Author Topic: Injil sudah tidak asli?  (Read 7621 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 18, 2010, 02:16:09 PM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1066
@False Hope: hahaha. Istilah dapat banned-nya lucu.

FYI, Injil Barnabas ditulis lebih muda dari 200M. Mungkin saja memang Barnabas rekan Paulus yang menulisnya setelah minum obat awet muda atau menggunakan mesin waktu.

Salam.

bgmn Injil thomas Bro?apa karna pake ISP(internet service Provider) yg sama sampe kena getahnya di Banned sama Admin nya(Vatikan)  :ashamed0004: :ashamed0004:

Salam

Young:
Quote
Lalu siapa dong yang dimaksud Guru Kebenaran itu moe..??

(12) Murid-murid berkata kepada Yesus, “Kami tahu engkau akan meninggalkan kami. Lalu, siapakah yang akan menjadi pemimpin kami?” Yesus berkata kepada mereka, “Tidak peduli dari manapun kalian berasal, kalian pergilah kepada Yakobus Yang Adil. Langit dan bumi diciptakan untuknya.”




1) pengilhaman dan ketidaksalahan (Infallibility) Alkitab;
2) keilahian Kristus dan kelahirannya dari perawan Maria;
3) pendamaian melalui kematian Yesus Kristus;
4) kebangkitan harfiah/jasmaniah Yesus Kristus; dan
5) kedatangan Yesus Kristus dengan segera.
February 18, 2010, 02:20:53 PM
Reply #31
  • Global Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8942
  • ForumKristen.com
bgmn Injil thomas Bro?apa karna pake ISP(internet service Provider) yg sama sampe kena getahnya di Banned sama Admin nya(Vatikan)  :ashamed0004: :ashamed0004:

Salam

Ini ada beberapa referensi yang mudah-mudahan berguna:
http://www.akupercaya.com/belajar-alkitab/10396-injil-thomas.html#post428499
http://www.sabda.org/sejarah/artikel/injil_thomas.htm

Dari beberapa tulisan yang saya baca, Injil Thomas ini ditolak karena sangat kental dengan ajaran gnostik, padahal Yesus bukanlah guru gnostis.

Salam.
Mustahil Kristen bisa menjawab
"We don't smoke it, we just sell it. We reserve that right for the young, the poor, the black and the stupid." - R.J. Reynolds
February 18, 2010, 03:02:09 PM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1066
bgmn Injil thomas Bro?apa karna pake ISP(internet service Provider) yg sama sampe kena getahnya di Banned sama Admin nya(Vatikan)  :ashamed0004: :ashamed0004:

Salam

Ini ada beberapa referensi yang mudah-mudahan berguna:
http://www.akupercaya.com/belajar-Alkitab/10396-injil-thomas.html#post428499
http://www.sabda.org/sejarah/artikel/injil_thomas.htm

Dari beberapa tulisan yang saya baca, Injil Thomas ini ditolak karena sangat kental dengan ajaran gnostik, padahal YESUS bukanlah guru gnostis.

Salam.


