Author Topic: Gereja kharismatik ini janggal..?  (Read 44737 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 25, 2010, 02:28:57 PM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9773
Saya rasa gereja itu tidak ada yang sempurna. Karena kita sebagai anggauta gereja juga tidak sempurna, dan gereja itu terdiri dari perkumpulan orang2 seperti kita.

Masalah bahasa lidah memang tidak bisa dipelajari, karena itu adalah karunia, namun namanya manusia yang pasti punya kesalahan, maka sering terjadi bermacam2 kesalahan. Di gereja non karismatik juga ada kesalahan2. Saya sendiri bergereja di gereja non karismatik, dan dalam lima belas tahun selama saya digereja itu sudah pecah tiga kali dan pendeta berganti empat kali karena setiap saat ada masalah ketidak setujuan.

Yang penting disini adalah motifasi kita masing2 selalu kita jaga. Masalah pandang harta itu kayaknya sudah jadi masalah lazim, memang FT tidak mengajarkan kita untuk pandang harta, namun kita sudah kebawa arus secara tidak sadar, kita2 ini cenderung untuk menghormati orang kaya lebih dari miskin.
Apa lagi kalau kita kecipratan. Hampir setiap orang terkena penyakit semacam ini dan pendeta kan juga manusia.

Kita dengan bantuan ROH KUDUS akan melawan dosa ini karena dosa ini serius sekali dan menurut Matius 25 mengatakan enyahlah kamu hai pembuat kejahatan karena pada waktu Aku lapar kamu tidak memberi aku makan dan ..........

Apa yang tidak kamu lakukan pada saudaraKu yang paling hina ini tidak kamu lakukan untukKU.

Rasialis juga tidak masuk surga. Padawaktu aku seorang asing kamu tidak memberi Aku tumpangan.

Rada oot sedikit karena ada sobat2 yang menyentuh masalah ini juga sebagai kepanjangan dari judul bahasa lidah, namun memang masalah ini penting sekali untuk diperhatikan karena ternyata penghakiman terakhir itu menyangkut masalah pandang harta yang di singgung oleh sobat TQLA.
May 25, 2010, 02:59:20 PM
Reply #21
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2236
  • Gender: Male
rasanya sia-sia ya bro jackson kalo para pendeta pada akhirnya bernasib sama dng sy yaitu cuma sampai di pintu sorga doang...wkkk...
May 25, 2010, 03:37:20 PM
Reply #22
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2738
  • me , just moe without 'o'
melihat kebobrokan rumah tetangga, tidak serta merta menjadikan rumah kita menjadi nampak lebih bagus

melihat kebobrokan gereja sebelah, tidak serta merta menjadikan gereja kita menjadi nampak benar

melihat kejanggalan gereja sebelah, tidak serta merta gerejanya yang janggal

coba duduk diem sejenak, ngopi2 dulu...

copot dulu kacamatanya, perhatikan apakah ada debu yang jonggol yang menempel di lensa

kucek-kucek dulu matanya, ambil obat tetes mata

coba ke wastafel, cuci muka

kali ada yang tidak beres dimata kita

make sure....

bila sudah sure tidak ada yg jonggol, lihatlah diri sendiri, pastikan gereja anda tidak ada jonggolnya juga

dan berdoalah demikian [bebas pilih mau pake gaya doa yg mana]

Quote

Luke 18:10 "Ada dua orang pergi ke Bait Allah untuk berdoa; yang seorang adalah Farisi dan yang lain pemungut cukai.
Luke 18:11 Orang Farisi itu berdiri dan berdoa dalam hatinya begini: Ya Allah, aku mengucap syukur kepada-Mu, karena aku tidak sama seperti semua orang lain, bukan perampok, bukan orang lalim, bukan pezinah dan bukan juga seperti pemungut cukai ini;
Luke 18:12 aku berpuasa dua kali seminggu, aku memberikan sepersepuluh dari segala penghasilanku.
Luke 18:13 Tetapi pemungut cukai itu berdiri jauh-jauh, bahkan ia tidak berani menengadah ke langit, melainkan ia memukul diri dan berkata: Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini.
Luke 18:14 Aku berkata kepadamu: Orang ini pulang ke rumahnya sebagai orang yang dibenarkan Allah dan orang lain itu tidak. Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan."

