Author Topic: Sola Scriptura  (Read 105965 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 05, 2008, 11:30:58 AM
Reply #20
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
tapi ingat, itu bukan berarti lalu Gereja bisa disamakan oleh FirmanNya. FirmanNya adalah tidak bisa salah dan tidak akan salah. Sedangkan dalam sejarah, kita bisa lihat berapa banyak Gereja melakukan kesalahan.

yang mengatakan Gereja sama dgn Alkitab siapa bro ?? saya justru mengatakan semua kehidupan Gereja, harus berdasarkan Alkitab...

Ribuan buku yg mana yg kamu maksud? Itu adalah suatu jumlah yg tidak masuk akal.

Gembala Hermas, Injil Petrus dan Thomas, surat-surat Barnabas dan Clement --> ini adalah beberapa Tulisan yg dianggap Umat adalah termasuk injil, tapi dikanon alkitab ???? tidak...

Dari semula umat Tuhan sudah tahu yg mana yg merupakan buku2 bagian dari Alkitab. Walaupun ada pengecualian sedikit (misalnya buku Wahyu), mayoritas buku2 PB semuanya telah diterima oleh umat Allah jauh sebelum Gereja mengkanonisasikannya.

itu hanya perasaan kamu saja...makanya bro, baca2lah sedikit tentang sejarah alkitab...

BTW, kamu tahu kapan Gereja Roma Katolik secara resmi mengkanonisasikan Alkitab?

sekalian saya tulis sedikit sejarah alkitab sampai dikanonkan oleh Gereja KATOLIK ya bro..

Ke-dua puluh tujuh kitab diterima sebagai Kitab Suci Perjanjian Baru baik oleh umat Katolik maupun Protestan. Pertanyaannya adalah: Siapa yang memutuskan kanonisasi Perjanjian Baru sebagai kitab-kitab yang berasal dari inspirasi Ilahi? Kita tahu bahwa Alkitab tidak jatuh dari langit, jadi darimana kita tahu bahwa kita bisa percaya kepada setiap kita-kitab tersebut?

Berbagai uskup membuat daftar kitab-kitab yang diakui sebagai inspirasi Ilahi, diantaranya:
[1] Mileto, uskup Sardis pada tahun 175 Masehi;
[2] Santo Irenaeus, uskup Lyons - Perancis pada tahun 185 Masehi;
[3] Eusebius, uskup Caesarea pada tahun 325 Masehi.

Pada tahun 382 Masehi, didahului oleh Konsili Roma, Paus Damasus menulis dekrit yang menulis daftar kitab-kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yang terdiri dari 73 kitab.

Konsili Hippo di Afrika Utara pada tahun 393 menetapkan ke 73 kitab-kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

Konsili Kartago di Afrika Utara pada tahun 397 menetapkan kanon yang sama untuk Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Catatan: Ini adalah konsili yang dianggap oleh banyak kaum Protestan dan Evangelis Protestan sebagai otoritatif bagi kanonisasi kitab-kitab dalam Perjanjian Baru.

Paus Santo Innocentius I (401-417) pada tahun 405 Masehi menyetujui kanonisasi ke 73 kitab-kitab dalam Alkitab dan menutup kanonisasi Alkitab.

Jadi kanonisasi Alkitab secara resmi diputuskan di abad ke empat oleh konsili-konsili Gereja Katolik dan para Paus. Sebelum kanon Alkitab ditetapkan, ada banyak perdebatan.
Ada yang beranggapan bahwa beberapa kitab Perjanjian Baru seperti surat Ibrani, surat Yudas, kitab Wahyu, dan surat 2 Petrus, adalah bukan hasil inspirasi Ilahi.
Sementara pihak lain berpendapat bahwa beberapa kitab yang tidak dikanonisasi seperti: Gembala Hermas, Injil Petrus dan Thomas, surat-surat Barnabas dan Clement adalah hasil inspirasi Ilahi.
Keputusan resmi Gereja Katolik menyelesaikan hal diatas sampai 1100 tahun kemudian. Hingga jaman Reformasi Protestan, tidak ada lagi perdebatan akan kitab-kitab dalam Alkitab.
kamu bisa baca, bahwa antara umat Tuhan saja ada perdebatan...

Melihat sejarah, Gereja Katolik menggunakan otoritasnya untuk menentukan kitab-kitab yang mana yang termasuk dalam Alkitab dan memastikan bahwa segala yang tertulis dalam Alkitab adalah hasil inspirasi Ilahi. Jika bukan karena Gereja Katolik, maka umat Kristen tidak akan dapat mengetahui yang mana yang benar.


Apa yg dimaksud dgn Batu? Itu sudah dibahas ditopik sebelah, yaitu mengenai pengakuan iman Petrus dan bukan Petrusnya

Walaupun misalnya memang Yesus bermaksud batu itu adalah diri Petrus, lalu apa hubungannya dgn Paus dan Gereja Roma Katolik? Apa yg Yesus katakana adalah hanya buat Petrus dan bukan buat Paus2
krn tentang kepausan sdh pernah saya jelaskan di bagian bible dgn topik Matius 16:18, maka saya tidak akan membahas itu, biar ga melenceng dari topik.

Quote
dan klo dari sejarah, saya bisa tuliskan sedikit disini :

Tidak satu barispun dari kitab-kitab Perjanjian Baru dituliskan sampai setidaknya 10 tahun setelah wafatnya Kristus. Yesus disalibkan pada tahun 33 dan kitab Perjanjian Baru yang pertama ditulis yaitu surat 1 Tesalonika baru ditulis sekitar tahun 50 Masehi. Sedangkan kitab terakhir yang ditulis yaitu kitab Wahyu Yohanes pada sekitar 90-100 Masehi.
[Jadi anda bisa melihat kesimpulan penting disini:
Gereja Katolik dan iman Katolik sudah ada sebelum Alkitab dijadikan.

