Author Topic: apa yang dimaksud oleh Alkitab dengan NABI?  (Read 4730 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

March 31, 2010, 09:41:10 PM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2373
  • Gender: Male
  • Grand Inquisitor
  • Denominasi: Gereja Orthodox Indonesia


I. Definisi Nabi

Quote

1) In religion, a prophet (the word that traditionally translates as prophet is נְבִיא {navi}, which means "spokesperson") is an individual who has been contacted by, or has encountered, the supernatural or the divine, and serves as an intermediary with humanity, delivering this newfound knowledge from the supernatural entity to other humans. The message that the prophet conveys is called a prophecy.

2) In Judaism, a prophet is seen as a person who is selected by, and speaks as a formal representative of God, and the intention of the message is always to effect a social change to conform to God's desired standards initially specified in the Torah dictated to Moses.

3) In Christianity, a prophet is one inspired by God through the Holy Spirit to deliver a message for a specific purpose. It is often associated with predicting future events, but in Biblical terms it is wider and can include those given the power to preach repentance to those who do not want to hear the message and to warn of God's wrath for disobedience. God's calling as a prophet is not considered to elevate an individual for their glory, but for the glory of God and to turn people to him.


Source: http://en.wikipedia.org/wiki/Prophet


Arti Nabi dalam konteks:
1) Agama: Individu yang dihubungi dan atau ditemui oleh sesuatu yang supernatural atau ilahi, dan melayani sebagai pengantara dengan manusia, menyampaikan pengetahuan tentang hal-hal supernatural, pesan yang disampaikan tersebut sering disebut sebagai nubuat.
2) Yahudi: Seorang yang dipilih dan berbicara sebagai representatif resmi Allah, dimana pesan yang disampaikan selalu memiliki dampak mengubah kehidupan sosial dalam menyelaraskan dengan standar kehendak Allah yang secara spesifik termuat dalam Taurat Musa.
3) Kristen: Seorang yang diinspirasi ROH KUDUS untuk menyampaikan pesan yang memiliki tujuan khusus. Seringkali dikaitkan dengan prediksi masa depan, namun sebenarnya dapat lebih luas dari hal tersebut, misalnya memperingatkan akan murka Allah bila umat tidak taat atau membawa kuasa dalam berkhotbah sehingga membawa pertobatan. Kenabian tidak dimaksudkan untuk memuliakan diri sendiri, namun bagi kemuliaan Allah.

Dalam definisi, saya lebih setuju untuk definisi ke-3, dengan demikian definisi ke-3 ini menjawab pertanyaan berikut ini:

Quote from: Matius Kesar
I.   Apa yang dimaksud Nabi? menurut Alkitab.
III. Apa yang dilakukan oleh Nabi didalam Alkitab?


Best Regard,
Daniel FS
« Last Edit: March 31, 2010, 10:07:49 PM by Daniel FS »
---†---†---†---Fides Quaerens Intellectum---†---†---†---
March 31, 2010, 09:56:48 PM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2373
  • Gender: Male
  • Grand Inquisitor
  • Denominasi: Gereja Orthodox Indonesia
II. Kenabian (Prophecy)

Bil. 12:6   
6. Lalu berfirmanlah Ia: "Dengarlah firman-Ku ini. Jika di antara kamu ada seorang nabi, maka Aku, TUHAN menyatakan diri-Ku kepadanya dalam penglihatan, Aku berbicara dengan dia dalam mimpi.

Cara penyampaian pesan kenabian kepada sang nabi biasanya, dapat berupa (urut sesuai jenjang kenabian):
1. Tindakan yang diinspirasi (seperti ada dorongan).

2Sam 22:33-35
33. Allah, Dialah yang menjadi tempat pengungsianku yang kuat dan membuat jalanku rata;
34. yang membuat kakiku seperti kaki rusa dan membuat aku berdiri di bukit;
35. yang mengajar tanganku berperang, sehingga lenganku dapat melengkungkan busur tembaga.

2. Perkataan yang diinspirasi.

Kel. 4:12   
12. Oleh sebab itu, pergilah, Aku akan menyertai lidahmu dan mengajar engkau, apa yang harus kaukatakan."

3. Wahyu melalui mimpi secara Alegori.

Kej. 37:9   
9. Lalu ia memimpikan pula mimpi yang lain, yang diceritakannya kepada saudara-saudaranya. Katanya: "Aku bermimpi pula: Tampak matahari, bulan dan sebelas bintang sujud menyembah kepadaku."

Dan. 7:1-3,dst   
1. Pada tahun pertama pemerintahan Belsyazar, raja Babel, bermimpilah Daniel dan mendapat penglihatan-penglihatan di tempat tidurnya. Lalu dituliskannya mimpi itu, dan inilah garis besarnya:
2. Berkatalah Daniel, demikian: "Pada malam hari aku mendapat penglihatan, tampak keempat angin dari langit mengguncangkan laut besar,
3. dan empat binatang besar naik dari dalam laut, yang satu berbeda dengan yang lain.

4. Wahyu melalui mimpi secara Audio.

Kej. 20:6   
6. Lalu berfirmanlah Allah kepadanya dalam mimpi: "Aku tahu juga, bahwa engkau telah melakukan hal itu dengan hati yang tulus, maka Akupun telah mencegah engkau untuk berbuat dosa terhadap Aku; sebab itu Aku tidak membiarkan engkau menjamah dia.

