Author Topic: Matius 16:18  (Read 40405 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 29, 2008, 10:04:10 PM
Reply #30
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 5
What? Just like that? How disappointing...in the end the topic just being left aside because of unwillingness to research...

@ moe:
Silahkan anda baca http://www.aramaicpes[h]itta.com/pes[h]itta.htm
(Hilangkan simbol [] di sekitar huruf 'h')

Memang sangat disayangkan bahwa manuscript aslinya memang sudah hilang untuk selamanya. Jangan lupa baca berulang-ulang kata-kata yang diwarnai merah di paragraf ke-3, ya.
May 29, 2008, 11:08:54 PM
Reply #31
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 102
  • Gender: Male
  • Christ is my portion !
Saya kira , forum ini harus jelas tujuannya untuk apa, tuan rumahnya siapa, dan apa misi dari forum ini ?
Saya bukannya tidak mau membantah semua doktrin Roman Catholic, tetapi saya kira tidak membangun bila ditempatkan pada situasi (forum) seperti ini. Saya sama sekali tidak takut untuk membereskan satu demi satu doktrin Roman Catholic yang keliru disini seperti Salvation Through The Church,Salvation Through Good Works , The Pope: Vicar of Christ ,The Pope: Infallible, The Mass, Rosary, Purgatory,Praying to Saints,Praying for the Dead,Penance,  Mary: The Intercessor, Interpreting God' s Word , Mary: Perpetual Virgin,Indulgences dan masih banyak yang lainnya.
Untuk doktrin mengenai Roman Catholic, saya kira sudah banyak referensi yang saya punya mengenai false doctrine (teaching) of Roman Catholic dan semuanya cukup dibantah melalui Alkitab saja.
Tapi buat apa bagi saya kalau ujung-ujungnya jadi debat kusir. Dan saya berharap agar forum ini jelas tujuannya untuk apa dan siapa tuan rumahnya dan apa misinya?
Saya memahami penulisan sdr. sandpiper sebagai advisor karena sampai sekarang saya menganggap bahwa ini adalah forum Kristen (non Roman Catholic), jadinya misinya adalah membawa pengajaran yang tidak menyimpang menurut sudut pandang Kristen (non Roman Catholic).
Jadi saya harap para moderator disini walaupun nih forum terbuka untuk umum harap diperjelas tujuannya dan tuan rumahnya siapa. Saya tahu nih forum netral, tapi jika memang tuan rumahnya adalah Kristen (non Roman Catholic), saya berharap agar member Roman Catholic disini juga bersifat menghormati misi dari orang Kristen (non Roman Catholic) disini. Sama seperti ada forum ekaristi.org yang mempunyai misi lain yaitu menyampaikan menurut sudut pandang Roman Catholic , dan saya pun hanya sekilas saja melihat forum ekaristi.org tersebut dan tidak meregistrasikan diri disana.
Kalau para member yang Roman Catholic hendak menyampaikan pesan disini, harap diingat bahwa ini adalah forum Kristen (non Roman Catholic) --- at least inilah yang saya anggap sampai sekarang ---, jadi bertindaklah sebagai tamu ya.
Bukannya apa-apa, saya mengatakan ini untuk menjaga agar forum ini jangan memanas seperti di forum-forum lain dan berubah menjadi debat kusir, karena memang paham Roman Catholic memang sudah beda dan tidak akan bisa disatukan lagi bahkan sampai Tuhan datang kembali dengan paham orang Kristen (non Roman Catholic) yang bersandar pada Alkitab semata (Sola Scriptura).
Jadi saya sangat mengharapkan agar forum ini jelas, misi, tuan rumah siapa. Dan jika memang misinya sesuai dengan Sola Scriptura, apa yang disampaikan sdr.sandpiper sebagai FK Advisor sangatlah jelas.
Bukannya tidak berani menerima tantangan dari para member Roman Catholic disini, cuma dalam menjawab kalian (member Roman Catholic) harus mempunyai kesadaran bahwa ini bukanlah forum ekaristi.org tetapi adalah forumkristen.com. Jadi pergunakan bahasa yang agak sopan dan tepat.
Jika sdr.sandpiper dan saya dan member lain menentang doktrin (pengajaran) Roman Catholic, hal ini saya kira jelas, bahwa tujuan dari forum ini adalah memberikan perkataan yang sehat ditinjau dari sudut pandang kami (non Roman Catholic). Tetapi kalau kalian menyanggahnya, harap bertindak sebagai tamu, dan jangan bertindak seolah-olah kalian sedang berada di forum ekaristi.org .ok.

Maaf kepada moderator ya jika saya bertindak agak melangkahi.


Salam Kasih dalam Tuhan Yesus Kristus  :)

 
« Last Edit: May 29, 2008, 11:44:22 PM by Newman »
"If God spare my life, I will see to it that the boy who drives the plowshare knows more of the scripture than you, Sir!"
May 30, 2008, 04:05:16 AM
Reply #32
  • FK Friend
  • FK - Senior
  • ******
  • Posts: 314
  • Gender: Male
No. Silahkan baca e-book yang link-nya sudah saya berikan. Sikap anda jelas tidak menggubris sumber saya. Baca juga isi website-nya.
http://www.aramaicpes[h]itta.com/
(hilangkan simbol[] di sekitar huruf 'h')
Siapa bilang?
http://www.v-a.com/bible/
Anda bisa cari sendiri injil Matius di website tersebut. Dan sebelum anda mencarinya coba anda baca dulu isi homepage-nya di bagian paling atas dan Translator Note-nya.


1. Jangan menuduh orang seenaknya, saya sudah mencoba click akan bad link aramiacpes#$%ta yg diberikan tapi tidak bisa diakses sebelumnya.

2. Website /www.v-a.com/bible mengajarkan bahwa semua Perjanjian Baru ditulis dalam bahasa Aramaic aslinya. Apakah ini yg anda juga percayai? Aneh sekali kalau begitu, mengapa sekarang Alkitab dimana2 mengunakan manuskrip Greek dan bukannya Pesitta buat ditranslasi?

3. Pesitta  adalah Alkitab yg ditranslasi dari bahasa Greek, bukan sebaliknya. Itu adalah consensus para ahli Alkitab Syria secara mayoritas. Website yg anda berikan yg berkata bahwa Pesitta lebih tua dari Injil dalam bahasa Koine Greek adalah berada dipihak minoritas . Kalau hanya yg sebagian kecil scholars yg percaya, that’s hardly what you can call as proof

Quote
"Almost all Syriac scholars agree that the Pes#$%ta gospels are translations of the Greek originals. A minority viewpoint is that the Pes#$%ta represent the original New Testament and the Greek is a translation of it. “
Link: http://en.wikipedia.org/wiki/Pes#$%ta


Dr Kurt Alland, yg merupakan the leading New Testament Scholar dan seorang Editor Greek New Testament yang digunakan oleh semua English Bibles translations berkata bahwa
Quote
There is no longer any doubt that Greek was the language in which all the part of the New Testament was originally written, although Aramaic Christian texts may have circulated in the period begore our Gospels (if an Aramaic tradition ever actually existed in the written and not merely an oral form…The New Testament was written in Koine Greek. The Greek of daily conversation. The fact that from the first all the New Testament writings were written in Greek is conclusively demonstrated by their citations from the Old Testament, which are from the Septuagint, the Greek translation of the Old Testament, and not from the original Hebrew text… ” (The Text of the New Testament an Introduction to the Critical Editions and to the Theory and Practice of Modern Textual Criticism, hal. 52)


Mark R Norton, Editor dari Tyndale House Publisher menulis:
Quote
Because they live in the Hellenized world, the New Testament writers spoke Greek, read Greek and wrote Greek. The kind of language they wrote was the common language (koine) of the Greco-Roman world. (The Origin Of The Bible, hal.207)


Selain itu Pesitta yg ditemukan adalah manuskrip yg berumur di abad 4 atau 5, dan tidak memiliki kitab 2 Peter, 2 and 3 John, Jude, and Revelation .

