Author Topic: Sola Scriptura  (Read 117296 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

August 10, 2018, 03:16:11 PM
Reply #3500
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10523
Jadi kebercayaanmu itu boleh dibilang BUKAN berdasarkan alkitab, melainkan berdasarkan tafsiran orang (yg dianggap berwenang) atas alkitab.
Karena orang biasa tidak bisa baca alkitab sendiri lalu mengaplikasikannya. Karena semua tafsiran alkitab harus datang dari orang yang berwenang. Gitu ya.

haha...  lip service doang omongan elo...
wkwkw...

kalo elo memang TIDAK MENGKUTI TAFISRAN ORANG, alias elo mengikuti TAFSIRAN ELO SENDIRI..

coba buktikan disini, kasih contoh duaa aja..
TAFISRAN PENDETONG elo yang SALAH dan Aleph merasa DIPERINTAH untuk "MENGKOREKSI KEKELIRUAN" TAFSIR PENDETONG-nya aleph yang "kurang murni"..

coba mana contohnya....

hahaha
maling teriak maling..
kardus teriak kardus..
wkwkw
August 10, 2018, 03:40:40 PM
Reply #3501
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12160
  • Gender: Male
  • Denominasi: Kharismatik - OSAS
haha...  lip service doang omongan elo...
wkwkw...

kalo elo memang TIDAK MENGKUTI TAFISRAN ORANG, alias elo mengikuti TAFSIRAN ELO SENDIRI..

coba buktikan disini, kasih contoh duaa aja..
TAFISRAN PENDETONG elo yang SALAH dan Aleph merasa DIPERINTAH untuk "MENGKOREKSI KEKELIRUAN" TAFSIR PENDETONG-nya aleph yang "kurang murni"..

coba mana contohnya....

hahaha
maling teriak maling..
kardus teriak kardus..
wkwkw
Kalau saya, kebenaran tertinggi adalah alkitab.
Kalau ada perbedaan tafsiran misalnya saya dan pendeta saya, bisa jadi saya yang salah, atau pendeta saya yang salah, atau dua-duanya salah. Perbedaan tafsir ginian itu biasa. Bisa didiskusikan.

Seperti di forum ini, masing-masing mengemukakan pendapatnya disertai dasar ayatnya. Tapi tidak mengklaim tafsirannya paling benar. Yang paling benar adalah alkitab. Semua tafsiran kami tidak ada yang sempurna.

Nah, badut konyol kayak elu, bisanya cuma nuduh orang yang berdiskusi sebagai sok jadi Tuhan. Terus menerus nyerang orangnya, pokoknya ngatain biar mengesankan orang yang berdiskusi itu sok bener.

dongok kok gak sembuh-sembuh...
If salvation can be lost, then who is righteous enough to keep their own salvation?
August 10, 2018, 08:24:22 PM
Reply #3502
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 10523
Kalau saya, kebenaran tertinggi adalah alkitab.
Kalau ada perbedaan tafsiran misalnya saya dan pendeta saya, bisa jadi saya yang salah, atau pendeta saya yang salah, atau dua-duanya salah. Perbedaan tafsir ginian itu biasa. Bisa didiskusikan.
lha iya.. kalo memang biasa..
tolong kasih contoh aja..
perbedaan tafsir spt apa yang ternyata tafsir aleph lebih murni & "mengkoreksi kekeliruan" tafsir pendetong..


