Author Topic: Penginjilan EE (Evangelism Explosion)  (Read 5888 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

August 16, 2010, 12:14:07 AM
Reply #20
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2373
  • Gender: Male
  • Grand Inquisitor
  • Denominasi: Gereja Orthodox Indonesia
hm, aq jd berpikir,, apakah sebenernya kita sebagai umat Kristen uda melakukan penginjilan? inti penginjilan adalah memenangkan jiwa kan? ato cm sekedar mengabarkan aja?

emang sih,, selama ini aq berusaha mengabarkan injil dengan model yg seperti bro adwinu bilang, dengan seluruh hidup kita. tapi jika melihat data yg aq kutip dari bro daniel FS,, rasanya gak ada metode penginjilan yang efektif untuk dilakukan di Indonesia.

ato kah ini memang uda kehendak JC jika orang percaya di Indonesia cukup dibawah level 10% aja?

 :huh:

Tentunya tidak, YESUS KRISTUS menghendaki Indonesia 100% bagiNya.
Cuma mentalitas dan cara yang dipakai di Indonesia aja agak salah kaprah...
Berhasil memindah domba dari kandang A ke kandang B dibilang sudah memenangkan jiwa... ketawa saya... ^_^

Quote
bro Daniel,, apakah ini artinya kita hrs menginjili org dari agama lain? selain itu, brarti kita msh blm melakukan penginjilan?

1) Apakah harus menginjili orang dari agama lain?
Ya memang fokus penginjilan harus ke Non-Kristen kan? Kabar Baik (Injil) ya semestinya bagi mereka yang belum tahu apa itu kabarnya?
Boleh ke yang Kristen lain tapi yang benar-benar mati rohani dan tidak memiliki Gereja lokal. Dampak curi domba ini harus dipikirkan dengan mendalam lho... kalau domba yang dicuri adalah dari Gereja-Gereja kecil bakal mati dan tutup itu Gerejanya... kalau saya sih kasihan...

Hormatilah juga Ekumenis Kristen, yaitu antara Orthodox, Katolik, dan Protestan, jika kita anggap salah satu aliran itu sesat ya jadinya curi-curi domba lagi...

2) Apakah Kristen masih belum melakukan penginjilan?
Sudah, namun porsinya sangat sedikit, ya itu tadi 0,05% setahun, atau katakanlah terjadi eror dalam Statistika Badan Sensus (seperti yang dikatakan bro adwinu), katakanlah kesalahannya 100% sehingga pertumbuhannya 2x lipat menjadi 0,1% setahun... menurutku sih tetap sedikit itu... silahkan dihitung sendiri kapan kira-kira Indonesia 80% Kristen? 10 tahun baru 1%, jadi kalau 80% ya nunggu sekitar sekitar 700 tahun... (katakanlah sekarang sudah 10%) wow... o_o
Dan yang demikian belum dapat disebut sebagai "Ledakan Penginjilan".

Best Regard,
Daniel FS
« Last Edit: August 16, 2010, 12:16:03 AM by Daniel FS »
---†---†---†---Fides Quaerens Intellectum---†---†---†---
August 16, 2010, 07:42:28 AM
Reply #21
  • FK - Junior
  • **
  • Posts: 63
  • Gender: Male

8% tu orang Kristen loh..
sedangkan bro chanonejc bilang orang percaya di Indonesia..



1 hal yg aku inget dari ajaran EE.. d akhir tu kita menuntun lawan kita untuk berdoa penyerahan.. dan kita percaya bahwa orang tersebut diselamatkan.

dan masalah 8% orang Kristen di Indonesia itu menurut sapa? sensus?
temen q ad beberapa beragama " I dan B".. tp dia percaya dan ke gereja..
terus pembantu di rumah temen q.. jg bukan Kristen, tp tiap sabtu ke gereja dan dia percaya..