Jadi kalau anda mau berikan bukti bahwa ada manuskrip Pes#$%ta yg lebih tua dari manuskrip Greek, silahkan berikan buktinya

Quote

Ya. Silahkan anda cari saja di internet alkitab berbahasa aram. Banyak koq website yang punya.

Ini bukan soal ada Alkitab bahasa Aram sekarang ini, yg saya sedang bicarakan adalah mengenai teks asli Alkitab


Quote

(-.-)'...apanya yang masuk akal? Kalau anda baca ayat ybs anda hanya akan menemukan kata ganti kedua singular dalam bahasa apapun. Mana mungkin menggunakan kata ganti orang kedua untuk menunjuk orang pertama? aturan bahasa mana itu?


Anda berasumsi bahwa ketika Yesus berkata “diatas batu karang ini” itu harus selalu menunjuk kepada Petrus yg terakhir disebut. Tapi itu adalah aturan gaya bahasa Inggris, bukannya Koine Greek. 

Pengertian pembicaraan dlm bahasa Greek tidak ditentukan oleh word-order melainkan oleh inflections. Oleh karena itu word-order jauh lebih flexible dibanding bahasa inggris

Quote
...(-_-)' anda nggak baca argumen saya, ya? Apa saya harus copy-paste tulisan saya buat menjawab hal yang sudah ditanyakan ini? Baca lagi argumen saya di post pertama saya sekaligus baca sumber kedua yang saya berikan.

Jadi saya mohon dengan sangat! Sebelum ada lagi yang mau nge-post di thread ini mohon DIBACA DULU sumber-sumber yang saya berikan!


Argumen macam apa yg anda berikan? Anda hanya berdasarkan argument aturan bahasa yg sesuai bahasa Inggris dan bukan Koine Greek

Even sumber yg anda berikan, Karl Keating, walaupun percaya bahwa Injil Matius ditulis dalam Aramaic juga berkata bahwa Perjanjian Baru lainnya  ditulis dalam Koine Greek, bukan Aramaic.
Quote
The difference in meaning can only be found in Attic Greek, but the New Testament was written in Koine Greek—an entirely different dialect. In Koine Greek, both petros and petra simply meant "rock." If Jesus had wanted to call Simon a small stone, the Greek lithos would have been used. The missionary’s argument didn’t work and showed a faulty knowledge of Greek. (For an Evangelical Protestant Greek scholar’s admission of this, see D. A. Carson, The Expositor’s Bible Commentary [Grand Rapids: Zondervan, 1984], Frank E. Gaebelein, ed., 8:368).


Tetapi website pertama yg anda berikan jelas2 berkata bahwa semua Alkitab Perjanjian Baru ditulis dalam bahasa Aramic.

Mari lihat apa yg ditulis diwebsite v-a.com ini lebih lanjut:
Quote
Of course, languages evolve and mistakes are carried over into translations of the Scriptures. However, the mistakes in the Western Bibles are deliberate distortions, and that is why they have no intention of correcting them. So the Western Churches are going to continue claiming that the New Testament was originated in Greek and the seminaries will continue to teach the Hebrew that denies that the name of Eashoa comes from the Old Testament and that the concept of the Trinity is recorded in the Scriptures, and so on.


Penulis di website berkata bahwa Alkitab Gereja Barat mempunyai banyak distortions (penyesatan yg disengaja) dan ia menuduh kita semua tidak berminat / menginginkan adanya suatu koreksi. Rupanya sang penulis kita ini anti Gereja Barat

Another interesting comment from the website:
Quote
Through the process of translation, I gathered that the original Greek translations and to some extent the original Latin translations from the Ancient Aramaic were better than the ones attempted after the Middle Ages. The early Greek translators spoke the Ancient Aramaic language well, so the "Greek Original" was a pretty good translation as translations go. However, as the Roman Church took over and drove the Church of the East out of Urhai, toward the Persian Empire, the process of changing the Scriptures began. There were no longer any native Aramaic speaking theologians left to deal with.

When Islam started in the 7th Century, the Church of the East came under further persecution. However, there was a difference between the persecution from the West and the persecution from Islam. Islam wasn't interested in the Bible. They were interested in taking over the lands. The Roman Church was interested in controlling the Christian doctrines. (http://www.v-a.com/bible/aramaic_translation_intro.html)


So basically this guy is blaming your Church for what happened to the Church of the East. Aneh kok anda ini yg penganut Roma Katolik malah endorse website spt ini.

Juga tambahan artikel lain yg bisa dibaca mengenai Mat 16: http://www.geocities.com/trvalentine/orthodox/rock.html


Rupanya anda ini adalah org yg kesulitan mengontrol emosi dalam berargumentasi. Saya peringatkan anda untuk bersikap sopan di forum ini. Apakah begini gaya / cara apologist Roma Katolik berargumen?
« Last Edit: May 30, 2008, 08:07:34 AM by sandpiper »
For I determined not to know anything ... except Jesus Christ and Him crucified.
May 30, 2008, 08:31:53 AM
Reply #33
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
Saya kira , forum ini harus jelas tujuannya untuk apa, tuan rumahnya siapa, dan apa misi dari forum ini ?

saya juga tau...saya hanya tamu di room ini...dan anda yg protestan adalah tuan rumah yg baik dan ramah di room ini...


Saya bukannya tidak mau membantah semua doktrin Roman Catholic, tetapi saya kira tidak membangun bila ditempatkan pada situasi (forum) seperti ini. Saya sama sekali tidak takut untuk membereskan satu demi satu doktrin Roman Catholic yang keliru disini seperti Salvation Through The Church,Salvation Through Good Works , The Pope: Vicar of Christ ,The Pope: Infallible, The Mass, Rosary, Purgatory,Praying to Saints,Praying for the Dead,Penance,  Mary: The Intercessor, Interpreting God' s Word , Mary: Perpetual Virgin,Indulgences dan masih banyak yang lainnya.


klo emg anda tujuannya cuma membantah, silahkan...sepanjang anda melakukannya dgn cara2 yg sopan dan rasa niat ingin belajar, mari kita belajar bersama...
disini anda sdh angkat beberapa topik yg ingin anda bantah tentang katolik, silahkan dimulai klo emg berniat...
ga masalah klo emg ini room FK apalagi di room ekaristi.org, dan bukannya anda sdh memulai  ???


