Author Topic: "KESEMBUHAN LUKA BATIN = SAKIT HATI"  (Read 3798 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

August 14, 2010, 02:46:58 PM
  • FK - Newbie
  • *
  • Posts: 44
"SAKIT HATI=LUKA BATIN"

Pernahkan saudara merasa sakit hati ? Hampir dapat dipastikan bahwa semua orang pernah mengalami sakit hati. Bahkan beberapa orang sedang tersiksa saat ini karena telah disakiti hatinya. Bila tidak mendapatkan penanganan yang benar, sakit hati ini dapat berubah menjadi luka yang sangat kronis, menjadi akar pahit yang sangat merusak batin dan jiwa seseorang bahkan orang lain yang sangat kita kasihi.

Definisi Sakit hati = Luka batin adalah sebuah reaksi yang normal bila seseorang dikecewakan atau mendapat perlakuan yang tidak baik. :'( :'( :'(

Penyebab Sakit Hati/Luka Batin. :angry: :angry: :angry:

Alkitab mencatat: "Yang ditaburkan adalah tubuh alamiah, yang dibangkitkan adalah tubuh rohaniah. Jika ada tubuh alamiah, maka ada pula tubuh rohaniah. (1 Kor.15:44)
Menurut FT ini, manusia terdiri dari dua tubuh, yaitu (1) tubuh alami atau tubuh jasmani dan (2) tubuh rohani.

Apa yang terjadi pada tubuh jasmani manusia seperti itu juga yang terjadi pada tubuh rohanianya. Jika tubuh jasmani seseorang terluka karena tertusuk benda tajam, maka tubuh rohaninya terluka karena ucapan yang tajam dari orang lain. Contoh: (1) Ada seseorang mendengar kata maiki-makian dari saudaranya, maka ia merasa sakit hati terhadap saudaranya itu. Fisiknya sehat tetapi ia merasa sakit. Mengapa? Karena tubuh rohaninya sakit, terluka karena mendengar kata maki-makian.
Contoh:(2).Perlakuan tidak adil atau pilih kasih orangtua adalah tindakan yang menyakiti anak-anak. Hajaran yang berlebihan, kata-kata kasar dan kutukan yang diucapkan orangtua terhadap anak-anaknya, semuanya itu akan menimbulkan luka-luka batin atau sakit hati bagi anak-anak. Luka-luka batin/sakit hati inilah yang mengakibatkan banyak anak-anak menderita sakit jiwa!!!!.

Dampak Luka Batin atau Sakit Hati :sad: :sad: :sad:

Dampak rohani luka batin mudah dipahami dengan menganologikannya dengan luka di daging manusia. Jika tubuh jasmani seseorang terluka misalnya karena tertusuk paku, maka melalui luka tersebut dapat masuk ke tubuh si korban kuman tetanus, kuman itu akan mengacaukan sistem kerja tubuh si korban, misalnya demam, malas, kejang-kejang, bahkan dapat menimbulkan kematian. Demikian juga halnya jika ada luka batin atau sakit hati seseorang. Melalui luka itu akan masuk ke dalam tubuh rohaninya kuman-kuman rohani, misalnya roh kebencian, roh dendam, roh pembunuh, roh pemecah, dll. Roh-roh jahat ini akan mengacaukan kehidupan rohani yang terluka, di tandai dengan perilakunya yang aneh-aneh; misalnya menjadi sangat pendiam, pemurung, pemalu, pemberontak, suka membuat keonaran bahkan menjadi mati rohani (anti Kristus).

Cara Menanggulangi Luka Batin atau Sakit Hati


1. Pengakuan dosa dan memohon pengampunan dosa dari TUHAN YESUS, seperti FT: "Jika kita mengaku dosa kita, maka IA (YESUS) adalah setia dan adil, sehingga IA (YESUS) akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan" (1 Yoh. 1:9)

2. Mengampuni, Mengasihi, Berbuat baik"Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu" (Mat 5:44).
"Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi yang mencaci kamu". (Luk 6:27-28).

4. Memberkati "Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk!" (Roma 12:14).

5 Berdoa "Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supa kamu sembuh........(Yak.5:16)


Berkat Rohani Karena Mengampuni

1. Memperoleh pengampunan dari TUHAN YESUS (Mat. 6:14-15); (Mat.5:23-24)
2. Dibebaskan dari murka TUHAN (Kej. 19:13)
3. Hidup tenteram ( Matius 5:9)
4. Pengampunan membatalkan dakwaan Iblis (Ayub 2:1-7)
5. Pengampunan membuka pintu pertobatan bagi orang lain (Luk 23:33-42)

Bagaimana pendapat Forum Kristen tentang Luka batin/Sakit hati.........Setujukah dengan tulisan saya atau adakah tanggapan lain dari Foruk Kristen tentang LUKA BATIN/SAKIT HATI.......

Biarlah tulisan ini membawa berkat dan pertumbuhan iman khususnya dalam hal 3 M yaitu Mengampuni, Memberkati, Mendoakan.  :happy0065: :happy0065: :happy0065:

King Jesus Bless us.........
August 14, 2010, 09:31:48 PM
Reply #1
  • Guest
Kasih Yesus membebat luka batin  dan menyembuhkan luka batin :wink:

Isa 53:5  Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
 
March 04, 2013, 10:22:16 AM
Reply #2
  • FK - Hero
  • *****
  • Posts: 864
  • Denominasi: TRINITARIAN
Kasih Yesus membebat luka batin  dan menyembuhkan luka batin :wink:

Isa 53:5  Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
 

Sakit hati adalah karena masih berada dibawah hukum taurat padahal taurat sudah dibatalkan yesus
supaya tidak sakit hati maka berpedomanlah kepada

Matius  22
22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.


Matius  22
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

karena hukum taurat sudah dibatalkan yesus , lihat :

P. Baru: Efesus

2:15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia(YESUS) telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya,

GBU
Bukan semua nas/ayat  yang tertulis dalam Alkitab adalah Firman Allah dan juga Tidak seluruh Firman Allah tertulis lengkap dalam Alkitab.

( mudah mudahan dimengerti penjelasannya )
 


[X]
Shalom! Selamat datang di Komunitas Kristen Online!

Nampaknya anda belum login. Klik disini untuk login

Belum menjadi member? Klik disini untuk DAFTAR GRATIS (cuma 1 menit)