Author Topic: Roh Kebenaran atau ROH KUDUS.?  (Read 9840 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 19, 2010, 09:15:14 PM
Reply #40
  • Local Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12115
  • Gender: Female
  • aman dalam perlindungan Tuhan
@Yosan:jangan lupa, itu setelah manusia jatuh ke dalam dosa :)
menjadi seseorang yang selalu hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Tuhan dan manusia.
selalu jujur meski kadang jujur itu menyakiti yang lain. Yang penting Tuhan ga sakit.
March 20, 2010, 01:05:37 AM
Reply #41
  • Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2521
  • Gender: Male
  • Don't worry, be happy....


Yohanes 20:17  Kata YESUS kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu."      
Baru    Yohanes 20:18 Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: "Aku telah melihat Tuhan!" dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.    
Yohanes 20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid YESUS di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah YESUS dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!"    
Yohanes 20:20 Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan.

Pada saat Dia bangkit...Dia melarang untuk disentuh oleh Maria, dan mengatakan "sekarang" yang berarti "segera" menemui Bapa.
Tapi kemudian...malam (apakah itu hari yang sama pada saat kebangkitannya atau bukan...entahlah)...Dia datang dan memperlihatkan lukanya yang bahkan beberapa hari kemudian disentuh langsung oleh Thomas. Itu menandakan bahwa Dia sudah pergi ke Bapa.
Premisnya adalah  "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa"

Karena Dia sudah "pergi" atau "kembali" ke Bapa berarti Roh itu sudah bisa Dia berikan atau utus.
okay cloud..jadi kesimpulan anda dari Yohanes 20:17 bahwa YESUS sudah pergi kepada Bapa yaa..? Jika demikian bagaimanakah dengan janji YESUS kepada murid2Nya menurut ayat berikut ini ;  Yoh 14;2-3

"...Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.[3] Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada."

Pada yat tsb YESUS berkata bahwa apabila Dia telah pergi kepada Bapa maka Dia akan membawa serta murid2Nya bersamaNya,tetapi yang terjadi adalah YESUS tidak membawa serta seorangpun dari murid2Nya ketika anda katakan bahwa YESUS telah pergi kepada Bapa menurut Yoh 20;17 dan datang kembali dari Bapa menurut Yoh 20;19..Jadi apakah benar bahwa YESUS telah pergi kepada Bapa menurut Yoh 20;17-19..?


Weleh...kok masih nanya sih? :mad0261:
Kan Yesus sudah ngomong bahwa Dia tidak boleh disentuh karena karena dia belum pergi ke Bapa.
Nah...kalau Dia sudah boleh disentuh, kan berarti dia sudah pergi ke Bapa
Gimana sih :ashamed0004:

Lagian Yesus kan gak ngomong ke murid2-Nya bahwa mereka akan dibawah hidup2 kesana.
Tunggu mati dulu dong baru dibawah kesana ;D
Dan kalau itu yang terjadi, maka semua orang Kristen akan diangkat hidup2
Ada ada aja kamu nih bro Yosan... ;D


Quote
Bisa lihat penjelasan saya yang pertama diatas bro Yosan.
Jadi YESUS tidak berbohong :happy0025:
Sudah saya lihat cloud dan saya juga yakin bahwa YESUS tidak mungkin mengibuli murid2Nya dgn janji2 manise saja toh...jadi sepertinya memang ada yg berbohong tapi yang pasti bukan YESUS kan cloud.. :happy0025:


Jadi menurut bro Yosan siapa yang ngibul? :azn:
Kalau yang nulis ayat yang kita bahas ini yang bro bilang ngibul...maka sebaiknya tidak usah dibahas, karena sudah cacat hukum. Karena bro juga seharusnya tidak percaya bahwa kata2 Yesus sudah benar seperti yang tertulis.