Saya percaya gereja awal mula2 adalah Gereja Katolik.
terima kasih utk pengakuannya...

Tapi Apa yg dimaksud dengan Katolik? Bukan Roma Katolik
Katolik berarti Universal. Itu diimani oleh semua gereja Protestan dan Orthodox. Tapi obviously, Katolik bukan berarti Roma Katolik, sebab kalau iya maka kami semua udah ikut Gereja anda.
Makanya saya selalu membedakan Gereja anda dgn sebutan ROMA Katolik.

ini kan krn anda tidak mengerti tentang gereja Katolik (Roma). kenapa skr orang2 mengenalnya dgn ada embel2 ROMA..utk itu anda saya persilahkan membaca sejarah gereja Katolik..Klo bisa anda baca buku sejarah yg dikeluarkan oleh Katolik, krn yg tau sejarah Katolik dgn baik, tentu orang2 Katolik sendiri...

Mengenai apakah Gereja sudah ada sebelum Alkitab, sudah saya berikan jawaban sebelumnya bahwa ada suatu overlap antara proses Alkitab selesai semua (dari Kejadian sampai Wahyu) dengan terbentuknya Gereja awal. Walaupun Gereja ada sebelum beberapa kitab Alkitab ditulis, itu bukan berarti bahwa Gereja menentukan atau melahirkan atau lebih tinggi posisinya dari  Alkitab
sudah saya jwb dalam tulisan diatas tentang sejarah Alkitab.
dan kembali saya katakan, Gereja tidak lebih tinggi dari Alkitab, tapi Hidup Gereja harus berdasarkan Alkitab.

Quote
Beribu-ribu orangbertobat menjadi Kristen melalui khotbah para Rasul dan missionaris di berbagai wilayah, dan mereka percaya kepada kebenaran Ilahi seperti kita percaya sekarang, dan bahkan menjadi orang-orang kudus tanpa pernah melihat ataupun membaca satu kalimatpun dari kitab Perjanjian Baru. Ini karena alasan yang sederhana yaitu bahwa pada waktu itu Alkitab seperti yang kita kenal, belum ada.
Jadi, bagaimanakah mereka menjadi Kristen tanpa pernah melihat Alkitab? Yaitu dengan cara yang sama orang non-Kristen menjadi Kristen pada masa kini, yaitu dengan mendengar Firman Allah dari mulut para misionaris.

Sudah saya bahas sebelumnya, bahwa pada jaman para rasul, pewahyuan Alkitab masih belum lengkap sepenuhnya.

Dengan wafat dan kebangkitan dan kenaikan Yesus, maka semua ajaran Yesus telah disampaikan kepada para rasul...ga tau deh klo dalam Protestan wahyu itu blm lengkap saat itu..

Pas rasul Yohanes menulis Wahyu, baru Alkitab seluruhnya tertulis. Para rasul masih hidup dan apa yg mereka ajarkan itu yg kemudian mereka tuangkan kedalam Alkitab yg kemudian adalah satu2nya otoritas infallible bagi Gereja setelah kematian mereka

dan thn berapa injil Wahyu ditulis ?? sktr thn 90-100 Masehi. so, ini sekali bukti, bahwa Gereja Katolik sdh ada jauh sebelum Seluruh kitab selesai ditulis.

skr gantian saya yg minta bukti kepada Anda, apa ada gereja mula2 sblm Yesus memberi kuasa kepada Petrus ???

Yesus tidak hanya memberikan kuasa pada Petrus melainkan kepada seluruh para rasul utk mendirikan gerejaNya.

Jadi ketika Yesus berkata bahwa gerejaNya akan didirikan diatas batu, Ia bermaksud diatas pengakuan iman kita bahwa Dia adalah Mesias dan Anak Allah. Pengakuan inilah yg menyebabkan Gereja ada, sebab pengakuan ini meninggikan namaNya. Kita tidak melihat sama sekali konsep kepausan diayat ini.

Apakah ada apa yg namanya jabatan Paus atau konsepnya diAlkitab? Tidak ada.

Lihat dan baca 1 Kor 12:28:

Mengenai ini tidak akan saya bahas ditopik ini, krn sdh ada topik tersendiri yg bible studi juga dgn topik Matius 16:18. disitu saya sdh jelaskan tentang pandangan Katolik.. dan saya jg sdh mengerti dari sudut pandang Protestan..

Quote
Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh.


Lihat apa ada konsep papacy diayat ini? Mengapa jika jabatan Paus itu ada kita tidak menemukannya didalam tulisan Paulus, yg dalam konteksnya sedang membahas jabatan2 penting Gereja?


mengenai ini jg, sama dgn jawaban saya diatas..

Quote
klo pun ada gereja lain yg mempercayai doktrin ekaristi spt katolik atau tidak, bukan masalah bagi katolik, krn yg pasti yg pertama sekali mempunyai doktrin itu adalah katolik...klo yg lain mau ikut, terserah, mau ga percaya jg terserah...

Tapi masalahnya justru gereja anda mengajarkan bahwa siapapun yg menolak doktrin ini adalah patut diberikan kutukan (anathema) dan kehilangan keselamatan.
Jelas bro..dalam katolik, bagi yg tidak menyambut Tubuh dan Darah Yesus dan hanya menganggap itu sbg lambang maka anda kehilangan keselamatan..
apalagi bagi yg menyambut Tubuh dan Darah Yesus dgn tidak layak..upahnya adalah MAUT.