5. Wahyu melalui mimpi secara Audiovisual interaksi dengan manusia lain.

Za 1:8, 3:1
8. "Tadi malam aku mendapat suatu penglihatan: tampak seorang yang menunggang kuda merah! Dia sedang berdiri di antara pohon-pohon murad yang di dalam jurang; dan di belakangnya ada kuda-kuda yang merah, yang merah jambu dan yang putih.
1. Kemudian ia memperlihatkan kepadaku imam besar Yosua berdiri di hadapan Malaikat TUHAN sedang Iblis berdiri di sebelah kanannya untuk mendakwa dia.

6. Wahyu melalui mimpi secara Audiovisual interaksi dengan malaikat.

Mat. 1:20   
20. Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari ROH KUDUS.

7. Wahyu melalui mimpi secara Audiovisual interaksi dengan Allah.

1Raj. 3:5   
5. Di Gibeon itu TUHAN menampakkan diri kepada Salomo dalam mimpi pada waktu malam. Berfirmanlah Allah: "Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu."

8. Visi (dalam kondisi tidak tidur) Alegori.

Dan 8:2-3
2. Aku melihat dalam penglihatan itu, dan sementara aku melihat, aku berada di puri Susan, yang ada di wilayah Elam, dan aku melihat dalam penglihatan itu, bahwa aku sedang di tepi sungai Ulai.
3. Aku mengangkat mukaku dan melihat, tampak seekor domba jantan berdiri di depan sungai itu; tanduknya dua dan kedua tanduk itu tinggi, tetapi yang satu lebih tinggi dari yang lain, dan yang tinggi itu tumbuh terakhir.

9. Visi Audio.

1Sam 3:10
10. Lalu datanglah TUHAN, berdiri di sana dan memanggil seperti yang sudah-sudah: "Samuel! Samuel!" Dan Samuel menjawab: "Berbicaralah, sebab hamba-Mu ini mendengar."

10. Visi Audiovisual interaksi dengan manusia lain.

Yeh 40:1-4
1. Dalam tahun kedua puluh lima sesudah pembuangan kami, yaitu pada permulaan tahun, pada tanggal sepuluh bulan itu, dalam tahun keempat belas sesudah kota itu ditaklukkan, pada hari itu juga kekuasaan TUHAN meliputi aku dan dibawa-Nya aku
2. dalam penglihatan-penglihatan ilahi ke tanah Israel dan menempatkan aku di atas sebuah gunung yang tinggi sekali. Di atas itu di hadapanku ada yang menyerupai bentuk kota.
3. Ke sanalah aku dibawa-Nya. Dan lihat, ada seorang yang kelihatan seperti tembaga dan di tangannya ada tali lenan beserta tongkat pengukur; dan ia berdiri di pintu gerbang.
4. Orang itu berbicara kepadaku: "Hai anak manusia, lihatlah dengan teliti dan dengarlah dengan sungguh-sungguh dan perhatikanlah baik-baik segala sesuatu yang akan kuperlihatkan kepadamu; sebab untuk itulah engkau dibawa ke mari, supaya aku memperlihatkan semuanya itu kepadamu. Beritahukanlah segala sesuatu yang kaulihat kepada kaum Israel."

Why. 1:10,5:5
10. Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala,   
5. Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya."

11. Visi Audiovisual interaksi dengan malaikat.

Dan. 9:21   
21. sementara aku berbicara dalam doa, terbanglah dengan cepat ke arahku Gabriel, dia yang telah kulihat dalam penglihatan yang dahulu itu pada waktu persembahan korban petang hari.

12. Visi Audiovisual interaksi dengan Allah.

Kel. 3:4   
4. Ketika dilihat TUHAN, bahwa Musa menyimpang untuk memeriksanya, berserulah Allah dari tengah-tengah semak duri itu kepadanya: "Musa, Musa!" dan ia menjawab: "Ya, Allah."

Kel 19:16-20
16. Dan terjadilah pada hari ketiga, pada waktu terbit fajar, ada guruh dan kilat dan awan padat di atas gunung dan bunyi sangkakala yang sangat keras, sehingga gemetarlah seluruh bangsa yang ada di perkemahan.
17. Lalu Musa membawa bangsa itu keluar dari perkemahan untuk menjumpai Allah dan berdirilah mereka pada kaki gunung.
18. Gunung Sinai ditutupi seluruhnya dengan asap, karena TUHAN turun ke atasnya dalam api; asapnya membubung seperti asap dari dapur, dan seluruh gunung itu gemetar sangat.
19. Bunyi sangkakala kian lama kian keras. Berbicaralah Musa, lalu Allah menjawabnya dalam guruh.
20. Lalu turunlah TUHAN ke atas gunung Sinai, ke atas puncak gunung itu, maka TUHAN memanggil Musa ke puncak gunung itu, dan naiklah Musa ke atas.

Book Source: Moreh Nevuchim Book II Chapter XLV by:Rabbi Moshe ben Maimon
NB: Ayat Alkitab adalah tambahan dari Daniel FS

Nomor-nomor yang saya bold pernah saya alami dalam kehidupan saya, dengan demikian uraian ini menjawab pertanyaan berikut ini:

Quote from: Matius Kesar
V.  Bagaimana Nabi dapat disebut sebagai Nabi menurut Alkitab?