Quote
Seperti di forum ini, masing-masing mengemukakan pendapatnya disertai dasar ayatnya. Tapi tidak mengklaim tafsirannya paling benar. Yang paling benar adalah alkitab. Semua tafsiran kami tidak ada yang sempurna.
ah masa...
tidak mengklaim paling benar, tapi kok "mengkoreksi kekeliiruan" orang lain?
hahaha... cmon man.... you are talking to adults here man.... wkwkwk

Quote
Nah, badut konyol kayak elu, bisanya cuma nuduh orang yang berdiskusi sebagai sok jadi Tuhan. Terus menerus nyerang orangnya, pokoknya ngatain biar mengesankan orang yang berdiskusi itu sok bener.

dongok kok gak sembuh-sembuh...
lah, kalo elo hobi bilang:
- pikiran tuhan itu gini..
- logika alkitab itu gitu
- alkitab mengajarkan gitu
- inilah maksud tuhan atas ayat xx:yy
- begini lho ajaran yang paling murni dan yang dikehendaki tuhan..
- dan sterusnya...

itu enggak perlu dituduh mas..
itu dengan jelas elo sudah memegahkan dirimu setara dengan tuhan...

itu sudah jelas sekali..ahahaha..
mau ngeles?
August 10, 2018, 10:45:30 PM
Reply #3503
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2228
  • Gender: Male
  • Denominasi: Bukan Denominasi
Itu pemahaman @alephtav.
Faktanya, @Sotardugur Parreva boleh dan malah dianjurkan untuk membaca Alkitab setiap hari. Bahkan, sedikitnya tiga ayat yang satunya pasti dari Injil, yaitu Bacaan Pertama, Bacaan Kedua, dan Bacaan Injil.
Pada ayat yang perlu diketahui maksud dan tujuannya, dalam hal seperti itu memang menggunakan tafsir dari pemegang kewenangan mengajar (Magisterium). Bukan menafsir seenak jidat. :D

Salam damai.
Makanya saya katakan, dasar dari ajaran anda adalah Magisterium + Tafsir Magisterium, bukan alkitab.
Karena kalau membaca alkitab sendiri dan mendapati tafsirannya berbeda dengan tafsir magisterium maka harus percaya kepada yang tafsir magisterium.
Lha ya memang iya.
Apakah @alephtav tidak mengetahui bahwa Alkitab (Scriptura) itu terbentuk dari ajaran pemegang kewenangan mengajar yang disebut Magisterium? Selaku pemegang kewenangan mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Yesus Kristus dan senantiasa disertai sampai kepada akhir zaman, pemahamanku menuntunku untuk tunduk pada ajaran Magisterium. Selain itu, dalam menggereja, komunitasku mewarisi Tradisi Gereja yang turun-temurun dari generasi ke generasi sampai ke akhir zaman.
Alkitab (Scriptura) itu sendiri adalah ajaran rasul yang tertulis, lhoh.
Selain dihimbau memegang ajaran rasul yang tertulis, komunitasku juga dihimbau memegang ajaran lisan dari Magisterium.
Pihak yang memegang kompetensi menafsirkan Alkitab (Scriptura) itu, ya pemegang kewenangan mengajar (Magisterium). Bukan orang perorangan dari jemaat.
Kupikir, hal itu sangat logis, mengingat pada saat sebelum Yesus Kristus naik ke sorga, tidak semua pengikut Kristus diberi kompetensi mengajarkan segala sesuatu yang diperintahkan Yesus Kristus. Jika memberitakan Yesus Kristus, memang kewajiban bagi seluruh jemaat Kristus. Kalo mengajar, itu adalah kompetensi penerima kewenangan mengajar (Magisterium). Jika di komunitasmu semua orang berhak menafsirkan Scriptura, ya terserah saja.

Salam damai.
Rawat empat pilar kebangsaan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika
Kita Bhinneka kita Indonesia
August 11, 2018, 09:25:16 AM
Reply #3504
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9235
Alkitab di tulis lebih kurang 40 orang dalam kurun waktu yang berbeda dan bersinabungan, selama 1500 thn.

Alkitab ditulis  :
* Ada kesatuan dalam tema
* Konsistensi dalam konsep.
* perkembangan secara logis.
* keragaman dalam doktrin.

Pusat Alkitab adalah Kristus Yesus , bukan Maria , Puas , megisterium.