I Kor 11:27 Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan.

dogma maria, papa infallibility, purgatory, ada dikatolik berdasarkan hasil penyelidikan alkitab bro...dan itu adalah hak gereja utk mengerluarkan doktrin dalam kehidupan gereja...

Anda dan gereja anda mau percaya dogma2 tsb terserah anda dan gereja anda, tapi jgn berkata dan mengajarkan bahwa mereka yg tidak percaya akan papal infallibility atau immaculate conception akan terkena anathema dan kehilangan keselamatan.
tentang papal infallibility sdh ada topik sendiri.
tentang immaculate conception, itu ada hubungannya dgn papal infallibilty, krn itu adalah hak Paus sbg wewenang mengajar..
tentang kehilangan keselamatan, sdh saya jelaskan diatas.

Lagi pula jika ada ayat yg mendukung doktrin papal infallibility, atau doktrin Immaculate conception atau bodily assumption, silahkan berikan ayat nya.
sama dgn diatas...

Quote
saya tidak salahkan bro, klo diprotestan ada yg menerima or menolak, yg menerima itu tetap dalam komunitas, yg menolak membuat tradisi (t kecil) baru, maaf klo kurang berkenan....beda dgn di Katolik, klo gereja sdh mengatakan Tradisi (T besar) adalah diterima, maka semua menerima...dan jg bro, semua yg ditentukan Gereja adalah baik, krn hasil dari penyelidikan Alkitab dan kebiasaan hidup para rasul..

Itu adalah pernyataan anda selama ini, tapi saya bicara fakta dan bukti. Saya minta dari anda dan anda belum bisa berikan

kan saya sdh katakan jg bro..klo sblm adanya Alkitab spt skr ini, para rasul membuat orang bisa beriman itu dgn apa, klo smua2nya spt yg kamu katakan, harus dgn kitab suci ?? itu adalah salah satu tradisi yg diikuti oleh gereja...
apa kurang tuh bukti ???

kalo Gereja mengatakan begitu, maka saya terima bro...saya ga mau murtad dgn gereja saya..

Jadi anda percaya apapun yg Gereja anda katakana? Tanpa sungguh2 mempelajari spt org2 diBerea dgn menyelidiki Kitab Suci apakah benar ajaran2 tsb?

yup..benar bro..krn saya percaya dan spt yg pernah saya katakan gereja katolik diberi wewenang utk mengajar dgn tidak salah..dan saya tidak menjadi orang yg murtad

Ini membuktikan adanya konsep sola ecclesia (the church alone). Apapun yg Gereja katakan pasti benar dan tidak mungkin salah. Lebih baik sola scriptura daripada sola ecclesia.

bro, katolik tidak menganut sola2an...
sumber iman Katoik adalah Alkitab (no.1), Tradisi suci, dan Magistarium...
klo kamu mau bandingin SC dgn sola yg lain..silahkan bro..tapi bukan dgn Katolik.

Quote
yg saya tidak tau bro, kehidupan para rasul dulunya..krn saya ga hidup di jaman itu...tapi klo gereja sdh menyediakan diri utk menyelidiki dan mengajarkan kepada saya, maka saya terima..

Tapi dgn demikian anda mempercayai saja apa yg gereja anda katakan tanpa menyelidiki Alkitab apakah ajarannya sesuai atau tidak. Apakah ini sesuatu yg bisa diandalkan anda?
Ada banyak buku2 sejarah Gereja yg bisa anda baca, atau anda bisa ke ccel.org utk baca mengenai sejarah gereja

jelas bro itu bisa dan sangat saya andalkan...krn spt yg saya katakan sebelum2nya, gereja diberi kuasa mengajar dgn tdk salah. dan perlu kamu tahu bro...org2 yg terlibat dalam magesterium gereja itu, bukan orang2 yg ilmunya spt ktia2 ini....mereka emg mengabdikan diri utk itu, sekolah tinggi2 utk itu, dan kerjanya tiap hari adalah itu...tidak mencampuri kehidupan duniawi, krn ga mikir anak istri, rumah dll...

apa akan lebih baik penafsiran saya or kamu or siapalah dari mereka ???

kebiasaan2 gereja yg mana nih bro ??? spt tata cara ibadah ??? or ajaran gereja ??? or tindak tanduk gereja terhadap umat ??? klo yg berhubungan dgn moril bro, tindak tanduk gereja sdh sama dgn para rasul...

Saya sedang membahas pernyataan kamu yg berkata bahwa ajaran Gereja mengenai tradisi / Tradisi tidak berubah dari dulu.

yg bilang tidak berubah siapa bro ?? yg saya bilang, klo sdh ditetapkan gereja sebagai Tradisi, maka tidak akan salah...

Itu adalah tidak tepat, sebab misalnya, sekarang dalam perayaan Ekaristi di Gereja anda, anda tidak usah minum anggur dan hanya boleh makan roti. Tapi awalnya dulu, semua orang harus memakan dan minum roti dan anggur. 

itu krn berbagai pertimbangan...salah satu adalah kesehatan/kebersihan.

Saya anjurkan anda membaca juga sejarah hidup para Paus, bagaimana kehidupan moral dari sebagian paus itu.
oo klo itu saya baca bro...tapi apa kamu pernah baca dari terbitan Katolik ?? saya rasa tidak..krn yg kamu baca pasti dari Protestan yg didalamnya pasti ada yg menjelelk2an or unsur mencari pembenaran diri...
klo mau jujur bro...silahkan anda baca kehidupan para paus yg terbitan katolik...krn spt yg saya katakan..yg tau tentang isi rumahnya adalah yg punya rumah sendiri...

itulah salah satu bedanya lagi antara katolik dan protestan..umat katolik percaya Gereja akan mengajari umat dgn tidak tanpa sesat, krn emg Gereja dinaungi ROH KUDUS dan percaya kepada janji Allah sendiri akan menyertai sampai akhir jama dan alam mau tidak akan menguasainya...makanya saya dgn bangga (maaf klo tidak berkenan) bisa sbg jemaat katolik yg sdh lebih 2000 thn berdiri tanpa ada perpecahan....

