Author Topic: Doa Puasa  (Read 1972 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

July 26, 2010, 12:35:59 PM
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1140
  • Gender: Female
Temans, saya sering dengar di antara kalian melakukan doa puasa. Apa sih kelebihan doa puasa dibanding doa biasa? Untuk permohonan seperti apa yg membutuhkan doa puasa? dan bagaimana melakukannya?

Boleh disharing? Tengkyu all ..  :)
blindfold me, so I walk by Your voice only
July 26, 2010, 12:40:04 PM
Reply #1
  • Guest
kalo doa sering ..puasa jarang :D
July 26, 2010, 12:57:49 PM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1140
  • Gender: Female
hahahaa boro2 aye deh .. ;D ;D
sis Alice puasanya gmn ya? mau tau teknisnya dong. Dan berapa hari dijalankan?

Soalnya aku pengen nyoba doa puasa, untuk permohonan khusus. Selama ini sih gk pernah puasa, soalnya punya penyakit tetek bengek gk penting yg nghambat klo pengen puasa (bilang aja maless..).

Tolong infonya y bro and sis ,, :)



blindfold me, so I walk by Your voice only
July 26, 2010, 01:12:26 PM
Reply #3
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3196
  • Gender: Male
puasa adalah kita merendahkan diri di hadapan Tuhan..
jadi dengan doa dan puasa, kita bener2 meminta Tuhan bantu.. istilah katanya memelas bgt..hehe

Matius
17:19 Kemudian murid-murid Yesus datang dan ketika mereka sendirian dengan Dia, bertanyalah mereka: "Mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?"
17:20 Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, -- maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.
17:21 [Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa.]"

puasa ada bermacem2
1. ada puasa daniel, puasa tidak makan daging
2. puasa ester, puasa 3 hari tidak makan dan minum
3. puasa setengah hari, biasanya yg lakukan GBI
4. puasa lainnya.. merelakan sesuatu yg berharga buat Tuhan, misalnya nih kita suka maen game, nah pas puasa itu kita tidak maen game.. jadi puasanya gak harus makanan

smoga bs menjawab

Jbu
July 26, 2010, 01:40:32 PM
Reply #4
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 12712
  • Gender: Male
  • There's a time for everything..
  • Denominasi: Protestan
seumur hidup belum pernah berpuasa..
“Lebih baik tinggal di padang gurun, daripada tinggal dengan perempuan yang suka bertengkar dan pemarah”
(Ams 21:19).
July 26, 2010, 01:44:30 PM
Reply #5
  • FK - Full Member
  • ***
  • Posts: 155
  • Gender: Female
Apakah tujuannya kita berpuasa?
1. Untuk merendahkan diri di hadapan Allah
2. Untuk menyatakan rasa kasih kita kepada Tuhan Yesus
3. Untuk mendisiplinkan tubuh kita dari keinginan duniawi, salah satu cara untuk menyangkal diri.
4. Untuk menambah rasa simpati kepada sesama, agar bisa merasakan penderitaan orang lain.
5. Untuk meminta jawaban Tuhan atas permasalahan kita.
6. Untuk mengusir jenis setan tertentu yang hanya bisa diusir dengan doa puasa.

Apakah dalam Agama Kristen ada yang namanya Puasa?
Agama Kristen Protestan tidak mewajibkan untuk berpuasa, sedangkan Kristen Katolik mewajibkan untuk berpuasa pada masa pra-paskah.

Bagaimana cara kita berpuasa?
Terserah pribadi masing-masing. Tentukan sendiri jangka waktunya: 8 jam, 1 hari, 1 hari 1 malam, 3 hari, 7 hari, 40 hari, dst. Tentukan jenis puasanya: hanya makan sayur, tidak makan, tidak makan dan tidak minum, atau puasa kebiasaan jelek seperti ; tidak merokok, tidak berjudi, dll.Perbanyak jam doa, pujian penyembahan dan baca Alkitab spy lebih efektif.

Apakah Tuhan Yesus mengajarkan agar kita berpuasa?
Ya, Yesus mengajarkan agar murid-muridNya untuk berpuasa. Tuhan Yesus berkata: "Dan apabila kamu berpuasa,…" (Mat 6:16). Kata apabila artinya adalah sebagai orang Kristen, pada suatu saat kita akan berpuasa. Hanya waktunya sebaiknya tidak diwajibkan oleh agama, karena niat berpuasa timbul dari masing-masing pribadi.

Apa yang Yesus ajarkan ketika kita berpuasa?

Sedapat mungkin agar tidak ada orang lain yang tahu jika kita berpuasa. Biar hanya Tuhan yang tahu dan memberi upah kepada kita. Oleh karena itu agama Kristen tidak mewajibkan waktu puasa.

Mengapa murid-murid Yesus tidak berpuasa ketika Ia bersama mereka?

