Author Topic: Roh Kebenaran atau ROH KUDUS.?  (Read 9857 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 19, 2010, 11:46:29 AM
Reply #30
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1066
ada 3 jawaban dr 3 rekan-rekan Omoshiroi(menarik) simak

Kahlil:
Quote
2.@False hope: keterangan mengenai siapa yang dimaksud dalam Yesaya 29:12 terdapat di ayat sebelumnya, yaitu 'para pelihat telah ditudungi-Nya. Mereka adalah nabi yang tak bisa bernubuat dengan benar.
Saya tak yakin Anda mengakui nabi Anda seperti itu.Salam

selama nubuat nya ga pernah meleset....brarti ok...ok...aja donk? :happy0025: 

charity:
Quote
Nubuat Yesaya adalah untuk Israel. Liat ayat 13 yang digenapi dalam ucapan YESUS kepada farisi. Jika bro false menganalogikan ayat 12 dengan nabi anda,sama aja bilang nabi anda berasal dari Israel. Tolong dibaca dulu keseluruhan pasal dan sejarah kitabnya. Gbu.
tentu  bro karena di ayat dibawah kan disuruh baca tuh kitab Yesaya nya :tongue:
Matius 21:42   Kata Yesus kepada mereka: "Belum pernahkah kamu baca dalam Kitab Suci: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru: hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita.
 
21:43   Sebab itu, Aku berkata kepadamu, bahwa Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu.
21:43 itu kan nubuat YESUS untuk bangsa Israel kan??? :cheesy:
bangsa siapakah?Ismaeli kah??? :ashamed0002:

mau tanya deh char emang ada nabi Israel yg yg bisa baca n tulis??? or farisi yg ga bisa baca or tulis?? :happy0025:
nb:bangsa Israel sedangkan farisi itu kaum ...mudeng ora son :cheesy:

salam damai :happy0025:

1) pengilhaman dan ketidaksalahan (Infallibility) Alkitab;
2) keilahian Kristus dan kelahirannya dari perawan Maria;
3) pendamaian melalui kematian Yesus Kristus;
4) kebangkitan harfiah/jasmaniah Yesus Kristus; dan
5) kedatangan Yesus Kristus dengan segera.
March 19, 2010, 12:38:20 PM
Reply #31
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 450
Yohanes 14:16-17

[16] Aku akan minta kepada Bapa, dan IA akan memberikan kepadamu seorang[/color] Penolong yang lain,supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, [17] yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Memang kalau bacanya cuma ayat 16 yang msh ada tanda (koma), maka "penolong" yg lain itu sering ditafsirkan sebagai nabi yg akan datang (oleh agama lain).

TAPI

ayat itu blm selesai, krn msh ada tanda KOMA, lanjutannya jelas bgt di ay 17, bahwa "penolong" itu ternyata adalah ROH KEBENARAN.

Kalau saja orang mengerti tata bahasa, dan tidak memperkosa kalimat yg belum berhenti (msh ada tanda KOMA), sebenarnya INTI dari perkataan YESUS itu JELAS maksudnya, yaitu mengenai ROH KEBENARAN dan bukannya seorang manusia or nabi.
Apakah makna dari kata seorang dalam ayat diatas..? Apakah itu tidak berarti pribadi yang eksis seperti YESUS yg dikandung dari ROH KUDUS..?
March 19, 2010, 01:26:25 PM
Reply #32
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 450
Quote
Belum pergi kepada Bapa?
Cloud..Yesus kan bilang bahwa :

Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, dan selanjutnya lagi Yesus bilang : tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. [/color]..pada bagian mana anda bilang bahwa Yesus sudah pergi kepada Bapa/ALLAH..? Apakah setelah Yesus menampakkan diri pada Maria..? ataukah setelah Yesus diangkat ke Sorga dan dilanjutkan dengan kisah turunnya ROH KUDUS..?

Quote
Bro Yosan...makanya kita harus memakai logika yang bisa dijangkau oleh logika kita.
Bukankah ROH KUDUS keluar dari Bapa?
Tapi kenapa bisa keluar dari YESUS?
Jadi siapa sebenarnya YESUS setelah disalibkan/ditinggikan?
Itu yang perlu pemikiran bro.
Logika..? ga usah heran nanti kalo ada yg bilang bahwa Yesus bukan Tuhan karna tidak tau hari kiamat..bisa diterima seperti itu..? oot deh..