Alkitab membuktikan dirinya sendiri sebagai Firman Tuhan , Pernyataan Allah dimana Allah memperkenalkan diriNYa pada UmatNya.

Seluruh hidup anak anak Tuan, kepunyaan Allah berpusat pada Peryataan Allah yang otoritas dan berdaulat.

1 Yohanes 2:27
Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu--dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta--dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.

Ayat ini bagi anak anak Tuhan yang telah dewasa , dan yang sungguh sungguh belajar Firman Tuhan dengan bimbingan ROH KUDUS.

Terutama menerima Firman Tuhan apa adanya, tanpa menambah nambah seperti,menggantikan Tuhan Yesus sebagai PENGANTARA menjadi Maria, Paus yang tidak mungkin salah dll.

Itu sebabnya anak anak Tuhan memerlukan sola scriptura , untuk menjaga keutuhan dan kebenaran Allah.

Penafsiran anak Tuhan , senantiasa dipimpin oleh ROH KUDUS yang telah diberikan oleh Allah.

Kalau tidak percaya pada pekerjaan ROH KUDUS, berarti didalam dirinya belum DIMATERAIKAN OLEH ROH KUDUS.

Yoh
14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu

14:26 tetapi Penghibur, yaitu ROH KUDUS, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Demikianlah manusia yang tidak mengenal ROH KUDUS, sehingga lebih PERCAYA MANUSIA DARI PADA ALLAH ROH KUDUS.

Seandainya memang ada ROH KUDUS dalam dirinya, niscaya dia akan percaya padaa pekerjaan ROH KUDUS.

Bagi manusia yang tidak dimaterai oleh ROH KUDUS, mereka hanya percaya pada MANUSIA BELAKA.

SOLA SCRIPTURA adalah pedoman ROH KUDUS memimpin hidup kita, ROH KUDUS memimpin dan mengajar BUKAN DENGAN SUARA YANG TERDENGAR, TETAPI MELALUI ALKITAB.

« Last Edit: August 11, 2018, 12:03:31 PM by RITA RATINA »
August 11, 2018, 10:26:02 AM
Reply #3505
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4556
--- edit ---
Orang yang tidak mempunyai IMAN DARI ALLAH , tentu senantiasa menolak OTOTRITAS ALKITAB YANG DITULIS ALLAH ROH KUDUS, YANG MENGGERAKKAN ORANG ORANG UNTUK MENULIS ALKITAB DAN MENGKANONISASI ALKITAB.

Orang yang tidak mempunyai IMAN, TENTU SENANTIASA MENOLAK BAPA BAP GEREJA YANG DI INSPIRASI DAN DIGERAKKAN OLEH ALLAH ROH KUDUS.

Tidak heran terus menerus menolak ototritas alkitab, karena merasa manusia lah yang berkuasa mengatus alkitab, memilah mana yang sesuai dengan keinginannya, dan membuat peraturan sendiri yang sesuai dengan kehendaknya.

Itu makanya TIDAK PERNAH ADA TITIK TEMU DALAM HAL SOLA SCRIPTURA, dimana OTOTRITAS ROH KUDUS YANG INFALLIABLE DIPERTANYAKAN.

menarik sekali mbak Rita
anda percaya pada alkitab yang di kanon oleh bapa Gereja
tapi apa anda percaya pada apa yang dikatakan oleh salah satu bapa Gereja yang mengkanon alkitab

