Author Topic: Sola Scriptura  (Read 124238 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

June 12, 2008, 07:53:40 AM
Reply #60
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101

dan tulisan2 disini yg mengatakan gereja gagal, apalagi klo anda baca dalam topik purgatory, apakah itu bukan bentuk provokasi ???


Apa jadinya negara ini kalau bertanya baik-baikpun sudah tidak bisa?
Apakah doktrin ini sudah tidak bisa diusik sama sekali?

Saya buat topik itu karena saya dengan niat benar-benar ingin bertanya karena kebetulan ada rombongan teman-teman dari Katolik yang menjadi member. Harus seperti apa kami bertanya supaya tidak dianggap provokasi?

Asumsi ceroboh seperti itu sama sekali tidak menolong kami untuk terbuka terhadap doktrin Katolik.

But it's okay... karena memang ada perbedaan mendasar antara anda dengan saya:
saya ke sini jg bukan utk bersekutu dgn anda..or protestan disini...saya disini mau tambah ilmu..



saya tidak menyalahkan anda bro klo mau bertanya...saya hanya kecewa dgn cara menjawab orang2 disni....sdh ga tau, jawab seenaknya dan menghina....
coba kamu baca komentar berikut :

Quote from: quoteerzet

ga tau tuh artinya apaan, tapi dari penjabaran postingan di atas + encyclopedia itu kok jadi aneh yak? kok sama dengan pemahaman ajaran bani kedar yang masuk ke akhirat dulu (dihukum dulu atas dosa2nya) setelah suci baru bisa masuk surga...

Quote from: Lukas
Dahulu pernah diskusi ma tetangga dari bani kedar, istilah yang mereka gunakan adalah "perebusan", yah... amper sama sih cara kerja-nya ama pencucian...

Quote from: erzet
halah, diREBUS? abis itu baru masuk surga? 

apa begitu yg bukan provokatif ???
June 12, 2008, 07:55:23 AM
Reply #61
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101


Quote
baca David A. Barrett, World Christian Encyclopedia, 2001..
ini saya pastekan jumlah denominasi protestan thn 2004.

And did you know that D.Barrett juga berkata bahwa Roma Katolik mempunyai lebih dari 30 denominations? Bagaimana dgn klaim Roma Katolik hanya merupakan satu denominasi?

Lihat lagi angka yg diberikan Barret dihalaman 12, ini yg dia berikan:


Mega Bloc:        Denomination
Roman Catholic   239
Orthodox           764
Protestant         8848
Anglican            168
Marginal             1488
Independent       21582
Total                 33089


Jadi ternyata angka tersebut mencangkup Gereja anda juga, dan ternyata Gereja anda ini punya 239 denominasi


berarti anda belum paham maksudnya...Gereja Katolik yg terpecah tersebut 239, adalah angka yg dibentuk yg benar2 keluar dari Gereja Katolik dan tidak memakai embel2 Roma Katolik...
dan dari 239 itu, terbentuklah pecahan2an baru...salah satunya adalah Protestan itu...
gitu bro..klo Katolik Roma..sampai saat ini,detik ini, hanya ada 1...
yg 239 itu, tidak ada hubungannya lagi sama Roma Katolik.


Entah Barret yang salah tulis, Sandpiper yang salah kutip atau bro Cah yang salah lihat. Tapi jelas ditulis:

Mega Bloc:        Denomination
Roman Catholic   239

Anda yang merefer buku Barrett kan? Coba diperiksa kebenarannya di halaman 12 itu. Soalnya saya gak punya bukunya. Jadi kepingin tahu apa maksud si Barrett.



sudah saya katakan diatas..klo roma katolik itu cuma ada 1...yg masih dibawah naungan Paus...
klo sdh diluar itu, itu bukan katolik, tetapi protestan dan rekan2nya...
so, 33089 jumlah total, kurangi saja 1 utk katoli....maka sisannya adalah perpecahan alias protestan...
June 12, 2008, 08:51:46 AM
Reply #62
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 44
Quote
sudah saya katakan diatas..klo roma katolik itu cuma ada 1...yg masih dibawah naungan Paus...
klo sdh diluar itu, itu bukan katolik, tetapi protestan dan rekan2nya...
so, 33089 jumlah total, kurangi saja 1 utk katoli....maka sisannya adalah perpecahan alias protestan...

Berarti anda menentang apa yang dikatakan oleh Barat bahwa 239 denominasi Roman Catholic?
June 12, 2008, 11:34:04 AM
Reply #63
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
Quote
sudah saya katakan diatas..klo roma katolik itu cuma ada 1...yg masih dibawah naungan Paus...
klo sdh diluar itu, itu bukan katolik, tetapi protestan dan rekan2nya...
so, 33089 jumlah total, kurangi saja 1 utk katoli....maka sisannya adalah perpecahan alias protestan...