Upz,, sorii,, ^_^ seharusnya aku membedakan antara orang percaya dengan Kristen KTP.
tapi jika kedua hal tersebut dibedakan,, otomatis sangat sulit untuk menentukan seberapa banyak orang percaya di Indonesia,, dan jadi lebih sulit lg mengetahui sejauh mana Penginjilan membuahkan hasil kan?


satu hal lagi,,
penginjilan tu memberitakan kabar baik.. dari jaman dahulu dalam Alkitab jg selalu memberitakan tentang kabar baik tentang keselamatan.. dan yang percaya ikut dan yang tidak percaya tetap tinggal..

ya gtu seh mnurut saya.. kl ad sala d koreksi yach :ashamed0004:

aku menghubungkan ini dengan pernyataan bro Daniel :

Tentunya tidak, YESUS KRISTUS menghendaki Indonesia 100% bagiNya.


Menurutku pernyataan bro Adwinu benar,, Alkitab uda menyatakan secara eksplisit bahwa diantara bangsa-bangsa yg telah mengetahui kabar baik,, ada yang percaya dan ada yang tidak.
Namun aku jg percaya seperti yang dikatakan bro Daniel, bahwa Allah menghendaki 100% (tentunya bukan hanya Indonesia saja kan?), sampai seluruh bumi berlutut dihadapanNya.
Sehingga,, sekarang aku bingung,, apakah yang terjadi nanti? seluruh bumi percaya pada Allah,, atau sebagian orang yang percaya hidup kekal bersama Allah, sementara yang tidak percaya akan mati?

be blessed..

Nb: eh maap,, ada yang ketinggalan..
ne buat sista Cicill :
hum... jd mikir...
tugas kita Mat 28:19,20...


setahuku ini yang kita ketahui sebagai "Amanat Agung Tuhan Yesus" ya? (tolong dikoreksi klo salah, trims. ^_^)
tapi aku kurang nyaman dengan hal ini..maap..
menurutku,, kenapa ini disebut sebagai "Amanat Agung" ? kenapa bukan perintah2 yang lain? perintah Yesus kan banyak?
jika ada referensi yang bisa ku pelajari soal ini,, tolong kabari saya,, saya pgn mempelajari lebih lanjut..karena pastinya ini erat dengan penginjilan kn..?

trims..
^_^
August 17, 2010, 10:07:47 AM
Reply #22
  • FK Friend
  • FK - Hero
  • ******
  • Posts: 2959
  • Gender: Male
  • Teologi Kaum Awam
    • Teologi Kaum Awam
........ hanya bisa digunakan kepada mereka yang pernah mendengar injil..

yang membuat sebagian orang tidak menyukai EE karena arogansi para pengajarnya yang seakan-akan pertobatan hasil karya mereka..

Tdk sepdt bro,....... krn metoda pengInjilan ini berlaku utk org yg belum mengenal YESUS sbg juruslamat dan juga utk meneguhkan org2 yg blum yakin akan keselamatan.
Dan pengInjilan ini tetap mengandalkan kekuatan Tuhan dlm menyampaikannya, bukan karena kemampuan dari personil2.


Ga sependapat ga masalah bro.. karena saya sudah pernah berbicara dengan salah satu pengajar EE dan dialah yang memboomingkannya di Indonesia. Dia sama dengan anda tidak sependapat.. tp saya sudah pelajari latar belakang pencetus ide EE di negara asalnya, dan itu yang dia sampaikan.

Mungkin anda belum pernah ikut EE... yang dipimpin orang-orang awam  :D Saya mengikuti perkembangan EE dari awalnya, dan itulah komentar beberapa orang yang pernah mengikutinya.. Dan bagi saya semangat penginjilan adalah harus, sementara EE hanyalah metoda yang tidak harus digunakan..
Hidup sudah susah... jangan dibikin lebih susah.. lihat senyumnya...