:)

salam
[image] of mine  is  God's own [image]

http://rotihidup.blogspot.com/

His crown was of thorns
His throne was a cross
His glory was humiliation

(the wisdom of the desert)
May 25, 2010, 04:08:48 PM
Reply #23
  • Guest
Emang sih bagiannya Tuhan, tapi kasihan aja Tuhan mengetahui banyak institusi gereja (walaupun masih ada juga gereja yg bagus) yg jadi tempat "rendezvous" bisnis. Tempat dimana seharusnya tdk ada istilah si kaya si miskin, tapi kenyataannya sebaliknya. Misalnya, kalo jemaat kaya (apalagi yg persembahan perpuluhannya banyak) duduknya disediakan di tiga baris depan.

he..he... emang Tuhan butuh dibelas kasiani :wink:
justru kita yang butuh belas kasihNya

Dia sumber kasih itu... justru kalo mengasihi Tuhan... itu artinya ngga ber (-) dulu thd setiap gereja..
krn Yesus rindu setiap anggota tubuhNya bersatu.


Lu 13:34  Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.

kalo toh ada satu gereja koq menurut kaca mata kita bagemana..  yah di doakan saja ..krn di gereja tersebut bisa dipakai Tuhan untuk menuia jiwa jiwa :char12:

 
May 25, 2010, 05:13:37 PM
Reply #24
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2236
  • Gender: Male
Memang gereja skrg ini gak sempurna, banyak jonggolnya, termasuk gereja sy di Bethany Plaza Bapindo, Jakarta  :'(
Bila gereja dan para pengerjanya yg seharusnya jadi wakil Tuhan di bumi dlm menggembalakan umatNya masih berkelakuan, berpikiran, dan berkata-kata sama dng umat, bagaimana yah umat juga bisa jadi benar. Ibaratnya peribahasa guru kencing berdiri, murid kencing berlari.

Kayaknya syarat-syarat utk menjadi pengerja gereja yg tertulis  di 1 Timotius 3 : 1-13 di jaman modern ini sudah banyak toleransinya  :happy0025:
May 26, 2010, 01:39:15 AM
Reply #25
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9773
Mungkin karena tuntutan jaman segala harus mewah, harus uang, ada orang bilang kalau gerejanya megah lebih banyak orang tertarik. Ini barangkali menyebabkan pemilihan majelis terpaksa dilihat dari kemampuan keuangannya.

Barangkali sekarang waktunya membuat sendiri kelompok kecil2 yang motifnya hanya cari Tuhan. Bergereja dalam gereja non formal. Apalagi Di gereja besar seperti gerejanya Bro TQLA, tentu perlu banyak uang untuk pemeliharaan gereja, listrik, AC dll. Seandainya saya jadi pendeta digereja demikian saya bisa bayangkan setiap saat kuatir karena tagihan listrik, dll.
Saya dulu pernah melayani di kelompok kumuh secara sukarela, saya bukan pendeta namun karena waktu itu tidak cukup pendeta dan tentu kelompok kumuh tidak mampu menggaji pendeta dan itu saya maklumi. Kebaktian dirumah seorang anggauta. Praktis tidak ada pengeluaran. Itu saja terjadi kericuhan keuangan. Tidak ada kolekte, karena saya maklum mereka miskin dan saya tidak mau ada kesan diantara tetangga2 yang masih belum Kristen, keluarga mereka juga kebanyakan tidak Kristen  jadi kalau ada kolekte nanti dikira Kristen kok minta2 uang.
Lalu ketika natalan seorang teman menyumbang kambing untuk pesta. Jadi hanya sekitar 50 orang saja hadir. Mulai masalah salah satu anggota utang warung untuk beli bumbu2 masak kambing.

