Author Topic: Sunat  (Read 10915 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

December 21, 2009, 11:07:39 AM
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2739
  • me , just moe without 'o'
Gen 17:10-13
(10) Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;
(11) haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.
(12) Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu.
(13) Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal.


Orang Kristen saat ini mungkin ada yang disunat dan mungkin ada juga yang tidak disunat.
Yang melakukan sunat , berpegang pada salah satu ayat diatas.
Yang tidak melakukan sunat pun juga berpegang pada salah satu ayat Alkitab juga.

1Co 7:19 Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak penting. Yang penting ialah mentaati hukum-hukum Allah.

Gal 5:6 Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam KRISTUS YESUS hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih.

Gal 6:15 Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya.

Alasan lain adalah, kita tidak hidup dibawah Hukum Taurat, melainkan dibawah Hukum Kasih.

Benarkah demikian?

Satu hal benar, bahwa kita ini hidup di bawah Hukum Kasih, namun tidak benar bahwa sunat adalah bagian hukum Taurat, sebab perjanjian Sunat ini adalah perjanjian antara Allah dengan Abram (Abraham), jauh sebelum Taurat diberikan kepada Musa.

Kemudian, apakah maksud pernyataan dari Allah bahwa 'Sunat' adalah tanda perjanjian kekal antara Allah dengan Abraham dan keturunannya?

Sunat ini hanya diperuntukkan bagi anak-anak lelaki saja dan berumur 8 hari. Mengapa?

Saya akan membahasnya dari segi makna 'Perjanjian Sunat' sebenarnya.

1. Sunat bagi anak-anak lelaki

Perlu dipahami,bahwa penampilan gambar-gambar dan istilah-istilah organ repsroduksi berikut hanya untuk islustrasi saja, bukan bertujuan pornografi


Gambar penis sebelum dan sesudah sunat


Gambar 'penis' dengan kulit kulup/penutupnya


Gambar proses sunat

Pria adalah pembawa benih keturunan (sperma) yang dihasilkan oleh testis. Sedangkan penis adalah alat kopulasi nya atau alat berhubungan sex dengan lawan jenis. Penis adalah bagian organ pria yang melakukan penetrasi kedalam vagina wanita.

Penis terdiri dari : kulit kulup/katan ('foreskin') dan kepala penis ('glans'). Sunat adalah proses memotong kulit penutup ini sehingga kepala penis kelihatan 'telanjang - bersih' tanpa penutup apapun.

Kenapa harus dipotong?

Dari segi medis didapat penjelasan sebagai berikut :



Daerah rongga antara kulit katan dan penis ini memiliki potensi sangat besar untuk tempat berkumpulnya kotoran yang terdiri dari : sisa urine beserta endapannya, endapan pergantian kulit katan. Daerah yang kotor ini sangat rawan untuk ditempati oleh berbagai macam bakteri penyakit.
Hal ini sangat rawan sekali bila seorang pria yang tidak disunat melakukan hubungan sexual dengan istri pasangannya, karena kotoran-kotoran ini bisa ikut masuk 'menular' ke pasangannya. Apabila istri pasangannya hamil, maka akan berakibat kepada keturunannya.

Jadi ada 3 akibat yang bisa ditimbulkan :
1. Sumber dan sarang penyakit pada diri sendiri
2. Menular pada orang lain (istri pasangannya)
3. Mencemari kualitas keturunan nya

Kebersihan Penis yang tidak di sunat :
Quote
With the added pleasure of a foreskin comes an added chore or responsibility. Throughout life, a cheesy white material called smegma, consisting primarily of dead skin cells and secretions from the sebaceous glands, will accumulate under the foreskin.

But there’s also a drawback to being uncircumcised. Men with intact foreskins must take care to move it up and down and clean inside the covered areas. Neglecting to do so will lead to a build-up of smelly material that can cause nasty infections after lovemaking.


Sekarang perhatikan beberapa ayat berikut ini :

Deu 10:16 Sebab itu sunatlah hatimu dan janganlah lagi kamu tegar tengkuk.

