Author Topic: Berbohong demi kebaikan  (Read 4446 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

January 17, 2010, 01:08:47 AM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 7409
  • Gender: Male
  • Denominasi: kharismatik
Boleh gak kalo org Kristen itu berbohong untuk sebuah kebaikan walaupun kebohongan itu terus menerus dilakukan, krn di gereja tempat saya beribadah, saya sering mendengar untuk hidup yang kudus dan jangan berdusta, jangan berbohong, saya juga udah berusaha untuk itu, tapi kalo berbohong demi kebaikan atau untuk sebuah hal yg baik, boleh gak ya? Berdosa atau tidak?  :angel:
January 17, 2010, 02:35:26 PM
Reply #1
  • Guest
Boleh gak kalo org Kristen itu berbohong untuk sebuah kebaikan walaupun kebohongan itu terus menerus dilakukan, krn di gereja tempat saya beribadah, saya sering mendengar untuk hidup yang kudus dan jangan berdusta, jangan berbohong, saya juga udah berusaha untuk itu, tapi kalo berbohong demi kebaikan atau untuk sebuah hal yg baik, boleh gak ya? Berdosa atau tidak?  :angel:

Ngga boleh .... itu  tetap  dosa


January 17, 2010, 11:53:20 PM
Reply #2
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 424
  • Gender: Male
Dosa tuh...

Tapi ada loh tokoh Alkitab yang berbohong demi kebaikan, kalau gak salah dia seorang wanita kafir yang berbohong demi menyelamatkan pengintai2 israel.
Lalu waktu orang Israel menyerang kota tersebut, si wanita itu diselamatkan, bahkan menjadi salah satu leluhur Yesus.

Lupa ayatnya dimana, maaf... :)

Salam.
January 18, 2010, 12:02:07 AM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 632
Ngga boleh...dosa

Ngga boleh .... itu  tetap  dosa

Demen amat sih neng 1 ini cap2 dosa, bikin capnya dimana sih, ada ijin ga tuh bikin capnya? Jangan2 cap illegal bikin di pinggiran.

-----------------
Mat 5:37   Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.
Yak. 5:12   Tetapi yang terutama, saudara-saudara, janganlah kamu bersumpah demi sorga maupun demi bumi atau demi sesuatu yang lain. Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak, supaya kamu jangan kena hukuman.

Kata "hendaklah", disitu berupa anjuran, karena ada konsekuensi dari "berbohong."
Cuma tetap liat situasi, untuk berkata jujur juga harus liat moment yg tepat, jangan sampai kejujuran kita ternyata berdampak fatal.
@forum-label-Kristen.com

Isaias 5,21 "ouai oi sunetoi en eautoiV kai enwpion eautwn episthmoneV"

"I like your CHRIST, I do not like your Christians. Your Christians are so unlike your CHRIST." Mahatma Gandhi
January 18, 2010, 12:09:17 AM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 7409
  • Gender: Male
  • Denominasi: kharismatik
Soalnya saya pikir kalo ada orang yang berniat jahat dan memang kita udah tahu dia berniat jahat, lalu dia bertanya apa aja kepada kita, masak sih kita harus katakan yang sejujurnya?
January 18, 2010, 12:14:48 AM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 632
yah karena itu liat situasi, Tuhan nyuruh kita berhikmat, kalau kejujuran kamu kira2 bakal disalahgunakan jadi bahan gosip or etc, yah disimpan aja. Di simpan kan bukan berarti berbohong. Bilang aja begini "sorry, gua ga bisa bilang sama elu." Itu kan ga bohong, artinya kamu tau yg benernya gimana, cuma kamu ga mau bilang sama dia.
@forum-label-Kristen.com

Isaias 5,21 "ouai oi sunetoi en eautoiV kai enwpion eautwn episthmoneV"

"I like your CHRIST, I do not like your Christians. Your Christians are so unlike your CHRIST." Mahatma Gandhi
January 18, 2010, 12:29:05 AM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 868
  • Gender: Male
Aduh.. Jangan gampang bilang dosa donk.. Memang pertanyaanny “dosa ato ga??”.. Tapi biar kita belajar tidak mudah mengatakan “ini dosa” ato “itu dosa”.. Gbu.
LORD is my Sheperd... I shall not fear...
January 18, 2010, 12:47:17 AM
Reply #7
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 424
  • Gender: Male
Setuju... setuju.

