Author Topic: Sola Scriptura  (Read 114158 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 04, 2008, 10:52:49 AM
Reply #10
  • FK Friend
  • FK - Senior
  • ******
  • Posts: 314
  • Gender: Male
Quote
wah, klo kamu mengatakan bukan gereja yg menentukan alkitab, saya rasa kamu perlu tau sejarah penyusunan Alkitab..kamu tau berapa ribu tulisan dulu yang harus ditentukan oleh Gereja mana yg benar2 firman mana yg bukan ???
klo bukan gereja yg menentukan, siapa dong bro ??? apakah dari ribuan tulisan itu diterima semua, tanpa ditentukan mana yg benar2 firman or ga ?? tapi, meskipun Gereja yg mengkanon alkitab bukan berarti Gereja lebih tinggi dari Alkitab, melainkan Kehidupan Gereja harus sesuai dgn Alkitab.

Pertanyaan kamu sudah salah kaprah. Gereja tidak menentukan Alkitab, yg menentukan adalah yg membuat Alkitab, yaitu Allah sendiri. Tapi kamu menyalahngertikan antara siapa yg membuat (Allah) dan siapa yg mengenali (Gereja).

Sudah saya katakan sebelumnya, bhw Gereja mengkanonisasikan Alkitab sebab Ia mengenal bahwa buku2 Alkitab tersebut diterima sejak awal oleh umat Tuhan.

Gereja dari semula tidak pernah menggunakan buku2 gnostic spt Injil Barnabas atau Judas. Itu adalah rekaryasa aliran Gnostic yg jelas2 tidak serasi pengajarannya dngn iman Kristen. 
 

Quote
wah..ini krn anti pati anda terhadap katolik shg anda menutup mata, bahwa gereja mula2 itu adalah gereja Katolik ??? apa ada gereja Kristen dulu sblm adanya Protestan ??? sekali lagi, itu adalah fakta sejarah bro..kita ga bisa menolaknya..
Silahkan berikan fakta mana yg anda bilang bahwa Gereja anda adalah gereja mula2?

Dan saya tidak pernah berkata bahwa Gereja mula2 adalah aliran Protestan. Yg saya tekankan adalah Gereja mula2 mempunyai ciri2 khas sendiri yg berbeda dgn gereja Roma Katolik maupun Protestan

Misalnya mengenai doktrin Ekaristi, ada yg mempercayai doktrin yg mirip dgn gereja anda, ada juga yg percayai spt yg Protestan ajarkan. Gereja mula2 juga mempunyai tradisi2 yg baik Gereja anda maupun Protestan tidak ikuti lagi.

Dan kalau anda tetap besikeras bahwa gereja anda adalah gereja mula2, silahkan berikan bukti bahwa segala sesuatu yg gereja ajarkan juga dipercayai dan diterima oleh gereja mula2. Hal ini tidak bisa anda buktikan, sebab gereja mula2 tidak percaya adanya dogma Maria diangkat ke surga, tidak percaya dogma papal infallibility, tidak percaya adanya purgatory, dll




Quote
Berarti kamu jg termasuk SC yang setuju dgn bukti2 sejarah dalam hal ini Gereja dan Alkitab dan juga adanya Tradisi (T besar)....dan saya jg setuju dgn kamu, bahwa Tradisi (T besar) yg kita terima adalah Tradisi (T besar) yang sesuai dgn Alkitab.

Saya tidak bilang bahwa ada suatu Tradisi (T besar) yg berbeda dgn Alkitab. Tradisi buat Protestan adalah sekedar tradisi (T kecil), tapi belum tentu harus ditolak, melainkan bisa diterima asalkan harus sesuai dgn Alkitab. Kalau ada tradisi yg sudah dilakukan berabad2, belum tentu tradisi / Tradisi itu benar. Kita tidak bisa menerima begitu saja tanpa mengacu kepada Alkitab mengenai buktinya.

Quote
Jadi anda, yg percaya Tradisi dan Alkitab, tahu SEMUA kebiasaan hidup dan teladan para rasul??

Sekarang simple aja, anda yg berikan suatu pernyataan bahwa ada hal lain yg gereja anda terima yg berasal dari Paulus. Jadi anda yg punya burden of proof utk membuktikan pernyataan anda ini dan bukannya saya. So saya masih menunggu jawaban anda mengenai contoh2 yg anda ketahui yg berasal dari para rasul tapi tidak terdapat di Alkitab.

saya tidak tau bro..krn itulah saya mau menambah ilmu dgn membaca tulisan2 Gereja, Tradisi Gereja, dll..krn semua itu pasti menceritakan tentang kehidupan para Rasul dulu...
Klo masalah contoh, spt topik yg pernah saya angkat...kebiasaan gereja dalam berjemaat, trus, perkawinan, tata cara baptis, dll...ga ada yg diatur secara detail di Alkitab...tapi, ada dalam Tradisi para Rasul dulu, dan kita ikuti sampai skr...