Sekali lagi, Gereja awal bukanlah Gereja Katolik Roma, melainkan gereja yg mempunyai ciri2 khas sendiri. 

hehehehee.....saya tertawa saja deh, saya sdh beri bukti2 sejarah diatas, tapi klo anda tetap kekeh dgn pendirian ungkapan2 anda spt itu, terserah...

Anda tidak bisa berasumsi bahwa Gereja anda sudah ada sejak awal, sebab sampai sekarang kamu belum bisa berikan bukti fakta sejarah apakah gereja awal atau Alkitab atau para rasul memberikan dogma2 papal infallibility atau purgatory atau diangkatnya Maria ke surga. Apa yg Gereja anda jadikan sebagai bukti dari adanya kepercayaan akan doktrin2 tersebut di awalnya?
sudah saya jawab diatas..

Quote
saya rasa, saya konsisten dari awal...ga tau deh anda...tapi saya tidak akan pernah mau menjatuhkanmu krn itu...harap mengerti itu...

Demikian pula saya juga konsisten. 
oh ya ?? baguslah...

Anda harus mengerti bahwa dari pihak Protestan, kami tidak akan percaya suatu doktrin hanya karena ada sebuah organisasi yg mengkalim dirinya sbg gereja yg benar satu-satunya

itu hak anda bro...saya tidak akan mencampuri itu...cuma yg sangat saya sayangkan, banyak pengertian2 berbeda yg menyebabkan perpecahan ditubuh protestan.

konsili Jamnia, yang dilaksanakan di Palestian skt thn 100 M, yang adalah konsili para imam Yahudi, yg menghasilkan kanon Alkitab yg anda pakai skr...knp anda ga ikut agama meraka saja ??? no offense...ga ada gunanya saling spt ini....

Informasinya anda mengenai Jamnia salah. Jamnia bukan konsili, melainkan hanya pertemuan biasa para ahli taurat. Dan tujuan mereka bukan mengkanonisasikan Alkitab, melainkan membahas kitab2 PL dan ke-authentican-nya

oh bukan konsili ya menurut anda ?? tapi hanya pertemuan...berarti lebih turun lagi dong derajat keabsahannya...bukan mengkanonisasikan Alkitab ?? bro, perlu anda tau...kitab perjanjian Lama yg diajukan oleh Luther adalah hasil dari pertemuan (menurut anda) tersebut.
maka saya tanya kpd kamu, apa kamu terima klo saya katakan, knp kamu ga menganut agama mereka saja (imam Yahudi) ???

salam damai...
« Last Edit: June 05, 2008, 12:31:08 PM by cah_samosir »
June 05, 2008, 11:37:24 AM
Reply #21
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
Bro Cah Sam...

Nanya nih... apakah pernah terjadi tradisi bertentangan dengan Alkitab?

Tradisi tidak pernah bertentangan dgn Alkitab..

OK. Jadi semua tradisi harus diuji oleh Alkitab ya?

BTW: magisterium itu definisinya apa ya?
Cheers 

magisterium adalah Kuasa/Wewenang Mengajar Gereja.
Kuasa ini diberikan kepada pimpinan suci gereja; dalam hal ini di gereja Katolik, diberikan kepada Paus.pimpinan gereja inilah yg mampunya kuasa mengajar. Mereka itulah yang mendapat bimbingan khusus dari ROH KUDUS untuk [/color=blue]memelihara dan menafsir Sabda Allah secara benar.[/color]
...

Thanks buat pencerahannya Bro Cah..
Terus terang saya jadi lebih mengerti, walaupun belum sempurna, mengenai paradigma Roma Katolik.

Cheers


iya bro...semua hal dalam kehidupan Gereja Katolik harus berdasarkan pada Alkitab...
dan masalah ada yg masih blm kamu mengerti, ga masalah bro...mari kita belajar bersama...saya jg masih perlu banyak belajar ko...

salam damai...
June 05, 2008, 11:46:21 AM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3136
Tengkyu bro Cah_Samosir...

Kembali ke topik SS, sodara percaya bahwasanya percaya Alkitab saja (yang tertulis dalam Alkitab) tidak cukup, tetapi diperlengkapi juga dengan Tradisi dan Magisterium Gereja.
Kalo boleh tau, siapa orang dibalik Tradisi / Magisterium Gereja itu, dan mengapa belio kudu dipercaya?
Tenkyu bro Cah... :happy0062:

bukan orang bro...tapi Gereja Katolik...
Gereja Katolik dipimpin oleh Paus, dan dibantu oleh banyak imam...

salam damai.

Paus pan orang bro?  :azn:
Imam pan juga orang?

Jade "something or someone" dibalik Tradisi / Magisterium Gereja adalah Gereja Katolik. Gereja Katolik sendiri dipimpin oleh Paus dan dibantu para imam.

Kembali ke pertanyaan diatas, mengapa belio-belio itu kudu dipercaya bahwasanya pemikiran mereka yang membentuk Tradisi / Magisterium Gereja pasti sesuai kehendak Bapa?  :coolsmiley:
mau mau, engga engga, jangan mau yang engga engga
June 05, 2008, 11:56:15 AM
Reply #23
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 248
  • Gender: Male
    • The Methuselah Factor

iya bro...semua hal dalam kehidupan Gereja Katolik harus berdasarkan pada Alkitab...