Untuk doktrin mengenai Roman Catholic, saya kira sudah banyak referensi yang saya punya mengenai false doctrine (teaching) of Roman Catholic dan semuanya cukup dibantah melalui Alkitab saja.

lanjut bro...mari kita belajar bersama...
btw, lagi2 anda sdh menunjukkan kebencian anda terhadap katolik dgn mengatakan false doctrin tanpa bukti...dihalaman sebelumnya saya katakan kpd anda, tunjukkan buktinya..jgn cuma ngomong doang...klo begitu, anda sama saja dgn muslim yg mengatakan Kristen kafir,
alkitab palsu, etc, tapi tanpa bisa menunjukkan bukti dan argumen, hny krn perasaan dengki semata...
ingat bro, dengki tanda tak mampu...hehehehehehe


Tapi buat apa bagi saya kalau ujung-ujungnya jadi debat kusir. Dan saya berharap agar forum ini jelas tujuannya untuk apa dan siapa tuan rumahnya dan apa misinya?


sekali saya katakan, saya hanya tamu di room ini...dan anda yg protestan adalah tuan rumah yg baik dan ramah di room ini...
dan yg mengajak anda debat kusir siapa ??? anda memulai dgn tuduhan yg bukan2 tentang katolik, dan saya sdh jelaskan, tapi kembali anda menuduh yg bukan2 lagi...so, siapa yg tidak mencoba menjadi nice guys ???

Saya memahami penulisan sdr. sandpiper sebagai advisor karena sampai sekarang saya menganggap bahwa ini adalah forum Kristen (non Roman Catholic), jadinya misinya adalah membawa pengajaran yang tidak menyimpang menurut sudut pandang Kristen (non Roman Catholic).

saya jg tidak akan membantah, sepanjang itu anda lakukan tanpa menjelek2an katolik tanpa bukti...anda boleh baca tulisan saya ditopik 9 karunia ROH KUDUS...saya satu kata dgn pembuat topik...

Jadi saya harap para moderator disini walaupun nih forum terbuka untuk umum harap diperjelas tujuannya dan tuan rumahnya siapa. Saya tahu nih forum netral, tapi jika memang tuan rumahnya adalah Kristen (non Roman Catholic), saya berharap agar member Roman Catholic disini juga bersifat menghormati misi dari orang Kristen (non Roman Catholic) disini.

bro, ini forum terbuka..dan siapa saja bisa masuk...saya sdh katakan satu tau saya tamu disini..dan saya menghormati misi anda...justru maaf nih ya bro...anda sebagai tuan rumah tidak menghargai tamu anda...


Sama seperti ada forum ekaristi.org yang mempunyai misi lain yaitu menyampaikan menurut sudut pandang Roman Catholic , dan saya pun hanya sekilas saja melihat forum ekaristi.org tersebut dan tidak meregistrasikan diri disana.

itu adalah hak anda, mau or ga register disana...mungkin klo anda mau menyampai or pingin tau tentang katolik, akan lebih bermanfaat klo anda kesana, dari pada disini..penonton hanya menerima saja, tanpa bisa menguji apa yg anda katakan benar or ga..yg penting sesuai dgn soal sciptura, benar lah itu...ingat bro....kita harus menguji segala sesuatu...

Kalau para member yang Roman Catholic hendak menyampaikan pesan disini, harap diingat bahwa ini adalah forum Kristen (non Roman Catholic) --- at least inilah yang saya anggap sampai sekarang ---, jadi bertindaklah sebagai tamu ya.

saya minta maaf, klo kata2 saya ada yg anda anggap tidak mengingat klo room ini room FK..tapi saya jg boleh saran ke anda sbg tuan rumah...hargai orang lain diroom ini, jadilah tuan rumah yg ramah....

Bukannya apa-apa, saya mengatakan ini untuk menjaga agar forum ini jangan memanas seperti di forum-forum lain dan berubah menjadi debat kusir, karena memang paham Roman Catholic memang sudah beda dan tidak akan bisa disatukan lagi bahkan sampai Tuhan datang kembali dengan paham orang Kristen (non Roman Catholic) yang bersandar pada Alkitab semata (Sola Scriptura).

anda tidak bisa menutup mata bro..klo anda menyinggung iman orang lain..pasti akan ada yg namanya debat kusir...apalagi klo anda memulia dgn kata2 yg menghina dan menuduh apalagi tanpa bukti..or hanya omongan orang yg kamu dengar...
so, akan lebih baik, anda bertanya2 dulu ke yg punya iman dgn sopan...sampaikan menurut iman anda dgn sopan jg...pasti ga ada debat kusir...tapi saling belajar dan tambah ilmu...

Bukannya tidak berani menerima tantangan dari para member Roman Catholic disini, cuma dalam menjawab kalian (member Roman Catholic) harus mempunyai kesadaran bahwa ini bukanlah forum ekaristi.org tetapi adalah forumkristen.com. Jadi pergunakan bahasa yang agak sopan dan tepat.

upss..siapa yg mulai bro menggunakan kata2 tidak sopan dan tidak tepat ??
klo anda tidak mau kami yg katolik ini menjawab...anda jgn singgung mengenai ajaran katolik dong, apalagi sampai menuduh yg bukan2 tanpa bukti..ingat bro, saya hanya mau mempertahankan iman saya kepada anda..

Jika sdr.sandpiper dan saya dan member lain menentang doktrin (pengajaran) Roman Catholic, hal ini saya kira jelas, bahwa tujuan dari forum ini adalah memberikan perkataan yang sehat ditinjau dari sudut pandang kami (non Roman Catholic). Tetapi kalau kalian menyanggahnya, harap bertindak sebagai tamu, dan jangan bertindak seolah-olah kalian sedang berada di forum ekaristi.org .ok.

spt yg saya katakan bro, saya tau saya tamu disini...dan klo kamu mau, silahkan baca thread ini dari awal...siapa yg memulai dgn omongan pedas, perkataan jelek ??? saya sebagai orang katolik jelas punya kewajiban utk menjelaskan kepada anda...
saran saya jg, klo sdh menyangkut iman orang lain..sampaikanlah tanpa ada niat menjelek2an..

Salam Kasih dalam Tuhan Yesus Kristus  :)

dan sodara sandpiper mengatakan :
Quote
Rupanya anda ini adalah org yg kesulitan mengontrol emosi dalam berargumentasi. Saya peringatkan anda untuk bersikap sopan di forum ini. Apakah begini gaya / cara apologist Roma Katolik berargumen?

Mat 7:3 Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?

saya minta maaf, klo ada kata2 yg keras or menyinggung perasaan...saya hanya menyampaikan apa adanya....dan terbuka...


salam damai...

May 30, 2008, 09:35:13 AM
Reply #34
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 306
  • Kasih Karunia
Salam damai...salam damai buat semuanya...

*****

Saya lanjutkan pembahasan saya...