Kalau anda tidak tahu apa contohnya, lalu bagaimana anda bisa punya keyakinan bahwa Tradisi gereja anda adalah sesuai dgn ajaran para rasul? Itu berarti bukankah anda hanya menerima apa saja yg Gereja anda katakan tanpa melihat / mengetahui buktinya?

Contoh kebiasaan2 gerejapun tidak berasal dari para rasul, setidaknya tidak bisa dibuktikan demikian. Kita juga temukan banyak tata cara gereja mula2 yg sekarang sudah tidak diikuti lagi.

Itulah kegunaan Sola Scriptura, kita tidak menerima suatu ajaran iman dan moral hanya karena ada yg berkata bahwa ajaran ini adalah benar. Kita harus mengeceknya dgn apa yg ditulis diAlkitab

Quote
tadi katanya anda jg mendukung Tradisi dan kebiasaan Gereja ???
Ajaran Gereja anda adalah HARUS menerima Tradisi,
Ajaran Sola Scriptura adalah TIDAK HARUS menerima tradisi / Tradisi.
Semoga paham perbedaannya kali ini


Quote
Wah bro...tolong lah...kita diskusi dgn kepala dingin...
jgn bawa2 ajaran Marmon or Saksi Yehovah...ajaran yang saya terima dan imani adalah Ajaran Katolik..bukan yg lain...
apakah krn ajaran kita sama2 dgn iman kepada Yesus, maka saya akan mengikuti ajaran protestan ?? ga juga kan bro...so, kata2 spt itu, jgn dilontarkanlah...akan membuat jadi debat kusir...
salam damai...


Dalam membahas suatu topik spt ini, ada kalanya seseorang memberikan suatu argument utk menunjukkan ketidak konsistenan orang lainnya. Dan itu yg sedang saya perbuat, jadi ini bukan personal dan harap mengerti.

Saya berikan contoh mormon dalam maksud ada kesamaan antara klaim mereka utk mengikuti adanya hal lain yg sejajar dgn Alkitab, dgn klaim adanya Tradisi yg sejajar dgn Alkitab.
« Last Edit: June 08, 2008, 01:50:04 PM by sandpiper »
For I determined not to know anything ... except Jesus Christ and Him crucified.
June 04, 2008, 11:49:00 AM
Reply #11
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
wah, klo kamu mengatakan bukan gereja yg menentukan alkitab, saya rasa kamu perlu tau sejarah penyusunan Alkitab..kamu tau berapa ribu tulisan dulu yang harus ditentukan oleh Gereja mana yg benar2 firman mana yg bukan ???
klo bukan gereja yg menentukan, siapa dong bro ??? apakah dari ribuan tulisan itu diterima semua, tanpa ditentukan mana yg benar2 firman or ga ?? tapi, meskipun Gereja yg mengkanon alkitab bukan berarti Gereja lebih tinggi dari Alkitab, melainkan Kehidupan Gereja harus sesuai dgn Alkitab.

Pertanyaan kamu sudah salah kaprah. Gereja tidak menentukan Alkitab, yg menentukan adalah yg membuat Alkitab, yaitu Allah sendiri. Tapi kamu menyalahngertikan antara siapa yg membuat (Allah) dan siapa yg mengenali (Gereja).

iya bro, saya tau, Allah yg menentukan Alkitab...tapi dalam hal ini melalui Gereja yg dinaungi oleh ROH KUDUS...jadi bukan Allah turun ke bumi utk menentukan Alkitab, tapi dgn perantaraan Gereja dlm naungan ROH KUDUS...

Sudah saya katakan sebelumnya, bhw Gereja mengkanonisasikan Alkitab sebab Ia mengenal bahwa buku2 Alkitab tersebut diterima sejak awal oleh umat Tuhan.

dan spt yg saya katakan juga diatas, ada ribuan buku yg diklaim umat Tuhan sbg injil, tapi Gerejalah akhirnya yg mengkanonkan (tentu dgn bimbingan ROH KUDUS bro)..

wah..ini krn anti pati anda terhadap katolik shg anda menutup mata, bahwa gereja mula2 itu adalah gereja Katolik ??? apa ada gereja Kristen dulu sblm adanya Protestan ??? sekali lagi, itu adalah fakta sejarah bro..kita ga bisa menolaknya..

Silahkan berikan fakta mana yg anda bilang bahwa Gereja anda adalah gereja mula2?

bro, gereja katolik berdiri sejak Petrus diberi kuasa....”Sebab itu ketahuilah, engkau Petrus, batu yang kuat. Dan diatas alas batu inilah aku akan membangun jemaat-Ku, yang tidak dapat dikalahkan: sekalipun oleh maut!”, dan disinilah Gereja Katolik (Universal), gereja pertama yg didirikan Yesus diatas Petrus berdiri.
dan klo dari sejarah, saya bisa tuliskan sedikit disini :