http://teologikaumawam.blogspot.com/
August 21, 2010, 04:38:43 PM
Reply #23
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 785
  • Gender: Female
  • wanna be a good poimen...
benar, amanat agung krn perintah Yesus yang paling utama. (bedakan dengan hukum kasih).
mungkin tanpa ada amanat agung ini penginjilan dan segala metodenya ga ada...
semoga menjawab.
ketika kita memberi seseorang waktu kita, kita sedang memberi mereka 1 bagian dari kehidupan kita yang tidak akan kita dapatkan kembali. waktu kita adalah kehidupan kita. itu sebabnya pemberian terbesar yang bisa kita berikan kepada seseorang adalah waktu kita....
selamat mengasihi
Jlu
August 23, 2010, 05:14:44 PM
Reply #24
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 9
Sebenarnya, metode yang digunakan dalam EE (khususnya EE Anak) sangat bagus. Karena selama pelatihan, kita diajari bagaimana menghafal ayat dengan bermain, lagu yang kreatif, metode bercerita yang menarik. Tetapi dalam kenyataannya, keberhasilan penginjilan menggunakan ayat2 Alkitab, untuk saat ini mungkin kurang 'mengena' terutama untuk jiwa-jiwa yang belum mengenal Kristus. Penjangkauan yang kami lakukan mungkin bisa dijadikan wawasan. Jangkau mereka yang lapar, telanjang, sakit, dalam penjara, orang gila, 'sampah masyarakat' dengan kasih. Beri makan, pakaian, pendidikan, tumpangan...dan mereka melihat kasih kita. Saat mereka melihat kasih kita, mereka melihat kasihNya Tuhan. Saat itulah mereka bertanya: Mengapa kami berbuat begitu? Tinggal jawab dan masuk penginjilannya: karena kami punya kasih Kristus. Dan metode ini sangat efektif. 70-80% anggota jemaat kami adalah petobat baru. Sekarang jumlah jemaat kami hampir 6000. Program kami:
- Rumah Pemulihan untuk orang-orang gila (75% diambil dari jalanan) dan sebagian sudah sembuh, jadi anak Tuhan dan bekerja.
- Komunitas Waria (hampir 500jiwa) yang dulu penjaja sex malam hari, sekarang sudah diajari salon, jahit, dll, sekarang sudah mulai diberdayakan.
- Komunitas Preman. Mereka direkrut, dilatih, kemudian ditempatkan sebagai tenaga pengamanan (security)
- Produk rumah tangga murah. Siapa saja boleh jual produknya, untuk meningkatkan keuangan rumah tangganya.
- Program sembako murah
- Program pengobatan gratis dan klinik murah
- Orang Tua Asuh, program bea-siswa untuk anak tidak mampu
- Makan Siang dari Tuhan untuk para gelandangan, tukang becak, pengemis, dll
- Pesta Rakyat setiap Natal : tidak dengan perayaan Natal yang mahal biayanya, tapi kesempatan berbagi kasih dengan sembako murah, pakaian murah, khitanan masal, pengobatan gratis, dll
Biarlah kebaikan hatimu diketahui banyak orang, dan mereka memuliakan Bapa di sorga.

Semoga menjadi wawasan....
August 23, 2010, 05:56:55 PM
Reply #25
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 3
@ yudipribadi: boleh tau gerejanya apa
September 18, 2010, 11:46:46 PM
Reply #26
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 9
menurut aq, metode pengajaran EE itu baik dan bagus dimana qt dapat mengerti begini toh penginjilan dan ternyata bukan cuma para Hamba Tuhan yang melakukan penginjilan, semua orang pun bisa melakukannya baik dari anak" maupun dewasa (metode EE ada bwt anak" juga loh..)

Selama aq mengikuti pelatihan EE banyak skali ilmu yang aq dapat, dan metode pelatihannya sangat menarik. selama pelatihan saya dan rekan-rekan yang ikut pelatihan berhasil mengajak agama tetangga bertobat. dan skarang telah lulus pelatihan kami bisa menginjili orang laen sesuai dengan gaya kami masing-masing dan situasi lingkungan karena EE tidak mengikat gmn qt harus menginjil pokoknya sesuai dengan A.M.A.K.I (Anugerah, Manusia, Allah, Kristus dan Iman).

pelatihan EE emank kayak MLM, pertama kita diajarkan oleh pelatih EE lalu turun ke lapangan dan menyebarkan Injil, Setelah itu qt mengikuti lagi pelatihan sebagai Guru yang baru untuk mengajarkan kembali orang-orang yang telah qt injili agar dapat diperlengkapi dengan baik untuk menginjili orang lain, dan selanjutnya ulankin trus. untuk tingkat guru memiliki tingkatannya.