Saya tidak tahu karena dia tidak bicara sama saya, dan selalu saya bilang jangan sampai utang. Akhirnya karena terpaksa mulai bilang sama saya dan timbulah masalah keuangan ini sampai cukup serius, waktu itu saya masih sekolah dan tidak punya banyak uang juga, anggota2 miskin2. Jadi uang kecilpun jadi masalah besar.
Namun saya betul2 nikmati kedamaian dihati dalam melayani kelompok miskin ini walaupun sekali tempo terjadi masalah. Saya bisa mengerti waktu bro TQLA memberikan berkat uang pada orang kekurangan terjadi kedamaian dihati. Demikian juga saya alami waktu saya melayani kelompok miskin. Rasanya surga turun ke hati saya. Saya mengajar nyanyian2 rohani, alkitab pada orang dewasa dan anak2 lalu  bala bantuan datang teman2 saya ikut walaupun dari berbagai gereja, dari GKI, dari Isa almasih dll. Tidak ada masalah dalam pelayanan orang miskin karena tidak ada rebutan posisi. Biasanya rebutan posisi terjadi pada gereja yang besar dan megah karena posisi disitu identik dengan status sosial. Inilah rupanya yang menjadikan hilangnya kedamaian. Saya tidak berani mengeritik mereka karena andaikata saya berada pada situasi demikian saya juga melakukan hal yang sama, sama2 merebut status sosial. Sehingga bergeserlah motifasi, dari cari surga ke cari posisi. Pergeserang yang menghilangkan tujuan utama dari gereja. Ibarat orang makan nasi menggunakan sendok sebagai alat untuk memasukan makanan kedalam mulut, tapi terjadi perubahan bukan sendok dipakai sebagai alat, namun sendoknya yang dimakan. Tentu menimbulkan masalah dalam perut kita. Perut tidak dirancang untuk mencerna sendok. Digereja sebenarnya bukan untuk mencari status sosial. Sebaliknya harus mencontoh Tuhan yang merelakan status sosialnya turun dalam dunia, yang semestinya Raja dari segala Raja rela lahir di kandang, tidak dirumah sakit termahal. Kita orang Kristen dirancang untuk menjadi rendah hati seperti Tuhan kita. Sehingga kalau kita keluar dari rancangan ini pasti timbul masalah dalam batin kita, kita akan kehilangan damai.

Memang gereja skrg ini gak sempurna, banyak jonggolnya, termasuk gereja sy di Bethany Plaza Bapindo, Jakarta  :'(
Bila gereja dan para pengerjanya yg seharusnya jadi wakil Tuhan di bumi dlm menggembalakan umatNya masih berkelakuan, berpikiran, dan berkata-kata sama dng umat, bagaimana yah umat juga bisa jadi benar. Ibaratnya peribahasa guru kencing berdiri, murid kencing berlari.

Kayaknya syarat-syarat utk menjadi pengerja gereja yg tertulis  di 1 Timotius 3 : 1-13 di jaman modern ini sudah banyak toleransinya  :happy0025:
May 26, 2010, 08:50:58 AM
Reply #26
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 917
gereja memang tidak ada yang sempurna, termasuk hamba tuhannya........ tetapi selama kelemahannya bukan hal yang prinsip maka tidak masalah

hal yang tidak boleh ditolerir adalah : apakah gereja tersebut memberitakan alkitab secara murni atau tidak

kalau gereja fokus pemberitaan kotbahnya adalah uang dan uang........tinggalkan aja gereja tsb......itu gereja uang bukan gereja tuhan.........
gereja saya yang dulu adalah gereja seperti itu  :'(


GBU
May 26, 2010, 09:35:38 AM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2236
  • Gender: Male
Wah bro Jackson12 memang cuocok jd konselor  :afro:...Skrg msh pelayanan ? Jd ingin lg pelayanan, tapi urusan sy dng iblis jg blum 100% beres. Takut jd batu sandungan.