Berarti anda menentang apa yang dikatakan oleh Barat bahwa 239 denominasi Roman Catholic?

dgn tegas saya membantah...gereja katolik hanya 1...terserah di buku tersebut disebut 239...
point saya disini menunjukkan bahwa diluar gereja katoli (maka protestan) jumlahnya 33000 an...
Dan Gereja Kristus hanya bisa ada satu (Eph 4:4-5; Yoh 17:21). Jumlah apapun yang lebih dari satu itu bukan Gereja Kristus.

kita lihat saja 10 thn kedepan, berapa lagi jumlah protestan akan bertambah...
masing2 merasa dituntun ROH KUDUS...dan merasa dia yg benar....
June 12, 2008, 12:03:32 PM
Reply #64
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 44
Quote
dgn tegas saya membantah...gereja katolik hanya 1...terserah di buku tersebut disebut 239...
point saya disini menunjukkan bahwa diluar gereja katoli (maka protestan) jumlahnya 33000 an...
Dan Gereja Kristus hanya bisa ada satu (Eph 4:4-5; Yoh 17:21). Jumlah apapun yang lebih dari satu itu bukan Gereja Kristus.

kita lihat saja 10 thn kedepan, berapa lagi jumlah protestan akan bertambah...
masing2 merasa dituntun ROH KUDUS...dan merasa dia yg benar....

No offense, tapi saya baru ketemu orang katolik yang tidak punya pendirian seperti anda.
Dihalaman sebelah anda pakai tulisan Barrett untuk mendukung argumen anda, tapi pada saat ditanya balik, anda membantah (tidak setuju) dengan tulisan Barrett.

Apa begini cara orang katolik berdiskusi?

Sampai sekarangpun anda belum memberi list "ribuan" buku yang menurut anda bilang tidak dikanonkan. Atau, cuma asal ngomong tanpa ada bukti?
« Last Edit: June 12, 2008, 12:05:27 PM by the wave »
June 12, 2008, 12:10:58 PM
Reply #65
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
Quote
dgn tegas saya membantah...gereja katolik hanya 1...terserah di buku tersebut disebut 239...
point saya disini menunjukkan bahwa diluar gereja katoli (maka protestan) jumlahnya 33000 an...
Dan Gereja Kristus hanya bisa ada satu (Eph 4:4-5; Yoh 17:21). Jumlah apapun yang lebih dari satu itu bukan Gereja Kristus.

kita lihat saja 10 thn kedepan, berapa lagi jumlah protestan akan bertambah...
masing2 merasa dituntun ROH KUDUS...dan merasa dia yg benar....

No offense, tapi saya baru ketemu orang katolik yang tidak punya pendirian seperti anda.
Dihalaman sebelah anda pakai tulisan Barrett untuk mendukung argumen anda, tapi pada saat ditanya balik, anda membantah (tidak setuju) dengan tulisan Barrett.

Apa begini cara orang katolik berdiskusi?

Sampai sekarangpun anda belum memberi list "ribuan" buku yang menurut anda bilang tidak dikanonkan. Atau, cuma asal ngomong tanpa ada bukti?

bro, saya berikan buku itu, krn disitu tertulis berbagai denominasi protestan...bukan utk menunjukkan denominasi katolik..krn emg ga ada denominasi di katolik...
klo masalah buku itu, saya tidak asal ngomong, tapi saya tidak akan mau ngetik disini, capek bro...klo mau, saya kan sdh pernah kasih samplenya, bukunya..
skr niat anda klo mau tau, nyari dong bro...googling...
dan saya jg kan sdh mengatakan...
"taruhlah saya menarik kata2 saya yg mengatakan ribuan...dan saya ganti menjadi banyak..
apakah itu mengurangi makna, bahwa tidak semua buku injil yg dikenal umat itu adalah benar2 injil...butuh gereja (dalam hal ini katolik) utk mengenali dan mengkanonkannya.."

sekarang saya tanya kpd anda pertanyaan yg saya tanya diatas..dan tolong jawab scra jujur...

apakah anda mengakui klo yg mengkanonkan alkitab (PB) adalah Katolik (bukan hanya orang) ????

« Last Edit: June 12, 2008, 12:14:10 PM by cah_samosir »
June 12, 2008, 12:37:22 PM
Reply #66
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 44
Quote
bro, saya berikan buku itu, krn disitu tertulis berbagai denominasi protestan...bukan utk menunjukkan denominasi katolik..krn emg ga ada denominasi di katolik...

Kalau memang ada kontradiksi dengan pemahaman anda, kenapa anda pakai buku itu untuk mendukung argumen anda?

Quote
klo masalah buku itu, saya tidak asal ngomong, tapi saya tidak akan mau ngetik disini, capek bro...klo mau, saya kan sdh pernah kasih samplenya, bukunya..
skr niat anda klo mau tau, nyari dong bro...googling...
dan saya jg kan sdh mengatakan...
"taruhlah saya menarik kata2 saya yg mengatakan ribuan...dan saya ganti menjadi banyak..
apakah itu mengurangi makna, bahwa tidak semua buku injil yg dikenal umat itu adalah benar2 injil...butuh gereja (dalam hal ini katolik) utk mengenali dan mengkanonkannya.."