Quote
waduh...benar2 ingin tau mengenai katoli ya bro, khususnya mengenai Paus  .
baiklah...saya akan coba menerangkan, tapi maaf, klo ilmu saya dangkal...dan maaf jg klo saya masukkan sendiri tentang dokumen gereja...

Saya termasuk yang tidak sependapat dengan atribut 'infalibilitas' pada Paus.

Jangan salah paham,
- Saya bukan menentang jabatan Paus dalam Gereja Katolik.
Bagi saya, setiap gereja berhak mempunyai pemimpin yang memiliki otoritas mengikat bagi seluruh jemaatnya, baik itu disebut Paus, baik disebut Gembala Sidang, atau juga disebut Penatua, dll.

- Saya juga tidak menyerang pribadi yang menjabat sebagai Paus.
Saya tidak mengatakan siapapun yang menjabat Paus pasti salah atau pasti akan salah. Bukan itu maksud saya.

- Saya tidak menyerang cara seseorang diangkat sebagai Paus.
Setiap jemaat mempunyai caranya masing-masing dalam mengangkat pemimpin, baik itu permufakatan, baik itu ditunjuk oleh pendahulunya, atau juga voting.

- Beberapa rekan saya adalah anggota Gereja Katolik dan saya melihat mereka sebagai orang-orang yang ramah dan baik sehingga saya sangat menghormati mereka.

Akan tetapi,
Saya tidak sepakat bila Paus atau jabatan yang sejenis dengan itu, baik itu Gembala Sidang, Penatua atau jabatan pemimpin jemaat apapun diberi atribut 'Infallible'.

Pertama,
Pemberian atribut semacam itu tidak pernah diberikan di Alkitab untuk jabatan yang dipegang oleh manusia. Bahkan bagi para nabi PL pun Tuhan tidak katakan semua perkataan mereka pasti berasal dari Tuhan.
Kedua,
Yang infallible adalah ayat-ayat Firman Tuhan yang tercantum di Alkitab, yang mana diinspirasikan oleh ROH KUDUS. Dengan itulah Allah telah memberikan rambu-rambu bagi gereja sehingga semua pengajaran gereja harus didasarkan dan tidak bertentangan dengan Alkitab. Alkitab yang seharusnya menjadi standar infalibitas bagi gereja, bukan jabatan yang dipegang manusia.

Saya tidak katakan ini hanya pada Gereja Katolik Roma, tetapi juga bagi semua Jemaat yang percaya pada Yesus Kristus bahwa tidak ada satupun pemimpinnya yang berhak dianggap infallible.

Baiklah,
Saya lanjutkan lagi dengan pertanyaan.

Apakah pendapat Katolik Roma mengenai keselamatan bagi mereka yang tidak percaya pada Kristus?

« Last Edit: June 06, 2008, 09:29:36 AM by Manusia Biasa Saja »
He Must Grow Greater And Greater But I Less And Less
May 30, 2008, 09:40:45 AM
Reply #35
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 306
  • Kasih Karunia
Quote
Baiklah kita lihat ke depan pada masa para rasul mengenai Petrus.

Beberapa kisah melibatkan Petrus dan jemaat :

Kis 1:15, 21-26
Pada hari-hari itu berdirilah Petrus di tengah-tengah saudara-saudara yang sedang berkumpul itu, kira-kira seratus dua puluh orang banyaknya, lalu berkata...
Jadi harus ditambahkan kepada kami seorang dari mereka yang senantiasa datang berkumpul dengan kami selama Tuhan Yesus bersama-sama dengan kami, yaitu mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke sorga meninggalkan kami, untuk menjadi saksi dengan kami tentang kebangkitan-Nya.
Lalu mereka mengusulkan dua orang: Yusuf yang disebut Barsabas dan yang juga bernama Yustus, dan Matias. Mereka semua berdoa dan berkata: "Ya Tuhan, Engkaulah yang mengenal hati semua orang, tunjukkanlah kiranya siapa yang Engkau pilih dari kedua orang ini, untuk menerima jabatan pelayanan, yaitu kerasulan yang ditinggalkan Yudas yang telah jatuh ke tempat yang wajar baginya."
Lalu mereka membuang undi bagi kedua orang itu dan yang kena undi adalah Matias dan dengan demikian ia ditambahkan kepada bilangan kesebelas rasul itu.

Petrus menekankan pentingnya menambah 1 orang untuk menggenapi jumlah 12 rasul.
Jemaat setuju, kemudian mereka berdoa pada Allah dan Allah menetapkannya melalui 'buang undi'.

Di sini terlihat tidak ada satu pun diantara jemaat yang hadir cukup percaya diri untuk mengambil keputusan sehingga menyerahkannya pada Allah dengan cara undi.

-----

Kis 8:14
Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke situ.

Petrus dan Yohanes diutus ke Samaria.
Siapa yang mengutus?
Para rasul di Yerusalem.

-----

Kis 11:2-3
Ketika Petrus tiba di Yerusalem, orang-orang dari golongan yang bersunat berselisih pendapat dengan dia.
Kata mereka: "Engkau telah masuk ke rumah orang-orang yang tidak bersunat dan makan bersama-sama dengan mereka."

Kis 11:17-18
Jadi jika Allah memberikan karunia-Nya kepada mereka sama seperti kepada kita pada waktu kita mulai percaya kepada Yesus Kristus, bagaimanakah mungkin aku mencegah Dia?"
Ketika mereka mendengar hal itu, mereka menjadi tenang, lalu memuliakan Allah, katanya: "Jadi kepada bangsa-bangsa lain juga Allah mengaruniakan pertobatan yang memimpin kepada hidup."

Tindakan Petrus dipertanyakan.
Petrus masih harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan sidang jemaat.

-----

Kis 15:7-31
Mengenai adat Yahudi bagi orang-orang non Yahudi.

Kis 15:22
Maka rasul-rasul dan penatua-penatua beserta seluruh jemaat itu mengambil keputusan untuk memilih dari antara mereka beberapa orang yang akan diutus ke Antiokhia bersama-sama dengan Paulus dan Barnabas, yaitu Yudas yang disebut Barsabas dan Silas. Keduanya adalah orang terpandang di antara saudara-saudara itu.

Kita lihat disana bahwa yang mengambil keputusan adalah seluruh sidang jemaat.

-----

Gal 2:11-13
Tetapi waktu Kefas datang ke Antiokhia, aku berterang-terang menentangnya, sebab ia salah. Karena sebelum beberapa orang dari kalangan Yakobus datang, ia makan sehidangan dengan saudara-saudara yang tidak bersunat, tetapi setelah mereka datang, ia mengundurkan diri dan menjauhi mereka karena takut akan saudara-saudara yang bersunat.
Dan orang-orang Yahudi yang lainpun turut berlaku munafik dengan dia, sehingga Barnabas sendiri turut terseret oleh kemunafikan mereka.

Petrus salah dalam hal di atas dan ditegur Paulus di depan umum.

2Ptr. 3:15
Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat, seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya.

Hanya tambahan bahwa Petrus sendiri mengakui Paulus sebagai saudaranya yang terkasih dan mengakui hikmat Allah dalam Paulus.