Tidak satu barispun dari kitab-kitab Perjanjian Baru dituliskan sampai setidaknya 10 tahun setelah wafatnya Kristus. Yesus disalibkan pada tahun 33 dan kitab Perjanjian Baru yang pertama ditulis yaitu surat 1 Tesalonika baru ditulis sekitar tahun 50 Masehi. Sedangkan kitab terakhir yang ditulis yaitu kitab Wahyu Yohanes pada sekitar 90-100 Masehi.
[Jadi anda bisa melihat kesimpulan penting disini:
Gereja Katolik dan iman Katolik sudah ada sebelum Alkitab dijadikan. Beribu-ribu orangbertobat menjadi Kristen melalui khotbah para Rasul dan missionaris di berbagai wilayah, dan mereka percaya kepada kebenaran Ilahi seperti kita percaya sekarang, dan bahkan menjadi orang-orang kudus tanpa pernah melihat ataupun membaca satu kalimatpun dari kitab Perjanjian Baru. Ini karena alasan yang sederhana yaitu bahwa pada waktu itu Alkitab seperti yang kita kenal, belum ada.
Jadi, bagaimanakah mereka menjadi Kristen tanpa pernah melihat Alkitab? Yaitu dengan cara yang sama orang non-Kristen menjadi Kristen pada masa kini, yaitu dengan mendengar Firman Allah dari mulut para misionaris.

Dan saya tidak pernah berkata bahwa Gereja mula2 adalah aliran Protestan. Yg saya tekankan adalah Gereja mula2 mempunyai ciri2 khas sendiri yg berbeda dgn gereja Roma Katolik maupun Protestan

skr gantian saya yg minta bukti kepada Anda, apa ada gereja mula2 sblm Yesus memberi kuasa kepada Petrus ???

Misalnya mengenai doktrin Ekaristi, ada yg mempercayai doktrin yg mirip dgn gereja anda, ada juga yg percayai spt yg Protestan ajarkan. Gereja mula2 juga mempunyai tradisi2 yg baik Gereja anda maupun Protestan tidak ikuti lagi.

klo pun ada gereja lain yg mempercayai doktrin ekaristi spt katolik atau tidak, bukan masalah bagi katolik, krn yg pasti yg pertama sekali mempunyai doktrin itu adalah katolik...klo yg lain mau ikut, terserah, mau ga percaya jg terserah...

Dan kalau anda tetap besikeras bahwa gereja anda adalah gereja mula2, silahkan berikan bukti bahwa segala sesuatu yg gereja ajarkan juga dipercayai dan diterima oleh gereja mula2.

sudah saya jwb diatas...

Hal ini tidak bisa anda buktikan, sebab gereja mula2 tidak percaya adanya dogma Maria diangkat ke surga, tidak percaya dogma papal infallibility, tidak percaya adanya purgatory, dll

dogma maria, papa infallibility, purgatory, ada dikatolik berdasarkan hasil penyelidikan alkitab bro...dan itu adalah hak gereja utk mengerluarkan doktrin dalam kehidupan gereja...

Quote
Berarti kamu jg termasuk SC yang setuju dgn bukti2 sejarah dalam hal ini Gereja dan Alkitab dan juga adanya Tradisi (T besar)....dan saya jg setuju dgn kamu, bahwa Tradisi (T besar) yg kita terima adalah Tradisi (T besar) yang sesuai dgn Alkitab.

Saya tidak bilang bahwa ada suatu Tradisi (T besar) yg berbeda dgn Alkitab. Tradisi buat Protestan adalah sekedar tradisi (T kecil), tapi belum tentu harus ditolak, melainkan bisa diterima asalkan harus sesuai dgn Alkitab. Kalau ada tradisi yg sudah dilakukan berabad2, belum tentu tradisi / Tradisi itu benar. Kita tidak bisa menerima begitu saja tanpa mengacu kepada Alkitab mengenai buktinya.

saya tidak salahkan bro, klo diprotestan ada yg menerima or menolak, yg menerima itu tetap dalam komunitas, yg menolak membuat tradisi (t kecil) baru, maaf klo kurang berkenan....beda dgn di Katolik, klo gereja sdh mengatakan Tradisi (T besar) adalah diterima, maka semua menerima...dan jg bro, semua yg ditentukan Gereja adalah baik, krn hasil dari penyelidikan Alkitab dan kebiasaan hidup para rasul..

Jadi anda, yg percaya Tradisi dan Alkitab, tahu SEMUA kebiasaan hidup dan teladan para rasul??

kalo Gereja mengatakan begitu, maka saya terima bro...saya ga mau murtad dgn gereja saya..

Sekarang simple aja, anda yg berikan suatu pernyataan bahwa ada hal lain yg gereja anda terima yg berasal dari Paulus. Jadi anda yg punya burden of proof utk membuktikan pernyataan anda ini dan bukannya saya. So saya masih menunggu jawaban anda mengenai contoh2 yg anda ketahui yg berasal dari para rasul tapi tidak terdapat di Alkitab.

kan buktinya sdh kamu sendiri yg nyatakan diatas, spt dogma maria, purgatory, dll..
bukti spt apa lagi yg anda inginkan ???