Bro cah_samosir, saya tidak peduli poin / makna apa yang anda insist untuk sampaikan. Saya cuma minta bukti dari perkataan anda sendiri.


Quote
sekarang saya tanya kpd anda pertanyaan yg saya tanya diatas..dan tolong jawab scra jujur...

apakah anda mengakui klo yg mengkanonkan alkitab (PB) adalah Katolik (bukan hanya orang) ????

Apa hubungan pertanyaan itu dengan argumen saya?
June 12, 2008, 12:46:30 PM
Reply #67
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
Quote
bro, saya berikan buku itu, krn disitu tertulis berbagai denominasi protestan...bukan utk menunjukkan denominasi katolik..krn emg ga ada denominasi di katolik...

Kalau memang ada kontradiksi dengan pemahaman anda, kenapa anda pakai buku itu untuk mendukung argumen anda?
kan saya sdh kasih judul bukunya dihalaman sbelumnya...

Quote
klo masalah buku itu, saya tidak asal ngomong, tapi saya tidak akan mau ngetik disini, capek bro...klo mau, saya kan sdh pernah kasih samplenya, bukunya..
skr niat anda klo mau tau, nyari dong bro...googling...
dan saya jg kan sdh mengatakan...
"taruhlah saya menarik kata2 saya yg mengatakan ribuan...dan saya ganti menjadi banyak..
apakah itu mengurangi makna, bahwa tidak semua buku injil yg dikenal umat itu adalah benar2 injil...butuh gereja (dalam hal ini katolik) utk mengenali dan mengkanonkannya.."

Bro cah_samosir, saya tidak peduli poin / makna apa yang anda insist untuk sampaikan. Saya cuma minta bukti dari perkataan anda sendiri.
sama dgn diatas...


Quote
sekarang saya tanya kpd anda pertanyaan yg saya tanya diatas..dan tolong jawab scra jujur...

apakah anda mengakui klo yg mengkanonkan alkitab (PB) adalah Katolik (bukan hanya orang) ????
Apa hubungan pertanyaan itu dengan argumen saya?
krn intinya adalah, anda dan protestan disini tidak mengakui bahwa :
1. ada banyak buku yg dianggap injil oleh umat dulu sblm alkitab dikanonkan..
2. tidak mengakui bahwa yg mengkanonkan alkitab itu adalah Katolik, bukan orang...

skr, spy tidak terlalu lama berbelit2...
saya akan dgn berbesar hati mengatakan saya keliru mengatakan ribuan buku...saya ralat...
saya katakan ada banyak buku yg dianggap injil oleh umat dulu sblm alkitab dikanonkan, dalam hal ini oleh Katolik...
skr apakah anda akan berbesar hati mengakui 2 hal diatas, or at least menjawab ???

dan satu lagi bro...anda tanya kemana pun dipenjuru dunia ini yg mengatakan ada denominasi di tubuh Katolik Roma (ingat bro, katolik Roma), maka jawabnya adalah tidak ada....
so, Katolik Roma itu hanya ada 1 dari dulu sampai skr, maka klo dalam buku itu ada menyebutkan denominasi katolik, itu adalah haknya...dan bagi saya...itu bukan katolik roma..tetapi masuk dalam protestan...



« Last Edit: June 12, 2008, 12:48:44 PM by cah_samosir »
June 12, 2008, 01:38:18 PM
Reply #68
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 44
Quote
kan saya sdh kasih judul bukunya dihalaman sbelumnya...

Bro, saya kan ngga lagi tanya judul bukunya. Saya cuma bingung kenapa anda pakai sesuatu untuk mendukung anda padahal anda sendiri tidak sepaham / setuju sepenuhnya dengan itu.

Quote
krn intinya adalah, anda dan protestan disini tidak mengakui bahwa :
1. ada banyak buku yg dianggap injil oleh umat dulu sblm alkitab dikanonkan..
2. tidak mengakui bahwa yg mengkanonkan alkitab itu adalah Katolik, bukan orang...

Bro cah_samosir, saya tidak pernah mempermasalahkan hal2 tersebut, dan saya juga tidak punya interest untuk diskusi hal2 tersebut. Saya cuma diskusikan arugmen dan poin - poin saya yang saya sampaikan sejak semula dan semuanya sudah terjawab dengan baik.

Kalaupun nanti ada lagi argumen2 yang menurut saya menarik, pasti saya ikut dalam diskusi, dan cuma argumen2 / poin2 tersebut yang saya akan diskusikan, bukan poin2 yang lain.

Thanks.

GBU.
June 12, 2008, 03:16:29 PM
Reply #69
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
saya tetap mau tau jawaban kamu or siapapun yg protestan atas 2 pertanyaan saya ini...ini utk menepis keraguan saya utk bisa lebih terbuka terhadap protestan...

Quote
krn intinya adalah, anda dan protestan disini tidak mengakui bahwa :
1. ada banyak buku yg dianggap injil oleh umat dulu sblm alkitab dikanonkan..
2. tidak mengakui bahwa yg mengkanonkan alkitab itu adalah Katolik, bukan orang...

GBU2

 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)