Author Topic: Serangan & Penganiayaan Terhadap Gereja & Umat Kristen di Indonesia  (Read 21897 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

September 12, 2010, 03:50:12 PM
Reply #30
  • Guest
2Ti 4:6  Mengenai diriku, darahku sudah mulai dicurahkan sebagai persembahan dan....... 
September 12, 2010, 03:52:17 PM
Reply #31
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13168
  • Gender: Male
  • Gal 5:14-15
  • Denominasi: Lutheran
2Ti 4:6  Mengenai diriku, darahku sudah mulai dicurahkan sebagai persembahan dan....... 

hmm.. tafsirannya gimana ya?
September 12, 2010, 03:57:08 PM
Reply #32
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 9779
Berbahagialah orang yang dianiaya karena kebenaran. Upahnya besar disurga.
September 12, 2010, 07:30:33 PM
Reply #33
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13168
  • Gender: Male
  • Gal 5:14-15
  • Denominasi: Lutheran
September 13, 2010, 08:38:55 AM
Reply #34
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 1539
  • Gender: Male
    • Cakka's Blog - Blog Berwawasan Pengetahuan dan Religius
Thread ini adalah kumpulan berita terkait penganiayaan dan serangan terhadap gereja - gereja dibekasi yang akan saya ambil informasi nya dari situs - situs berita terpercaya.

Quote
Minggu, 12/09/2010 16:17 WIB
Jemaat HKBP Ditusuk di Perut Kanan Atas, Hatinya Sobek 3 Cm
Laurencius Simanjuntak - detikNews

Jakarta - Jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pondok Timur Indah, Bekasi, yang menjadi korban penusukan, Asia Sihombing, mengalami luka di perut sebelah kanan bagian atas. Tusukan itu mengenai hati Asia.

"Mengenai hati sobek lebarnya 3 cm dan dalam 1 cm," kata dr bedah Lakshmi Nawasasi dalam jumpa pers bersama Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (12/9/2010).

Menurut Lakshmi, Asia sudah tidak mengalami pendarahan. "Tadi juga dilakukan transfusi darah. Terkenanya di sebelah kanan atas perut. Kita tinggal evaluasi keadaan pasien," ujar Lakshmi.

Asia yang merupakan anggota majelis sedang berjalan beriringan dengan jemaat HKBP Pondok Timur Indah, Bekasi, ditusuk perutnya oleh orang tidak dikenal pada Minggu (12/9/2010) pukul 09.05 WIB.

Pelaku berboncengan mengendarai sepeda motor. Lokasi kejadian di sekitar daerah Ciketing Mustika Jaya.

2 Orang yang diduga kelompok penusuk Asia ini kini telah diamankan oleh polisi. Mereka tengah dimintai keterangan.
September 13, 2010, 08:41:28 AM
Reply #35
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 1539
  • Gender: Male
    • Cakka's Blog - Blog Berwawasan Pengetahuan dan Religius
Quote
Minggu, 12/09/2010 12:48 WIB
Pendeta HKBP Pondok Timur Juga Jadi Korban Pemukulan
Laurencius Simanjuntak - detikNews

Jakarta - Insiden Minggu pagi yang menimpa Asia Sihombing (sebelumnya ditulis Afian Sihombing), anggota majelis gereja HKBP Pondok Timur Indah, Bekasi juga menimpa Pendeta Luspida Simanjuntak. Luspida yang adalah pendeta gereja setempat mengalami luka pukul di bagian kepala.

Pantauan detikcom, di RS Mitra Keluarga, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Minggu (12/9/2010), Luspida dibawa ke ruang radiologi untuk dirontgen. Dahi sebelah kiri Luspida diperban akibat luka pukul. Namun, ia tampak masih sadarkan diri.

Ny Sinaga, saksi mata yang juga jemaat HKBP, menceritakan, Luspida dipukul saat sedang membawa Asia Sihombing ke RS dengan menggunakan sepeda motor. Ironisnya, yang mengendarai motor tersebut adalah anggota polisi.

"Polisi di depan, Pak Penatua (Asia) diapit di tengah, dan Bu Pendeta (Luspida) di belakang," kata Ny Sinaga.

"Seperti sudah terencana, mereka (pelaku) ada di beberapa titik," lanjtunya.

Luspida beserta Asia dibawa ke RS dengan menggunakan motor. "Di baju polisi juga masih ada darahnya," kata Ny Sinaga.

Sementara itu korban penusukan, Asia Sihombing, sedang menjalani operasi. Belum ada kepastian apa akan ada konferensi pers dari pihak medis terkait insiden ini.