Best Regard,
Daniel FS
« Last Edit: April 01, 2010, 12:18:12 AM by Daniel FS »
---†---†---†---Fides Quaerens Intellectum---†---†---†---
March 31, 2010, 10:22:30 PM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2373
  • Gender: Male
  • Grand Inquisitor
  • Denominasi: Gereja Orthodox Indonesia
III. Jenis Nabi

Dalam Alkitab, banyak diceritakan tentang nabi-nabi, berbagai bentuk nabi dan kenabiannya, adapun bentuk-bentuk kenabian adalah sebagai berikut:

1) Nabi Allah:

a) Nabi Amatir Rohani
Nabi amatir rohani (masih dalam proses pembelajran menjadi nabi yang dewasa) biasanya tidak disebutkan namanya secara spesifik (misalnya hanya disebutkan "rombongan nabi"), atau seorang nabi yang melanggar perintah Tuhan itu sendiri oleh karena ego pribadi atau karena hal lainnya.

X-ample:

1Raj 13:11,18
11. Di Betel diam seorang nabi tua. Anak-anaknya datang menceritakan kepadanya segala perbuatan yang dilakukan abdi Allah pada hari itu di Betel. Mereka menceriterakan juga kepada ayah mereka perkataan yang dikatakannya kepada raja.
18. Lalu jawabnya kepadanya: "Akupun seorang nabi juga seperti engkau, dan atas perintah TUHAN seorang malaikat telah berkata kepadaku: Bawa dia pulang bersama-sama engkau ke rumahmu, supaya ia makan roti dan minum air." Tetapi ia berbohong kepadanya.

Nabi tua itu melanggar kekudusan Allah, yaitu mengatakan yang tidak dikatakan oleh Allah, namun tidak dihukum rajam, hal ini adalah karena nabi tua tersebut hanyalah seorang nabi yang amatir rohani. Silahkan dibaca kisah beliau selengkapnya di ayat-ayat dalam pasal tersebut.

2Raj. 2:3   
3. Pada waktu itu keluarlah rombongan nabi yang ada di Betel mendapatkan Elisa, lalu berkatalah mereka kepadanya: "Sudahkah engkau tahu, bahwa pada hari ini tuanmu akan diambil dari padamu oleh TUHAN terangkat ke sorga?" Jawabnya: "Aku juga tahu, diamlah!"

2Raj. 9:4   
4. Lalu nabi muda itu pergi ke Ramot-Gilead.

1Raj. 18:4   
4. Karena pada waktu Izebel melenyapkan nabi-nabi TUHAN, Obaja mengambil seratus orang nabi, lalu menyembunyikan mereka lima puluh lima puluh sekelompok dalam gua dan mengurus makanan dan minuman mereka.

2Ptr. 2:16   
16. Tetapi Bileam beroleh peringatan keras untuk kejahatannya, sebab keledai beban yang bisu berbicara dengan suara manusia dan mencegah kebebalan nabi itu.

2Raj. 14:25, Yun 1:3   
25. Ia mengembalikan daerah Israel, dari jalan masuk ke Hamat sampai ke Laut Araba sesuai dengan Firman Tuhan, Allah Israel, yang telah diucapkan-Nya dengan perantaraan hamba-Nya, nabi Yunus bin Amitai dari Gat-Hefer.
3. Tetapi Yunus bersiap untuk melarikan diri ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN; ia pergi ke Yafo dan mendapat di sana sebuah kapal, yang akan berangkat ke Tarsis. Ia membayar biaya perjalanannya, lalu naik kapal itu untuk berlayar bersama-sama dengan mereka ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN.

Kendati Bileam dan Yunus melanggar titah Allah, namun gelar "nabi" itu masihlah melekat dalam diri mereka.
Tradisi Yahudi mencatat bahwa jumlah para nabi Israel sampai saat ini mencapai 600.000 nabi, dengan demikian memang benarlah ada banyak nama nabi-nabi yang tidak tercatat dalam Alkitab.

Quote

A Jewish tradition suggests that there were twice as many prophets as the number which left Israel, which was 600,000 prophets.

Source: http://en.wikipedia.org/wiki/Prophet


b) Nabi Dewasa Rohani
Nabi dewasa rohani telah memiliki suatu daya kenabian yang lebih statis (tidak mudah goyah atau melakukan kesalahan) seperti yang dilakukan oleh nabi amatir rohani, kendati mereka pun tidak lepas dari kelemahan sebagai manusia (masih dapat bersalah dan berdosa), contoh nabi yang telah ada pada tingkatan ini adalah Musa, Elia, Elisa, Yesaya, Yehezkiel, Amos, Obaja, etc.
Sifat pelayanan nabi dewasa rohani ini biasanya sangat kuat dan fundamental (mempengaruhi dalam skala kerohanian yang sangat besar), tidak hanya seperti nabi amatir yang hanya cenderung pada aktivitas kehidupan sehari-hari biasanya (pesan disampaikan pada individu-individu dalam skala dan kepentingan yang lebih kecil).

2) Nabi Palsu

Selain ada nabi asli (Nabi Allah), ada juga nabi palsu, yaitu seorang yang mendapatkan inspirasi dan mujizat dari roh jahat.

Mat. 24:11   
11. Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.

Kis. 13:6   
6. Mereka mengelilingi seluruh pulau itu sampai ke Pafos. Di situ mereka bertemu dengan seorang Yahudi bernama Baryesus. Ia seorang tukang sihir dan nabi palsu.