coba bayangkan jika qt berhasil mengajak 2 orang bertobat dan 2 orang lagi mengulainya kembali ke 2 orang masing" dibawahnya dalam waktu 30 hari, jadi 12 bulan ada berapa tuh yg bertobat.
September 19, 2010, 07:45:52 AM
Reply #27
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 2373
  • Gender: Male
  • Grand Inquisitor
  • Denominasi: Gereja Orthodox Indonesia
menurut aq, metode pengajaran EE itu baik dan bagus dimana qt dapat mengerti begini toh penginjilan dan ternyata bukan cuma para Hamba Tuhan yang melakukan penginjilan, semua orang pun bisa melakukannya baik dari anak" maupun dewasa (metode EE ada bwt anak" juga loh..)

Selama aq mengikuti pelatihan EE banyak skali ilmu yang aq dapat, dan metode pelatihannya sangat menarik. selama pelatihan saya dan rekan-rekan yang ikut pelatihan berhasil mengajak agama tetangga bertobat. dan skarang telah lulus pelatihan kami bisa menginjili orang laen sesuai dengan gaya kami masing-masing dan situasi lingkungan karena EE tidak mengikat gmn qt harus menginjil pokoknya sesuai dengan A.M.A.K.I (Anugerah, Manusia, Allah, KRISTUS dan Iman).

pelatihan EE emank kayak MLM, pertama kita diajarkan oleh pelatih EE lalu turun ke lapangan dan menyebarkan Injil, Setelah itu qt mengikuti lagi pelatihan sebagai Guru yang baru untuk mengajarkan kembali orang-orang yang telah qt injili agar dapat diperlengkapi dengan baik untuk menginjili orang lain, dan selanjutnya ulankin trus. untuk tingkat guru memiliki tingkatannya.

coba bayangkan jika qt berhasil mengajak 2 orang bertobat dan 2 orang lagi mengulainya kembali ke 2 orang masing" dibawahnya dalam waktu 30 hari, jadi 12 bulan ada berapa tuh yg bertobat.

Lalu sudah berapa ribu orang yang bertobat dari selama ini karena penginjilan Anda dan team? dan dalam jangka waktu berapa tahun? Saya ingin mengkaji efektivitasnya?

Best Regard,
Daniel FS
« Last Edit: September 19, 2010, 07:47:44 AM by Daniel FS »
---†---†---†---Fides Quaerens Intellectum---†---†---†---
September 21, 2010, 12:07:44 PM
Reply #28
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 9
Lalu sudah berapa ribu orang yang bertobat dari selama ini karena penginjilan Anda dan team? dan dalam jangka waktu berapa tahun? Saya ingin mengkaji efektivitasnya?

Best Regard,
Daniel FS

untuk tim kami sendiri belum mencapai ribuan, y skitar ratusan. kami tim hanya 5 orang dan baru berjalan kurang dari 1 tahun (angkatan pertama di gereja). untuk saya pribadi baru skitar 30 orangan.
dan dari semua org yg bertobat yang masuk ke gereja saya skitar 80-90 org sisanya ada gereja masing-masing, ya segitu aj udh penuh gereja kami soalnya gereja saya masih 1 ruko (tempat ibadah dan tempat tinggal) dan berbentuk pos PI.
stiap seminggu sekali kami ada persekutuan bersama agar mereka tidak lepas begitu saja. rencana kami akan mengadakan pelatihan yg kedua. soalnya tim kami skarang sudah berfokus penginjilan pada penjara, anak-anak sekolah dan melalui radio.
September 21, 2010, 12:30:47 PM
Reply #29
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 1244
  • Gender: Male
EE adalah salah satu metoda pengInjilan, jd tidak mutlak org mesti menggunakan metoda EE.

Seperti komen beberapa teman, pd akhirnya kesaksian hidup penginjil tsb yg "terlihat", dan dinilai org lain.

Yg penting kabar baik itu dapat didengar orang, bahkan bukan hanya didengar tetapi mempercayai Yesus sbg Tuhan dan Juruselamat.
Gbu :afro:
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)