Quote
Logikanya kalau yosan berkata2 atau berpikir siapa yang mengendalikan?
Apakah pikiranmu atau perkataanmu dapat dipisahkan dari Yosan? Tidak kan?
Memang tidak kawan..tetapi setidaknya saya tau apa yg musti saya pikir dan saya katakan..sebab segala bentuk pikiran dan hasil dari pikiran saya sendiri itu adalah hasil dari kehendak saya sendiri bukan bapak saya :) Sebab jika segala perkataan saya berasal dari apa yang telah dikatakan oleh bapak saya,maka itu menandakan saya hanyalah penyampai pesan dari bapak saya sendiri dan ini artinya saya bukanlah bapak saya, begitu juga sebaliknya.. :happy0025:


Bro Yosan....Yosan itulah sebagai Bapa...bukan bapaknya Yosan yang dimaksud.
Pikiran bro Yosan...itulah yang disebut Anak. bukan anaknya bapak Yosan

capek deh.. :ashamed0004:

JANGAN PERNAH MENYERAH, SAHABATKU
TIDAK ADA YANG MUSTAHIL, ASAL TAHU CARANYA
March 20, 2010, 10:08:22 AM
Reply #42
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 450
@Yosan:jangan lupa, itu setelah manusia jatuh ke dalam dosa :)
ini maksudnya yg mana sis..?
March 20, 2010, 10:38:00 AM
Reply #43
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 450
Quote
Weleh...kok masih nanya sih? mad0261
Kan YESUS sudah ngomong bahwa Dia tidak boleh disentuh karena karena dia belum pergi ke Bapa.
Nah...kalau Dia sudah boleh disentuh, kan berarti dia sudah pergi ke Bapa
Gimana sih ashamed0004
cloud kalo soal yg ini pernah dijelaskan oleh Sarpag deh dan itu juga karna pertanyaan saya, nih silahkan ditelusuri :

3.kepada Maria,YESUS tidak memperkenankan dia untuk memegangNya,sedangkan kepada Tomas,YESUS berkenan untuk dipegang,malah YESUS sendiri yang memerintahkan hal itu..mengapa YESUS berbuat demikian.?
 


Dan dibawah ini adalah jawaban yg diberikan oleh Sarpag dari pertanyaan saya sendiri..silahkan disimak ;

Quote
* Yohanes 20:17
LAI TB, Kata YESUS kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu."
KJV, JESUS saith unto her, Touch me not; for I am not yet ascended to my Father: but go to my brethren, and say unto them, I ascend unto my Father, and your Father; and to my God, and your God.
NIV, JESUS said, "Do not hold on to me, for I have not yet returned to the Father. Go instead to my brothers and tell them, 'I am returning to my Father and your Father, to my God and your God.' "
ORTHJBS, Rebbe, Melech HaMoshiach says to her, "Stop touching me, for I have not yet made the aliyah ascent to HaAv; but go to my achim and tell them, "I make the aliyah ascent to Avi and to Avichem , to Elohai and Eloheichem."
 
TR, λεγει αυτη ο ιησους μη μου απτου ουπω γαρ αναβεβηκα προς τον πατερα μου πορευου δε προς τους αδελφους μου και ειπε αυτοις αναβαινω προς τον πατερα μου και πατερα υμων και θεον μου και θεον υμων
Translit interlinear, legei {berkata} autê {kepadanya} ho iêsous {YESUS} mê {janganlah} mou {Aku} haptou {engkau memegang} oupô {masih belum} gar {sebab} anabebêka {Aku naik)} pros {kepada} ton patera {Bapa} mou {Ku} poreuou {pergilah} de {tetapi} pros {kepada} tous adelphous {saudara-saudara} mou {Ku} kai {dan} eipe {katakanlah} autois {kepada mereka} anabainô {Aku naik} pros {kepada} ton patera {Bapa} mou {Ku} kai {dan} patera {Bapa} humôn {mu} kai {juga} theon {Allah} mou {ku} kai {dan} theon {Allah} humôn {mu}

Ayat di atas seakan-akan menyiratkan bahwa YESUS KRISTUS tidak bisa dipegang sebelum Dia naik ke surga padahal kita membaca dalam Matius 28:9, "Mereka memeluk kaki-Nya dan menyembah-Nya", demikian pula Tomas ditantang untuk menyentuh tangan dan kaki-Nya.