Quote
saya tidak tau bro..krn itulah saya mau menambah ilmu dgn membaca tulisan2 Gereja, Tradisi Gereja, dll..krn semua itu pasti menceritakan tentang kehidupan para Rasul dulu...
Klo masalah contoh, spt topik yg pernah saya angkat...kebiasaan gereja dalam berjemaat, trus, perkawinan, tata cara baptis, dll...ga ada yg diatur secara detail di Alkitab...tapi, ada dalam Tradisi para Rasul dulu, dan kita ikuti sampai skr...

Kalau anda tidak tahu apa contohnya, lalu bagaimana anda bisa punya keyakinan bahwa Tradisi gereja anda adalah sesuai dgn ajaran para rasul? Itu berarti bukankah anda hanya menerima apa saja yg Gereja anda katakan tanpa melihat / mengetahui buktinya?

yg saya tidak tau bro, kehidupan para rasul dulunya..krn saya ga hidup di jaman itu...tapi klo gereja sdh menyediakan diri utk menyelidiki dan mengajarkan kepada saya, maka saya terima..

Contoh kebiasaan2 gerejapun tidak berasal dari para rasul, setidaknya tidak bisa dibuktikan demikian. Kita juga temukan banyak tata cara gereja mula2 yg sekarang sudah tidak diikuti lagi.

kebiasaan2 gereja yg mana nih bro ??? spt tata cara ibadah ??? or ajaran gereja ??? or tindak tanduk gereja terhadap umat ??? klo yg berhubungan dgn moril bro, tindak tanduk gereja sdh sama dgn para rasul...

Itulah kegunaan Sola Scriptura, kita tidak menerima suatu ajaran iman dan moral hanya karena ada yg berkata bahwa ajaran ini adalah benar. Kita harus mengeceknya dgn apa yg ditulis diAlkitab

itulah salah satu bedanya lagi antara katolik dan protestan..umat katolik percaya Gereja akan mengajari umat dgn tidak tanpa sesat, krn emg Gereja dinaungi ROH KUDUS dan percaya kepada janji Allah sendiri akan menyertai sampai akhir jama dan alam mau tidak akan menguasainya...makanya saya dgn bangga (maaf klo tidak berkenan) bisa sbg jemaat katolik yg sdh lebih 2000 thn berdiri tanpa ada perpecahan....

Quote
tadi katanya anda jg mendukung Tradisi dan kebiasaan Gereja ???

Ajaran Gereja anda adalah HARUS menerima Tradisi,
Ajaran Sola Scriptura adalah TIDAK HARUS menerima tradisi / Tradisi.
Semoga paham perbedaannya kali ini

saya paham ko itu...cuma yg pasti, SC juga bukan hanya dari Alkitab saja pedomannya...

Quote
Wah bro...tolong lah...kita diskusi dgn kepala dingin...
jgn bawa2 ajaran Marmon or Saksi Yehovah...ajaran yang saya terima dan imani adalah Ajaran Katolik..bukan yg lain...
apakah krn ajaran kita sama2 dgn iman kepada Yesus, maka saya akan mengikuti ajaran protestan ?? ga juga kan bro...so, kata2 spt itu, jgn dilontarkanlah...akan membuat jadi debat kusir...
salam damai...


Dalam membahas suatu topik spt ini, ada kalanya seseorang memberikan suatu argument utk menunjukkan ketidak konsistenan orang lainnya. Dan itu yg sedang saya perbuat, jadi ini bukan personal dan harap mengerti.

saya rasa, saya konsisten dari awal...ga tau deh anda...tapi saya tidak akan pernah mau menjatuhkanmu krn itu...harap mengerti itu...

Saya berikan contoh mormon dalam maksud ada kesamaan antara klaim mereka utk mengikuti adanya hal lain yg sejajar dgn Alkitab, dgn klaim adanya Tradisi yg sejajar dgn Alkitab.

konsili Jamnia, yang dilaksanakan di Palestian skt thn 100 M, yang adalah konsili para imam Yahudi, yg menghasilkan kanon Alkitab yg anda pakai skr...knp anda ga ikut agama meraka saja ??? no offense...ga ada gunanya saling spt ini....

salam damai...
June 04, 2008, 01:50:56 PM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3136
Maaf nyela dikit, SC tuh apaan sih?

Tengkyu yaq... :mad0261:
mau mau, engga engga, jangan mau yang engga engga
June 04, 2008, 01:59:28 PM
Reply #13
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
Maaf nyela dikit, SC tuh apaan sih?

Tengkyu yaq... :mad0261:

upss...maaf bro, salah pencet......harusnya SS = Sola Scriptura

salam damai...
June 04, 2008, 03:27:36 PM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3136
Tengkyu bro Cah_Samosir...

Kembali ke topik SS, sodara percaya bahwasanya percaya Alkitab saja (yang tertulis dalam Alkitab) tidak cukup, tetapi diperlengkapi juga dengan Tradisi dan Magisterium Gereja.
Kalo boleh tau, siapa orang dibalik Tradisi / Magisterium Gereja itu, dan mengapa belio kudu dipercaya?
Tenkyu bro Cah... :happy0062:
mau mau, engga engga, jangan mau yang engga engga
June 04, 2008, 03:39:50 PM
Reply #15
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
Tengkyu bro Cah_Samosir...

