Author Topic: Penginjilan EE (Evangelism Explosion)  (Read 6982 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 11, 2010, 10:07:02 AM
Reply #10
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3204
  • Gender: Male
membina "pembicaraan", dilanjutkan dg 2 pertanyaan diagnotik spt yg
Sy tdak sedpt dg bro Steavan yg beranggapan gaya2 spt SY mendatangi rmh2.... EE tdk terikat tempat, waktu.......bs dilakukan dimana saja, tempat terbuka, ttp sebaiknya org per org
Metoda EE tetap menghargai org lain, tdk memaksa, memang metoda ini mempunyai step2 yg mengarah dan membuat pendengar mengarah kpd YESUS sbg Tuhan dan Juruselamat.

Bro & sis......mungkin akan lbh terasa keunggulan EE jk mendengar langsung mengenai metoda ini, sy yakin deh bagus sekali :afro:

yg gw mksd disini mirip SY itu bukan krn mereka hanya rmh ke rmh tp lbh ke arah keberanian kita utk mendatangi org satu per satu scr langsung..hehe
August 11, 2010, 11:05:56 AM
Reply #11
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1244
  • Gender: Male
yg gw mksd disini mirip SY itu bukan krn mereka hanya rmh ke rmh tp lbh ke arah keberanian kita utk mendatangi org satu per satu scr langsung..hehe

Siip...maju trus bro  :happy0062:
August 11, 2010, 11:23:36 AM
Reply #12
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 3204
  • Gender: Male
yg gw mksd disini mirip SY itu bukan krn mereka hanya rmh ke rmh tp lbh ke arah keberanian kita utk mendatangi org satu per satu scr langsung..hehe

Siip...maju trus bro  :happy0062:

sama2 maju bro...

tp EE bener perlu muka tembok bgt.. jujur gw masih rada takut..takut ditolak, dimarahin atau bahkan dimusuhin...bahkan bagi traktat aja masih deg2an..  :'(
August 11, 2010, 01:30:09 PM
Reply #13
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2959
  • Gender: Male
  • Teologi Kaum Awam
    • Teologi Kaum Awam
Menurut pencetusnya... EE hanyalah sebuah metoda..

dan sejauh pengamatan saya, hanya bisa digunakan kepada mereka yang pernah mendengar injil..

yang membuat sebagian orang tidak menyukai EE karena arogansi para pengajarnya yang seakan-akan pertobatan hasil karya mereka..

Hidup sudah susah... jangan dibikin lebih susah.. lihat senyumnya...

http://teologikaumawam.blogspot.com/
August 12, 2010, 12:44:19 AM
Reply #14
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2373
  • Gender: Male
  • Grand Inquisitor
  • Denominasi: Gereja Orthodox Indonesia
Ada yang pernah denger soal EE ( Evangelism Explosion) ?

uda bbrp taon q denger dimana2 pada ngomongin EE, tap tiao gw tny mrk pada bengong jelasin inti EE itu sendiri.

ada yang bilang ini adalah sebuah bentuk penginjilan pribadi.
ada yang bilang ini adalah metode yg bagus.
ada yang bilang ini adalah penting untuk dipelajari semua orang yang akan menginjili orang.

tapi,, banyak juga yang komen negatif.

ada yang bilang ini adalah metode yang kuno banget.
ada yang bilang ini adalah cara yang gak asik.
ada yang bilang ini gak efektif untuk masa kini, yang dilingkupi pola pikir posmodernisme.

so,, any comment?

Data Statistik Agama:

Tahun 2000
1) Islam 86,1%
2) Kristen 8,7%
(Katolik, Orthodox & Protestan)
3) Hindu 1,8%
4) Lainnya 3,4%
(Budha, Animisme, Konfusianisme, Yahudi)

Tahun 2006
1) Islam 88 %
2) Kristen 9 %
(Katolik, Orthodox & Protestan)
3) Hindu 1,8%
4) Lainnya 1,2%
(Budha, Animisme, Konfusianisme, Yahudi)
NB: Indonesia adalah Negara Islam Terbesar di Seluruh Dunia.

Dalam waktu 6 tahun (dari tahun 2000 s/d 2006) Kristen di Indonesia hanya berkembang 0,3%, jadi hanya 0,05% per tahun, apapun metode penginjilan di Indonesia masih belum dapat dikatakan sebagai "Ledakan Penginjilan". Yang sering terjadi adalah perpindahan kandang domba secara besar-besaran dan bergantian dari kandang satu ke kandang lain sehingga "kelihatannya" terjadi Revival, namun yang sebenarnya tidak demikian...