Karena puasa adalah untuk menunjukkan kepada Allah, sedangkan Yesus adalah Imanuel (=Allah beserta kita).

Untuk apa berpuasa jika Allah sudah ada di tengah-tengah mereka?

Yesus telah menjelaskan dalam Mat 9:15. Yesus juga menerangkan lewat perumpamaan bahwa puasa dalam Perjanjian Lama berbeda dengan puasa dalam Perjanjian Baru. (Mat 9:16-17).

Apakah bedanya puasa dalam PL dan PB?

Puasa dalam PL yang dilakukan secara rutin oleh bangsa Israel adalah untuk menantikan kedatangan Mesias, Penyelamat bangsa Israel yang dijanjikan dalam kitab Taurat dan kitab para nabi. Sedangkan dalam PB, Mesias telah datang dan berkarya. Artinya Keselamatan sudah datang, dan kita berpuasa untuk menjaga keselamatan yang sudah kita miliki.

Apakah ada niat puasa selain jawaban diatas?
Ya, seperti Musa dan Elia, mereka berpuasa karena memang Tuhan memberikan kekuatan untuk bersekutu secara intim dengan Tuhan, sehingga mereka tidak merasa lapar dan haus, seperti keadaan di sorga. Lainnya untuk situasi yang mendesak, untuk meminta belas kasihan dati Tuhan, untuk meminta agar Tuhan bertindak dalam masalah kehidupan kita, untuk meminta kekuatan Allah dalam pelayanan.

Apa saja puasa yang tercatat dalam PL?
1. Puasa Musa, 40 hari 40 malam tidak makan dan tidak minum (Kel 24:16 dan Kel 34:28)
2. Puasa Daud, tidak makan dan semalaman berbaring di tanah (2 Sam 12:16)
3. Puasa Elia, 40 hari 40 malam berjalan kaki (1 Raj 19:8)
4. Puasa Ester, 3 hari 3 malam tidak makan dan tidak minum (Est 4:16)
5. Puasa Ayub, 7 hari 7 malam tidak bersuara (2:13)
6. Puasa Daniel, 10 hari hanya makan sayur dan minum air putih (Dan 1:12), doa dan puasa (Dan 9:3), berkabung selama 21 hari (Dan 10:2)
7. Puasa Yunus, 3 hari 3 malam dalam perut ikan (Yunus 1:17)
8. Puasa Niniwe, 40 hari 40 malam tidak makan, tidak minum dan tidak berbuat jahat (Yunus 3:7)

Apa saja puasa yang tercatat dalam PB?
1. Puasa Yesus, 40 hari 40 malam tidak makan (Mat 4:2)
2. Puasa Yohanes pembabtis, tidak makan dan tidak minum (Mat 11:18)
3. Puasa Paulus, 3 hari 3 malam tidak makan, tidak minum dan tidak melihat (Kis 9:9)
4. Puasa Jemaat mula-mula, untuk menguatkan Paulus dan Barnabas dalam pelayanan (Kis 13:2-3)

Sumber : Gema Warta

----------

menurut pengalamanku dgn puasa aku bisa menyangkal diri, menudukkan setiap kedaginganku hingga bisa lebih mudah utk berdoa dan meminta..biasax dlm komunitas tmpt ku bertumbuh dan belajar, puasa + doa syafaat stiap hr sabtu...
belajar untuk tidak pernah berhenti belajar
July 26, 2010, 01:57:43 PM
Reply #6
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1140
  • Gender: Female
*tos sama Vic (eh, dipanggilnya Vic kan ya??)* ;D
Mangkanya aye pengen tau doa puasa nih bro.


@Steavan: jawabannya selalu mangtabs deh .. *likes*
Tengkyu bro ..


@Beefee: lengkap bangettt .. makasih sis :)


Monggo loh yg mau bagi2 pengalaman atau cara doa puasa..  :happy0062: :happy0062:


blindfold me, so I walk by Your voice only
July 26, 2010, 02:00:34 PM
Reply #7
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9816
Puasa mendekatkan diri pada Tuhan, biasanya orang2 karismatik melakukan puasa yaitu berdoa dan baca alkitab, dan mengasingkan diri dari keramaian sementara untuk bersama Tuhan.
July 26, 2010, 02:13:00 PM
Reply #8
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 6591
  • Gender: Female
  • I have the simplest taste
aku dulu puasa pas jam 5 pagi ampe jam 6 sore
doa aja supaya kuat puasanya
Dear God, please lead me to Your path, not my path. My path is fun, but it's suffering. Your path is abstract, but it's safe.
July 26, 2010, 02:16:36 PM
Reply #9
  • Guest
seumur hidup belum pernah berpuasa..

he..hhe... cepetan  puasa sebelum  orang berpuasa untuk kita :angel:
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)