Quote
ROH KUDUS = Roh Kebenaran
Sejak dihembuskannya ROH KUDUS, mereka sekarang memiliki keyakinan bahwa memang benar apa yang dikatakan YESUS. Dari yang semula lari bersembunyi, ketakutan dan bahkan boleh dibilang pengecut berubah menjadi tidak ada ketakutan, bahkan tidak ada ketakutan untuk mati dibunuh akibat kepercayaan mereka.
Karena Roh Kebenaran sudah dihembuskan kepada mereka. Mereka menjadi yakin seyakin yakinnya bahwa apa yang mereka saksikan dan sampaikan adalah benar.

Itulah fenomena pertama dari murid2 YESUS...dari penuh ketakutan menjadi penuh keberanian.
Dikatakan bahwa Yesus dikandung dari ROH KUDUS...Nah pada Yohanes 14:16-17 dikatakan bahwa akan datangnya seorang Penolong yang lain yaitu Roh Kebenaran..Kok bisa lalu tiba2 jadi ROH KUDUS..? Padahal menurut perkataan Yesus bahwa Roh Kebenaran ini hanya akan datang apabila Yesus telah pergi kepada Bapa,tetapi pada Yohanes 20:22 Yesus telah memberikan ROH KUDUS..ini tentu saja agak2 bertentangan bukan dengan kata2 Yesus itu sendiri...Apakah Yesus pernah berbohong..?

jangan2 jangan2..hanya asumsi dari logika saya..sama seperti kata kamu cloud "logika"..

Quote
Benarkah yang dimaksud adalah Mesias?
Coba baca baik2 ayat sebelumnya bro Yosan
Yohanes 8:26  Banyak yang harus Kukatakan dan Kuhakimi tentang kamu; akan tetapi Dia, yang mengutus Aku, adalah benar, dan apa yang Kudengar dari pada-Nya, itu yang Kukatakan kepada dunia."       
Yohanes 8:27 Mereka tidak mengerti, bahwa Ia berbicara kepada mereka tentang Bapa. [/color]   
Yohanes 8:28 Maka kata YESUS: "Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku.

YESUS mengatakan "Dia" merujuk kepada Pengutus yang tak lain adalah Bapa.

*sorry...yang warna biru ini aku edit sebagai penambahan penjelasan*
ayat 27 tsb adalah ayat berisikan asumsi dari si Penulis bukan si Pembicara yaitu Yesus..karna menurut perkataan Yesus dalam ayat 28 Dia itu adalah Anak Manusia yg dimaksud..
"Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia[/color], barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia,[/color] dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku."[/color]

Perhatikan ayat diatas yg dibold biru..pakai logika saja ; Jika Yesus adalah Bapa,apakah perlu diajarkan lagi bagaimana berkata2 sebagaimana mustinya Dia harus berkata2..?

salam...



March 19, 2010, 01:34:45 PM
Reply #33
  • Global Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9768
  • ForumKristen.com
@False-hope: kalau nubuat nabi Anda tidak pernah meleset, berarti Yesaya 29:12 tidak berbicara tentang nabi Anda. Penggenapannya malah terjadi juga pada orang-orang yang GR bahwa ayat tersebut menubuatkan nabi anu.

Salam.
Kesalahan-kesalahan dalam Kesaksian Meiga Fitri
Pancasila bukan Jimat, oleh Franz Magnis Suseno
Ahok Diwawancara CCTV
March 19, 2010, 02:01:04 PM
Reply #34
  • Guest
ibarat kata :
uangmu ya'uangku...uangku ya' uangku :angel:
March 19, 2010, 02:33:42 PM
Reply #35
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 886
  • Gender: Male
False: haha.. Perlu saya luruskan.. Kata nabi dalam strata kuno Israel adalah orang yang bernubuat. Bukan HANYA YANG DALAM ALKITAB. Jadi apakah ada nabi di Israel yg ga bisa baca tulis? MUNGKIN. saya ga mau ngmongin nabi anda,karena ini bukan forumnya. Tentang bangsa2 laen itu anda bisa baca pada perumpamaan CARANG YANG DICANGKOKAN KE POKOK ANGGUR. Saya lupa dikitab mana. Apakah itu bangsa Ismael? Baca dulu aja okay.
LORD is my Sheperd... I shall not fear...
March 19, 2010, 04:23:49 PM
Reply #36
  • Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2521
  • Gender: Male
  • Don't worry, be happy....
Quote
Belum pergi kepada Bapa?
Cloud..YESUS kan bilang bahwa :

Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, dan selanjutnya lagi YESUS bilang : tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. [/color]..pada bagian mana anda bilang bahwa YESUS sudah pergi kepada Bapa/ALLAH..? Apakah setelah YESUS menampakkan diri pada Maria..? ataukah setelah YESUS diangkat ke Sorga dan dilanjutkan dengan kisah turunnya ROH KUDUS..?



Yohanes 20:17  Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu."      
Baru    Yohanes 20:18 Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: "Aku telah melihat Tuhan!" dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.    
Yohanes 20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"    
Yohanes 20:20 Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan.

Pada saat Dia bangkit...Dia melarang untuk disentuh oleh Maria, dan mengatakan "sekarang" yang berarti "segera" menemui Bapa.
Tapi kemudian...malam (apakah itu hari yang sama pada saat kebangkitannya atau bukan...entahlah)...Dia datang dan memperlihatkan lukanya yang bahkan beberapa hari kemudian disentuh langsung oleh Thomas. Itu menandakan bahwa Dia sudah pergi ke Bapa.
Premisnya adalah  "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa"

Karena Dia sudah "pergi" atau "kembali" ke Bapa berarti Roh itu sudah bisa Dia berikan atau utus.

Quote
Bro Yosan...makanya kita harus memakai logika yang bisa dijangkau oleh logika kita.
Bukankah ROH KUDUS keluar dari Bapa?
Tapi kenapa bisa keluar dari YESUS?
Jadi siapa sebenarnya YESUS setelah disalibkan/ditinggikan?
Itu yang perlu pemikiran bro.
Logika..? ga usah heran nanti kalo ada yg bilang bahwa YESUS bukan Tuhan karna tidak tau hari kiamat..bisa diterima seperti itu..? oot deh..



Kenapa larinya ke kiamat?
Liat aja di tritnya bro SL masalah tersebut.


Quote
ROH KUDUS = Roh Kebenaran
Sejak dihembuskannya ROH KUDUS, mereka sekarang memiliki keyakinan bahwa memang benar apa yang dikatakan YESUS. Dari yang semula lari bersembunyi, ketakutan dan bahkan boleh dibilang pengecut berubah menjadi tidak ada ketakutan, bahkan tidak ada ketakutan untuk mati dibunuh akibat kepercayaan mereka.
Karena Roh Kebenaran sudah dihembuskan kepada mereka. Mereka menjadi yakin seyakin yakinnya bahwa apa yang mereka saksikan dan sampaikan adalah benar.

Itulah fenomena pertama dari murid2 YESUS...dari penuh ketakutan menjadi penuh keberanian.
Dikatakan bahwa YESUS dikandung dari ROH KUDUS...Nah pada Yohanes 14:16-17 dikatakan bahwa akan datangnya seorang Penolong yang lain yaitu Roh Kebenaran..Kok bisa lalu tiba2 jadi ROH KUDUS..? Padahal menurut perkataan YESUS bahwa Roh Kebenaran ini hanya akan datang apabila YESUS telah pergi kepada Bapa,tetapi pada Yohanes 20:22 YESUS telah memberikan ROH KUDUS..ini tentu saja agak2 bertentangan bukan dengan kata2 YESUS itu sendiri...Apakah YESUS pernah berbohong..?

jangan2 jangan2..hanya asumsi dari logika saya..sama seperti kata kamu cloud "logika"..



Bisa lihat penjelasan saya yang pertama diatas bro Yosan.
Jadi Yesus tidak berbohong :happy0025:

Pada dasarnya berlogika adalah berasumsi alias menebak
dari http://id.wikipedia.org/wiki/Penalaran_deduktif
Contoh klasik dari penalaran deduktif, yang diberikan oleh Aristoteles, ialah

    * Semua manusia fana (pasti akan mati). (premis mayor)
    * Sokrates adalah manusia. (premis minor)
    * Sokrates pasti (akan) mati. (kesimpulan)

Kesimpulan atau konklusinya adalah tebakan :D
Tebakan atau kesimpulan ini diambil dari melihat premis2 yang ada.