St. Athanasius (373), “O, Perawan yang terberkati, sungguh engkau lebih besar daripada semua kebesaran yang lain. Sebab siapakah yang sama dengan kebesaranmu, O tempat kediaman Sang Sabda Allah? Kepada ciptaan mana, harus kubandingkan dengan engkau, O Perawan? Engkau lebih besar daripada semua ciptaan, O Tabut Perjanjian, yang dilapis dengan kemurnian, bukannya dengan emas! Engkau adalah Tabut Perjanjian yang didalamnya terdapat bejana emas yang berisi manna yang sejati, yaitu: daging di mana Ke-Allahan tinggal.” (St. Athanasius, Homily of the Papyrus of Turin, 71:216)

yang satu diterima, yang lain ditolak?? hehehe
saya copas lagi ya tulisan anda, saya revisi sedikit, karena saya lihat tulisan anda penuh kegelisahan, sehingga sampai typo wkwkwk
Orang yang tidak mempunyai IMAN, TENTU SENANTIASA MENOLAK BAPA GEREJA YANG DI INSPIRASI DAN DIGERAKKAN OLEH ALLAH ROH KUDUS.
August 11, 2018, 10:32:21 AM
Reply #3506
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4556
Kalau gak sola scriptura berarti, scriptura + (sesuatu).
Kalau (sesuatu) itu bertentangan dengan scriptura gimana?

pertanyaannya mungkin lebih, kalau tidak bertentangan bagaimana??
bertentangan atau tidak tergantung pada sudut pandang
contoh pada ayat "jangan membuat patung"
sebagian protestan memandang kalimat itu sepotong dan literal, katolik memilih memandang kalimat itu kalimat itu dalam satu kesatuan utuh "jangan membuat patung untuk disembah"
itu kenyataannya, sama2 punya tafsir
silahkan masing2 pilih mana yang dipercaya
August 11, 2018, 10:42:41 AM
Reply #3507
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4556
Matius 19:11
Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Tidak semua orang dapat mengerti perkataan itu, hanya mereka yang dikaruniai saja.

Matius 19:11
Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Tidak semua orang dapat mengerti perkataan itu, hanya mereka yang dikaruniai saja.

Pokok e Meg---------- the best , alkitab tidak perlu .

jadi mbak Rita ngerti perkataan Allah??
katanya kemarin ngerti kalimat Allah yang suruh kebaskan debu lalu pergi??
kok sampe sekarang belum pergi??
masih belom ngerti perkataan juga toch
terima kasih loch konfirmnya :afro:
 ;D ;D ;D
August 11, 2018, 10:47:07 AM
Reply #3508
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4556
Alkitab merupakan dasar dan pedoman anak anak Tuhan, yang telah dtulis oleh Allah ROH KUDUS.

Kalau tidak percaya bahwa Alkitab adalah satu satunya pedoman dan dasar hidup anak Tuhan, berarti anak gampangan , yang sembarangan mencari dan percaya peraturan peraturan MANUSIA dari pada TULISAN ALLAH ROH KUDUS.

Itu makanya kesulitan kesulitan bagi orang orang yang suka menyembah manusia, lebih suka peraturan manusia dari pada peraturan Allah.

karena peraturan manusia yang dibuat oleh manusia dapat sesuka di atur menurut ambisi manusia, bukannya mencari KEHENDAK ALLAH.

kalimat anda menarik yang di bold oleh saya
coba perhatikan tulisan anda
ambisi anda yang berusaha mencari kehendak Allah justru membuat mata anda buta
Alkitab di tulis oleh para rasul, di kumpulkan oleh para bapa Gereja dengan insprirasi ROH KUDUS anda percaya
tapi tulisan para bapa Gereja yang membantu mengumpulkan lalu ikut dalam proses kanonisasi alkitab anda tolak
ambisi apa lagi yang anda cari mbak??
 :mad0261:
August 11, 2018, 10:48:19 AM
Reply #3509
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 4556
mungkin waktu itu tuhan keliru bersabda...
dan rita sudah "mengkoreksi kekeliruan" Tuhan agar bersabda yang benar...

mungkin sabda yang benar-ya adalah "kelilipan debu".... bukan "kebasin debu"

demikianlah sabda rita..
ada aminnn semuanyaaa..
ahahahahaha

aduh baru tahu saya ayatnya ada "kelilipan debu"
wkwkwk
 :cheesy:
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)