-----

Posisi dan kedudukan Petrus adalah sangat kuat pada masa gereja awal.
Allah bekerja dengan luar biasa pada pelayanannya sehingga banyak orang diberkati dan gereja berkembang luar biasa.
Akan tetapi, tidak bisa begitu saja dikatakan bahwa 'Yesus akan membangun jemaat-Nya di atas dasar Petrus'.

Jemaat Allah tidak dibangun di atas dasar 1 orang saja, melainkan :

Efesus 2:19-21
Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.
Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapih tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan.

Dear Bro. Cah_Samosir,

Ini adalah argumen saya bahwa Petrus berkedudukan sama dengan para rasul yang lain. Tidak ada yang lebih tinggi daripada yang lain.
Keputusan strategis diambil oleh Sidang Jemaat.
He Must Grow Greater And Greater But I Less And Less
May 30, 2008, 09:46:24 AM
Reply #36
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
Salam damai...salam damai buat semuanya...

*****

Saya lanjutkan pembahasan saya...

Quote
waduh...benar2 ingin tau mengenai katoli ya bro, khususnya mengenai Paus  .
baiklah...saya akan coba menerangkan, tapi maaf, klo ilmu saya dangkal...dan maaf jg klo saya masukkan sendiri tentang dokumen gereja...

Saya termasuk yang tidak sependapat dengan atribut 'infalibitas' pada Paus.

Jangan salah paham,
- Saya bukan menentang jabatan Paus dalam Gereja Katolik.
Bagi saya, setiap gereja berhak mempunyai pemimpin yang memiliki otoritas mengikat bagi seluruh jemaatnya, baik itu disebut Paus, baik disebut Gembala Sidang, atau juga disebut Penatua, dll.

- Saya juga tidak menyerang pribadi yang menjabat sebagai Paus.
Saya tidak mengatakan siapapun yang menjabat Paus pasti salah atau pasti akan salah. Bukan itu maksud saya.

- Saya tidak menyerang cara seseorang diangkat sebagai Paus.
Setiap jemaat mempunyai caranya masing-masing dalam mengangkat pemimpin, baik itu permufakatan, baik itu ditunjuk oleh pendahulunya, atau juga voting.

- Beberapa rekan saya adalah anggota Gereja Katolik dan saya melihat mereka sebagai orang-orang yang ramah dan baik sehingga saya sangat menghormati mereka.

Akan tetapi,
Saya tidak sepakat bila Paus atau jabatan yang sejenis dengan itu, baik itu Gembala Sidang, Penatua atau jabatan pemimpin jemaat apapun diberi atribut 'Infallible'.

Pertama,
Pemberian atribut semacam itu tidak pernah diberikan di Alkitab untuk jabatan yang dipegang oleh manusia. Bahkan bagi para nabi PL pun Tuhan tidak katakan semua perkataan mereka pasti berasal dari Tuhan.
Kedua,
Yang infallible adalah ayat-ayat Firman Tuhan yang tercantum di Alkitab, yang mana diinspirasikan oleh ROH KUDUS. Dengan itulah Allah telah memberikan rambu-rambu bagi gereja sehingga semua pengajaran gereja harus didasarkan dan tidak bertentangan dengan Alkitab. Alkitab yang seharusnya menjadi standar infalibitas bagi gereja, bukan jabatan yang dipegang manusia.

Saya tidak katakan ini hanya pada Gereja Katolik Roma, tetapi juga bagi semua Jemaat yang percaya pada Yesus Kristus bahwa tidak ada satupun pemimpinnya yang berhak dianggap infallible.

Baiklah,
Saya lanjutkan lagi dengan pertanyaan.

Apakah pendapat Katolik Roma mengenai keselamatan bagi mereka yang tidak percaya pada Kristus?



gak masalah ko bro, dgn apa yg kamu yakani...monggo...saya hargai itu...
saya cuma memberi tahukan apa yg saya tau tentang katolik...masalah kamu terima or tidak...
itu terserah kamu.....yg pasti ujilah segala sesuatu...bukankah kita emg diperintah spt itu ??

1Yoh. 4:1
Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia..

dan terima kasih mau mencari tau tentang katolik...
klo masalah pertanyaan kamu itu, jujur saya jadi agak ragu menanggapinya, krn kata teman2 disini, ini forum FK..jadi harus berhubungan dgn apologi FK...so, silahkan bro menurut FK / protestan dulu biar saya tidak disebut lagi sebagai tamu yg tidak tau diri...silahkan klo mau buat topik baru...biar topik ini tidak melebar kemana2...


salam damai....
« Last Edit: May 30, 2008, 10:10:38 AM by cah_samosir »
May 30, 2008, 10:47:22 AM
Reply #37
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 102
  • Gender: Male
  • Christ is my portion !

klo emg anda tujuannya cuma membantah, silahkan...sepanjang anda melakukannya dgn cara2 yg sopan dan rasa niat ingin belajar, mari kita belajar bersama...
disini anda sdh angkat beberapa topik yg ingin anda bantah tentang katolik, silahkan dimulai klo emg berniat...
ga masalah klo emg ini room FK apalagi di room ekaristi.org, dan bukannya anda sdh memulai  ???

Rugi sekali saya kalau hanya ingin menghabiskan waktu hanya untuk membahas segudang false doctrine of Roman Catholic. Ini sudah dari tahun ke tahun mah membahas masalah false doctrine of Roman Catholic. Saya hanya menjaga agar member yang Kristen di forum ini agar tidak membuang-buang waktu dengan doktrin Katolik dan menghabiskan waktu disana. Kalau masalah misi, inilah urusan kami, dan urus dirimu sendiri dan forummu (ekaristi.org) itu.   



lanjut bro...mari kita belajar bersama...
btw, lagi2 anda sdh menunjukkan kebencian anda terhadap katolik dgn mengatakan false doctrin tanpa bukti...dihalaman sebelumnya saya katakan kpd anda, tunjukkan buktinya..jgn cuma ngomong doang...klo begitu, anda sama saja dgn muslim yg mengatakan Kristen kafir,
alkitab palsu, etc, tapi tanpa bisa menunjukkan bukti dan argumen, hny krn perasaan dengki semata...
ingat bro, dengki tanda tak mampu...hehehehehehe

Apa kamu bilang ?? Dengki tanda tidak mampu ?? Masalahnya disini sudah beda. Bagi kami Alkitab adalah HARGA MATI !!. Itulah sebabnya kami percaya Sola Scriptura. Dan diskusi ini akan menyimpang lagi, karena ujung-ujungnya setiap ciri khas dari jawaban Roman Catholic hanya akan banting stir ke Document Vatican, Magistreum Gereja, dan tradisi kalian.


sekali saya katakan, saya hanya tamu di room ini...dan anda yg protestan adalah tuan rumah yg baik dan ramah di room ini...
dan yg mengajak anda debat kusir siapa ??? anda memulai dgn tuduhan yg bukan2 tentang katolik, dan saya sdh jelaskan, tapi kembali anda menuduh yg bukan2 lagi...so, siapa yg tidak mencoba menjadi nice guys ???