1 + 1 kita tebak atau kesimpulannya 2 :D

Yang jadi masalah adalah apakah tebakan atau kesimpulan kita sudah benar atau tidak :D



Quote
Benarkah yang dimaksud adalah Mesias?
Coba baca baik2 ayat sebelumnya bro Yosan
Yohanes 8:26  Banyak yang harus Kukatakan dan Kuhakimi tentang kamu; akan tetapi Dia, yang mengutus Aku, adalah benar, dan apa yang Kudengar dari pada-Nya, itu yang Kukatakan kepada dunia."       
Yohanes 8:27 Mereka tidak mengerti, bahwa Ia berbicara kepada mereka tentang Bapa. [/color]   
Yohanes 8:28 Maka kata YESUS: "Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku.

YESUS mengatakan "Dia" merujuk kepada Pengutus yang tak lain adalah Bapa.

*sorry...yang warna biru ini aku edit sebagai penambahan penjelasan*
ayat 27 tsb adalah ayat berisikan asumsi dari si Penulis bukan si Pembicara yaitu YESUS..karna menurut perkataan YESUS dalam ayat 28 Dia itu adalah Anak Manusia yg dimaksud..
"Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia[/color], barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia,[/color] dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku."[/color]

Perhatikan ayat diatas yg dibold biru..pakai logika saja ; Jika YESUS adalah Bapa,apakah perlu diajarkan lagi bagaimana berkata2 sebagaimana mustinya Dia harus berkata2..?

salam...



Logikanya kalau yosan berkata2 atau berpikir siapa yang mengendalikan?
Apakah pikiranmu atau perkataanmu dapat dipisahkan dari Yosan? Tidak kan?

Pernah dengar kata2 yang begini?
Aku ada karena aku berpikir. :D
JANGAN PERNAH MENYERAH, SAHABATKU
TIDAK ADA YANG MUSTAHIL, ASAL TAHU CARANYA
March 19, 2010, 07:42:34 PM
Reply #37
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1066
@all:kahlil,cloud,charity thanks atas semua postingan di trit ini ,mohon pamit dr thread

Salam damai :angel:

nb:alice g suka ame ur last post :afro: ...karena itulah g masih pending merit karena g masih agak keberatan dgn statement alice yg mewakili rata-rata anak cucu Adam yg punya label WANITA
« Last Edit: March 19, 2010, 07:45:22 PM by false-hope »

1) pengilhaman dan ketidaksalahan (Infallibility) Alkitab;
2) keilahian Kristus dan kelahirannya dari perawan Maria;
3) pendamaian melalui kematian Yesus Kristus;
4) kebangkitan harfiah/jasmaniah Yesus Kristus; dan
5) kedatangan Yesus Kristus dengan segera.
March 19, 2010, 08:55:57 PM
Reply #38
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 450
Quote
Belum pergi kepada Bapa?
Cloud..YESUS kan bilang bahwa :

Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, dan selanjutnya lagi YESUS bilang : tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. [/color]..pada bagian mana anda bilang bahwa YESUS sudah pergi kepada Bapa/ALLAH..? Apakah setelah YESUS menampakkan diri pada Maria..? ataukah setelah YESUS diangkat ke Sorga dan dilanjutkan dengan kisah turunnya ROH KUDUS..?



Yohanes 20:17  Kata YESUS kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu."      
Baru    Yohanes 20:18 Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: "Aku telah melihat Tuhan!" dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.    
Yohanes 20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid YESUS di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah YESUS dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"    
Yohanes 20:20 Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan.

Pada saat Dia bangkit...Dia melarang untuk disentuh oleh Maria, dan mengatakan "sekarang" yang berarti "segera" menemui Bapa.
Tapi kemudian...malam (apakah itu hari yang sama pada saat kebangkitannya atau bukan...entahlah)...Dia datang dan memperlihatkan lukanya yang bahkan beberapa hari kemudian disentuh langsung oleh Thomas. Itu menandakan bahwa Dia sudah pergi ke Bapa.
Premisnya adalah  "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa"

Karena Dia sudah "pergi" atau "kembali" ke Bapa berarti Roh itu sudah bisa Dia berikan atau utus.
okay cloud..jadi kesimpulan anda dari Yohanes 20:17 bahwa Yesus sudah pergi kepada Bapa yaa..? Jika demikian bagaimanakah dengan janji Yesus kepada murid2Nya menurut ayat berikut ini ;  Yoh 14;2-3

"...Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.[3] Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada."