Why. 19:20   
20. Maka tertangkaplah binatang itu dan bersama-sama dengan dia nabi palsu, yang telah mengadakan tanda-tanda di depan matanya, dan dengan demikian ia menyesatkan mereka yang telah menerima tanda dari binatang itu dan yang telah menyembah patungnya. Keduanya dilemparkan hidup-hidup ke dalam lautan api yang menyala-nyala oleh belerang.

Nabi palsu dapat melakukan tanda-tanda mujizat juga.

Bagaimana Membedakan Nabi Allah atau Nabi Palsu?

1Yoh. 4:1   
1. Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

1) Bagaimana Pengakuan Nabi Itu Mengenai KeTuhanan YESUS KRISTUS?

1Kor. 12:3   
3. Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah YESUS!" dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: "YESUS adalah Tuhan", selain oleh ROH KUDUS.

2) Buah Pelayanannya

Mat. 12:33   
33. Jikalau suatu pohon kamu katakan baik, maka baik pula buahnya; jikalau suatu pohon kamu katakan tidak baik, maka tidak baik pula buahnya. Sebab dari buahnya pohon itu dikenal.

Tentunya kita tidak akan langsung menerapkan standar sempurna Alkitab untuk menilai buah pelayanan seorang nabi, jika ditetapkan secara sempurna maka tentunya tidak akan ada seorang nabipun yang lolos, termasuk para nabi dewasa rohani, sebab para nabi pun masih manusia yang memiliki kelemahan dan kelalaian (terutama nabi amatir), buah yang kita lihat adalah apakah kehidupan nabi tersebut sejalan dengan prinsip Kekristenan, misalnya minta ampun dosa melalui darah KRISTUS bila berbuat dosa, tidak dengan sengaja berbuat dosa, dan prinsip-prinsip mendasar lainnya.

Saya merasa berada dalam jenis Nabi Amatir Rohani dalam hal ini, uraian ini sekaligus menjawab pertanyaan:

Quote from: Matius Kesar
II.  Siapa-siapa saja yang tergolong Nabi dalam dan oleh Alkitab?


Best Regard,
Daniel FS
« Last Edit: March 31, 2010, 11:13:41 PM by Daniel FS »
---†---†---†---Fides Quaerens Intellectum---†---†---†---
March 31, 2010, 11:01:23 PM
Reply #13
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2373
  • Gender: Male
  • Grand Inquisitor
  • Denominasi: Gereja Orthodox Indonesia
IV. Zaman Kenabian

Menurut saya, kenabian berlangsung sepanjang zaman, meskipun terkadang hanya "sangat sedikit" ditemui dalam suatu periode zaman, seorang nabi,

1Sa. 3:1   
1. Samuel yang muda itu menjadi pelayan TUHAN di bawah pengawasan Eli. Pada masa itu Firman Tuhan jarang; penglihatan-penglihatanpun tidak sering.

Pada masa zaman Samuel kecil, memang Firman Tuhan jarang dan penglihatan tidak sering, namun bukan berarti Tuhan berhenti bekerja secara rohani bagi umatNya, selalu ada serpihan kecil pengenalan akan Allah yang dicurahkan bagi umatNya (so sweet Allah kita... ^_^)

Pada masa Perjanjian Baru pun (bahkan setelah YESUS KRISTUS disalibkan, bangkit dan naik ke Sorga), kenabian dan nabi masih tetap eksis,

Kis. 11:27   
27. Pada waktu itu datanglah beberapa nabi dari Yerusalem ke Antiokhia.

Kis. 13:1   
1. Pada waktu itu dalam jemaat di Antiokhia ada beberapa nabi dan pengajar, yaitu: Barnabas dan Simeon yang disebut Niger, dan Lukius orang Kirene, dan Menahem yang diasuh bersama dengan raja wilayah Herodes, dan Saulus.

Kis. 15:32   
32. Yudas dan Silas, yang adalah juga nabi, lama menasihati saudara-saudara itu dan menguatkan hati mereka.

Kis. 21:10   
10. Setelah beberapa hari kami tinggal di situ, datanglah dari Yudea seorang nabi bernama Agabus.

Bagaimana Menanggapi Kenabian di Era Modern?

1) Seorang nabi bukanlah seorang yang lebih istimewa dibandingkan yang lainnya, nabi atau bukan nabi adalah pilihan Tuhan dalam melengkapkan Tubuh KRISTUS. Jadi, menjadi nabi ataupun rasul bukanlah hal yang harus dicari sebagai kehormatan melainkan sebagai suatu kesadaran untuk membangun Tubuh KRISTUS ini, yaitu Gereja.

2) Seorang nabi dan nubuatannya tidak dapat mengubah atau menggantikan nubuatan dan kenabian yang telah tertulis sebelumnya. Karena prinsip nubuat adalah bersambungan (estafet) antara nabi yang satu dan nabi yang lain, seorang nabi yang bernubuat atau menjalankan kenabian melenceng dari Standar Kanon Alkitab (secara acuan nubuat tertulis yang sebelumnya) harus diperiksa terlebih dahulu, apakah karena keamatirannya dalam menangkap pesan sehingga salah tafsir (atau karena egonya sendiri dan atau alasan lainnya) ataukah memang nabi palsu yang hendak mengacaukan tatanan Gereja yang Apostolik. Tata cara dan prinsip kenabian di era modern tersebut kurang lebih dapat kita lihat dengan meminjam Katekismus Gereja Katolik yang bunyinya sebagai berikut:

Quote

67. Dalam peredaran waktu terdapatlah apa yang dinamakan "wahyu pribadi", yang beberapa di antaranya diakui oleh pimpinan Gereja. Namun wahyu pribadi itu tidak termasuk dalam perbendahaman iman. Bukanlah tugas mereka untuk "menyempurnakan" wahyu KRISTUS yang definitif atau untuk "melengkapinya", melainkan untuk membantu supaya orang dapat menghayatinya lebih dalam lagi dalam rentang waktu tertentu. Di bawah bimbingan Wewenang Mengajar Gereja, maka dalam kesadaran iman, umat beriman tahu membedakan dan melihat dalam wahyu-wahyu ini apa yang merupakan amanat otentik dari KRISTUS atau para kudus kepada Gereja.