Quote
Minggu, 12/09/2010 13:45 WIB
Pengawalan Polisi Atas Jemaat HKBP Dinilai Minim
Laurencius Simanjuntak - detikNews

Jakarta - Sejak insiden pemukulan beberapa pekan lalu, jemaat Pondok Timur Indah, Bekasi, selalu dikawal pihak kepolisian saat beribadah. Namun, untuk Pagi tadi, ratusan jemaat tidak mendapat pengawalan.

"Hanya ada beberapa polisi dan jaraknya jauh-jauh," kata Haposan Pangaribuan, saksi mata yang juga jemaat HKBP, di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur, Minggu (12/9/2010).

Padahal, kata Haposan, pengawalan polisi biasanya lumayan ketat. Untuk sampai ke areal ibadah, jemaat biasanya berjalan kaki selama setengah jam dari Jl Puyuh, Ciketing.

"Meski pengawalan minim, kita tetap ibadah, karena itu sudah tekad kami," katanya.

Seperti diberitakan, anggota majelis gereja HKBP, Asia Sihombing, ditusuk oleh gerombolan bersepeda motor saat berjalan bersama ratusan jemaat menuju tempat ibadah. Luspida Simanjuntak, pendeta di gereja tersebut juga dipukul di bagian kepala. Keduanya kini sedang menjalani perawatan di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur.

Namun sebelumnya pihak kepolisian menjelaskan, pihaknya kini tengah melakukan penyelidikan untuk menangkap pelaku.

"Ini kriminal murni. Penusukan dilakukan pelaku yang sedang diidentifikasi. Kalau sudah dapat ya segera kita tangkap," ujar Kapolres Metropolitan Bekasi Komisaris Besar Pol Imam Sugianto saat dihubungi detikcom.
September 13, 2010, 08:44:13 AM
Reply #36
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 1539
  • Gender: Male
    • Cakka's Blog - Blog Berwawasan Pengetahuan dan Religius
Quote
Minggu, 12/09/2010 14:20 WIB
Menko Polhukam Kutuk Aksi Penusukan Atas Jemaat HKBP
Nurvita Indarini - detikNews

Jakarta - Menko Polhukam Djoko Suyanto bereaksi keras atas insiden penusukan jemaat HKBP di Bekasi. Djoko pun mengecam keras tindakan orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.

"Mengutuk tindakan penusukan oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab," kata Djoko dalam kepada wartawan, Minggu (12/9/2010).

Dia juga telah meminta pihak kepolisian untuk segera mengambil tindakan. Jangan sampai pelaku bebas berkeliaran.

"Polri harus mencari sampai ketemu dan menindak sesuai hukum yang berlaku," tutup Djoko.

Peristiwa ini penusukan ini menimpa Asia Sihombing. Pelaku penusukan menggunakan sepeda motor. Korban Asia kini menjalani perawatan intensif di RS Mitra Bekasi.

Quote
Minggu, 12/09/2010 14:18 WIB
JK Minta Penusuk Jemaat HKBP Segera Ditangkap
Hery Winarno - detikNews

Jakarta - Mantan Wapres Jusuf Kalla terkejut mendengar kasus penusukan jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pondok Timur Indah, Bekasi, Asia Sihombing. JK meminta pelakunya segera ditangkap.

"Oh itu ada itu. Oh itu sudah kejahatan," kata JK di rumah pribadinya, Jalan Brawijaya nomor 6, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (12/9/2010).

Menurut dia, penusukan terhadap Asia merupakan tindakan kriminal. "Pelakunya harus segera ditangkap karena itu kriminal. Itu tugas kepolisian tentunya," kata JK yang mengenakan batik warna coklat ini.

Asia yang merupakan anggota majelis sedang berjalan beriringan dengan jemaat HKBP Pondok Timur Indah, Bekasi, ditusuk perutnya oleh orang tidak dikenal pada Minggu (12/9/2010) pukul 09.05 WIB. Pelaku berboncengan mengendarai sepeda motor. Lokasi kejadian di sekitar daerah Ciketing Mustika Jaya.

Quote
Minggu, 12/09/2010 14:59 WIB
Kapolda Metro: Insiden Penusukan Jemaat HKBP Bukan Konflik Agama
Laurencius Simanjuntak - detikNews

Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Timur Pradopo mengunjungi Asian Sihombing, jemaat HKBP yang menjadi korban penusukan di RS Mitra Bekasi. Timur juga menyampaikan tindakan pelaku yang menusuk Asian tidak terkait agama.

"Ini bukan konflik agama. Ini kriminal, mudah-mudahan secepatnya terungkap," kata Timur di RS Mitra Bekasi Timur, Minggu (12/9/2010).

Dia menjelaskan, pihak kepolisian belum bisa mematikan motif pelaku. Semuanya akan diungkap setelah pelaku bisa ditangkap.

"Motif akan disampaikan setelah pelakunya tertangkap," imbuhnya.

