tentang Yesus tertulis di Alkitab (riwayat hidup dan ajarannya). Hal ini dapat kita lihat sbb :

1 Kor 15:3 "Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang [/i]telah kuterima sendiri[/i], ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci"

dimana dikatakan oleh Paulus bahwa kebenaran tentang Yesus Kristus dia terima sendiri (jelas secara lisan).

Dia terima secara lisan, tapi kemudian dia tuliskan dalam surat2nya yg menjadi bagian dari Perjanjian Baru. So Sola Scriptura tetap stand

Jika anda bisa kasih satu aja contoh ajaran Paulus yg tidak terdapat dalam Alkitab,silahkan berikan contohnya. Satu aja.

Ada ga tertulis di Alkitab klo rasul Paulus kemudian menuliskan semua yg diterimanya secara langsung itu ??? Apa menurutmu semua kebiasaan hidup dan teladan rasul2 yg dijalanin selama mereka hidup ditulis semua dalam alkitab ???

Quote
2 Tes 2:15 : "Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis."

dimana Paulus menasehati umatnya:"Berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan maupun secara tertulis."

Dalam arti satu Injil yg disampaikan secara berbeda (lisan dan tulisan). Apa yg Paulus katakan secara lisan juga dia sampaikan secara tertulis.

Sekali lagi, sampai saat ini, belum ada yg bisa membuktikan ajaran lisan apa yg Paulus maksud kalau memag itu berbeda dari Alkitab
 

sama dgn jawaban saya diatas...

Quote
Yoh 21:25 yang berbunyi: "masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat Yesus, tetapi jikalau semua itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak memuat semua kitab yang harus di tulis itu."

Ayat ini menunjukan bahwa tujuan penulisan injilnya bukanlah untuk mendaftar semua ajaran Kristen atau membuat daftar lengkap dari ucapan dan perbuatan Yesus. Yang dia tulis hanyalah hal- hal yang paling mendasar untuk keselamatan manusia. Hal yang sama kiranya berlaku untuk kitab- kitab Perjanjian Baru lainnya.

Apa ini pengertian anda akan Sola Scriptura?
Sola Scriptura tidak pernah mengajarkan bahwa kita mempunyai segala informasi terhadap segala sesuatu, seperti apa warna mata Yesus, Dia suka makan apa, dll.

yang saya tau dari tulisan teman2 disini, segala sesuatu apapun itu harus menurut alkitab..klo kamu bilang tentang warna Yesus, Dia suka makan apa, dll...itu ga hubungannya dgn ajaran moral kali bro...yg berhubungan dgn tata cara hidup dan moril masalahnya bro...klo masalah Yesus warna matanya apa, dll...itu sdh biografi mas...ga hubungannya sama ajaran NYA

Apa yg Sola Scriptura tekankan adalah Alkitab saja cukup utk mendidik manusia utk mengenal Allah, sebab pada naturenya Sola SCriptura adalah hembusan nafas Allah yg bersifat infallible

pertanyaan saya sama dgn diatas, sebelum alkitab di kanon kan, gereja mula2 hidup berdasarkan apa ???

salam damai...
June 03, 2008, 10:14:40 AM
Reply #8
  • FK Friend
  • FK - Senior
  • ******
  • Posts: 314
  • Gender: Male
oh baru tau spt itu...berarti, klo SC baru efektif setelah ada kitab suci ya..sebelum ada kitab suci, menurut kamu gereja berdasarkan apa dalam melakukan kegiatan berjemaat ?? krn kan gereja ada lebih dulu baru alkitab di kanon kan...

Tidak, Perjanjian Lama ada lebih dulu daripada Gereja. Mengenai Perjanjian Baru, ada overlap antara Gereja dan tulisan2nya. Yg pasti smua kitab Alkitab ditulis selesai pada abad 1. Kita tidak mengukur usia Alkitab dari saat Alkitab dikanonisasi, melainkan saat Alkitab selesai ditulis.
Gereja bukannya yg menentukan Alkitab, melainkan Gereja mengenali ALkitab dan merestuinya secara formal utk dikanonisasikan.

Asumsi anda adalah seolah2 Gereja mula2 ini adalah Gereja Roma Katolik. Saya tidak menerima hal ini.

