Author Topic: SEJARAH PEMULIHAN GEREJA  (Read 1892 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

April 30, 2010, 01:05:25 PM
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 296
  • Gender: Male
Bro n Sis, artikel di bawah saya dapat dari laman www.reocities.com. Pernyataan paling bawah tentang gereja lokal, ada pendapatkah? thanks. Gb all. 

SEJARAH PEMULIHAN GEREJA:

Tahun 1517. Tuhan membuka kebenaranNya kepada Martin Luther, sehingga Martin Luther menemukan kebenaran hakiki yang hilang yaitu KESELAMATAN. Martin Luther kemudian mengajarkan bahwa surat-surat indulgensi sama sekali tidak berharga di mata Allah. Ia mengajarkan bahwa orang dapat menerima pengampunan penuh dari dosa-dosanya asal mereka bertobat dan datang kepada Kristus dengan IMAN. Ia menolak bahwa HANYA Sri Paus saja yang dapat menafsirkan isi Alkitab.
Martin Luther dan pengikutnya mendapat tentangan yang keras dari gereja. Untuk itu Martin Luther dan pengikutnya memisahkan diri dari gereja dan lahirnya suatu gereja yang baru. Gereja yang baru ini dikenal dengan Gereja Lutheran.

Abad 17. Allah mulai membukakan kebenaran selanjutnya kepada beberapa pengikut Martin Luther di antaranya Hubmaier, Grebel dan Manz. Mereka menyatakan bahwa baptisan hanya boleh dilakukan kepada orang yang menerima keselamatan secara iman, dengan demikian mereka menentang BAPTISAN ANAK. Merekapun menyadari bahwa baptisan yang benar yaitu dengan cara DISELAMKAN.
Gerakan inipun ditentang oleh gerakan sebelumnya (Lutheran) ataupun oleh Katolik, sehingga mereka memisahkan diri dan mendirikan gereja sendiri. Gerakan ini kemudian diberi nama Kaun AnaBaptis (dibaptis ulang).

Menjelang Akhir Abad 17 dan pada Abad 18. Di berbagai tempat di sekeliling dunia, Allah mulai menekan suatu segi dalam kehidupan Kekristenan yaitu KEKUDUSAN. Orang Kristen harus benar- benar memisahkan diri dari dunia. Orang-orang yang Allah pakai untuk menyingkapkan kebenaran ini a.l. Franke, Spener, Zizendorf, Whitefield dan yang paling terkenal yaitu John Wesley.
Banyak orang menerima ajaran tentang kekudusan ini, namun banyak pula yang menentang dan menghantam kebenaran Allah yang disingkapkan kepada mereka saat itu. Mereka lebih baik menentang kebenaran Allah daripada mengubah kembali kredo-kredo mereka yang sudah tersusun rapi.
Gerakan ini disebut sebagai GERAKAN KEKUDUSAN. Mereka belajar bagaimana cara mendisiplin diri demi Kristus. Oleh sebab mereka begitu disiplin dan begitu mengikuti suatu metode, baik dalam pelajaran Alkitab, dalam berdoa dan dalam kehidupan sehari-hari; maka mereka akhirnya dikenal sebagai orang-orang Kristen METODIS.


Abad 19. Seorang Pendeta Gereja Presbiterian bernama A.B. Simpson pada waktu ia menderita sakit, ia menyelidiki Alkitab dan menemukan bahwa Allah menyembuhkan jiwa kita yang sakit, tetapi juga MENYEMBUHKAN PENYAKIT-PENYAKIT yang diderita oleh tubuh kita. Ia percaya kepada hal itu dan Allah meneguhkan FirmanNya dengan menyembuhkan Simpson pada saat itu juga.
A.B. Simpson mulai berkotbah dan menulis buku tentang kebenaran yang telah ia terima dari Allah. Ia mengajarkan bahwa ada empat aspek Injil, yaitu bahwa Yesus adalah Juruslamat yang menguduskan, yang MENYEMBUHKAN, dan Raja yang datang.

Pada akhir abad 19 dan awal abad 20, kepada kelompok-kelompok orang di North Carolina, Topeka (Kansas), Los Angeles dll., Tuhan mulai mencurahkan Roh KudusNya. Mereka mulai berkata-kata dengan bahasa-bahasa lain (lidah asing). Kebenaran tentang Baptisan ROH KUDUS dengan tanda lidah asing, mulai disingkapkan dan dialami umat Tuhan. Sejak saat itu karunia-karunia ROH KUDUS dan buah ROH KUDUS mendapat penekanan yang baru.
Orang-orang yang menerima Baptisan ROH KUDUS ini dikecam habis-habisan dan dipecat dari gereja asalnya. Akhirnya mereka mendirikan gereja-gereja baru. Gerakan ini diberi nama GERAKAN PANTEKOSTA.