Quote

3. Injil Thomas: Selayang Pandang
Pada tahun 1945 – 1946 di Nag Hammadi sebuah kota di Mesir di tepi sungai Nil, dalam penggalian arkeologi ditemukan di perpustakaan kuno Gnostik Koptik. Dalam perpustakaan itu dijumpai banyak sekali naskah kuno ditulis di atas papyrus dan dijilid dengan sampul kulit. Yang terkenal dari penemuan itu adalah “Injil Thomas” yang ditemukan versi terjemahan Yunani yang diperkirakan ditulis sekitar tahun 150/200 M, dan terjemahan Koptik yang bernafaskan Gnostik bertanggal pertengahan abad IV M, yang berisi kumpulan 114 “ucapan – ucapan rahasia dan perumpamaan yang dianggap sebagai ucapan Yesus (Logion)”. Setengah dari isi Injil Thomas ada dalam ke empat Injil dan setengah lainnya adalah baru. Tepatnya, 47 Logion ada dalam Markus, 40 ada dalam Quelle (Q), 17 ada pada Injil Matius, 4 ada di Injil Lukas dan 5 ada di Injil Yohannes. Sebagian besar Injil Thomas hanya tersedia dalam bahasa Koptik, yang tampaknya merupakan hasil terjemahan maupun penyelarasan dari sumber yang lebih awal dalam bahasa Yunani yang lebih awal tidak tampak. Kita tidak mempunyai bentuk asli dari Injil Thomas, sehingga klaim –klaim tentang bentuk bahasa Yunani yang lebih awal tidak tampak. Sebagian besar para ahli percaya bahwa bentuk bahasa Yunani dari teks tersebut lebih dekat ke Injil Thomas yang asli. Cikal bakalnya terletak di Siria Timur, dimana ada berbagai tradisi dan legenda tentang Rasul Thomas. Diduga, dokumen asli di tulis pada abad 2 oleh seseorang yang mengagumi Thomas, bukan oleh Rasul Thomas sendiri.(kaya nya ini jawaban sama aja ya kaya orang2 jawab injil barnabas)
Injil Thomas adalah suatu contoh dokumen Gnostik. Gnotisisme adalah sebuah gerekan agamawi Yunani awal yang secara khusus berpengaruh pada Gereja di abad 2. gnotisisme berasal dari istilah Yunani Gnosis, yang artinya pengetahuan (knowledge). Kaum Gnostik meyakini bahwa orang – orang yang taat telah mendapatkan pencerahan yang istimewa , dimana mereka mendapatkan suatu tingkat pemahaman yang rahasia atau yang lebih tinggi yang tidak dapat di akses oleh mereka yang tidak terpilih.
Didalam injil Thomas terdapat ucapan – ucapan Yesus yang terpelihara di dalam tradisi tertulis yang telah “dignotisasikan” . Namun apabila terhadap sebagian besar ucapan Yesus dalam Injil Thomas ini dilakukan “Degnotisasi”, yakni dihilangkan unsure – unsur gnostiknya, maka ucapan – ucapan Yesus yang muncul di situ akan menggambarkan Yesus sebagai seorang pengajar hikmat sekaligus seorang Nabi yang membawa amanat pembaharuan sosial yang radikal.
Injil Thomas yang berisikan 114 logion dimulai dengan suatu prolog atau Pengantar : “These are the secret saying that the living Jesus spoke and Didymos Judas Thomas recorded” (“Inilah ucapan – ucapan rahasia dari Yesus yang hidup dan yang telah di catat oleh Yudas Thomas Didimus”). Lalu dalam logion 1 dikatakan : katanya “Barang siapa menemukan penafsiran atas ucapan – ucapan ini, ia tidak akan mengecap kematian” dalam Injil Thomas, Yesus dipandang sebagai seorang filsuf yang bijak (logion 13). Sebagian falsafahNya mengatakan bahwa aspek terpenting yang sesungguhnya dari seseorang yang tercerahkan adalah jiwa yang pre – eksisten (bukannya tubuh).
Kemudian dalam Ucapan No. 19 Yesus melontarkan kata bersayap “Berbahagialah dia yang lahir (datang) sebelum dilahirkan”. Jadi, seseorang yang tercerahkan harus menemukan ke adikodratan di dalam dirinya dengan cara mencarinya ke belakang, bukan ke masa depan. Hal ini sangat bertentangan dengan PB yang menekankan orientasi yang pasti menuju masa depan dan penebusan akhir. Sedangkan injil Thomas dan literature gnostik lainnya memiliki karakter yang mengubah dan mengeliminasi orientasi eskatologis dari pengajaran Yesus dan kemudian menggantinya dengan spekulasi tentang dunia – dunia yang lain, lapisan – lapisan waktu yang ribuan tahun lamanya, jiwa yang pre eksisten dan semacamnya. Jadi jelasnya, orientasi eskatologis dari Injil Kanonik lebih jelas dan pasti, sedangkan Injil Thomas tidak memiliki hal tersebut.
Mengenai keselamatan, dalam ucapan No. 62, Yesus berkata : “Aku menyingkapkan berbagai misteri kepada mereka (yang layak) menerima misteri – misteriku”. Kabar baik tentang keselamatan dari Kristus tidak lah ditawarkan kepada semua orang . seseorang harus layak untuk menerima rahasia kearifan Yesus. Jelaslah, keselamatan yang ditawarkan dalam injil Thomas sangat bertentangan dengan keselamatan oleh kasih karunia melalui iman kepada Yesus Kristus, sebagaimana yang ditulis dalam kitab PB.