Ingat, pertama kali sdr. sandpiper memberikan topik Matius 16:18 ini. Dan penyampaiannya adalah untuk menjaga orang dari kekeliruan doktrin Roman Catholic. Dan saya setuju 100 %. Kami memberikan alasan, adn itupun alasan yang sdr.sandpiper berikan dan saya berikan mutlak berdasarkan konteks keseluruhan Alkitab. Dan kalian hanya banting stir ke bahasa Aram. Apakah itu bahasa Aram atau Yunani, apa yang dimaksudkan Alkitab sudah kami jelaskan disana. Lagipula, teks yang diakui adalah Yunani, dan bantahan terhadap Matius 16:18 jika itu menyiratkan Papacy sudah ada bejibun.


saya jg tidak akan membantah, sepanjang itu anda lakukan tanpa menjelek2an katolik tanpa bukti...anda boleh baca tulisan saya ditopik 9 karunia ROH KUDUS...saya satu kata dgn pembuat topik...

Loh, ini urusan forum kami. Coba ngaca dulu deh di ekaristi.org sana.


bro, ini forum terbuka..dan siapa saja bisa masuk...saya sdh katakan satu tau saya tamu disini..dan saya menghormati misi anda...justru maaf nih ya bro...anda sebagai tuan rumah tidak menghargai tamu anda...

Saya tidak mengatakan ini forum tidak terbuka, hanya jika ada yang membicarakan aspek kekeliruan dari Roman Catholic termasuk sandpiper dan saya dan rekan lain disini, coba, sebelum Anda menyanggahnya sadarilah dimana Anda berada, dan jangan memaksakan kata-kata tidak sopan disini karena tuan rumah disini bukan Roman Catholic. Karena debat ini akan berkepanjangan dan jawaban dari kami akan bisa sangat menyakitkan bagi kalian berhubung sudah terlalu banyak kekeliruan doktrin Roman Catholic yang kalian buat. Lagipula saya malas menerobos forum ekaristi.org dan lantas jadi preman kampung disana. Saya hanya berurusan dengan orang yang percaya Sola Scriptura. Jika ada yang bertanya silahkan, tapi jangan memaksakan kebenaran Anda disini.
 

itu adalah hak anda, mau or ga register disana...mungkin klo anda mau menyampai or pingin tau tentang katolik, akan lebih bermanfaat klo anda kesana, dari pada disini..penonton hanya menerima saja, tanpa bisa menguji apa yg anda katakan benar or ga..yg penting sesuai dgn soal sciptura, benar lah itu...ingat bro....kita harus menguji segala sesuatu...

Apa yang kamu bilang ?? Menguji ?? Justru karena saya banyak menguji , makanya saya sudah bosan melihat kekeliruan dari doktrin Roman Catholic. Saya masuk disana (ekaristi.org), paling-paling hanya diumpat. Lihat aja tata bahasa yang digunakan disana. Dan karena itu , daripada berkelanjutan, baiklah ini dipisah, karena saya rasa, antara Protestant dan Karismatik masih bisa berdiskusi, karena sama-sama mendasari dari Alkitab. Tapi beda dengan Roman Catholic, yang akan hanya mutar ke document vatican, magistreum gereja, apocrypha, dan segala macam tradisi yang lain. Dan sekali lagi, jika bertanya ya bertanya, jangan memaksakan kebenaran Anda disini.


saya minta maaf, klo kata2 saya ada yg anda anggap tidak mengingat klo room ini room FK..tapi saya jg boleh saran ke anda sbg tuan rumah...hargai orang lain diroom ini, jadilah tuan rumah yg ramah....

Disini sudah cukup menghargai Roman Catholic seperti Anda ! Hanya jangan paksakan kebenaran milik Anda disini !


anda tidak bisa menutup mata bro..klo anda menyinggung iman orang lain..pasti akan ada yg namanya debat kusir...apalagi klo anda memulia dgn kata2 yg menghina dan menuduh apalagi tanpa bukti..or hanya omongan orang yg kamu dengar...
so, akan lebih baik, anda bertanya2 dulu ke yg punya iman dgn sopan...sampaikan menurut iman anda dgn sopan jg...pasti ga ada debat kusir...tapi saling belajar dan tambah ilmu...

Sekali lagi, coba kamu ngaca ke forummu (ekaristi.org) itu. Dan pelajari bagaimana cara bahasa yang digunakan rekan-rekanmu dalam menjawab pertanyaan kritis dari orang yang bukan Roman Catholic.


upss..siapa yg mulai bro menggunakan kata2 tidak sopan dan tidak tepat ??
klo anda tidak mau kami yg katolik ini menjawab...anda jgn singgung mengenai ajaran katolik dong, apalagi sampai menuduh yg bukan2 tanpa bukti..ingat bro, saya hanya mau mempertahankan iman saya kepada anda..

Sekali lagi perhatikan tuan rumah di forum ini. Sebab saya lihat Anda mau menerapkan Papacy di forum ini.


spt yg saya katakan bro, saya tau saya tamu disini...dan klo kamu mau, silahkan baca thread ini dari awal...siapa yg memulai dgn omongan pedas, perkataan jelek ??? saya sebagai orang katolik jelas punya kewajiban utk menjelaskan kepada anda...
saran saya jg, klo sdh menyangkut iman orang lain..sampaikanlah tanpa ada niat menjelek2an..

Sekali lagi coba ngaca  ke forum ekaristi.org itu yah, dan pahami disini adalah forum yang menentang false doctrine of  Roman Catholic.


dan sodara sandpiper mengatakan :
Quote
Rupanya anda ini adalah org yg kesulitan mengontrol emosi dalam berargumentasi. Saya peringatkan anda untuk bersikap sopan di forum ini. Apakah begini gaya / cara apologist Roma Katolik berargumen?

Mat 7:3 Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?

saya minta maaf, klo ada kata2 yg keras or menyinggung perasaan...saya hanya menyampaikan apa adanya....dan terbuka...

Loh, bukannya perkataan ini (Matius 7:3) cocoknya untuk kalian  (Roman Catholic) yang memandang forum ini sama dengan forum ekaristi.org yang bisa seenaknya memaksakan kebenaran kalian disini.


Lord Jesus keep us
« Last Edit: May 30, 2008, 11:19:57 AM by Newman »
"If God spare my life, I will see to it that the boy who drives the plowshare knows more of the scripture than you, Sir!"
May 30, 2008, 12:11:35 PM
Reply #38
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 101
Rugi sekali saya kalau hanya ingin menghabiskan waktu hanya untuk membahas segudang false doctrine of Roman Catholic. Ini sudah dari tahun ke tahun mah membahas masalah false doctrine of Roman Catholic. Saya hanya menjaga agar member yang Kristen di forum ini agar tidak membuang-buang waktu dengan doktrin Katolik dan menghabiskan waktu disana. Kalau masalah misi, inilah urusan kami, dan urus dirimu sendiri dan forummu (ekaristi.org) itu.   

bro, silahkan tunjukkan kesalah false doctrin yg anda maksudkan...tentu dgn hasil uji yg anda maksudkan..klo menurut anda hanya berdasarkan alkitab, silahkan..sekali lagi, jgn asal ngomong bro...klo bagimu buang waktu, terserah bro..mungkin krn ilmumu sdh tinggi dan menurutmu kamu sdh uji atau hanya berdasarkan rasa bencimu kepada katoik ???...
tapi bagi yg lain yg benar2 ingin menguji dgn niat tulus, ga ada salahnya...or anggap saja, kamu bagi2 ilmu dgn rekan disini mengenai false doctrin roma katolik yg kamu tau..sekali lagi...
jangan asal ngomong bro...