Iman Kristen tidak dapat "menerima" wahyu-wahyu yang mau melebihi atau membetulkan wahyu yang sudah dituntaskan dalam KRISTUS. Hal ini diklaim oleh agama-agama bukan Kristen tertentu dan sering kali juga oleh sekte-sekte baru tertentu yang mendasarkan diri atas "wahyu-wahyu" yang demikian itu.

Source: http://www.teologi.net/004-Bag1Sek1Bab2Art1.htm


Dengan demikian urauian ini menjawab pertanyaan berikut ini:
Quote from: Matius Kesar
IV. Kapan dimulainya zaman para Nabi dan kapan berakhirnya menurut Alkitab?


Best Regard,
Daniel FS
« Last Edit: March 31, 2010, 11:16:47 PM by Daniel FS »
---†---†---†---Fides Quaerens Intellectum---†---†---†---
March 31, 2010, 11:11:52 PM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 575
  • Gender: Male
  • Sudah menjalankan Amanat AgungNYA?(Mat. 28: 19-20)
    • http://www.mavapersero.org
  • Denominasi: +Ortodoks Katolik Ekumenikal Protestan Lutheran

I. Definisi Nabi

Quote

1) In religion, a prophet (the word that traditionally translates as prophet is נְבִיא {navi}, which means "spokesperson") is an individual who has been contacted by, or has encountered, the supernatural or the divine, and serves as an intermediary with humanity, delivering this newfound knowledge from the supernatural entity to other humans. The message that the prophet conveys is called a prophecy.

2) In Judaism, a prophet is seen as a person who is selected by, and speaks as a formal representative of God, and the intention of the message is always to effect a social change to conform to God's desired standards initially specified in the Torah dictated to Moses.

3) In Christianity, a prophet is one inspired by God through the Holy Spirit to deliver a message for a specific purpose. It is often associated with predicting future events, but in Biblical terms it is wider and can include those given the power to preach repentance to those who do not want to hear the message and to warn of God's wrath for disobedience. God's calling as a prophet is not considered to elevate an individual for their glory, but for the glory of God and to turn people to him.


Source: http://en.wikipedia.org/wiki/Prophet


Arti Nabi dalam konteks:
1) Agama: Individu yang dihubungi dan atau ditemui oleh sesuatu yang supernatural atau ilahi, dan melayani sebagai pengantara dengan manusia, menyampaikan pengetahuan tentang hal-hal supernatural, pesan yang disampaikan tersebut sering disebut sebagai nubuat.
2) Yahudi: Seorang yang dipilih dan berbicara sebagai representatif resmi Allah, dimana pesan yang disampaikan selalu memiliki dampak mengubah kehidupan sosial dalam menyelaraskan dengan standar kehendak Allah yang secara spesifik termuat dalam Taurat Musa.
3) Kristen: Seorang yang diinspirasi ROH KUDUS untuk menyampaikan pesan yang memiliki tujuan khusus. Seringkali dikaitkan dengan prediksi masa depan, namun sebenarnya dapat lebih luas dari hal tersebut, misalnya memperingatkan akan murka Allah bila umat tidak taat atau membawa kuasa dalam berkhotbah sehingga membawa pertobatan. Kenabian tidak dimaksudkan untuk memuliakan diri sendiri, namun bagi kemuliaan Allah.


Dalam definisi, saya lebih setuju untuk definisi ke-3, dengan demikian definisi ke-3 ini menjawab pertanyaan berikut ini:

Quote from: Matius Kesar
I.   Apa yang dimaksud Nabi? menurut Alkitab.
III. Apa yang dilakukan oleh Nabi didalam Alkitab?


Best Regard,
Daniel FS


@kata tebal merah: Belum Menjawab Sama Sekali. Uraian bersumber dari Wikipedia bukan menurut Alkitab.

@kata tebal marun: Lebih setuju menurut Anda, karena sesuai dengan keinginan daging Anda!


March 31, 2010, 11:18:15 PM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2373
  • Gender: Male
  • Grand Inquisitor
  • Denominasi: Gereja Orthodox Indonesia
Quote from: Matius Kesar
NABI - Seseorang yang menyampaikan pesan dari ALLAH. Dalam Kitab Suci bani Israel, para nabi menyampaikan firman ALLAH kepada raja-raja dan umat. Ada kalanya pesan itu berupa berita hukuman bila kehendak ALLAH tidak ditaati dan ada kalanya pesan itu berupa kabar pengharapan dan kelepasan. Menurut tradisi orang Yahudi, zaman para nabi ini berakhir pada sekitar tiga abad sebelum masa KRISTUS TUHAN. Setelah itu tinggal satu nabi saja yang dinanti-nantikan. Nabi itu akan mengumumkan datangnya akhir zaman (lihat Elia/Yohanes Pembaptis). Beberapa pemimpin di Gereja Kristen disebut nabi dalam Kitab Suci orang Kristen. Mereka adalah orang-orang yang menyampaikan firman ALLAH untuk menguatkan umat ALLAH didalam Alkitab.