Quote
tapi sayangnya, knp banyak yg marah-marah klo diberikan bukti2 sejarah yg tidak ada dialkitab, meskipun itu adalah bukti sejarah lahirnya alkitab sendiri ?? bukti2 sejarah itu kan salah satu bagian dari penyelidikan bro...bagaimana kamu ngecek tentang alkitab dari dalam alkitab itu sendiri ?? krn emg ga ada kan  :coolsmiley:

Saya melihat anda masih belum paham akan ajaran Sola Scriptura yg sebenarnya
Protestan tidak "marah-marah" kalau ada bukti sejarah. Protestan menerima kesaksian sejarah mengenai Alkitab. Tapi menerima sejarah bukan berarti menyamakan otoritas sejarah dgn Alkitab itu sendiri. Protestan menerima kesaksian para bapa Gereja awal, dan org2 Kristen awal mengenai Alkitab, dan tidak menolak Tradisi2 yg sesuai dengan Alkitab. Tapi sejarah, tradisi dan kesaksian orang tidak bisa disamakan dgn Alkitab sebab kategorinya berbeda. Alkitab adalah unik dan merupakan satu2nya Theopneustos, (hembusan nafas Allah sendiri / inspired by God) spt yg dikatakan didalam 2 tim 3:16.

Quote
Ada ga tertulis di Alkitab klo rasul Paulus kemudian menuliskan semua yg diterimanya secara langsung itu ??? Apa menurutmu semua kebiasaan hidup dan teladan rasul2 yg dijalanin selama mereka hidup ditulis semua dalam alkitab ???

Jadi anda, yg percaya Tradisi dan Alkitab, tahu SEMUA kebiasaan hidup dan teladan para rasul??

Sekarang simple aja, anda yg berikan suatu pernyataan bahwa ada hal lain yg gereja anda terima yg berasal dari Paulus. Jadi anda yg punya burden of proof utk membuktikan pernyataan anda ini dan bukannya saya. So saya masih menunggu jawaban anda mengenai contoh2 yg anda ketahui yg berasal dari para rasul tapi tidak terdapat di Alkitab.

Quote
2 Tes 2:15 : "Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis."

dimana Paulus menasehati umatnya:"Berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan maupun secara tertulis."


Quote
yang saya tau dari tulisan teman2 disini, segala sesuatu apapun itu harus menurut alkitab..klo kamu bilang tentang warna Yesus, Dia suka makan apa, dll...itu ga hubungannya dgn ajaran moral kali bro...yg berhubungan dgn tata cara hidup dan moril masalahnya bro...klo masalah Yesus warna matanya apa, dll...itu sdh biografi mas...ga hubungannya sama ajaran NYA

Yg dimaksud teman2 disini mengenai segala sesuatu adalah mengenai pengajaran2 doktrin dan moral. Apa anda expect org2 begitu saja menerima otoritas dari gereja anda, jika tidak bisa dibuktikan dari Scripture? Jika demikian, mengapa harus terima ajaran gereja anda dan bukannya gereja Mormon atau Saksi Yehovah yg sama2 mengklaim ada Tradisi yg setara dan sejajar dgn Alkitab?
« Last Edit: June 08, 2008, 01:47:54 PM by sandpiper »
For I determined not to know anything ... except Jesus Christ and Him crucified.
June 03, 2008, 10:39:08 AM
Reply #9
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
oh baru tau spt itu...berarti, klo SC baru efektif setelah ada kitab suci ya..sebelum ada kitab suci, menurut kamu gereja berdasarkan apa dalam melakukan kegiatan berjemaat ?? krn kan gereja ada lebih dulu baru alkitab di kanon kan...

Tidak, Perjanjian Lama ada lebih dulu daripada Gereja. Mengenai Perjanjian Baru, ada overlap antara Gereja dan tulisan2nya. Yg pasti smua kitab Alkitab ditulis selesai pada abad 1. Kita tidak mengukur usia Alkitab dari saat Alkitab dikanonisasi, melainkan saat Alkitab selesai ditulis. Gereja bukannya yg menentukan Alkitab, melainkan Gereja mengenali ALkitab dan merestuinya secara formal utk dikanonisasikan.

wah, klo kamu mengatakan bukan gereja yg menentukan alkitab, saya rasa kamu perlu tau sejarah penyusunan Alkitab..kamu tau berapa ribu tulisan dulu yang harus ditentukan oleh Gereja mana yg benar2 firman mana yg bukan ???
klo bukan gereja yg menentukan, siapa dong bro ??? apakah dari ribuan tulisan itu diterima semua, tanpa ditentukan mana yg benar2 firman or ga ?? tapi, meskipun Gereja yg mengkanon alkitab bukan berarti Gereja lebih tinggi dari Alkitab, melainkan Kehidupan Gereja harus sesuai dgn Alkitab.

Asumsi anda adalah seolah2 Gereja mula2 ini adalah Gereja Roma Katolik. Saya tidak menerima hal ini.

wah..ini krn anti pati anda terhadap katolik shg anda menutup mata, bahwa gereja mula2 itu adalah gereja Katolik ??? apa ada gereja Kristen dulu sblm adanya Protestan ??? sekali lagi, itu adalah fakta sejarah bro..kita ga bisa menolaknya..


tapi sayangnya, knp banyak yg marah-marah klo diberikan bukti2 sejarah yg tidak ada dialkitab, meskipun itu adalah bukti sejarah lahirnya alkitab sendiri ?? bukti2 sejarah itu kan salah satu bagian dari penyelidikan bro...bagaimana kamu ngecek tentang alkitab dari dalam alkitab itu sendiri ?? krn emg ga ada kan  :coolsmiley:

Saya melihat anda masih belum paham akan ajaran Sola Scriptura yg sebenarnya.
justru krn itu bro, saya suka main ke FK ini...hehehehehe...kita saling bertukar pengetahuan sajalah...