Tahun 1948. Timbul gerakan yang kemudian dinamakan GERAKAN HUJAN AKHIR. Kebenaran tentang penumpangan tangan, nubuat, menyanyi dalam roh mulai disingkapkan dan dialami.

Tahun 1960. Kalau dalam gerakan Pantekosta, orang-orang yang mengalami Baptisan ROH KUDUS dan mendapatkan karunia-karunia roh, kemudian mendirikan sendiri gereja baru; maka pada tahun 60-an ini agak lain. Mereka tidak memisahkan diri dari gereja yang lama, namun di luar gereja mereka melakukan persekutuan-persekutuan doa yang mempraktekkan karunia-karunia ROH KUDUS tersebut. Gerakan ini dinamakan GERAKAN KARISMATIK. Pelopor gerakan ini a.l. Dennis Bennet dan Edwin Stuff.

Allah bekerja dengan hebat melalui persekutuan-persekutuan. Namun setelah itu para pemimpin mereka mulai menyadari bahwa rencana Tuhan semula di muka bumi ini adalah untuk mendirikan gerejaNya dan bukan persekutuan-persekutuan. Kebenaran-kebenaran tentang GEREJA LOKAL mulai disingkapkan.
Kalau pada gerakan-gerakan Allah sebelumnya, kebenaran yang disingkapkan adalah merupakan hubungan antara Allah dengan pribadi seseorang; maka hal-hal yang diungkapkan Allah sekarang berkaitan dengan seluruh umat Allah yaitu TUBUH KRISTUS.
Kebenaran-kebenaran tentang Tubuh Kristus mulai dibukakan Allah, a.l. Pelayanan Kelima Jawatan, Kemajemukan Dalam Kepenatuaan, Keimaman Semua Orang Percaya, dll.
I can say I am witness..
May 02, 2010, 09:34:53 AM
Reply #1
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 80
  • Gender: Male
Saudara Samuil, sepertinya anda adalah anggota gereja pemulihan (Lord's recovery church?) Kalau iya, sudah berapa lama? dan bagaimana bisa jadi anggota di sana? tolong dong bagi2 pengalamannya.

Saya juga kebetulan sudah beberapa kali mengikuti persekutuan doa di gereja pemulihan hall 27 baik pada hari minggu maupun pada hari kamis (komsel). Terakhir saya diundang ikut perjamuan kasih yang mana setiap orang bawa makanan utk di santap bersama setelah kebaktian hari minggu 25 Mei lalu di hall 27. Katanya Ron Kangas mau datang bulan ini ke hall 3 dan beberapa minggu lalu juga Hank Hanegraaff ada berkunjung ke Jakarta. Mungkin saya coba ke Gunung Sahari utk lihat Ron Kangas.

Saya sudah menjalin hubungan yang akrab dengan semua pelayan full time di hall 27 dari tahun lalu.
Meskipun saya sering banget di kunjungi oleh mereka dan sering berdiskusi masalah spiritual, tapi sayangnya saya tidak bisa bergabung dengan gereja manapun sebab "I have pledged my allegiance to Rome" and "Rome is the light" (Maximus, "The Gladiator")

May 02, 2010, 01:55:10 PM
Reply #2
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 296
  • Gender: Male
Bro david40, tidak perlu mengisi formulir atau syarat tertentu untuk gabung di gereja pemulihan. Setiap orang yg telah mengaku Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat merupakan sdr dan sdri atau bagian dari tubuh Kristus. Maju selangkah lg apakah kita semua orang2 yg menuntut atau mencari kebenaran Tuhan, mencari kehendak atau hasrat hati Tuhan. Karena Tuhan punya hasrat, Ia damba untuk mendapatkan sisa2 umat pilihan Allah untuk mau di isi dengan Kristu sbg bejana2 spt paulus dan berdiri bagi kesaksianNya. Saya sendiri sudah tahun ketiga di pemulihan dan bergereja lokal di papua. Minggu lalu baru mampir hall 3. Gbu bro.
I can say I am witness..
May 02, 2010, 04:34:31 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2949
  • Gender: Male
Bro Samuil,
Boleh saya tahu apa yang menjadi point-point dasar kepercayaan (doktrin) dari Gereja Pemulihan.