@kata tebal merah: Belum Menjawab Sama Sekali. Uraian bersumber dari Wikipedia bukan menurut Alkitab.

Sama, definisi Anda juga bukan dari ayat Alkitab, melainkan dari kesimpulan para Theolog... ^_^

Lagipula definisi yang Anda kemukakan mirip dengan definisi yang saya pakai, malahan secara esensi lengkap punya saya?

Best Regard,
Daniel FS
« Last Edit: March 31, 2010, 11:24:51 PM by Daniel FS »
---†---†---†---Fides Quaerens Intellectum---†---†---†---
March 31, 2010, 11:24:38 PM
Reply #16
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 575
  • Gender: Male
  • Sudah menjalankan Amanat AgungNYA?(Mat. 28: 19-20)
    • http://www.mavapersero.org
  • Denominasi: +Ortodoks Katolik Ekumenikal Protestan Lutheran
II. Kenabian (Prophecy)

Cara penyampaian pesan kenabian kepada sang nabi biasanya, dapat berupa (urut sesuai jenjang kenabian):
1. Tindakan yang diinspirasi (seperti ada dorongan).
2. Perkataan yang diinspirasi.

3. Wahyu melalui mimpi secara Alegori.
4. Wahyu melalui mimpi secara Audio.
5. Wahyu melalui mimpi secara Audiovisual interaksi dengan manusia lain.
6. Wahyu melalui mimpi secara Audiovisual interaksi dengan malaikat.
7. Wahyu melalui mimpi secara Audiovisual interaksi dengan Allah.

8. Visi (dalam kondisi tidak tidur) Alegori.
9. Visi Audio.
10. Visi Audiovisual interaksi dengan manusia lain.
11. Visi Audiovisual interaksi dengan malaikat.
12. Visi Audiovisual interaksi dengan Allah.


Book Source: Moreh Nevuchim Book II Chapter XLV by:Rabbi Moshe ben Maimon

Nomor-nomor yang saya bold pernah saya alami dalam kehidupan saya, dengan demikian uraian ini menjawab pertanyaan berikut ini:

Quote from: Matius Kesar
V.  Bagaimana Nabi dapat disebut sebagai Nabi menurut Alkitab?

Best Regard,
Daniel FS

@kata tebal merah: Belum Menjawab Sama Sekali. Uraian tidak dijabarkan, dijelaskan dengan tuntas per-poin, sumber tidak menurut Alkitab.

@kata tebal sian:  :onion-head2:


March 31, 2010, 11:38:40 PM
Reply #17
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 575
  • Gender: Male
  • Sudah menjalankan Amanat AgungNYA?(Mat. 28: 19-20)
    • http://www.mavapersero.org
  • Denominasi: +Ortodoks Katolik Ekumenikal Protestan Lutheran
Quote from: Matius Kesar
NABI - Seseorang yang menyampaikan pesan dari ALLAH. Dalam Kitab Suci bani Israel, para nabi menyampaikan firman ALLAH kepada raja-raja dan umat. Ada kalanya pesan itu berupa berita hukuman bila kehendak ALLAH tidak ditaati dan ada kalanya pesan itu berupa kabar pengharapan dan kelepasan. Menurut tradisi orang Yahudi, zaman para nabi ini berakhir pada sekitar tiga abad sebelum masa KRISTUS TUHAN. Setelah itu tinggal satu nabi saja yang dinanti-nantikan. Nabi itu akan mengumumkan datangnya akhir zaman (lihat Elia/Yohanes Pembaptis). Beberapa pemimpin di Gereja Kristen disebut nabi dalam Kitab Suci orang Kristen. Mereka adalah orang-orang yang menyampaikan firman ALLAH untuk menguatkan umat ALLAH didalam Alkitab.

@kata tebal merah: Belum Menjawab Sama Sekali. Uraian bersumber dari Wikipedia bukan menurut Alkitab.

Sama, definisi Anda juga bukan dari ayat Alkitab, melainkan dari kesimpulan para Theolog... ^_^

Lagipula definisi yang Anda kemukakan mirip dengan definisi yang saya pakai, malahan secara esensi lengkap punya saya?

Best Regard,
Daniel FS

@kata tebal: Definisi tersebut dikaji menurut Alkitab dengan metode Tazi dan sebagai referensi untuk topik ini, seperti juga referensi berikutnya dari Sdr. Alice. Bukan lalu dengan serta-merta menjawab pertanyaan yang diajukan di topik ini, karena jelas sekali kan yang diminta dari topik ini menurut pertanyaannya adalah menurut Alkitab.