Jadi sebenarnya sama aja dong sama Sola Scriptura? Toh semuanya harus diuji dan berdasarkan Alkitab?

OK Bro.. thanks buat pencerahannya... mari kita sama-sama saling belajar juga.
Methuselah, oldest man on earth. Lived for 969 years, dead for more than 5.000 years... and still counting
-
http://paultuanakotta.blogspot.com
June 05, 2008, 12:25:20 PM
Reply #24
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
Tengkyu bro Cah_Samosir...

Kembali ke topik SS, sodara percaya bahwasanya percaya Alkitab saja (yang tertulis dalam Alkitab) tidak cukup, tetapi diperlengkapi juga dengan Tradisi dan Magisterium Gereja.
Kalo boleh tau, siapa orang dibalik Tradisi / Magisterium Gereja itu, dan mengapa belio kudu dipercaya?
Tenkyu bro Cah... :happy0062:



bukan orang bro...tapi Gereja Katolik...
Gereja Katolik dipimpin oleh Paus, dan dibantu oleh banyak imam...

salam damai.


Paus pan orang bro?  :azn:
Imam pan juga orang?

Jade "something or someone" dibalik Tradisi / Magisterium Gereja adalah Gereja Katolik. Gereja Katolik sendiri dipimpin oleh Paus dan dibantu para imam.

Kembali ke pertanyaan diatas, mengapa belio-belio itu kudu dipercaya bahwasanya pemikiran mereka yang membentuk Tradisi / Magisterium Gereja pasti sesuai kehendak Bapa?  :coolsmiley:


mengenai kepausan dan hak Infalibel nya, bisa kamu baca di

http://forumkristen.com/index.php?topic=1796.msg23351#msg23351

salam damai
June 05, 2008, 12:28:03 PM
Reply #25
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101

iya bro...semua hal dalam kehidupan Gereja Katolik harus berdasarkan pada Alkitab...


Jadi sebenarnya sama aja dong sama Sola Scriptura? Toh semuanya harus diuji dan berdasarkan Alkitab?

OK Bro.. thanks buat pencerahannya... mari kita sama-sama saling belajar juga.


klo menurut kamu sama dgn Sola Scriptura, monggo bro...silahkan...
tapi yg pasti SS tidak pernah mengakui dan tidak menerima yg namanya Tradisi...
so bagi saya, tidak sama dgn Sola Scriptura....

salam damai..
June 05, 2008, 01:56:06 PM
Reply #26
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 44
@ Cah_samosir, ada sedikit pertanyaan nih..

Quote
Gembala Hermas, Injil Petrus dan Thomas, surat-surat Barnabas dan Clement --> ini adalah beberapa Tulisan yg dianggap Umat adalah termasuk injil, tapi dikanon alkitab ???? tidak...

Bro cah_samosir, katanya ribuan.. kok cuma list 3?

Quote
itu hanya perasaan kamu saja...makanya bro, baca2lah sedikit tentang sejarah alkitab...

Jadi, yang benar apa? Apa umat dulu ngga tau mana yg merupakan buku2 bagian dari Alkitab? Tolong kasi reference juga donk, bro cha_samosir tau dari mana, biar sama2 blajar.  :happy0025:

Quote
Melihat sejarah, Gereja Katolik menggunakan otoritasnya untuk menentukan kitab-kitab yang mana yang termasuk dalam Alkitab dan memastikan bahwa segala yang tertulis dalam Alkitab adalah hasil inspirasi Ilahi. Jika bukan karena Gereja Katolik, maka umat Kristen tidak akan dapat mengetahui yang mana yang benar.

Jadi, kalau gereja katolik ngga ada, umat Kristen ngga akan dapat mengetahui yang mana yang bener? Apakah tidak ada ROH KUDUS sehingga walaupun ngga ada gereja Katolik, umat-umat-Nya akan mengetahui mana yang benar?

Quote
Dengan wafat dan kebangkitan dan kenaikan Yesus, maka semua ajaran Yesus telah disampaikan kepada para rasul...ga tau deh klo dalam Protestan wahyu itu blm lengkap saat itu..

Apa betul memang itu dalam Protestan? Apa menurut bro cah_samosir, itu yang menjadi perbedaan protestan dan katolik?

Quote
I Kor 11:27 Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan.


Memang saya setuju (karna memang itu kata Alkitab). Tapi, menurut bro cah_samosir, apa yang dimaksud dengan tidak layak?

Quote
jelas bro itu bisa dan sangat saya andalkan...krn spt yg saya katakan sebelum2nya, gereja diberi kuasa mengajar dgn tdk salah. dan perlu kamu tahu bro...org2 yg terlibat dalam magesterium gereja itu, bukan orang2 yg ilmunya spt ktia2 ini....mereka emg mengabdikan diri utk itu, sekolah tinggi2 utk itu, dan kerjanya tiap hari adalah itu...tidak mencampuri kehidupan duniawi, krn ga mikir anak istri, rumah dll...

Apa kita tidak boleh menguji dulu apa yang dikasih?
1Tes. 5:21 Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.

Quote
klo mau jujur bro...silahkan anda baca kehidupan para paus yg terbitan katolik ...krn spt yg saya katakan..yg tau tentang isi rumahnya adalah yg punya rumah sendiri...

Bro, kalau memang bagus, kenapa harus merekomendasikan tulisan yang dari katolik? Bukankah buku2 islam juga mengatakan bahwa Mumamat itu manusia yang terbaik?


Ini dulu..  :happy0025:

GBU.