Sedikit kesaksian ya...Saat msh nikah dulu sy sempet jg ikut pelayanan di GKPB, kecil2x aja sbg door-greeter & beresin bangku. Tapi yah kejadiannya jg sama, awalnya gereja yg humble, stlh terberkati yah gitu d pd carmuk (cari muka) dan carpos (cari posisi). Sy tanya Tuhan, apakah sy boleh melayani dlm bentuk lain krn sy gak ada damai sejahtera disini (saat itu sy diberi karunia peka dng suara ROH KUDUS), dan diberikanlah bentuk pelayanan sbg Soul Keeper. Sy bingung apa maksud Tuhan, dan apaan tuh Soul Keeper. Tuhan menjawab melalui Roh di dlm diri sy, bahwa saat ini banyak yg mau jadi penuai utk ladang yg sdh menguning, tapi sedikit yg mau menjaga hasil tuaian di lumbung. Krn tdk ada yg jaga lumbung, maka iblis dng mudah dpt mencuri hasil tuaian. Tuhan menjelaskan job desk posisi tsb. Kedengarannya mudah, tp sy sadar bhw tugas itu jauh lbh berat dr penuai. Sy tanya lagi, why me cause I'm a sinner & I don't have the talents, dan Roh menjawab HE will lead me, just obey, and speak everyword HE gave me. Bbrp hari kemudian Tuhan dng caranya yg super aneh mempertemukan sy dng seorang wanita yg divonis dokter terkena leukimia dan umurnya tinggal 3 bulan, sebut saja namanya X yg beragama Katolik.  Hari itu sy kenal X, hari itu juga X nangis berat di hadapan sy mengenai nasibnya. Saat sy mendengarkan curhatnya X, Tuhan bicara ke sy utk sampaikan ke X bhw umurnya tdk sependek itu, bahkan X akan sempat menikmati menikah dng seorang pria yg tampan & baik hati. Rasanya jantung sy mau copot, dan saat itulah sy benar2 mengerti maksud Tuhan dng Soul Keeper. Saat itu mulut sy rasanya terkunci, dan hati sy ngomel & bergumul, dan sy bilang dlm hati ke Tuhan kalo sy tdk mau menyampaikan hal tsb ke X krn kalo gak kejadian sy akan malu besar dan mungkin akan kena tampar & damprat X di hadapan banyak orang. Kira2 setengah jam sy bergumul dng Tuhan. Sy pikir Tuhan akan menyerah, tp never give up bro, yg ada sy yg pasrah. Akhirnya sy sampaikan juga dng perasaan was-was & berat hati ke X bhw Tuhan bicara kalo dia akan hidup sampai tua, dan menikah pula.  Setelah dengar itu X nangis sejadi2nya di bahu sy, sampai sy malu berat diliatin orang. Sy lega melihat responnya, tapi jantung mau copot lg saat X bertanya apa buktinya Tuhan yg bicara hal itu. Selama 5 menitan sy cuma bisa tatap X dng muka bengong yg to***. tanpa sepatah kata keluar. Dalam hati sy minta X tampar sy krn telah lancang bicara. Raut muka X mulai berubah tegang, dan di saat genting itu Tuhan ambil alih mulut sy, dan keluar pernyataan "Akulah Tuhan yg menciptakanmu. Tidak sekali2 Aku meninggalkanmu. Kenapa hatimu ragu ? Dalam waktu 3 bulan km akan kembali bertemu dngKu di tempat ini, dan itulah tanda bukti yg kau mau"  Sy lega bgt mendengar itu, tapi juga malu bgt bgt krn X shock & nangis lagi lebih keras shg lebih banyak orang yg memperhatikan bahkan mendatangi kita. Tiga bulan kemudian sy ditelpon X dan dia hidup. Enam bulan kemudian X telpon lg mau kirim undangan nikah. Dalam setahun X terima 2 berkat sgt besar....Sori kepanjangan kesaksiannya. Smoga menguatkan bg bro dan banyak orang. Masih ada beberapa kesaksian mengenai Soul Keeper yg sy alami. Mungkin nanti bs sy share. Namun saat pekerjaan itu sy jalani, serangan setan sgt dahsyat di sy. Kadang sy kepingin lagi kembali ke Tuhan, tapi kadang sy takut kalo si iblis makin hebat lg mengganggu & merusak kehidupan sy. Mungkin one day sy akan bisa kembali ke Tuhan dng hati yg bulat.
May 26, 2010, 10:01:40 AM
Reply #28
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2738
  • me , just moe without 'o'
akan lebih bijak bila kita masing2 melihat : apakah aku sdh menghasilkan buah? apakah buahku tidak berulat? apakah buahku layak dimakan?

mengapa harus disibukan dg kritik dan ritik gereja lain?

pastikan dulu pohonmu berbuah dan layak dan tetaplah berdiam diri, jgnlah bermegah bahwa buahmu jauh lebih baik dr buah orang lain, supaya yng empunya tanaman tidak mempermalukanmu