Pada yat tsb Yesus berkata bahwa apabila Dia telah pergi kepada Bapa maka Dia akan membawa serta murid2Nya bersamaNya,tetapi yang terjadi adalah Yesus tidak membawa serta seorangpun dari murid2Nya ketika anda katakan bahwa Yesus telah pergi kepada Bapa menurut Yoh 20;17 dan datang kembali dari Bapa menurut Yoh 20;19..Jadi apakah benar bahwa Yesus telah pergi kepada Bapa menurut Yoh 20;17-19..?

Quote
Bisa lihat penjelasan saya yang pertama diatas bro Yosan.
Jadi YESUS tidak berbohong :happy0025:
Sudah saya lihat cloud dan saya juga yakin bahwa Yesus tidak mungkin mengibuli murid2Nya dgn janji2 manise saja toh...jadi sepertinya memang ada yg berbohong tapi yang pasti bukan Yesus kan cloud.. :happy0025:

Quote
Pada dasarnya berlogika adalah berasumsi alias menebak
dari http://id.wikipedia.org/wiki/Penalaran_deduktif
Contoh klasik dari penalaran deduktif, yang diberikan oleh Aristoteles, ialah

    * Semua manusia fana (pasti akan mati). (premis mayor)
    * Sokrates adalah manusia. (premis minor)
    * Sokrates pasti (akan) mati. (kesimpulan)

Kesimpulan atau konklusinya adalah tebakan :D
Tebakan atau kesimpulan ini diambil dari melihat premis2 yang ada.

1 + 1 kita tebak atau kesimpulannya 2 :D

Yang jadi masalah adalah apakah tebakan atau kesimpulan kita sudah benar atau tidak :D
Ya okey2 saja selama kita yakin dgn logika dan asumsi kita ;D

Quote
Logikanya kalau yosan berkata2 atau berpikir siapa yang mengendalikan?
Apakah pikiranmu atau perkataanmu dapat dipisahkan dari Yosan? Tidak kan?
Memang tidak kawan..tetapi setidaknya saya tau apa yg musti saya pikir dan saya katakan..sebab segala bentuk pikiran dan hasil dari pikiran saya sendiri itu adalah hasil dari kehendak saya sendiri bukan bapak saya :) Sebab jika segala perkataan saya berasal dari apa yang telah dikatakan oleh bapak saya,maka itu menandakan saya hanyalah penyampai pesan dari bapak saya sendiri dan ini artinya saya bukanlah bapak saya, begitu juga sebaliknya.. :happy0025:

Quote
Pernah dengar kata2 yang begini?
Aku ada karena aku berpikir. :D
kalo saya begini cloud : Aku bisa berpikir karena Aku ada.. :)

salam..
March 19, 2010, 09:10:29 PM
Reply #39
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 450
Quote
Penolong yang lain itu bukan YESUS, tapi RK, yakni Roh Allah..
Roh inilah yang memampukan orang percaya untuk memuliakan YESUS (ayat 14), kalo nda ada Dia, orang Kristen ngga ada yang bakal bisa mengakui YESUS sebagai Tuhan.
menurut Kejadian 6;3 "Berfirmanlah TUHAN: "Roh-KU tidak akan selama-lamanya tinggal didalam manusia,karena manusia itu adalah daging..."

Spertinya pada awalnya RK ini yaitu Roh TUHAN memang telah ada bersama2 dgn manusia sejak awal yaaa...

Quote
di bahasa Yunaninya jg pake kata pneuma untuk roh, dan sama sekali tidak mengacu kepada keberadaan jasmani..
ya iyalah masa ya iya donggg..woong pneumanya belum mengambil wujud seorang Anak Manusia kok.. ;D

Quote
btw jika kalo misalnya seandainya memang yg dirujuk adalah nabi bani ismael,
maka beliau berarti memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari YESUS.. lha kalo begitu YESUS adalah?
Jika memang benar..setidaknya Ia akan menginsafkan dunia dan mengajarkan kembali segala yg telah diajarkan Yesus...Luar biasa bukan...?
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)