4. Kesimpulan
Sejauh ini kita telah menelaah sejarah dan beberapa poin penting dari injil Thomas. Beberapa contoh tadi telah cukup untuk menunjukkan bahwa materi injil Thomas sangat berbeda dan bertentangan dengan injil – injil Kanonik dalam Alkitab. Injil Thomas dalam beberapa hal merupakan sejenis ikhtisar atau antologi dari materi kata – kata bijak yang lebih awal dari injil – injil Alkitab, yang diambil secara harfiah darinya. Dengan kata lain, injil Thomas merupakan upaya pada abad kedua untuk menginterpretasikan segala macam gagasan dan bacaan kitab PB secara gnostik. Injil Thomas jelas bukan injil “kelima” yang harus dimasukkan ke dalam kanon. Bahkan injil ini menambah sedikit wawasan pengetahuan kita tentang Yesus yang histories itu, tetapi tidak terhadap makna teologis tentang Yesus yang kita imani, sebagaimana yang terdapat dalam PB. Para pengkhotbah terawal dan injil – injil terawal, yang adalah injil – injil Alkitab, setuju bahwa agar sesuatu bisa sungguh – sungguh menadi Berita Baik (Injil), ia harus memasukkan hal – hal yang telah dicapai oleh Yesus bagi orang – orang lain, khususnya kematian dan kebangkitanNya. Berdasarkan kesepakatan seperti ini, maka dapat dikatakan injil Thomas sama sekali tidak layak di sebut Injil. Memahami pengajaran – pengajaran Yesus tidak cukup untuk memberi dampak pada keselamatan. Kita harus mempercayaiNya dan mempercayai apa yang telah diperbuatNya demi keselamatan kita.


ck....ck...ck...ck turut prihatin buat Santo Thomas  tulisan Injil yg ditulis dengan susah payah harus harus ngalah  sama  4 Injil Resmi

mungkin ada hubungan nya dgn isi Ayat Injil Thomas Ini

(13) Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Bandingkan aku dengan sesuatu
dan katakan kepadaku seperti apakah aku.” Simon Petrus berkata kepadanya, “Engkau seperti seorang bentara yang adil.” Matius berkata kepadanya, “Engkau seperti seorang filsuf yang bijaksana.” Thomas berkata kepadanya, “Guru, mulutku sama sekali tidak sanggup mengatakan seperti apa engkau.” Yesus berkata, “Aku bukanlah gurumu. Karena kamu telah mabuk, mabuk oleh pancaran air berbuih-buih yang aku telah takarkan.” Lalu ia membawa Thomas, memisahkannya dari yang lain, dan menyampaikan tiga kata kepadanya.
Ketika Thomas kembali kepada murid-murid lainnya, mereka bertanya, “Apa yang Yesus telah katakan kepadamu?” Thomas berkata kepada mereka, “Jika aku beritahukan satu saja dari kata-kata yang ia telah sampaikan kepadaku, maka kalian akan memungut batu dan melemparkannya kepadaku. Dan api akan muncul dari batu-batu itu dan membakar habis kalian.”

 


1) pengilhaman dan ketidaksalahan (Infallibility) Alkitab;
2) keilahian Kristus dan kelahirannya dari perawan Maria;
3) pendamaian melalui kematian Yesus Kristus;
4) kebangkitan harfiah/jasmaniah Yesus Kristus; dan
5) kedatangan Yesus Kristus dengan segera.
February 18, 2010, 03:12:46 PM
Reply #33
  • Global Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8942
  • ForumKristen.com
Silakan baca beberapa terjemahan naskahnya:
http://alge.anart.no/projects/free_books/apocrypha/Thomas_Gospel-Scholars-version.pdf

http://sadena.com/Books-Texts/Gospel%20of%20Thomas.pdf

Silakan rasakan "sensasi" gnostiknya.:)

Kalau itu memang karangan santo Thomas, mungkin santo Thomas itu memang sudah membelot ke ajaran gnostik.