« Last Edit: June 05, 2008, 02:12:37 PM by the wave »
June 05, 2008, 02:47:15 PM
Reply #27
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
Quote
Gembala Hermas, Injil Petrus dan Thomas, surat-surat Barnabas dan Clement --> ini adalah beberapa Tulisan yg dianggap Umat adalah termasuk injil, tapi dikanon alkitab ???? tidak...

Bro cah_samosir, katanya ribuan.. kok cuma list 3?

you don't get the point ?? don't you ???
apakah ada bedanya saya beri list ribuan or jutaan dgn saya beri list 3 list diatas utk menunjukkan bahwa semua tulisan dulu tidak dikanonkan sbg alkitab skr ???


Quote
itu hanya perasaan kamu saja...makanya bro, baca2lah sedikit tentang sejarah alkitab...

Jadi, yang benar apa? Apa umat dulu ngga tau mana yg merupakan buku2 bagian dari Alkitab? Tolong kasi reference juga donk, bro cha_samosir tau dari mana, biar sama2 blajar.  :happy0025:

kan saya sdh jwb diatas...saya cuma punya refensi dari katolik mas...saya rasa kamu tidak mau (dgn komentar kamu dibagian bawah tentang membaca buku2 katoli). so, tidak ada gunanya saya kasih..klo mau, lebih baik kamu cari sendiri...

Quote
Melihat sejarah, Gereja Katolik menggunakan otoritasnya untuk menentukan kitab-kitab yang mana yang termasuk dalam Alkitab dan memastikan bahwa segala yang tertulis dalam Alkitab adalah hasil inspirasi Ilahi. Jika bukan karena Gereja Katolik, maka umat Kristen tidak akan dapat mengetahui yang mana yang benar.

Jadi, kalau gereja katolik ngga ada, umat Kristen ngga akan dapat mengetahui yang mana yang bener? Apakah tidak ada ROH KUDUS sehingga walaupun ngga ada gereja Katolik, umat-umat-Nya akan mengetahui mana yang benar?

Klo begitu, tanyakanlah ROH KUDUS yg kamu tau mas, knp Gereja katolik ada pertama kali, malah diberi kuasa mengkanonkan Alkitab...
kita lihat sejarahnya saja bro...apa menurut kamu, Gereja Katolik ada dan mengkanonkan Alkitab bukan kerjaan ROH KUDUS ???

Quote
Dengan wafat dan kebangkitan dan kenaikan Yesus, maka semua ajaran Yesus telah disampaikan kepada para rasul...ga tau deh klo dalam Protestan wahyu itu blm lengkap saat itu..

Apa betul memang itu dalam Protestan? Apa menurut bro cah_samosir, itu yang menjadi perbedaan protestan dan katolik?

saya kan diatas bertanya bro...
 
Quote
ga tau deh klo dalam Protestan wahyu itu blm lengkap saat itu.
itu kan berdasar kata2 sandpiper...
   
Quote
I Kor 11:27 Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan.


Memang saya setuju (karna memang itu kata Alkitab). Tapi, menurut bro cah_samosir, apa yang dimaksud dengan tidak layak?

saya rasa kamu tahu bro, ukuran tidak layak itu apa. tapi klo dalam katolik, dalam hal ekaristi, salah satunya adalah, memakan tubuh dan darah Yesus, tapi tidak mengimani itu benar2 tubuh dan darah Yesus...

Quote
jelas bro itu bisa dan sangat saya andalkan...krn spt yg saya katakan sebelum2nya, gereja diberi kuasa mengajar dgn tdk salah. dan perlu kamu tahu bro...org2 yg terlibat dalam magesterium gereja itu, bukan orang2 yg ilmunya spt ktia2 ini....mereka emg mengabdikan diri utk itu, sekolah tinggi2 utk itu, dan kerjanya tiap hari adalah itu...tidak mencampuri kehidupan duniawi, krn ga mikir anak istri, rumah dll...

Apa kita tidak boleh menguji dulu apa yang dikasih?
1Tes. 5:21 Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.

bro, bagi saya uji yg dilakukan oleh magesterium gereja katolik, pasti lebih valid daripada uji yg dilakukan oleh siapapun...spt yg saya katakan di atas :
Quote
org2 yg terlibat dalam magesterium gereja itu, bukan orang2 yg ilmunya spt ktia2 ini....mereka emg mengabdikan diri utk itu, sekolah tinggi2 utk itu, dan kerjanya tiap hari adalah itu...tidak mencampuri kehidupan duniawi, krn ga mikir anak istri, rumah dll...

Quote
klo mau jujur bro...silahkan anda baca kehidupan para paus yg terbitan katolik ...krn spt yg saya katakan..yg tau tentang isi rumahnya adalah yg punya rumah sendiri...

Bro, kalau memang bagus, kenapa harus merekomendasikan tulisan yang dari katolik? Bukankah buku2 islam juga mengatakan bahwa Mumamat itu manusia yang terbaik?

Ini dulu..  :happy0025:

GBU.


Saya menyarakan membaca buku2 katolik, krn klo mau tau tentang katolik yg benar, anda harus membaca buku2 katolik dong...
masa anda mau belajar tentang Protestan, anda membaca buku Muslim...
spt saya, krn saya mau tau tentang islam, saya baca buku2 mereka termasuk alquran mereka, dan saya compare dgn buku2 katolik dan sumber iman katolik...adil kan...jadi tidak hanya dari satu sisi saya tau...itulah uji yg bisa lakukan...
klo anda mau tau tentang katolik, tapi anda tidak mau membaca buku2 karangan katolik,
maka saya tidak akan salahkan anda klo seumur hidup anda, anda akan punya pandangan negatif tentang katolik..


salam damai
« Last Edit: June 05, 2008, 02:54:53 PM by cah_samosir »
June 05, 2008, 03:28:42 PM
Reply #28
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 44
Quote
you don't get the point ?? don't you ???
apakah ada bedanya saya beri list ribuan or jutaan dgn saya beri list 3 list diatas utk menunjukkan bahwa semua tulisan dulu tidak dikanonkan sbg alkitab skr ???