Apa kamu bilang ?? Dengki tanda tidak mampu ?? Masalahnya disini sudah beda. Bagi kami Alkitab adalah HARGA MATI !!. Itulah sebabnya kami percaya Sola Scriptura. Dan diskusi ini akan menyimpang lagi, karena ujung-ujungnya setiap ciri khas dari jawaban Roman Catholic hanya akan banting stir ke Document Vatican, Magistreum Gereja, dan tradisi kalian.

yang bilang katolik tidak berdasarkan alkitab siapa bro ?? saya jg dari pertama menggunakan alkitab sbg jawaban...tapi anda juga lupa, bhw ajaran Yesus itu ada jg yang disampaikan secara lisan dan tulisan...

II Tes 2:15 Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.

dan Tradisi (T Besar) dikatolik, adalah didasari pada kebiasaan jemaat mula2 bro..so, salahnya dimana ?? itu termasuk lisan juga kan ??? saya menggunakan dok vatikan or magistreum gereja, krn utk menjawab tentang katolik dalam hal ini paus sbg pengganti st. Petrus bro....
dan semua isi dokumen gereja itu, tidak ada yg bertentangan dgn isi alkitab.....

Ingat, pertama kali sdr. sandpiper memberikan topik Matius 16:18 ini.
Dan penyampaiannya adalah untuk menjaga orang dari kekeliruan doktrin Roman Catholic
.
[/quote]

lagi2 anda berkata kosong....maaf, cape jawabnya...hehehehe...

Dan saya setuju 100 %. Kami memberikan alasan, adn itupun alasan yang sdr.sandpiper berikan dan saya berikan mutlak berdasarkan konteks keseluruhan Alkitab.

sekali saya tanya anda, apa saya tidak menggunakan alkitab utk menjawab ???

Dan kalian hanya banting stir ke bahasa Aram. Apakah itu bahasa Aram atau Yunani, apa yang dimaksudkan Alkitab sudah kami jelaskan disana.

anda lupa bro...Yesus menggunakan bahasa Aramaic utk berkomunikasi dgn murid2nya yg notabene hanya nelayan..berpendidikan rendah...dan bahasa yg para rasul tau jg adalah Aramaic...ga mungkin lah Yesus menggunakan bahasa yg ga dimengerti oleh para Murid waktu itu...so, itu adalah satu cara utk menguji bro...menggunakan bahasa Aramaic utk bisa mencari tau secara lebih pasti apa yg dikatakan Yesus...

Lagipula, teks yang diakui adalah Yunani,

siapa bilang yg berbahasa Aramaic jg tidak diakui ??

dan bantahan terhadap Matius 16:18 jika itu menyiratkan Papacy sudah ada bejibun.

klo cuma ngomong begitu sih bro...saya jg bisa bilang..klo tulisan yg mendukung tentang itu jg lebih bejibun lagi...dan sejarah tentang itupun saya sudah ulas diroom ini...jadi, dari alkitab iya, sejarah iya...kurang apa lagi ???

saya jg tidak akan membantah, sepanjang itu anda lakukan tanpa menjelek2an katolik tanpa bukti...
anda boleh baca tulisan saya ditopik 9 karunia ROH KUDUS...saya satu kata dgn pembuat topik...

Loh, ini urusan forum kami. Coba ngaca dulu deh di ekaristi.org sana.

berarti emg niatan anda dgn tulisan anda ditopik ini utk menjelek2an katolik...akhirnya saya paham...smoga Tuhan mengampunimu...
tapi yg pasti bro...tong kosong nyaring bunyinya...

bro, ini forum terbuka..dan siapa saja bisa masuk...saya sdh katakan satu tau saya tamu disini..dan saya menghormati misi anda...justru maaf nih ya bro...anda sebagai tuan rumah tidak menghargai tamu anda...

Saya tidak mengatakan ini forum tidak terbuka, hanya jika ada yang membicarakan aspek kekeliruan dari Roman Catholic termasuk sandpiper dan saya dan rekan lain disini, coba, sebelum Anda menyanggahnya sadarilah dimana Anda berada, dan jangan memaksakan kata-kata tidak sopan disini karena tuan rumah disini bukan Roman Catholic.

yg memakasakan kata2 tidak sopan siapa bro ?? bukankah kamu yg lebih dulu menggunakan kata2 tidak sopan dan pedas ???saya jg tau saya tamu disini....dan apa krn anda sebagai tuan rumah diroom ini, maka anda punya hak istimewa berkata seenaknya dan tidak sopan ??? coba bro, dirumah mas berkata2 seenaknya pada tetangga baik yg seiman or ga...ditimpukin bro..or paling ga dikucilkan...or dianggap gila...

Karena debat ini akan berkepanjangan dan jawaban dari kami akan bisa sangat menyakitkan bagi kalian berhubung sudah terlalu banyak kekeliruan doktrin Roman Catholic yang kalian buat.

menyakitkan ya ??? artinya kata2 lebih kasar dan pedas lagi akan anda gunakan ?? kasihan sekali aku dgn room ini jika diisi dgn orang2 spt anda....dan lagi2 anda mengulang2 pepesan kosong anda

Lagipula saya malas menerobos forum ekaristi.org dan lantas jadi preman kampung disana. Saya hanya berurusan dengan orang yang percaya Sola Scriptura. Jika ada yang bertanya silahkan, tapi jangan memaksakan kebenaran Anda disini.
itu hak anda klo ga mau berdiskusi di room ekaristi.org...tapi tanpa itu pun, maaf nih bro..dari kata2 anda diatas..anda sdh menunjukkan sikap preman kampung anda...
klo anda jg hanya mau berurusan dgn orang2 SS, itu jg hak anda...klo saya sih, krn saya harus menguji segala sesuatu, saya akan berhubungan dgn siapa saja yg bisa menambah wawasan dan iman saya....

itu adalah hak anda, mau or ga register disana...mungkin klo anda mau menyampai or pingin tau tentang katolik,  akan lebih bermanfaat klo anda kesana, dari pada disini..penonton hanya menerima saja, tanpa bisa menguji apa yg anda katakan benar or ga..
yg penting sesuai dgn soal sciptura, benar lah itu...ingat bro....kita harus menguji segala sesuatu...

Apa yang kamu bilang ?? Menguji ?? Justru karena saya banyak menguji , makanya saya sudah bosan melihat kekeliruan dari doktrin Roman Catholic.

banyak menguji ???masa sih ?? dgn princip SS doang kan ??? dan taruhlah anda sudah menguji, tapi orang lain yg belum tau dan sedang mencari tau bagaimana ??? saya katakan kan, penonton hanya menerima saja, tanpa menguji benar or ga ??