Salam.
Mustahil Kristen bisa menjawab
"We don't smoke it, we just sell it. We reserve that right for the young, the poor, the black and the stupid." - R.J. Reynolds
February 18, 2010, 03:34:11 PM
Reply #34
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1066
@kahlil:sama ga sama yg ini n kalo bole tau si rahmat itu agamnya apa?thanks bro

Quote
Silakan rasakan "sensasi" gnostiknya.:) 

sip sesasional sekalee lil btw


http://www.ioanesrakhmat.com/2008/01/injil-thomas-114-ucapan-yesus.html

1) pengilhaman dan ketidaksalahan (Infallibility) Alkitab;
2) keilahian Kristus dan kelahirannya dari perawan Maria;
3) pendamaian melalui kematian Yesus Kristus;
4) kebangkitan harfiah/jasmaniah Yesus Kristus; dan
5) kedatangan Yesus Kristus dengan segera.
February 18, 2010, 08:53:11 PM
Reply #35
  • Global Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8942
  • ForumKristen.com
@kahlil:sama ga sama yg ini n kalo bole tau si rahmat itu agamnya apa?thanks bro

Quote
Silakan rasakan "sensasi" gnostiknya.:) 

sip sesasional sekalee lil btw


http://www.ioanesrakhmat.com/2008/01/injil-thomas-114-ucapan-YESUS.html


Waktu saya klik, hanya terlihat seperti ini:
Quote
Page not found
Sorry, the page you were looking for in the blog The Freethinker Blog does not exist.

Tentang Ioannes Rakhmat:
Quote
Ioanes Rakhmat
    North Jakarta 14240, A Palm and Bamboo Country, Indonesia
    I am Ioanes Rakhmat, a freethinker, a freely wandering soul, a homeless mind, committed to articulating liberal and critical voices in the realm of religion and cognate fields within the cultural context of modern Indonesia.

    I have a doctorate in historical Jesus research; but my academic expertise covers broader fields: Christian origins, New Testament documents, extracanonical writings, theology of religions, philosophy, cultural studies and sociology.

    Even though I am an ordained servant of the Christian god, I incline to take the position of a rationalist and antidogmatic freethinker. After understanding me rightly, hopefully you will see the world and yourself in a different way.

    If you wish to discuss ideas with me, feel free to send your mail to ioanes27@yahoo.com. It is my calling and my destiny to be together with you in reaching the enlightening Sun in front of us so that we shall not be overcome by inner darkness and intellectual blindness.

Saya tidak tahu agamanya apa. Yang pasti, style-nya adalah liberal-rasional-antidogmatis(Mengingatkan saya pada Bart Ehrman).
Sejauh ini, sudah banyak tanggapan terhadap tulisan-tulisan beliau. Misalnya
http://www.mangapulsagala.com/readarticle.php?article_id=168
http://www.sabdaspace.org/penghakiman_atas_kontroversi_temuan_makam_keluarga_yesus_0

Kalau Anda cermati, Ioanes Rakhmat tidak mengimani ineransi Alkitab. Beliau yakin Alkitab bisa cacat karena pengaruh tangan manusia.

Menurut saya, orang seperti itu tidak bisa disebut sebagai orang Kristen. Tentang sikap terhadap Alkitab, nampaknya Anda, the Val, Peninjau, dll justru lebih "Kristen". :)

Salam

Mustahil Kristen bisa menjawab
"We don't smoke it, we just sell it. We reserve that right for the young, the poor, the black and the stupid." - R.J. Reynolds
February 20, 2010, 05:38:25 PM
Reply #36
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 679
  • yesaya 52:14..
ck....ck...ck...ck turut prihatin buat Santo Thomas  tulisan Injil yg ditulis dengan susah payah harus harus ngalah  sama  4 Injil Resmi
Ya ialah..masa ya iya dong..:onion-head16:

Oh jadi gitu toh..Jadi tulisan para murid Yesus ini biar bisa lolos seleksi ternyata ada syarat utamanya juga ya...Sepertinya tulisan yg lebih meyakini Yesus sbg Tuhan lebih punya kan's lolos sensor..panteszzz aja surat dari Paulus nangkring diposisi 1 sbg tulisan yg paling banyak dimuat di Alkitab :monkeys10:

Quote
(12) Murid-murid berkata kepada YESUS, “Kami tahu engkau akan meninggalkan kami. Lalu, siapakah yang akan menjadi pemimpin kami?” YESUS berkata kepada mereka, “Tidak peduli dari manapun kalian berasal, kalian pergilah kepada Yakobus Yang Adil. Langit dan bumi diciptakan untuknya.”

teng_Q false..
"Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan Dia dengan kesakitan.Apabila Ia menyerahkan diriNya sebagai korban penebus salah, Ia akan melihat keturunanNya, umurNya akan Lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehNya."yesaya 53;10..
February 21, 2010, 12:38:34 PM
Reply #37
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 10
Sebetulnya sederhana saja, kalu ada kitab Suci dari Tuhan semenjak diturunkan ke muka bumi ini tanpa mengalami perubahan abjad, kata, kalimat, arti dan pengucapan gaya bahasa apakah itu masih dikatakan Kitab Suci???

Mari kita jujur pada diri kita masing masing, banyak para pakar pakar jago dalam penulisan, tapi yang namanya menulis dan mengganti isi kitab suci apakah hal ini dianggap benar juga, jika kita suci sudah dicampuri oleh tangan manusia?? berarti bukan kitab suci yang asli dari Tuhan dong?? Jika sudah ditulis tangan manusia, namanya kitab karangan buatan manusia, bukan kitab suci dari Tuhan.

bukanlah hati dan pikiran, coba di cermati kembali..
February 21, 2010, 12:42:35 PM
Reply #38
  • Global Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 8942
  • ForumKristen.com
Sebetulnya sederhana saja, kalu ada kitab Suci dari Tuhan semenjak diturunkan ke muka bumi ini tanpa mengalami perubahan abjad, kata, kalimat, arti dan pengucapan gaya bahasa apakah itu masih dikatakan Kitab Suci???

Mari kita jujur pada diri kita masing masing, banyak para pakar pakar jago dalam penulisan, tapi yang namanya menulis dan mengganti isi kitab suci apakah hal ini dianggap benar juga, jika kita suci sudah dicampuri oleh tangan manusia?? berarti bukan kitab suci yang asli dari Tuhan dong?? Jika sudah ditulis tangan manusia, namanya kitab karangan buatan manusia, bukan kitab suci dari Tuhan.

bukanlah hati dan pikiran, coba di cermati kembali..

Memangnya kitab apa yang pernah ditulis Tuhan?

Setahu saya, yang pernah ditulis Tuhan secara langsung adalah 2 loh batu yang diserahkan pada nabi Musa. Itupun bukan kitab, melainkan 10 perintah.

Kalau Anda menyangka Alkitab adalah tulisan Tuhan, maka Anda terperangkap dalam Straw Man's fallacy.

Salam.
Mustahil Kristen bisa menjawab
"We don't smoke it, we just sell it. We reserve that right for the young, the poor, the black and the stupid." - R.J. Reynolds
February 21, 2010, 06:50:49 PM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 11532
  • Gender: Male
    • http://www.mypage.com/
  • Denominasi: Protestan Injili/Evangelikal
@ amplopp,

Quote
Jika sudah ditulis tangan manusia, namanya kitab karangan buatan manusia, bukan kitab suci dari Tuhan.

Emangnya ada kitab suci yg tidak ditulis dengan tangan manusia?

Langsung jatuh dari langit?

Sila namakan kitab suciitu dan apa bukti2nya ia jatuh dari langit, sebisa mungkin saya mau lihat U-Tube kitab itu jatuh dari langit...plummmm.

Ngelawak loe kaleee.


Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau kata-Ku salah, tunjukkan kesalahannya tapi jikalau kata-Ku benar, mengapakah engkau menampar Aku?" (Injil riwayat Yuhana 18:23)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)