Bagaimana pandangan Gereja Pemulihan untuk beberapa item di bawah ini:
1. Konsep Tritunggal.
2. Baptisan Anak.
3. Baptisan ROH KUDUS.
4. Hari Sabat.
5. Sakramen Perjamuan Kudus.
6. Calvin Predestinasi or Arminian.

Terima kasih.

Regards,
Hans188
2 Tim 4:3-4 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. -"Makanya ada POST yang DIHAPUS"
May 03, 2010, 01:08:53 AM
Reply #4
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 296
  • Gender: Male
Gereja pemulihan lebih tepat mungkin disebut gereja yang kembali seperti dalam Kisah para rasul. Menerima pengajaran dari Firman Tuhan yang murni, menolak doktrin atau penambahan-penambahan yang tidak terdapat di alkitab. "Alkitab adalah satu-satunya standar, kita tidak takut memberitakan firman murni Alkitab, sekalipun orang menentangnya; tetapi jika ini bukan firman Alkitab, kita tidak akan pernah dapat menyetujuinya meskipun semua orang menyetujuinya. (Watchman Nee)"
Jawaban dari pertanyaan bro hans188 mungkin garis besarnya sama saja dengan yang lain. GBU bro
I can say I am witness..
May 03, 2010, 02:23:33 PM
Reply #5
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2949
  • Gender: Male
Gereja pemulihan lebih tepat mungkin disebut gereja yang kembali seperti dalam Kisah para rasul. Menerima pengajaran dari Firman Tuhan yang murni, menolak doktrin atau penambahan-penambahan yang tidak terdapat di alkitab. "Alkitab adalah satu-satunya standar, kita tidak takut memberitakan firman murni Alkitab, sekalipun orang menentangnya; tetapi jika ini bukan firman Alkitab, kita tidak akan pernah dapat menyetujuinya meskipun semua orang menyetujuinya. (Watchman Nee)"
Jawaban dari pertanyaan bro hans188 mungkin garis besarnya sama saja dengan yang lain. GBU bro

Boleh sampaikan lebih detail bro???
Pilihan Bro (jawab di samping setiap nomor):
1. Dukung Trinity atau Non Trinity.
2. Dukung Baptisan Anak atau Menolak Baptisan Anak.
3. Dukung Baptisan ROH KUDUS harus berbahasa Lidah atau tidak.
4. Dukung ibadah hari Sabat (Sabtu) atau hari Minggu.
5. Perjamuan Kudus, Roti dan Anggur sebagai lambang atau ada perubahan rohani atau ada perubahan materi.
6. Berpengang pada kemutlakan pilihan Allah (predestinasi) atau lebih mendukung gerakan penyempurnaan Rohani (Arminian).

Ini cukup krusial untuk dibahas untuk mengenal doktrin yang dipegang.
Pemulihan bukan hanya nama kahn Bro, tapi juga ada prinsip yang dipegang.
Ini yang perlu kami ketahui sebagai dasar dari klaim pemulihan.

Thanks n Regards,
Hans188
2 Tim 4:3-4 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. -"Makanya ada POST yang DIHAPUS"
May 03, 2010, 03:05:10 PM
Reply #6
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 296
  • Gender: Male
Soal detailnya mungkin saya tidak terlalu fasih lidah bro. Kebenaran yg ada di pemulihan bukan hanya objektifas atau fakta ilahi atau logos tapi jg mengalami secara subjektif atau realitas atau menjadi rema dlm hidup kita sehari2. Bukan pula untuk diperdebatkan. Dari yg saya tau aja ya bro soal perjamuan kudus. Kita melakukan tiap ibadah atau sidang pemecahan roti, untuk mengingat karya penebusan Kristus, jg bermakna makan dan minum Kristus, berbagian dengan tubuh Kristus, dan hayat Kristus. Roti yg dibuat harus tdk beragi dan bulat utuh sblm dipecah2. Merupakan gambaran tubuh Kristus yg utuh tdk terpecah2. Begitu bro. Gbu
I can say I am witness..
May 04, 2010, 02:23:48 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2949
  • Gender: Male
Soal detailnya mungkin saya tidak terlalu fasih lidah bro. Kebenaran yg ada di pemulihan bukan hanya objektifas atau fakta ilahi atau logos tapi jg mengalami secara subjektif atau realitas atau menjadi rema dlm hidup kita sehari2. Bukan pula untuk diperdebatkan. Dari yg saya tau aja ya bro soal perjamuan kudus. Kita melakukan tiap ibadah atau sidang pemecahan roti, untuk mengingat karya penebusan KRISTUS, jg bermakna makan dan minum KRISTUS, berbagian dengan tubuh KRISTUS, dan hayat KRISTUS. Roti yg dibuat harus tdk beragi dan bulat utuh sblm dipecah2. Merupakan gambaran tubuh KRISTUS yg utuh tdk terpecah2. Begitu bro. Gbu
Tentang Roti sama, gereja saya juga melakukan hal yang sama. Tidak beragi satu ketul utuh sebelum dipecah-pecah.