Saya ngerti kog kalau ada tulisan2 lain yang tidak dimasukan di alkitab. Saya cuma curious kalau jumlahya bisa sampai ribuan, seperti yang anda katakan dibawah ini.

Quote
wah, klo kamu mengatakan bukan gereja yg menentukan alkitab, saya rasa kamu perlu tau sejarah penyusunan Alkitab..kamu tau berapa ribu tulisan dulu yang harus ditentukan oleh Gereja mana yg benar2 firman mana yg bukan ???

Bisa coba list?

..............
Quote
kan saya sdh jwb diatas...saya cuma punya refensi dari katolik mas...saya rasa kamu tidak mau (dgn komentar kamu dibagian bawah tentang membaca buku2 katoli). so, tidak ada gunanya saya kasih..klo mau, lebih baik kamu cari sendiri...

Itu bukan pertanyaan saya bro, coba liat kembali pertanyaan diatas.

Quote
Klo begitu, tanyakanlah ROH KUDUS yg kamu tau mas, knp Gereja katolik ada pertama kali, malah diberi kuasa mengkanonkan Alkitab...
kita lihat sejarahnya saja bro...apa menurut kamu, Gereja Katolik ada dan mengkanonkan Alkitab bukan kerjaan ROH KUDUS ???

Saya ngerti sekali bro, tapi tolong baca dengan jelas pertanyaan saya. Bukan itu yang saya tanyakan.

Ini yang anda tulis:
Quote
Jika bukan karena Gereja Katolik, maka umat Kristen tidak akan dapat mengetahui yang mana yang benar.
Pertanyaan saya:
Quote
Jadi, kalau gereja katolik ngga ada, umat Kristen ngga akan dapat mengetahui yang mana yang bener? Apakah tidak ada ROH KUDUS sehingga walaupun ngga ada gereja Katolik, umat-umat-Nya akan mengetahui mana yang benar?

Ngga perlu panjang2.. jawab aja ya atau tidak  :happy0025:

Quote
saya rasa kamu tahu bro, ukuran tidak layak itu apa. tapi klo dalam katolik, dalam hal ekaristi, salah satunya adalah, memakan tubuh dan darah Yesus, tapi tidak mengimani itu benar2 tubuh dan darah Yesus...

Saya tidak tau bro, makanya saya tanya (dalam pandangan katolik).

Quote
bro, bagi saya uji yg dilakukan oleh magesterium gereja katolik, pasti lebih valid daripada uji yg dilakukan oleh siapapun...spt yg saya katakan di atas :

Thanks.. jadi, orang katolik ngga pernah uji lagi apa yang didapat dari gerejanya.
Kalau saya baca di alkitab, Paulus saja pernah diuji perkataannya:
Tetapi pada malam itu juga segera saudara-saudara di situ menyuruh Paulus dan Silas berangkat ke Berea. Setibanya di situ pergilah mereka ke rumah ibadat orang Yahudi.
Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.  Kis 17:10-11


Ya.. semua terserah orang katolik sih..   :happy0025:

Quote
Saya menyarakan membaca buku2 katolik, krn klo mau tau tentang katolik yg benar, anda harus membaca buku2 katolik dong...
masa anda mau belajar tentang Protestan, anda membaca buku Muslim...
spt saya, krn saya mau tau tentang islam, saya baca buku2 mereka termasuk alquran mereka, dan saya compare dgn buku2 katolik dan sumber iman katolik...adil kan...jadi tidak hanya dari satu sisi saya tau...itulah uji yg bisa lakukan...
klo anda mau tau tentang katolik, tapi anda tidak mau membaca buku2 karangan katolik,
maka saya tidak akan salahkan anda klo seumur hidup anda, anda akan punya pandangan negatif tentang katolik..


salam damai

Memang betul. Tapi, menurut saya kalau mau belajar lebih jauh, kita harus melihat dari segi2 pandang yang lain. Sesuatu yang dilihat dari sudut pandang tertentu memang sudah begitu, tapi belum tentu jika dilihat dari sudut pandang yang lain.

GBU.
« Last Edit: June 05, 2008, 03:32:18 PM by the wave »
June 05, 2008, 04:01:26 PM
Reply #29
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
Quote
you don't get the point ?? don't you ???
apakah ada bedanya saya beri list ribuan or jutaan dgn saya beri list 3 list diatas utk menunjukkan bahwa semua tulisan dulu tidak dikanonkan sbg alkitab skr ???

Saya ngerti kog kalau ada tulisan2 lain yang tidak dimasukan di alkitab. Saya cuma curious kalau jumlahya bisa sampai ribuan, seperti yang anda katakan dibawah ini.

Quote
wah, klo kamu mengatakan bukan gereja yg menentukan alkitab, saya rasa kamu perlu tau sejarah penyusunan Alkitab..kamu tau berapa ribu tulisan dulu yang harus ditentukan oleh Gereja mana yg benar2 firman mana yg bukan ???

so, klo saya katakan, 3 buku or beberapa buku or banyak buku or ribuan buku yg tidak dikanonkan, apakah ada bedanya bro ?? intinya bahwa tidak semua buku yg dikenal oleh umat itu dikanonkan...intinya disitu bro..

..............
Quote
kan saya sdh jwb diatas...saya cuma punya refensi dari katolik mas...saya rasa kamu tidak mau (dgn komentar kamu dibagian bawah tentang membaca buku2 katoli). so, tidak ada gunanya saya kasih..klo mau, lebih baik kamu cari sendiri...