Kembali ke topik SS, sodara percaya bahwasanya percaya Alkitab saja (yang tertulis dalam Alkitab) tidak cukup, tetapi diperlengkapi juga dengan Tradisi dan Magisterium Gereja.
Kalo boleh tau, siapa orang dibalik Tradisi / Magisterium Gereja itu, dan mengapa belio kudu dipercaya?
Tenkyu bro Cah... :happy0062:

bukan orang bro...tapi Gereja Katolik...
Gereja Katolik dipimpin oleh Paus, dan dibantu oleh banyak imam...

salam damai.
June 04, 2008, 04:06:19 PM
Reply #16
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 248
  • Gender: Male
    • The Methuselah Factor
Bro Cah Sam...

Nanya nih... apakah pernah terjadi tradisi bertentangan dengan Alkitab?

BTW: magisterium itu definisinya apa ya?

Cheers 
Methuselah, oldest man on earth. Lived for 969 years, dead for more than 5.000 years... and still counting
-
http://paultuanakotta.blogspot.com
June 05, 2008, 09:06:25 AM
Reply #17
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
Bro Cah Sam...

Nanya nih... apakah pernah terjadi tradisi bertentangan dengan Alkitab?

Tradisi tidak pernah bertentangan dgn Alkitab..

BTW: magisterium itu definisinya apa ya?
Cheers 
saya akan coba menjelaskan dgn singkat saja ya....ilmuku dangkal soalnya...

magisterium adalah Kuasa/Wewenang Mengajar Gereja.
Kuasa ini diberikan kepada pimpinan suci gereja; dalam hal ini di gereja Katolik, diberikan kepada Paus.pimpinan gereja inilah yg mampunya kuasa mengajar. Mereka itulah yang mendapat bimbingan khusus dari ROH KUDUS untuk [/color=blue]memelihara dan menafsir Sabda Allah secara benar.[/color]

Mengapa diperlukan Magisterium?

Alkitab itu bukanlah suatu buku yang mudah. Sebaliknyalah, harus kita akui bahwa sering sekali kita frustasi karena kita tidak mampu memahami perikop atau ayat-ayat tertentu. Banyak sekali ayat yang ditulis ribuan tahun yang lalu tidak dapat kita pahami lagi. Jarak yang memisahkan kita dari dunia Alkitab terlalu jauh.
Tetapi bahkan pada jaman rasul sendiripun ada kesukaran semacam itu. Surat-surat Paulus, misalnya, dianggap sukar, seperti tertulis dalam 2 Ptr 3:16:
    "Dalam surat-suratnya (Paulus) itu adalah hal-hal yang sukar dipahami, sehingga orang-
     orang yang tidak memahaminya dan yang tidak teguh imannya, memutarbalikannya menjadi
     kebinasaan mereka sendiri, sama seperti yang juga mereka buat dengan tulisan-tulisan
     yang lain."

Justru karena kesukaran inilah maka dalam surat yang sama kita temukan nasehat ini:
"Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam kitab suci tidak boleh di-tafsirkan menurut kehendak sendiri, sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan ROH KUDUS orang-orang berbicara atas nama Allah". (2 Ptr 1:20-21)

Jadi menafsir Alkitab itu tidak boleh seenaknya. Hal itu bisa mendatangkan kebinasaan bagi diri sendiri (2 Ptr 3:16). Sayang, pada kenyataannya, satu bab yang sama atau bahkan satu ayat yang sama dapat ditafsirkan secara berbeda-beda, bahkan kadang-kadang secara bertentangan.
Orang yang satu bisa merasa terdorong oleh ROH KUDUS untuk menafsirkan ayat tertentu secara demikian. Sedang orang lain yang sama-sama merasa terdorong oleh ROH KUDUS mempunyai tafsiran yang bertentangan atas ayat yang sama itu.
Contoh lain, orang yang satu menganggap Sabda Yesus, "Ambillah, makanlah, inilah Tubuh-Ku" (Mat 26:26), sebagai bahasa lambang belaka, sedang orang lain berpendapat bahwa ucapan itu mesti diartikan apa adanya, artinya bahwa Yesus menjanjikan kehadiran-Nya secara nyata dalam rupa roti dan anggur.
Contoh lain lagi, sesudah kebangkitan-Nya Yesus bersabda kepada para rasul, "Terimalah ROH KUDUS. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada" (Yoh 20:23). Ada orang yang menafsirkan ucapan itu sebagai mandat kepada para rasul saja, sedang orang lain menganggap bahwa mandat itu diberikan kepada para rasul dan kepada semua pengganti mereka disepanjang jaman.