Timur yakin dalam waktu dekat pelaku akan segera ditangkap. "Semua sudah terekam oleh saksi dengan keterangan mereka," tambahnya.

Polda telah membentuk tim khusus guna menangkap pelaku. "Membentuk tim Polres dan Polda. Kita akan mengungkap dengan cepat, penegakan hukum juga kami akan lakukan lintas sektoral dengan Pemda Bekasi dan Gubernur Jabar. Ini ada 2 hal lain yang belum diputus Pemda," tutupnya.

Quote
Minggu, 12/09/2010 15:05 WIB
Pendeta HKBP Luspida: Saya Kenal yang Pukul Saya
Laurencius Simanjuntak - detikNews

Jakarta - Pendeta HKBP Pondok Timur Indah, Bekasi, Luspida Simanjuntak, menjadi salah satu korban pemukulan. Luspida, yang mengaku masih pusing ini, mengenali salah satu orang yang memukulnya.

"Saya kenal satu dari mereka. Tinggi, kurus," kata Luspida usai menjalani perawatan di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur, Minggu (12/9/2010).

Seperti diketahui, saat ibadah setiap Minggu ratusan jemaat HKBP kerap ditunggui oleh pihak-pihak yang menentang diadakannya peribadatan di areal tanah di Desa Ciketing, Bekasi.

"Dia suka terlihat saat kita beribadah," kata Luspida.

Luspida mengaku mendapat 3 pukulan oleh segerombolan orang. Padahal, saat itu ia sedang membawa Asia Sihombing, korban penusukan, dengan sepeda motor. Polisi yang mengendarai sepeda motor tersebut.

"Saya dipukul dengan stick panjang dari depan di kepala. Kemudian dari belakang di leher dan di punggung," kata Luspida yang dahi kirinya diperban itu.   
September 13, 2010, 08:46:31 AM
Reply #37
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 1539
  • Gender: Male
    • Cakka's Blog - Blog Berwawasan Pengetahuan dan Religius
Quote
Minggu, 12/09/2010 15:17 WIB
Polisi Amankan 2 Orang Terkait Penusukan Jemaat HKBP
Indra Subagja - detikNews

Jakarta - Polisi mengamankan 2 orang pria terkait insiden penusukan jemaat HKBP. Polisi masih melakukan pemeriksaan intensif atas keduanya.

"Ya ada 2 yang diamankan," kata Kasat Reskrim Polres Bekasi Kompol Ade Ari Syam saat dihubungi detikcom, Minggu (12/9/2010).

Dia menjelaskan, belum bisa dipastikan apakah 2 pria yang ditangkap itu pelaku yang melakukan penusukan.

"Belum bisa dipastikan apakah keduanya pelaku. Masih kita periksa," imbuh Ade.

Untuk sementara kedua pria tersebut diperiksa di Polres Bekasi. "Ya keduanya diamankan di Polres," tutupnya.

Penusukan jemaat HKBP menimpa Asia Sihombing. Pada pagi tadi 2 pria dengan menggunakan kendaraan roda dua, tiba-tiba menghampiri rombongan jemaat HKBP dan menusuk Asia. Pelaku kemudian melarikan diri menggunakan motor.

Quote
Minggu, 12/09/2010 15:57 WIB
SBY Utus Menkes Jenguk Jemaat HKBP Korban Penusukan
Laurencius Simanjuntak - detikNews
 
Bekasi - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menugaskan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih untuk menyampaikan keprihatinan menyusul kasus penusukan Jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pondok Timur Indah, Bekasi, Asia Sihombing.

"Tujuan saya ke sini, saya mendapat tugas dari Presiden untuk menyampaikan keprihatinan Presiden dan Ibu Negara kepada pasien, keluarga pasien dan jemaat HKBP," kata Menkes.

Hal ini disampaikan Menkes dalam jumpa pers di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (12/9/2010).

Menkes ingin memastikan pasien mendapatkan penanganan yang baik di rumah sakit ini.

"Segala sesuatunya akan dikoordinasikan pemerintah pusat dan pemerintah daerah," ujar Menkes yang mengenakan kemeja bermotif kembang-kembang warna biru ini.

Asia yang merupakan anggota majelis sedang berjalan beriringan dengan jemaat HKBP Pondok Timur Indah, Bekasi, ditusuk perutnya oleh orang tidak dikenal pada Minggu (12/9/2010) pukul 09.05 WIB. Pelaku berboncengan mengendarai sepeda motor. Lokasi kejadian di sekitar daerah Ciketing Mustika Jaya.