"Jangan memegang Aku .... Aku belum naik kepada Bapa." Karena Maria Magdalena merasa begitu hancur-hati oleh kehilangan/ kematian YESUS, dan kini tiba-tiba Orang yang dikasihinya mendadak berdiri didepannya (!), maka Mariapun langsung memegang YESUS dengan cara yang sangat emosional. Bila cekalan Maria ini tidak dicegah sejak awal, maka YESUS akan kesulitan untuk melepaskannya.

Dalam bahasa Yunani kata "memegang" ditulis απτου - 'HAPTOU' dalam bentuk present imperatif, tepatnya bermakna "berhentilah memegang Aku", bandingkan dengan terjemahan ORTHJBC 'stop touching me'.

Disini YESUS bukan melarang Maria memegangNya, melainkan mengisyaratkan bahwa diriNya telah memasuki alam rohani yang berbeda sebagai akibat dari kebangkitanNya. Kehidupan kini tidak akan seperti dulu-dulu lagi. Maka YESUS memperingatkan Maria bahwa setelah kebangkitanNya, Ia hanya bisa dipegang kuat-kuat-tidak lepas-lepas-melalui ROH KUDUS (lihat Yohanes 16:5-16).
jadi gimana cloud..apakah YESUS sudah pergi kepada Bapa ketika Dia mengembusi murid2Nya dan berkata terimalah ROH KUDUS..?

Dan ini saya sertakan pendapat bung Sarpag sendiri dibawah ini :


Quote
Saya berpendapat bahwa barangkali YESUS hendak berkata, "Janganlah engkau terus memegang Aku secara egoistis bagi dirimu sendiri. Dalam waktu dekat Akan akan pergi kepada Bapa. Aku ingin berjumpa dengan murid-murid-Ku sebanyak mungkin sebelum waktu itu. Pergilah dan ceritakanlah kabar baik ini kepada mereka sehingga tidak ada waktu, di mana kita dan mereka masih bersama-sama, tidak akan terbuang."

Jadi, yang ditekankan oleh YESUS KRISTUS adalah membawa pesan lebih penting ketimbang menyentuhnya untuk kepentingan pribadi Maria. Dan inilah salah satu inti Kekristenan yaitu membawa pesan bahwa KRISTUS sudah bangkit.

Blessings,
BP
January 19, 2009



Sepertinya YESUS memang belum pergi kepada Bapa cloud jika melihat dari penjelasan bung Sarpag...thanks bung atas informasinya yg dulu.. :)

Quote
Lagian YESUS kan gak ngomong ke murid2-Nya bahwa mereka akan dibawah hidup2 kesana.
Tunggu mati dulu dong baru dibawah kesana grin
Dan kalau itu yang terjadi, maka semua orang Kristen akan diangkat hidup2
Ada ada aja kamu nih bro Yosan... grin
Justru YESUS memang belum pergi kepada Bapa pada saat Dia datang menampakkan diri kepada murid2-Nya..Dan apabila YESUS sudah pergi kepada Bapa,Dia akan datang kembali untuk membawa mereka ketempat dimana YESUS telah menyediakan semuanya itu kepada murid2-Nya,dan saya rasa tidak hanya murid2-Nya saja cloud bahkan kamu dan siapa saja yg percaya kepada Dia kan dibawa serta pada saat YESUS datang kembali,yaitu pada masa kedatangan-Nya yg ke 2 kali.. :happy0025: soal pakah diangkat hidup2 atau ngga,tidak ada yg tau pasti nantinya :)

Quote
Jadi menurut bro Yosan siapa yang ngibul? azn
Kalau yang nulis ayat yang kita bahas ini yang bro bilang ngibul...maka sebaiknya tidak usah dibahas, karena sudah cacat hukum. Karena bro juga seharusnya tidak percaya bahwa kata2 YESUS sudah benar seperti yang tertulis.
okay cloud..

