Author Topic: Sidang Kajian Terpisahnya Protestan Dari Katholik: Indulgensi  (Read 7161 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

February 24, 2010, 11:54:23 AM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2373
  • Gender: Male
  • Grand Inquisitor
  • Denominasi: Gereja Orthodox Indonesia
Quote
Coba ini lebih jelas ga:
Source: http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Indulgences
huahaha saya ga bisa, musti om Daniel FS, atau Bro Qbiz (SarapanPagi), nanti ya coba saya PM dia mau terjemahin ga, mudah2an orangnya lagi berbaik hati hihihi


Lah... koq “om” sech? Hahaha...
Haduuh... lumayan pusing juga (tapi lebih jelas dari yang sebelumnya), sampai saat ini masih nemu 12 kata doank... (ntar lanjut lagi... pusying sis LieL... pijitin dunk... hahaha...) kata yang tercantum dalam surat itu (yang lumayan jelas dan sempat saya terjemahkan):
1. Baris 1: Ego = saya
2. Baris 2: Confestos = mengakui
3. Baris 2: Monasteri = Biara
4. Baris 2 dan 5: Capella/e = Kapel
5. Baris 2: Marie = Maria
6. Baris 3: Consecrate = penyucian
7. Baris 4: Recognosco = mengetahui
8. Baris 5: Visio = pandangan/prinsip
9. Baris 6: Forma = rumusan
10. Baris 6: Ecclesie = Gereja
11. Baris 12: Tradidi = menyampaikan
12. Baris 13: Litterio = surat resmi

Ada yang mau bantu nambahin/koreksi terjemahan saya supaya lebih komplet? Silahkan...

Best Regard,
Daniel FS
---†---†---†---Fides Quaerens Intellectum---†---†---†---
February 24, 2010, 11:56:47 AM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 632
kalo dipijit nanti Daniel FS ga jadi selibat lagi hahaha :D

Ego itu saya ya? Berarti coretan tangan pertama itu nama kali yah
@forum-label-Kristen.com

Isaias 5,21 "ouai oi sunetoi en eautoiV kai enwpion eautwn episthmoneV"

"I like your CHRIST, I do not like your Christians. Your Christians are so unlike your CHRIST." Mahatma Gandhi
February 24, 2010, 12:08:58 PM
Reply #22
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2373
  • Gender: Male
  • Grand Inquisitor
  • Denominasi: Gereja Orthodox Indonesia
Quote
kalo dipijit nanti Daniel FS ga jadi selibat lagi hahaha

Ego itu saya ya? Berarti coretan tangan pertama itu nama kali yah


Saya rasa juga demikian... (huruf cetak aja sukar diterjemahin, eh dia mana nulisnya pakai tegak bersambung lagi..., aku ndak mau lho ya nerjemahin yang tulisan tangan... emoh pokoke emoh ), haaa... ajak yang lainnya juga dunk buat nerjemahin (SarPag, Deogratia, atau siapa aja)... bisa tambah minus kalau saya sendirian... hahahaha...

NB: Ntar tiwas wes susah-susah terjemahin, elo bilang: "Eh ini ada dink terjemahannya... dulu ga keliatan pas nyomot picturenya..." gue langsung giniiii:

Best Regard,
Daniel FS
---†---†---†---Fides Quaerens Intellectum---†---†---†---
February 24, 2010, 12:23:31 PM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 632
Ada lagi: (source: http://fotobank.ru/image/BR00-9477.html)

Информация об изображении
Код: BR00-9477
Кросс номер: XKH 144560
Категория лицензирования:  RM
 
Описание:
Letter of Indulgence to the Church of St. Nicolas, 22nd June 1484 (ink on parchment). Date: C15th. Medium: ink on parchment. Location: Staatsarchiv, Hamburg, Germany
 
Фонд: Bridgeman
Фотограф: Unknown author
Размер: 4562 x 4244
 
Model Release: нет
Property Release: нет

Специальные инструкции:
нет
@forum-label-Kristen.com

Isaias 5,21 "ouai oi sunetoi en eautoiV kai enwpion eautwn episthmoneV"