Kalau begitu siapakah yang benar? Terpecah-belahkah ROH KUDUS yang mengilhami para penafsir tersebut ataukah semua tafsiran tersebut benar? Tentunya tidak demikian. Kalau begitu, bagaimana kita bisa mengetahui penafsiran yang benar? Bagaimana kita bisa mengatakan bahwa ayat tertentu itu mengandung arti simbolis atau kiasan belaka dan bukan arti harafiahnya?
Kapan kita bisa mengatakan bahwa suatu perintah Yesus hanya berlaku untuk para rasul-Nya saja dua ribu tahun yang lalu. Dan kapan perintah-Nya itu berlaku untuk semua pengikut-Nya disegala tempat daan jaman? Disinilah letak masalahnya.

Gereka Katolik percaya bahwa kuasa menafsir Alkitab secara resmi dan benar ada ditangan Magisterium dengan pendasaran sebagai berikut.

Sabda Allah itu perlu diteruskan dengan setia kepada umat manusia di segala tempat dan di segala jaman. Oleh karena itu diperlukan Gereja Kristus untuk menjaga harta iman. Untuk tujuan inilah maka ada pimpinan suci dalam Gereja. Pimpinan Gereja inilah yang mempunyai Kuasa Mengajar yang disebut Magisterium. Mereka itulah yang mendapat bimbingan khusus dari ROH KUDUS untuk memelihara dan menafsir Sabda Allah secara benar.

begitulah kira2 tentang Magisterium...mudah2an bisa memberi pencerahan...

salam damai...



June 05, 2008, 09:54:42 AM
Reply #18
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 248
  • Gender: Male
    • The Methuselah Factor
Bro Cah Sam...

Nanya nih... apakah pernah terjadi tradisi bertentangan dengan Alkitab?

Tradisi tidak pernah bertentangan dgn Alkitab..

OK. Jadi semua tradisi harus diuji oleh Alkitab ya?

BTW: magisterium itu definisinya apa ya?
Cheers 

magisterium adalah Kuasa/Wewenang Mengajar Gereja.
Kuasa ini diberikan kepada pimpinan suci gereja; dalam hal ini di gereja Katolik, diberikan kepada Paus.pimpinan gereja inilah yg mampunya kuasa mengajar. Mereka itulah yang mendapat bimbingan khusus dari ROH KUDUS untuk [/color=blue]memelihara dan menafsir Sabda Allah secara benar.[/color]
...

Thanks buat pencerahannya Bro Cah..
Terus terang saya jadi lebih mengerti, walaupun belum sempurna, mengenai paradigma Roma Katolik.

Cheers
Methuselah, oldest man on earth. Lived for 969 years, dead for more than 5.000 years... and still counting
-
http://paultuanakotta.blogspot.com
June 05, 2008, 10:13:13 AM
Reply #19
  • FK Friend
  • FK - Senior
  • ******
  • Posts: 314
  • Gender: Male
iya bro, saya tau, Allah yg menentukan Alkitab...tapi dalam hal ini melalui Gereja yg dinaungi oleh ROH KUDUS...jadi bukan Allah turun ke bumi utk menentukan Alkitab, tapi dgn perantaraan Gereja dlm naungan ROH KUDUS...
Gereja memang diberikan special revelation utk mengenali firmanNya, tapi ingat, itu bukan berarti lalu Gereja bisa disamakan oleh FirmanNya. FirmanNya adalah tidak bisa salah dan tidak akan salah. Sedangkan dalam sejarah, kita bisa lihat berapa banyak Gereja melakukan kesalahan.

dan spt yg saya katakan juga diatas, ada ribuan buku yg diklaim umat Tuhan sbg injil, tapi Gerejalah akhirnya yg mengkanonkan (tentu dgn bimbingan ROH KUDUS bro)..
Ribuan buku yg mana yg kamu maksud? Itu adalah suatu jumlah yg tidak masuk akal. Dari semula umat Tuhan sudah tahu yg mana yg merupakan buku2 bagian dari Alkitab. Walaupun ada pengecualian sedikit (misalnya buku Wahyu), mayoritas buku2 PB semuanya telah diterima oleh umat Allah jauh sebelum Gereja mengkanonisasikannya.

BTW, kamu tahu kapan Gereja Roma Katolik secara resmi mengkanonisasikan Alkitab?

bro, gereja katolik berdiri sejak Petrus diberi kuasa....”Sebab itu ketahuilah, engkau Petrus, batu yang kuat. Dan diatas alas batu inilah aku akan membangun jemaat-Ku, yang tidak dapat dikalahkan: sekalipun oleh maut!”, dan disinilah Gereja Katolik (Universal), gereja pertama yg didirikan Yesus diatas Petrus berdiri.
Apa yg dimaksud dgn Batu? Itu sudah dibahas ditopik sebelah, yaitu mengenai pengakuan iman Petrus dan bukan Petrusnya

Walaupun misalnya memang Yesus bermaksud batu itu adalah diri Petrus, lalu apa hubungannya dgn Paus dan Gereja Roma Katolik? Apa yg Yesus katakana adalah hanya buat Petrus dan bukan buat Paus2

Quote
dan klo dari sejarah, saya bisa tuliskan sedikit disini :

Tidak satu barispun dari kitab-kitab Perjanjian Baru dituliskan sampai setidaknya 10 tahun setelah wafatnya Kristus. Yesus disalibkan pada tahun 33 dan kitab Perjanjian Baru yang pertama ditulis yaitu surat 1 Tesalonika baru ditulis sekitar tahun 50 Masehi. Sedangkan kitab terakhir yang ditulis yaitu kitab Wahyu Yohanes pada sekitar 90-100 Masehi.
[Jadi anda bisa melihat kesimpulan penting disini:
Gereja Katolik dan iman Katolik sudah ada sebelum Alkitab dijadikan.