Quote
Bro Yosan....Yosan itulah sebagai Bapa...bukan bapaknya Yosan yang dimaksud.
Pikiran bro Yosan...itulah yang disebut Anak. bukan anaknya bapak Yosan

capek deh..
jangan pernah menyerah sahabatku, siggy mu sangat menguatkan semangat saya cloud..jangan pernah capek juga ya cloud..

salam..
« Last Edit: March 20, 2010, 10:43:23 AM by yosan »
March 20, 2010, 01:19:23 PM
Reply #44
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 908
  • Just Abraham
@yosan

baca baik2 alkitab nya donk, jangan main asal jawab ja, jelas disitu Yesus katakan kepada maria :LAI TB, Kata YESUS kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu."

Baca tu dengan jelas donk, disitu Yesus mengatakan jangan sentuh karena Dia belum pergi kepada Bapa, tapi setelah itu Dia menjelaskan pada maria bahwa sampaikan kepada saudara2-Nya bahwa SEKARANG (saat itu jg) Dia (Yesus) akan pergi kepada Bapa. INgat kata Yesus adalah SEKARANG, bkn besok atau tunggu nanti lagi. Kronologinya sangat jelas bahwa Yesus akan pergi pada Bapa ketika maria menyampaikan kepada saudara2 Yesus ttg kabar kepergian Yesus tersebut.

Kemudian baru mereka menyentuh Dia, karena Dia telah pergi kepada Bapa, Karena itu pula makanya Thomas memanggal Dia dengan sebutan Tuhan dan ILLAH dan sujud menyembah-Nya, dan Yesus tidak menolak hal itu, karena memang Dia telah menjadi seperti apa yg sesungguhnya menjadi hak milik-Nya.

Salam...
March 20, 2010, 01:45:51 PM
Reply #45
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1066
Tambelar :
Quote
Kemudian baru mereka menyentuh Dia, karena Dia telah pergi kepada Bapa, Karena itu pula makanya Thomas memanggal Dia dengan sebutan Tuhan dan ILLAH dan sujud menyembah-Nya, dan YESUS tidak menolak hal itu, karena memang Dia telah menjadi seperti apa yg sesungguhnya menjadi hak milik-Nya.

Bro YESUS jelas menolak secara halus apa yg dillakukan Thomas
(15) Yesus berkata, “Pada waktu kalian melihat dia yang tidak lahir dari seorang perempuan, tundukkan wajahmu dan sembahlah dia. Dialah bapamu.” (Bdk Yoh 10:30)


Salam Damai :happy0025:

1) pengilhaman dan ketidaksalahan (Infallibility) Alkitab;
2) keilahian Kristus dan kelahirannya dari perawan Maria;
3) pendamaian melalui kematian Yesus Kristus;
4) kebangkitan harfiah/jasmaniah Yesus Kristus; dan
5) kedatangan Yesus Kristus dengan segera.
March 20, 2010, 01:58:19 PM
Reply #46
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2738
  • me , just moe without 'o'
Tambelar :
Quote
Kemudian baru mereka menyentuh Dia, karena Dia telah pergi kepada Bapa, Karena itu pula makanya Thomas memanggal Dia dengan sebutan Tuhan dan ILLAH dan sujud menyembah-Nya, dan YESUS tidak menolak hal itu, karena memang Dia telah menjadi seperti apa yg sesungguhnya menjadi hak milik-Nya.