"I like your CHRIST, I do not like your Christians. Your Christians are so unlike your CHRIST." Mahatma Gandhi
February 24, 2010, 01:02:21 PM
Reply #24
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 63
  • Gender: Male
February 24, 2010, 03:38:25 PM
Reply #25
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 193
  • Gender: Male
Ya udah selamat bekerja aja ya  :D . Saya tinggal tunggu hasilnya aja deh.  :ashamed0004:

 :angel:
February 26, 2010, 01:30:48 PM
Reply #26
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 3804
  • Gender: Male
@Korektor
Quote
Ada yg perlu dikoreksi yaitu "abuse" dan "evil gains". Kan sudah ditulis di situ. Sumbangan untuk Gereja lalu dijanjikan indulgensi, bukanlah "abuse" dan "evil gains". Lagipula indulgensi dalam bentuk surat juga tidak ada. Si Luther saja yg mengada-ada.

Contoh "abuse" yaitu ajaran si Tetzel yg mengatakan bahwa "Semua dosa akan dihapus dengan indulgensi termasuk bersetubuh dengan Bunda Maria" dan "Begitu terdengar bunyi emas di kotak, bangkitlah jiwa menuju surga.". Ajaran si Tetzel ini benar-benar tidak masuk akal dan tidak berdasar. Sama seperti ajaran Martin Luther.

Apa saudara tidak membaca “himbauan” ini dibawah ini
Quote
Syarat dan Ketentuan Posting:
1. Dilarang Ad-hominem, alias menyerang pribadi FKers lainnya, misalnya: kamu bodoh!, kamu jelek!, etc.
2. Dilarang mengenakan Anathema (kutuk) berupa apapun kepada pribadi FKers lain, misalnya: kamu sesat!, biar Tuhan menghukummu!, etc.
3. Menghormati dan menghargai argumen teman (bukan lawan) diskusi serta tidak memaksakan pendapat sendiri.

Dari setiap postingan yang saya lihat dari saudara @Korektor, slalu kembali kepada doktrin, tidak ada sedikit “ruang “ untuk “transaksi pemahaman”
Nampaknya perlu juga saudara @kolektor “bertanya” lagi kepada “senior” di gereja saudara, daripada memberikan respon yang “seadanya” seperti ini
Karena saya percaya baik rekan @Daniel dan kami semua, menantikan argumen yang sarat dengan bobot teologis dan intelektual, dibanding argumen yang “lagi2” kembali ke “doktrin”

GBU
February 26, 2010, 02:13:31 PM
Reply #27
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 193
  • Gender: Male
Lho, memangnya saya sdg menulis doktrin pada komen tersebut? Doktrin apa?
February 27, 2010, 12:21:49 AM
Reply #28
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 3804
  • Gender: Male
Lho, memangnya saya sdg menulis doktrin pada komen tersebut? Doktrin apa?

bro...

setiap apa yang anda sampaikan, itu hanyalah "doktrin ini dan itu"

karena selalu kembali kepada "itu2" melulu

tidak ada "titik maju" dalam diskusi dalam argumen yg bro bangun

atau mungkin saja saya yang "salah"

silahkan berdiskusi untuk maju tahap demi tahap

GBU
February 27, 2010, 06:34:06 AM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2373
  • Gender: Male
  • Grand Inquisitor
  • Denominasi: Gereja Orthodox Indonesia
Quote
Lho, memangnya saya sdg menulis doktrin pada komen tersebut? Doktrin apa?

Saya agak curiousnya dalam hal ini:
"Apakah benar yang semua Anda katakan tentang Indulgensi pada zaman Luther itu pernyataan resmi magisterium Katolik?"
Karena jika nanti setelah dikonfirmasi dengan Gereja resmi Katolik dan sejarah bertentangan, maka bukankah Anda sendiri melawan standar magisterium Katolik yang sah (yang dalam hal ini juga Anda percayai)? Anda bisa mempertangungjawabkannya?

Best Regard,
Daniel FS
---†---†---†---Fides Quaerens Intellectum---†---†---†---
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)