Saya masuk disana, paling-paling hanya diumpat. Lihat aja tata bahasa yang digunakan disana. Dan karena itu , daripada berkelanjutan, baiklah ini dipisah, karena saya rasa, antara Protestant dan Karismatik masih bisa berdiskusi, karena sama-sama mendasari dari Alkitab.
Tapi beda dengan Roman Catholic, yang akan hanya mutar ke document vatican, magistreum gereja, apocrypha, dan segala macam tradisi yang lain. Dan sekali lagi, jika bertanya ya bertanya, jangan memaksakan kebenaran Anda disini.

tau dari mana anda hanya diumpat ?? padahal anda blm register kesana ??? tanya pada sodara moe yg rajin nongkrong disana..apa dia pernah dihujat ???
bro, masalah documenta vatikan, magistreum gereja, dll...ga ada yg bertentangan dgn Alkitab...itu yg perlu kamu ketahui..so, klo pun katolik menggunakan itu, pasti ada dasar Alkitabnya juga....so, what's the problem ??

saya minta maaf, klo kata2 saya ada yg anda anggap tidak mengingat klo room ini room FK..tapi saya jg boleh saran ke anda  sbg tuan rumah...hargai orang lain diroom ini, jadilah tuan rumah yg ramah....

Disini sudah cukup menghargai Roman Catholic seperti Anda ! Hanya jangan paksakan kebenaran milik Anda disini !

oh ya ??? dgn kata2 kasar, pedas spt anda ?? itu yg anda sebut menghargai ???
apa saya pernah memaksakan kebenaran saya disini ??? tdk pernah bukan...saya selalu bilang...terserah...

anda tidak bisa menutup mata bro..klo anda menyinggung iman orang lain..pasti akan ada yg namanya debat kusir...apalagi klo anda memulia dgn kata2 yg menghina dan menuduh apalagi tanpa bukti..or hanya omongan orang yg kamu dengar...so, akan lebih baik, anda bertanya2 dulu ke yg punya iman dgn sopan...sampaikan menurut iman anda dgn sopan jg...pasti ga ada debat kusir...tapi saling belajar dan tambah ilmu...

Sekali lagi, coba kamu ngaca ke forummu (ekaristi.org) itu. Dan pelajari bagaimana cara bahasa yang digunakan rekan-rekanmu dalam menjawab pertanyaan kritis dari orang yang bukan Roman Catholic.

klo pun menurut kamu spt itu, ceritanya kamu mau membalas dendam kepada saya saat ini ya ?? kasihan ya.....tapi at least, saya tau kamu spt apa....

upss..siapa yg mulai bro menggunakan kata2 tidak sopan dan tidak tepat ??
klo anda tidak mau kami yg katolik ini menjawab...anda jgn singgung mengenai ajaran katolik dong, apalagi sampai menuduh yg bukan2 tanpa bukti..ingat bro, saya hanya mau mempertahankan iman saya kepada anda..

Sekali lagi perhatikan tuan rumah di forum ini. Sebab saya lihat Anda mau menerapkan Papacy di forum ini.

ya mau maksain siapa bro ?? anda bertanya saya menjawab...itu yg ada..tapi krn saya menjawab..anda bilang saya mau memaksakan..dan anda ngomong kasar kepada saya ???
saya bilang terserah mau terima or ga, anda bilang saya memaksakan....yg benar aja dong bro...

spt yg saya katakan bro, saya tau saya tamu disini...dan klo kamu mau, silahkan baca thread ini dari awal...siapa yg memulai dgn omongan pedas, perkataan jelek ??? saya sebagai orang katolik jelas punya kewajiban utk menjelaskan kepada anda...saran saya jg, klo sdh menyangkut iman orang lain..sampaikanlah tanpa ada niat menjelek2an..

Sekali lagi coba ngaca  ke forum ekaristi.org itu yah, dan pahami disini adalah forum yang menentang false doctrine of  Roman Catholic.
saya paham bro...krn itulah saya mencoba menjelaskan...tp kenapa anda seolah2 menjadi benci kepada saya ?? apa krn saya katolik ??kebayang dong rasa bencimu kepada orang lain spt muslim, budha, etc ???sehingga kata2 anda kasar dan pedas kepada saya ??? apa salah klo saya menjelaskan kepada anda or orang lain yg mungkin tidak tau ??


dan sodara sandpiper mengatakan :
Quote
Rupanya anda ini adalah org yg kesulitan mengontrol emosi dalam berargumentasi. Saya peringatkan anda untuk bersikap sopan di forum ini. Apakah begini gaya / cara apologist Roma Katolik berargumen?

Mat 7:3 Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?
saya minta maaf, klo ada kata2 yg keras or menyinggung perasaan...saya hanya menyampaikan apa adanya....dan terbuka...

Loh, bukannya perkataan ini cocoknya untuk kalian  (Roman Catholic) yang memandang forum ini sama dengan forum ekaristi.org yang bisa seenaknya memaksakan kebenaran kalian disini.
siapa yg memandang room ini sama dgn ekaris.org ??? jauh banget lagi bro...sangat jauh...
baru 2 kali ini saya ikut topik, langsung kata2 pedas yg saya terima...
dan sekali lagi saya tegaskan....saya tidak pernah memaksa...

salam damai...
« Last Edit: May 30, 2008, 12:14:22 PM by cah_samosir »
May 30, 2008, 02:19:51 PM
Reply #39
  • My Lovely Forum ^,^
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2675
  • Gender: Female
  • T4Ng4n Y4ng kU4T m3M3g4NgKu.....
 :) Shalom teman2 semuanya yang turut berdiskusi.

Perdebatan yang mulai terjadi dalam topic ini sepertinya sudah mulai tidak terarah dan melebar. Mengingat board ini adalah "BibLe Study",  saya sangat setuju jika pembahasan mengacu langsung kepada Alkitab (dan tidak diperdebatkan). Mengenai perbedaan Doktrin yang ada dalam Kristen Protestan dan Kristen Katolik, pandangan -pandangan tersebut dapat di buka topic baru di Doktrin Alkitab dengan maksud untuk kita sama-sama belajar mengenai perbedaan dalam gereja yang ada selama ini, (bukan untuk mencari siapa yang benar dan siapa yang salah) Dan dalam hal ini Saya persilahkan kepada Saudara-saudara dr Kristen Katolik untuk memulai Topic tersebut.

Sekali lg FK adalah ForumKristen yang netral dan tidak melatarbelakangi denominasi apapun, setiap perbedaan Doktrin dapat di jabarkan di FK untuk kita sama-sama belajar. 

Jadi harap perdebatan dalam mempertahankan argument pribadi tidak dilanjutkan.

Mari kita saling menghargai dan jangan saling menghakimi setiap perbedaan yang ada. Ingat kita adalah satu tubuh dalam Tuhan. Biarlah melalui setiap diskusi dan topic yang diangkat, bisa saling memberkati dan nama Tuhan dipermuliakan.


Salam damai dalam Tuhan Yesus Kristus. :angel:


Apa yang tidak aku ingini, aku lakukan disini
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)