----------------------------------------------------------------------------------

memang lebih baik menggereja ke gereja yang cocok dg style anda, namun anda tidak perlu menghakimi style gereja lain dg style gereja anda

anda menggereja bukan untuk memilih gereja, namun untuk mendapatkan pengajaran FT yang baik dan benar

namun percuma bila anda menggereja dan telah mendapatkan pengejaran dg baik dan benar namun tidak menghidupinya -- malah anda jadikan sbg amunisi untuk menembak gereja lain

saya sendiri tumbuh besar di lingkungan gkj, namun saya sekarang diluar kota dan menggereja di gereja kharismatik -- yg tentunya percaya akan karunia2 roh

suatu kali saya pulang kampung, ada tetangga yg rumahnya disampaing gereja persis, sering mengalami kesurupan, ngamuk dll.

sahabat saya -- yg juga pernah beribadah di kharismatik, dan kembali pulang kampung, mencoba menanganinya. dia meminta bantuan salah satu majelis, namun sedih, majelis ini malah kabur begitu saja ndak mau peduli dg kondisi jemaatnya. mau tidka mau, sahabat saya ini [wanita] menangani sendiri dan mempraktekkan pengajaran2 Ft melayani kelepasan. beres.

permasalahan besar lain adalah, kakaknya telah menjadi gila sejak masa remaja -- sptnya kepahitan karena diperkosa bapaknya dan tidak ada yg mengurusinya sampai suatu hari ditemukan telah meninggal dg kepala pecah dihantam batu di kota.

kakak satunya lagi juga sering kesurupan, suami dan anak2nya takut menghandle, dan dia sndirian harus melayani kelepasan kakaknya ini, sementara yg lain memilih untuk menyingkir.

dan yang paling parah adalah, ketika pendeta saya yg sudah sepuh harus pensiun, maka dikirimkan calon pendeta yg masih muda dan baik hati

calon pendeta ini tinggal emnunggu masa pentahbisan saja

lama menanti dan menanti

dan sepertinya calon pendeta ini mulai aus semangatnya

yang mengagetlan adalah, suatu hari, pagi2 buta, adik saya pergi ke pasar di kota

dia mendapati calon pendeta ini sdg berjudi dan main sama wts kota

dia lapor sama majelis -- namun majelis tidak percaya

akhirnya sama 2 dibuktikan dan tertaangkap basahlah calon pendeta ini


beberapa bulan lalu, saya mengunjungi kakak saya dan dia bercerita soal perkembangan gerejanya [gki]

dulu waktu saya kuliah, saya sering liburan kesana dan menggereja disana

saya tahu pendetanya [yg hampir pensiun waktu itu] -- dan kenal calon pendeta yg akan menggantikannya -- sangat baik

namun terakhir cerita, pendeta [baru] ini tidak mau melayani kalo tidak ada amplopnya

di gereja saya, ada juga kasus, anggota komsel yg memaksakan diri, ingin menjamu jemaat dg makanan [even seadanya] -- parahnya, dia pinjam uang sana sini untuk menjamu jemaat


quo vadis?

mari kita pastikan kedalam diri masing2 bahwa kristus itu hidup didalam diri kita, bukan memastikan kristus hidup didalam diri orang lain

salam
[image] of mine  is  God's own [image]

http://rotihidup.blogspot.com/

His crown was of thorns
His throne was a cross
His glory was humiliation

(the wisdom of the desert)
May 26, 2010, 10:11:30 AM
Reply #29
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2738
  • me , just moe without 'o'
Wah bro Jackson12 memang cuocok jd konselor  :afro:...Skrg msh pelayanan ? Jd ingin lg pelayanan, tapi urusan sy dng iblis jg blum 100% beres. Takut jd batu sandungan.

Sedikit kesaksian ya...Saat msh nikah dulu sy sempet jg ikut pelayanan di GKPB, kecil2x aja sbg door-greeter & beresin bangku.

sepertinya itu ya bro masalahnya?

tdk bisakah rekonsiliasi?

memang satu sisi, kadang kita sering berpikir hal itu bisa menjadi batu sandungan, namun disisi lain, kondisi itulah yg dikehendaki iblis [dg alasan batu snadungan] supaya dia [iblis] tidka repot2 lagi menghambat anda [biar ndak capek, ndak perlu turun tangan]

:)
[image] of mine  is  God's own [image]

http://rotihidup.blogspot.com/

His crown was of thorns
His throne was a cross
His glory was humiliation

(the wisdom of the desert)
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)