Amin.
January 18, 2010, 01:36:02 AM
Reply #8
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 3795
  • Gender: Male

Mat 5:37   Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.
Yak. 5:12   Tetapi yang terutama, saudara-saudara, janganlah kamu bersumpah demi sorga maupun demi bumi atau demi sesuatu yang lain. Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak, supaya kamu jangan kena hukuman.

Kata "hendaklah", disitu berupa anjuran, karena ada konsekuensi dari "berbohong."
Cuma tetap liat situasi, untuk berkata jujur juga harus liat moment yg tepat, jangan sampai kejujuran kita ternyata berdampak fatal.

sejak kapan kata "hendaklah" berupa anjuran?

Gen 1:9  Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian.

kemudian artinya, berfirmanlah Allah  "anjuran" segala air....

atau

Gen 9:25  berkatalah ia: "Terkutuklah Kanaan, hendaklah ia menjadi hamba yang paling hina bagi saudara-saudaranya

diartikan : Terkutuklah Kanaan, "hanya anjuran" ia menjadi.....

disposisi kepada individu yang berusaha menegakan kebenaran Firman Tuhan

namun menjadi mengkerdilkan arti dari kebenaran Firman itu sendiri

dari "instruksi" sang "Inspektur Agung" menjadi "anjuran"



GBU
« Last Edit: January 18, 2010, 01:58:16 AM by tonypaulo »
January 18, 2010, 02:56:00 AM
Reply #9
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 210
  • Gender: Male
  • Just Me :)
  • Denominasi: Tubuh Kristus

Demen amat sih neng 1 ini cap2 dosa, bikin capnya dimana sih, ada ijin ga tuh bikin capnya? Jangan2 cap illegal bikin di pinggiran.

-----------------
Mat 5:37   Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.
Yak. 5:12   Tetapi yang terutama, saudara-saudara, janganlah kamu bersumpah demi sorga maupun demi bumi atau demi sesuatu yang lain. Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak, supaya kamu jangan kena hukuman.

Kata "hendaklah", disitu berupa anjuran, karena ada konsekuensi dari "berbohong."
Cuma tetap liat situasi, untuk berkata jujur juga harus liat moment yg tepat, jangan sampai kejujuran kita ternyata berdampak fatal.


Kata kehendak di sini tidak merujuk pada anjuran, melain kepada keharusan.TUHAN tidak pernah menanjurkan sesuatu kepada manusia. atau pun menyarakan sesuatu kepada manusia.

Apakah TUHAN menganjurkan manusia untuk tidak berbuat dosa? apakah TUHAN pernah menyarankan menusia untuk tidak melakukan hal ini dan hal itu?

yang namanya DOSA (dgn penekanan), tetaplah dosa walau sekecil apapun dosa itu dan tujuan apapun dosa itu (kebaikan), Upah nya ialah Maut.

kalo liel minta ayat2nya nie ta kasihin deh: perhatikan juga kalimat2 yang saja blod

Kel. 23:1"Janganlah engkau menyebarkan kabar bohong; janganlah engkau membantu orang yang bersalah dengan menjadi saksi yang tidak benar.

Mzm. 5:6 (5-7) Engkau membinasakan orang-orang yang berkata bohong, TUHAN jijik melihat penumpah darah dan penipu.

Ams. 21:28 Saksi bohong akan binasa, tetapi orang yang mendengarkan akan tetap berbicara.

Ams. 31:30 Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.