Saya percaya gereja awal mula2 adalah Gereja Katolik

Tapi Apa yg dimaksud dengan Katolik? Bukan Roma Katolik

 Katolik berarti Universal. Itu diimani oleh semua gereja Protestan dan Orthodox. Tapi obviously, Katolik bukan berarti Roma Katolik, sebab kalau iya maka kami semua udah ikut Gereja anda.

Makanya saya selalu membedakan Gereja anda dgn sebutan ROMA Katolik.
Mengenai apakah Gereja sudah ada sebelum Alkitab, sudah saya berikan jawaban sebelumnya bahwa ada suatu overlap antara proses Alkitab selesai semua (dari Kejadian sampai Wahyu) dengan terbentuknya Gereja awal. Walaupun Gereja ada sebelum beberapa kitab Alkitab ditulis, itu bukan berarti bahwa Gereja menentukan atau melahirkan atau lebih tinggi posisinya dari  Alkitab


Quote
Beribu-ribu orangbertobat menjadi Kristen melalui khotbah para Rasul dan missionaris di berbagai wilayah, dan mereka percaya kepada kebenaran Ilahi seperti kita percaya sekarang, dan bahkan menjadi orang-orang kudus tanpa pernah melihat ataupun membaca satu kalimatpun dari kitab Perjanjian Baru. Ini karena alasan yang sederhana yaitu bahwa pada waktu itu Alkitab seperti yang kita kenal, belum ada.
Jadi, bagaimanakah mereka menjadi Kristen tanpa pernah melihat Alkitab? Yaitu dengan cara yang sama orang non-Kristen menjadi Kristen pada masa kini, yaitu dengan mendengar Firman Allah dari mulut para misionaris.

Sudah saya bahas sebelumnya, bahwa pada jaman para rasul, pewahyuan Alkitab masih belum lengkap sepenuhnya. Pas rasul Yohanes menulis Wahyu, baru Alkitab seluruhnya tertulis. Para rasul masih hidup dan apa yg mereka ajarkan itu yg kemudian mereka tuangkan kedalam Alkitab yg kemudian adalah satu2nya otoritas infallible bagi Gereja setelah kematian mereka


skr gantian saya yg minta bukti kepada Anda, apa ada gereja mula2 sblm Yesus memberi kuasa kepada Petrus ???
Yesus tidak hanya memberikan kuasa pada Petrus melainkan kepada seluruh para rasul utk mendirikan gerejaNya.

Jadi ketika Yesus berkata bahwa gerejaNya akan didirikan diatas batu, Ia bermaksud diatas pengakuan iman kita bahwa Dia adalah Mesias dan Anak Allah. Pengakuan inilah yg menyebabkan Gereja ada, sebab pengakuan ini meninggikan namaNya. Kita tidak melihat sama sekali konsep kepausan diayat ini.

Apakah ada apa yg namanya jabatan Paus atau konsepnya diAlkitab? Tidak ada.

Lihat dan baca 1 Kor 12:28:
Quote
Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh.


Lihat apa ada konsep papacy diayat ini? Mengapa jika jabatan Paus itu ada kita tidak menemukannya didalam tulisan Paulus, yg dalam konteksnya sedang membahas jabatan2 penting Gereja?

Quote
klo pun ada gereja lain yg mempercayai doktrin ekaristi spt katolik atau tidak, bukan masalah bagi katolik, krn yg pasti yg pertama sekali mempunyai doktrin itu adalah katolik...klo yg lain mau ikut, terserah, mau ga percaya jg terserah...
Tapi masalahnya justru gereja anda mengajarkan bahwa siapapun yg menolak doktrin ini adalah patut diberikan kutukan (anathema) dan kehilangan keselamatan.


 
Quote
sudah saya jwb diatas...
Jawaban yg mana?

dogma maria, papa infallibility, purgatory, ada dikatolik berdasarkan hasil penyelidikan alkitab bro...dan itu adalah hak gereja utk mengerluarkan doktrin dalam kehidupan gereja...
Anda dan gereja anda mau percaya dogma2 tsb terserah anda dan gereja anda, tapi jgn berkata dan mengajarkan bahwa mereka yg tidak percaya akan papal infallibility atau immaculate conception akan terkena anathema dan kehilangan keselamatan.

Lagi pula jika ada ayat yg mendukung doktrin papal infallibility, atau doktrin Immaculate conception atau bodily assumption, silahkan berikan ayat nya.