Bro YESUS jelas menolak secara halus apa yg dillakukan Thomas
(15) YESUS berkata, “Pada waktu kalian melihat dia yang tidak lahir dari seorang perempuan, tundukkan wajahmu dan sembahlah dia. Dialah bapamu.” (Bdk Yoh 10:30)


Salam Damai :happy0025:

ini memang sedikit menyangkut pemahaman trinitas yg berbeda antara versi barat dan timur

 30 Aku dan Bapa adalah satu

JESUS saying

15) YESUS berkata, �Pada waktu kalian melihat dia yang tidak lahir dari seorang perempuan, tundukkan wajahmu dan sembahlah dia. Dialah bapamu.�

Jesuit telah menjelaskan soal trinitas [versi timur] bahwa YESUS adalah inkarnasi - benar2 manusia, bukan Allah [karena telah mengosongkan diriNya] (vs.  paham 100% manusia - 100 % Allah]

ketika YESUS di bumi [sebelum kebangkitan], YESUS adalah 100% manusia -- yang dilahirkan dari seorang perempuan, yang hanya menerima penghormatan, bukan penyembahan

namun ketika YESUS bangkit dari antara orang mati, Dia segera mulai kembali mengambil keilahianNya , dimana keilahianNya adalah tidak dilahirkan dari seorang perempuan, sebab Dia telah ada sejak semula [bdk Yoh 1:1] -- yang layak disembah, karena dialah sang Firman [Putra Allah]

[image] of mine  is  God's own [image]

http://rotihidup.blogspot.com/

His crown was of thorns
His throne was a cross
His glory was humiliation

(the wisdom of the desert)
March 20, 2010, 01:58:48 PM
Reply #47
  • Local Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12115
  • Gender: Female
  • aman dalam perlindungan Tuhan
ini maksudnya yg mana sis..?
semua manusia pasti mati :)
menjadi seseorang yang selalu hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Tuhan dan manusia.
selalu jujur meski kadang jujur itu menyakiti yang lain. Yang penting Tuhan ga sakit.
March 20, 2010, 02:03:56 PM
Reply #48
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1066
i
Quote
ni memang sedikit menyangkut pemahaman trinitas yg berbeda antara versi barat dan timur

 30 Aku dan Bapa adalah satu

JESUS saying

15) YESUS berkata, �Pada waktu kalian melihat dia yang tidak lahir dari seorang perempuan, tundukkan wajahmu dan sembahlah dia. Dialah bapamu.�

Jesuit telah menjelaskan soal trinitas [versi timur] bahwa YESUS adalah inkarnasi - benar2 manusia, bukan Allah [karena telah mengosongkan diriNya] (vs.  paham 100% manusia - 100 % Allah]

ketika YESUS di bumi [sebelum kebangkitan], YESUS adalah 100% manusia -- yang dilahirkan dari seorang perempuan, yang hanya menerima penghormatan, bukan penyembahan

namun ketika YESUS bangkit dari antara orang mati, Dia segera mulai kembali mengambil keilahianNya , dimana keilahianNya adalah tidak dilahirkan dari seorang perempuan, sebab Dia telah ada sejak semula [bdk Yoh 1:1] -- yang layak disembah, karena dialah sang Firman [Putra Allah]
nah ini baru jwbn :afro: karena menyangkut kepercayaan ane ga berani deh debat kusir  :ashamed0002:

Salam Damai :happy0025:

1) pengilhaman dan ketidaksalahan (Infallibility) Alkitab;
2) keilahian Kristus dan kelahirannya dari perawan Maria;
3) pendamaian melalui kematian Yesus Kristus;
4) kebangkitan harfiah/jasmaniah Yesus Kristus; dan
5) kedatangan Yesus Kristus dengan segera.
March 20, 2010, 02:09:54 PM
Reply #49
  • Local Moderator
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12115
  • Gender: Female
  • aman dalam perlindungan Tuhan
nah ini baru jwbn :afro: karena menyangkut kepercayaan ane ga berani deh debat kusir  :ashamed0002:

Salam Damai :happy0025:
makin bunda sayang sama ananda  :cheesy:
yup ini memang forum bukan untuk debat apalagi debat kusir  :cheesy:
tapi forum diskusi  :afro:
menjadi seseorang yang selalu hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Tuhan dan manusia.
selalu jujur meski kadang jujur itu menyakiti yang lain. Yang penting Tuhan ga sakit.
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)