Lev 26:41 --Akupun bertindak melawan mereka dan membawa mereka ke negeri musuh mereka--atau bila kemudian hati mereka yang tidak bersunat itu telah tunduk dan mereka telah membayar pulih kesalahan mereka,

Rom 2:29 Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah.

Act 7:51 Hai orang-orang yang keras kepala dan yang tidak bersunat hati dan telinga, kamu selalu menentang ROH KUDUS, sama seperti nenek moyangmu, demikian juga kamu.

Jer 4:4 Sunatlah dirimu bagi TUHAN, dan jauhkanlah kulit khatan hatimu, hai orang Yehuda dan penduduk Yerusalem, supaya jangan murka-Ku mengamuk seperti api, dan menyala-nyala dengan tidak ada yang memadamkan, oleh karena perbuatan-perbuatanmu yang jahat!"


Pesan yang Tuhan mau sampaikan adalah :
1. Berilah hati mu disunat
2. ..jauhkanlah kulit khatan hatimu

Kenapa Sunat hati?

Hati layaknya penis, adalah tempat dihasilkannya 'benih'. Hati menghasilkan 'benih' iman. Iman itu tumbuh dalam hati kita (Rom 10:10)
Karena itu Tuhan meminta kita agar 'hati' kita disunat, 'kulit katan' pembungkus hati kita dibuang, agar hati kita nampak telanjang dan bersih dihadapan Tuhan.
Tidak ada satupun yang tersembunyi. Tidak ada satupun yang bisa kita sembunyikan, karena kulit katan itu sudang dibuang.
Tidak ada lagi kepahitan, kebencian, dendam, sakit hati, kekecewaan, ketamakan.
Tidak ada lagi: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. (Gal 5:19-21)

Namun yang ada adalah hati yang bersih dan tulus iklas. Allah sanggup melihat paling dalam dan tersembunyi (Jer_17:10; Rom_8:27) dan yang ada dan Allah temukan adalah : kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri (Gal 5:22-23), bila kita bersunat hati.

2. Umur 8 hari

Bila dilihat dari waktu penciptaan alam semesta, hari ke-8 adalah hari baru [new beginning] atau hari pertama pada minggu itu, itulah hari baru buat manusia ciptaan baru, manusia yang telah bersunat hati.

Gal 6:15 ....tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya.

2Co 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam KRISTUS, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.


Shalom

Shabbat, 16th Sivan, 5767

_______________________________________________________________________________

Senin, 21 Desember 2009

Catatan tambahan :

Tulisan diatas saya buat untuk menyingkap makna  rohani dari sunat jasmani, jadi saya meninjaunya dari dua sudut pandang tersebut. Karena saya percaya ada makna rohani dibalik suatu pengajaran didalam alam jasmani.

Untuk berbicara dengan kanak-kanak, kita memerlukan bahasa kanak-kanak, namun ketika beranjak dewasa, kita meninggalkan bahasa kanak-kanak tadi dan berbicara secara dewasa [penyingkapan, terus-terang]


Saya pribadi sendiri melakukan sunat jasmani, namun bukan alasan keselamatan tetapi sbg alasan kesehatan, karena keselamatan adalah iman dan benih iman itu tumbuh dalam hati. Benih adalah sperma, maka benih ini harus tumbuh dalam lingkungan yang sehat.

Sperma jasmani memerlukan lingkungan penis yang sehat, tidak ada kotoran yang menyelimutinya.

Demikian pula, sperma rohani memerlukan lingkungan hati yang sehat.

Sunat hati, digambarkan atau diajarkan melalui sunat jasmani.


Adalah salah , bila mengejar keselamatan dg melakukan sunat jasmani, inilah pokok yang ditegaskan oleh Paulus.



http://rotihidup.blogspot.com/2007/06/sunat.html
« Last Edit: December 21, 2009, 11:09:55 AM by moe »
[image] of mine  is  God's own [image]

http://rotihidup.blogspot.com/

His crown was of thorns
His throne was a cross
His glory was humiliation

(the wisdom of the desert)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)