2 Orang yang diduga kelompok penusuk Asia ini kini telah diamankan oleh polisi. Mereka tengah dimintai keterangan.   

Quote
Minggu, 12/09/2010 16:05 WIB
Menkes: Kondisi Jemaat HKBP Korban Penusukan Stabil
Laurencius Simanjuntak - detikNews
 
Bekasi - Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Sedyaningsih mengatakan Jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pondok Timur Indah, Bekasi, yang menjadi korban penusukan, Asia Sihombing, sudah dioperasi. Kondisi Asia stabil.

"Keadaan stabil, ada kesakitan. Namun sudah diberi obat agar rasa sakit reda," kata Menkes dalam jumpa pers di RS Mitra Keluarga Bekasi Timur, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (12/9/2010).

Menurut dia, Asia sudah menjalani operasi pada pukul 12.00 WIB.

"Sudah dioperasi untuk menutup luka di dalam dan mengeksplorasi apakah ada luka-luka lain di dalam dan ternyata bersih. Ketika ditutup, pendarahan berhenti," ujar perempuan yang terbalut kemeja bermotif kembang-kembang warna biru ini.

Asia yang merupakan anggota majelis sedang berjalan beriringan dengan jemaat HKBP Pondok Timur Indah, Bekasi, ditusuk perutnya oleh orang tidak dikenal pada Minggu (12/9/2010) pukul 09.05 WIB. Pelaku berboncengan mengendarai sepeda motor. Lokasi kejadian di sekitar daerah Ciketing Mustika Jaya.

2 Orang yang diduga kelompok penusuk Asia ini kini telah diamankan oleh polisi. Mereka tengah dimintai keterangan.

Quote
Minggu, 12/09/2010 16:12 WIB
Masyarakat Jangan Terprovokasi Penusukan Jemaat HKBP
Ayu Fitriana - detikNews

Jakarta - Insiden berdarah terjadi saat anggota majelis HKBP Pondok Timur Indah, Bekasi Timur ditusuk oleh orang tidak dikenal. Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) mengingatkan masyarakat agar tidak terprovokasi.

"Secara khusus, kami meminta seluruh elemen masyarakat untuk tidak terpancing dan menahan diri untuk menghindari provokasi dan tindakan kekerasan yang mungkin berlanjut," ujar Badan Pekerja Kontras Haris Azhar dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikcom pada Minggu (12/9/2010).

Kontras juga mengecam tindak kekerasan tersebut. Apalagi sejak Juli 2010 lalu, jemaat Gereja HKBP tidak dapat beribadah dengan aman lantaran terjadi sejumlah kasus kekerasan. "Peristiwa in mestinya bisa dihindari jika aparat Polri konsisten untuk memberikan keamanan ekstra dan melindungi para jemaat Gereja HKBP Pondok Timur," imbuh Haris.

Selain itu, Kontras meminta aparat kepolisian agar sesegera mungkin menyelidiki peristiwa tersebut. Hal ini penting agar masyarakat mendapat informasi yang jelas. Selanjutnya polisi juga harus mampu menindak tegas pelaku kekerasan.

"Kami kembali mengingatkan Kapolri atas janjinya untuk melindungi agama dan kelompok keyakinan minoritas dari tindakan kekerasan," lanjut Haris.

Selain itu tang tidak kalah penting adalah keseriusan pemerintah daerah untuk memperhatikan dan menyelesaikan masalah itu. "Pemerintah Daerah harus mengambil langkah-langkah aktif untuk mencegah agar kekerasan tidak meluas," tutupnya.

Sebelumnya, pada Minggu (12/9/2010) sekitar pukul 09.05 WIB, Asia Sihombing, anggota majelis HKBP Pondok Timur Indah, Bekasiyang sedang berjalan beriringan dengan jemaat lainnya ditusuk perutnya oleh orang tidak dikenal. Pelaku berboncengan mengendarai sepeda motor. Lokasi kejadian di sekitar daerah Ciketing Mustika Jaya. Akibat peristiwa tersebut, Sihombing kehilangan cukup banyak darah. Kini dia masih dirawat RS Mitra Bekasi.

Selain menusuk Sihombing, pelaku juga memukul Pendeta Luspida Simanjuntak hingga terluka. Usai melakukan aksi kekerasan tersebut, para pelaku langsung kabur.
September 13, 2010, 08:49:13 AM
Reply #38
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 1539
  • Gender: Male
    • Cakka's Blog - Blog Berwawasan Pengetahuan dan Religius
pak Presiden sih udah cuap - cuap di depan publik
tapi kok tindakan nya gak ada :D ???
cuma buat jaga reputasi kah ??
harus nya ditindak keras nih, supaya gak berlarut - larut
September 13, 2010, 10:47:04 AM
Reply #39
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 13168
  • Gender: Male
  • Gal 5:14-15
  • Denominasi: Lutheran
Presiden harusnya cepat tanggap, kalau perlu kunjungi kek warga gereja HKBP yang diserang itu..
Kemana dirimu...!!
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)