Yes. 28:15 Karena kamu telah berkata: "Kami telah mengikat perjanjian dengan maut, dan dengan dunia maut kami telah mengadakan persetujuan; biarpun cemeti berdesik-desik dengan kerasnya, kami tidak akan kena; sebab kami telah membuat bohong sebagai perlindungan kami, dan dalam dusta kami menyembunyikan diri,"

Yes. 28:17 Dan Aku akan membuat keadilan menjadi tali pengukur, dan kebenaran menjadi tali sipat; hujan batu akan menyapu bersih perlindungan bohong, dan air lebat akan menghanyutkan persembunyian."

Yes. 30:9 Sebab mereka itu suatu bangsa pemberontak, anak-anak yang suka bohong anak-anak yang enggan mendengar akan pengajaran TUHAN;

Yer. 8:8 Bagaimanakah kamu berani berkata: Kami bijaksana, dan kami mempunyai Taurat TUHAN? Sesungguhnya, pena palsu penyurat sudah membuatnya menjadi bohong.

Yer. 14:14 Jawab TUHAN kepadaku: "Para nabi itu bernubuat palsu demi nama-Ku! Aku tidak mengutus mereka, tidak memerintahkan mereka dan tidak berfirman kepada mereka. Mereka menubuatkan kepadamu penglihatan bohong, ramalan kosong dan tipu rekaan hatinya sendiri.

Yer. 37:14 Dan sekalipun Yeremia menjawab: "Itu bohong, aku tidak hendak menyeberang kepada orang Kasdim!", tetapi Yeria tidak mendengarkan, lalu ia menangkap Yeremia dan membawanya menghadap para pemuka.

Yeh. 13:6 Penglihatan mereka menipu dan tenungan mereka adalah bohong; mereka berkata: Demikianlah Firman Tuhan, padahal TUHAN tidak mengutus mereka, dan mereka menanti firman itu digenapi-Nya.

Yeh. 13:7 Bukankah penglihatan tipuan yang kamu lihat dan tenungan bohong yang kamu katakan, kalau kamu berkata: Demikianlah Firman Tuhan, padahal Aku tidak berbicara?

Yeh. 13:8 Sebab itu, beginilah Firman Tuhan ALLAH, oleh karena kamu mengatakan kata-kata dusta dan melihat perkara-perkara bohong, maka Aku akan menjadi lawanmu, demikianlah Firman Tuhan ALLAH.

Yeh. 13:9 Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan nabi-nabi yang melihat perkara-perkara yang menipu dan yang mengucapkan tenungan-tenungan bohong; mereka tidak termasuk perkumpulan umat-Ku dan tidak akan tercatat dalam daftar kaum Israel, dan tidak akan masuk lagi di tanah Israel; dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah Tuhan ALLAH.

Yeh. 13:19 Kamu melanggar kekudusan-Ku di tengah-tengah umat-Ku hanya demi beberapa genggam jelai dan beberapa potong roti, dengan membunuh orang-orang yang tidak patut mati, dan membiarkan hidup orang-orang yang tidak patut hidup, dalam hal kamu berbohong kepada umat-Ku yang sedia mendengar bohong.

Yeh. 13:23 Oleh sebab itu kamu tidak lagi melihat perkara-perkara yang menipu dan mengucapkan tenungan-tenungan bohong; Aku akan melepaskan umat-Ku dari tanganmu dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN."

Yeh. 21:29 sedang orang melihat penglihatan-penglihatan yang menipu bagimu dan memberi tenungan-tenungan bohong kepadamu--untuk ditetakkan ke leher orang-orang fasik yang durhaka, yang saatnya sudah tiba untuk penghakiman terakhir.

Yeh. 22:28 Dan nabi-nabinya mengoles mereka dengan kapur dengan melihat penglihatan yang menipu dan memberi tenungan bohong bagi mereka; nabi-nabi itu berkata: Beginilah Firman Tuhan ALLAH! --tetapi TUHAN tidak berfirman.

dah jelas kan? intinya berbohong itu tetap dosa,dan upah dosa ialah MAUT (dengan intonasih penekanan)  :happy0025:

Yes. 46:4 Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)