Protestan tidak "marah-marah" kalau ada bukti sejarah. Protestan menerima kesaksian sejarah mengenai Alkitab. Tapi menerima sejarah bukan berarti menyamakan otoritas sejarah dgn Alkitab itu sendiri. Protestan menerima kesaksian para bapa Gereja awal, dan org2 Kristen awal mengenai Alkitab, dan tidak menolak Tradisi2 yg sesuai dengan Alkitab. Tapi sejarah, tradisi dan kesaksian orang tidak bisa disamakan dgn Alkitab sebab kategorinya berbeda. Alkitab adalah unik dan merupakan satu2nya Theopneustos, (hembusan nafas Allah sendiri / inspired by God) spt yg dikatakan didalam 2 tim 3:16.

Berarti kamu jg termasuk SC yang setuju dgn bukti2 sejarah dalam hal ini Gereja dan Alkitab dan juga adanya Tradisi (T besar)....dan saya jg setuju dgn kamu, bahwa Tradisi (T besar) yg kita terima adalah Tradisi (T besar) yang sesuai dgn Alkitab.

Quote
Ada ga tertulis di Alkitab klo rasul Paulus kemudian menuliskan semua yg diterimanya secara langsung itu ??? Apa menurutmu semua kebiasaan hidup dan teladan rasul2 yg dijalanin selama mereka hidup ditulis semua dalam alkitab ???

Jadi anda, yg percaya Tradisi dan Alkitab, tahu SEMUA kebiasaan hidup dan teladan para rasul??

Sekarang simple aja, anda yg berikan suatu pernyataan bahwa ada hal lain yg gereja anda terima yg berasal dari Paulus. Jadi anda yg punya burden of proof utk membuktikan pernyataan anda ini dan bukannya saya. So saya masih menunggu jawaban anda mengenai contoh2 yg anda ketahui yg berasal dari para rasul tapi tidak terdapat di Alkitab.

saya tidak tau bro..krn itulah saya mau menambah ilmu dgn membaca tulisan2 Gereja, Tradisi Gereja, dll..krn semua itu pasti menceritakan tentang kehidupan para Rasul dulu...
Klo masalah contoh, spt topik yg pernah saya angkat...kebiasaan gereja dalam berjemaat, trus, perkawinan, tata cara baptis, dll...ga ada yg diatur secara detail di Alkitab...tapi, ada dalam Tradisi para Rasul dulu, dan kita ikuti sampai skr...

Quote
2 Tes 2:15 : "Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis."

dimana Paulus menasehati umatnya:"Berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan maupun secara tertulis."

Quote
yang saya tau dari tulisan teman2 disini, segala sesuatu apapun itu harus menurut alkitab..klo kamu bilang tentang warna Yesus, Dia suka makan apa, dll...itu ga hubungannya dgn ajaran moral kali bro...yg berhubungan dgn tata cara hidup dan moril masalahnya bro...klo masalah Yesus warna matanya apa, dll...itu sdh biografi mas...ga hubungannya sama ajaran NYA

Yg dimaksud teman2 disini mengenai segala sesuatu adalah mengenai pengajaran2 doktrin dan moral.
Apa anda expect org2 begitu saja menerima otoritas dari gereja anda, jika tidak bisa dibuktikan dari Scripture?

tadi katanya anda jg mendukung Tradisi dan kebiasaan Gereja ??? dan satu lagi bro...janganlah beranggapan klo saya mengharapkan kamu or siapapun menerima otoritas gereja saya...ga pernah bro...disini kita hanya bertukar ilmu, ga lebih dari situ...
soal masalah anda/orang lain terima, biarlah itu urusan masing2...ga perlu disebut2 diroom ini..

Jika demikian, mengapa harus terima ajaran gereja anda dan bukannya gereja Mormon atau Saksi Yehovah yg sama2 mengklaim ada Tradisi yg setara dan sejajar dgn Alkitab?

Wah bro...tolong lah...kita diskusi dgn kepala dingin...
jgn bawa2 ajaran Marmon or Saksi Yehovah...ajaran yang saya terima dan imani adalah Ajaran Katolik..bukan yg lain...
apakah krn ajaran kita sama2 dgn iman kepada Yesus, maka saya akan mengikuti ajaran protestan ?? ga juga kan bro...so, kata2 spt itu, jgn dilontarkanlah...akan membuat jadi debat kusir...

salam damai...
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)