Harusnya "Evangelikal/Penginjilan" ditujukan khusus bagi Non-Kristen atau Kristen yang mati rohani (tidak pergi ke Gereja manapun) bukan pada Kristen yang telah memiliki Gereja.

Best Regard,
Daniel FS
---†---†---†---Fides Quaerens Intellectum---†---†---†---
August 12, 2010, 03:31:51 PM
Reply #15
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1244
  • Gender: Male
........ hanya bisa digunakan kepada mereka yang pernah mendengar injil..

yang membuat sebagian orang tidak menyukai EE karena arogansi para pengajarnya yang seakan-akan pertobatan hasil karya mereka..

Tdk sepdt bro,....... krn metoda pengInjilan ini berlaku utk org yg belum mengenal Yesus sbg juruslamat dan juga utk meneguhkan org2 yg blum yakin akan keselamatan.
Dan pengInjilan ini tetap mengandalkan kekuatan Tuhan dlm menyampaikannya, bukan karena kemampuan dari personil2.


Data Statistik Agama:

Tahun 2000
1) Islam 86,1%
2) Kristen 8,7%
(Katolik, Orthodox & Protestan)
3) Hindu 1,8%
4) Lainnya 3,4%
(Budha, Animisme, Konfusianisme, Yahudi)

Tahun 2006
1) Islam 88 %
2) Kristen 9 %
(Katolik, Orthodox & Protestan)
3) Hindu 1,8%
4) Lainnya 1,2%
(Budha, Animisme, Konfusianisme, Yahudi)
NB: Indonesia adalah Negara Islam Terbesar di Seluruh Dunia.

Dalam waktu 6 tahun (dari tahun 2000 s/d 2006) Kristen di Indonesia hanya berkembang 0,3%, jadi hanya 0,05% per tahun, apapun metode penginjilan di Indonesia masih belum dapat dikatakan sebagai "Ledakan Penginjilan". Yang sering terjadi adalah perpindahan kandang domba secara besar-besaran dan bergantian dari kandang satu ke kandang lain sehingga "kelihatannya" terjadi Revival, namun yang sebenarnya tidak demikian...



Sy juga melihat bhw EE blm mencapai sasaran.
EE ini mengambil sistem MLM (org per org) yg diharapkan agar org yg sdh mendpt kabar baik dpt meneruskan kpd org lain yg belum mendengar kabar baik, sesuai dengan perhitungan deret tambah.
Tp tdk utk "memindahkan Jemaat", krn EE ini dilakukan dalam seluruh denominasi 
August 13, 2010, 03:22:40 PM
Reply #16
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 14
  • Gender: Male
@chanonejc :
mnurut q seh penginjilan yg bagus tu kesaksian hidup kita..
jadi bagaimana hidup kita sebenarnya.. jadi bagaimana hidup kita berpengaruh pada sekitar kita.
apa kita membuat sekitar kita jadi baik atau buruk, dan byar orang sekitar kita yg melihat bahwa ada perbedaan di dalam orang2 percaya..

coz byak orng2 yg melakukan penginjilan tp di lingkungan masi ngomonk kotor, dll..
akhirnya muncul kata2 " orang Kristen kok gitu"..dll..
?
      ஜ۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۞۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩ஜ
 ~۩۞۩ '  ╔╦╦╦═╗  ╔═╦═╦══╦═╗  ' ۩۞۩~
 ~۩۞۩ '  ║║║║╩╣  ║═╣║║║║║╩╣  ' ۩۞۩~
 ~۩۞۩ '  ╚══╩═╝  ╚═╩═╩╩╩╩═╝  ' ۩۞۩~
      ஜ۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۞۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩ஜ
August 14, 2010, 01:36:45 PM
Reply #17
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 63
  • Gender: Male
Quote
Data Statistik Agama:

Tahun 2000
1) Islam 86,1%
2) Kristen 8,7%
(Katolik, Orthodox & Protestan)
3) Hindu 1,8%
4) Lainnya 3,4%
(Budha, Animisme, Konfusianisme, Yahudi)

Tahun 2006
1) Islam 88 %
2) Kristen 9 %
(Katolik, Orthodox & Protestan)
3) Hindu 1,8%
4) Lainnya 1,2%
(Budha, Animisme, Konfusianisme, Yahudi)
NB: Indonesia adalah Negara Islam Terbesar di Seluruh Dunia.

