Author Topic: Nabi di ulangan 18 : 18  (Read 5998 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 01, 2018, 09:23:14 AM
Reply #10
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 305
  • Denominasi: Katolik
Sebelumnya kita lihat dulu Ulangan 18:15-19, kalimat yang diucapkan Musa kepada bani Israel

Ulangan 18:15-19
18:15. Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan.
18:16 Tepat seperti yang
kamu minta dahulu kepada TUHAN, Allahmu, di gunung Horeb, pada hari perkumpulan, dengan berkata: Tidak mau aku mendengar lagi suara TUHAN, Allahku, dan api yang besar ini tidak mau aku melihatnya lagi, supaya jangan aku mati.
18:17 Lalu berkatalah TUHAN kepadaku: Apa yang dikatakan mereka itu baik;
18:18 seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.
18:19 Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban.

Untuk memahami Ulangan 18:18 ini kita harus melihat ayat sebelumnya yaitu Ulangan 18:16-17
Ulangan 18:18 seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.

Siapakah yang dimaksud dengan mereka ini di Ulangan 18:18 ?
Jawabannya ada di Ulangan 18:16-17

Ulangan 18:16-17
18:16 Tepat seperti yang
kamu minta dahulu kepada TUHAN, Allahmu, di gunung Horeb, pada hari perkumpulan, dengan berkata: Tidak mau aku mendengar lagi suara TUHAN, Allahku, dan api yang besar ini tidak mau aku melihatnya lagi, supaya jangan aku mati.
18:17 Lalu berkatalah TUHAN kepadaku: Apa yang dikatakan mereka itu baik;

Disini terlihat sangat jelas bahwa yang dimaksud mereka ini adalah orang- orang yang  berkata di gunung Horeb "Tidak mau aku mendengar lagi suara TUHAN, Allahku, dan api yang besar ini tidak mau aku melihatnya lagi, supaya jangan aku mati" yang tidak lain adalah bani Israel itu sendiri

Jadi kalimat "seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka" pada Ulangan 18:!8 berarti "seorang nabi akan Kubangkitkan bagi bani Israel dari antara saudara mereka"

Kemudian kita lanjut pada kalimat "dari antara saudara mereka".
Kita tahu bahwa Musa adalah keturunan Lewi. Kalimat "dari antara saudara mereka" mengindikasikan bahwa nabi yang akan datang ini berasal dari bani Israel yang bukan keturunan Lewi. Hal ini digenapi dengan kedatangan Yesus Kristus ke dunia yang berasal dari bani Israel keturunan Yehuda saudara Lewi.

Hal ini dikuatkan dengan pernyataan Petrus kepada orang Israel setelah meyembuhkan orang yang lumpuh sejak lahirnya dengan kuasa Allah dipintu gerbang Bait Allah, yang bernama Gerbang Indah dengan mengutip Ulangan  18:18-19.

Kisah Para Rasul 3:19-24
3:19 Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan,
3:20 agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, dan mengutus Yesus, yang dari semula diuntukkan bagimu sebagai Kristus.
3:21 Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu.

3:22 Bukankah telah dikatakan Musa: Tuhan Allah akan membangkitkan bagimu seorang nabi dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku: Dengarkanlah dia dalam segala sesuatu yang akan dikatakannya kepadamu.
3:23 Dan akan terjadi, bahwa semua orang yang tidak mendengarkan nabi itu, akan dibasmi dari umat kita.

3:24 Dan semua nabi yang pernah berbicara, mulai dari Samuel, dan sesudah dia, telah bernubuat tentang zaman ini.

Semoga bisa membantu.
1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)