@kata merah: Namanya saja referensi. (baca r-e-f-e-r-e-n-s-i). Anda dari Wikipedia, Saya dari LAI (Lembaga Alkitab Indonesia) Studi Biblikal Tazi. Naif sekali ya statement Anda ini?  :onion-head55:
March 31, 2010, 11:53:29 PM
Reply #18
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2373
  • Gender: Male
  • Grand Inquisitor
  • Denominasi: Gereja Orthodox Indonesia
Quote from: Matius Kesar
NABI - Seseorang yang menyampaikan pesan dari ALLAH. Dalam Kitab Suci bani Israel, para nabi menyampaikan firman ALLAH kepada raja-raja dan umat. Ada kalanya pesan itu berupa berita hukuman bila kehendak ALLAH tidak ditaati dan ada kalanya pesan itu berupa kabar pengharapan dan kelepasan. Menurut tradisi orang Yahudi, zaman para nabi ini berakhir pada sekitar tiga abad sebelum masa KRISTUS TUHAN. Setelah itu tinggal satu nabi saja yang dinanti-nantikan. Nabi itu akan mengumumkan datangnya akhir zaman (lihat Elia/Yohanes Pembaptis). Beberapa pemimpin di Gereja Kristen disebut nabi dalam Kitab Suci orang Kristen. Mereka adalah orang-orang yang menyampaikan firman ALLAH untuk menguatkan umat ALLAH didalam Alkitab.

@kata tebal merah: Belum Menjawab Sama Sekali. Uraian bersumber dari Wikipedia bukan menurut Alkitab.

Sama, definisi Anda juga bukan dari ayat Alkitab, melainkan dari kesimpulan para Theolog... ^_^

Lagipula definisi yang Anda kemukakan mirip dengan definisi yang saya pakai, malahan secara esensi lengkap punya saya?

Best Regard,
Daniel FS

@kata tebal: Definisi tersebut dikaji menurut Alkitab dengan metode Tazi dan sebagai referensi untuk topik ini, seperti juga referensi berikutnya dari Sdr. Alice. Bukan lalu dengan serta-merta menjawab pertanyaan yang diajukan di topik ini, karena jelas sekali kan yang diminta dari topik ini menurut pertanyaannya adalah menurut Alkitab.

@kata merah: Namanya saja referensi. (baca r-e-f-e-r-e-n-s-i). Anda dari Wikipedia, Saya dari LAI (Lembaga Alkitab Indonesia) Studi Biblikal Tazi. Naif sekali ya statement Anda ini?  :onion-head55:


Jadi, dimana bedanya definisi Anda dengan definisi saya? konten isinya sama atau tidak? tolong dijelaskan "guru yang mengerti terang dan kebenaran"?

Best Regard,
Daniel FS
---†---†---†---Fides Quaerens Intellectum---†---†---†---
April 01, 2010, 12:04:25 AM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 575
  • Gender: Male
  • Sudah menjalankan Amanat AgungNYA?(Mat. 28: 19-20)
    • http://www.mavapersero.org
  • Denominasi: +Ortodoks Katolik Ekumenikal Protestan Lutheran
III. Jenis Nabi

Dalam Alkitab, banyak diceritakan tentang nabi-nabi, berbagai bentuk nabi dan kenabiannya, adapun bentuk-bentuk kenabian adalah sebagai berikut:

1) Nabi Allah:

a) Nabi Amatir Rohani
Nabi amatir rohani (masih dalam proses pembelajran menjadi nabi yang dewasa) biasanya tidak disebutkan namanya secara spesifik (misalnya hanya disebutkan "rombongan nabi"), atau seorang nabi yang melanggar perintah Tuhan itu sendiri oleh karena ego pribadi atau karena hal lainnya.


X-ample:

1Raj 13:11,18
11. Di Betel diam seorang nabi tua. Anak-anaknya datang menceritakan kepadanya segala perbuatan yang dilakukan abdi Allah pada hari itu di Betel. Mereka menceriterakan juga kepada ayah mereka perkataan yang dikatakannya kepada raja.
18. Lalu jawabnya kepadanya: "Akupun seorang nabi juga seperti engkau, dan atas perintah TUHAN seorang malaikat telah berkata kepadaku: Bawa dia pulang bersama-sama engkau ke rumahmu, supaya ia makan roti dan minum air." Tetapi ia berbohong kepadanya.

Nabi tua itu melanggar kekudusan Allah, yaitu mengatakan yang tidak dikatakan oleh Allah, namun tidak dihukum rajam, hal ini adalah karena nabi tua tersebut hanyalah seorang nabi yang amatir rohani. Silahkan dibaca kisah beliau selengkapnya di ayat-ayat dalam pasal tersebut.

2Raj. 2:3   
3. Pada waktu itu keluarlah rombongan nabi yang ada di Betel mendapatkan Elisa, lalu berkatalah mereka kepadanya: "Sudahkah engkau tahu, bahwa pada hari ini tuanmu akan diambil dari padamu oleh TUHAN terangkat ke sorga?" Jawabnya: "Aku juga tahu, diamlah!"

2Raj. 9:4   
4. Lalu nabi muda itu pergi ke Ramot-Gilead.

1Raj. 18:4   
4. Karena pada waktu Izebel melenyapkan nabi-nabi TUHAN, Obaja mengambil seratus orang nabi, lalu menyembunyikan mereka lima puluh lima puluh sekelompok dalam gua dan mengurus makanan dan minuman mereka.

2Ptr. 2:16   
16. Tetapi Bileam beroleh peringatan keras untuk kejahatannya, sebab keledai beban yang bisu berbicara dengan suara manusia dan mencegah kebebalan nabi itu.

2Raj. 14:25, Yun 1:3   
25. Ia mengembalikan daerah Israel, dari jalan masuk ke Hamat sampai ke Laut Araba sesuai dengan Firman Tuhan, Allah Israel, yang telah diucapkan-Nya dengan perantaraan hamba-Nya, nabi Yunus bin Amitai dari Gat-Hefer.
3. Tetapi Yunus bersiap untuk melarikan diri ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN; ia pergi ke Yafo dan mendapat di sana sebuah kapal, yang akan berangkat ke Tarsis. Ia membayar biaya perjalanannya, lalu naik kapal itu untuk berlayar bersama-sama dengan mereka ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN.