Dalam waktu 6 tahun (dari tahun 2000 s/d 2006) Kristen di Indonesia hanya berkembang 0,3%, jadi hanya 0,05% per tahun, apapun metode penginjilan di Indonesia masih belum dapat dikatakan sebagai "Ledakan Penginjilan".

hm, aq jd berpikir,, apakah sebenernya kita sebagai umat Kristen uda melakukan penginjilan? inti penginjilan adalah memenangkan jiwa kan? ato cm sekedar mengabarkan aja?

emang sih,, selama ini aq berusaha mengabarkan injil dengan model yg seperti bro adwinu bilang, dengan seluruh hidup kita. tapi jika melihat data yg aq kutip dari bro daniel FS,, rasanya gak ada metode penginjilan yang efektif untuk dilakukan di Indonesia.

ato kah ini memang uda kehendak JC jika orang percaya di Indonesia cukup dibawah level 10% aja?

 :huh:

Quote
Yang sering terjadi adalah perpindahan kandang domba secara besar-besaran dan bergantian dari kandang satu ke kandang lain sehingga "kelihatannya" terjadi Revival, namun yang sebenarnya tidak demikian...

Harusnya "Evangelikal/Penginjilan" ditujukan khusus bagi Non-Kristen atau Kristen yang mati rohani (tidak pergi ke Gereja manapun) bukan pada Kristen yang telah memiliki Gereja.

bro Daniel,, apakah ini artinya kita hrs menginjili org dari agama lain? selain itu, brarti kita msh blm melakukan penginjilan?
August 15, 2010, 11:34:53 PM
Reply #18
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 14
  • Gender: Male

hm, aq jd berpikir,, apakah sebenernya kita sebagai umat Kristen uda melakukan penginjilan? inti penginjilan adalah memenangkan jiwa kan? ato cm sekedar mengabarkan aja?

emang sih,, selama ini aq berusaha mengabarkan injil dengan model yg seperti bro adwinu bilang, dengan seluruh hidup kita. tapi jika melihat data yg aq kutip dari bro daniel FS,, rasanya gak ada metode penginjilan yang efektif untuk dilakukan di Indonesia.

ato kah ini memang uda kehendak JC jika orang percaya di Indonesia cukup dibawah level 10% aja?

 :huh:


8% tu orang Kristen loh..
sedangkan bro chanonejc bilang orang percaya di Indonesia..

1 hal yg aku inget dari ajaran EE.. d akhir tu kita menuntun lawan kita untuk berdoa penyerahan.. dan kita percaya bahwa orang tersebut diselamatkan.

dan masalah 8% orang Kristen di Indonesia itu menurut sapa? sensus?
temen q ad beberapa beragama " I dan B".. tp dia percaya dan ke gereja..
terus pembantu di rumah temen q.. jg bukan Kristen, tp tiap sabtu ke gereja dan dia percaya..


hm, aq jd berpikir,, apakah sebenernya kita sebagai umat Kristen uda melakukan penginjilan? inti penginjilan adalah memenangkan jiwa kan? ato cm sekedar mengabarkan aja?
penginjilan tu memberitakan kabar baik.. dari jaman dahulu dalam Alkitab jg selalu memberitakan tentang kabar baik tentang keselamatan.. dan yang percaya ikut dan yang tidak percaya tetap tinggal..

ya gtu seh mnurut saya.. kl ad sala d koreksi yach :ashamed0004:
?
      ஜ۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۞۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩ஜ
 ~۩۞۩ '  ╔╦╦╦═╗  ╔═╦═╦══╦═╗  ' ۩۞۩~
 ~۩۞۩ '  ║║║║╩╣  ║═╣║║║║║╩╣  ' ۩۞۩~
 ~۩۞۩ '  ╚══╩═╝  ╚═╩═╩╩╩╩═╝  ' ۩۞۩~
      ஜ۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۞۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩۩ஜ
August 15, 2010, 11:48:39 PM
Reply #19
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 785
  • Gender: Female
  • wanna be a good poimen...
hum... jd mikir...
tugas kita Mat 28:19,20...
ketika kita memberi seseorang waktu kita, kita sedang memberi mereka 1 bagian dari kehidupan kita yang tidak akan kita dapatkan kembali. waktu kita adalah kehidupan kita. itu sebabnya pemberian terbesar yang bisa kita berikan kepada seseorang adalah waktu kita....
selamat mengasihi
Jlu
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)