Quote
saya tidak salahkan bro, klo diprotestan ada yg menerima or menolak, yg menerima itu tetap dalam komunitas, yg menolak membuat tradisi (t kecil) baru, maaf klo kurang berkenan....beda dgn di Katolik, klo gereja sdh mengatakan Tradisi (T besar) adalah diterima, maka semua menerima...dan jg bro, semua yg ditentukan Gereja adalah baik, krn hasil dari penyelidikan Alkitab dan kebiasaan hidup para rasul..
Itu adalah pernyataan anda selama ini, tapi saya bicara fakta dan bukti. Saya minta dari anda dan anda belum bisa berikan

Quote
kalo Gereja mengatakan begitu, maka saya terima bro...saya ga mau murtad dgn gereja saya..
Jadi anda percaya apapun yg Gereja anda katakana? Tanpa sungguh2 mempelajari spt org2 diBerea dgn menyelidiki Kitab Suci apakah benar ajaran2 tsb?

Ini membuktikan adanya konsep sola ecclesia (the church alone). Apapun yg Gereja katakan pasti benar dan tidak mungkin salah. Lebih baik sola scriptura daripada sola ecclesia.

Quote
kan buktinya sdh kamu sendiri yg nyatakan diatas, spt dogma maria, purgatory, dll..
bukti spt apa lagi yg anda inginkan ???
Maksud saya berikan bukti darimana ada dalam Alkitab / Gereja mula2 bahwa doktrin ini dipercayai sebagai ajaran para rasul.

Quote
yg saya tidak tau bro, kehidupan para rasul dulunya..krn saya ga hidup di jaman itu...tapi klo gereja sdh menyediakan diri utk menyelidiki dan mengajarkan kepada saya, maka saya terima..
Tapi dgn demikian anda mempercayai saja apa yg gereja anda katakan tanpa menyelidiki Alkitab apakah ajarannya sesuai atau tidak. Apakah ini sesuatu yg bisa diandalkan anda? Ada banyak buku2 sejarah Gereja yg bisa anda baca, atau anda bisa ke ccel.org utk baca mengenai sejarah gereja

Quote
kebiasaan2 gereja yg mana nih bro ??? spt tata cara ibadah ??? or ajaran gereja ??? or tindak tanduk gereja terhadap umat ??? klo yg berhubungan dgn moril bro, tindak tanduk gereja sdh sama dgn para rasul...
Saya sedang membahas pernyataan kamu yg berkata bahwa ajaran Gereja mengenai tradisi / Tradisi tidak berubah dari dulu. Itu adalah tidak tepat, sebab misalnya, sekarang dalam perayaan Ekaristi di Gereja anda, anda tidak usah minum anggur dan hanya boleh makan roti. Tapi awalnya dulu, semua orang harus memakan dan minum roti dan anggur. 

Saya anjurkan anda membaca juga sejarah hidup para Paus, bagaimana kehidupan moral dari sebagian paus itu.

Quote
itulah salah satu bedanya lagi antara katolik dan protestan..umat katolik percaya Gereja akan mengajari umat dgn tidak tanpa sesat, krn emg Gereja dinaungi ROH KUDUS dan percaya kepada janji Allah sendiri akan menyertai sampai akhir jama dan alam mau tidak akan menguasainya...makanya saya dgn bangga (maaf klo tidak berkenan) bisa sbg jemaat katolik yg sdh lebih 2000 thn berdiri tanpa ada perpecahan....
Sekali lagi, Gereja awal bukanlah Gereja Katolik Roma, melainkan gereja yg mempunyai ciri2 khas sendiri.  Anda tidak bisa berasumsi bahwa Gereja anda sudah ada sejak awal, sebab sampai sekarang kamu belum bisa berikan bukti fakta sejarah apakah gereja awal atau Alkitab atau para rasul memberikan dogma2 papal infallibility atau purgatory atau diangkatnya Maria ke surga. Apa yg Gereja anda jadikan sebagai bukti dari adanya kepercayaan akan doktrin2 tersebut di awalnya?




Quote
saya rasa, saya konsisten dari awal...ga tau deh anda...tapi saya tidak akan pernah mau menjatuhkanmu krn itu...harap mengerti itu...
Demikian pula saya juga konsisten. 

Anda harus mengerti bahwa dari pihak Protestan, kami tidak akan percaya suatu doktrin hanya karena ada sebuah organisasi yg mengkalim dirinya sbg gereja yg benar satu-satunya

Quote
konsili Jamnia, yang dilaksanakan di Palestian skt thn 100 M, yang adalah konsili para imam Yahudi, yg menghasilkan kanon Alkitab yg anda pakai skr...knp anda ga ikut agama meraka saja ??? no offense...ga ada gunanya saling spt ini....
Informasinya anda mengenai Jamnia salah. Jamnia bukan konsili, melainkan hanya pertemuan biasa para ahli taurat. Dan tujuan mereka bukan mengkanonisasikan Alkitab, melainkan membahas kitab2 PL dan ke-authentican-nya
« Last Edit: June 08, 2008, 01:56:20 PM by sandpiper »
For I determined not to know anything ... except Jesus Christ and Him crucified.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)