Kendati Bileam dan Yunus melanggar titah Allah, namun gelar "nabi" itu masihlah melekat dalam diri mereka.
Tradisi Yahudi mencatat bahwa jumlah para nabi Israel sampai saat ini mencapai 600.000 nabi, dengan demikian memang benarlah ada banyak nama nabi-nabi yang tidak tercatat dalam Alkitab.

Quote

A Jewish tradition suggests that there were twice as many prophets as the number which left Israel, which was 600,000 prophets.

Source: http://en.wikipedia.org/wiki/Prophet


b) Nabi Dewasa Rohani
Nabi dewasa rohani telah memiliki suatu daya kenabian yang lebih statis (tidak mudah goyah atau melakukan kesalahan) seperti yang dilakukan oleh nabi amatir rohani, kendati mereka pun tidak lepas dari kelemahan sebagai manusia (masih dapat bersalah dan berdosa), contoh nabi yang telah ada pada tingkatan ini adalah Musa, Elia, Elisa, Yesaya, Yehezkiel, Amos, Obaja, etc.
Sifat pelayanan nabi dewasa rohani ini biasanya sangat kuat dan fundamental (mempengaruhi dalam skala kerohanian yang sangat besar), tidak hanya seperti nabi amatir yang hanya cenderung pada aktivitas kehidupan sehari-hari biasanya (pesan disampaikan pada individu-individu dalam skala dan kepentingan yang lebih kecil).


2) Nabi Palsu

Selain ada nabi asli (Nabi Allah), ada juga nabi palsu, yaitu seorang yang mendapatkan inspirasi dan mujizat dari roh jahat.

Mat. 24:11   
11. Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.

Kis. 13:6   
6. Mereka mengelilingi seluruh pulau itu sampai ke Pafos. Di situ mereka bertemu dengan seorang Yahudi bernama Baryesus. Ia seorang tukang sihir dan nabi palsu.

Why. 19:20   
20. Maka tertangkaplah binatang itu dan bersama-sama dengan dia nabi palsu, yang telah mengadakan tanda-tanda di depan matanya, dan dengan demikian ia menyesatkan mereka yang telah menerima tanda dari binatang itu dan yang telah menyembah patungnya. Keduanya dilemparkan hidup-hidup ke dalam lautan api yang menyala-nyala oleh belerang.

Nabi palsu dapat melakukan tanda-tanda mujizat juga.

Bagaimana Membedakan Nabi Allah atau Nabi Palsu?

1Yoh. 4:1   
1. Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

1) Bagaimana Pengakuan Nabi Itu Mengenai KeTuhanan YESUS KRISTUS?

1Kor. 12:3   
3. Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah YESUS!" dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: "YESUS adalah Tuhan", selain oleh ROH KUDUS.

2) Buah Pelayanannya

Mat. 12:33   
33. Jikalau suatu pohon kamu katakan baik, maka baik pula buahnya; jikalau suatu pohon kamu katakan tidak baik, maka tidak baik pula buahnya. Sebab dari buahnya pohon itu dikenal.

Tentunya kita tidak akan langsung menerapkan standar sempurna Alkitab untuk menilai buah pelayanan seorang nabi, jika ditetapkan secara sempurna maka tentunya tidak akan ada seorang nabipun yang lolos, termasuk para nabi dewasa rohani, sebab para nabi pun masih manusia yang memiliki kelemahan dan kelalaian (terutama nabi amatir), buah yang kita lihat adalah apakah kehidupan nabi tersebut sejalan dengan prinsip Kekristenan, misalnya minta ampun dosa melalui darah KRISTUS bila berbuat dosa, tidak dengan sengaja berbuat dosa, dan prinsip-prinsip mendasar lainnya.

Saya merasa berada dalam jenis Nabi Amatir Rohani dalam hal ini, uraian ini sekaligus menjawab pertanyaan:

Quote from: Matius Kesar
II.  Siapa-siapa saja yang tergolong Nabi dalam dan oleh Alkitab?


Best Regard,
Daniel FS


@kata tebal ungu: peletakkan, pembagian poin dan definisi poin pembagian tidak menurut Alkitab, Subjektif sekaligus penuh motivasi tertentu (lihat @kata tebal hijau). Uraian Belum Menjawab karena masih cacat.

@kata tebal hijau: Rekan-Rekan FK Sekalian, mohon tanggapan Anda-Anda sekalian mengenai pernyataan individual seperti ini. Saudara kita Daniel FS mengklaim bahwa dirinya adalah seorang Nabi TUHAN!

Daniel, bagi saya pribadi jika Anda mengklaim diri Anda sebagai Pelayan setia-NYA, saya mengucap syukur ke hadirat-NYA. Jika Anda mengklaim diri Anda sebagai imam yang terpanggil martir dalam membela salib-NYA, doa saya dan segenap diri saya ada bersama Anda didalam-NYA. Namun jika Anda mengklaim diri Anda sejajar dan/atau dapat kemudian sejajar dengan para Nabi di Alkitab, sejajar dan/atau dapat sejajar dengan Yohanes Pembaptis didalam Kitab-NYA, SAYA MENGHUJAT ANDA, ANDA SESAT!
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)