Berikut ini yang saya pegang dan percaya:
1. Satu Roh Allah yang Esa
2. Dukung Baptisan Anak
3. Dukung Baptisan ROH KUDUS harus berbahasa Lidah
4. Dukung ibadah hari Sabat (Sabtu)
5. Perjamuan Kudus, Roti dan Anggur mengalami perubahan rohani menjadi Tubuh dan Darah Tuhan
6. Predestinasi dan Arminian - dua-duanya berjalan berdampingan, walau dalam perspektif yang berbeda.

Salam
2 Tim 4:3-4 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. -"Makanya ada POST yang DIHAPUS"
May 04, 2010, 03:00:06 PM
Reply #8
  • FK - Senior
  • ****
  • Posts: 296
  • Gender: Male
Bro hans188 sepertinya advent kah? Di pemulihan ibadah sabat tdk ada bro. Yg ada hari minggu atau hari Tuhan yang maknanya pada hari itu Tuhan bangkit dan kita rayakan. Juga babtisan waktu sudah mengenal kebenaran dan bisa mengambil keputusan untuk ikut jalan Tuhan. Babtisan ROH KUDUS kita dapat ketika kita percaya Kristus atau lahir baru. Bahasa roh tidak harus menjadi tandanya. Tapi realitas hidup sehari2 dalam menikmati Kristus itu yg utama. Artinya selalu ada dlm kasih karunia Nya, selalu terbuka terhadap pengajaran firman yg murni untuk memperbaharui tiap keusangan dlm diri kita. Dan juga buah2 yg dpt dilihat/ dinikmati orang lain. Kita menyebutnya realitas hidup kerajaan/ hidup gereja. Gbu bro
I can say I am witness..
May 05, 2010, 08:21:52 AM
Reply #9
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2949
  • Gender: Male
Bro hans188 sepertinya advent kah? Di pemulihan ibadah sabat tdk ada bro. Yg ada hari minggu atau hari Tuhan yang maknanya pada hari itu Tuhan bangkit dan kita rayakan. Juga babtisan waktu sudah mengenal kebenaran dan bisa mengambil keputusan untuk ikut jalan Tuhan. Babtisan ROH KUDUS kita dapat ketika kita percaya KRISTUS atau lahir baru. Bahasa roh tidak harus menjadi tandanya. Tapi realitas hidup sehari2 dalam menikmati KRISTUS itu yg utama. Artinya selalu ada dlm kasih karunia Nya, selalu terbuka terhadap pengajaran firman yg murni untuk memperbaharui tiap keusangan dlm diri kita. Dan juga buah2 yg dpt dilihat/ dinikmati orang lain. Kita menyebutnya realitas hidup kerajaan/ hidup gereja. Gbu bro

True Jesus Church Indonesia. - Bukan Advent
Bro kalau tidak berkeberatan bisa ikuti topik dibawah ini:

Re: Hari Minggu adalah Hari Kebangkitan Tuhan - True or False.
http://forumkristen.com/index.php?topic=25278.msg213285#new

Pemikirannya, bila Yesus bangkit bukan pada hari Minggu, maka hari minggu seharusnya bukan hari Tuhan seperti yang sebagian besar umat Kristen klaim. Kebenaran tentang sabat harus dipulihkan.

Baptisan ROH KUDUS
http://forumkristen.com/index.php?topic=26415.msg213260#new
Yang ini tentang baptisan ROH KUDUS akan dibahas sesuai Alkitab.

Regards,
Hans188
2 Tim 4:3-4 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. -"Makanya ada POST yang DIHAPUS"
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)