Itu bukan pertanyaan saya bro, coba liat kembali pertanyaan diatas.
pertanyaan kamu adalah :

Quote
Jadi, yang benar apa? Apa umat dulu ngga tau mana yg merupakan buku2 bagian dari Alkitab?

dan saya sdh menjawab dgn menunjukkan hanya 3 injil yg tidak dikanonkan tapi dikenal oleh umat...

Quote
Klo begitu, tanyakanlah ROH KUDUS yg kamu tau mas, knp Gereja katolik ada pertama kali, malah diberi kuasa mengkanonkan Alkitab...
kita lihat sejarahnya saja bro...apa menurut kamu, Gereja Katolik ada dan mengkanonkan Alkitab bukan kerjaan ROH KUDUS ???

Saya ngerti sekali bro, tapi tolong baca dengan jelas pertanyaan saya. Bukan itu yang saya tanyakan.

Ini yang anda tulis:
Quote
Jika bukan karena Gereja Katolik, maka umat Kristen tidak akan dapat mengetahui yang mana yang benar.

Pertanyaan saya:
Quote
Jadi, kalau gereja katolik ngga ada, umat Kristen ngga akan dapat mengetahui yang mana yang bener?

BENAR Sekali...krn itu adalah bukti autentik, krn gereja Katoliklah yg mengkanonkan Alkitab, bukan gereja lain.

Apakah tidak ada ROH KUDUS sehingga walaupun ngga ada gereja Katolik, umat-umat-Nya akan mengetahui mana yang benar?

Ngga perlu panjang2.. jawab aja ya atau tidak  :happy0025:

klo ROH KUDUS ada mas...akan tetap ada klo itu...dan ROH KUDUS sdh mengilhami Gereja Katolik dulu saat mengkanonkan alkitab...
tapi klo ROH KUDUS utk mengkanonkan Alkitab lagi ?? TIDAK.

saya tanya kepada anda, apakah Alkitab yg anda pegang skr, adalah pekerjaan ROH KUDUS ???

tapi, intinya mas...Alkitab yg ada skr, yg mengkanonkannya adalah KATOLIK...that's the point..

Quote
saya rasa kamu tahu bro, ukuran tidak layak itu apa. tapi klo dalam katolik, dalam hal ekaristi, salah satunya adalah, memakan tubuh dan darah Yesus, tapi tidak mengimani itu benar2 tubuh dan darah Yesus...

Saya tidak tau bro, makanya saya tanya (dalam pandangan katolik).

saya sdh jwb :
   
Quote
salah satunya adalah, memakan tubuh dan darah Yesus, tapi tidak mengimani itu benar2 tubuh dan darah Yesus...

Quote
bro, bagi saya uji yg dilakukan oleh magesterium gereja katolik, pasti lebih valid daripada uji yg dilakukan oleh siapapun...spt yg saya katakan di atas :

Thanks.. jadi, orang katolik ngga pernah uji lagi apa yang didapat dari gerejanya.
Kalau saya baca di alkitab, Paulus saja pernah diuji perkataannya:
Tetapi pada malam itu juga segera saudara-saudara di situ menyuruh Paulus dan Silas berangkat ke Berea. Setibanya di situ pergilah mereka ke rumah ibadat orang Yahudi.
Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.  Kis 17:10-11


Ya.. semua terserah orang katolik sih..   :happy0025:

yang mengatakan tidak pernah diuji siapa mas ?? cuma dalam Katolik magisterium katolik itu diberi wewenang mengajar umat. dan apa kamu pikir magisterium tidak menguji ??? sangat menguji mas...spt yg saya katakan..itulah pekerjaan mereka, hidup mereka, dan kegiatan mereka sehari2 tanpa embel mikir duniawi (uang, istri, anak, pekerjaan, dll)
klo org spt saya mengujinya gimana (dalam hal ini, saya hanya orang yg makan gaji bro, 10 jam dikantor + dijalan.) ??? paling saya bandingkan dgn doktrin agama lain..klo kamu gimana ??
Dan selama ini, saya tetap lebih percaya hasil uji para magisterium gereja Katolik.

Quote
Saya menyarakan membaca buku2 katolik, krn klo mau tau tentang katolik yg benar, anda harus membaca buku2 katolik dong...
masa anda mau belajar tentang Protestan, anda membaca buku Muslim...
spt saya, krn saya mau tau tentang islam, saya baca buku2 mereka termasuk alquran mereka, dan saya compare dgn buku2 katolik dan sumber iman katolik...adil kan...jadi tidak hanya dari satu sisi saya tau...itulah uji yg bisa lakukan...
klo anda mau tau tentang katolik, tapi anda tidak mau membaca buku2 karangan katolik,
maka saya tidak akan salahkan anda klo seumur hidup anda, anda akan punya pandangan negatif tentang katolik..


salam damai

Memang betul. Tapi, menurut saya kalau mau belajar lebih jauh, kita harus melihat dari segi2 pandang yang lain. Sesuatu yang dilihat dari sudut pandang tertentu memang sudah begitu, tapi belum tentu jika dilihat dari sudut pandang yang lain.

GBU.

spt yg saya katakan bro..klo saya mau tau islam, saya baca buku2nya dan kitabnya...apa itu tidak melihat dari segi lain ??
tapi, klo kamu gimana bro ?? jawab dalam hati saja ya...pernah ga kamu dgn tulus mau membaca buku2 katolik krn keingintahuanmu tentang doktrin katolik ??? or kamu hanya membaca referensi2 yg kamu dapat dari orang2 yg emg sdh anti dgn katolik ??
jawab jujur dalam hati saja ya bro...

salam damai
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)